FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Halaman 1 dari 12 1, 2, 3 ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Thu Jun 12, 2014 7:59 pm

Matius :
10:40. Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.
10:41. Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.


kok cuman mentok sampai Nabi? kenapa nggak sekalian saja diajarkan menyambut Tuhan sebagai Tuhan? mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Wed Jun 25, 2014 5:56 pm

Bagian mana Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Thu Jun 26, 2014 8:57 am

lha itu, ayatnya udah ditampilin! bobo 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 26, 2014 10:10 am



yang harus disambut:
kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Thu Jun 26, 2014 6:47 pm

lha terus "kamu" disitu itu disuruh agar disambut sebagai apa? yang jelas nggak mungkin kalau disuruh agar disambut sebagai nabi, bukan?

 mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 26, 2014 7:45 pm


misalnya SW
yaitu orang (orang-orang) percaya
justeru itulah maka pemahamanmu yang terumuskan di judul tret, keliru..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Fri Jun 27, 2014 5:15 am

terus napa kalau SW orang percaya? keliru gimana? yang jelas kalau ngomong! ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Paradise OK on Fri Jun 27, 2014 8:41 pm

HUKUM TABUR TUAI = HUKUM KARMA ???

Karma adalah "istilah timur" untuk "Hukum Sebab-Akibat". Istilah Karma ini dikenal dalam agama Hindu dan Budha, yaitu suatu perputaran sebab dan akibat yang disebut roda samsara.

Hukum karma dalam konsep Hindu dan Budha mempercayai semua yang hidup akan terlahir kembali (reinkarnasi) setelah mati untuk menanggung akibat dari perbuatannya pada kehidupan sebelumnya. Jadi 'hukum karma' dalam konsep mereka bukan semata hukum 'sebab-akibat' tetapi punya relasi erat dengan pengajaran mengenai 'samsara' serta 'reinkarnasi'.

Reinkarnasi adalah proses kelahiran kembali di masa mendatang. Orang Hindu percaya bahwa mereka akan lahir kembali sebanyak 8.400.000 kali sebelum jiwanya dapat selamat dari perangkap samsara. Samsara berarti "mengembara" dan menunjuk pada pengembaraan jiwa dari tubuh yang satu ke tubuh yang lain, dari masa kehidupan yang satu ke masa kehidupan yang lain, dari lahir, hidup, sampai mati.

Ada dua macam karma, yaitu karma baik dan karma buruk. Karma baik adalah segala perbuatan atau pikiran yang mengarah kepada hal yang baik. Sedangkan karma buruk adalah segala perbuatan atau pikiran yang mengarah kepada hal yang buruk. Karma baik atau karma buruk ini dikumpulkan oleh seseorang selama dia hidup, untuk menentukan wujud kelahiran jiwa kembali di masa mendatang. Oleh karena itu, karma berkaitan erat dengan reinkarnasi. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Hidup manusia sekarang dipengaruhi oleh perbuatan di masa lalu, dan kehidupan yang akan datang dipengaruhi oleh kehidupan masa sekarang. Kitab Bhagavad Gita mengajarkan bahwa melakukan perbuatan amal dan hidup dengan tidak mementingkan diri sendiri, merupakan satu-satunya cara supaya dapat dilahirkan kembali dengan sedikit mungkin karma. Karma yang buruk memastikan bahwa jiwa manusia akan kembali pada kehidupan yang akan datang dengan tingkat yang lebih rendah. Seseorang akan terlepas dari hukum karma apabila dia sudah terlepas dari roda kehidupan, yang disebut moksa.

Presiden Soekarno dalam bukunya pernah menulis "Barang siapa menabur angin, akan menuai badai". Dan bandingkan dengan ayat ini "Sebab mereka menabur angin, maka mereka akan menuai puting beliung" (Hosea 8:7a). Alkitab mengajar 'hukum sebab-akibat' ini dikenal dengan Hukum Tabur-Tuai yaitu "sebagaimana Anda menabur, begitu pula Anda menuai". Dibawah ini contoh2 Wejangan "Hukum Sebab-Akibat" dari kitab 2 Korintus, Amsal, Matius:

2 Korintus 9:6
Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.

Amsal
9:7 Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela.

10:8 Siapa bijak hati, memperhatikan perintah-perintah, tetapi siapa bodoh bicaranya, akan jatuh.

11:19 Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.

11:25 Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

13:3 Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan.

13:11 Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya.

26:27 Siapa menggali lobang akan jatuh ke dalamnya, dan siapa menggelindingkan batu, batu itu akan kembali menimpa dia.

28:10 Siapa menyesatkan orang jujur ke jalan yang jahat akan jatuh ke dalam lobangnya sendiri, tetapi orang-orang yang tak bercela akan mewarisi kebahagiaan.

28:13 Siapa menyembunyikan pelanggarannya tidak akan beruntung, tetapi siapa mengakuinya dan meninggalkannya akan disayangi.

28:18 Siapa berlaku tidak bercela akan diselamatkan, tetapi siapa berliku-liku jalannya akan jatuh ke dalam lobang.

================================

Matius
10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.

10:42 Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir saja pun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya."

12:30 Siapa tidak bersama Aku, ia melawan Aku dan siapa tidak mengumpulkan bersama Aku, ia mencerai-beraikan.

12:50 Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

13:12 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan; tetapi siapa yang tidak mempunyai, apa pun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

18:4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

23:12 Dan barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.



Dari contoh2 ayat di atas kita mengenal adanya 'hukum tabur-tuai'. Alkitab yang memperingatkan kita akan akibat yang harus ditanggung bila kita melakukan kejahatan dan sebaliknya ada berkat yang akan kita terima ketika kita melakukan kebaikan. Namun perlu kita pahami bahwa walaupun Alkitab mengajarkan tentang hukum sebab-akibat tetapi hukum sebab-akibat itu tidak ada kaitannya dengan pengajaran mengenai 'roda samsara' dan 'reinkarnasi' sebagaimana dikenal dalam agama Hindu dan Budha.

Karena itu hukum sebab-akibat yang ada dalam Alkitab jelas bukanlah hukum karma sebagaimana dalam konsep Hindu/ Budha.
Justru Alkitab mengajarkan bahwa segala relasi 'sebab-akibat' yang berhubungan dengan perbuatan jahat manusia/ dosa-dosa manusia sudah dipatahkan oleh kasih Kristus di kayu salib! Dalam iman pada karya Kristus di kayu-salib, dosa tidak lagi membuahkan kematian bagi setiap yang percaya.

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Sat Jun 28, 2014 12:38 am

emang siapa yang komplain soal, kalau nyambut Yesus sebagai Nabi itu bakal dapet pahala Nabi? mana
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 28, 2014 12:46 am

@frontline defender wrote:terus napa kalau SW orang percaya? keliru gimana? yang jelas kalau ngomong! ehmm

masih gak ngerti kalau keliru?? hadeeeeeeh..
kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar itu bukan sosok/orang yang sama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Kedunghalang on Sat Jun 28, 2014 4:01 pm

Memang Kitab yang sudah TERINTERPOLASI itu bikin PUSING, karena KACAU-BALAU sebagaimana diakui oleh orang-orang Yahudi dalam Jewish Enciclopedia.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Sat Jun 28, 2014 4:15 pm


kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Sun Jun 29, 2014 10:22 am

jadi Yesus itu bukan Nabi, & Murid/Pengikut Yesus itu bukan orang benar? ketiwi
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Kedunghalang on Sun Jun 29, 2014 10:56 am

@SEGOROWEDI wrote:
kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

Yang kacau itu mereka yang men-TIGA-kan Tuhan.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Paradise OK on Sun Jun 29, 2014 7:15 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

Yang kacau itu mereka yang men-TIGA-kan Tuhan.

konsep monotheis Kristen sudah lahir jauh sebelum islam lahir di dunia, hanya pemahaman yg dangkal/berbeda dri anda menganggap kami men-TIGA-kan Tuhan.

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Paradise OK on Sun Jun 29, 2014 8:17 pm

@frontline defender wrote:jadi Yesus itu bukan Nabi, & Murid/Pengikut Yesus itu bukan orang benar? ketiwi

dalam konteks Matius 10 : 41 Yesus tidak sedang membicarakan pribadi-Nya sebagai seorang Nabi.

Matius
10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.


Ay. 40. Kalimat ini dikatakan Yesus kepada para murid-Nya (rangkaian kisahnya lihat Matius 11:1). Mengapa Yesus mengatakan hal ini kepada mereka? Apa arti ”menyambut” di ayat ini? Siapakah yang akan menyambut para murid Yesus ?

Ay. 41. Apa yang dimaksudkan dengan “upah seorang nabi” di sini? (kalau berkesempatan silahkan lihat/baca 1 Raj 17:8-24 & 2 Raj 4:8-37) Apa tujuan Yesus menyampaikan hal ini?

Matius 11 : 1
Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.


Apa yang tertulis di Matius 11:1 menjelaskan bahwa kalimat-kalimat dalam Matius 10:40-42 merupakan pesan Yesus kepada para murid-Nya yang diberikan dalam rangka pemberitaan Injil. Pesan itu tentu sangat penting untuk menyemangati para murid yang diutus untuk memberitakan Injil. Mereka tidak perlu kuatir bila Yesus melaksanakan tugas pengutusan itu. Mereka akan bertemu dengan orang-orang yang menyambut mereka. Harapan Yesus ini bukanlah sesuatu yang muluk-muluk.

Orang Yahudi mempunyai kebiasaan baik dalam memperlakukan setiap orang yang singgah di rumah mereka. Mereka tentu juga akan menyambut para murid yang datang ke rumah mereka. Perlu diperhatikan bahwa kata ”menyambut” di sini juga berarti menerima apa yang mereka ajarkan. Jadi, para murid tidak perlu takut atau pesimis dengan tugas pengutusan yang akan mereka laksanakan.

Selain ditujukan kepada para murid, kalimat Yesus juga ditujukan kepada siapa saja yang bersedia menyambut para pemberita Injil ini. Mereka yang menyambut seorang nabi akan memperoleh upah seorang nabi. Orang Yahudi tentu ingat apa yang terjadi pada janda Sarfat yang dengan ramah menyambut Elia. Atau kepada seorang janda nabi dan seorang perempuan dari Sunem yang juga bersikap ramah terhadap Elisa.

Menyambut para nabi adalah sebuah kebiasaan baik yang sudah mereka kenal sejak dahulu. Namun, sebagai aplikasinya, Yesus mengajak mereka mulai mempraktekkan keramahtamahan ini dalam tindakan sederhana: memberikan secangkir air sejuk kepada seorang yang kecil. Seorang yang kecil di ayat ini bisa berarti hurufiah, yaitu anak kecil. Namun, dalam bentuk yang lebih luas bisa bermakna sosial, yaitu mereka yang diremehkan di masyarakat. Keramahtamahan merupakan bagian penting dari pemberitaan Injil. Dan hal itu dapat dimulai dengan menyambut ”orang-orang kecil” yang ada di sekitar kita.

Telaan Alkitabiah  dan Lexiconnya bisa dilihat disini :

http://biblehub.com/matthew/10-41.htm

http://biblehub.com/lexicon/matthew/10-41.htm



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 30, 2014 7:38 am

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

Yang kacau itu mereka yang men-TIGA-kan Tuhan.

yang mentigakan ini: alloh, muhammad, mirza
kita tidak mentigakan sebab Bapa = Putera = Roh Kudus

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Mon Jun 30, 2014 8:59 am

@Paradise OK wrote:
@frontline defender wrote:jadi Yesus itu bukan Nabi, & Murid/Pengikut Yesus itu bukan orang benar? ketiwi

dalam konteks Matius 10 : 41 Yesus tidak sedang membicarakan pribadi-Nya sebagai seorang Nabi.

Matius
10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.


Ay. 40. Kalimat ini dikatakan Yesus kepada para murid-Nya (rangkaian kisahnya lihat Matius 11:1). Mengapa Yesus mengatakan hal ini kepada mereka? Apa arti ”menyambut” di ayat ini? Siapakah yang akan menyambut para murid Yesus ?

Ay. 41. Apa yang dimaksudkan dengan “upah seorang nabi” di sini? (kalau berkesempatan silahkan lihat/baca 1 Raj 17:8-24 & 2 Raj 4:8-37) Apa tujuan Yesus menyampaikan hal ini?

Matius 11 : 1
Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.


Apa yang tertulis di Matius 11:1 menjelaskan bahwa kalimat-kalimat dalam Matius 10:40-42 merupakan pesan Yesus kepada para murid-Nya yang diberikan dalam rangka pemberitaan Injil. Pesan itu tentu sangat penting untuk menyemangati para murid yang diutus untuk memberitakan Injil. Mereka tidak perlu kuatir bila Yesus melaksanakan tugas pengutusan itu. Mereka akan bertemu dengan orang-orang yang menyambut mereka. Harapan Yesus ini bukanlah sesuatu yang muluk-muluk.

Orang Yahudi mempunyai kebiasaan baik dalam memperlakukan setiap orang yang singgah di rumah mereka. Mereka tentu juga akan menyambut para murid yang datang ke rumah mereka. Perlu diperhatikan bahwa kata ”menyambut” di sini juga berarti menerima apa yang mereka ajarkan. Jadi, para murid tidak perlu takut atau pesimis dengan tugas pengutusan yang akan mereka laksanakan.

Selain ditujukan kepada para murid, kalimat Yesus juga ditujukan kepada siapa saja yang bersedia menyambut para pemberita Injil ini. Mereka yang menyambut seorang nabi akan memperoleh upah seorang nabi. Orang Yahudi tentu ingat apa yang terjadi pada janda Sarfat yang dengan ramah menyambut Elia. Atau kepada seorang janda nabi dan seorang perempuan dari Sunem yang juga bersikap ramah terhadap Elisa.

Menyambut para nabi adalah sebuah kebiasaan baik yang sudah mereka kenal sejak dahulu. Namun, sebagai aplikasinya, Yesus mengajak mereka mulai mempraktekkan keramahtamahan ini dalam tindakan sederhana: memberikan secangkir air sejuk kepada seorang yang kecil. Seorang yang kecil di ayat ini bisa berarti hurufiah, yaitu anak kecil. Namun, dalam bentuk yang lebih luas bisa bermakna sosial, yaitu mereka yang diremehkan di masyarakat. Keramahtamahan merupakan bagian penting dari pemberitaan Injil. Dan hal itu dapat dimulai dengan menyambut ”orang-orang kecil” yang ada di sekitar kita.

Telaan Alkitabiah  dan Lexiconnya bisa dilihat disini :

http://biblehub.com/matthew/10-41.htm

http://biblehub.com/lexicon/matthew/10-41.htm
1. jika itu hanya sebatas perintah/anjuran untuk menyambut murid/pengikut Yesus, apa ya kalau Yesus sendiri yang datang tidak perlu disambut, apa ya setelah ngomong gitu ke muridnya, Yesus berhenti memberitakan Injil?
2. itu kok bisa ditafsirkan mengecualikan Yesus tu gimana? bunyi ayatnya kan, barangsiapa yang nyambut kamu (murid/pengikut Yesus) dia nyambut aku (Yesus)?

 ehmm 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Kedunghalang on Mon Jun 30, 2014 9:09 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

Yang kacau itu mereka yang men-TIGA-kan Tuhan.

yang mentigakan ini: alloh, muhammad, mirza
kita tidak mentigakan sebab Bapa = Putera = Roh Kudus

The GREAT MISUNDERSTANDING = DHALLLLIIIIIN.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Paradise OK on Wed Jul 02, 2014 2:51 pm

@frontline defender wrote:
@Paradise OK wrote:
@frontline defender wrote:jadi Yesus itu bukan Nabi, & Murid/Pengikut Yesus itu bukan orang benar? ketiwi

dalam konteks Matius 10 : 41 Yesus tidak sedang membicarakan pribadi-Nya sebagai seorang Nabi.

Matius
10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.

10:41 Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.


Ay. 40. Kalimat ini dikatakan Yesus kepada para murid-Nya (rangkaian kisahnya lihat Matius 11:1). Mengapa Yesus mengatakan hal ini kepada mereka? Apa arti ”menyambut” di ayat ini? Siapakah yang akan menyambut para murid Yesus ?

Ay. 41. Apa yang dimaksudkan dengan “upah seorang nabi” di sini? (kalau berkesempatan silahkan lihat/baca 1 Raj 17:8-24 & 2 Raj 4:8-37) Apa tujuan Yesus menyampaikan hal ini?

Matius 11 : 1
Setelah Yesus selesai berpesan kepada kedua belas murid-Nya, pergilah Ia dari sana untuk mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka.


Apa yang tertulis di Matius 11:1 menjelaskan bahwa kalimat-kalimat dalam Matius 10:40-42 merupakan pesan Yesus kepada para murid-Nya yang diberikan dalam rangka pemberitaan Injil. Pesan itu tentu sangat penting untuk menyemangati para murid yang diutus untuk memberitakan Injil. Mereka tidak perlu kuatir bila Yesus melaksanakan tugas pengutusan itu. Mereka akan bertemu dengan orang-orang yang menyambut mereka. Harapan Yesus ini bukanlah sesuatu yang muluk-muluk.

Orang Yahudi mempunyai kebiasaan baik dalam memperlakukan setiap orang yang singgah di rumah mereka. Mereka tentu juga akan menyambut para murid yang datang ke rumah mereka. Perlu diperhatikan bahwa kata ”menyambut” di sini juga berarti menerima apa yang mereka ajarkan. Jadi, para murid tidak perlu takut atau pesimis dengan tugas pengutusan yang akan mereka laksanakan.

Selain ditujukan kepada para murid, kalimat Yesus juga ditujukan kepada siapa saja yang bersedia menyambut para pemberita Injil ini. Mereka yang menyambut seorang nabi akan memperoleh upah seorang nabi. Orang Yahudi tentu ingat apa yang terjadi pada janda Sarfat yang dengan ramah menyambut Elia. Atau kepada seorang janda nabi dan seorang perempuan dari Sunem yang juga bersikap ramah terhadap Elisa.

Menyambut para nabi adalah sebuah kebiasaan baik yang sudah mereka kenal sejak dahulu. Namun, sebagai aplikasinya, Yesus mengajak mereka mulai mempraktekkan keramahtamahan ini dalam tindakan sederhana: memberikan secangkir air sejuk kepada seorang yang kecil. Seorang yang kecil di ayat ini bisa berarti hurufiah, yaitu anak kecil. Namun, dalam bentuk yang lebih luas bisa bermakna sosial, yaitu mereka yang diremehkan di masyarakat. Keramahtamahan merupakan bagian penting dari pemberitaan Injil. Dan hal itu dapat dimulai dengan menyambut ”orang-orang kecil” yang ada di sekitar kita.

Telaan Alkitabiah  dan Lexiconnya bisa dilihat disini :

http://biblehub.com/matthew/10-41.htm

http://biblehub.com/lexicon/matthew/10-41.htm
1. jika itu hanya sebatas perintah/anjuran untuk menyambut murid/pengikut Yesus, apa ya kalau Yesus sendiri yang datang tidak perlu disambut, apa ya setelah ngomong gitu ke muridnya, Yesus berhenti memberitakan Injil?
2. itu kok bisa ditafsirkan mengecualikan Yesus tu gimana? bunyi ayatnya kan, barangsiapa yang nyambut kamu (murid/pengikut Yesus) dia nyambut aku (Yesus)?

 ehmm 

1. konteks ay. 41-nya sdh jelas, makna menyambut/menerima Yesus Kristus baca ayat 40-nya, pusat pemberitaan Injil/Kabar baik adalah Yesus sendiri, tdk ada hubungannya dgn istilah cukup sampai disini/berhenti setelah Yesus mengucapkan kalimat tsb (Mat. 10 : 40 - 41 dst).
2. Barang siapa menyambut utusan/murid/pengikut Yesus Kristus, ia sama seperti menyambut Sang Pengutus/Yesus Kristus, btw Sang Pengutus/Yesus Kristus tidak kehilangan keeksistensian-Nya sebagai Sang Pengutus/TUHAN.





Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Wed Jul 02, 2014 11:23 pm

1. utusan/murid/pengikut Yesus disambut sebagai nabi?
2. kalau Yesus Tuhan berarti masih ada oknum pengutus Tuhan disitu, karena Yesus itu diutus!

 piss 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 02, 2014 11:39 pm


ini pahami dulu om..
kamu, Aku, Dia, nabi, dan orang benar bukan sosok yang sama
maka judulmu itu salah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Kedunghalang on Wed Jul 02, 2014 11:55 pm

@SEGOROWEDI wrote:
ini pahami dulu om..
kamu, Aku, Dia, nabi, dan orang benar bukan sosok yang sama
maka judulmu itu salah

Orang Jawa/China menyembah manusia yang diutus Allah kepada Bani Israil itu yang SALAH.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by frontline defender on Thu Jul 03, 2014 12:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:ini pahami dulu om..
kamu, Aku, Dia, nabi, dan orang benar bukan sosok yang sama
maka judulmu itu salah
jadi jawabanmu terhadap pertanyaan post #13 adalah "ya"? ketiwi 
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Kedunghalang on Thu Jul 03, 2014 12:33 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
kok malah kalap to DUNG
kalimat-kalimatnya sangat jelas dan mudah dimengerti
TS aja yang kacau otaknya
mosok kamu, Aku, Dia, nabi, orang benar dikira sosok yang sama

Yang kacau itu mereka yang men-TIGA-kan Tuhan.

yang mentigakan ini: alloh, muhammad, mirza
kita tidak mentigakan sebab Bapa = Putera = Roh Kudus

Umat Islam tidak men-TIGA-kan TUHAN seperti TRINITAS, melainkan tiada tuhan yang layak untuk disembah, kecuali Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, bersaksi dan beriman kepada Nabi Muhammad saw sebagai Utusan/Rasul Allah, dan mentaati perintah Nabi Muhammad saw, yakni bai'at kepada HMG Ahmad as sebagai Khalifah Allah, Imam Mahdi (Sunan Ibnu Majah).

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Matius 10:41 ; Yesus Mengajarkan untuk Menyambut Beliau sebagai Nabi & Orang Benar

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 12 1, 2, 3 ... 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik