FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Halaman 5 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by F-22 on Tue Sep 16, 2014 10:38 am

First topic message reminder :

Spt dicontohkan oleh kalifah rasyidin, bentuk pemerintahan yg islami adalah kekalifahan, sesuatu yg diperjuangkan oleh ISIS.

Sedangkan negara2 arab skrg ini berbentuk kerajaan spt arab saudi, yordania dll. Berbentuk negara republik/demokrasi spt irak, syria dll.

Jadi apa yg salah dg ISIS yg ingin mengubah pemerintahan TIDAK islami spt kerajaan & republik menjadi pemerintahan islami kekalifahan ???

Soal ISIS melakukan kekerasan apakah itu dilarang dlm islam ??? Dlm islam demi agama (islam) semuanya termasuk kekerasan dihalalkan. Muhammad pernah ngerampok, membantai kapir, memperbudak wanita/anak2 & kemudian menjualnya sbg budak. Pernah juga muhammad memaksa kapir utk masuk islam atau mati. Kalifah rasyidin pun ketika menyebarkan islam juga menyerang negara2 tetangganya bahkan sampe ke india, afrika & bahkan sampe ke eropa. Jutaan orang tewas akibat invasi jihad ini.

Jadi semua yg dilakukan oleh muslim2 sejati ISIS ini sebenarnya sudah pernah dicontohkan oleh muhammad & kalifah rasyidin.

Jadi kenapa banyak muslim yg ANTI-ISIS dan memfitnahnya sbg "anti-islam" ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 14, 2015 11:05 pm


9:29
gak ada urusan dengan perang
urusannya dengan kafir

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Wed Apr 15, 2015 5:20 am

baca lagi :
- QS. 9:29 nggak bisa dibaca sendirian tanpa QS. 2:190, QS. 22:39, QS. 4:75, QS. 4:90!
karena Al-Quran itu harus dibaca secara utuh (QS. 45:20 & yang sejenisnya)!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by The seventh on Wed Apr 15, 2015 9:44 am

Artinya anggota2 ISIS + simpatisan ISIS tidak membaca Al Quran secara utuh yaaa??? Di situ letak kesalahannya??
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Wed Apr 15, 2015 11:03 am

yup, nggak mbaca secara utuh atau nggak ngambil dari Al-Quran samasekali!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by Cain3rd on Wed Apr 15, 2015 12:09 pm

@frontline defender wrote:yup, nggak mbaca secara utuh atau nggak ngambil dari Al-Quran samasekali!

ok deh cp, gue setuju lagi dengan loe piss  tuh yang gue bold.

Tuh umat SETAN bin IBLIS ngambil ayat dari kitab SETAN bin IBLIS. piss bukan dari qoran
avatar
Cain3rd
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 18
Posts : 397
Kepercayaan : Lain-lain
Location : The DEVIL'S den
Join date : 08.04.15
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 15, 2015 2:24 pm

@frontline defender wrote:baca lagi :
- QS. 9:29 nggak bisa dibaca sendirian tanpa QS. 2:190, QS. 22:39, QS. 4:75, QS. 4:90!
karena Al-Quran itu harus dibaca secara utuh (QS. 45:20 & yang sejenisnya)!

alquran itu gak utuh..
cuman berisi potongan-potongan statement muhammad

kafir => perangi
yang merangi => perangi
kafir + merangi => perangi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Wed Apr 15, 2015 4:07 pm

nggak sanggup berargumen, akhirnya kluar indoktrinasinya!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by aliumar on Wed Apr 15, 2015 5:01 pm

Tahun 632 Muhammad wafat, tanpa menunjuk penggantinya. Umar dengan cepat mendukung Abu Bakr sebagai pengganti, seorang kawan dekat Nabi dan juga mertua beliau. Langkah ini mencegah ada kekuatan dan memungkinkan Abu Bakr secara umum diakui sebagai khalifah pertama, semacam "pengganti" Nabi Muhammad. Abu Bakar merupakan pemimpin yang berhasil tetapi beliau wafat sesudah jadi khalifah hanya selama dua tahun. Tetapi, Abu Bakr menunjuk `Umar jadi khalifah tahun 634 dan memegang kekuasaan hingga tahun 644 tatkala dia terbunuh di Madinah oleh perbuatan seorang budak Persia. Di atas tempat tidur menjelang wafatnya, `Umar menunjuk sebuah panita terdiri dari enam orang untuk memilih penggantinya. Dengan demikian lagi-lagi kesempatan adu kekuatan untuk kekuasaan terjauh. Panitia enam orang itu menunjuk `Uthman selaku khalifah ke-3 yang memerintah tahun 644-656.

Dalam masa kepemimpinan sepuluh tahun `Umar itulah penaklukan-penaklukan penting dilakukan orang Arab. Tak lama sesudah `Umar pegang tampuk kekuasaan sebagai khalifah, pasukan Arab menduduki Suriah dan Palestina, yang kala itu menjadi bagian Kekaisaran Byzantium. Dalam pertempuran Yarmuk (636), pasukan Arab berhasil memukul habis kekuatan Byzantium. Damaskus jatuh pada tahun itu juga, dan Darussalam menyerah dua tahun kemudian. Menjelang tahun 641, pasukan Arab telah menguasai seluruh Palestina dan Suriah, dan terus menerjang maju ke daerah yang kini bernama Turki. Tahun 639, pasukan Arab menyerbu Mesir yang juga saat itu di bawah kekuasaan Byzantium. Dalam tempo tiga tahun, penaklukan Mesir diselesaikan dengan sempurna.

Penyerangan Arab terhadap Irak yang saat itu berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Persia telah mulai bahkan sebelum `Umar naik jadi khalifah. Kunci kemenangan Arab terletak pada pertempuran Qadisiya tahun 637, terjadi di masa kekhalifahan `Umar. Menjelang tahun 641, seseluruh Irak sudah berada di bawah pengawasan Arab. Dan bukan cuma itu: pasukan Arab bahkan menyerbu langsung Persia dan dalam pertempuran Nehavend (642) mereka secara menentukan mengalahkan sisa terakhir kekuatan Persia. Menjelang wafatnya `Umar di tahun 644, sebagian besar daerah barat Iran sudah terkuasai sepenuhnya. Gerakan ini tidak berhenti tatkala `Umar wafat. Di bagian timur mereka dengan cepat menaklukkan Persia dan bagian barat mereka mendesak terus dengan pasukan menyeberang Afrika Utara.

Apakah penduduk non-muslim dari kota2 yg diserang dan ditaklukan oleh khalifah Umar tsb di atas (Byzantium, Persia) sebelumnya telah lebih dulu melakukan penyerangan kepada umat Islam?


aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Wed Apr 15, 2015 6:34 pm

yang diperangi kan pemerintahannya doank, penduduknya nggak diapa2in!


Terakhir diubah oleh frontline defender tanggal Wed Apr 15, 2015 7:27 pm, total 1 kali diubah
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by Cain3rd on Wed Apr 15, 2015 6:40 pm

kembali ke judul Tread gih
avatar
Cain3rd
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 18
Posts : 397
Kepercayaan : Lain-lain
Location : The DEVIL'S den
Join date : 08.04.15
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by The seventh on Wed Apr 15, 2015 9:34 pm

@frontline defender wrote:yup, nggak mbaca secara utuh atau nggak ngambil dari Al-Quran samasekali!


Kalau begitu pertanyaan sya utk anda : "beranikah anda berdiri di barisan paling depan berhadapan dgn anggota ISIS ataupun simpatisannya utk meluruskan apa yg salah dr pemahaman mereka? Berani????
Anda kan tentunya ga mau kl mereka salah dlm menafsirkan Al Quran yg sejatinya adlah kitab suci agama anda...jgn biarkan ktab suci mu ditafsirkan semena2 oleh mereka2 ini...
Pahala anda tentu akan sangat besar kl anda bisa menyadarkan mereka dr kekeliruan yg selama ini mereka lakukan..

Bagaimana dgn netter muslim yg lain yg sepaham dgn bung FD, berani gaa...???
avatar
The seventh
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 297
Kepercayaan : Advent
Location : Tegal
Join date : 07.01.14
Reputation : 13

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by aliumar on Wed Apr 15, 2015 9:52 pm

yang diperangi kan pemerintahannya doank, penduduknya nggak diapa2in!
Apakah pemerintahan yg diperangi dan ditaklukan oleh khafilah tsb, sebelumnya telah terlebih dulu melakukan penyerangan kepada umat Islam?

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Thu Apr 16, 2015 11:18 am

jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by aliumar on Thu Apr 16, 2015 12:24 pm

jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!

oh jadi sudah biasa toh....karena sudah biasa, lama2 jadi kebiasaan dech....
Sudah menjadi kebiasaan muslim (termasuk ISIS) mencari gara2 memerangi kafir.
Jadi jangan salahkan ISIS dong yg mendapatkan warisan kebiasaan buruk dari dunia Islam tsb, hahaha.....

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 16, 2015 12:30 pm

@frontline defender wrote:nggak sanggup berargumen, akhirnya kluar indoktrinasinya!

alquran kan hanya statement-statement muhammad, gak ada konteks utuh..
maka memahaminya harus komplementatif..

kafir => perangi
merangi => perangi
kafir + merangi => perangi

justeru keliru kalau diplintir jadi..
- hanya merangi yang merangi
- hanya merangi kafir yang erangi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 16, 2015 12:32 pm

@aliumar wrote:
jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!

oh jadi sudah biasa toh....karena sudah biasa, lama2 jadi kebiasaan dech....
Sudah menjadi kebiasaan muslim (termasuk ISIS) mencari gara2 memerangi kafir.
Jadi jangan salahkan ISIS dong yg mendapatkan warisan kebiasaan buruk dari dunia Islam tsb, hahaha.....

FD = pemain sirkus
cuman modal jumpalitan berusaha cari pembenar(an)
piss

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by ngayarana on Thu Apr 16, 2015 2:13 pm

Udah tau ISIS gak di dukung Mayoritas Islam, kok masih maksa nanyain apa salah ISIS menurut Islam...

Seharusnya pada MIKIRRRR.....!!!
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by frontline defender on Thu Apr 16, 2015 2:53 pm

@aliumar wrote:
jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!
oh jadi sudah biasa toh....karena sudah biasa, lama2 jadi kebiasaan dech....
Sudah menjadi kebiasaan muslim (termasuk ISIS) mencari gara2 memerangi kafir.
Jadi jangan salahkan ISIS dong yg mendapatkan warisan kebiasaan buruk dari dunia Islam tsb, hahaha.....
memberitakan/mengajak kepada kebenaran kok dibilang nyari gara2, dasar anti-kebenaran! ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 16, 2015 2:59 pm

@ngayarana wrote:Udah tau ISIS gak di dukung Mayoritas Islam, kok masih maksa nanyain apa salah ISIS menurut Islam...

Seharusnya pada MIKIRRRR.....!!!

gak mbahas mayoritas/minoritas om
tapi isis sesuai/tidak dengan alquran
ternyata KLOP

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 16, 2015 3:00 pm

@frontline defender wrote:
@aliumar wrote:
jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!
oh jadi sudah biasa toh....karena sudah biasa, lama2 jadi kebiasaan dech....
Sudah menjadi kebiasaan muslim (termasuk ISIS) mencari gara2 memerangi kafir.
Jadi jangan salahkan ISIS dong yg mendapatkan warisan kebiasaan buruk dari dunia Islam tsb, hahaha.....
memberitakan/mengajak kepada kebenaran kok dibilang nyari gara2, dasar anti-kebenaran! ehmm

tanya isis!
kan mereka juga bilang benar sesuai alquran dan hadis

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by ngayarana on Thu Apr 16, 2015 3:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ngayarana wrote:Udah tau ISIS gak di dukung Mayoritas Islam, kok masih maksa nanyain apa salah ISIS menurut Islam...

Seharusnya pada MIKIRRRR.....!!!

gak mbahas mayoritas/minoritas om
tapi isis sesuai/tidak dengan alquran
ternyata KLOP
Katamu Toh....
Lah wong menurut saya yang Islam gak sesuai kok, Lha kamu yang bukan Islam maksa suruh sama...? Tape Deh
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by mystery on Fri Apr 17, 2015 10:19 am

@aliumar wrote:
jaman segitu kan sudah biasa itu, orang nggak bisa dakwah tanpa seizin pemerintah setempat (kalau nggak dizinin tapi maksa ya diperangi), buktinya pas Reconquista Spanyol, penduduk Spanyol yang Yahudi, Muslim, & (Kristen) Bidat, disuruh masuk Kristen atau out atau diinquisisi!

oh jadi sudah biasa toh....karena sudah biasa, lama2 jadi kebiasaan dech....
Sudah menjadi kebiasaan muslim (termasuk ISIS) mencari gara2 memerangi kafir.
Jadi jangan salahkan ISIS dong yg mendapatkan warisan kebiasaan buruk dari dunia Islam tsb, hahaha.....

maksudnya?
kesimpulan prematur..
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 17, 2015 4:26 pm

@ngayarana wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@ngayarana wrote:Udah tau ISIS gak di dukung Mayoritas Islam, kok masih maksa nanyain apa salah ISIS menurut Islam...

Seharusnya pada MIKIRRRR.....!!!

gak mbahas mayoritas/minoritas om
tapi isis sesuai/tidak dengan alquran
ternyata KLOP
Katamu Toh....
Lah wong menurut saya yang Islam gak sesuai kok, Lha kamu yang bukan Islam maksa suruh sama...? Tape Deh

menurut isis yang islamnya kaffah
SANGAT SESUAI

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by dee-nee on Fri Apr 17, 2015 6:46 pm

@SEGOROWEDI wrote:menurut isis yang islamnya kaffah
SANGAT SESUAI

ya udah ... menurut kalian ISIS itu kaffah toh
no wonder kalian puja2 ... silahkan kalian dukung perilaku ISIS
jadi pembantunya ISIS juga ga masalah ....

masa cuma masuk ali sina fans club aja ??
ditambah dong ... jadi membernya ISIS fans club juga sekalian

ISIS fans club, ali sina fans club, azkhenas (zionist) fans club, bandar narkoba fans club

hebat betul kristener di forum ini

2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by Cain3rd on Fri Apr 17, 2015 6:53 pm

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:menurut isis yang islamnya kaffah
SANGAT SESUAI

ya udah ... menurut kalian ISIS itu kaffah toh
no wonder kalian puja2 ... silahkan kalian dukung perilaku ISIS
jadi pembantunya ISIS juga ga masalah ....

masa cuma masuk ali sina fans club aja ??
ditambah dong ... jadi membernya ISIS fans club juga sekalian

ISIS fans club, ali sina fans club, azkhenas (zionist) fans club, bandar narkoba fans club

hebat betul kristener di forum ini

2 good

Gue ngedukung ucapan CP/FD :

ISIS bukan islam.

Yup ISIS itu pengikut SETAN bin IBLIS piss
avatar
Cain3rd
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 18
Posts : 397
Kepercayaan : Lain-lain
Location : The DEVIL'S den
Join date : 08.04.15
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Menurut islam apa yang salah dengan ISIS ???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 7 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik