FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Paradise OK on Sat Oct 18, 2014 6:32 pm

First topic message reminder :

APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

ajaran setan bilang ADAM AS ITU BUKAN MANUSIA PERTAMA

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Jagona on Tue Nov 11, 2014 11:05 am

@Kedunghalang wrote:
@Jagona wrote: kalo untuk di Bumi[/b] ............ memamg Adam adalah manusia pertama dan juga khalifah pertama yang diisyaratkan dalam ayat 2/30, tetapi untuk di alam semesta, Adam bukan manusia pertama yang diciptakan ALLAH ..................... okey

Yang merah, apa dasarnya?


dasarnya .................... ayat 3/59 jo. ayat 19/30 dan ayat 32/7 ............. keycungng

Jagona
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 70
Posts : 4039
Kepercayaan : Islam
Location : Banten
Join date : 08.01.12
Reputation : 18

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by mystery on Tue Nov 11, 2014 11:37 am

@jagona

adam dilahirkan?? adam juga mengalami fase bayi, disusui, dll?? lantas siapa mamahnya?? setelah lahir barulah malaikat memberi hormat kepadanya??
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by mystery on Tue Nov 11, 2014 11:40 am

Sebelum Adam as bisalah disebut manusia dalam bentuk fisiknya, atau bisa kita sebut makhluk yang tentu sangat berbeda dengan Adam as yang akan ditugaskan menjadi khalifah di bumi.
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 11, 2014 4:20 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
1. Menurut anda, Adam adalah manusia pertama dari modern homo sapiens. Tetapi, sebelum Adam sudah ada manusia purba yang sudah punah. Tanpa dikaitkan dengan "bisa mempelajari Al Qur'an", maka sebelum Adam sudah ada manusia purba. Dengan demikian, maka Adam bukan manusia pertama. Betul?

nenek moyang adam manusia purba yang mana DUNG?

Modern Homo Sapiens.

dalam sains evolusi dan anthropologi..
mana yang disebut modern homo sapiens?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 11, 2014 4:25 pm

@mystery wrote:@jagona

adam dilahirkan?? adam juga mengalami fase bayi, disusui, dll?? lantas siapa mamahnya?? setelah lahir barulah malaikat memberi hormat kepadanya??

info muhammad bikin bingung umatnya..
- ada yang bilang adam manusia pertama dari tanah
- ada yang bilang adam manusia modern pertama keturunan manusia purba di bumi
- ada yang bilang adam manusia pertama di bumi keturunan manusia yang hidup di planet antah berantah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Tue Nov 11, 2014 11:45 pm

@Kedunghalang wrote:
1. Menurut anda, Adam adalah manusia pertama dari modern homo sapiens. Tetapi, sebelum Adam sudah ada manusia purba yang sudah punah. Tanpa dikaitkan dengan "bisa mempelajari Al Qur'an", maka sebelum Adam sudah ada manusia purba. Dengan demikian, maka Adam bukan manusia pertama. Betul?

2. Menurut anda, Al Qur'an menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam. Surah & ayatnya?

1. Kenapa pake tanpa (bold) ?? ... Al Quran diturunkan bagi seluruh umat manusia ... maka sekarang logikanya ... apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ?? ... kan fokus nya justru Adam lah yang pertama kali diajarkan Allah tentang pengetahuan dsb ....

justru disitu ga klir nya saya (dan mungkin mbah abu) ... yang disebut manusia itu yang mana dulu ?? manusia2 yang wajib beriman pada Al Quran ... atau termasuk manusia yang dalam kehidupan mereka bahkan tidak mengenal agama Allah (manusia sebelum adam)

karena TS rujukannya Al Quran ... maka silahkan cari di semua ayat2 dalam Al Quran .... ada ga ayat yang ditujukan bagi manusia purba ?? >>> sehingga bisa klir manusia jenis apa yang dimaksud dalam Quran >> sehingga bisa klir juga apa yang dimaksud sebagai Adam adalah manusia pertama

2. semua manusia disini (underline) maksudnya gimana ?? modern homo sapiens saja atau termasuk homo2 lainnya
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Tue Nov 11, 2014 11:50 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
Dasarnya ... karena Quran bilang semua manusia adalah keturunan Adam ...
manusia yang seperti kita2 ini adalah modern homo sapiens ...
Jadi Adam adalah modern homo sapiens ...

Modern homo sapiens berawal dari satu manusia (yang tidak berafiliasi dengan homo2 lainnya)

modern homo sapiens mana yang kamu maksud dalam ilmu evolusi dan antropologi??

memang yang disebut modern homo sapiens pertama menurut IP itu homo sapiens mana ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Kedunghalang on Wed Nov 12, 2014 12:02 am

@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:
1. Menurut anda, Adam adalah manusia pertama dari modern homo sapiens. Tetapi, sebelum Adam sudah ada manusia purba yang sudah punah. Tanpa dikaitkan dengan "bisa mempelajari Al Qur'an", maka sebelum Adam sudah ada manusia purba. Dengan demikian, maka Adam bukan manusia pertama. Betul?

2. Menurut anda, Al Qur'an menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam. Surah & ayatnya?

1. Kenapa pake tanpa (bold) ?? ... Al Quran diturunkan bagi seluruh umat manusia ... maka sekarang logikanya ... apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ?? ... kan fokus nya justru Adam lah yang pertama kali diajarkan Allah tentang pengetahuan dsb ....

justru disitu ga klir nya saya (dan mungkin mbah abu) ... yang disebut manusia itu yang mana dulu ?? manusia2 yang wajib beriman pada Al Quran ... atau termasuk manusia yang dalam kehidupan mereka bahkan tidak mengenal agama Allah (manusia sebelum adam)

karena TS rujukannya Al Quran ... maka silahkan cari di semua ayat2 dalam Al Quran .... ada ga ayat yang ditujukan bagi manusia purba ?? >>> sehingga bisa klir manusia jenis apa yang dimaksud dalam Quran >> sehingga bisa klir juga apa yang dimaksud sebagai Adam adalah manusia pertama

2. semua manusia disini (underline) maksudnya gimana ?? modern homo sapiens saja atau termasuk homo2 lainnya

1. Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang diutus Allah kepada sekalian manusia. Sebelum Nabi Muhammad saw, Al Qur'an belum ada, apalagi pada zaman Adam as atau sebelumnya. Tetapi, sebelum Adam as, sudah ada manusia yang belum mengenal agama Allah, karena mereka belum layak menerima ruh/wahyu-Nya. Tetapi, mereka itu manusia juga yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, atau manusia sebelum Adam as, sehingga Adam as bukanlah manusia pertama yang diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

2. Saya bertanya kepada anda, Surah dan Ayat mana yang mendukung pendapat anda bahwa Al Qur'an menyatakan semua manusia adalah keturunan Adam?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Wed Nov 12, 2014 12:39 am

@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:
1. Menurut anda, Adam adalah manusia pertama dari modern homo sapiens. Tetapi, sebelum Adam sudah ada manusia purba yang sudah punah. Tanpa dikaitkan dengan "bisa mempelajari Al Qur'an", maka sebelum Adam sudah ada manusia purba. Dengan demikian, maka Adam bukan manusia pertama. Betul?

2. Menurut anda, Al Qur'an menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam. Surah & ayatnya?

1. Kenapa pake tanpa (bold) ?? ... Al Quran diturunkan bagi seluruh umat manusia ... maka sekarang logikanya ... apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ?? ... kan fokus nya justru Adam lah yang pertama kali diajarkan Allah tentang pengetahuan dsb ....

justru disitu ga klir nya saya (dan mungkin mbah abu) ... yang disebut manusia itu yang mana dulu ?? manusia2 yang wajib beriman pada Al Quran ... atau termasuk manusia yang dalam kehidupan mereka bahkan tidak mengenal agama Allah (manusia sebelum adam)

karena TS rujukannya Al Quran ... maka silahkan cari di semua ayat2 dalam Al Quran .... ada ga ayat yang ditujukan bagi manusia purba ?? >>> sehingga bisa klir manusia jenis apa yang dimaksud dalam Quran >> sehingga bisa klir juga apa yang dimaksud sebagai Adam adalah manusia pertama

2. semua manusia disini (underline) maksudnya gimana ?? modern homo sapiens saja atau termasuk homo2 lainnya

1. Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang diutus Allah kepada sekalian manusia. Sebelum Nabi Muhammad saw, Al Qur'an belum ada, apalagi pada zaman Adam as atau sebelumnya. Tetapi, sebelum Adam as, sudah ada manusia yang belum mengenal agama Allah, karena mereka belum layak menerima ruh/wahyu-Nya. Tetapi, mereka itu manusia juga yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, atau manusia sebelum Adam as, sehingga Adam as bukanlah manusia pertama yang diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

2. Saya bertanya kepada anda, Surah dan Ayat mana yang mendukung pendapat anda bahwa Al Qur'an menyatakan semua manusia adalah keturunan Adam?

1. Hmmm ... jadi rancu kalau kemudian masuk ke topik "Al Quran tidak ada sebelum Nabi Muhammad" >>> karena ini sama dengan topik "tidak ada agama Islam sebelum Nabi Muhammad" ... (padahal saya tidak bicara Al Quran secara fisik dan waktu - bahwa turun pada jaman Nabi Muhammad - tapi saya bicara Al Quran secara essensi ajaran ... garis besarnya)

maksud saya ... Al Quran tidak mungkin bertentangan dengan semua ajaran Allah bagi semua nabi pra Muhammad toh ... esensi mengenai ajaran Sang Khalik ini tidak akan berbeda antara ke-4 kitab yang diturunkan Allah ...

makanya saya tulis "apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ??"

>> gitu ... jadi fokusnya bukan Al Quran  sebagai kitab suci yang turun pada jaman Nabi Muhammad ... tapi agama Allah yang diperuntukkan bagi seluruh umat manusia - yang hanya satu2nya yaitu yang ada di Al Quran  

bold merah : ok ... point nya adalah yang underline ... ada kata "belum" .... maka saya ulang lagi pertanyaannya .... Al Quran (ajaran Allah) ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah atau yang belum layak ??? >>> yang ini comfirm dulu deh

---------------

2. sebelum saya jawab anda ... saya tanya yang dimaksud "semua manusia" itu apa ?? manusia modern saja ... atau termasuk homo2 lainnya itu >>> gimana saya bisa jawab kalau saya masih bingung dengan pertanyaannya >>> makanya klir kan dulu
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Kedunghalang on Wed Nov 12, 2014 12:57 am

@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:
@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:
1. Menurut anda, Adam adalah manusia pertama dari modern homo sapiens. Tetapi, sebelum Adam sudah ada manusia purba yang sudah punah. Tanpa dikaitkan dengan "bisa mempelajari Al Qur'an", maka sebelum Adam sudah ada manusia purba. Dengan demikian, maka Adam bukan manusia pertama. Betul?

2. Menurut anda, Al Qur'an menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam. Surah & ayatnya?

1. Kenapa pake tanpa (bold) ?? ... Al Quran diturunkan bagi seluruh umat manusia ... maka sekarang logikanya ... apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ?? ... kan fokus nya justru Adam lah yang pertama kali diajarkan Allah tentang pengetahuan dsb ....

justru disitu ga klir nya saya (dan mungkin mbah abu) ... yang disebut manusia itu yang mana dulu ?? manusia2 yang wajib beriman pada Al Quran ... atau termasuk manusia yang dalam kehidupan mereka bahkan tidak mengenal agama Allah (manusia sebelum adam)

karena TS rujukannya Al Quran ... maka silahkan cari di semua ayat2 dalam Al Quran .... ada ga ayat yang ditujukan bagi manusia purba ?? >>> sehingga bisa klir manusia jenis apa yang dimaksud dalam Quran >> sehingga bisa klir juga apa yang dimaksud sebagai Adam adalah manusia pertama

2. semua manusia disini (underline) maksudnya gimana ?? modern homo sapiens saja atau termasuk homo2 lainnya

1. Al Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yang diutus Allah kepada sekalian manusia. Sebelum Nabi Muhammad saw, Al Qur'an belum ada, apalagi pada zaman Adam as atau sebelumnya. Tetapi, sebelum Adam as, sudah ada manusia yang belum mengenal agama Allah, karena mereka belum layak menerima ruh/wahyu-Nya. Tetapi, mereka itu manusia juga yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, atau manusia sebelum Adam as, sehingga Adam as bukanlah manusia pertama yang diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

2. Saya bertanya kepada anda, Surah dan Ayat mana yang mendukung pendapat anda bahwa Al Qur'an menyatakan semua manusia adalah keturunan Adam?

1. Hmmm ... jadi rancu kalau kemudian masuk ke topik "Al Quran tidak ada sebelum Nabi Muhammad" >>> karena ini sama dengan topik "tidak ada agama Islam sebelum Nabi Muhammad" ... (padahal saya tidak bicara Al Quran secara fisik dan waktu - bahwa turun pada jaman Nabi Muhammad - tapi saya bicara Al Quran secara essensi ajaran ... garis besarnya)

maksud saya ... Al Quran tidak mungkin bertentangan dengan semua ajaran Allah bagi semua nabi pra Muhammad toh ... esensi mengenai ajaran Sang Khalik ini tidak akan berbeda antara ke-4 kitab yang diturunkan Allah ...

makanya saya tulis "apakah menurut anda sejak dulu manusia purba sudah belajar tentang Sang Khalik (sudah mengenal agama Allah) ??"

>> gitu ... jadi fokusnya bukan Al Quran  sebagai kitab suci yang turun pada jaman Nabi Muhammad ... tapi agama Allah yang diperuntukkan bagi seluruh umat manusia - yang hanya satu2nya yaitu yang ada di Al Quran  

bold merah : ok ... point nya adalah yang underline ... ada kata "belum" .... maka saya ulang lagi pertanyaannya .... Al Quran (ajaran Allah) ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah atau yang belum layak ??? >>> yang ini comfirm dulu deh

---------------

2. sebelum saya jawab anda ... saya tanya yang dimaksud "semua manusia" itu apa ?? manusia modern saja ... atau termasuk homo2 lainnya itu >>> gimana saya bisa jawab kalau saya masih bingung dengan pertanyaannya >>> makanya klir kan dulu

1. Manusia purba itu adalah salah-satu tahapan dari makro-evolusi penciptaan manusia oleh Allah Ar-Rabbul 'Aalamin yang, menurut Al Qur'an, pada mulanya berasal dari tanah liat dan lumpur hitam. Tahapan berikutnya dari makro evolusi itu sampai kepada Modern Homo Sapiens yang dari antara mereka, Allah telah menjadikan Adam as sebagai Khalifah-Nya yang pertama di bumi. Tentu saja, sebelum Adam as dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya yang pertama tidak ada yang belajar dan/atau mengenal Allah Al Khaaliq.

2. Semua manusia (sebelum Adam as, pada zaman Adam as, dan setelah Adam as sampai sekarang) yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Kedunghalang on Wed Nov 12, 2014 1:07 am

@Jagona wrote:
@Kedunghalang wrote:
@Jagona wrote: kalo untuk di Bumi[/b] ............ memamg Adam adalah manusia pertama dan juga khalifah pertama yang diisyaratkan dalam ayat 2/30, tetapi untuk di alam semesta, Adam bukan manusia pertama yang diciptakan ALLAH ..................... okey

Yang merah, apa dasarnya?


dasarnya .................... ayat 3/59 jo. ayat 19/30 dan ayat 32/7 ............. keycungng

Dalam ayat-ayat yang anda tunjukkan sebagai referensi, tidak ada isyarat bahwa Adam adalah manusia pertama di bumi. Apalagi di alam semesta, referensi tersebut sama sekali tidak menyebut alam semesta.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Wed Nov 12, 2014 1:33 am

@Kedunghalang wrote:1. Manusia purba itu adalah salah-satu tahapan dari makro-evolusi penciptaan manusia oleh Allah Ar-Rabbul 'Aalamin yang, menurut Al Qur'an, pada mulanya berasal dari tanah liat dan lumpur hitam. Tahapan berikutnya dari makro evolusi itu sampai kepada Modern Homo Sapiens yang dari antara mereka, Allah telah menjadikan Adam as sebagai Khalifah-Nya yang pertama di bumi. Tentu saja, sebelum Adam as dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya yang pertama tidak ada yang belajar dan/atau mengenal Allah Al Khaaliq.

yang biru ga bisa disambung dengan yang merah .... apalagi pake kalimat underline (wkwkwkwkw maaf bung kedung ... tulisan anda jadi warna warni)

bahwa Al Quran menyebut biru "pada mulanya manusia dari lumpur dst" ... ini benar .... tapi bukan karena dalil ini maka bisa disambung bahwa Adam adalah keturunan manusia purba (merah) >> gitu loh maksud saya

kalau bicara makro evolusi pun ... prosesnya bukan anak beranak (berketurunan) ... evolusi makro adalah pola perubahan dalam ribuan generasi sehingga terbentuk spesies baru.

intinya ...
makro evolusi : perubahan skala besar yang akhirnya bisa terbentuk spesies baru
mikro evolusi : perubahan dari generasi ke generasi tanpa membentuk spesies baru

Jadi ... justru karena anda menyebut proses manusia purba hingga manusia modern adalah evolusi makro ... maka sesuai penjelasan underline italic ... dalam proses itu bisa muncul spesies baru >>> artinya manusia modern bukan keturunan manusia purba

sebetulnya apel jeruk nya disini aja kok .... saya berpendapat Adam bukan keturunan manusia purba .... anda berpendapat Adam keturunan manusia purba >>>> dari apel jeruk ini lalu jadi panjang ke urusan ungu diatas (termasuk apakah Adam manusia pertama atau bukan)


@kedunghalang wrote:2. Semua manusia (sebelum Adam as, pada zaman Adam as, dan setelah Adam as sampai sekarang) yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

manusia sebelum Adam as apa bisa disebut keturunan Adam ??

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 12, 2014 10:11 am

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
Dasarnya ... karena Quran bilang semua manusia adalah keturunan Adam ...
manusia yang seperti kita2 ini adalah modern homo sapiens ...
Jadi Adam adalah modern homo sapiens ...

Modern homo sapiens berawal dari satu manusia (yang tidak berafiliasi dengan homo2 lainnya)

modern homo sapiens mana yang kamu maksud dalam ilmu evolusi dan antropologi??

memang yang disebut modern homo sapiens pertama menurut IP itu homo sapiens mana ??

itu yang saya tanyakan ke kamu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 12, 2014 10:16 am

@dee-nee wrote:
sebetulnya apel jeruk nya disini aja kok .... saya berpendapat Adam bukan keturunan manusia purba ....
piss

jadi..
adam diciptakan secara spontan dari sari tanah?
langsung jadi manusia modern..
begitu?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Wed Nov 12, 2014 4:00 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
Dasarnya ... karena Quran bilang semua manusia adalah keturunan Adam ...
manusia yang seperti kita2 ini adalah modern homo sapiens ...
Jadi Adam adalah modern homo sapiens ...

Modern homo sapiens berawal dari satu manusia (yang tidak berafiliasi dengan homo2 lainnya)

modern homo sapiens mana yang kamu maksud dalam ilmu evolusi dan antropologi??

memang yang disebut modern homo sapiens pertama menurut IP itu homo sapiens mana ??

itu yang saya tanyakan ke kamu..

dan saya bilang IP pun belum jelas memberikan bukti siapa manusia modern pertama ...

-------------


@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
sebetulnya apel jeruk nya disini aja kok .... saya berpendapat Adam bukan keturunan manusia purba ....
piss

jadi..
adam diciptakan secara spontan dari sari tanah?
langsung jadi manusia modern..
begitu?

ga tau ... Al Quran ga bilang apa2 tentang proses Adam diciptakan
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 12, 2014 4:02 pm


alquran emang payah..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Wed Nov 12, 2014 4:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
alquran emang payah..

Allah ga mau kasih tau kok dipaksa2 harus ngasih tau ...

Islam haters emang payah ... maksa2 ga jelas
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 12, 2014 5:21 pm

alloh = muhammad
mana tahu? yang penting nyeplos

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Kedunghalang on Thu Nov 13, 2014 8:51 am

@dee-nee wrote:
@Kedunghalang wrote:1. Manusia purba itu adalah salah-satu tahapan dari makro-evolusi penciptaan manusia oleh Allah Ar-Rabbul 'Aalamin yang, menurut Al Qur'an, pada mulanya berasal dari tanah liat dan lumpur hitam. Tahapan berikutnya dari makro evolusi itu sampai kepada Modern Homo Sapiens yang dari antara mereka, Allah telah menjadikan Adam as sebagai Khalifah-Nya yang pertama di bumi. Tentu saja, sebelum Adam as dijadikan Allah sebagai Khalifah-Nya yang pertama tidak ada yang belajar dan/atau mengenal Allah Al Khaaliq.

yang biru ga bisa disambung dengan yang merah .... apalagi pake kalimat underline (wkwkwkwkw maaf bung kedung ... tulisan anda jadi warna warni)

bahwa Al Quran menyebut biru "pada mulanya manusia dari lumpur dst" ... ini benar .... tapi bukan karena dalil ini maka bisa disambung bahwa Adam adalah keturunan manusia purba (merah) >> gitu loh maksud saya

kalau bicara makro evolusi pun ... prosesnya bukan anak beranak (berketurunan) ... evolusi makro adalah pola perubahan dalam ribuan generasi sehingga terbentuk spesies baru.

intinya ...
makro evolusi : perubahan skala besar yang akhirnya bisa terbentuk spesies baru
mikro evolusi : perubahan dari generasi ke generasi tanpa membentuk spesies baru

Jadi ... justru karena anda menyebut proses manusia purba hingga manusia modern adalah evolusi makro ... maka sesuai penjelasan underline italic ... dalam proses itu bisa muncul spesies baru >>> artinya manusia modern bukan keturunan manusia purba

sebetulnya apel jeruk nya disini aja kok .... saya berpendapat Adam bukan keturunan manusia purba .... anda berpendapat Adam keturunan manusia purba >>>> dari apel jeruk ini lalu jadi panjang ke urusan ungu diatas (termasuk apakah Adam manusia pertama atau bukan)

Ayat suci Al Qur'an sangat jelas menyatakan bahwa pada awalnya Allah menciptakan manusia dari tanah liat kering yang berdenting dan lumpur hitam yang diberi bentuk. Kemudian secara fisik manusia tumbuh bagaikan tumbuh-tumbuhan, lalu berkembang dan bergerak bagaikan hewan yang menurut Al Qur'an, pada periode tersebut, manusia belum layak untuk disebut. Tetapi, spesies manusia - sejak awal penciptaannya - HANYA SATU yang tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan binatang. August Weissman, ahli genetika Jerman, melakukan penelitian terhadap evolusi manusia dan evolusi monyet yang - menurut Charles Darwin - memiliki persamaan. Berdasarkan penelitian tersebut terbukti bahwa walaupun ada sedikit persamaan, tetapi evolusi monyet berbeda dengan manusia.
Sedikit persamaan monyet dengan manusia:
1. Mata menghadap ke depan
2. Ibu jari pada tungkai depan dapat digerakkan ke segala arah sehingga dapat digunakan untuk memegang.
3. Kelenjar air susu berada di dalam dada betina.
4. Rahim hanya memiliki satu ruang (uterus simplex).
Banyak sekali perbedaan monyet dan manusia, antara lain:
1. Volume otak manusia lebih besar (1450 cc) dibandingkan monyet (500 cc).
2. Tangan manusia berfungsi hanya untuk memegang, sedangkan tangan monyet untuk berjalan.
3. Tungkai belakang manusia lebih panjang ketimbang depan. Tungkai belakang monyet lebih pendek ketimbang depan.
4. Susunan hemoglobin manusia sangat berbeda dengan monyet.
5. Manusia termasuk genes homonidae, sedangkan monyet termasuk genes pongidae, dan banyak lagi.
 
Dengan sifat-Nya, Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, Tuhan Maha Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta dengan segala isinya, telah menciptakan manusia secara bertahap atau dalam berbagai tingkat kejadian, sebagaimana firman-Nya: "Dan, sesungguhnya Dia telah menciptakan kamu dalam berbagai tingkat kejadian." (Nuh 13/14).  

Tuhan telah menganugerahi kepada manusia berbagai kesanggupan dan kemampuan alami, dan pada ketidak-samaan dalam pembawaan dan keadaan jasmanilah bergantung wujud, pertumbuhan, dan perkembangan masyarakat manusia. Athwaar itu jamak dari thaur, yang berarti, waktu; keadaan; kondisi; mutu; ragam atau cara; bentuk atau penampakan. Ayat ini berarti, Tuhan telah menciptakan manusia dengan bentuk yang berbeda dan keadaan yang berbeda pula; dengan berbagai segi dan pembawaan; atau Tuhan telah menciptakan mereka setingkat demi setingkat (Arabic-English Lexicon oleh EW Lane).

Selain itu, Allah berirman: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari nutfah campuran supaya Kami dapat mengujinya; maka Kami telah membuat dia mendengar, melihat." (Ad-Dhar 76:2/3).

Manusia diciptakan dari setetes air mani, yang zatnya sendiri merupakan campuran dari beberapa zat; hal ini berarti bahwa ia telah diberi berbagai kekuatan, kemampuan, dan sifat-sifat fitri yang dimaksudkan guna meraih kemajuan dalam akhlak dan ruhaninya. Proses ini hanya menunjuk kepada peraturan umum mengenai penciptaan manusia dan bukan tidak mungkin itu terjadi dengan jalan lain.

Demikianlah, manusia sebagai makhluk paling sempurna dan paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk-makhluk hidup lainnya, tumbuh berkembang dan berevolusi secara makro dan mikro dengan menakjubkan dan sangat berbeda  dengan evolusi makhluk hidup lainnya. Al Qur'an menyatakan bahwa makhluk yang memiliki bentuk paling baik dan sempurna hanyalah manusia, sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk." (At-Tiin 95:4/5).

Ayat ini mengisyaratkan bahwa dengan kekuatan daya cipta-Nya, Allah telah menjadikan manusia sebagai makhluk yang terbaik. Dilihat dari dimensi anatomi fisik, manusia telah mengalami perkembangan secara monospecies, yakni melalui evolusi secara makro dan mikro dalam garis hukum evolusi, mulai dari makhluk sederhana menjadi makhluk paling sempurna di bumi ini. Ketika manusia telah mencapai tingkat kesempurnaannya, maka Allah menjadikan salah-satu dari antara mereka sebagai Khalifah-Nya di bumi, yakni Adam as, yang atas perintah-Nya diberi tugas untuk membimbing dan memberi petunjuk kepada umatnya untuk beribadah dan mengenal Allah, Al Khaaliq.
@dee-nee wrote:
@kedunghalang wrote:2. Semua manusia (sebelum Adam as, pada zaman Adam as, dan setelah Adam as sampai sekarang) yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

manusia sebelum Adam as apa bisa disebut keturunan Adam ??

piss

Manusia sebelum Adam as bukan keturunan Adam as.  Surah apa dan ayat mana yang menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam as?

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 13, 2014 9:07 am

@Kedunghalang wrote:
Manusia sebelum Adam as bukan keturunan Adam as.  Surah apa dan ayat mana yang menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam as?

pusing

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Kedunghalang on Thu Nov 13, 2014 11:41 am

@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
Manusia sebelum Adam as bukan keturunan Adam as.  Surah apa dan ayat mana yang menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam as?

pusing


Biarlah dee-nee yang menjawabnya.

Kedunghalang
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Male
Posts : 9081
Kepercayaan : Islam
Location : Bogor
Join date : 12.03.12
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Thu Nov 13, 2014 12:25 pm

@Kedunghalang wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@Kedunghalang wrote:
Manusia sebelum Adam as bukan keturunan Adam as.  Surah apa dan ayat mana yang menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam as?

pusing


Biarlah dee-nee yang menjawabnya.

kok anda yang malah ga nyambung sih ??

awalnya anda tanya

@kedunghalang wrote:
2. Saya bertanya kepada anda, Surah dan Ayat mana yang mendukung pendapat anda bahwa Al Qur'an menyatakan semua manusia adalah keturunan Adam?

saya balik nanya

@dee-nee wrote:2. sebelum saya jawab anda ... saya tanya yang dimaksud "semua manusia" itu apa ?? manusia modern saja ... atau termasuk homo2 lainnya itu

lalu anda jawab

@Kedunghalang wrote:2. Semua manusia (sebelum Adam as, pada zaman Adam as, dan setelah Adam as sampai sekarang) yang telah diciptakan Allah Ar-Rabbul 'Aalamin.

artinya pertanyaan awal anda adalah : Surah dan Ayat mana yang mendukung pendapat anda bahwa Al Qur'an menyatakan semua manusia (sebelum Adam as, pada zaman Adam as, dan setelah Adam as sampai sekarang) adalah keturunan Adam?

makanya saya jawab

@dee-nee wrote:manusia sebelum Adam as apa bisa disebut keturunan Adam ??

monggo dipikirkan ... yang ga nyambung siapa ??

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 13, 2014 12:30 pm


adam yang dibahas disini adam ke berapa DUNG??
adam 1, adam 2, adam 3, .................. adam 31, .............. adam 100.000?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by ngayarana on Thu Nov 13, 2014 12:45 pm

@Jagona wrote:
@ngayarana wrote:
@Jagona wrote:
@abu hanan wrote:sayah belum klir disini..

hi hi hi ............... tinggal menganalisa ayat 3/59 jo. ayat 19/33, bandingkan dengan ayat 32/7 ........... okey wa
"Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah (turooab), kemudian Allah berfirman kepadanya: 'Jadilah' (seorang manusia), maka jadilah dia."(QS 3:59)

"Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari aku dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali."(QS 19:33)

Perbandingannya....

"Yang membuat segala sesuatu yang Dia ciptakan sebaik-baiknya dan Yang memulai penciptaan manusia dari tanah (thiin)."(QS 32:27)

Biar jelas, bisa di jabarkan dong Kang.....?

ma'af ada yang aku tambahin tentang istilah turoob dan thin

coba aja anda perhatikasn yang aku tebelin ............ di ayat 3/59 Adam diciptakan dari turoob, tetapi di ayat 32/7 menyatakan bahwa ALLAH mulai menciptakan manusia dari thiin .......... berarti manusia pertama yang diciptakan ALLAH "bukan adam", dengan kata lain bahwa Adam bukan manusia pertama yang diciptakan.
Jelaskan aja kang Turoob dan thin itu apa bedanya, kalo saya berpendapat, thuroob itu bagian dari thin, dan Allah hendak menjelaskan detailnya, dan juga kita sudah ketahui ayat alqur'an itu sangat erat kaitannya antara satu ayat dengan ayat yang lain, dan contoh di atas adalah salah satunya.
lantas .......... pemahaman ayat 3/59, bahwa apa yang ditetapkan/dilamami adam adalah sama dengan yang ditetapkan/dialami isa, demikian juga sebaliknya ........ contoh .... dalam ayat 19/30 dinyatakan bahwa isa dilahirkan ........ maka berdasarkan ayat 3/59 ini adam juga dilahirkan, dan masih banyak lagi pemisalan yanglain menyangkut keduanya (adam dan isa) ................ okey
Akan sangat sulit kita memahaminya kang...... bila persamaan Adam dan Isa hanya masalah kelahirannya saja bila kita berpatokan pada ayat ini, bila kita menyanakannya, berarti Al Quran harusnya menginformasikan siapa ibunya Adam AS, sebagaimana Isa AS, Kelahirannya, dan lain sebagainya, apalagi jelas dalam Alqur'an Allah sendiri mengajarkan Adam AS tentang Ilmu untuk mengelola dunia (Bumi), Bagaimana dengan Isa...?, apakah juga seperti Adam ketika Beliau mendapat pengajaran, dan mungkin banyak lagi pertanyaan pertanyaan lain yang saya yakin anda tidak bisa temukan di Alqur'an, dan akhirnya hanya menjadi asumsi, lalu apakah asumsi itu bisa di jadikan pegangan.....?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by dee-nee on Thu Nov 13, 2014 1:19 pm

@Kedunghalang wrote:
[justify]Ayat suci Al Qur'an sangat jelas menyatakan bahwa pada awalnya Allah menciptakan manusia dari tanah liat kering yang berdenting dan lumpur hitam yang diberi bentuk. Kemudian secara fisik manusia tumbuh bagaikan tumbuh-tumbuhan, lalu berkembang dan bergerak bagaikan hewan yang menurut Al Qur'an, pada periode tersebut, manusia belum layak untuk disebut.

yang biru dalil Qurannya mana ?? bahwa manusia awalnya tumbuh bagai tumbuh2an dan kemudian berkembang bagaikan binatang ??

@Kedunghalang wrote:
Tetapi, spesies manusia - sejak awal penciptaannya - HANYA SATU yang tentu saja berbeda jika dibandingkan dengan binatang. August Weissman, ahli genetika Jerman, melakukan penelitian terhadap evolusi manusia dan evolusi monyet yang - menurut Charles Darwin - memiliki persamaan. Berdasarkan penelitian tersebut terbukti bahwa walaupun ada sedikit persamaan, tetapi evolusi monyet berbeda dengan manusia.

Sedikit persamaan monyet dengan manusia:
1. Mata menghadap ke depan
2. Ibu jari pada tungkai depan dapat digerakkan ke segala arah sehingga dapat digunakan untuk memegang.
3. Kelenjar air susu berada di dalam dada betina.
4. Rahim hanya memiliki satu ruang (uterus simplex).
Banyak sekali perbedaan monyet dan manusia, antara lain:
1. Volume otak manusia lebih besar (1450 cc) dibandingkan monyet (500 cc).
2. Tangan manusia berfungsi hanya untuk memegang, sedangkan tangan monyet untuk berjalan.
3. Tungkai belakang manusia lebih panjang ketimbang depan. Tungkai belakang monyet lebih pendek ketimbang depan.
4. Susunan hemoglobin manusia sangat berbeda dengan monyet.
5. Manusia termasuk genes homonidae, sedangkan monyet termasuk genes pongidae, dan banyak lagi.

bold merah : spesies manusia jenis apa ?? ingat ... secara makro evolusi ... makro evolusi memungkinkan munculnya spesies baru ... jadi spesies manusia jenis apa yang anda maksud disini ??

kalau yang anda maksud spesies modern homo sapiens ... ya memang hanya SATU .... dan yang SATU ini tidak berafiliasi dengan jenis manusia lainnya ...

sisanya : gini loh ... mau anda bilang monyet dan manusia punya banyak persamaan ... tidak menjadi dalil bahwa manusia modern keturunan manusia purba .... jelas manusia dan monyet punya persamaan wong dua2nya disebut primata kok ...

Tapi bukan artinya manusia keturunan monyet ... atau bukan artinya homo ini cuma 1 jenis dan monyet (pongidae, dll) cuma 1 jenis ....

statement anda yang underline ga nyambung dengan point 4 dan 5 (underline) ... apa hubungannya evolusi manusia vs monyet dengan susunan hemoglobin manusia atau manusia berbeda genes dengan monyet ... (satu)

Dua ... manusia bukan genes homonidae ... kalau homonidae itu = kera (monyet yang berdiri dengan 2 kaki) ...
sementara manusia termasuk genes homo ... yang kemudian dalam makro evolusinya (seperti anda bilang) ... muncul cabang2 (sub spesies) yang tidak berhubungan satu sama lain
 
@kedunghalang wrote:Dengan sifat-Nya, Allah Ar-Rabbul 'Aalamin, Tuhan Maha Pencipta dan Pemelihara Alam Semesta dengan segala isinya, telah menciptakan manusia secara bertahap atau dalam berbagai tingkat kejadian, sebagaimana firman-Nya: "Dan, sesungguhnya Dia telah menciptakan kamu dalam berbagai tingkat kejadian." (Nuh 13/14).  

Tuhan telah menganugerahi kepada manusia berbagai kesanggupan dan kemampuan alami, dan pada ketidak-samaan dalam pembawaan dan keadaan jasmanilah bergantung wujud, pertumbuhan, dan perkembangan masyarakat manusia. Athwaar itu jamak dari thaur, yang berarti, waktu; keadaan; kondisi; mutu; ragam atau cara; bentuk atau penampakan. Ayat ini berarti, Tuhan telah menciptakan manusia dengan bentuk yang berbeda dan keadaan yang berbeda pula; dengan berbagai segi dan pembawaan; atau Tuhan telah menciptakan mereka setingkat demi setingkat (Arabic-English Lexicon oleh EW Lane).

anda menyebut diatas pun ... bukan artinya manusia modern harus keturunan manusia purba ... modern homo sapiens itu tidak punya garis keturunan dengan homo2 yang lain >>> makanya saya tanya ke anda ... buktikan ke saya bahwa ada ayat Quran yang bicara tentang manusia purba ... supaya terbukti kebenaran dalil anda bahwa yang disebut "manusia" dalam Quran termasuk manusia purba  

@Kedunghalang wrote:Selain itu, Allah berirman: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari nutfah campuran supaya Kami dapat mengujinya; maka Kami telah membuat dia mendengar, melihat." (Ad-Dhar 76:2/3).

Manusia diciptakan dari setetes air mani, yang zatnya sendiri merupakan campuran dari beberapa zat; hal ini berarti bahwa ia telah diberi berbagai kekuatan, kemampuan, dan sifat-sifat fitri yang dimaksudkan guna meraih kemajuan dalam akhlak dan ruhaninya. Proses ini hanya menunjuk kepada peraturan umum mengenai penciptaan manusia dan bukan tidak mungkin itu terjadi dengan jalan lain.

Lalu dimana hubungannya ayat diatas dengan statement bahwa "manusia modern keturunan manusia purba" ??

@Kedunghalang wrote:Demikianlah, manusia sebagai makhluk paling sempurna dan paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk-makhluk hidup lainnya, tumbuh berkembang dan berevolusi secara makro dan mikro dengan menakjubkan dan sangat berbeda  dengan evolusi makhluk hidup lainnya. Al Qur'an menyatakan bahwa makhluk yang memiliki bentuk paling baik dan sempurna hanyalah manusia, sebagaimana firman-Nya: "Sesungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk." (At-Tiin 95:4/5).

Ayat ini mengisyaratkan bahwa dengan kekuatan daya cipta-Nya, Allah telah menjadikan manusia sebagai makhluk yang terbaik. Dilihat dari dimensi anatomi fisik, manusia telah mengalami perkembangan secara monospecies, yakni melalui evolusi secara makro dan mikro dalam garis hukum evolusi, mulai dari makhluk sederhana menjadi makhluk paling sempurna di bumi ini. Ketika manusia telah mencapai tingkat kesempurnaannya, maka Allah menjadikan salah-satu dari antara mereka sebagai Khalifah-Nya di bumi, yakni Adam as, yang atas perintah-Nya diberi tugas untuk membimbing dan memberi petunjuk kepada umatnya untuk beribadah dan mengenal Allah, Al Khaaliq.

Karena ada ayat yang berbunyi "Sesungguhnya, Kami telah menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk." (At-Tiin 95:4) >>> maka anda berlogika bahwa ayat ini adalah bukti bahwa manusia modern adalah keturunan manusia purba ... gitu ??

@Kedunghalang wrote:Surah apa dan ayat mana yang menyatakan bahwa semua manusia adalah keturunan Adam as?

Bani Adam di sebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 9 kali ... memang menurut anda ayat2 itu bukan untuk seluruh umat manusia (setelah Adam) ??
kenapa manusia disebut Bani Adam ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8627
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: APAKAH ADAM AS ITU MANUSIA PERTAMA ATAU NABI/KHALIFAH PERTAMA?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik