FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

tentang ibnu roesd

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

tentang ibnu roesd

Post by paman tat on Sun Feb 15, 2015 7:59 pm

--- Di Cordoba terdapat tiga orang terkenal bernama Ibnu Rusyd, ketiganya berasal dari satu keluarga. ketiganya adalah ulama, cendikiawan dan hakim. Mereka adalah kakek, ayah dan cucu. Mereka adalah Muhammad ibn Rusyd (kakek/Ibnu Rusyd al-Jadd), penulis Al-Bayan wa al-Tahshil, sebuah kitab besar yang menjadi rujukan mazhab Maliki, ia pernah menjabat sebagai Qadhi al-Qudhah (Ketua Mahkamah Agung) di Andalusia (Spanyol saat ini). Orang kedua bernama Ahmad ibn Muhammad ibn Rusyd (ayah/Ibnu Rusyd al-Ibn), ia juga pernah menjabat sebagai Qadhi (hakim) di Cordoba dan Qadhi al-Qudhah di Andalusia. Dan orang ketiga adalah Ibnu Rusyd (al-Hafid/cucu), tokoh yang akan dibahas.
Nama dan gelar lengkapnya adalah Al-Allamah al-Qadhi Abu al-Walid Muhammad ibn Abi al-Qasim Ahmad ibn Syaikh al-Malikiyyah Abi al-Walid Muhammad ibn Ahmad ibn Ahmad ibn Rusyd al-Qurthubi. Di Barat ia dikenal dengan nama Averroes. Lahir di Cordoba, Andalusia tahun 520 H/1126 M dan wafat di Marrakech, Maroko tahun 595 H/1198 M.
Ia lahir dalam lingkungan keluarga mapan yang terkenal alim dalam bidang ilmu agama, terutama fiqh, sehingga wajar jika sejak kecil ia telah mempelajari dan menguasai berbagai cabang ilmu pengetahuan agama. Di samping itu, Cordoba ketika itu tengah berada pada zaman keemasannya sebagai salah satu ibukota ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Kedua faktor inilah yang membuatnya mumpuni dalam berbagai cabang ilmu, agama dan umum.
Sejak kecil ia telah mempelajari al-Quran, tafsir, hadis, fiqih dan sastra Arab. Pendidikan pertamanya diterima dari ayahnya yang terkenal alim, darinya ia mempelajari fiqih, ushul fiqh, bahasa dan sastra arab serta ilmu kalam, bahkan dibawah bimbingan ayahnya ia mempelajari kitab Muwaththa', karya imam Malik, mengomentari dan menghafalnya dalam usia yang relatif muda. Hal inilah yang membuatnya memiliki basic kuat dalam ilmu-ilmu agama. Sejak kecil ia telah bersungguh-sungguh dalam mempelajari berbagai ilmu, bahkan semenjak dewasa ia tidak pernah meninggalkan berfikir dan membaca kecuali hanya dua malam saja, yaitu malam kematian ayahnya dan malam pengantinnya. Sehingga wajar jika berpuluh ribu halaman telah ditulisnya, baik berupa karangan sendiri, ringkasan ataupun komentar terhadap beberapa kitab.
Masa mudanya ia habiskan untuk mempelajari fiqh. Wajar saja jika ia benar-benar menguasai ilmu fiqh, terutama fiqh perbandingan, inilah yang membuat sebagian ulama mendudukannya pada tabaqah (peringkat) pertama di kalangan fuqaha Andalusia. Bahkan ia pernah menjabat sebagai qadhi (hakim) di Sevilla dan qadhi al-Qudhah (ketua mahkamah agung) di Cordoba. Ia juga mempelajari kedokteran dilengkapi dengan kemahiran berbahasa Arab serta ilmu-ilmu lainnya. Dalam kedokteran ia di anggap sebagai imam terkemuka.
Setelah mendalami ilmu-ilmu agama dan kedokteran, ia juga mendalami matematika, fisika, astronomi, logika dan filsafat, sehingga ia menjadi seorang ilmuwan ensiklopedis yang menguasai berbagai ilmu pengetahuan, naqli maupun aqli, ilmu agama maupun ilmu duniawi. Namun demikian, peguasaannya terhadap ilmu rasional lebih kentara dibandingkan ilmu riwayah. Bahkan dalam bidang filsafat, ia adalah pakarnya, banyak karya tulis yang dihasilkannya dalam bidang ini. Yang terkenal adalah ulasan-ulasannya yang terdiri dari Jami (ikhtiar), Talkhis (resume), dan Tafsir atau Syarah (ulasan) terhadap pemikiran filsafat Aristoteles. Ketiga karya ini berpengaruh besar pada kalangan ilmuwan Eropa, sehingga di sana muncul satu aliran yang dinisbahkan kepadanya, Rusydiyyah (Averroisme). Sayangnya, karya-karyanya dalam bidang filsafat inilah yang menjadi penyebab timbulnya fitnah terhadap dirinya menjelang kematiannya pada tahun 595 H/1198 M, ia dituduh zindik dan kemudian diasingkan ke Lucena, perkampungan Yahudi di tenggara kota Cordoba dan karya-karyanya dibakar pada masa pemerintahan Ya'kub al-Manshur.
Karya-karya Ibnu Rusyd cukup banyak dalam berbagai cabang ilmu. Di antara yang terkenal: kitab Bidayah al-Mujtahid, dalam bidang fiqh (perbandingan), kitab ini sangat terkenal di negara-negara Islam, termasuk di Indonesia, kitab ini begitu istimewa, karena di dalamnya memuat perbedaan pendapat di kalangan fuqaha dari para sahabat dan orang-orang setelah mereka berikut penyebab terjadinya dan dalil-dalinya, kitab ini membuat para pembacanya merasa berdialog dan terbimbing untuk memperoleh cara berijtihad, karena tujuan penulisan kitab ini adalah sebagai pembuka pintu gerbang ijtihad. Kitab Al-Kulliyyat, dalam bidang kedokteran, kitab ini telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin, Spanyol dan Ibrani. Pada abad pertengahan kitab ini menjadi rujukan di universitas-universitas Eropa di samping kitab Al-Qanunnya Ibnu Sina. Kitab Fashl al-Maqal fi Ma baina al-Syari'ah wa al-Hikmah min al-Ittishal dalam bidang filsafat yang menguraikan adanya keselarasan antara agama dan akal karena keduanya adalah pemberian Tuhan dan Tahafut al-Tahafut, juga dalam bidang filsafat yang membuatnya terkenal dalam bidang ini, karena di dalamnya ia menyanggah pendapatnya al-Ghazali yang mengkritik dan mengkafirkan para filosof dalam kitabnya, Tahafut al-Falasifah. Al-Kasyf 'an Manahij al-Adillah fi 'Aqaid al-Millah dalam bidang ilmu kalam dengan menerapkan metode filsafat.
Dan masih banyak lagi kitab lainnya dalam berbagai cabang ilmu. Yang menarik dari karya-karyanya ini ia selalu membagi pembahasannya ke dalam tiga bentuk, yaitu komentar, kritik dan pendapat. Ia adalah seorang komentator sekaligus kritikus ulung yang merupakan ciri kebesaran dan kejeniusannya.
Sumber: Ensiklopedi Islam, Muaqaddimah Bidayah al-Mujtahid, Siyar A'lam al-Nubala', Refleksi atas Persoalan Keislaman.
________________________________________
avatar
paman tat
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 369
Kepercayaan : Islam
Location : hongkong
Join date : 05.07.13
Reputation : 15

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik