FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

"SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

"SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Thu Sep 11, 2014 11:57 pm

First topic message reminder :

Assalamulaykum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Secara saya orang Sunda (wallo sebenernya kata "Sunda" asalnya bukan nama etnis) .... yang kata orang tua saya...ada teureuh (keturunan) GALUH dan PAJAJARAN. Maka saya tergugah untuk melakukan klarifikasi tentang kesalahpemahanan seputar sejarah orang Sunda :

Kesalah pemahaman yang telah beredar dalam sejarah Nasional di Indonesia,,bahwa :

1. Hindu adalah agama pertama yang ada di Jawa Barat
2. Kepercayaan Karuhun (nenek moyang) orang jawa barat adalah Animise dan Dinamisme.

Dari 2 pokok isu diatas.... maka saya akan mencoba untuk meluruskan dan memberikan informasi semampu saya..tentang apa dan bagaimana sejarahnya orang orang jaman dulu di Jawa Barat,,, yang ngetrend disebut Orang Sunda,

1. AGEMAN (Agama) Sunda Kuno


Secara ekstrim saya berpendapat, agama orang sunda kuno, sebut saja jaman GALUH dan PAJAJARAN adalah "Agama Sunda" . Saya percaya beberapa berita  yang sudah ditemukan  dan mayoritas telah memberikan kejelasan kejelasan. Contohnya Naskah lontar Kropak-406, CARITA PARAHYANGAN (CP) yang menunjukkan adanya para Wiku "nu ngawakan Jati Sunda" . Yakni para pemimpin spiritual  yang menganut dan mengamalkan "Agama Lokal" seraya memelihara "Kabuyutan Parahyangan". Indikasi dari sisi pranata religi semacam itu, kini masih tetap hidup di lingkungan  masyarakat  "Urang Rawayan " (Baduy), yang disebut... AGAMA SUNDA WIWITAN.
Sisa dari Kabuyutan  Jati Sunda atow Parahyangan, adalah Mandala Kanekes, tempat hunian mereka. Sebab pemeliharaan Mandala atow Kabuyutan "Jati Sunda", , dengan penuh kesetiaan mereka laksanakan hingga kini, yang kini lajim mereka sebut  "Sasaka Domas" ... "Sasaka Pusaka Buana" ..... atow disebut juga "Sasaka Pada Ageung".

Kesaksian lain secara primordial saya merujuk kepada  berita seriak Pantun Bogor versi Aki Uyut  Baju Rambeng. Dalam "pantun gede" (Pantun sakral) episode "Curug si Pada Weruh" . Diceritakan bahwa :

".... Saacan Urang Hindi ngararaton di Kadu Hejo oge, Karuhun urang mah geus baroga agama, anu disarebut agama Sunda tea ..."

(Sebelum orang Hindi bertahta di Kadu Hejo pun, Leluhur kita telah memiliki agama, yakni yang disebut agama Sunda).

Secara hipotesis, yang dimaksud dengan "Orang Hindi" disini, adalah tokoh Dewa Warman. Sebagaimana diberitakan  Pustaka Wangsakerta, ia dipungut mantu  oleh Aki Tirem alias Aki Luhur Mulya, dikawinkan kepada puterinya, Pohaci Larasati, kemudian diangkat menjadi raja di Salakanagara  yang beribukota  di Rajatapura ( 130 - 168 Masehi) menggantikan dirinya. Nama tempat Kadu Hejo, sejalan dengan berita pantun, berlokasi di kabupate Pandeglang Provinsi Banten, sampe sekarang masih bernama demikian.


Mengenai sejarah kerajaan Salakanagara... bisa dibaca disinih,...

http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Salakanagara


2. INI AJARAN AGAMA "SUNDA WIWITAN"

http://www.desantara.or.id/03-2008/537/sunda-wiwitan-tidak-mengenal-samawi-dan-ardhi/

“ Hyang tunggal katua kana jali nganawi-nawi jalan kabeh alam sakabeh alam dia disanes kara hung kadia ahung “

Arti leterleknya: “Tuhan itu tidak beranak dan tidak diperanakan”.

Ungkapan di atas adalah Syahadatnya agama Sunda Wiwitan yang dianut oleh orang baduy. Selama ini mereka di stereotipkan sebagai pemuaja alam, apalagi dalam versi pemerintah dikategorikan penganut aliran kepercayaan. Bahkan ada anggapan bahwa mereka itu sebagai pembangkang dan menolak ajaran agama Islam, sebagaimana tak jauh bedanya dengan baduy yang ada di Mekah. Akan tetapi stereotipe ini menjadi tanda tanya, kenapa secara adat dan religi Sunda Wiwitan memiliki keyakinan tentang Tuhan itu Hyang tunggal dan tidak beranak serta tidak diperanakan.

Syahadat di atas, tidak ada hubungannya antara Sunda Wiwitan dengan Islam. Atau ada asumsi, jangan-jangan meniru ajaran Islam?, persoalannya ada ke-sama-an dengan konsep Tauhidnya agama Islam seperti dalam surat al-Ikhlas, yaitu: “Qul huwa al-Allah ahad ……. Lam yalid walam yuu lad …. “. Kita tidak bisa menghakimi siapa meniru siapa atau siapa duluan siapa, dan kita tidak terjebak dengan kategrori agama Samawi dan Ardi. Karena agama Sunda Wiwitan lebih menekankan hal apa yang harus mereka kerjakan, bukan apa yang harus mereka percayai.

Beranjak dari asumsi di atas, kiranya secara sederhana pelu melihat ulang kata wiwitan dalam literatur Sunda kuno, yang artinya per-mula-an, maka sunda wiwitan merupakan perubahan nama dari agama yang dianut oleh Wangsa Pajajaran. Orang Sunda tidak menganut agama Hindu dan Budha, sebagai saksi dan bukti, mengapa di Jawa Barat tidak ada Candi ? Sebab sebelum masuknya Hindu dan Budha sudah lebih awal agama Sunda Purana. Agama Sunda Purana mengacu pada siklus perladangan (red- huma), karena sistem perladangan itu bagi mereka sebagai Wedanya orang Sunda atau al-Qur’annya agama Sunda.

Selain bersyahadat, ternyata masyarakat Baduy punya tanah Suci dengan sebutan “Tapa di mandala”. Bagi mereka nagara Kanekes adalah tanah suci agama Sunda Wiwitan, artinya disitu tempat bersucinya orang-orang Kanekes. Karena orang Baduy dalam kehidupan kesehariannya tidak lepas berpijak pada agama; mandi sebagai syariat agama, makan sebagai syariat agama, tidur sebagai syariat agama. Artinya, makan hanya sekadar tidak terlalu lapar, minum hanya sekedar tidak terlalu haus, tidur hanya sekedar tidak terlalu ngantuk. Jadi pola hidupnya itu tidak boleh berlebihan, makanya dalam tradisi orang baduy itu tidak menmpuk harta, contoh sederhana, mereka tidur tidak pakai bantal cukup dengan potongan bambu atau kayu, artinya tidak boleh enak-enakan.

Tak luput juga, di baduy ada tradisi Khitan yang disebut Sudat, caranya bukan kulupnya yang dibuang tapi kulupnya itu cukup ditoreng lalu dimasukan Semilu dan disobek, karena bagi mereka tabu untuk membuangnya. Kenapa mereka tabu ? baginya, bahwa Tuhan menciptakan mahluk dan alam semesta ini sempurna, sebab tuhan itu maha sempurna. Kita sebagai ciptaan-Nya tabu untuk membuang hasil ciptaannya, karena sama saja dengan melecehkan kekuasan tuhan.


Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down


Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by ngayarana on Tue Sep 16, 2014 1:03 pm

Langsung aja ya mang……
Bila kita bicara Agama maka tak lepas dari peradaban manusia, yang pada hakekatnya manusia membutuhkan bimbingan spiritual yang menjadi pokok kebutuhan Rohani.
Namun bila kita meneliti Ajaran Agama “Pertama” di dunia, sampai saat inipun kita masih belum dapat memastikan apa (Nama) dan bagaimana keyakinan tersebut, terlepas dari teori mamang yang mengatakan “Sunda….adalah Agama pertama di Dunia”.

Namun sebagai Muslim keyakinan tentang kepercayaan mengenai Agama tak lepas dari tuntunan kitab suci yang kita miliki yaitu Al Qur’an yang di dalamnya kita mendapati petunjuk yang nyata dan juga kita Imani, sebagaimana hal tersebut merupakan refleksi keyakinan kita akan ayat ayat Al Qur’an di antaranya:

“Kebenaran itu adalah dari sisi Rabb mu, sebab itu jangan sekali kali kamu termasuk orang orang yang Ragu” (QS Al-Baqoroh : 147)

Dan dari apa yang saya kemukakan di atas, kita dapat tarik poin kesimpulan bahwa : Agama merupakan kebutuhan pokok rohani manusia, dan bila berbicara Agama pertama, berarti tak lepas dari manusia (peradaban Manusia ) pertama.
Lalu timbul pertanyaan:
Siapa dan bagaimana peradaban manusia pertama itu….?
Bukankah Adam dan keluarganya adalah manusia pertama dan juga merupakan peradaban pertama…?
Dan apakah benar Adam dan peradabannya beragama “Sunda”….?

Itu aja dulu mang, seperti yang saya kemukan sebelumnya (di WA LI) mungkin mamang bisa memberikan penjelasan.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 17, 2014 7:54 am

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:
@SEGOROWEDI wrote:“ Hyang tunggal katua kana jali nganawi-nawi jalan kabeh alam sakabeh alam dia disanes kara hung kadia ahung “

kalau biologis ya emang tidak

HALAHHH...Komentar basiii...ape lu kate dahhhh...

Yang jelas..Sunda Wiwitan tidak mengenal teori gila..bahwa Sang Hyang Tunggal..turun ke bumi dalam bentuk Darah Daging plus kentut ...untuk menebus dosol manusia dengan darah..

usil

sunda wiwitan ngomongin sosok 'adam'/tidak?

Iya..tp dgn Nama dan penyampaian yg berbeda...
Adam...secara harfiah arinya TANAH/BUMI... mangkanya dalam Kitab Kejadian ..pas awal penciptaan..disana hanya disebut.."Hai...MANUSIA".

Nyantei aja nduss..ntar jg bakal nyampe sana pembahasannya..lu baca aja dulu semua paparan gw diatas...biar komen lu nyambung...gak asal mangap.. ni tret temanya serius..kl komen lu ngasal..gak bakal gw layani..

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 17, 2014 8:21 am


kisah 'adam' versi wiwitan seperti apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 17, 2014 10:17 am

@ngarayana




Namun sebagai Muslim keyakinan tentang kepercayaan mengenai Agama tak lepas dari tuntunan kitab suci yang kita miliki yaitu Al Qur’an yang di dalamnya kita mendapati petunjuk yang nyata dan juga kita Imani, sebagaimana hal tersebut merupakan refleksi keyakinan kita akan ayat ayat Al Qur’an di antaranya:

“Kebenaran itu adalah dari sisi Rabb mu, sebab itu jangan sekali kali kamu termasuk orang orang yang Ragu” (QS Al-Baqoroh : 147)

Seperti telah saya paparkan sebelumnya…bahwa kalo kita mau merenungi ayat ayat Allah SWT dalam Al-Quran…sebagai Kitab Suci yang FINAL yang diturunkan melalui UTUSAN TERAKHIR.. yaitu Muhammad bin Abdullah, maka kita akan menemukan petunjuk yang jelas, bagaimana perjalanan TAUHID yang menjadi Pilar Utama dalam beragama mengalami perjalanan yang panjang yang pada akhirnya DIKOREKSI dari berbagai penyelewengan dan kesalah pemahaman dan DISEMPURNAKAN oleh Sang NABI Terakhir…. Khatamin Nabiyin. Nabi Muhammad SAW.

Silahkan baca lagi posting saya no #18


Dan dari apa yang saya kemukakan di atas, kita dapat tarik poin kesimpulan bahwa : Agama merupakan kebutuhan pokok rohani manusia, dan bila berbicara Agama pertama, berarti tak lepas dari manusia (peradaban Manusia ) pertama.

BETUL…. Saya setuju satu milyar persen dengan pendapat anda..
Tapi kalo kita bicara manusia dan peradaban manusia pertama… kita harus bisa mentafsirkan dengan arif dan penuh kehati hatian…
Seperti sudah kita mafhum..bahwa dalam Agama Samawi..ADAM adalah sebagai tokoh Manusia pertama. Tapi kita juga dihadapkan dengan kenyataan Ilmiah atow Science..bawa telah ditemukan fosil fosil mahluk purba yang diklaim sebagai mahluk yang mirip dengan kita kita sekarang ini, dengan prediksi umur yang jauh melampaui prediksi umur Adam sendiri.
Menurut hemat saya…Adam adalah CIKAL BAKAL Mahluk Ciptaan Allah SWT yang menurunkan sifat dan bentuk fisik seperti kita sekarang ini, dalam artian dibekali AKAL BUDI dan PIKIRAN serta NURANI. Ini sesuai dengan misi Allah SWT sendiri bahwa diutusnya Adam adalah untuk menjadi Khalifah..pemimpin…pengelola…pengurus… BUMI  beserta isinya.
Kalow toh..ditemukan berbagai bukti peraadaban kuno (alat alat atow perkakas maupun fosil mahluk puba) yang umurnya jauh melampaui prediksi umur adam. Ini bukan berarati suatu kontradiksi.
Bukankah dalam Al-Quran pun dijelaskan bahwa ketika Allah SWT berencana mengutus Adam ke Bumi… Malaikat sempet protes bahwa untuk apa menempatkan mahluk dibumi lagi kalo hanya untuk membuat kerusakan..???
Ini pertanda…bahwa Adam bukanlah Mahluk pertama yang diutus ke Bumi..mendiami planet ini…hidup dan mati disini. Sebelumnya telah ada kehidupan dengan berbagai Mahluk yang mendiami planet ini, tapi dikarenakan mahluk mahluk sebelum Adam ini  hanya membuat kerusakan, maka semuanya dimusnahkan, dan diganti dengan babak baru, yaitu dengan diutusnya Adam ke Bumi sebagai CIKAL BAKAL mahluk seperti kita sekarang ini. Dan terbukti…mahluk yang cikal bakalnya Adam ini..bisa membangun dan mengelola planet ini…hingga akhirnya bisa seperti hari ini…

KIYAMAH atow The Last Day..The Judgement Day yang MUTLAK akan terjadi nanti di suatu hari yang kita tidak akan pernah tau… bukan berarti adalah AKHIR dari semua KEHIDUPAN di Universe ini.  Bisa jadi akan ada kehidupan baru di planet ini.

Contoh kecil…kalow kita liat fakta Ilmiah … di Planet Mars pun… ahir ahir ini para Ilmuwan menemukan bukti bahwa pernah ada kehidupan di Planet Mars,.. dengan ditemukannya bukti bahwa masih ada kandungan air di planet ini.
Kita kaitkan dengan salah satu Hadist yang menggambarkan Alam Mahsyar pasca Qiyamah dimana semua manusia dibangkitkan. Maka situasi alam mahsyar dalam hadist tersebut…kok bisa sama dengan situasi di Planet Mars sekarang.

Tulisan saya ini berdaasarkan fakta Ilmiah dan Science… kalow ada yang memandang hal ini dari sudut lain….dari sudut SUFI atow KEBATINAN… yahhh…. Mungkin akan beda.


Lalu timbul pertanyaan:
Siapa dan bagaimana peradaban manusia pertama itu….?
Bukankah Adam dan keluarganya adalah manusia pertama dan juga merupakan peradaban pertama…?

YES …betulll ….MANUSIA yang mana mahluk seperti kita kita yang masih hidup sampe hari ini….

PERADABAN PERTAMA di planet Bumi ini…??? …. BUKAN…!!

Seperti telah saya singgung…. Rekaman percakapan antara Allah SWT dan Malaikat perihal penciptaan dan pengutusan Adam dalam Al-Quran…mengindikasikan..bahwa telah ada Mahluk yang diutus dan mendiami planet Bumi ini….hidup dan mati disini.


Dan apakah benar Adam dan peradabannya beragama “Sunda”….?

Sebelum kita lebih jauh dan lebih dalam membahas tema di tret ini… tolong singkirkan pendapat bahwa SUNDA adalah nama suku atow etnis atow nama daerah di Propinsi Jawa Barat di NKRI.

Selanjutnya…. Silahkan baca postingan saya no #9 dan no #10
Baca secara teliti dan hati hati…renungkan.

Baru anda bisa counter paparan saya disana,.
Ini penting…supaya anda jelas dan mengerti…. Saya pun enak dalam menerangkannya.
Saya ingin diskusi di tret ini AKTIF…dan bukan PASIF.

Kalow saya terus menerus menulis Artikel tentang temuan temuan saya ..yang bisa dipastikan panjang lebar…ini akan membosankan dan menjenukan.

Mari kita sama sama BERPIKIR dan MENELAAH… rahasia dibalik kalimat “SUNDA” dalam tret ini.

Wasalam

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 17, 2014 10:26 am

@SEGOROWEDI wrote:
kisah 'adam' versi wiwitan seperti apa?

lu PANTENGIN aja terus tret ini...ntar juga nyampe sana..
cerewet amat si lu.. kaya emak emak....

usil

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 17, 2014 10:27 am

mosok manusia-manusia penghuni bumi sebelum adam tanpa AKAL BUDI dan PIKIRAN serta NURANI??
tahu darimana Dong?
bukannya sampai hari ini pun manusia-manusia penghuni bumi juga tak henti-hentinya melakukan kerusakan??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 17, 2014 10:30 am


kisah adam sampai isa itu milik yahudi..
yang meuliskan kisah tersebut juga yahudi, ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu..
bukan (orang) sunda..
jadi kisah adam gak ada hubungannya dengan sunda..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by wildan99Islam on Fri Sep 19, 2014 5:16 pm

Tret ini baguss banget 2 good
Tapi kayaknya kalo tret yang sebelah udah bener2 tuntas baru bisa tuntas habis deh tret ini
mana: binar
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by wildan99Islam on Fri Sep 19, 2014 5:18 pm

@mang odoy wrote:
@dee-nee wrote:
@wildan99Islam wrote:Panjaaang amaat mang.. 2 good
Nyimak dulu ahh... piss

bareng2 yah Dan ...

penyusup

(tarik kursi duduk sebelah Wildan)

Nyantei aja.... neng dini yang duluan dipanggil...
Ladies first...
Lalaki mah belakangan... ararateul... wkwkwkwmwm

Ararateul kunaon atuh mang? piss
avatar
wildan99Islam
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 18
Posts : 1431
Kepercayaan : Islam
Location : bogor
Join date : 20.03.13
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Fri Sep 19, 2014 6:53 pm

@SEGOROWEDI wrote:mosok manusia-manusia penghuni bumi sebelum adam tanpa AKAL BUDI dan PIKIRAN serta NURANI??
tahu darimana Dong?

Mahluk yg diutus ke planet bumi sebelum Adam...bukan mahluk kaya gw atow eluh.. kaya gimana mereka...gak penting dibahas... yg jelas..tidak semata mata Sang Hiyang Tungga.. Tuhan Yang Maha Esa mengutus Mahluk berikutnya ..kalo w tidak dalam rangka perbaikan menuju sesuatu yang lebih baik... Adam dan keturunannya..yaitu gw sama eluh salah satunya..mahluk yg sukses menjadi pemimpin dan pengelola bumi serta isinya..


Walaowpun..sudah pasti...semuanya adalah Skenario Nya...

bukannya sampai hari ini pun manusia-manusia penghuni bumi juga tak henti-hentinya melakukan kerusakan??


Betull...tapi dibanding mahluk pra Adam...segokil gokilnya turunan adam...masih jauh lebih beradab...lu ngerasa gak...? Kalo gak..berarti otak lu harus di update..

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by ngayarana on Tue Sep 23, 2014 11:18 am

@mang odoy wrote:@ngarayana




Namun sebagai Muslim keyakinan tentang kepercayaan mengenai Agama tak lepas dari tuntunan kitab suci yang kita miliki yaitu Al Qur’an yang di dalamnya kita mendapati petunjuk yang nyata dan juga kita Imani, sebagaimana hal tersebut merupakan refleksi keyakinan kita akan ayat ayat Al Qur’an di antaranya:

“Kebenaran itu adalah dari sisi Rabb mu, sebab itu jangan sekali kali kamu termasuk orang orang yang Ragu” (QS Al-Baqoroh : 147)

Seperti telah saya paparkan sebelumnya…bahwa kalo kita mau merenungi ayat ayat Allah SWT dalam Al-Quran…sebagai Kitab Suci yang FINAL yang diturunkan melalui UTUSAN TERAKHIR.. yaitu Muhammad bin Abdullah, maka kita akan menemukan petunjuk yang jelas, bagaimana perjalanan TAUHID yang menjadi Pilar Utama dalam beragama mengalami perjalanan yang panjang yang pada akhirnya DIKOREKSI dari berbagai penyelewengan dan kesalah pemahaman dan DISEMPURNAKAN oleh Sang NABI Terakhir…. Khatamin Nabiyin. Nabi Muhammad SAW.

Silahkan baca lagi posting saya no #18
saya mengerti dengan post yang mang odoy maksudkan, bahwa setiap Rosul akan di utus sesuai dengan karakter dan juga bahasa penduduknya, namun saya masih belum menemukan indikasi seperti Judul yang sudah mang Odoy Tuliskan.

@Mang Odoy wrote:
Dan dari apa yang saya kemukakan di atas, kita dapat tarik poin kesimpulan bahwa : Agama merupakan kebutuhan pokok rohani manusia, dan bila berbicara Agama pertama, berarti tak lepas dari manusia (peradaban Manusia ) pertama.

BETUL…. Saya setuju satu milyar persen dengan pendapat anda..
Tapi kalo kita bicara manusia dan peradaban manusia pertama… kita harus bisa mentafsirkan dengan arif dan penuh kehati hatian…
Seperti sudah kita mafhum..bahwa dalam Agama Samawi..ADAM adalah sebagai tokoh Manusia pertama. Tapi kita juga dihadapkan dengan kenyataan Ilmiah atow Science..bawa telah ditemukan fosil fosil mahluk purba yang diklaim sebagai mahluk yang mirip dengan kita kita sekarang ini, dengan prediksi umur yang jauh melampaui prediksi umur Adam sendiri.
Menurut hemat saya…Adam adalah CIKAL BAKAL Mahluk Ciptaan Allah SWT yang menurunkan sifat dan bentuk fisik seperti kita sekarang ini, dalam artian dibekali AKAL BUDI dan PIKIRAN serta NURANI. Ini sesuai dengan misi Allah SWT sendiri bahwa diutusnya Adam adalah untuk menjadi Khalifah..pemimpin…pengelola…pengurus… BUMI  beserta isinya.
Kalow toh..ditemukan berbagai bukti peraadaban kuno (alat alat atow perkakas maupun fosil mahluk puba) yang umurnya jauh melampaui prediksi umur adam. Ini bukan berarati suatu kontradiksi.
Bukankah dalam Al-Quran pun dijelaskan bahwa ketika Allah SWT berencana mengutus Adam ke Bumi… Malaikat sempet protes bahwa untuk apa menempatkan mahluk dibumi lagi kalo hanya untuk membuat kerusakan..???
Ini pertanda…bahwa Adam bukanlah Mahluk pertama yang diutus ke Bumi..mendiami planet ini…hidup dan mati disini. Sebelumnya telah ada kehidupan dengan berbagai Mahluk yang mendiami planet ini, tapi dikarenakan mahluk mahluk sebelum Adam ini  hanya membuat kerusakan, maka semuanya dimusnahkan, dan diganti dengan babak baru, yaitu dengan diutusnya Adam ke Bumi sebagai CIKAL BAKAL mahluk seperti kita sekarang ini. Dan terbukti…mahluk yang cikal bakalnya Adam ini..bisa membangun dan mengelola planet ini…hingga akhirnya bisa seperti hari ini…
Oke Mang..., untuk ini saya sependapat dengan anda, sayapun pernah mengutarakan permasalahan ini pada threat yang lain mengenai apa itu arti sebenarnya kata "Khalifah" di sini http://www.laskarislam.com/t8351p25-apakah-adam-as-itu-manusia-pertama-atau-nabi-khalifah-pertama Post 49-51,
Berikut Kutipan saya :
Apa maksud dari "Khalifah"..?

Untuk Membahas masalah Adam AS sebagai Khalifah, sebaiknya kita mencoba mencermati dialog Allah SWT dengan para malaikatnya, yang termaktub dlam Al Quran surat  Al Baqoroh 30-33

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Apakah Engkau hendak menjadikan di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui". (QS 2;30)

Dalam QS Al Baqoroh ayat 30 di atas Allah SWT hendak menjadikan Adam AS sebagai seorang Khalifah di bumi.
Lalu apa maksud dari kata “seorang Khalifah” di atas?
Sebagian orang berpendapat, kata khalifah diartikan sebagai “Penguasa”, namun menurut saya pendapat ini bertentangan dengan ketetapan Allah , karena sesungguhnya penguasa alam semesta adalah milik Allah SWT, di karenakan kata “Rabb” juga di artikan sebagai “Penguasa / Pemelihara”

Dan bila kita mengartikan kata “Khalifah” sebagai “Wakil” juga tidak bisa kita jadikan landasan, dikarenakan manusia tidak layak sebagai Wakil Allah SWT, namun sebaliknya Allahlah sebagai Wakil (penolong) manusia, dasarnya adalah :

“Cukuplah Allah menjadi Wakil (Penolong) kami dan Allah adalah sebaik2 pelindung”
(QS Ali imran: 173, Hud 12, at thalaq:3, an Nisa 81)

Jadi dari uraian di atas Kata “Khalifah” lebih tepat di artikan sebagai “Pengganti” dasarnya adalah :

“Dia-lah yang menjadikan kamu (pengganti-pengganti) khalifah-khalifah di muka bumi.” (QS Fathir:39)

“Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.”(QS Yunus: 14)

Dalam kitab al mufrodat Alfadhil Quran bab huruf kho hal. 157:
“Dan yang dinamakan kholifah ialah ganti dari yang lainnya, sama juga yang diganti itu memang karena tidak hadir atau yang diganti itu karena mati atau yang diganti itu karena udzur,dll”
Begitupun ketika Rosulullah SAW wafat, tampuk kepemimpinan umat Islam waktu itu diserahkan kepada Sayyidina Abu Bakar RA, dan bergelar Khalifaturrosulillah (pengganti Rosulullah)

Atau di dalam tafsir ibnu Katsir (hal 104)
“Yakni suatu kaum yang akan menggantikan satu sama lain, kurun demi kurun dan generasi demi generasi”.

Tetapi tidak dapat dipahami bahwa yang “digantikan” itu adalah Allah, sebab :
Allah tidak berhalangan/udzur, tidak mati, dan bukannya tidak bisa melaksanakan,dll.
Jika Adam itu menggantikan Allah maka dia harus memiliki sifat2 yang menyerupai Allah.

Dan tidak ada satupun ayat Alquran menceritakan bahwa manusia adalah Khalifatullah, melainkan hanya “Khalifah” saja.

“Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat yang sebelum kamu, ketika mereka berbuat kelaliman, padahal rasul-rasul mereka telah datang kepada mereka dengan membawa keterangan-keterangan yang nyata, tetapi mereka sekali-kali tidak hendak beriman. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat dosa.
Kemudian Kami jadikan kamu pengganti-pengganti (mereka) di muka bumi sesudah mereka, supaya Kami memperhatikan bagaimana kamu berbuat.” (QS Yunus: 13-14)
tapi sayang bukannya di bedah mala di lebarkan gak tentu arah ......   pusing" alt="pusing" title="pusing">
@mang Odoy wrote:
KIYAMAH atow The Last Day..The Judgement Day yang MUTLAK akan terjadi nanti di suatu hari yang kita tidak akan pernah tau… bukan berarti adalah AKHIR dari semua KEHIDUPAN di Universe ini.  Bisa jadi akan ada kehidupan baru di planet ini.

Contoh kecil…kalow kita liat fakta Ilmiah … di Planet Mars pun… ahir ahir ini para Ilmuwan menemukan bukti bahwa pernah ada kehidupan di Planet Mars,.. dengan ditemukannya bukti bahwa masih ada kandungan air di planet ini.
Kita kaitkan dengan salah satu Hadist yang menggambarkan Alam Mahsyar pasca Qiyamah dimana semua manusia dibangkitkan. Maka situasi alam mahsyar dalam hadist tersebut…kok bisa sama dengan situasi di Planet Mars sekarang.

Tulisan saya ini berdaasarkan fakta Ilmiah dan Science… kalow ada yang memandang hal ini dari sudut lain….dari sudut SUFI atow KEBATINAN… yahhh…. Mungkin akan beda.
Apa anda bermaksud setelah jaman Bani Adam ini akan ada Bani Adam berikutnya..., atau mungkin mamang bisa di Jabarkan..? ngupil" alt="ngupil" title="ngupil">

@mang Odoy wrote:
Lalu timbul pertanyaan:
Siapa dan bagaimana peradaban manusia pertama itu….?
Bukankah Adam dan keluarganya adalah manusia pertama dan juga merupakan peradaban pertama…?

YES …betulll ….MANUSIA yang mana mahluk seperti kita kita yang masih hidup sampe hari ini….

PERADABAN PERTAMA di planet Bumi ini…??? …. BUKAN…!!
Hmmmmm........ini menarik, apakah mang Odoy mau mengajak saya menelusuri peradaban Pra Adam....?

Seperti telah saya singgung…. Rekaman percakapan antara Allah SWT dan Malaikat perihal penciptaan dan pengutusan Adam dalam Al-Quran…mengindikasikan..bahwa telah ada Mahluk yang diutus dan mendiami planet Bumi ini….hidup dan mati disini.
Saya jadi bingung mang....., kayaknya anda mau mengajak saya pada masa yang tidak di ceritakan Alqur'an, bukankah yang asedang kita bahas Agama pertama Bani Adam...?

NB.
Saya sengaja untuk mengganti kata Manusia dengan Bani Adam agar kita bisa fokus dalam diskusi ini.

@mang Odoy wrote:
Dan apakah benar Adam dan peradabannya beragama “Sunda”….?

Sebelum kita lebih jauh dan lebih dalam membahas tema di tret ini… tolong singkirkan pendapat bahwa SUNDA adalah nama suku atow etnis atow nama daerah di Propinsi Jawa Barat di NKRI.

Selanjutnya…. Silahkan baca postingan saya no #9 dan no #10
Baca secara teliti dan hati hati…renungkan.

Baru anda bisa counter paparan saya disana,.
Ini penting…supaya anda jelas dan mengerti…. Saya pun enak dalam menerangkannya.
Saya ingin diskusi di tret ini AKTIF…dan bukan PASIF.

Kalow saya terus menerus menulis Artikel tentang temuan temuan saya ..yang bisa dipastikan panjang lebar…ini akan membosankan dan menjenukan.

Mari kita sama sama BERPIKIR dan MENELAAH… rahasia dibalik kalimat “SUNDA” dalam tret ini.

Wasalam
Setuju mang....., Tapi kita juga perlu menilik sejarah Bahwasanya kata Sunda tersebut juga merujuk pada sebuah Ibu Kota kerajaan Tarumanagara yaitu Sundapura .
http://id.wikipedia.org/wiki/Sunda
Etimologi
Kata ini kemungkinan berasal dari bahasa Sanskerta yang bisa berarti 'cahaya' atau 'air'. Dalam naskah historis lainnya menyebutkan Sunda merujuk pada ibukota Kerajaan Tarumanagara yang bernama Sundapura. Sehingga masyarakat yang menghuni wilayah tersebut dikenal sebagai orang Sunda yang disebut hingga kini. Kerajaan Tarumanagara merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara yang terbukti dengan bukti prasasti dan berita naskah kuno di negeri Tiongkok. Letak tepat kota Sundapura masih menjadi penelitian para ahli, apakah di Jakarta, Bekasi atau Karawang sekarang. Hanya di Karawang terdapat situs percandian Batujaya seluas 5 km persegi yang menunjukkan tumbuh kembangnya kebudayaan sejak abad 2 Masehi hingga abad 12 Masehi.
Monggo mang.....  dijabarkan lagi...
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Tue Sep 23, 2014 12:57 pm

@ngarayana

Silahka anda baca lagi paparan saya dari awal..biar saya gak bolak balik nyeritain....

1. Arti dan makna kata " Sunda "
2. Kerajaan pertma di nusantara pada abad 1 masehi.

Secuil kisah pra adam... mungkin bisa ditelusuri di Google...

Adapun mengenai sejarah dan ajaran ajaran Agama Sunda..emang belum saya paparkan lebih banyak... setahap demi setahap aja.

Silahkan counter dulu paparan saya mengenai Arti dan Makna kata "Sunda" di awal tret..juga sejarah berdirinya kerajaan di Nusantara. Kalo anda msh berpijak bahwa Tarumanegara adalah kerajaan tertua di nusantara...berarti anda masih jadi korban pembodohan sejarah Nasional a'la Rezim Soeharto...


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Tue Sep 23, 2014 1:02 pm

@mang odoy wrote:Sekedar menambah wawasan...

http://www.kpwisanggeni.com/2013/09/makhluk-penghuni-bumi-sebelum-nabi-adam.html

Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam
Teka-Teki Makhluk Penghuni Bumi Yang DiCiptakan Sebelum Nabi Adam (as) Akhirnya Terungkap


Bagi bagi info aja ini mah... he he he.

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by ngayarana on Tue Sep 23, 2014 1:42 pm

@mang odoy wrote:@ngarayana

Silahka  anda baca lagi paparan saya dari awal..biar saya gak bolak balik nyeritain....

1. Arti dan makna kata " Sunda "
2. Kerajaan pertma di nusantara pada abad 1 masehi.
Mang.....
mengenai Arti Sunda, bolehlah mamang sebut Agama Matahari atau yang lainnya, namun dari pemaparan disana tak satupun mamang menyimpulkan Bahwa Agama tersebut merupakan Agama pertama di Dunia, walaupun mamang menghubungkan dengan kepercayaan Bangsa Mesir kuno, Suku pedalaman Amerika, ataupun kepercayaan Bangsa Jepang, karena kita juga harus menilik dari segi sejarah, apakah kepercayaan yang disana berasal dari kita ataukah sebaliknya, di situ saya ingin melihat dan mengamati dari titik sejarah itu, walaupun kadang sejarah sering di belokkan.

Dan mengenai kerajaan Tarumanagara saya pun sudah membaca bahwa sebelum kerajaan tersebut terbentuk jauh sebelumnya sudah ada kerajaan Salakanagara, dengan Rajanya Dawawarman, namun bukan itu persoalannya, saya hanya menyampaikan dari persepsi yang lain, Mungkin....(ini Mungkin ya...) kata Sunda itu berasal dari sebutan Ibu kota kerajaan Tarumanagara yaitu Sundapura, dan akhirnya penduduk kerajaan itu di sebut Orang Sunda.

Secuil kisah pra adam... mungkin bisa ditelusuri di Google...
Insya Allah akan coba saya telusuri

Adapun mengenai sejarah dan ajaran ajaran Agama Sunda..emang belum saya paparkan lebih banyak... setahap demi setahap aja.
Silahkan Mang..., Aku menunggumu, agar bisa menambah Wawasan.

Silahkan counter dulu paparan saya mengenai Arti dan Makna kata "Sunda" di awal tret..juga sejarah berdirinya kerajaan di Nusantara. Kalo anda msh berpijak bahwa Tarumanegara adalah kerajaan tertua di nusantara...berarti anda masih jadi korban pembodohan sejarah Nasional a'la Rezim Soeharto...
Jujur mang saya belum menguasai terlalu jauh tentang Arti kata "Sunda" tersebut, selain yang saya paparkan diatas, dan yang sudah saya dapat dari mamang.
dan untuk Tarumanagara saya sudah kemukakan diatas.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by ngayarana on Tue Sep 23, 2014 1:47 pm

@mang odoy wrote:
@mang odoy wrote:Sekedar menambah wawasan...

http://www.kpwisanggeni.com/2013/09/makhluk-penghuni-bumi-sebelum-nabi-adam.html

Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam
Teka-Teki Makhluk Penghuni Bumi Yang DiCiptakan Sebelum Nabi Adam (as) Akhirnya Terungkap

Bagi bagi info aja ini mah... he he he.
Infonya Bagus mang...., saya juga sudah pernah baca cerita ini....
Tapi kok kaya cerita etimologi ya..., kaya cerita Mahadewa atau sejenisnya ......? ehmm
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Tue Sep 23, 2014 7:44 pm

@ngayarana wrote:
@mang odoy wrote:
@mang odoy wrote:Sekedar menambah wawasan...

http://www.kpwisanggeni.com/2013/09/makhluk-penghuni-bumi-sebelum-nabi-adam.html

Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam
Teka-Teki Makhluk Penghuni Bumi Yang DiCiptakan Sebelum Nabi Adam (as) Akhirnya Terungkap

Bagi bagi info aja ini mah... he he he.
Infonya Bagus mang...., saya juga sudah pernah baca cerita ini....
Tapi kok kaya cerita etimologi ya..., kaya cerita Mahadewa atau sejenisnya ......? ehmm

Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by Kedunghalang on Wed Sep 24, 2014 8:24 am

@mang odoy wrote:
@ngayarana wrote:
@mang odoy wrote:
@mang odoy wrote:Sekedar menambah wawasan...

http://www.kpwisanggeni.com/2013/09/makhluk-penghuni-bumi-sebelum-nabi-adam.html

Penghuni Bumi Sebelum Nabi Adam
Teka-Teki Makhluk Penghuni Bumi Yang DiCiptakan Sebelum Nabi Adam (as) Akhirnya Terungkap

Bagi bagi info aja ini mah... he he he.
Infonya Bagus mang...., saya juga sudah pernah baca cerita ini....
Tapi kok kaya cerita etimologi ya..., kaya cerita Mahadewa atau sejenisnya ......? ehmm

Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

Akhirnya.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 24, 2014 10:47 am


adam di sunda..
lalu nyari hawa ke arab dan ketemu di jabal rahmah
ampun dah slim..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by SEGOROWEDI on Wed Sep 24, 2014 10:50 am

@mang odoy wrote:[
Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

adam manusia pertama di bumi/tidak Dong??
tahu darimana kamu keturunannya Dong??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by dee-nee on Wed Sep 24, 2014 7:45 pm

@wildan99Islam wrote:Tret ini baguss banget 2 good
Tapi kayaknya kalo tret yang sebelah udah bener2 tuntas baru bisa tuntas habis deh tret ini
mana: binar

tret yang sebelah itu yang mana ya ??
hehehehehe banyak banget tret sebelah

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by Kedunghalang on Wed Sep 24, 2014 8:17 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:[
Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

adam manusia pertama di bumi/tidak Dong??
tahu darimana kamu keturunannya Dong??

Adam bukan manusia pertama, melainkan Khalifah pertama di bumi.
Menurut Al Qur'an, semua manusia di dunia ini (Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa) adalah Bani Adam.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 24, 2014 8:32 pm

@SEGOROWEDI wrote:
adam di sunda..
lalu nyari hawa ke arab dan ketemu di jabal rahmah
ampun dah slim..

dasar laler ijo...
kalo mo ngomongin adam...di tret Adam diturunkan di sundaland..
ngarti lu hah..??

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 24, 2014 8:34 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:[
Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

adam manusia pertama di bumi/tidak Dong??
tahu darimana kamu keturunannya Dong??


Adam bukan manusia pertama, melainkan Khalifah pertama di bumi.
Menurut Al Qur'an, semua manusia di dunia ini (Asia, Afrika, Australia, Amerika dan Eropa) adalah Bani Adam.

pak kedung...saya mo nanya nih...emang mahluk pra Adam .. disebut MANUSIA juga..??

Ingat pak... kata "Manusia" diambil dari bahasa Sangkrit "Manusa"

Emang..mahluk pra Adam.. seperti kita sekarang ini...??

coba definisikan dengan jelas..menurut panjenengan... apa yang anda maksud dwngan MANUSIA..sesuai yang ada di otak anda..

Soalnya ane dah muntah nih baca postingan yang sama si tret sebelah..

Silahkan.....


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 24, 2014 8:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@mang odoy wrote:[
Yang jelas... Bani Adam bukan mahluk pertama di planet ini...
Saya rasa..mahluk pra Adam ini..kurang begitu penting untuk dibahas..
AlQuran pun hanya mengisyaratkan dan mengingatkan kita..bahwa kita sebagai keturunan Adam...

Point pentingnya...bahwa Bani Adam sudah bisa menjadi Khalifah di bumi ini..swsuai dengan Rencana Sang Maha Pencipta ...

adam manusia pertama di bumi/tidak Dong??
tahu darimana kamu keturunannya Dong??

Lu sendiri keturunan Bani Apa...???

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by mang odoy on Wed Sep 24, 2014 9:07 pm

@SEGOROWEDI wrote:
adam di sunda..
lalu nyari hawa ke arab dan ketemu di jabal rahmah
ampun dah slim..

Yang dijadikan Filter di tret ini adalah AlQuran..maka otomatis..yang ngobrolnya juga.lebih nyambung kalo sama Muslim.

Kalow kafir Kristen ikutan nimbrung...gw anggap aja orang gila..soalnya ngobrol panjang lebar juga gak bakalan nyambung..percuma.

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: "SUNDA" ... ADALAH "AGAMA" PERTAMA DIDUNIA..!!

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik