FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Halaman 18 dari 19 Previous  1 ... 10 ... 17, 18, 19  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Paradise OK on Mon Jan 26, 2015 10:51 pm

First topic message reminder :

QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?



Paradise OK
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2422
Kepercayaan : Protestan
Location : child thousand island
Join date : 26.02.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Syalom aleykhem on Thu Aug 13, 2015 11:40 am

@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
cocokmologymu sama persis dgn isi kepala muhammad saw ?
di kitab daniel tanduk itu kiasan, sedangkan menurut muhammad saw zulqarnain itu manusia bertanduk, benar/tidak ?
firman Allah swt kepada muhammad saw ? atau firman muhammad saw yg diambil dari kisah orang yahudi ?

ungu : Menurut saya tidak
walaupun ... Al Quran tidak bicara apakah tanduk disitu kiasan/harfiah ... tapi kalau baca ayat selanjutnya ... jelas tanduk disitu artinya kiasan
lagipula dari seluruh hadist (tentang kandidat Dzulqarnain) juga ga bicara tanduk secara harfiah

baca juga dong penjelasan yang saya bawa ...
Qaf-Ra-Nun = often used to symbolise strength/power/glory

merah : firman Allah SWT kepada Muhammad SAW untuk menjawab pertanyaan rabbi yahudi

-----------------------------
- dlm hal tanduk OK
- cocokmologymu sama persis dgn isi kepala muhammad saw ?
dalam hal ini sesama muslim beda pendapat/tafsir, contoh :

Menurut kisah dari Ubaid bin Umair (tokoh dari kalangan tabi'in) bahwa Dzul Qarnain adalah sepupu Khidr dari pihak ibu, bertepatan dengan masa Ibrahim dan Luth.[1] Dikatakan pula bahwa Khidr menjadi penasehat spiritualnya.

Sedangkan menurut sejarawan Muslim yang lain, Dzul Qarnain memiliki nama asli Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar bin Ifraiqisy dari daulah Al-Jumairiyah (115 SM – 552 M) dan kerajaannya disebut At-Tababi’ah.[3]

Dalam buku yang berjudul Jejak Yakjuj dan Makjuj karya Wisnu Sasongko di Books.google.com, Dzul Qarnain seorang raja Arab memiliki nama asli Abdullah bin adh Dhahhak, catatan lain mengisahkan namanya Mush'ab bin Abdullah keturunan Kahlal bin Saba'.[4]

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Dzul_Qarnain

- lalu apa maksudnya merah di bawah ini ?
@dee-nee wrote:orange : menurut saya ..... seperti halnya 7 Sleepers yang diambil dari KISAH YAHUDI ... maka logis kalau pertanyaan tentang Dhul-qarnain juga nyambung dengan kitab yahudi terkait haq·qə·rā·na·yim

gitu loh
emang Allah swt suka mengulang2 cerita yg sudah ada/diceritakan sebelumnya ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Thu Aug 13, 2015 3:16 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
cocokmologymu sama persis dgn isi kepala muhammad saw ?
di kitab daniel tanduk itu kiasan, sedangkan menurut muhammad saw zulqarnain itu manusia bertanduk, benar/tidak ?
firman Allah swt kepada muhammad saw ? atau firman muhammad saw yg diambil dari kisah orang yahudi ?

ungu : Menurut saya tidak
walaupun ... Al Quran tidak bicara apakah tanduk disitu kiasan/harfiah ... tapi kalau baca ayat selanjutnya ... jelas tanduk disitu artinya kiasan
lagipula dari seluruh hadist (tentang kandidat Dzulqarnain) juga ga bicara tanduk secara harfiah

baca juga dong penjelasan yang saya bawa ...
Qaf-Ra-Nun = often used to symbolise strength/power/glory

merah : firman Allah SWT kepada Muhammad SAW untuk menjawab pertanyaan rabbi yahudi

-----------------------------
- dlm hal tanduk OK
- cocokmologymu sama persis dgn isi kepala muhammad saw ?
dalam hal ini sesama muslim beda pendapat/tafsir, contoh :

Menurut kisah dari Ubaid bin Umair (tokoh dari kalangan tabi'in) bahwa Dzul Qarnain adalah sepupu Khidr dari pihak ibu, bertepatan dengan masa Ibrahim dan Luth.[1] Dikatakan pula bahwa Khidr menjadi penasehat spiritualnya.

Sedangkan menurut sejarawan Muslim yang lain, Dzul Qarnain memiliki nama asli Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar bin Ifraiqisy dari daulah Al-Jumairiyah (115 SM – 552 M) dan kerajaannya disebut At-Tababi’ah.[3]

Dalam buku yang berjudul Jejak Yakjuj dan Makjuj karya Wisnu Sasongko di Books.google.com, Dzul Qarnain seorang raja Arab memiliki nama asli Abdullah bin adh Dhahhak, catatan lain mengisahkan namanya Mush'ab bin Abdullah keturunan Kahlal bin Saba'.[4]

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Dzul_Qarnain

merah : ini anda tanya atau bikin statement ??

1. sudah dari halaman pertama muslim MENEGASKAN bahwa Al Quran TIDAK MENJELASKAN SIAPA NAMA Dzulqarnain >>> toh kalian malah meneruskan fitnah Alexander kalian ...

2. sudah berjuta2 kali saya jelaskan bahwa rabbi yahudi pun TIDAK MENANYAKAN SIAPA NAMA Dzulqarnain >>> toh kalian tetap INGKAR dan tetap meneruskan fitnah ala nabi ali sina kalian

terus saja kalian tanya siapa nama Dzulqarnain dan INGKAR pada 2 point diatas
jadi akhirnya saya jawab .... "Yo wes ... MENURUT SAYA .... si Dzul itu Koresh"

>>> trus mau apa lagi ?? >>> kenapa diteruskan lagi plintirannya dengan menanyakan isi kepala nabi Muhammad ??
kalau gitu balik saja lagi ke point 1 dan 2 pertanda kalian memang cuma bisa ngeyel dan muter2

underline : ya manusia bebas menafsirkan toh .... tapi point 1 dan 2 tetap fakta
>>> yang jadi masalah ... ANDA LEBIH SIBUK ngurusin tafsir saya (atau tafsir muslim lain) .... dan malah amnesia terkait point 1 dan 2

@Syalom aleykhem wrote:- lalu apa maksudnya merah di bawah ini ?
@dee-nee wrote:orange : menurut saya ..... seperti halnya 7 Sleepers yang diambil dari KISAH YAHUDI ... maka logis kalau pertanyaan tentang Dhul-qarnain juga nyambung dengan kitab yahudi terkait haq·qə·rā·na·yim

gitu loh
emang Allah swt suka mengulang2 cerita yg sudah ada/diceritakan sebelumnya ?

isi kepala anda itu sebetulnya sudah kebaca >>>> mau bagaimanapun saya jelaskan ... dengan nalar ga nyambung pun .... point anda akan balik lagi .... yaitu INGIN MENGATAKAN bahwa "Al Quran nyontek"

jadi ... apa gunanya saya jelaskan lagi ??
saya jelaskan 1000 definisi sayur bayam pun ... akan mentah di kepala anda yang sudah ingin cepat2 BIKIN FITNAH bahwa "sayur bayam rasanya sama dengan daging ayam"
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Syalom aleykhem on Wed Aug 19, 2015 8:03 pm

ooh, Salam

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by SEGOROWEDI on Fri Sep 11, 2015 4:17 pm


muhammad kan gak bilang itu kores?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by abu hanan on Mon Jan 18, 2016 2:29 pm

up


untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 219

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Tue Jan 19, 2016 7:58 am

@SEGOROWEDI wrote:
muhammad kan gak bilang itu kores?

Lah ya sudah ...

kalau faktanya Al Quran tidak menyebut siapapun tentang Zulqarnain
uraian TS pun batal toh ....

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 12:24 pm

@Paradise OK wrote:
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?


menurut slimah hasil gathukisme adalah si kores
menurut muhammad/Alquran, sosok misteri
tape deh ....

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Tue Jan 19, 2016 2:55 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@Paradise OK wrote:
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?


menurut slimah hasil gathukisme adalah si kores
menurut muhammad/Alquran, sosok misteri
tape deh ....

lah ... kan TS yang maksa ... harus disebut siapa tokoh Zul ... kalau muslim ga bisa jawab maka TS akan memfitnah bahwa Zul adalah Alexander
TS maksa ... kalau ga dijawab maka TS fitnah

jadi gimana dong ??

sisanya : ga misteri lah ... wong memang ga disebutkan kok dalam Al Quran
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 6:06 pm

@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@Paradise OK wrote:
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?


menurut slimah hasil gathukisme adalah si kores
menurut muhammad/Alquran, sosok misteri
tape deh ....

lah ... kan TS yang maksa ... harus disebut siapa tokoh Zul ... kalau muslim ga bisa jawab maka TS akan memfitnah bahwa Zul adalah Alexander
TS maksa ... kalau ga dijawab maka TS fitnah

jadi gimana dong ??  

sisanya : ga misteri lah ... wong memang ga disebutkan kok dalam Al Quran
kirain TS cuman "ngutip" pendapat tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari, bahwa sosok Zul-Qarnayn adalah Mr. A'A
yg menurut neng adalah koresh
gak disebutkan sosok dimaksud dalam alquran, berarti misteri donk neng

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Tue Jan 19, 2016 7:27 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@Paradise OK wrote:
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?


menurut slimah hasil gathukisme adalah si kores
menurut muhammad/Alquran, sosok misteri
tape deh ....

lah ... kan TS yang maksa ... harus disebut siapa tokoh Zul ... kalau muslim ga bisa jawab maka TS akan memfitnah bahwa Zul adalah Alexander
TS maksa ... kalau ga dijawab maka TS fitnah

jadi gimana dong ??  

sisanya : ga misteri lah ... wong memang ga disebutkan kok dalam Al Quran
kirain TS cuman "ngutip" pendapat tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari, bahwa sosok Zul-Qarnayn adalah Mr. A'A
yg menurut neng adalah koresh
gak disebutkan sosok dimaksud dalam alquran, berarti misteri donk neng

kan TS sudah dikasih tau bahwa pendapat Zul-Qarnayn adalah Mr. A'A itu salah (tidak tepat ... walaupun ada alasannya)
lalu TS maksa deh ... "trus siapa dong bang Zul" gitu katanya

juga udah dikasih tau bahwa memang tidak disebutkan siapa nama bang Zul dalam Al Quran
lalu TS maksa lagi deh .... "trus siapa dong nama bang Zul"

ya saya jawab ... koresh  

merah : ga juga ... buktinya buat saya koresh tuh
lagipula ... kalau Al Quran ga mau kasih tau ... masa cuma karena manusia-nya yang fudul (wal kepo) langsung disebut misteri
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 8:09 pm

@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@dee-nee wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@Paradise OK wrote:
QS 18 : 83 – 98 menyebutkan seorang tokoh Zul-Qarnayn yang adalah muslim. Menurut tokoh Islam Ibn Hisham dan Al-Tabari, Zul-Qarnayn adalah Aleksander Agung. Ironisnys, Aleksander Agung adalah seorang polytheis

BENARKAH ?


menurut slimah hasil gathukisme adalah si kores
menurut muhammad/Alquran, sosok misteri
tape deh ....

lah ... kan TS yang maksa ... harus disebut siapa tokoh Zul ... kalau muslim ga bisa jawab maka TS akan memfitnah bahwa Zul adalah Alexander
TS maksa ... kalau ga dijawab maka TS fitnah

jadi gimana dong ??  

sisanya : ga misteri lah ... wong memang ga disebutkan kok dalam Al Quran
kirain TS cuman "ngutip" pendapat tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari, bahwa sosok Zul-Qarnayn adalah Mr. A'A
yg menurut neng adalah koresh
gak disebutkan sosok dimaksud dalam alquran, berarti misteri donk neng

kan TS sudah dikasih tau bahwa pendapat Zul-Qarnayn adalah Mr. A'A itu salah (tidak tepat ... walaupun ada alasannya)
lalu TS maksa deh ... "trus siapa dong bang Zul" gitu katanya

juga udah dikasih tau bahwa memang tidak disebutkan siapa nama bang Zul dalam Al Quran
lalu TS maksa lagi deh .... "trus siapa dong nama bang Zul"

ya saya jawab ... koresh  

merah : ga juga ... buktinya buat saya koresh tuh
lagipula ... kalau Al Quran ga mau kasih tau ... masa cuma karena manusia-nya yang fudul (wal kepo) langsung disebut misteri
secara tuduhan & klaimu itu neng, tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari juga bisa berpendapat Zul-Qarnayn adalah Mr. Koresh itu salah (tidak tepat ... walaupun ada alasannya)
tidak ada pemaksaan koq, hanye ente2 saja berputar2 dgn gothak-gathuk, kecuali ente2 mau dgn jujur menerima 3 opsi pernyataan di bawah ini :
1. Muhammad hanya "mencatat/menerima wahyu" sosok misteri dalam Alquran
2. eneng berjumplaitan dgn koresh,
3. tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari berjumplaitan dgn Mr. A'A ( Aleksander Agung)
1,2,3 mana yg bener ?


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Tue Jan 19, 2016 8:28 pm

@Syalom aleykhem wrote:
secara tuduhan & klaimu itu neng, tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari juga bisa berpendapat Zul-Qarnayn adalah Mr. Koresh itu salah (tidak tepat ... walaupun ada alasannya)
tidak ada pemaksaan koq, hanye ente2 saja berputar2 dgn gothak-gathuk,  kecuali ente2 mau dgn jujur menerima 3 opsi pernyataan di bawah ini :
1. Muhammad hanya "mencatat/menerima wahyu" sosok misteri dalam Alquran
2. eneng berjumplaitan dgn koresh,
3. tokoh ulama Ibn Hisham dan Al-Tabari berjumplaitan dgn Mr. A'A ( Aleksander Agung)
1,2,3 mana yg bener ?

1. Dalam Quran disebutkan ada tokoh yang menyandang title "Dzulqarnain" tanpa menyebut nama asli tokoh tersebut >>> masa disebut misteri ??
2. Memang saya yakin bahwa Dzulqarnain itu Koresh kok
3. Gini .. mending anda bawa dulu link yang underline itu kemari (bahkan pandangan tokoh Islam lainnya pun ga masalah) ... nanti saya jelaskan (lihat yang merah)

gimana ?
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Tue Jan 19, 2016 9:05 pm

sekilas info, (biar lebih gamblang saya tampilin ayatnya)
83  Mereka akan bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Dzulkarnain. Katakanlah: "Aku akan bacakan kepadamu cerita tantangnya".
84  Sesungguhnya Kami telah memberi kekuasaan kepadanya di (muka) bumi, dan Kami telah memberikan kepadanya jalan (untuk mencapai) segala sesuatu,
85  maka diapun menempuh suatu jalan.
86  Hingga apabila dia telah sampai ketempat terbenam matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: "Hai Dzulkarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka.
87  Berkata Dzulkarnain: "Adapun orang yang aniaya, maka kami kelak akan mengazabnya, kemudian dia kembalikan kepada Tuhannya, lalu Tuhan mengazabnya dengan azab yang tidak ada taranya.
88  Adapun orang-orang yang beriman dan beramal saleh, maka baginya pahala yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami titahkan kepadanya (perintah) yang mudah dari perintah-perintah kami".
89  Kemudian dia menempuh jalan (yang lain).
90  Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbit matahari (sebelah Timur) dia mendapati matahari itu menyinari segolongan umat yang Kami tidak menjadikan bagi mereka sesuatu yang melindunginya dari (cahaya) matahari itu,
91  demikianlah. dan sesungguhnya ilmu Kami meliputi segala apa yang ada padanya.
92  Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain lagi).
93  Hingga apabila dia telah sampai di antara dua buah gunung, dia mendapati di hadapan kedua bukit itu suatu kaum yang hampir tidak mengerti pembicaraan.
94  Mereka berkata: "Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?"
95  Dzulkarnain berkata: "Apa yang telah dikuasakan oleh Tuhanku kepadaku terhadapnya adalah lebih baik, maka tolonglah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku membuatkan dinding antara kamu dan mereka,
96  berilah aku potongan-potongan besi". Hingga apabila besi itu telah sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, berkatalah Dzulkarnain: "Tiuplah (api itu)". Hingga apabila besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, diapun berkata: "Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar aku kutuangkan ke atas besi panas itu".
97  Maka mereka tidak bisa mendakinya dan mereka tidak bisa (pula) melobanginya.
98  Dzulkarnain berkata: "Ini (dinding) adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila sudah datang janji Tuhanku, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Tuhanku itu adalah benar".
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Wed Jan 20, 2016 5:27 pm

Tentang penyebutan Alexander ... saya fokus di ayat ini saja

94  Mereka berkata: "Hai Dzulkarnain, sesungguhnya Ya’juj dan Ma’juj itu orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi, maka dapatkah kami memberikan sesuatu pembayaran kepadamu, supaya kamu membuat dinding antara kami dan mereka?"

- Ya’juj dan Ma’juj itu kan sama dengan Gog dan Magog
- dan ada kalimat tentang bang Dzul membuat dinding untuk menghadang serangan si Yajuj Majuj ini

Ulama muslim yang menyatakan bang Dzul adalah Alexander fokus ke sebuah dinding bernama "Gates of Alexander"

https://en.wikipedia.org/wiki/Gates_of_Alexander

The Gates of Alexander was a legendary barrier supposedly built by Alexander the Great in the Caucasus to keep the uncivilized barbarians of the north (typically associated with Gog and Magog) from invading the land to the south. The gates were a popular subject in medieval travel literature, starting with the Alexander Romance in a version from perhaps the 6th century. The wall has been frequently identified with the Caspian Gates of Derbent, Russia (see below) and with the Pass of Dariel or Darial.

Gerbang Alexander adalah (tembok) penghalang legendaris yang konon dibangun oleh Alexander Agung di Kaukasus untuk menghadang (serangan) bangsa barbar dari utara (biasanya terkait dengan Gog dan Magog) ke wilayah selatan. Gerbang ini adalah subjek populer dalam perjalanan literatur abad pertengahan, dimulai dengan Alexander Romance dalam versi yang mungkin dimulai abad ke-6. Dinding ini sering diidentifikasi dengan Caspian Gates dari Derbent, Rusia (lihat di bawah) dan dengan Pass of Dariel or Darial.

lihat size 18 >>> Jadi ... era abad pertengahan ... Gerbang ini memang populer disebut Gerbang (Tembok) Alexander yang memang menurut tradisi abad pertengahan tembok itu didirikan untuk menghadang serangan bangsa Gog Magog

pada waktu itu ... semua orang (dan mungkin termasuk ulama Islam yang disebutkan sebelumnya) percaya bahwa gerbang tersebut memang dibangun oleh Alexander Agung ... dan sesuai tradisi itu sendiri tentang Gog Magog maka disambung dengan ayat diatas tentang Yajuj Majuj

Padahal .... ada alternative nama lain untuk tembok ini ... disebut "Great Wall of Gorgan" atau "The Red Snake"

lanjut di link yang sama

An alternative theory links it to the so-called "Alexander's Wall" (the Great Wall of Gorgan) on the south-eastern shore of the Caspian Sea, 180 km of which is still preserved today, albeit in a very poor state of repair.[1]

Alternatif teori lain berkaitan dengan apa yang disebut "Alexander Wall" (Tembok Besar Gorgan) di pantai selatan-timur Laut Kaspia, (sepanjang) 180 km dan masih dipertahankan sampai saat ini, meskipun dalam keadaan sangat miskin perbaikan.

In reality, both structures were built by Persian monarchs. Derbent (in Persian دربند Darband, meaning "closed gates"), was established in the end of the 5th or the beginning of the 6th century, when the city was refounded by Kavadh I of the Sassanid dynasty of Persia. The Great Wall of Gorgan was built during the Parthian dynasty simultaneously with the construction of the Great Wall of China and it was restored during the Sassanid era (3-7th century)

Pada kenyataannya, kedua tembok tersebut dibangun oleh raja Persia. Derbent (dalam bahasa Persia دربند Darband, yang berarti "gerbang tertutup"), ditetapkan pada akhir abad ke-5 atau awal abad ke-6, ketika kota ini didirikan oleh Kavadh I Sassanid dinasti Persia. Tembok Besar Gorgan dibangun selama dinasti Parthia bersamaan dengan pembangunan Tembok Besar China dan direstorasi selama era Sassanid (abad 3-7th)

jadi clear ya .... sebetulnya di wilayah itu ada dua alternative tentang tembok ini ... apakah ada satu tembok yang disebut "Gates of Alexander" atau "Great Wall of Gorgan" ... atau ada dua tembok dengan nama-nya masing2

kalau baca wiki tentang "Alexander's Wall" ... seolah2 ada dua tembok dengan dua nama ....

kalau baca wiki tentang "Great Wall of Gorgan" itu sendiri (https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Wall_of_Gorgan) >>> bahkan tidak dijelaskan tentang "Alexander's Wall"

tapi kalau baca semua refrensi .. pada dasarnya dua nama itu merujuk pada tembok yang sama

misalnya kalau baca website tentang  Zoroastrian Heritage ... dijelaskan bahwa yang benar namanya adalah "Great Wall of Gorgan" dan bukan "Gates of Alexander"

http://www.heritageinstitute.com/zoroastrianism/varkana/wall.htm

Sometimes called the Great Wall of Gorgan or the Sassanian Wall (and incorrectly, the Wall of Alexander), the Wall of Gorgan is also known locally as Sadd-e Anushirvan and Sadd-e Piruz (meaning the Anooshirvan or Firooz Barrier). To the local Turkoman population it is known as Qizil Yilan.

diluar dari eyel2an apakah ada dua tembok atau satu tembok .... point utamanya adalah BAIK KEDUANYA TIDAK DIDIRIKAN OLEH ALEXANDER

tembok yang dalam tradisi abad pertengahan tercatat didirikan untuk menahan bangsa dari utara .... yang kemudian disebut sebagai Gog dan Magog >>> pendiri-nya adalah RAJA PERSIA ... bukan Alexander Agung

namanya saja yang disebut Tembok Alexander ... tapi pendirinya Raja Persia

gitu tentang asal mula kenapa bang dzul disamakan dengan bang alexander

----------------------------------------------

Kalau bang Dzul ternyata BUKAN Koresh ... ya ga papa juga toh ... wong saya ga maksa ....
wong Al Quran juga ga bilang apa2 tentang nama tokoh Dzulkarnain

tapi penjelasan saya diatas kan sudah cukup untuk membuktikan bahwa Dzulkarnain JELAS BUKAN Alexander
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Wed Jan 20, 2016 5:59 pm

@Mbak Dee-Nee...
say...
mungkin yang dimaksud Zulkarnain adalah Abu Karb Al-Himyari
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Wed Jan 20, 2016 6:19 pm

@njlajahweb wrote:@Mbak Dee-Nee...
say...
mungkin yang dimaksud Zulkarnain adalah Abu Karb Al-Himyari

yang jadi masalah ... saya ga nemu info lain tentang Abu Karb Al-Himyari itu sendiri ... selain dari uraian ulama muslim tentang Dzulqarnain

kalau tentang Alexander atau Koresh ... at least masih ada rujukan lain untuk saya bandingkan

tapi entar deh saya baca2 lagi
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Wed Jan 20, 2016 11:06 pm

Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar bin Ifraiqisy

ini menurut sejarawan Muslim, say...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Thu Jan 21, 2016 10:23 am

@njlajahweb wrote:Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar bin Ifraiqisy

ini menurut sejarawan Muslim, say...

lah itu dia .... saya ga nemu refrensi lain tentang Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar selain dari uraian tentang Dzulqarnain

gimana cross check-nya ??

anda punya ga uraian tentang siapa Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar ini selain dari menurut sejarawan Muslim ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Thu Jan 21, 2016 10:28 am

waduh...
kayaknya nggak ada... maaf ya say...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Thu Jan 21, 2016 11:37 am

@njlajahweb wrote:waduh...
kayaknya nggak ada... maaf ya say...

hehehehehe .... iya sama ... makanya saya mau baca2 lagi

sebetulnya kalau dilihat dari runutan thread ...

- TS mengatakan bahwa menurut beberapa ulama Islam ... Dzulqarnain is Alexander
- muslim menjawab bahwa Dzulqarnain BUKAN Alexander .... dan Al Quran memang tidak menyebut siapa nama si tokoh
- TS tanya lagi ... lalu siapa nama-nya ?? >>> muslim ga menjawab karena sekali lagi Al Quran memang tidak menyebut siapa nama si tokoh

terus terang saya penasaran .... dan pendapat saya Dzulqarnain is Koresh
tapi memang ada data (info) yang akhirnya berhenti juga untuk membuktikan Dzulqarnain is Koresh

berhenti disini karena tidak ada refrensi sejarah atau sience lebih lanjut ... khususnya berkaitan dengan "tembok yajuj majuj" .... atau tentang pendapat ulama Islam yang bilang Dzulqarnain kenal dengan Nabi Ibrahim (Abraham) >>> yang kalau dilihat dari tahun-nya (era Ibrahim) ga nyambung dengan jaman Koresh

sementara disatu pihak ... pendapat saya ... ayat itu turun berdasarkan riwayat tentang rabbi yahudi yang mengajukan 3 pertanyaan pada Muhammad SAW ... untuk membuktikan ke-nabi-an Muhammad >>> dan akhir riwayat itu menjelaskan bahwa Muhammad bisa menjawab 3 pertanyaan itu dengan benar

bicara tentang ke-nabi-an ... karena bangsa Quarisy minta tolong pada rabbi yahudi untuk membuktikan apakah Muhammad benar seorang nabi atau bukan ... maka menurut logika saya ... pertanyaan para rabbi itu ga akan jauh2 dari iman mereka terkait Taurat atau terkait sejarah, literature dalam ajaran yahudi itu sendiri

maksudnya : tokoh Dzulqarnain itu harusnya juga sangat dikenal oleh para rabbi itu sendiri ... bahkan 3 pertanyaan itu harusnya sangat dekat dengan iman para rabbi .... para rabbi itu pasti sangat punya pengetahuan tentang 3 pertanyaan itu

tentang pandangan ulama Islam terkait Abu Karb Al-Himyari atau Abu Bakar bin Ifraiqisy >>> padangan ini belum tentu salah karena mungkin saja semua ini cuma masalah nama (penyebutan nama seseorang) ... atau memang salah

gitu2 lah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Thu Jan 21, 2016 12:02 pm

gitu2 lah juga deh
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Thu Jan 21, 2016 1:22 pm

@njlajahweb wrote:gitu2 lah juga deh

Ya ... jadi baiknya TS kasih tau apa fokus dia di thread ini ....
kalau perlu kasih uraian lengkap tentang pendapat2 ulama Islam tersebut

2 good 2 good
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by njlajahweb on Thu Jan 21, 2016 1:33 pm

betul say...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 6099
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by SEGOROWEDI on Thu Jan 21, 2016 1:33 pm


jadi gimana ini..
siapa si zul tergantung tafsir masing-masing?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by dee-nee on Thu Jan 21, 2016 1:46 pm

@SEGOROWEDI wrote:
jadi gimana ini..
siapa si zul tergantung tafsir masing-masing?

ga ada yang nyuruh bikin tafsir juga sebetulnya ...
Quran toh ga bilang siapa nama-nya ... so ngapain bikin tafsir
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: SIAPAKAH SOSOK ZUL-QARNAYN DIMAKSUD DALAM ALQURAN (QS 18 : 83 – 98) ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 18 dari 19 Previous  1 ... 10 ... 17, 18, 19  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik