FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Sun Nov 09, 2014 1:29 pm

nurut islam,apakah hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak wajib?
KHUSUSNYA DI INDONESIA TERCINTA.

silakan muslim beri alasannya...

saya pikir HAL INILAH YG JADI INTI PERBEDAAN PAHAM ISLAM RADIKAL DAN MODERAT.

indonesia memang bukan negara islam,tp kan islam itu kan ngakunya buatan Allah..
yah,kenapa muslim tidak mau pakai buatan Tuhan? kok pake UUD dan PANCASILA yg hanya
buatan manusia?
itu alasan islam radikal..makanya mereka (semua teroris) ngotot dirikan khilafah islam.

silakan muslim menjawab

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Khalifah7 on Sun Nov 09, 2014 1:50 pm

Hukum/Syariah apakah yang anda maksud? mana

Apakah hukum Pancung? Bunuh orang bukan Islam? Bunuh Murtad? Nolak Ahok? Atau yang lain... mana

Monggo kasih jawabannya... paus

Khalifah7
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 72
Kepercayaan : Islam
Location : Madinah
Join date : 30.10.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Sun Nov 09, 2014 2:44 pm

loh,kok muslim tanya arti syariah pada kafir? aneh
mestinya kalian yg beritahu aku dong...
DI ACEH HUKUM SYARIAH SEPERTI APA...
kok pake tanya...hahaha

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by dee-nee on Sun Nov 09, 2014 4:47 pm

Mending TS baca ini dulu deh baru bikin thread

http://id.wikipedia.org/wiki/Syariat_Islam

biar jelas dan nyambung ke pertanyaan Khalifah 7



avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Sun Nov 09, 2014 7:36 pm

iya gw uda baca,kan tetap aja antara muslim radikal beda opini dgn yg moderat..
maka gw tanya WAJIB APA TIDAK WAJIB ?
ALASAN....?

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Khalifah7 on Sun Nov 09, 2014 8:40 pm

@saibaba wrote:loh,kok muslim tanya arti syariah pada kafir? aneh
mestinya kalian yg beritahu aku dong...
DI ACEH HUKUM SYARIAH SEPERTI APA...
kok pake tanya...hahaha

Haha, pertanyaan SIMPLE ini, bukannya dapat jawaban malah dapat celaan... pelanggaran

Setiap orang memang memiliki kapasitas otak yang ber beda - beda, ya saya maklumi... yes

Gini aja, saya bikin pertanyaannya jadi lebih SIMPLE, Syariat dalam ISLAM itu banyak, ada yang Sifatnya Universal ada yang tidak.

Nah pertanyaannya, di Thread ini anda ingin membahas tentang Syariat Islam tentang apa? paus

Khalifah7
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 72
Kepercayaan : Islam
Location : Madinah
Join date : 30.10.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Sun Nov 09, 2014 9:16 pm

ok syariah yg mengatur seperti di aceh itu wajib gak? kalo gak ,apa alasannya...
napa nurut teroris macam FPI..dianggap WAJIB??

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Sun Nov 09, 2014 9:35 pm

Sesungguhnya, Syari'at Islam itu adalah kebenaran (hak) dari Tuhan Semesta Alam, yang sudah diberlakukan bagi manusia sejak Nabi Muhammad saw diutus Allah kepada sekalian manusia di seluruh penjuru dunia (Al 'Araf 7:158/159).  Tetapi, Tuhan tidak hendak memaksa semua manusia untuk beriman, karena tiada paksaan dalam masalah agama, sebagaimana firman-Nya di dalam Al Qur'an:
Tidak ada paksaan dalam agama. Sesungguhnya jalan benar itu nyata bedanya dari kesesatan; dan barang siapa menolak ajakan orang-orang sesat dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada suatu pegangan yang kuat dan tak kenal putus. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui. (Al Baqarah 2:256/257).

Dan katakanlah, “Inilah  hak dari Tuhan-mu; maka barangsiapa menghendaki, maka berimanlah, dan barangsiapa menghendaki, maka ingkarlah.” Sesungguhnya Kami telah menyediakan bagi orang-orang yang aniaya itu api yang dinding-dindingnya mengepung mereka. Dan jika mereka berteriak minta tolong, mereka akan ditolong dengan air laksana leburan timah, yang akan menghanguskan wajah-wajah. Sangat buruk minuman itu. Dan sangat buruk tempat tinggal itu! (Al Kahfi 18:29/30).

Dengan demikian, maka masing-masing manusia boleh memilih, apakah mau beriman atau mau ingkar (kafir), dengan segala konsekuensi dari pilihannya itu. Jika seseorang hendak beriman, maka dia wajib menegakkan Syari'at Islam dengan ikhlas menurut tata-cara yang diperintahkan Allah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, yakni beramal shaleh dalam rangka beribadah kepada Allah.  Konsekuensi bagi orang-orang yang beriman dan beramal shaleh adalah memperoleh kehidupan surgawi, baik di dalam kehidupan di dunia ini, maupun di akhirat nanti.

Sebaliknya, jika seorang manusia hendak ingkar, maka Allah tidak akan memaksanya untuk menegakkan Syari'at Islam tersebut, tetapi dia akan menanggung konsekuensinya, sebagaimana diuraikan dalam firman Allah dalam Al Qur'an (Al Kahfi 18:29/30).


Terakhir diubah oleh Kedunghalang tanggal Sat Nov 15, 2014 11:13 am, total 1 kali diubah

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Khalifah7 on Sun Nov 09, 2014 10:33 pm

@saibaba wrote:ok syariah yg mengatur seperti di aceh itu wajib gak? kalo gak ,apa alasannya...

Jawaban saya simple : Penerapan Syariat dalam ayat AL - Qur`an adalah tidak Universal, karena hanya berlaku di Negara Islam. Namun, jika sudah disetujui suatu negara beralih menjadi negara Islam dan mau mengikuti syariat Islam, maka penerapannya wajib di ikuti. Mudahnya, jika anda tidak ikut, tidak ada paksaan, jika anda ikut, maka wajib mengikutinya.

@saibaba wrote:napa nurut teroris macam FPI..dianggap WAJIB??

Saya tidak tau apakah anda telah salah mengira saya sebagai orang lain. Tidak semua Muslim adalah anggota FPI. Jika anda ingin mengkritik apakah perbuatan mereka salah atau benar, silahkan anda pergi pada mereka, bukan kepada saya.

Khalifah7
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 72
Kepercayaan : Islam
Location : Madinah
Join date : 30.10.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Mon Nov 10, 2014 9:37 am

antara muslim saja gak ada kata sepakat WAJIB TIDAKNYA SYARIAH ISLAM.
si kedunghalang menjawab: WAJIB bila ingin beriman..
si khalifah menjawab TIDAK WAJIB.dia bilang hanya wajib di negara islam saja.

si kedung halang jelas salah.sebab KEWAJIBAN bukan soal mau beriman atau tidak.
memangnya kalo gak mau beriman,jadi bukan KEWAJIBAN?? kan ngaco..
contoh semua manusia WAJIB saling tolong menolong..maka gak ada hubungan mau menolong apa gak tetap aja disebut WAJIB !

mari kita periksa jawaban khilafah
si khalifah menjawab syariah TIDAK WAJIB.
dia bilang hanya wajib di negara islam saja.
itu berarti HUKUM SYARIAH yg merupakan HUKUM ALLAH (bagi muslim),hanya WAJIB jika dijadikan HUKUM NEGARA oleh manusia.
jawabanmu tanpa kau sadari merupakan suatu pengakuan bahwa tidak semua muslim menganggap syariah itu HUKUM DARI ALLAH.makanya kau memakai suara mayoritas buat menentukan hal tsb.
dgn setuju atau tidaknya mendirikan NEGARA ISLAM..

baik,sekarang aku tanya ...
apakah mendirikan NEGARA ISLAM ITU SUATU KEWAJIBAN bagi muslim?
nurut FPI dan teroris itu WAJIB..
nurut yg moderat TIDAK WAJIB..apa alasan tidak wajib? monggo

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 11:40 am

@saibaba wrote:antara muslim saja gak ada kata sepakat WAJIB TIDAKNYA SYARIAH ISLAM.
si kedunghalang menjawab: WAJIB bila ingin beriman..
si khalifah menjawab TIDAK WAJIB.dia bilang hanya wajib di negara islam saja.

si kedung halang jelas salah.sebab KEWAJIBAN bukan soal mau beriman atau tidak.
memangnya kalo gak mau beriman,jadi bukan KEWAJIBAN?? kan ngaco..
contoh semua manusia WAJIB saling tolong menolong..maka gak ada hubungan mau menolong apa gak tetap aja disebut WAJIB!

Di dalam kata WAJIB itu ada unsur keharusan/paksaan. Sedangkan di dalam agama Islam tidak ada paksaan, melainkan keikhlasan.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by dee-nee on Mon Nov 10, 2014 11:42 am

hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 11:52 am

@dee-nee wrote:hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??

Ya, dan wajib atau fardu 'ain bagi orang-orang beriman. Ketika seseorang tidak mau mengerjakan shalat, maka menurut Rasulullah saw, kafirlah dia. Hanya sampai di situ, Rasulullah saw tidak terus mengejar-ngejar atau memaksanya untuk shalat.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by dee-nee on Mon Nov 10, 2014 3:26 pm

@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??

Ya, dan wajib atau fardu 'ain bagi orang-orang beriman. Ketika seseorang tidak mau mengerjakan shalat, maka menurut Rasulullah saw, kafirlah dia. Hanya sampai di situ, Rasulullah saw tidak terus mengejar-ngejar atau memaksanya untuk shalat.

jadi kalau orang aceh bilang "saya ikhlas menjalankan syariah yang ditetapkan ijma para ulama" ... ga masalah dong ya
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 4:01 pm

@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??

Ya, dan wajib atau fardu 'ain bagi orang-orang beriman. Ketika seseorang tidak mau mengerjakan shalat, maka menurut Rasulullah saw, kafirlah dia. Hanya sampai di situ, Rasulullah saw tidak terus mengejar-ngejar atau memaksanya untuk shalat.

jadi kalau orang aceh bilang "saya ikhlas menjalankan syariah yang ditetapkan ijma para ulama" ... ga masalah dong ya

Akan jadi masalah, jika Syari'ah yang ditetapkan ijma para ulama Aceh tidak sesuai dan/atau bertentangan dengan Al Qur'an & Hadits.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 10, 2014 4:05 pm

@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??

Ya, dan wajib atau fardu 'ain bagi orang-orang beriman. Ketika seseorang tidak mau mengerjakan shalat, maka menurut Rasulullah saw, kafirlah dia. Hanya sampai di situ, Rasulullah saw tidak terus mengejar-ngejar atau memaksanya untuk shalat.

non muslim harus solat juga?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Mon Nov 10, 2014 4:14 pm


baik,sekarang aku tanya ...
apakah mendirikan NEGARA ISLAM ITU SUATU KEWAJIBAN bagi muslim? terutama di indone? yg mayoritas muslim.kan katanya buatan allah..
kok mau pake UUD dan pancasila yg cuma buatan manusia??
anggap gw disini mewakili pikiran ISIS ...

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 10, 2014 4:18 pm


lagian..
gak ada yang melarang islam menjalani hukum syariahnya
tanpa harus dijadikan hukum negara apalagi mengislamkan negara

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Khalifah7 on Mon Nov 10, 2014 4:23 pm

@saibaba wrote:itu berarti HUKUM SYARIAH yg merupakan HUKUM ALLAH (bagi muslim),hanya WAJIB jika dijadikan HUKUM NEGARA oleh manusia.
jawabanmu tanpa kau sadari merupakan suatu pengakuan bahwa tidak semua muslim menganggap syariah itu HUKUM DARI ALLAH.makanya kau memakai suara mayoritas buat menentukan hal tsb.
dgn setuju atau tidaknya mendirikan NEGARA ISLAM..

baik,sekarang aku tanya ...
apakah mendirikan NEGARA ISLAM ITU SUATU KEWAJIBAN bagi muslim?

Ko langsung main Judge ba? Saya bilang tidak ada paksaan, bukan tidak Wajib. Hukum Allah SWT adalah hukum yang paling adil, tidak ada hukum didunia ini yang bisa se adil hukum tuhan. Saya katakan tidak ada paksaan tentang penerapan hukum Syariat karena Allah tau, tidak semua manusia didunia pasti masuk Islam, tidak semua manusia muslim, karena itu penerapan hukum seperti Pancung, Cambuk, Rajam dll hanya dilakukan dinegara Islam yang memang mau menerapkan syariat islam sahaja...

@saibaba wrote:nurut FPI dan teroris itu WAJIB..
nurut yg moderat TIDAK WAJIB..apa alasan tidak wajib? monggo

Saya sudah katakan, saya ini bukan anggota FPI apa lagi anggota Terorist. Kalau anda ingin tau menurut mereka, tanya pada mereka, bukan pada saya... ehmm

Khalifah7
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 72
Kepercayaan : Islam
Location : Madinah
Join date : 30.10.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 10, 2014 4:25 pm


9:29 maksa tidak?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 6:43 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:hmmmm

sholat itu termasuk hukum syariah bukan ya ??

Ya, dan wajib atau fardu 'ain bagi orang-orang beriman. Ketika seseorang tidak mau mengerjakan shalat, maka menurut Rasulullah saw, kafirlah dia. Hanya sampai di situ, Rasulullah saw tidak terus mengejar-ngejar atau memaksanya untuk shalat.

non muslim harus solat juga?

Sembahyang saja menurut agama dan kepercayaan masing-masing.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 6:48 pm

@saibaba wrote:
baik,sekarang aku tanya ...
apakah mendirikan NEGARA ISLAM ITU SUATU KEWAJIBAN bagi muslim? terutama di indone? yg mayoritas muslim.kan katanya buatan allah..
kok mau pake UUD dan pancasila yg cuma buatan manusia??
anggap gw disini mewakili pikiran ISIS ...

TIDAK WAJIB.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 6:49 pm

@SEGOROWEDI wrote:
9:29 maksa tidak?

Ayat ini diturunkan ketika sedang terjadi Perang Badar.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Kedunghalang on Mon Nov 10, 2014 6:51 pm

@SEGOROWEDI wrote:
lagian..
gak ada yang melarang islam menjalani hukum syariahnya
tanpa harus dijadikan hukum negara apalagi mengislamkan negara

Menegakkan Syari'at Islam itu diwajibkan hanya bagi orang-orang Islam yang beriman saja.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by saibaba on Mon Nov 10, 2014 9:22 pm

kedung : syariah TIDAK WAJIB.
Menegakkan Syari'at Islam itu diwajibkan hanya bagi orang-orang Islam yang beriman saja.

khafilah :
Ko langsung main Judge ba? Saya bilang tidak ada paksaan, bukan tidak Wajib.

baru dua org saja sudah beda pendapat ttg syariah...
gmn muslim yg lain? takut beri opininya..?
syariah itu wajib apa gak wajib??


Terakhir diubah oleh saibaba tanggal Mon Nov 10, 2014 9:34 pm, total 1 kali diubah

saibaba
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Male
Posts : 192
Kepercayaan : Lain-lain
Location : solo
Join date : 16.08.14
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: hukum syariah wajib diberlakukan atau tidak?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 4 1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik