FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Halaman 1 dari 6 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Sat May 10, 2014 8:58 am

berbeda dgn Islam yg memberi kesempatan bagi murtadin yg memerangi Islam untuk bertaubat...maka hukum dalam alkitab kitab suci umat kristen adalah Hukuman mati TANPA SYARAT

KITAB ULANGAN 13
6 ¶ Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,
9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

10 Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
11 Maka seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi perbuatan jahat seperti itu di tengah-tengahmu.
12 ¶ Apabila di salah satu kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diam di sana, kaudengar orang berkata:
13 Ada orang-orang dursila tampil dari tengah-tengahmu, yang telah menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak kamu kenal,
14 maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di tengah-tengahmu,
15 maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.
16 Seluruh jarahan harus kaukumpulkan di tengah-tengah lapangan dan harus kaubakar habis kota dengan seluruh jarahan itu sebagai korban bakaran yang lengkap bagi TUHAN, Allahmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing untuk selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

 yes 





avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by ian rush on Sat May 10, 2014 11:40 am

contek. udah tahu ngak baik tp dicontek malah disempurnakan. terlalu....

ian rush
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Female
Posts : 320
Kepercayaan : Protestan
Location : banten
Join date : 05.06.13
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Sat May 10, 2014 12:13 pm

@ian rush wrote:contek. udah tahu ngak baik tp dicontek malah disempurnakan. terlalu....
gini nih kebiasaan diskusi modal dengkul...cm bisa bilang contak...contek ga karuan...Giliran ditanya yg mana yg nyontek mingkem....

btw menurut anda yg diatas itu yg bicara tuhan bukan?
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Sat May 10, 2014 12:14 pm

 TKP 

double post



Terakhir diubah oleh satria bergitar tanggal Mon May 12, 2014 3:09 pm, total 1 kali diubah
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by frontline defender on Sat May 10, 2014 1:29 pm

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by The seventh on Sat May 10, 2014 9:22 pm

@satria bergitar wrote:berbeda dgn Islam yg memberi kesempatan bagi murtadin yg memerangi Islam untuk bertaubat...maka hukum dalam alkitab kitab suci umat kristen adalah Hukuman mati TANPA SYARAT

KITAB ULANGAN 13
6 ¶  Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
7  salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,
9  tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

10  Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
11  Maka seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi perbuatan jahat seperti itu di tengah-tengahmu.
12 ¶  Apabila di salah satu kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diam di sana, kaudengar orang berkata:
13  Ada orang-orang dursila tampil dari tengah-tengahmu, yang telah menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak kamu kenal,
14  maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di tengah-tengahmu,
15  maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.
16  Seluruh jarahan harus kaukumpulkan di tengah-tengah lapangan dan harus kaubakar habis kota dengan seluruh jarahan itu sebagai korban bakaran yang lengkap bagi TUHAN, Allahmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing untuk selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

 yes 






@ bung Sagi..
Anda hrs bisa membedakan mana ajaran Yahudi dan mana yg ajaran Kristen...
Kalau anda menganggap Kristen buta thd ajaran agamanya sendiri, anda lebih buta lagi...
Tidak mengerti tp berlagak menjadi hakim...

avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by The seventh on Sat May 10, 2014 9:42 pm

@satria bergitar wrote:berbeda dgn Islam yg memberi kesempatan bagi murtadin yg memerangi Islam untuk bertaubat...maka hukum dalam alkitab kitab suci umat kristen adalah Hukuman mati TANPA SYARAT

KITAB ULANGAN 13
6 ¶  Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
7  salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,
9  tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat.

10  Engkau harus melempari dia dengan batu, sehingga mati, karena ia telah berikhtiar menyesatkan engkau dari pada TUHAN, Allahmu, yang telah membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan.
11  Maka seluruh orang Israel akan mendengar dan menjadi takut, sehingga mereka tidak akan melakukan lagi perbuatan jahat seperti itu di tengah-tengahmu.
12 ¶  Apabila di salah satu kota yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk diam di sana, kaudengar orang berkata:
13  Ada orang-orang dursila tampil dari tengah-tengahmu, yang telah menyesatkan penduduk kota mereka dengan berkata: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak kamu kenal,
14  maka haruslah engkau memeriksa, menyelidiki dan menanyakan baik-baik. Jikalau ternyata benar dan sudah pasti, bahwa kekejian itu dilakukan di tengah-tengahmu,
15  maka bunuhlah dengan mata pedang penduduk kota itu, dan tumpaslah dengan mata pedang kota itu serta segala isinya dan hewannya.
16  Seluruh jarahan harus kaukumpulkan di tengah-tengah lapangan dan harus kaubakar habis kota dengan seluruh jarahan itu sebagai korban bakaran yang lengkap bagi TUHAN, Allahmu. Semuanya itu akan tetap menjadi timbunan puing untuk selamanya dan tidak akan dibangun kembali.

 yes 





Oh iya saya mau nanya nih..coba tolong kasih contoh nyata..bhw Islam memberikan kesempatan utk bertobat kpd murtadin yg memerangi Islam..
Yang ga memerangi aja, kagak dikasih ampun..apalagi yg memerangi...
Tp seblmnya saya mau tau yg masuk kategori "memerangi" tuh yg kayak gimana??
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 9:20 am

seventh wrote:@ bung Sagi..
Anda hrs bisa membedakan mana ajaran Yahudi dan mana yg ajaran Kristen...
Kalau anda menganggap Kristen buta thd ajaran agamanya sendiri, anda lebih buta lagi...
Tidak mengerti tp berlagak menjadi hakim...

saya tanya anda...yg bicara di kitab ulangan trsbut tuhan bukan?

seventh wrote:Oh iya saya mau nanya nih..coba tolong kasih contoh nyata..bhw Islam memberikan kesempatan utk bertobat kpd murtadin yg memerangi Islam..

sepeninggal rasulullah SAW banyak sekali kaum munafik yg meninggalkan Islam...bahkan ada yg mengaku sebagai nabi baru yaitu Musailamah Alkadzab...khalifah abu bakar mengirim surat kepada Kaum tersebut untuk bertaubat dan mengajak kembali kepada ajaran islam...akan tetapi musailamah malah menyusun pasukan dan membunuh bahkan memutilasi habib bin zaid seorang utusan khalifah...kemudian khalifah memerangi kaum tersebut...

itu salah satu contoh di jaman kekhalifahan...di jaman sekarang saya tidak tahu...

kekafiran tidak menyebabkan bolehnya seseorang mendapat hukuman mati... sebab yang membolehkannya hukuman mati bagi orang kafir itu adalah karena memerangi dan memusuhi orang Islam...

Tidak ada satu ayat al-Qur’an pun yang menerangkan bahwa orang murtad harus dihukum mati...sebab alQuran sendiri menyatakan sbb

“Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); Sesungguhnya Telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, Maka Sesungguhnya ia Telah berpegang kepada buhul tali yang amat Kuat yang tidak akan putus. dan Allah Maha mendengar lagi Maha Mengetahui”.(Q.S. Al-Baqarah : 256)

jelas disana dikatakan tidak ada paksaan untuk beragama islam...kalaupun ada yg kembali kepada kekufuran...maka hukuman dikembalikan kepada Allah...yaitu kekal di neraka selamanya...

“Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, Maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintaiNya, yang bersikap lemah Lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui”.(Q.S. Al-Maidah [4] : 54)

seventh wrote:Yang ga memerangi aja, kagak dikasih ampun..apalagi yg memerangi...

supaya ga dikatakan asbun...silahkan anda kasih contohnya...

seventh wrote:Tp seblmnya saya mau tau yg masuk kategori "memerangi" tuh yg kayak gimana??
menghina nabi Muhammad SAW dan mengajak kepada jalan kesesatan (Keluar Islam) adalah salah satunya
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 11:15 am

@satria bergitar wrote:berbeda dgn Islam yg memberi kesempatan bagi murtadin yg memerangi Islam untuk bertaubat...maka hukum dalam alkitab kitab suci umat kristen adalah Hukuman mati TANPA SYARAT
..........................
Perintah ini cuma berlaku untuk SAAT ITU saja, bukan utk selama2nya. Buktinya bbrp kali bangsa israel menyembah berhala juga TIDAK ADA tuh hukuman mati dari Tuhan.

Sulaiman di akhir hidupnya ikut menyembah berhala yg dibawa oleh istri2nya yg kafir, juga TIDAK DIBUNUH oleh Tuhan !!! Ndak pernah baca tuh di jaman raja2 israel ada hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala. Bahkan ada kisah ahli nujum yg diminta tolong oleh raja saul.

Oleh krn itu di JAMAN SEKARANG ndak ada tuh orang kristen/yahudi yg ingin kembali ke ajaran yg 'sejati' terus menerapkan hukuman mati buat penyembah berhala.

Beda dg islam, HUKUM SYARIAH itu berlaku sepanjang jaman. Jadi muslim2 yg TIDAK SETUJU dg syariah islam spt: rajam, qisas dll itu sebenarnya adalah MUSLIM KAFIR alias MUSLIM TOGHUT !!!

Yg mengherankan adalah, muslim2 sejati spt al-qaeda, taliban, boko haram dll yg ingin menerapkan islam secara BENAR yaitu dg memberlakukan hukum syariah secara ketat, malah disalah2kan oleh muslim2 toghut yg tidak ingin menerapkan syariah islam. Apa ini ndak aneh ???


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by metheny on Mon May 12, 2014 11:29 am

Baguslah kalau ayat2 dr Kitab Ulangan tsb anda akui sebagai perintah Tuhan.

Kalau soal hanya berlaku saat itu saja, ini jelas tidak ada bukti. Gak ada ayat lain yang menyatakan bhw ayat tsb hanya berlaku utk saat itu saja.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 11:36 am

@metheny wrote:Baguslah kalau ayat2 dr Kitab Ulangan tsb anda akui sebagai perintah Tuhan.

Kalau soal hanya berlaku saat itu saja, ini jelas tidak ada bukti. Gak ada ayat lain yang menyatakan bhw ayat tsb hanya berlaku utk saat itu saja.
Tidak ada juga ayat yg mengatakan ayat2 tsb berlaku sepanjang jaman.

Soal bukti banyak tuh, sulaiman menyembah berhala juga tidak dihukum mati. Ahli nujum di jaman raja saul juga tidak dihukum mati dll.


 ehmm 
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 11:37 am

@F-22 wrote:
@satria bergitar wrote:berbeda dgn Islam yg memberi kesempatan bagi murtadin yg memerangi Islam untuk bertaubat...maka hukum dalam alkitab kitab suci umat kristen adalah Hukuman mati TANPA SYARAT
..........................
Perintah ini cuma berlaku untuk SAAT ITU saja, bukan utk selama2nya. Buktinya bbrp kali bangsa israel menyembah berhala juga TIDAK ADA tuh hukuman mati dari Tuhan.

kok hukuman mati dari tuhan?? malah tuhan yg menghukum mati...ckckck... nyerah 

makin mundur aja nih kualitas diskusinya...

klo semua bangsa israel menyembah berhala...yg menghukum mati murtad siapa???

f22 wrote:Sulaiman di akhir hidupnya ikut menyembah berhala yg dibawa oleh istri2nya yg kafir, juga TIDAK DIBUNUH oleh Tuhan !!! Ndak pernah baca tuh di jaman raja2 israel ada hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala. Bahkan ada kisah ahli nujum yg diminta tolong oleh raja saul.

tidak dibunuh tuhan??? jelas aja lha yg menegakan hukum tuhan khan manusia

klo manusia sama kotornya...yg hukum tuhan juga siapa yg mau menjalankan

ef22 wrote:Oleh krn itu di JAMAN SEKARANG ndak ada tuh orang kristen/yahudi yg ingin kembali ke ajaran yg 'sejati' terus menerapkan hukuman mati buat penyembah berhala.

karena semua kristen dan yahudi tersesat!! jadi hukum tuhan yg harusnya ditegakkan malah tidak

f22 wrote:Beda dg islam, HUKUM SYARIAH itu berlaku sepanjang jaman. Jadi muslim2 yg TIDAK SETUJU dg syariah islam spt: rajam, qisas dll itu sebenarnya adalah MUSLIM KAFIR alias MUSLIM TOGHUT !!!

muslim mayoritas termasuk saya setuju rajam, qisas dl harus ditegakkan...tapi pelaksanaannya harus ketat agar tidak salah sasaran dan mengindahkan prinsip keadilan

f22 wrote:Yg mengherankan adalah, muslim2 sejati spt al-qaeda, taliban, boko haram dll yg ingin menerapkan islam secara BENAR yaitu dg memberlakukan hukum syariah secara ketat, malah disalah2kan oleh muslim2 toghut yg tidak ingin menerapkan syariah islam. Apa ini ndak aneh ???

memberlakukan hukum syariah secara ketat??? salah...taliban dll justru menggampangkan hukum syariah

dan......................klo anda bilang separatisme sperti taliban dan boko haram adalah ajaran murni agama islam...maka boleh dong saya bilang kekerasan dan pembantaian separatisme katolik irlandia juga ajaran murni kristen???

 ehmm
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by metheny on Mon May 12, 2014 11:46 am

@F-22 wrote:
Tidak ada juga ayat yg mengatakan ayat2 tsb berlaku sepanjang jaman.
Jika tidak ada pembatalan, otomatis ayat tsb berlaku sepanjang jaman.


Soal bukti banyak tuh, sulaiman menyembah berhala juga tidak dihukum mati. Ahli nujum di jaman raja saul juga tidak dihukum mati dll.

 ehmm 
Yang seharusnya menghukum mati penyembah berhala kan pihak penguasa. Lalu siapa yang menghukum mati kalau rajanya saja malah menyembah berhala?

Ayat di atas tidak menyatakan Tuhan sendiri yg akan menghukum, tetapi menyuruh manusia yang berhak (raja, penguasa, hakim, dsb) utk menghukum penyembah berhala.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 12:05 pm

@satria bergitar wrote:
f22 wrote:Sulaiman di akhir hidupnya ikut menyembah berhala yg dibawa oleh istri2nya yg kafir, juga TIDAK DIBUNUH oleh Tuhan !!! Ndak pernah baca tuh di jaman raja2 israel ada hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala. Bahkan ada kisah ahli nujum yg diminta tolong oleh raja saul.

tidak dibunuh tuhan??? jelas aja lha yg menegakan hukum tuhan khan manusia

klo manusia sama kotornya...yg hukum tuhan juga siapa yg mau menjalankan
Sebelum sulaiman menjadi "kotor" menyembah berhala juga ndak pernah tuh menetapkan HUKUM kalo penyembah berhala harus dihukum mati !!!

Coba kau buktikan saja, setelah jaman musa yaitu jaman raja2 israel ada ndak hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala ???

 ehmm 

f22 wrote:Beda dg islam, HUKUM SYARIAH itu berlaku sepanjang jaman. Jadi muslim2 yg TIDAK SETUJU dg syariah islam spt: rajam, qisas dll itu sebenarnya adalah MUSLIM KAFIR alias MUSLIM TOGHUT !!!
muslim mayoritas termasuk saya setuju rajam, qisas dl harus ditegakkan...tapi pelaksanaannya harus ketat agar tidak salah sasaran dan mengindahkan prinsip keadilan
Muslim mayoritas ??? Ndak salah tuh ??? Aceh saja yg menerapkan syariah TIDAK BERANI menerapkan rajam & qisas koq bisa2nya cocotmu berani mengklaim MAYORITAS muslim indo setuju dg rajam/qisas ???

 boong 

f22 wrote:Yg mengherankan adalah, muslim2 sejati spt al-qaeda, taliban, boko haram dll yg ingin menerapkan islam secara BENAR yaitu dg memberlakukan hukum syariah secara ketat, malah disalah2kan oleh muslim2 toghut yg tidak ingin menerapkan syariah islam. Apa ini ndak aneh ???
memberlakukan hukum syariah secara ketat??? salah...taliban dll justru menggampangkan hukum syariah
"Menggampangkan" bgmn maksudmu ???

 pusing 

dan......................klo anda bilang separatisme sperti taliban dan boko haram adalah ajaran murni agama islam...maka boleh dong saya bilang kekerasan dan pembantaian  separatisme katolik irlandia juga ajaran murni kristen???
Taliban, boko haram dll JELAS2 ngomong kekerasan yg mereka lakukan adalah demi MENEGAKKAN ajaran islam yg benar yaitu syariah islam dll.

Nah skrg TUNJUKKAN kalo konflik irlandia itu karena warga katolik ingin menegakkan ajaran katolik !!!

 mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 12:23 pm

@metheny wrote:
@F-22 wrote:
Tidak ada juga ayat yg mengatakan ayat2 tsb berlaku sepanjang jaman.
Jika tidak ada pembatalan, otomatis ayat tsb berlaku sepanjang jaman.  
Itu khan tafsiranmu sendiri.
FAKTANYA setelah jaman musa TIDAK ADA tuh hukum/kebiasaan utk menghukum mati penyembah berhala !!!


Soal bukti banyak tuh, sulaiman menyembah berhala juga tidak dihukum mati. Ahli nujum di jaman raja saul juga tidak dihukum mati dll.
Yang seharusnya menghukum mati penyembah berhala kan pihak penguasa. Lalu siapa yang menghukum mati kalau rajanya saja malah menyembah berhala?

Ayat di atas tidak menyatakan Tuhan sendiri yg akan menghukum, tetapi menyuruh manusia yang berhak (raja, penguasa, hakim, dsb)  utk menghukum penyembah berhala.
Sebelum sulaiman menyembah berhala, pernah ndak ybs menghukum mati penyembah berhala ???

Ingat lho di jaman saul (raja sebelum sulaiman) ada banyak ahli nujum yg salah satunya pernah dimintai tolong oleh saul. Pernah ndak sulaiman memerintahkan hukuman mati thd ahli2 nujum tsb ???


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 12:38 pm

@F-22 wrote:
@satria bergitar wrote:
f22 wrote:Sulaiman di akhir hidupnya ikut menyembah berhala yg dibawa oleh istri2nya yg kafir, juga TIDAK DIBUNUH oleh Tuhan !!! Ndak pernah baca tuh di jaman raja2 israel ada hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala. Bahkan ada kisah ahli nujum yg diminta tolong oleh raja saul.

tidak dibunuh tuhan??? jelas aja lha yg menegakan hukum tuhan khan manusia

klo manusia sama kotornya...yg hukum tuhan juga siapa yg mau menjalankan
Sebelum sulaiman menjadi "kotor" menyembah berhala juga ndak pernah tuh menetapkan HUKUM kalo penyembah berhala harus dihukum mati !!!

Coba kau buktikan saja, setelah jaman musa yaitu jaman raja2 israel ada ndak hukum/kebiasaan menghukum mati penyembah berhala ???

tau dari mana ndak ada hukum mati?

f22 wrote:
f22 wrote:Beda dg islam, HUKUM SYARIAH itu berlaku sepanjang jaman. Jadi muslim2 yg TIDAK SETUJU dg syariah islam spt: rajam, qisas dll itu sebenarnya adalah MUSLIM KAFIR alias MUSLIM TOGHUT !!!
muslim mayoritas termasuk saya setuju rajam, qisas dl harus ditegakkan...tapi pelaksanaannya harus ketat agar tidak salah sasaran dan mengindahkan prinsip keadilan
Muslim mayoritas ??? Ndak salah tuh ??? Aceh saja yg menerapkan syariah TIDAK BERANI menerapkan rajam & qisas koq bisa2nya cocotmu berani mengklaim MAYORITAS muslim indo setuju dg rajam/qisas ???

siapa bilang aceh ndak berani...lha tunjukan aja muslim indonesia menentang rajam dan qisas...

saya tiap kali baca berita keluarga korban pembunuhan pasti minta pelaku dihukum mati...lha apa bukan qisas ini namanya?

f22 wrote:
f22 wrote:Yg mengherankan adalah, muslim2 sejati spt al-qaeda, taliban, boko haram dll yg ingin menerapkan islam secara BENAR yaitu dg memberlakukan hukum syariah secara ketat, malah disalah2kan oleh muslim2 toghut yg tidak ingin menerapkan syariah islam. Apa ini ndak aneh ???
memberlakukan hukum syariah secara ketat??? salah...taliban dll justru menggampangkan hukum syariah
"Menggampangkan" bgmn maksudmu ???

menegakkan syariat dengan membunuh dan berlaku keji thd sesama muslim itu menggampangkan... menculik anak perempuan unutk dijadikan budak sex saja sudah jelas bertentangan dengan ajaran agama islam...jadi...bagian syariat islam mana sebenarnya yg ingin ditegakkan?

f22 wrote:
dan......................klo anda bilang separatisme sperti taliban dan boko haram adalah ajaran murni agama islam...maka boleh dong saya bilang kekerasan dan pembantaian  separatisme katolik irlandia juga ajaran murni kristen???
Taliban, boko haram dll JELAS2 ngomong kekerasan yg mereka lakukan adalah demi MENEGAKKAN ajaran islam yg benar yaitu syariah islam dll.
islam melarang menegakkan kebenaran dengan jalan kebatilan...itu aja udah jelas kok...klo tetap dilakukan...ya berarti ada motif lain pastinya..
f22 wrote:
Nah skrg TUNJUKKAN kalo konflik irlandia itu karena warga katolik ingin menegakkan ajaran katolik !!!

klo tidak ada motif agama kenapa mainstream pelakumya adalah katolik vs protestan...yg lain gmn? anglikan misalnya?
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 12:58 pm

@satria bergitar wrote:siapa bilang aceh ndak berani...lha tunjukan aja muslim indonesia menentang rajam dan qisas...
Wakaka ............. kalo memang berani terus kenafa aceh ndak menetapkan hukum rajam/qisas ???

nyerah 

islam melarang menegakkan kebenaran dengan jalan kebatilan...itu aja udah jelas kok...klo tetap dilakukan...ya berarti ada motif lain pastinya..
Wakaka ............ ajaran dari mana tuh ??? Baca baek2 sejarah islam, demi menegakkan/menyebarkan islam segala cara termasuk PEMBANTAIAN itu HALAL dilakukan. Memangnya kau pura2 ndak tau berapa nyawa yg dibantai muhammad & para kalifah ketika mereka menegakkan/menyebarkan islam ???

ehmm 

f22 wrote:Nah skrg TUNJUKKAN kalo konflik irlandia itu karena warga katolik ingin menegakkan ajaran katolik !!!
klo tidak ada motif agama kenapa mainstream pelakumya adalah katolik vs protestan...yg lain gmn? anglikan misalnya?
Lho koq malah nanya2 ndak jelas. Kau ini punya bukti apa ndak kalo konflik irlandia adalah konflik agama ???

Kalo punya silahkan bawa kesini !!! Kalo ndak punya bukti ya sudah mingkem saja mulutmu. Ndak usah nanya2 ndak jelas spt orgil !!!


 ketawa guling 
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 1:28 pm

f22 wrote:Wakaka ............. kalo memang berani terus kenafa aceh ndak menetapkan hukum rajam/qisas ???
tetap akan dilaksanakan tetapi harus mengubah undang2 terlebih dahulu gara tida bertabrakan dengan aturan yg lain semisal kuhp dan kuhap...

prinisp menegakan keadilan seadil2nya oleh hukum modern juga bagian dari qisas

f22 wrote:Wakaka ............ ajaran dari mana tuh ??? Baca baek2 sejarah islam, demi menegakkan/menyebarkan islam segala cara termasuk PEMBANTAIAN itu HALAL dilakukan. Memangnya kau pura2 ndak tau berapa nyawa yg dibantai muhammad & para kalifah ketika mereka menegakkan/menyebarkan islam ???

ah kau juga pura2 tak tahu bahwa mereka yg dibantai juga memerangi Islam...

kau tahu ajaran kitab kaupun menyuruh membantai penyembah berhala tuh diatas! bikin pening saja bah!

f22 wrote:Lho koq malah nanya2 ndak jelas. Kau ini punya bukti apa ndak kalo konflik irlandia adalah konflik agama ???

Kalo punya silahkan bawa kesini !!! Kalo ndak punya bukti ya sudah mingkem saja mulutmu. Ndak usah nanya2 ndak jelas spt orgil !!!

maka dari itu klo bukan karena motif agama kekerasan bukan cuma katolik vs protestan saja ...

tapi sesama protestan dan yg lain juga... faktanya protestan membantai ribuan orang katolik
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 2:07 pm

@satria bergitar wrote:
f22 wrote:Wakaka ............. kalo memang berani terus kenafa aceh ndak menetapkan hukum rajam/qisas ???
tetap akan dilaksanakan tetapi harus mengubah undang2 terlebih dahulu gara tida bertabrakan dengan aturan yg lain semisal kuhp dan kuhap...
prinisp menegakan keadilan seadil2nya oleh hukum modern juga bagian dari qisas
Wakaka .......... hukum cambuk saja yg tidak ada dlm kuhp bisa ditetapkan di aceh terus kenapa rajam/qisas harus "mengubah" undang2 lebih dulu ???

boong 


f22 wrote:Wakaka ............ ajaran dari mana tuh ??? Baca baek2 sejarah islam, demi menegakkan/menyebarkan islam segala cara termasuk PEMBANTAIAN itu HALAL dilakukan. Memangnya kau pura2 ndak tau berapa nyawa yg dibantai muhammad & para kalifah ketika mereka menegakkan/menyebarkan islam ???
ah kau juga pura2 tak tahu bahwa mereka yg dibantai juga memerangi Islam...
Mereka yg dibantai islam itu sebenarnya cuma MEMBELA DIRI dari serangan PENJAJAH ISLAM, bukan "memerangi" islam !!! Negara2 tetangga spt irak, yaman, yordania dll itu diserang oleh PENJAJAH ISLAM.

Memang sejak dari semula definisi "menyerang" islam itu sudah diputar-balikkan oleh muhammad. Konflik mula2 antara muhammad vs arab pagan itu sebenarnya yg cari gara2 ya muhammad sendiri. Muhammad MENGHINA dewa2 arab pagan. Karena dihina tentu saja arab pagan ngamuk menyerang muhammad. Memangnya muslim ndak marah kalo agamanya/kitabnya/nabinya dihina orang ???

Jadi sebenarnya muslim itu memutar-balikkan sejarah seolah2 yg cari gara2 adalah arab pagan yg menyerang muhammad. Padahal yg sebenarnya terjadi adalah muhammad yg terlebih dulu mencari gara2 dg menghina dewa2 pagan !!!


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 2:33 pm

@F-22 wrote:
@satria bergitar wrote:
f22 wrote:Wakaka ............. kalo memang berani terus kenafa aceh ndak menetapkan hukum rajam/qisas ???
tetap akan dilaksanakan tetapi harus mengubah undang2 terlebih dahulu gara tida bertabrakan dengan aturan yg lain semisal kuhp dan kuhap...
prinisp menegakan keadilan seadil2nya oleh hukum modern juga bagian dari qisas
Wakaka .......... hukum cambuk saja yg tidak ada dlm kuhp bisa ditetapkan di aceh terus kenapa rajam/qisas harus "mengubah" undang2 lebih dulu ???
lihat saja nanti...tinggal menunggu waktu

f22 wrote:
f22 wrote:Wakaka ............ ajaran dari mana tuh ??? Baca baek2 sejarah islam, demi menegakkan/menyebarkan islam segala cara termasuk PEMBANTAIAN itu HALAL dilakukan. Memangnya kau pura2 ndak tau berapa nyawa yg dibantai muhammad & para kalifah ketika mereka menegakkan/menyebarkan islam ???
ah kau juga pura2 tak tahu bahwa mereka yg dibantai juga memerangi Islam...
Mereka yg dibantai islam itu sebenarnya cuma MEMBELA DIRI dari serangan PENJAJAH ISLAM, bukan "memerangi" islam !!! Negara2 tetangga spt irak, yaman, yordania dll itu diserang oleh PENJAJAH ISLAM.

Memang sejak dari semula definisi "menyerang" islam itu sudah diputar-balikkan oleh muhammad. Konflik mula2 antara muhammad vs arab pagan itu sebenarnya yg cari gara2 ya muhammad sendiri. Muhammad MENGHINA dewa2 arab pagan. Karena dihina tentu saja arab pagan ngamuk menyerang muhammad. Memangnya muslim ndak marah kalo agamanya/kitabnya/nabinya dihina orang ???

Jadi sebenarnya muslim itu memutar-balikkan sejarah seolah2 yg cari gara2 adalah arab pagan yg menyerang muhammad. Padahal yg sebenarnya terjadi adalah muhammad yg terlebih dulu mencari gara2 dg menghina dewa2 pagan !!!

ah sok tehe kau...yg namanya pembantaian itu...orang gak berdaya gak punya kekuatan gak melawan terus dibunuh secara massal itu namanya pembantaian seperti reconquista spanyol...klo sama2 punya kekuatan dan senjata itu perang dodol!... lha namanya perang pasti bunuh2an...

gold...gospel...glory...masih inget gak? selain menyebarkan agama juga menguras harta kekayaan penduduk setempat trus membunuh dan menguasai tanah yg dibunuh...ini lebih jahat dari apapun...

di perang mana Nabi Muhammad membantai orang tak berdaya???

oh iya...protestan vs katolik gmn nih? dah clear blm klo itu motif agama?

diskusi maen skip sana skip sini postingan orang seenak ndasmu.... basi 

PENING AKU BAH!
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 2:42 pm

BACK TO THE TOPIC

gimana nih kristen?

tuhanmu menyuruh membunuh penyembah berhala dan murtadin tanpa syarat dan pandang bulu...setuju ndak?

KITAB ULANGAN 13
6 ¶ Apabila saudaramu laki-laki, anak ibumu, atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan atau isterimu sendiri atau sahabat karibmu membujuk engkau diam-diam, katanya: Mari kita berbakti kepada allah lain yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu,
7 salah satu allah bangsa-bangsa sekelilingmu, baik yang dekat kepadamu maupun yang jauh dari padamu, dari ujung bumi ke ujung bumi,
8 maka janganlah engkau mengalah kepadanya dan janganlah mendengarkan dia. Janganlah engkau merasa sayang kepadanya, janganlah mengasihani dia dan janganlah menutupi salahnya,
9 tetapi bunuhlah dia! Pertama-tama tanganmu sendirilah yang bergerak untuk membunuh dia, kemudian seluruh rakyat
.
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by metheny on Mon May 12, 2014 2:55 pm

@F-22 wrote:
Itu khan tafsiranmu sendiri.
FAKTANYA setelah jaman musa TIDAK ADA tuh hukum/kebiasaan utk menghukum mati penyembah berhala !!!
Itu bukan karena aturannya tidak berlaku, tetapi karena orang Israel gak mau melaksanakan aturan itu.

Pada jaman Yesus pun Mahkamah Agama/Sanhedrin Yahudi mempunyai kuasa untuk mengajukan hukuman mati.


Sebelum sulaiman menyembah berhala, pernah ndak ybs menghukum mati penyembah berhala ???
Ingat lho di jaman saul (raja sebelum sulaiman) ada banyak ahli nujum yg salah satunya pernah dimintai tolong oleh saul. Pernah ndak sulaiman memerintahkan hukuman mati thd ahli2 nujum tsb ???

 ehmm
Lha ya...itu salah manusianya yang gak mau menuruti aturan Taurat. Bukan aturannya gak berlaku lagi.
avatar
metheny
SpecialMember
SpecialMember

Male
Posts : 1263
Kepercayaan : Islam
Location : Jogja
Join date : 20.03.12
Reputation : 31

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 3:05 pm

@metheny wrote:
@F-22 wrote:
Itu khan tafsiranmu sendiri.
FAKTANYA setelah jaman musa TIDAK ADA tuh hukum/kebiasaan utk menghukum mati penyembah berhala !!!
Itu bukan karena aturannya tidak berlaku, tetapi karena orang Israel gak mau melaksanakan aturan itu.
Pada jaman Yesus pun Mahkamah Agama/Sanhedrin Yahudi mempunyai kuasa untuk mengajukan hukuman mati.

Sebelum sulaiman menyembah berhala, pernah ndak ybs menghukum mati penyembah berhala ???
Ingat lho di jaman saul (raja sebelum sulaiman) ada banyak ahli nujum yg salah satunya pernah dimintai tolong oleh saul. Pernah ndak sulaiman memerintahkan hukuman mati thd ahli2 nujum tsb ???
Lha ya...itu salah manusianya yang gak mau menuruti aturan Taurat. Bukan aturannya gak berlaku lagi.
Ini khan pendapat pribadimu sendiri. Tidak ada satupun ayat yg mengatakan kalo raja2 israel bersalah/berdosa krn ndak mau menghukum mati penyembah berhala krn memang hukum tsb cuma berlaku di jaman musa saja & tidak berlaku sepanjang jaman.


ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by satria bergitar on Mon May 12, 2014 3:13 pm

f22 wrote:Ini khan pendapat pribadimu sendiri. Tidak ada satupun ayat yg mengatakan kalo raja2 israel bersalah/berdosa krn ndak mau menghukum mati penyembah berhala krn memang hukum tsb cuma berlaku di jaman musa saja & tidak berlaku sepanjang jaman.

dimana Tuhan bilang hukumnya cm berlaku zaman musa saja?

Hukum Tuhan kok pake deadline...emangnya kau pikir tagihan listrik apa? ketawa guling 
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by F-22 on Mon May 12, 2014 3:33 pm

@satria bergitar wrote:
f22 wrote:Ini khan pendapat pribadimu sendiri. Tidak ada satupun ayat yg mengatakan kalo raja2 israel bersalah/berdosa krn ndak mau menghukum mati penyembah berhala krn memang hukum tsb cuma berlaku di jaman musa saja & tidak berlaku sepanjang jaman.
dimana Tuhan bilang hukumnya cm berlaku zaman musa saja?
Dimana juga Tuhan pernah bilang hukum tsb berlaku utk sepanjang jaman ??? Krn tidak pernah disebutkan kapan berlakunya, utk mengetahui ya jelas harus dilihat bgmn praktek di lapangan.

Kalo ada raja israel yg bersalah/berdosa, Tuhan pasti akan menegur atau bahkan menghukum ybs. Spt kasus sulaiman menyembah berhala, Tuhan menghukum sulaiman dg kerajaan israel akan terpecah menjadi 2.

Sedangkan dalam kasus hukuman mati thd penyembah berhala yg TIDAK DILAKUKAN oleh raja2 israel, TIDAK PERNAH tuh Tuhan menegur/menghukum raja2 israel. Jadi kesimpulannya hukuman mati thd penyembah berhala memang TIDAK DIWAJIBKAN oleh Tuhan di jaman raja2 israel.

Sedangkan ocehanmu kalo hukuman mati thd penyembah berhala itu berlaku sepanjang jaman itu DASARNYA apa dul, wong Tuhan juga ndak pernah ngomong hukuman tsb berlaku utk sepanjang jaman ???


 ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa harus mendengarkan KRISTEN yg buta terhadap ajarannya AGAMANYA sendiri?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 6 1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik