FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

"SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

"SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Thu Sep 11, 2014 11:57 pm

First topic message reminder :

Assalamulaykum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Secara saya orang Sunda (wallo sebenernya kata "Sunda" asalnya bukan nama etnis) .... yang kata orang tua saya...ada teureuh (keturunan) GALUH dan PAJAJARAN. Maka saya tergugah untuk melakukan klarifikasi tentang kesalahpemahanan seputar sejarah orang Sunda :

Kesalah pemahaman yang telah beredar dalam sejarah Nasional di Indonesia,,bahwa :

1. Hindu adalah agama pertama yang ada di Jawa Barat
2. Kepercayaan Karuhun (nenek moyang) orang jawa barat adalah Animise dan Dinamisme.

Dari 2 pokok isu diatas.... maka saya akan mencoba untuk meluruskan dan memberikan informasi semampu saya..tentang apa dan bagaimana sejarahnya orang orang jaman dulu di Jawa Barat,,, yang ngetrend disebut Orang Sunda,

1. AGEMAN (Agama) Sunda Kuno


Secara ekstrim saya berpendapat, agama orang sunda kuno, sebut saja jaman GALUH dan PAJAJARAN adalah "Agama Sunda" . Saya percaya beberapa berita  yang sudah ditemukan  dan mayoritas telah memberikan kejelasan kejelasan. Contohnya Naskah lontar Kropak-406, CARITA PARAHYANGAN (CP) yang menunjukkan adanya para Wiku "nu ngawakan Jati Sunda" . Yakni para pemimpin spiritual  yang menganut dan mengamalkan "Agama Lokal" seraya memelihara "Kabuyutan Parahyangan". Indikasi dari sisi pranata religi semacam itu, kini masih tetap hidup di lingkungan  masyarakat  "Urang Rawayan " (Baduy), yang disebut... AGAMA SUNDA WIWITAN.
Sisa dari Kabuyutan  Jati Sunda atow Parahyangan, adalah Mandala Kanekes, tempat hunian mereka. Sebab pemeliharaan Mandala atow Kabuyutan "Jati Sunda", , dengan penuh kesetiaan mereka laksanakan hingga kini, yang kini lajim mereka sebut  "Sasaka Domas" ... "Sasaka Pusaka Buana" ..... atow disebut juga "Sasaka Pada Ageung".

Kesaksian lain secara primordial saya merujuk kepada  berita seriak Pantun Bogor versi Aki Uyut  Baju Rambeng. Dalam "pantun gede" (Pantun sakral) episode "Curug si Pada Weruh" . Diceritakan bahwa :

".... Saacan Urang Hindi ngararaton di Kadu Hejo oge, Karuhun urang mah geus baroga agama, anu disarebut agama Sunda tea ..."

(Sebelum orang Hindi bertahta di Kadu Hejo pun, Leluhur kita telah memiliki agama, yakni yang disebut agama Sunda).

Secara hipotesis, yang dimaksud dengan "Orang Hindi" disini, adalah tokoh Dewa Warman. Sebagaimana diberitakan  Pustaka Wangsakerta, ia dipungut mantu  oleh Aki Tirem alias Aki Luhur Mulya, dikawinkan kepada puterinya, Pohaci Larasati, kemudian diangkat menjadi raja di Salakanagara  yang beribukota  di Rajatapura ( 130 - 168 Masehi) menggantikan dirinya. Nama tempat Kadu Hejo, sejalan dengan berita pantun, berlokasi di kabupate Pandeglang Provinsi Banten, sampe sekarang masih bernama demikian.


Mengenai sejarah kerajaan Salakanagara... bisa dibaca disinih,...

http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Salakanagara


2. INI AJARAN AGAMA "SUNDA WIWITAN"

http://www.desantara.or.id/03-2008/537/sunda-wiwitan-tidak-mengenal-samawi-dan-ardhi/

“ Hyang tunggal katua kana jali nganawi-nawi jalan kabeh alam sakabeh alam dia disanes kara hung kadia ahung “

Arti leterleknya: “Tuhan itu tidak beranak dan tidak diperanakan”.

Ungkapan di atas adalah Syahadatnya agama Sunda Wiwitan yang dianut oleh orang baduy. Selama ini mereka di stereotipkan sebagai pemuaja alam, apalagi dalam versi pemerintah dikategorikan penganut aliran kepercayaan. Bahkan ada anggapan bahwa mereka itu sebagai pembangkang dan menolak ajaran agama Islam, sebagaimana tak jauh bedanya dengan baduy yang ada di Mekah. Akan tetapi stereotipe ini menjadi tanda tanya, kenapa secara adat dan religi Sunda Wiwitan memiliki keyakinan tentang Tuhan itu Hyang tunggal dan tidak beranak serta tidak diperanakan.

Syahadat di atas, tidak ada hubungannya antara Sunda Wiwitan dengan Islam. Atau ada asumsi, jangan-jangan meniru ajaran Islam?, persoalannya ada ke-sama-an dengan konsep Tauhidnya agama Islam seperti dalam surat al-Ikhlas, yaitu: “Qul huwa al-Allah ahad ……. Lam yalid walam yuu lad …. “. Kita tidak bisa menghakimi siapa meniru siapa atau siapa duluan siapa, dan kita tidak terjebak dengan kategrori agama Samawi dan Ardi. Karena agama Sunda Wiwitan lebih menekankan hal apa yang harus mereka kerjakan, bukan apa yang harus mereka percayai.

Beranjak dari asumsi di atas, kiranya secara sederhana pelu melihat ulang kata wiwitan dalam literatur Sunda kuno, yang artinya per-mula-an, maka sunda wiwitan merupakan perubahan nama dari agama yang dianut oleh Wangsa Pajajaran. Orang Sunda tidak menganut agama Hindu dan Budha, sebagai saksi dan bukti, mengapa di Jawa Barat tidak ada Candi ? Sebab sebelum masuknya Hindu dan Budha sudah lebih awal agama Sunda Purana. Agama Sunda Purana mengacu pada siklus perladangan (red- huma), karena sistem perladangan itu bagi mereka sebagai Wedanya orang Sunda atau al-Qur’annya agama Sunda.

Selain bersyahadat, ternyata masyarakat Baduy punya tanah Suci dengan sebutan “Tapa di mandala”. Bagi mereka nagara Kanekes adalah tanah suci agama Sunda Wiwitan, artinya disitu tempat bersucinya orang-orang Kanekes. Karena orang Baduy dalam kehidupan kesehariannya tidak lepas berpijak pada agama; mandi sebagai syariat agama, makan sebagai syariat agama, tidur sebagai syariat agama. Artinya, makan hanya sekadar tidak terlalu lapar, minum hanya sekedar tidak terlalu haus, tidur hanya sekedar tidak terlalu ngantuk. Jadi pola hidupnya itu tidak boleh berlebihan, makanya dalam tradisi orang baduy itu tidak menmpuk harta, contoh sederhana, mereka tidur tidak pakai bantal cukup dengan potongan bambu atau kayu, artinya tidak boleh enak-enakan.

Tak luput juga, di baduy ada tradisi Khitan yang disebut Sudat, caranya bukan kulupnya yang dibuang tapi kulupnya itu cukup ditoreng lalu dimasukan Semilu dan disobek, karena bagi mereka tabu untuk membuangnya. Kenapa mereka tabu ? baginya, bahwa Tuhan menciptakan mahluk dan alam semesta ini sempurna, sebab tuhan itu maha sempurna. Kita sebagai ciptaan-Nya tabu untuk membuang hasil ciptaannya, karena sama saja dengan melecehkan kekuasan tuhan.


Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down


Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by Cain2nd on Sun Mar 01, 2015 3:31 am

ini bahas sunda ato apa sih?? heran gue
avatar
Cain2nd
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Age : 16
Posts : 163
Kepercayaan : Lain-lain
Location : THE DEVIL's DEN
Join date : 13.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 02, 2015 9:26 am

@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
Kalo nurut lu gitu..trus.
Adam beridentitas bangsa dan suku apa..??
Mana bukti di Alkitab..bahwa dari generasi Adam sampe Nuh... mendiami benua tertentu di planet bumi ini..??
Alkitab pun bisu mengenai hal ini...tidak ada satu ayat pun yg secara pasti menjelaskan di benua mana..di pulaw apa Adam bertempat tinggal..
Bahkan ini terjadi sampe generasi Nuh... Alkitab pun bisu.

jangan kebalik memahaminya DONG..
suku-suku bangsa apa keturunan adam bisa kamu baca di alkitab!
termasuk kemana mereka menyebar, gak ada arabnya
gak ada jug sundanya..


gak usah ngeles lu ndus...
tunjukin ke gw... nama tempat pasti generasi Adam sampe Nuh di Alkitab...!!
Apakah di Eropa? Asia? Amerika? Afrika ?   atow Australia..??
Kalo lu kagak nemu.... artinya... si Penulis PL pun kagak nyaho dengan pasti..dan cuman dari cerita turun temurun....

Arab..adalah bangsa Semitik.. karena keturunan dati SHEM... salah satu anak dari Nuh..
Orang Indonesia...kata lu sendiri keturunan bangsa Yunan..tinggal lu tracking aja
. Nenek moyang bangsa Yunan tu dari mana..
pangkat udah Mayjend... postinga  lu masih level Satpol PP...
singkong ditambah ragi.... tapeeeee deehhh..

tuh ada silsilah di atas..
soal adam ditempatkan dimana ada indikasi sungai tigris dan sungai eufrat
berarti di sekitar timteng

mana di silsilah diatas ada 'arab'-nya????
semitik palalu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 02, 2015 10:18 am


jadi gimana mang..
adam pemeluk agama sunda wiwitan gitu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 02, 2015 10:25 am



ajaran sunda wiwitan di #9 dan #10
kan jauh lebih bagus dari isi alquran
kenapa malah pilih alquran?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Mar 02, 2015 10:28 am


kalaulah sunda wiwitan adalah agama pertama di dunia
bikinan siapa agama tersebut?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Sun May 24, 2015 5:16 am

SUNDA ... adalah agama yang melakukan PENGAGUNGAN TERHADAP KEKUATAN ALAM... khususnya MATAHARI.. sebagai pemberi kehidupan di Planet Bumi..

Pada awalnya... ajaran ini hanya menjadikan Matahari sebagai Simbol atow SILOKA.

Tapi seiiring bergulirnya waktu... pengagungan terhadap Matahari ini malah dijadikan PENYEMBAHAN. Maka lahirlah agama agama yang bersifar Astronomi. Seperti di Mesir.. Yunani... Persia... Suku Maya di Amerika Selatan... Jepang dan bahkan Arab Jahiliyah pra Kelahiran Nabi Muhammad di kota Mekkah dan sekitarnya.

Dikarenakan TAUHID awal yang diajarkan oleh Nabi Adam dengan SUNDA nya sudah semakin terdistorsi... maka REVOLUSI TAUHID mulai dilaksankan ketika kenabian Nabi Ibrahim as... seperti terekam dalam ayat berikut...

Ingatlah ketika Ibrahim berkata kepada bapaknya, Azar, “Pantaskah kamu menjadikan berhala-berhala sebagai tuhan-tuhan? Aku melihat kamu dan kaummu dalam kesesatan.”

Demikianlah Kami perlihatkan kepada Ibrahim tanda-tanda keagungan (Kami yang terdapat) di langit dan bumi dan (Kami memperlihatkannya) agar dia termasuk orang yang yakin

Ketika malam telah gelap, dia melihat sebuah bintang (lalu) dia berkata: “Inilah Tuhanku”, tetapi tatkala bintang itu tenggelam dia berkata: “Saya tidak suka kepada yang tenggelam.”

Kemudian tatkala dia melihat bulan terbit dia berkata: “Inilah Tuhanku.” Tetapi setelah bulan itu terbenam, dia berkata: “Sesungguhnya jika Tuhanku tidak memberi petunjuk kepadaku, pastilah aku termasuk orang yang sesat.”

Kemudian tatkala ia melihat matahari terbit, dia berkata: “Inilah Tuhanku, ini yang lebih besar.” Maka tatkala matahari itu terbenam, dia berkata: “Hai kaumku, sesungguhnya aku berlepas diri dari apa yang kamu persekutukan. (QS. al-An’am: 74 – 78



Kalimat kalimat yang saya TEBALKAN... ini mengandung arti...bahwa pada saat Kenabian Ibrahim lah.... dimulai REVOLUSI TAUHID, dikarenakan PENGAGUNGAN akan benda benda Astronomi yang tadinya hanya dijadikan SILOKA/SIMBOL menjadi PENYEMBAHAN, yang lebih parah lagi... benda benda Astronomi ini diwujudkan dalam bentuk Mahluk yang lazim disebut degan DEWA DEWI.. yang pada ujungnya.... Pengagungan kepada Sang Maha Pencipta menjadi kacow balow...

Demikian darinyah sayah,.... Insya Allah kita lanjoot lagi..

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Sun May 24, 2015 5:19 am

@MBAH ABUUUU

@abu hanan wrote:tua sih iyah..tapi tertua?
para karuhun mengajarkan secara lisan dan praktek..tetapi itu tidak mengartikan sebagai yang tertua..
kalow sekedar kearifan lokal kan emang seperti itulah yang sebenarnyah ideal dilakukan..

Langsung aja mbah...
"menurut simbah... Nabi Adam ketika memulai karirnya sbagai Nabi di Planet Bumi ini...bagaimana dan apa yang diajarkan kepada Anak Cucu nya pada jaman Awal...??"

Hayooo lah.... daripada mikirin SEGITIGA BERMUDA mulu...puyengggg... mendingan balik lagi ke atas RING....

ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Sun May 24, 2015 8:32 pm

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Mon May 25, 2015 4:42 am

up

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Mon Jun 01, 2015 1:48 am

Kok sepi..??
Sensitif kah topik di tret ini...??

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Jun 10, 2015 3:49 am

@abu hanan wrote:
DIN atow dalam bahasa Sunda Kuno
disebut Hagama.. adalah cikal bakal kata yg sekarang kita sebut "Agama"...
kalo "yang" itu dari Hyang?
nah kalow "sayang"?

ini menjadi penting ketika asal muasal basa disinggung hanya karena mirip..

Lhaa..... ini bukan masalah mirip..tapi Tata Bahasa...
Dan itu kenyataannya..
Bule nyebut Agama dengan kata 'Religion" dan msh banyak lagi kata lain yg bermaksud sama dengan kata yang kita kenal dalam Tata Bahasa Indonesia.. "Agama".

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Thu Jun 25, 2015 12:59 pm


orang/agama sunda..
sudah ada sebelum adam/sesudah adam, mang?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Sat Jun 27, 2015 7:22 pm

@SEGOROWEDI wrote:
orang/agama sunda..
sudah ada sebelum adam/sesudah adam, mang?

AJAR PIKUKUH SUNDA... atow sering disebut Sunda Wiwitan... adalah "peninggalan" ajaran Nabi Adam...
Ajaran Tauhid yg menggunakan "Alam" sebagai "Siloka" dlm memahami Sang Pencipta dan Tata Cara Mensyukuri Karunia Sang Pencipta...
Dari Ajaran inipula... Constellation Religion berasal...tapi dlm perkembangannya... ajaran ini mengalim Distorsi... distorsi pertama diwujudkan dlm Konsep Agama yg kita kenal sekarang "Hindu".. dari Hindu inilah.. faham Constellation Religion berkembang ke Mesir..Yunani..Persia..Meksiko dan keseluruh pelosok Bumi dgn nama yg berbeda tp Konsep Yang Sama... sampe menjelang kelahiran Muhammad bin Abdullah pun .. kaum Qurays menganut faham ajaran ini...
Constellation Religion lah yang berperan penting dlm sejarah Human Civilization...
Dan yg menjadi Pusat dr Constellation Religion ini adalah SUN..Matahari.. yg dikenal dengan SUN GOD...

Karena kata "Sunda" pun... arti utamanya adalah Matahari..

Tapi sayangnya... ajaran Tauhid Sunda yg mengambil Alam sebagai siloka ini telah Terdistorsi...dan Alam yg tadinya hanya dijadikan Siloka Keagungan Sang Pencipta... dijadikan Wujud Sesembahan...

Maka tampillah... Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad sebagai pelopor utama Revolusi Tauhid dalam memberantas penyimpangan Ajaran Tauhid yg Murni Nabi Adam.

Dan Islam dengan Ajaran dan Syariat Nabi Muhammad lah..sebagai Final dr penyempurnaan itu..


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 29, 2015 12:23 pm

"peninggalan" ajaran Nabi Adam...
berapa usia ajaran tersebut, mang?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Tue Jun 30, 2015 5:11 am

@SEGOROWEDI wrote:"peninggalan" ajaran Nabi Adam...
berapa usia ajaran tersebut, mang?

Lha... nurut Kristen sendiri... emang taun kapan Adam bertandang di Planet ini...??

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 30, 2015 4:45 pm


hitung aja berapa generasi..
ada tuh di 1 tawarikh 1-7

ayo jawab!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Jul 01, 2015 3:13 am

@SEGOROWEDI wrote:
hitung aja berapa generasi..
ada tuh di 1 tawarikh 1-7

ayo jawab!

orang kristen bilang katanya Adam hidup 5000 SM... betull itu..??

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Jul 01, 2015 3:15 am

Mana ni yang lainnya..??
Laler Ijo doang yg hinggap di jendela...?

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Jul 01, 2015 5:46 pm

@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
hitung aja berapa generasi..
ada tuh di 1 tawarikh 1-7

ayo jawab!

orang kristen bilang katanya Adam hidup 5000 SM... betull itu..??

silakan hitung sendiri ada berapa generasi..
ayo jawab: berapa usia ajaran sunda wiwitan??????

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Mon Jul 27, 2015 3:51 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
hitung aja berapa generasi..
ada tuh di 1 tawarikh 1-7

ayo jawab!

orang kristen bilang katanya Adam hidup 5000 SM... betull itu..??

silakan hitung sendiri ada berapa generasi..
ayo jawab: berapa usia ajaran sunda wiwitan??????

Sunda Wiwitan bukan nama Ajaran..tapi sebenernya adalah nama pelaku artinya Manusia yang mulai menemukan pencerahan/cahaya...ini yang salah kaprah..

Ajarannya adalah AJAR PIKUKUH SUNDA...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Mon Jul 27, 2015 1:20 pm


ajaran itu ada sejak kapan?
berapa ribu atau juta tahun SM

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by dee-nee on Mon Jul 11, 2016 2:31 pm

Ngomong2 mang odoy kemana ya ?? kangen juga sama netter yang satu ini ....

mudah2an kalau saya ada salah ... dimaaf kan sama mang odoy

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik