FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Tue Oct 14, 2014 1:09 pm

First topic message reminder :

Biaya yg dikeluarkan sepasang suami istri utk naik haji + uang saku itu sekitar 80 juta. Haji cuma utk yg "mampu" ??? Kalo punya duit 500 jt tentu ndak masalah. Punya duit 50 juta pun "ndak masalah" krn duitnya memang ndak cukup utk naek haji.

Yg jadi masalah adalah jika punya duit yg "ngepres", misalnya rumah masih ngontrak tapi punya duit 100 jt. Kalo mau dipaksakan ya bisa saja berangkat haji. Tapi cita2 utk punya rumah sendiri tentu sangat sulit di-realisasikan. Bisa2 sampe matipun ndak bakalan bisa punya rumah sendiri krn duit tabungan selama puluhan tahun telah habis buat ongkos naek haji.

Makanya aku sering miris melihat tipi & koran yg memberitakan orang2 kecil spt mbok2 pedagang kecil yg menabung puluhan tahun & kemudian menghabiskannya utk naek haji.

Gelar haji & iming2 kalo dosanya akan dihapus spt bayi lagi yg membuat orang2 ini rela menghabiskan uangnya yg telah ditabung selama puluhan tahun.


ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 17, 2014 11:06 am

ngayarana wrote:
Biarpun produk Muhammad buktinya tetap terjaga sampe lebih dari 1400 tahun, ada gak kitab yang kaya gitu....

Emang Adam sampe Isa punya Yahudi Tok, lha kamu ngapain percaya Adam sampe Isa kalo dia buat Yahudi Tok, sedangkan kamu orang Jawa..., Emang ada cerita Adam sampe Isa di tanah Jawa...?, adanya Ke Arok rebutan Kendedes dengan Tunggul Ametung.

Lha Kl Munyeng kenapa mampu di hafal banyak orang walaupun sampe lebih dari 6000 ayat.....

Di Bakarkan gak Musti di Rubah lha wong Banyak saksinya kok, sebelum di bakar supaya tidak ada yang menalahi dalam urutan surat.

- terjaga apanya?
sudah hangus dibakar si usman, yang sekarang ada kan bikinan usman..

- emang punya yahudi kok
bahkan Yesus secara manusia juga seorang yahudi
muhammad aja yang nyontek tapi ngaku diktean jibril
dan bencinya pada yahudi setengah mati

- yang hebat yang menghafal
bukan yang dihafal

- tahu gak berubah darimana wong aslinya sudah jadi abu..
membakar kitab/musaf asli adalah tindakan teramat sangat bodoh sekali

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by ngayarana on Fri Oct 17, 2014 11:17 am

SEGOROWEDI wrote:
ngayarana wrote:
Biarpun produk Muhammad buktinya tetap terjaga sampe lebih dari 1400 tahun, ada gak kitab yang kaya gitu....

Emang Adam sampe Isa punya Yahudi Tok, lha kamu ngapain percaya Adam sampe Isa kalo dia buat Yahudi Tok, sedangkan kamu orang Jawa..., Emang ada cerita Adam sampe Isa di tanah Jawa...?, adanya Ke Arok rebutan Kendedes dengan Tunggul Ametung.

Lha Kl Munyeng kenapa mampu di hafal banyak orang walaupun sampe lebih dari 6000 ayat.....

Di Bakarkan gak Musti di Rubah lha wong Banyak saksinya kok, sebelum di bakar supaya tidak ada yang menalahi dalam urutan surat.

- terjaga apanya?
sudah hangus dibakar si usman, yang sekarang ada kan bikinan usman..
Lha ...katanya produk Muhammad, sekarang bikinan Usman Pie toh sampean iki....., Usmankan cuma Nyalin, dan di saksikan sama para sahabat yang semasa hidup Nabi.

- emang punya yahudi kok
bahkan Yesus secara manusia juga seorang yahudi
muhammad aja yang nyontek tapi ngaku diktean jibril
dan bencinya pada yahudi setengah mati
Lha makanya kalo memang punya Yahudi Tok kenapa jkamu percayai...., Emang ada di jawa Adam sampe Isa....?
Adanya juga Menak Jinggo.

- yang hebat yang menghafal
bukan yang dihafal
Manusianya sama, otaknya sama, apa ada kitab lain yang mampu di hapal secara keseluruhan bahkan oleh anak berusia 7 tahun.

- tahu gak berubah darimana wong aslinya sudah jadi abu..
membakar kitab/musaf asli adalah tindakan teramat sangat bodoh sekali
ya sejarah lah, dan terbukti kesahihannya.
yang Bodoh itu yang tidak mampu menunjukkan Kitab Aslinya dengan Bahasa Asli yang membawanya.

Gimana Jendral....?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by SEGOROWEDI on Fri Oct 17, 2014 2:21 pm

- produk (mulut) muhammad
lalu dihafal dan ditulis; tetapi tulisan asli oleh usman sudah dibakar
lalu usman bikin baru produk (mulut) muhammad tersebut versi mereka yang katanya hafal..
apakah hafalan mereka sesuai yang tertulis di kitab/musaf asli yang dibakar?? gak njamin..

- emang kenapa kalau percaya pada nabi-nabi dan kitab-kitab yahudi?
kan gak perlu sepicik muhammad, mencomot/mencontek sekenanya tapi gak ngaku malah ngakunya hasil diktean jibril..
dah gitu benci setengah hidup pada yahudi..

- kalau bocah hebat itu suruh menghafal yang lain..
pasti juga bisa bahkan lebih cepat karena bahasanya tidak muyeng-muyeng..

- sejarahnya..
kitab/musaf aseli sudah jadi abu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Fri Oct 17, 2014 2:31 pm

SEGOROWEDI wrote:
ternyata sampai di sono ratusan jemaah matek kepanasan, desak-desakan, injak-injakan..
tergolong sanggup/kagak??

Kalau udah mati disana, berati udah nggak sanggup lagi melanjutkan Ibadah Haji sembah

Masa yang beginian aja musti ditanyain ketawa guling
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by ngayarana on Fri Oct 17, 2014 2:36 pm

SEGOROWEDI wrote:- produk (mulut) muhammad
lalu dihafal dan ditulis; tetapi tulisan asli oleh usman sudah dibakar
lalu usman bikin baru produk (mulut) muhammad tersebut versi mereka yang katanya hafal..
apakah hafalan mereka sesuai yang tertulis di kitab/musaf asli yang dibakar?? gak njamin..
Bisa di Jamin dong..., lha wong saksinya seabrek kok.....

- emang kenapa kalau percaya pada nabi-nabi dan kitab-kitab yahudi?
kan gak perlu sepicik muhammad, mencomot/mencontek sekenanya tapi gak ngaku malah ngakunya hasil diktean jibril..
dah gitu benci setengah hidup pada yahudi..
Picik gimana, justru al Qur'an meninggikan Posisi para Nabi yang sebagian dianggap tercela oleh mereka (Yahudi), kalo kamu gak mau percaya, ya EGP.
Urusan benci membenci mah tergantung siapa Yahudinya, gak semua kok yahudi jelek.

- kalau bocah hebat itu suruh menghafal yang lain..
pasti juga bisa bahkan lebih cepat karena bahasanya tidak muyeng-muyeng..
Nah ada gak bocah Hebat yang mampu mengafal kitab lain....?

- sejarahnya..
kitab/musaf aseli sudah jadi abu
Alqur'an itu bukan hanya tulisan Jendral, emang waktu di turunin pake Teks, pak gedebuk Gitu...? lol
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by SEGOROWEDI on Tue Oct 21, 2014 2:28 pm

Imam Rantau wrote:
SEGOROWEDI wrote:
ternyata sampai di sono ratusan jemaah matek kepanasan, desak-desakan, injak-injakan..
tergolong sanggup/kagak??

Kalau udah mati disana, berati udah nggak sanggup lagi melanjutkan Ibadah Haji sembah

Masa yang beginian aja musti ditanyain ketawa guling

gak tahan panas
gak tahan desak-desakan
gak tahan injak-injakan
AKHIRNYA TERBUKTI BAHWA MEREKA TERNYATA GAK SANGUP
TRUS GIMANA NASIBNYA? MELAWAN SABDA ALLOH..
GAK SANGGUP KOK NGEYEL PERGI HAJI

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Ibnu Sabil on Tue Oct 21, 2014 5:50 pm

wedi wrote:gak tahan panas
gak tahan desak-desakan
gak tahan injak-injakan
AKHIRNYA TERBUKTI BAHWA MEREKA TERNYATA GAK SANGUP
TRUS GIMANA NASIBNYA? MELAWAN SABDA ALLOH..
GAK SANGGUP KOK NGEYEL PERGI HAJI
Cerna saja apa artinya mampu!
Bila memang meninggal disana itu semata-mata sudah takdirnya harus mati disana...malah sebagian muslim memimpikan untuk mati disana...gitu aja repot..
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Tue Oct 21, 2014 10:56 pm

Imam Rantau wrote:
F-22 wrote:Meskipun demikian muslim ybs pasti akan "tergoda" utk berpikir spt ini:
tidak apa2 ndak punya rumah di dunia, yg penting nanti di akherat dapet istana megah ditemani bidadari ayu nan montoq krn di dunia aku sudah naek haji yg membuat semua dosaku sdh dihapus spt bayi yg baru lahir.

Lha ???!!???
Coba tanya deh sama Muslim - Muslim disini, pikirannya sesuai gak sama pernyataann anda? Haha...

Oe muslim - muslim, kalian sependapat gak sama ucapan Netter F-22 diatas? kalau saya sih pikirannya gak gitu...
Pertama ......... apa yg salah kalo otak muslim mikir spt di atas ??? Bukankah hadits mengatakan kalo ibadah haji akan membuat dosa muslim menjadi "bersih" spt bayi yg baru lahir ???

Banyak tuh di tipi & koran mbok2 jual jamu, pemulung, tukang becak dll yg menabung seumur-hidupnya tapi akhirnya malah menghamburkan uang puluhan juta utk naek haji ???

Kedua ........ secara pribadi bgmn cara otakmu berpikir kalo rumah masih ngontrak tapi punya duit 100 juta ??? Apa kau sbg muslim ndak ingin naek haji spy dosamu bisa "dicuci" shg kau bisa masuk syurga islam yg bersungai khamr yg bisa diminum sepuasnya & penuh bidadari ayu nan montoq yg siap di******* ???

Demi masuk syurga islam, banyak muslim melakukan apa saja spt "syahid" berjihad meledakkan bom bunuh diri dll. Jadi kalo nyawa aja dikorbankan demi masuk syurga islam, apa seh beratnya kalo cuma mengorbankan bbrp puluh juta demi beribadah haji ???

Bukankah dunia itu cuma sementara aja sedangkan syurga itu kekal adanya ??? Jadi apa salahnya kalo mengorbankan hal2 duniawi spt rumah & lebih mengutamakan "bekal" di akherat dg beribadah haji ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Wed Oct 22, 2014 12:57 am

SEGOROWEDI wrote:
gak tahan panas
gak tahan desak-desakan
gak tahan injak-injakan
AKHIRNYA TERBUKTI BAHWA MEREKA TERNYATA GAK SANGUP
TRUS GIMANA NASIBNYA? MELAWAN SABDA ALLOH..
GAK SANGGUP KOK NGEYEL PERGI HAJI

Kalau sebelum perginya saja usdah tidak sanggup, artinya orang tersebut tidak wajib naik Haji. Perkara dia tidak sanggup tapi tetap ngeyel naik Haji ya itu persoalan diri masing - masing piss
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Wed Oct 22, 2014 1:33 am

F-22 wrote:Pertama ......... apa yg salah kalo otak muslim mikir spt di atas ??? Bukankah hadits mengatakan kalo ibadah haji akan membuat dosa muslim menjadi "bersih" spt bayi yg baru lahir ???

Banyak tuh di tipi & koran mbok2 jual jamu, pemulung, tukang becak dll yg menabung seumur-hidupnya tapi akhirnya malah menghamburkan uang puluhan juta utk naek haji ???

Kalau mereka mampu, maka alhamdulillah bagi mereka, karena dapat melaksanakan kewajiban. Namun jika tidak, maka niat saja sudah termasuk ibadah. Lantas dimana masalahnya?

F-22 wrote:Kedua ........ secara pribadi bgmn cara otakmu berpikir kalo rumah masih ngontrak tapi punya duit 100 juta ??? Apa kau sbg muslim ndak ingin naek haji spy dosamu bisa "dicuci" shg kau bisa masuk syurga islam yg bersungai khamr yg bisa diminum sepuasnya & penuh bidadari ayu nan montoq yg siap di******* ???

Naik haji Plus aja hanya 80 juta lebih, nggk sampe 100 juta. Jadi kalau ada yang punya uang 100 juta dan naik Haji Plus, masih ada uang 20 juta simpanan untuk sanak keluarga dirumah, pertanyaannya, dimanakah masalahnya?  mana

F-22 wrote:Demi masuk syurga islam, banyak muslim melakukan apa saja spt "syahid" berjihad meledakkan bom bunuh diri dll. Jadi kalo nyawa aja dikorbankan demi masuk syurga islam, apa seh beratnya kalo cuma mengorbankan bbrp puluh juta demi beribadah haji ???

Bukankah dunia itu cuma sementara aja sedangkan syurga itu kekal adanya ??? Jadi apa salahnya kalo mengorbankan hal2 duniawi spt rumah & lebih mengutamakan "bekal" di akherat dg beribadah haji ???

mana

Kalau kasus di Gaza saya percaya, warga disana membela diri mereka dari zionis Israel, maka itu dianggap Jihad dan jika mati dianggap Syahid = masuk syurga. Tapi kasus tersebut tidak ada hubungannya dengan naik Haji, karena masuk Syurganya seseorang bukan dinilai dari Pahala atau Dosanya seseorang apa lagi status Haji, karena yang namanya manusia pasti tidak lepas dari Dosa dan Allah SWT lah yang menjadi penentunya dan seberapa besar pengebdian seorang hamba kepada Allah SWT piss
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by satria bergitar on Wed Oct 22, 2014 9:14 am

soal definisi "mampu" menurut pendapat pribadi saya ini lho ya... hanya sekedar pembatas bagi wajib atau tidaknya saja...

jika ada orang berusaha untuk "mampu" pergi kesana... salahnya dimana???

sebab ga ada larangan orang tidak mampu dilarang atau gak usah pergi kesana

yang ada adalah... pergi kesana hukumnya wajib bagi yang mampu
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Wed Oct 22, 2014 2:45 pm

Imam Rantau wrote:
F-22 wrote:Pertama ......... apa yg salah kalo otak muslim mikir spt di atas ??? Bukankah hadits mengatakan kalo ibadah haji akan membuat dosa muslim menjadi "bersih" spt bayi yg baru lahir ???
Banyak tuh di tipi & koran mbok2 jual jamu, pemulung, tukang becak dll yg menabung seumur-hidupnya tapi akhirnya malah menghamburkan uang puluhan juta utk naek haji ???
Kalau mereka mampu, maka alhamdulillah bagi mereka, karena dapat melaksanakan kewajiban. Namun jika tidak, maka niat saja sudah termasuk ibadah. Lantas dimana masalahnya?
Biasalah muslim .......... selalu pura2 ndak ngerti sebuah masalah yg jelas2 memang ada.

Adalah sangat berbeda antara MAMPU vs MAPAN. Orang mapan pastilah mampu juga. Sebaliknya orang mampu belumlah tentu mapan.

Orang punya rumah sendiri & punya duit 500 jt tentulah orang mampu & mapan. Tidak masalah kalo mau pergi berhaji.

Sebaliknya ada pemulung yg belum punya rumah sendiri tapi punya duit 100 jt. Dg duit segitu tentu saja utk biaya berhaji memang "mampu". Tapi apakah ybs bisa disebut "mapan" ??? Krn belum punya rumah sendiri tentu sulit utk disebut mapan.

Ingat lho duit 100 jt yg dikumpulkan pemulung bukan cuma perlu waktu 1-2 tahun doank. Mungkin perlu waktu 30 tahunan utk bisa nabung segitu. Mungkin ketika sang pemulung berumur di atas 50 thn duit segitu baru bisa terkumpul. Dan ingat juga, di atas umur 50 thn adalah masa2 "kritis" dimana produktifitas seseorang mulai menurun sebelum masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Buat orang mapan, antara rumah & berhaji bisa dimiliki bersama2. Sedangkan orang "mampu" tapi belum mapan tidak bisa memiliki keduanya. Mereka harus memilih, punya rumah atau pergi berhaji.

Dan kalo mereka memilih pergi berhaji dg duit yg pas2an yg dikumpulkan selama puluhan tahun tsb, tentu saja nantinya mereka akan sangat kesulitan utk mempunyai rumah sendiri krn usia mereka yg sdh di atas 50 tahunan yg artinya sebentar lagi mereka akan memasuki masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Bukankah ini artinya islam memang membuat muslim2 yg "mampu" tapi belum mapan menjadi miskin dg menghambur2kan uang tabungan mereka yg sebenarnya juga masih sangat terbatas tsb ???

Gimana ......... apa kau masih terus2an pura2 ndak ngerti masalah yg ada ???


basi
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Ibnu Sabil on Wed Oct 22, 2014 7:11 pm

F-22 wrote:
Imam Rantau wrote:
F-22 wrote:Pertama ......... apa yg salah kalo otak muslim mikir spt di atas ??? Bukankah hadits mengatakan kalo ibadah haji akan membuat dosa muslim menjadi "bersih" spt bayi yg baru lahir ???
Banyak tuh di tipi & koran mbok2 jual jamu, pemulung, tukang becak dll yg menabung seumur-hidupnya tapi akhirnya malah menghamburkan uang puluhan juta utk naek haji ???
Kalau mereka mampu, maka alhamdulillah bagi mereka, karena dapat melaksanakan kewajiban. Namun jika tidak, maka niat saja sudah termasuk ibadah. Lantas dimana masalahnya?
Biasalah muslim .......... selalu pura2 ndak ngerti sebuah masalah yg jelas2 memang ada.

Adalah sangat berbeda antara MAMPU vs MAPAN. Orang mapan pastilah mampu juga. Sebaliknya orang mampu belumlah tentu mapan.

Orang punya rumah sendiri & punya duit 500 jt tentulah orang mampu & mapan. Tidak masalah kalo mau pergi berhaji.

Sebaliknya ada pemulung yg belum punya rumah sendiri tapi punya duit 100 jt. Dg duit segitu tentu saja utk biaya berhaji memang "mampu". Tapi apakah ybs bisa disebut "mapan" ??? Krn belum punya rumah sendiri tentu sulit utk disebut mapan.

Ingat lho duit 100 jt yg dikumpulkan pemulung bukan cuma perlu waktu 1-2 tahun doank. Mungkin perlu waktu 30 tahunan utk bisa nabung segitu. Mungkin ketika sang pemulung berumur di atas 50 thn duit segitu baru bisa terkumpul. Dan ingat juga, di atas umur 50 thn adalah masa2 "kritis" dimana produktifitas seseorang mulai menurun sebelum masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Buat orang mapan, antara rumah & berhaji bisa dimiliki bersama2. Sedangkan orang "mampu" tapi belum mapan tidak bisa memiliki keduanya. Mereka harus memilih, punya rumah atau pergi berhaji.

Dan kalo mereka memilih pergi berhaji dg duit yg pas2an yg dikumpulkan selama puluhan tahun tsb, tentu saja nantinya mereka akan sangat kesulitan utk mempunyai rumah sendiri krn usia mereka yg sdh di atas 50 tahunan yg artinya sebentar lagi mereka akan memasuki masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Bukankah ini artinya islam memang membuat muslim2 yg "mampu" tapi belum mapan menjadi miskin dg menghambur2kan uang tabungan mereka yg sebenarnya juga masih sangat terbatas tsb ???

Gimana ......... apa kau masih terus2an pura2 ndak ngerti masalah yg ada ???


basi
Intinya begini eff
Jika kamu mengukur kemampuan seseorang dengan lahiriah saja yak repot. Apalagi membandingkan mampu dengan mapan....
Melaksanakan ibadah haji itu ditunjang kemampuan secara lahir dan bathin. Disini bisa dilihat apabila seseorang menabung untuk melaksanakan haji secara bathin dia sudah siap...makanya secara lahir dia berusaha semampunya untuk mengumpulkan uang tsb. Tidak sedikit orang mapan bahkan dikatakan kaya raya tidak bisa melaksanakan ibadah haji...dengan bermacam dalih dan alasan tentunya...entahlah belum sempat atow belum siap dlsb....tapi pada intinya hatinya belum terketuk untuk bisa menunaikannya.

Nah apabila si miskin berupaya dengan sekuat tenaga...mestinya si kaya malu toh...wong miskin saja mau beribadah mosok si kaya ndak mau...posisi si kaya sudah kalah dari segi kemampuan oleh si miskin jika hal tsb terjadi.
Biar anda jelas kami muslim bukan pura2 ndak tahu masalah mengenai hal diatas justru mengerti bahkan sangat faham jika NIAT MELAKSANAKAN HAJI BUKANLAH MASALAH MELAINKAN  IBADAH...
avatar
Ibnu Sabil
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 77
Posts : 1803
Kepercayaan : Islam
Location : JAYA - RAYA
Join date : 28.07.13
Reputation : 36

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Thu Oct 23, 2014 12:47 am

F-22 wrote:Biasalah muslim .......... selalu pura2 ndak ngerti sebuah masalah yg jelas2 memang ada.

Adalah sangat berbeda antara MAMPU vs MAPAN. Orang mapan pastilah mampu juga. Sebaliknya orang mampu belumlah tentu mapan.

Orang punya rumah sendiri & punya duit 500 jt tentulah orang mampu & mapan. Tidak masalah kalo mau pergi berhaji.

Sebaliknya ada pemulung yg belum punya rumah sendiri tapi punya duit 100 jt. Dg duit segitu tentu saja utk biaya berhaji memang "mampu". Tapi apakah ybs bisa disebut "mapan" ??? Krn belum punya rumah sendiri tentu sulit utk disebut mapan.

Ingat lho duit 100 jt yg dikumpulkan pemulung bukan cuma perlu waktu 1-2 tahun doank. Mungkin perlu waktu 30 tahunan utk bisa nabung segitu. Mungkin ketika sang pemulung berumur di atas 50 thn duit segitu baru bisa terkumpul. Dan ingat juga, di atas umur 50 thn adalah masa2 "kritis" dimana produktifitas seseorang mulai menurun sebelum masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Buat orang mapan, antara rumah & berhaji bisa dimiliki bersama2. Sedangkan orang "mampu" tapi belum mapan tidak bisa memiliki keduanya. Mereka harus memilih, punya rumah atau pergi berhaji.

Dan kalo mereka memilih pergi berhaji dg duit yg pas2an yg dikumpulkan selama puluhan tahun tsb, tentu saja nantinya mereka akan sangat kesulitan utk mempunyai rumah sendiri krn usia mereka yg sdh di atas 50 tahunan yg artinya sebentar lagi mereka akan memasuki masa pensiun tidak bisa bekerja lagi.

Bukankah ini artinya islam memang membuat muslim2 yg "mampu" tapi belum mapan menjadi miskin dg menghambur2kan uang tabungan mereka yg sebenarnya juga masih sangat terbatas tsb ???

Ko maksa banget ngait - ngaitin Mampu dengan Mapan. Dari nama dan makna katanya saja sudah berbeda! Mapan artinya punya banyak uang, tapi bukan berarti dia punya kesehatan dan punya pengetahuan. Kalau anda mapan, punya banyak uang, umur anda masih muda, katakanlah 30-40 tahun, lalu pengetahuan anda tentang Haji cukup luas, maka itulah yang disebut mampu dan orang - orang seperti anda yang wajib melaksanakan Haji. Namun berbeda dengan orang yang punya uang pas - pasan, bagi mereka diberikan pilihan apakah mereka mau mengerjakan ibadah Haji atau tidak, karena orang semacam ini, katakanlah tukang beca, adakah sanak keluarga mereka dirumah sudah bebas dari hutang? sudahkah anak - anak mereka sekolah tanpa harus memikirkan biaya untuk bulan depan? atau sudah istri - istri mereka tidak khawatir lagi tentang makan apa besok karena tidak punya uang?

Karena itulah ibadah Haji hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu, bukan mereka yang mapan, karena mereka yang mampu adalah orang yang sudah diberikan Allah SWT padanya kelebihan berupa uang, kesehatan dan pengetahuan dibanding orang lain. ehmm

F-22 wrote:Gimana ......... apa kau masih terus2an pura2 ndak ngerti masalah yg ada ???


basi

Bukan saya yang pura - pura tidak mengerti masalah yang ada, akan tetapi anda lah yang seakan panjang lebar saya menjelaskan tentang masalah ini, namun anda secara sengaja / pura - pura tidak mengerti dan hanya memutar balikan pakta / pertanyaan yang ada saja.

"Dan kami turunkan AL - Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang - orang yang beriman dan AL - Qur`an itu tidaklah menambah kepada orang - orang yang zalim selain kerugian." [ QS AL - Isra : 82 ]
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Thu Oct 23, 2014 12:19 pm

Imam Rantau wrote:Karena itulah ibadah Haji hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu, bukan mereka yang mapan, karena mereka yang mampu adalah orang yang sudah diberikan Allah SWT padanya kelebihan berupa uang, kesehatan dan pengetahuan dibanding orang lain.
Lha iya ....... islam mengajarkan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, bukan yg mapan. Sampe disini bener ya ???

Skrg kembali ke contoh di atas. Ada sepasang suami-istri pemulung yg setelah menabung puluhan tahun dapat mengumpulkan uang 100 jt TAPI masih belum punya rumah sendiri. Dg duit 100 jt ybs tentunya "mampu" utk naek haji meskipun tidak dapat dikatakan "mapan" krn belum punya rumah sendiri & duit pun juga masih sangat pas2an. Sampe disini bener ya ???

Kembali ke ajaran islam. Krn islam mengajarkan naek haji wajib bagi yg mampu, BUKAN yg mapan spt perkataanmu sendiri di atas, pemulung di atas tentunya menurut islam WAJIB menunaikan ibadah haji krn sdh "mampu" membayar ongkos haji. Bener khan ???

Jadi kalo pemulung tsb ndak naek haji tapi malah membeli rumah, mnrt islam hal tsb adalah SALAH. Sudah "mampu" tapi ndak mau naek haji tapi malah dibelikan rumah. Bener ndak ???

Jadi tentunya ndak salah khan kalo banyak orang2 "kecil" spt pemulung dll yg setelah menabung selama puluhan tahun akhirnya berangkat naek haji menghambur2kan duit puluhan jt ???

Nah setelah uang mereka hampir habis utk biaya naek haji & cuma tersisa 20-30 jt, rumah belum punya, umur sdh mendekati masa pensiun ndak bisa kerja lagi, bukankah mereka ini dapat dikatakan jatuh miskin ???

Bukankah ini artinya ajaran islam menjadikan muslim2 yg "mampu" tapi belum mapan menjadi miskin krn ajaran islam mewajibkan ibadah haji bagi yg MAMPU bukan yg mapan ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Fri Oct 24, 2014 12:41 am

F-22 wrote:Lha iya ....... islam mengajarkan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu, bukan yg mapan. Sampe disini bener ya ???

Skrg kembali ke contoh di atas. Ada sepasang suami-istri pemulung yg setelah menabung puluhan tahun dapat mengumpulkan uang 100 jt TAPI masih belum punya rumah sendiri. Dg duit 100 jt ybs tentunya "mampu" utk naek haji meskipun tidak dapat dikatakan "mapan" krn belum punya rumah sendiri & duit pun juga masih sangat pas2an. Sampe disini bener ya ???

Kembali ke ajaran islam. Krn islam mengajarkan naek haji wajib bagi yg mampu, BUKAN yg mapan spt perkataanmu sendiri di atas, pemulung di atas tentunya menurut islam WAJIB menunaikan ibadah haji krn sdh "mampu" membayar ongkos haji. Bener khan ???

Jadi kalo pemulung tsb ndak naek haji tapi malah membeli rumah, mnrt islam hal tsb adalah SALAH. Sudah "mampu" tapi ndak mau naek haji tapi malah dibelikan rumah. Bener ndak ???

Jadi tentunya ndak salah khan kalo banyak orang2 "kecil" spt pemulung dll yg setelah menabung selama puluhan tahun akhirnya berangkat naek haji menghambur2kan duit puluhan jt ???

Nah setelah uang mereka hampir habis utk biaya naek haji & cuma tersisa 20-30 jt, rumah belum punya, umur sdh mendekati masa pensiun ndak bisa kerja lagi, bukankah mereka ini dapat dikatakan jatuh miskin ???

Bukankah ini artinya ajaran islam menjadikan muslim2 yg "mampu" tapi belum mapan menjadi miskin krn ajaran islam mewajibkan ibadah haji bagi yg MAMPU bukan yg mapan ???


mana

Pernyataannya benar, hanya saja dipelintir sedikit sehingga menjadi kesalah pahaman. Silahkan baca ulang tentang apa yang saya utaran diatas :

Namun berbeda dengan orang yang punya uang pas - pasan, bagi mereka diberikan pilihan apakah mereka mau mengerjakan ibadah Haji atau tidak, karena orang semacam ini, katakanlah tukang beca, adakah sanak keluarga mereka dirumah sudah bebas dari hutang? sudahkah anak - anak mereka sekolah tanpa harus memikirkan biaya untuk bulan depan? atau sudahkah istri - istri mereka tidak khawatir lagi tentang makan apa besok karena tidak punya uang?

Untuk tambahan yang saya lupa utarakan pada jawaban saya yang sebelumnya adalah, bagi mereka yang punya penghasilan pas - pasan, namun mempunyai uang untuk pergi ke Mekkah, biasanya orang - orang seperti ini lebih memilih melaksanakan Ibadah Umroh. Dari segi keuangan sangat pas untuk orang pas - pasan dan tidak ribet. Mereka yang melaksanakan Ibadah Haji biasa dilaksanakan oleh orang - orang yang punya kelebihan, yaitu bagi mereka yang mengeluarkan uang semacam 60 juta [Haji Biasa] atau 80 juta [Haji Plus] tidaklah membuat mereka kekurangan harta, maka bagi merekalah yang diwajibkan untuk melaksanakannya!

2 good
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Fri Oct 24, 2014 9:52 pm

Imam Rantau wrote:Untuk tambahan yang saya lupa utarakan pada jawaban saya yang sebelumnya adalah, bagi mereka yang punya penghasilan pas - pasan, namun mempunyai uang untuk pergi ke Mekkah, biasanya orang - orang seperti ini lebih memilih melaksanakan Ibadah Umroh. Dari segi keuangan sangat pas untuk orang pas - pasan dan tidak ribet. Mereka yang melaksanakan Ibadah Haji biasa dilaksanakan oleh orang - orang yang punya kelebihan, yaitu bagi mereka yang mengeluarkan uang semacam 60 juta [Haji Biasa] atau 80 juta [Haji Plus] tidaklah membuat mereka kekurangan harta, maka bagi merekalah yang diwajibkan untuk melaksanakannya!
Ibadah haji hanya buat orang yg punya "kelebihan" ???

Ndak salah neh ??? Bukankah kau sendiri di atas sdh mengatakan kalo ibadah haji adalah wajib buat yg "mampu", bukan buat yg mapan ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by ngayarana on Fri Oct 24, 2014 10:16 pm

Yang mau di cari opo tho F....
Yang namanya kewajiban Haji itu khusus Muslim yang Mampu...
Mampu dalam artian luas, baik Finansial, kesehatan dan jalan menuju ke tanah sucinya.
Dan semua harus terpenuhi, yang finansial ini perlu juga di fikirkan yang di tinggal dan nantinya setelah dia pulang.
Kalo kasus yang anda bawa di atas apakah sudah di pastikan yang anda sangka seperti itu.
Kalo ada seseorang yang mempunyai uang 100 jt seperti contoh di atas, lalu rumah saja belum punya, itu namanya belum mampu F, dan itu belum di Wajibkan bagi mereka.
Kalo mereka maksa itu lain urusan F, masalah pahala dan dosa mah kami serahkan ke pada yang di Atas.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Fri Oct 24, 2014 11:26 pm

F-22 wrote:Ibadah haji hanya buat orang yg punya "kelebihan" ???

Ndak salah neh ??? Bukankah kau sendiri di atas sdh mengatakan kalo ibadah haji adalah wajib buat yg "mampu", bukan buat yg mapan ???


mana

Dari pernyataan anda telah membuat saya berpikir dari anda seorang yang berpendidikan menjadi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Diatas saya memaksudkan sebagai contoh, bukan dalam artian harus seperti itu!

Kemudian saya katakan "kelebihan" karena tidak semua orang yang menganggap mengeluarkan uang semisal 100 juta itu tidak mengurangi kekayaannya. Tidak semua orang punya kesehatan karena banyak yang terlahir cacad, organ tidak utuh, banyak juga orang yang terkena penyakitkanker, strok dll sehingga mereka kesusahan untuk naik Haji. Juga tidak semua orang bisa sekolah dan mengenyam bangku sekolah. Sekali lagi saya katakan BAGI MEREKA INI LAH YANG DIWAJIBKAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI, KARENA SELAIN MEREKA MAMPU JUGA MEMPUNYAI KELEBIHAN DIBANDING ORANG LAIN!

Kalau anda orang yang berpendidikan, anda pasti tau maksud saya, dan biarlah apa yang anda tulis selanjutnya yang menjadi saksi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Jujur saya tidak suka berdiskusi dengan orang Bebal... piss
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by F-22 on Sun Oct 26, 2014 1:49 pm

Imam Rantau wrote:Dari pernyataan anda telah membuat saya berpikir dari anda seorang yang berpendidikan menjadi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Diatas saya memaksudkan sebagai contoh, bukan dalam artian harus seperti itu!

Kemudian saya katakan "kelebihan" karena tidak semua orang yang menganggap mengeluarkan uang semisal 100 juta itu tidak mengurangi kekayaannya. Tidak semua orang punya kesehatan karena banyak yang terlahir cacad, organ tidak utuh, banyak juga orang yang terkena penyakitkanker, strok dll sehingga mereka kesusahan untuk naik Haji. Juga tidak semua orang bisa sekolah dan mengenyam bangku sekolah. Sekali lagi saya katakan BAGI MEREKA INI LAH YANG DIWAJIBKAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI, KARENA SELAIN MEREKA MAMPU JUGA MEMPUNYAI KELEBIHAN DIBANDING ORANG LAIN!

Kalau anda orang yang berpendidikan, anda pasti tau maksud saya, dan biarlah apa yang anda tulis selanjutnya yang menjadi saksi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Jujur saya tidak suka berdiskusi dengan orang Bebal...
Dasar orang *******.

Jawab saja contoh di atas yg sering terjadi di masyarakat kita. Ada sepasang suami istri pemulung yg setelah menabung selama puluhan tahun dpt menabung uang 100 jt. Tidak punya hutang tapi belum punya rumah.

Nah pemulung tsb mnrt ajaran islam termasuk orang "mampu" yg diwajibkan utk beribadah haji apa tidak ???

Jawab saja dg YA atau TIDAK + penjelasan seperlunya. Kalo ya kenapa & kalo tidak kenapa.

Ndak perlu nglantur kesana-kemari spt orang ****.


ehmm
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2401
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Sun Oct 26, 2014 9:58 pm

F-22 wrote:Dasar orang *******.

Jawab saja contoh di atas yg sering terjadi di masyarakat kita. Ada sepasang suami istri pemulung yg setelah menabung selama puluhan tahun dpt menabung uang 100 jt. Tidak punya hutang tapi belum punya rumah.

Nah pemulung tsb mnrt ajaran islam termasuk orang "mampu" yg diwajibkan utk beribadah haji apa tidak ???

Jawab saja dg YA atau TIDAK + penjelasan seperlunya. Kalo ya kenapa & kalo tidak kenapa.

Ndak perlu nglantur kesana-kemari spt orang ****.


ehmm

Baiklah kalau situ mau debat ala Segorowedi!

Orang yang punya 100 juta diatas sehat wal afiat atau nggk dulu?

Ilmu pengetahuannya tentang Haji dah tinggi atau nggk dulu?
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 27, 2014 8:36 am

Imam Rantau wrote:
SEGOROWEDI wrote:
gak tahan panas
gak tahan desak-desakan
gak tahan injak-injakan
AKHIRNYA TERBUKTI BAHWA MEREKA TERNYATA GAK SANGUP
TRUS GIMANA NASIBNYA? MELAWAN SABDA ALLOH..
GAK SANGGUP KOK NGEYEL PERGI HAJI

Kalau sebelum perginya saja usdah tidak sanggup, artinya orang tersebut tidak wajib naik Haji. Perkara dia tidak sanggup tapi tetap ngeyel naik Haji ya itu persoalan diri masing - masing piss

gimana nasibnya di mata alloh?
karena telah ngeyel menabrak ayatnya..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by SEGOROWEDI on Mon Oct 27, 2014 8:39 am

Imam Rantau wrote:
F-22 wrote:Dasar orang *******.

Jawab saja contoh di atas yg sering terjadi di masyarakat kita. Ada sepasang suami istri pemulung yg setelah menabung selama puluhan tahun dpt menabung uang 100 jt. Tidak punya hutang tapi belum punya rumah.

Nah pemulung tsb mnrt ajaran islam termasuk orang "mampu" yg diwajibkan utk beribadah haji apa tidak ???

Jawab saja dg YA atau TIDAK + penjelasan seperlunya. Kalo ya kenapa & kalo tidak kenapa.

Ndak perlu nglantur kesana-kemari spt orang ****.


ehmm

Baiklah kalau situ mau debat ala Segorowedi!

Orang yang punya 100 juta diatas sehat wal afiat atau nggk dulu?
Ilmu pengetahuannya tentang Haji dah tinggi atau nggk dulu?

- sehat/tidak yang menentukan siapa?
- ilmu haji tinggi/rendah yang menentukan siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Moderator21 on Mon Oct 27, 2014 9:32 am

F-22 wrote:
Imam Rantau wrote:Dari pernyataan anda telah membuat saya berpikir dari anda seorang yang berpendidikan menjadi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Diatas saya memaksudkan sebagai contoh, bukan dalam artian harus seperti itu!

Kemudian saya katakan "kelebihan" karena tidak semua orang yang menganggap mengeluarkan uang semisal 100 juta itu tidak mengurangi kekayaannya. Tidak semua orang punya kesehatan karena banyak yang terlahir cacad, organ tidak utuh, banyak juga orang yang terkena penyakitkanker, strok dll sehingga mereka kesusahan untuk naik Haji. Juga tidak semua orang bisa sekolah dan mengenyam bangku sekolah. Sekali lagi saya katakan BAGI MEREKA INI LAH YANG DIWAJIBKAN UNTUK MELAKSANAKAN IBADAH HAJI, KARENA SELAIN MEREKA MAMPU JUGA MEMPUNYAI KELEBIHAN DIBANDING ORANG LAIN!

Kalau anda orang yang berpendidikan, anda pasti tau maksud saya, dan biarlah apa yang anda tulis selanjutnya yang menjadi saksi apakah anda orang yang berpendidikan atau tidak? Jujur saya tidak suka berdiskusi dengan orang *****...
Dasar orang *******.

Jawab saja contoh di atas yg sering terjadi di masyarakat kita. Ada sepasang suami istri pemulung yg setelah menabung selama puluhan tahun dpt menabung uang 100 jt. Tidak punya hutang tapi belum punya rumah.

Nah pemulung tsb mnrt ajaran islam termasuk orang "mampu" yg diwajibkan utk beribadah haji apa tidak ???

Jawab saja dg YA atau TIDAK + penjelasan seperlunya. Kalo ya kenapa & kalo tidak kenapa.

Ndak perlu nglantur kesana-kemari spt orang ****.


ehmm
Netter Imam Rantau dan F22

Perbaiki cara diskusi anda berdua, mohon tidak menggunakan kata2 bintang.

Selamat berdiskusi!

Moderator21
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Posts : 86
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 15.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Imam Rantau on Tue Oct 28, 2014 5:50 pm

SEGOROWEDI wrote:gimana nasibnya di mata allah SWT?
karena telah ngeyel menabrak ayatnya..

Simple, tidak kuat pergi, maka hukumnya tidak wajib. Ngeyel pergi, dapat pahala dan keampunannya Allah SWT.
avatar
Imam Rantau
KOPRAL
KOPRAL

Male
Posts : 42
Kepercayaan : Islam
Location : Rantau
Join date : 27.09.14
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ibadah haji yang membuat muslim menjadi miskin

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik