FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Wed Jan 21, 2015 12:02 am

ISA-ALMASIH SUDAH MENINGGAL ATAU BELUM

Dalam QS 19 : 33 dikatakan ISA berkata
“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari AKU DILAHIRKAN, PADA HARI AKU MENINGGAL DAN PADA HARI AKU DIBANGKITKAN hidup kembali".

Penafsiran muslim yang dipaksakan adalah bahwa kematian dan kebangkitan ISA mengacu pada kedatangan keduanya dimana beliau akan hidup 40 tahun, meninggal dan dibangkitkan. Menurut muslim, ISA tidak disalibkan melainkan menurut QS 4 : 157 – 159 diangkat hidup-hidup ke surga.
Namun TAFSIR MUSLIM BERUBAH 180 DERAJAT pada saat menafsirkan KALIMAT YANG SAMA TENTANG NABI YAHYA dalam QS 19 : 15 : “Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.”
Dipercaya bahwa nabi Yahya telah meninggal dan akan dibangkitkan kemudian.

Selain itu dalam QS 19 : 31 dikatakan : "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) ZAKAT SELAMA AKU HIDUP

Jika ISA belum meninggal, berarti beliau masih harus terus membayar zakat. DAN KEPADA SIAPA ZAKAT ITU DIBAYARKAN ISA DI SURGA SELAMA SEKITAR 2000 TAHUN INI ??

Itulah sebabnya Yusuf Alipun kebingungan saat menafsirkan ayat QS 19 : 33, dan memberikan catatan :
(Ali, The Holy Quran, hal.774, f. 2485)
Christ was not crucified (iv 157). But those who believe that he never died should ponder over this verse.

Kristus tidaklah disalibkan (iv 157). NAMUN MEREKA YANG PERCAYA BAHWA BELIAU TIDAK PERNAH MENIGGAL HARUS MEMPERTIMBANGKAN AYAT INI.

Lebih menarik lagi ketika membaca ayat berikut :
QS. 3 : 144 :
Terjemahan Muhammad Asad
"And Muhammad is only an Apostle; ALL THE [OTHER] APOSTLES HAVE passed away before him..."
Terjemahan Maulvi Sher Ali
"verily ALL MESSENGERS HAVE PASSED AWAY before him."
Terjemahan Maulani Muhammad Ali
"messengers have already passed away before him."

Sementara terjemahan Indonesia agak diselewengkan dengan menyatakan :
Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang rasul, sungguh TELAH BERLALU SEBELUMNYA BEBERAPA ORANG RASUL [234]

Kata Arabnya adalah al-russul, yang terjemahannya adalah the messengers, yang berarti tertentu dan jamak, mengindikasikan semua rasul sesuai terjemahan Muhammad Asad dan Maulvi Sher Ali.

Maulani Muhammad Ali (seorang Ahmadiyah) menuliskan :
Ali, Holy Quran [Ahmadiyya Anjuman Isha'at Islam Lahore, inc. U.S.A., 1995], hal 168-169, f. 496)
"... This verse affords a conclusive proof that Jesus Christ was also dead..."
“… AYAT INI MEMBERIKAN BUKTI KONKLUSIF BAHWA ISA JUGA MENINGGAL …”




Terakhir diubah oleh Paradise OK tanggal Wed Jan 21, 2015 8:34 am, total 1 kali diubah

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 21, 2015 6:07 am


lagian..
bener gak sih isa pernah berkata seperti ini?
QS 19 : 33 ISA berkata:
“Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari AKU DILAHIRKAN, PADA HARI AKU MENINGGAL DAN PADA HARI AKU DIBANGKITKAN hidup kembali".


kalau ada pasti tercatat di Injil..
ada/tidak di Injilnya Isa??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Wed Jan 21, 2015 2:00 pm

1) zakat itu kewajiban bagi yang mampu :

QS. 2:286. tidaklah membebani Allah kepada jiwa melainkan sesuai kemampuannya, ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

2) berlalu itu tidak harus dalam artian secara permanen!

piss
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by SEGOROWEDI on Wed Jan 21, 2015 5:15 pm

@frontline defender wrote:1) zakat itu kewajiban bagi yang mampu :

QS. 2:286. tidaklah membebani Allah kepada jiwa melainkan sesuai kemampuannya, ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

2) berlalu itu tidak harus dalam artian secara permanen!

piss

yang peilakunya menakutkan kan justeru muslim..
muhammad, isis, bokong haram, dll.

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Wed Jan 21, 2015 10:11 pm

bukannya mbantuin nunjukin kontradiksi, malah ngalor ngidul ra karu2an! ehmm
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 22, 2015 6:23 am


itu juga termasuk kontradisksi..
wong dirinya sosok yang menakutkan kok seolah-oleh yang dizolimi kafir
lalu minta tolong alloh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Thu Jan 22, 2015 10:59 am

@frontline defender wrote:1) zakat itu kewajiban bagi yang mampu :

QS. 2:286. tidaklah membebani Allah kepada jiwa melainkan sesuai kemampuannya, ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".

2) berlalu itu tidak harus dalam artian secara permanen!

piss
soalannya ISA mampu bayar zakat menurut Allah swt
dan
Jika ISA belum meninggal, berarti beliau masih harus terus membayar zakat. DAN KEPADA SIAPA ZAKAT ITU DIBAYARKAN ISA DI SURGA SELAMA SEKITAR 2000 TAHUN INI ??

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Thu Jan 22, 2015 5:53 pm

perintah bayar zakat itu hanya berlaku kalau ada yang bisa dizakati, jadi perintah berzakat selama beliau hidup nya itu adalah dalam artian/konteks demikian!

bobo
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Thu Jan 22, 2015 10:02 pm

@frontline defender wrote:perintah bayar zakat itu hanya berlaku kalau ada yang bisa dizakati, jadi perintah berzakat selama beliau hidup nya itu adalah dalam artian/konteks demikian!

bobo
maka gunakan akal sehatmu, pertanyakan ayat alquranmu itu (QS 19 : 31)
itupun kalau masih bisa menggunakan akal sehat

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by wahyu_zein_alkaf on Thu Jan 22, 2015 11:54 pm

Zakat dibebankan kepada yang mampu. Sejak awal Isa diangkat, beliau tidak membawa apapun kecuali pakaian. Logika aja, pantas gak situ bayar pajak motor padahal anda tidak punya motor?
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by aliumar on Fri Jan 23, 2015 12:02 am

Sejak awal Isa diangkat, beliau tidak membawa apapun kecuali pakaian. Logika aja, pantas gak situ bayar pajak motor padahal anda tidak punya motor?
Lalu Kenapa di QS 19:31, Allah masih memerintahkan Isa bayar zakat, jika sudah tau Isa tidak mampu untuk ber-zakat?

QS 19:31 "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) ZAKAT SELAMA AKU HIDUP.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by aliumar on Fri Jan 23, 2015 12:09 am

perintah bayar zakat itu hanya berlaku kalau ada yang bisa dizakati, jadi perintah berzakat selama beliau hidup nya itu adalah dalam artian/konteks demikian!

bunyi aturan/perintah Allah kpd Isa, "berzakat selama aku hidup", BUKAN: "berzakat selama aku mampu" !!!

Jangan di-plintir !!!

QS 19:31 "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) ZAKAT SELAMA AKU MAMPU HIDUP.


Terakhir diubah oleh aliumar tanggal Fri Jan 23, 2015 2:25 am, total 1 kali diubah

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 12:42 am

yang punya mereka sendiri saja diplintir dgn rumus bongkar pasang
anehnya lagi diperintahkan berzakat "tidak ada" orang yg disodekahkan

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 23, 2015 6:12 am


QS 19:31 "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.

ceritain bagaimana isa solat!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Fri Jan 23, 2015 10:35 am

nafsir sesuai konteks kok dibilang mlintir? justru yang mlintir itu ya yang menafsirkan dengan mengabaikan konteks!

basi
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 11:20 am

justeru dari konteksnya itu disuruh berzodekah btw tidak ada yg dizodekahi
dlm konteks kisah ISA, ilah-mu mikir/tdak dgn printah itu ?

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Fri Jan 23, 2015 11:40 am

yang namanya bersedekah itu kalau ada yang bisa disedekahi! jadi disuruh bersedekah nya itu tentu saja dalam artian seperti itu! kamulah yang perlu mikir perintah sedekah itu maksudnya gimana!

avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 11:44 am

sama saja, disuruh berzakat tapi tdk ada yg dizakati

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by wahyu_zein_alkaf on Fri Jan 23, 2015 2:05 pm

@aliumar wrote:
Sejak awal Isa diangkat, beliau tidak membawa apapun kecuali pakaian. Logika aja, pantas gak situ bayar pajak motor padahal anda tidak punya motor?
Lalu Kenapa di QS 19:31, Allah masih memerintahkan Isa bayar zakat, jika sudah tau Isa tidak mampu untuk ber-zakat?

QS 19:31  "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) ZAKAT SELAMA AKU HIDUP.

Syarat wajib jakat musti ada uang banyak. Karena Isa gak bawa uang pas ke surga, jadi gak masuk wajib jakat.
avatar
wahyu_zein_alkaf
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 362
Kepercayaan : Islam
Location : Kalimantan Tengah
Join date : 09.08.13
Reputation : 12

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Fri Jan 23, 2015 7:10 pm

emang ilah-mu yg TIDAK maha tahu ngeluarin perintah
atau tafsirmu yg nyeleneh

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Sat Jan 24, 2015 5:34 am

@Paradise OK wrote:sama saja, disuruh berzakat tapi tdk ada yg dizakati
sebelum diangkat sama pas nanti turun kan ada! bobo
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by SEGOROWEDI on Sat Jan 24, 2015 6:47 am


woii..
solatnya isa mana/gimana sim??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Sat Jan 24, 2015 9:24 am

@frontline defender wrote:
@Paradise OK wrote:sama saja, disuruh berzakat tapi tdk ada yg dizakati
sebelum diangkat sama pas nanti turun kan ada! bobo
emang ayatnya ngomong kek bongkar pasang-mu ?
kapan diangkatnya ?
sebelum diangkat, siapa yang dizakati ?
kapan turunnya ?
saat turun, siapa yg dizakati ?

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by frontline defender on Sat Jan 24, 2015 1:39 pm

yang ngomong gitu kan tafsir yang kamu bawa di TS! kok bisa lupa sama tulisan sendiri? tidur
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Paradise OK on Sat Jan 24, 2015 5:28 pm

BUNTU toch ?

QS 19 : 31 dikatakan : "dan Dia menjadikan aku seorang yang diberkati di mana saja aku berada, dan Dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) shalat dan (menunaikan) ZAKAT SELAMA AKU HIDUP

di mana saja aku berada, KAPAN sajakah itu :

1. di bumi sebelum di angkat, (menunaikan) ZAKAT SELAMA ISA HIDUP

2. di sorga setelah diangkat, (menunaikan) ZAKAT SELAMA ISA HIDUP

3. kembali ke bumi (menunaikan) ZAKAT SELAMA ISA HIDUP

Jika ISA belum meninggal, berarti beliau masih harus terus membayar zakat. DAN KEPADA SIAPA ZAKAT ITU DIBAYARKAN ISA DI SURGA SELAMA SEKITAR 2000 TAHUN INI ??

dan kucoba ikut  tafsirmu
kapan diangkatnya ?
sebelum diangkat, siapa yang dizakati ?
kapan turunnya ?
saat turun, siapa yg dizakati ?

BUNTU

Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: ALQURAN KONTRADIKTIF SENDIRI DAN MEMBINGUNGKAN TENTANG KISAH ISA-ALMASIH ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 3 1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik