FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by Rindu on Fri Feb 20, 2015 9:24 am

First topic message reminder :

Atas dasar:

1. Ungkapan "Kristen Agama Penjajah" telah membuat kebencian terhadap orang Kristen di Indonesia

2. Ungkapan "Kristen Agama Penjajah" tekah membuat tidak dihiraukannya jasa pahlawan Kristen di Indonesia.

3. Ungkapan "Kristen Agama Penjajah" telah menjadi sebuah ejekan/ledekan buruk bagi orang Kristen di Indonesia.

4. Ungkapan "Kristen Agama Penjajah" telah digunakan sebagai sentimen terhadap orang Kristen di Indonesia

5. Ungkapan "Kristen Agama Penjajah" telah digunakan sebagai bahan kebencian terhadap orang Kristen di Indonesia.

Rindu
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 333
Kepercayaan : Lain-lain
Location : bumi
Join date : 09.05.14
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Wed Aug 12, 2015 5:37 pm

Rindu wrote:nih si maldeenee bener2 gokil ye

serbuk kayu di mata org lain terlihat, tp balok kayu di mata sendiri kagak terlihat

munafik teriak munafik, munafik demi ngebantah pernyataan gue:
1. Muslim lain ngatain Rohingya=Palestina, si maldeenee gak ngakuin
2. Muslim lain ngatain OPM dilumpuhin ama tsunami, si maldeenee gak ngakuin
3. Muslim lain nyalahin Kristen "provokasi duluan" dlm penyerangan gereja, si maldeenee gak ngakuin
4. Muslim lain ngebanggain tokoh2 ekspansioner Muslim, si maldeenee gak ngakuin
5. Muslim lain ngatain Kristen bikin piagam Jakarta direvisi, si maldeenee gak ngakuin
6. Pahlawan Kristen di negeri sendiri gak diakuin, tp Kristen di Palestina diakuin (ini maksudnya biar Kristen lebih ngebanggain Palestina ketimbang Indonesia gitu ?)

ibarat Petrus yg menyangkal dirinya murid Yesus sebanyak 3X

secara gak langsung & berkat diskusi ini, si maldeenee udah memurtadkan diri dr Muslim lainnya 2 good

Gini loh .... anda datang ke forum ini atas nama siapa ?? atas nama SELURUH UMAT KRISTEN ... atau atas nama anda sendiri ??

lihat kalimat saya

dalam hal ini ANDA HARUS BELAJAR untuk menguatkan argumentasi anda sendiri

Kalau TIDAK MAU DISEBUT Kristen agama penjajah >>> ya bela kristen-nya .... BUKAN PENJAJAH-nya

selamanya kalian akan selalu dianggap munafik kalau anda MASIH ngeles bahwa apa yang dilakukan Eropa pada masa kolonialisasi dan penjajahan dapat dibenarkan

sejarah membuktikan bahwa PENJAJAHAN ITU JAHAT ... Indonesia baru merdeka 70 thn ... sementara pengalaman berada di bawah kolonialisme sudah terhitung dari abad ke 15 hingga 1945 (teorinya) - hampir 600 thn

artinya anda ga bisa merubah FAKTA KEJAHATAN KOLONIALISME selama 600 thn ini dengan cara membela2 perilaku mereka

Jadi ... kalau TIDAK MAU DISEBUT MUNAFIK .... katakan benar pada yang benar ... katakan salah pada yang salah

apa susahnya sih bilang "Kristen bukan agama penjajah ..... karena apa yang dilakukan penjajah2 Eropa itu tidak sesuai dengan ajaran kristen"

>>> kalimat ini jauh lebih bermatabat daripada anda sibuk bela2 penjajah yang otomatis andapun mengakui bahwa penjajahan Eropa adalah ajaran kristen

bold : saya bicara dengan ANDA >>> artinya saya juga ga ngurusin umat kristen yang lain

so ... jawab yang biru

makanya : mind-set diskriminatif yang SELALU MENYAMAKAN SEMUA ORANG terkait SARA ... baiknya dibuang jauh2 >>> manusia itu beda2 say >>> jangan mau berguru dengan segorowedi >>> dia mah ketauan rasis dan primitif

ketiwi

dan saya .... ada di forum ini atas nama diri saya sendiri ... bukan atas nama orang lain

ungu (point 1 sampai 5) >> muslim lain ... muslim lain ... muslim lain >>> apa urusannya kalimat saya dengan kalimat muslim lain ??

ngomongin konflik Rohingya, Palestina, OPM, penyerangan gereja, ekspedisi muslim, piagam jakarta kok langsung bikin fitnah saya "memurtadkan diri" dr muslim lain >>> lagipula antara point 1 dan 5 itu pun harus dilihat dari sudut pandang apa pendapat saya beda dengan muslim lain

point 6 (underline) : ga usah fitnah terus dong ah ... bawa sini saya ngomong yang bold

Rindu wrote:
NB: kl emang suara non-Muslim gak pengaruh, wilayah Indonesia gak mungkin bisa sampe meliputi wilayah Batak, Dayak, Toraja, Bali, NTT, Papua, dlsb dgn mendasarkan wilayahnya pd wilayah kekuasaan Belanda. padahal negara laen aja pd akhirnya gak mendasarkan wilayahnya dgn wilayah bekas jajahannya. Malaysia jg pd akhirnya misah ama Singapura & Brunei, India jg pd akhirnya misah ama Bangladesh & Pakistan krn perbedaan agama, Indochina jg pd akhirnya pecah jd Kamboja, Laos, Vietnam

underline : FAKTANYA ... ditolaknya penambahan 7 kata dalam sila 1 ... BUKAN serta merta KARENA SUARA non-muslim .... tapi karena banyak juga MUSLIM di Indonesia yang tidak setuju dengan 7 kata tersebut ....
kenapa tidak setuju ?? karena mereka SADAR bahwa Indonesia memang terdiri dari banyak agama

ngerti ora ??

ilustrasinya : ada 1 juta orang penduduk muslim ... dan 50 orang penduduk non muslim (misalnya) >>>> ditolaknya penambahan 7 kata dalam sila 1 BUKAN karena yang 50 orang ini teriak2 n ngancem2 ... tapi karena yang 1 juta orang ini SADAR bahwa yang 50 orang ini juga punya hak yang sama

kenapa mereka sadar ?? >>> contohnya Sukarno pun ibu-nya orang bali .... jadi kalau Sukarno menolak 7 kata tambahan ... bukan karena diancem sama ibunya ... tapi karena dia peduli dengan si ibu

jiah ... baru denger cerita minoritas ngancem2 aja udah geer >>>> PKI aja dibantai sama Suharto ..... apalagi sama yang ngancem2
pakai logika lah .... jumlah komunis di Indonesia itu jauh lebih banyak dari non-muslim >>> mereka pun muslim (bagian dari mayoritas)
yang mayoritas aja bisa dibantai .... apalagi minoritas yang ngancem2

>>> liat dong kasus GAM, OPM, atau Fretilin >>> ngancem2 akhirnya kena DOM

merah : dan anda menyamakan negara2 yang anda sebut itu dengan Indonesia ??

mau sampai kiamat anda ubek2 ... semua negara yang anda sebut diatas ga pernah nulis "bhinneka tunggal ika" >>> dari situ aja udah beda dengan Indonesia
>>> baca juga yang pink ... justru karena yang pink itulah maka terlalu tulalit kalau menyamakan negara2 itu dengan Indonesia
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Thu Aug 13, 2015 4:49 pm

tambahan :

saya klarifikasi yang NB anda

Rindu wrote:NB: kl emang suara non-Muslim gak pengaruh, wilayah Indonesia gak mungkin bisa sampe meliputi wilayah Batak, Dayak, Toraja, Bali, NTT, Papua, dlsb dgn mendasarkan wilayahnya pd wilayah kekuasaan Belanda. padahal negara laen aja pd akhirnya gak mendasarkan wilayahnya dgn wilayah bekas jajahannya. Malaysia jg pd akhirnya misah ama Singapura & Brunei, India jg pd akhirnya misah ama Bangladesh & Pakistan krn perbedaan agama, Indochina jg pd akhirnya pecah jd Kamboja, Laos, Vietnam

underline : pada jaman Orla atau Orba .... tidak hanya suara non-muslim yang tidak didengar ... suara muslim pun banyak yang tidak didengar .... karena kenyataan-nya memang pada kedua jaman itu ... suara penguasa (para tokoh utama) yang didengar

Artinya ... kalau anda kembali ke sejarah (misalnya Piagam Jakarta) .... saya pribadi tidak yakin bahwa pada masa itu Indonesia sudah begitu solid dalam hal pengelompokan agama

Agama baru dikelompokkan menjadi lima (Islam, Kristen, Katolik, Buddha, dan Hindu) setelah orba >>> artinya .... blum tentu pada masa sebelum Orba masyarakat Indonesia sudah punya pengelompokkan yang sama

misalnya ... di jawa barat ada Sunda wiwitan, di jawa ada agama kejawen, blum lagi kepercayaan2 lain di wilayah luar jawa

setelah orba ... karena masyarakat WAJIB memilih diantara 5 agama ini ... maka (misalnya) pengikut Kong Hu Chu pun harus milih >>> akhirnya mereka milih antara Buddha atau Katolik (karena mereka keturunan Tiong Hoa)

Syiah, Sunni, Bahai, Ahmadiyah, kejawen, dsb >>> dikelompokkan dengan identitas Islam di KTP
Kristen yang kejawen pun ada

artinya
yang KTP-nya tertulis Islam pun ... belum tentu sudah benar2 Islam (**)
yang KTP-nya tertulis Kristen pun begitu juga (**)
agama Hindu di Bali pun tidak sama dengan agama hindu di India (**)
begitu juga Buddha (**)

(**) banyak faktor kepercayaan lokal, budaya dan sosial yang mempengaruhi masing2 agama

apa bedanya sih antara yang di KTP tertulis Islam. Hindu, dan Kristen di jawa (misalnya) yang masih senang dengan ritual nyuci2 keris ??

jadi .... balik ke piagam Jakarta >>> kenapa saya bilang

FAKTANYA ... ditolaknya penambahan 7 kata dalam sila 1 ... BUKAN serta merta KARENA SUARA non-muslim .... tapi karena banyak juga MUSLIM di Indonesia yang tidak setuju dengan 7 kata tersebut ....
kenapa tidak setuju ?? karena mereka SADAR bahwa Indonesia memang terdiri dari banyak agama

karena tidak ada bukti bahwa semua yang KTP-nya tertulis Islam benar2 ingin syariat Islam itu dijalankan (mengingat (**) yang saya urai sebelumnya)

underline : lalu apakah yang KTP-nya Islam ini SADAR atau tidak tentang bhinneka tunggal ika >>> itu pendapat masing2

maksud saya : sebetulnya bisa saja mereka tidak mau ada 7 kata tambahan bukan karena SADAR tentang bhinneka atau mikirin minoritas ... tapi lebih karena mereka memikirkan kepentingan mereka sendiri juga

jangan lupa ... sebelum NKRI terbentuk ... ada 3 ideologi kuat dari kalangan mayoritas (yang sekarang KTP-nya tertulis Islam) >>> Komunis, Sekuler (nasionalis), Agamis

Komunis disini artinya negara menjadi sosialis (bukan anti-agama juga)
Sekuler disini artinya negara tidak berdasarkan satu agama (bukan anti-agama juga)
Agamis disini artinya negara berdasarkan pada hukum satu agama

dari tiga ideologi di kalangan mayoritas ini ... toh faktanya terjadi konflik ...
konflik 3 kelompok inipun harus dilihat lagi latar belakang-nya sesuai dengan faktor luar dan dalam ... di wilayah indonesia itu sendiri

misalnya ..... OOT sedikit :
Cokroaminoto pernah bilang : Tanah air adalah hak milik pribumi .... bukan milik pendatang (hubungan antara pribumi dan kolonialisasi)
Tan Malaka (sosialis) berargumen : Tidak ... tanah air itu adalah hak milik rakyat ... karena pribumi pun terdiri dari kelompok bangsawan, raja, dan ulama >>> ketiga yang merah ini pun harus menyerahkan tanah mereka pada rakyat

akhirnya .. argumen Tan Malaka ini pun ditolak oleh kelompok yang merah >>> lalu terjadi konflik  

padahal apa yang dikemukakan Tan Malaka juga tidak salah toh
>>> lihat saja bagaimana jaman Orba ... kekuasaan tidak berpihak pada rakyat
>>> lihat saja bagaimana jaman Orba .... ulama (tokoh agama) yang juga dekat dengan penguasa

dan kata siapa 3 ideologi ini tidak diisi oleh non-mayoritas ??

Kata siapa non-muslim sudah pasti tidak mau negara berdasarkan agama ??
Kata siapa non-muslim hanya masuk antara sekuler dan komunis ??

Kata siapa semua muslim setuju dengan NKRI dan Pancasila ... begitu juga sebaliknya
Kata siapa semua non-muslim setuju dengan NKRI dan Pancasila

Kata siapa Bali tidak ingin memisahkan diri sebagai negara Hindu ??
Kata siapa non-Islam tidak punya kepentingan bikin negara sendiri ??

yang namanya kepentingan mah selalu ada dimana2 (baik di kalangan mayoritas atau minoritas)
ini baru dari sudut pandang agama .... blum sudut pandang suku, ras, golongan, dan ideologi

-------------------------------------------------------------------------

point saya : pengelompokan 5 agama yang terjadi sekarang ini (plus kong hu chu setelah reformasi) .... memang BUKAN BERDASARKAN sejarah ... tapi berdasarkan kebijakan jaman orba >>> itulah kenapa saya bilang ... kondisi di Indonesia ga sama dengan negara2 lain

dalam masa orla dan orba >>> ada semacam "pemaksaan" yang terjadi agar semua rakyat setuju >>> setuju atas kesepakatan dalam BPUPKI yaitu Pancasila

netter aliumar pernah tanya : Mana bukti semua penduduk diwakili di BPUPKI ?? >>> saya jawab ... ya faktanya ga ada yang protes tuh dengan BPUPKI ... hehehehehehehe

sebetulnya .... walaupun ga ada yang protes ... bukan artinya semua setuju toh >>> tapi ya mau gimana lagi ... wong negara ini memang berdiri diatas perbedaan .... bukan diatas persamaan (yang pink)

persamaan-nya cuma sama2 dijajah Belanda >>> artinya merujuk pada wilayah jajahan Belanda
bukan persamaan atas dasar agama, suku, ras, golongan, dan ideologi

dan yang tidak suka dengan kenyataan ini pastinya ada di kalangan mayoritas atau minoritas

jadi ... terkait argumen bahwa "piagam jakarta ditolak karena ada ancaman non-muslim" >>> menurut saya terlalu "mencari gampang-nya" untuk menyimpulkan kondisi sejarah

maksud saya : katakanlah memang benar ada "ancaman" non-muslim terkait piagam jakarta >>> tapi ancaman itu jelas tidak signifikan dibanding perbedaan yang memang sudah terjadi dalam masyarakat Indonesia itu sendiri.

uraian saya ini hanya untuk menegaskan bahwa >>> semua bisa disebut minoritas BILA pada waktu itu pendapat-nya tidak sama dengan mayoritas di BPUPKI tentang Pancasila

apakah mereka islam, hindu, kristen, jawa, papua, aceh, padang, cina, india, dsb >>> tidak ada bedanya >>> semua yang tidak setuju dengan Pancasila artinya disebut minoritas


avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 18, 2015 3:06 pm

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
istilah 'agama penjajah'
adalah PEMBODOHAN yang nyata

istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

kalau itu logikamu
berarti islam juga agama penjajah..
kasus otoman dll

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Wed Aug 19, 2015 12:15 am

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
istilah 'agama penjajah'
adalah PEMBODOHAN yang nyata

istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

kalau itu logikamu
berarti islam juga agama penjajah..
kasus otoman dll

ga bisa memahami tulisan orang kok bawa2 logika
mana statement saya yang bawa2 agama ??

jawab dong yang merah ....
begitu susah-nya kah menyebut eropa bangsa penjajah ??

kalau memang susah .... artinya thread dan seluruh kristener yang masuk thread ini memang munafik
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Thu Aug 20, 2015 2:27 pm


makanya
kalau gak bawa agama, ya sebut aja eropa penjajah
maka saya bilang: istilah 'agama penjajah' adalah PEMBODOHAN yang nyata'

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Thu Aug 20, 2015 6:00 pm

SEGOROWEDI wrote:
makanya
kalau gak bawa agama, ya sebut aja eropa penjajah
maka saya bilang: istilah 'agama penjajah' adalah PEMBODOHAN yang nyata'

makanya saya tanya juga

istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

yang merah kan udah sama >>> jadi pembodohan juga bukan ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Tue Aug 25, 2015 3:24 pm


gini aja..
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Tue Aug 25, 2015 7:04 pm

SEGOROWEDI wrote:
gini aja..
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

jangan tanya saya ... tanya TS
dari awal dia yang bawa2 agama

pertanyaan saya adalah :

istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

dijawab dong ah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Fri Sep 11, 2015 3:52 pm


jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Sat Sep 12, 2015 6:01 pm

SEGOROWEDI wrote:
jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

merah :
apa maksudnya agama penjajah >>> TANYA TS ... dia yang bikin judul
apa relevansinya dengan pertanyaan saya tentang eropa penjajah >>> SAYA GA BAWA2 AGAMA

pertanyaan saya : istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

Kenapa sampai saya tanya ini ??

>>> karena KALAU SAMPAI mas wedi ga mau mengakui eropa sudah menjajah

silahkan mas wedi ke thread nasionalis ayam sayur


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Sat Sep 12, 2015 7:40 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by Syalom aleykhem on Sat Sep 12, 2015 7:24 pm

maka ...
di Indonesia ini jangan ada Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Sat Sep 12, 2015 7:45 pm

Syalom aleykhem wrote:maka ...
di Indonesia ini jangan ada Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

maka
di negara mayoritas kristen jangan ada Ungkapan "Islam Agama Teroris"
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by Syalom aleykhem on Sat Sep 12, 2015 11:46 pm

kenyataannya gini Din ...
tempoe doloe  negara kafir beragama kafir jadi penjajah bukan atas nama agama kafir
sekarang banyak pengikut muhammad saw jadi teroris dan penjajah atas nama agama islam

jika judul ts dihubungkan dgn Sejarah Kristen masuk di Indonesia, duluan Kristen lalu Islam selanjutnya penjajahan

Dr. Alwi Shihab, menulis dalam bukunya (disertasinya) menjelaskan kepada kita bahwa Agama Kristen lebih dulu masuk ke wilayah kepulauan Nusantara sejak periode Bapa-bapa Kristen awal.

Kutipan :

Beberapa Sarjana Kristen berpendapat bahwa utusan Kristus kemungkinan sudah tiba di wilayah yang kini disebut Indonesia pada periode Bapa-bapa Kristen awal. Dr. Kurt Koch menyatakan bahwa penginjil Thomas (salah satu murid Kristus), yang bekerja di India, mungkin saja berlayar ke Indonesia bersama para pedagang India (reff : Kurt Koch, The Revival in Indonesia, Michigan : Kregel Publication 1972, halaman 13).

Dalam bukunya Church History in Indonesia, Muller Kruger menyatakan bahwa, menurut sumber-sumber Arab kuno, pada pertengahan abad ke 7 sebuah komunitas umat kristen hidup di Sibolga, Sumatera, dan membangun gereja. Sementara itu rute perdagangan darat dan laut dari Asia Tengah ke Asia Timur dilewati orang-orang Eropa, yang beberapa diantara mereka adalah misionaris.

Menurut Cosmas (Indicopleustes), seorang pendeta asal Mesir yang menulis pada sekitar 547 Masehi dalam The Christian Topography, penerjemah : JW Mc. Crindle (London : The Hakluyt Society, 1897), pada sekitar abad ke-lima Masehi terdapat sebuah gereja orang-orang Kristen Persia "Sielediba" (Cylon), dengan seorang presbiter yang ditunjuk dari Persia. Penuturan ini memperkuat hipotesis bahwa beberapa orang Kristen sudah datang ke kepulauan Nusantara pada abad-abad pertama munculnya Agama Kristen (Reff : Wolter B Sidjabat, Religius Tolerance and The Christian Faith, Jakarta : Badan Penerbit Kristen, 1965, halaman 30).

Namun demikian, nasip agama Kristen tidak begitu jelas di wilayah ini. (Untuk paparan mendetail mengenai kedatangan awal agama Kristen di Indonesia, lihat Theodor Muller Kruger, Sejarah Geredja di Indonesia, Jakarta : Badan Penerbitan kristen, 1959, halaman 7-21)


Keterangan :

Buku Membendung Arus : Respon Gerakan Muhammadiyah Terhadap Penetrasi Misi Kristen di Indonesia, tulisan Alwi Shihab ini adalah merupakan disertasi Doktor beliau di Universitas Temple Amerika Serikat, 1995
.

bandingkan juga dgn sumber berikut di bawah ini :
https://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Indonesia

jadi logikanya (di Indonesia), kurang pas jika Kristen disebut sebagai agama penjajah


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Sun Sep 13, 2015 1:28 pm

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

merah :
apa maksudnya agama penjajah >>> TANYA TS ... dia yang bikin judul
apa relevansinya dengan pertanyaan saya tentang eropa penjajah >>> SAYA GA BAWA2 AGAMA

pertanyaan saya : istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

Kenapa sampai saya tanya ini ??

>>> karena KALAU SAMPAI mas wedi ga mau mengakui eropa sudah menjajah

silahkan mas wedi ke thread nasionalis ayam sayur

malah ngamuk...

lha kalau gak mau njawab dan gak tahu jawaban ts
ngapain nyosor bikin pertanyaan paralel
hadeeh..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Mon Sep 14, 2015 12:44 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

merah :
apa maksudnya agama penjajah >>> TANYA TS ... dia yang bikin judul
apa relevansinya dengan pertanyaan saya tentang eropa penjajah >>> SAYA GA BAWA2 AGAMA

pertanyaan saya : istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

Kenapa sampai saya tanya ini ??

>>> karena KALAU SAMPAI mas wedi ga mau mengakui eropa sudah menjajah

silahkan mas wedi ke thread nasionalis ayam sayur

malah ngamuk...

lha kalau gak mau njawab dan gak tahu jawaban ts
ngapain nyosor bikin pertanyaan paralel

hadeeh..

kok dibilang ngamuk sih ??

saya size besar itu supaya mas wedi baca
daripada ngulang2 pertanyaan terus ..... maka saya besarkan font-nya

biru : lah kan saya tanya ... eropa itu penjajah atau bukan ??
>>> masa gini aja ga bisa jawab ?? ga bisa jawab atau ingkar sejarah lagi ??

kalian aja susah mengakui eropa adalah bangsa penjajah >>> membutakan diri terkait sejarah >>> cumungut2 di depan penjajah

apa salahnya beberapa muslim berpikir kristen agama penjajah ??? >>> muslim lain berpikir kristen is nasionalis ayam sayur >>> kan kelakuan kalian memang begitu

btw ... kristener di forum ini sebetulnya mewakili kristen2 lain atau ga sih ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Mon Sep 14, 2015 12:55 pm

Syalom aleykhem wrote:kenyataannya gini Din ...
tempoe doloe  negara kafir beragama kafir jadi penjajah bukan atas nama agama kafir
sekarang banyak pengikut muhammad saw jadi teroris dan penjajah atas nama agama islam

jika judul ts dihubungkan dgn Sejarah Kristen masuk di Indonesia, duluan Kristen lalu Islam selanjutnya penjajahan

- saya potong supaya ga kepanjangan -

jadi logikanya (di Indonesia), kurang pas jika Kristen disebut sebagai agama penjajah


trus memang kenapa kalau kristen duluan datang ke indonesia dibanding islam ?? ... hindu dan buddha pun duluan datang dibanding Islam
kan memang islam baru ada abad ke 7 ... kristen, buddha, dan hindu memang muncul lebih dulu >>> so apa masalahnya ??

yang orange .... harusnya dari sini anda berpikir ... kenapa tidak ada kalimat hindu agama penjajah ... atau buddha agama penjajah

karena faktanya >>> EROPA is PENJAJAH >>>> dan sejarah yang anda bawa itu GA BAHAS SOAL EROPA

maka jawab pertanyaan saya : EROPA ITU BANGSA PENJAJAH ATAU TIDAK ??

sesulit itu jawab yang beginian ajah ??

pusing pusing

btw yang pink : siapapun yang menjadi penjajah dan teroris atas nama Islam >>> MEREKA BUKAN ISLAM
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Mon Sep 14, 2015 9:36 pm

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

merah :
apa maksudnya agama penjajah >>> TANYA TS ... dia yang bikin judul
apa relevansinya dengan pertanyaan saya tentang eropa penjajah >>> SAYA GA BAWA2 AGAMA

pertanyaan saya : istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

Kenapa sampai saya tanya ini ??

>>> karena KALAU SAMPAI mas wedi ga mau mengakui eropa sudah menjajah

silahkan mas wedi ke thread nasionalis ayam sayur

malah ngamuk...

lha kalau gak mau njawab dan gak tahu jawaban ts
ngapain nyosor bikin pertanyaan paralel

hadeeh..

kok dibilang ngamuk sih ??

saya size besar itu supaya mas wedi baca
daripada ngulang2 pertanyaan terus ..... maka saya besarkan font-nya

biru : lah kan saya tanya ... eropa itu penjajah atau bukan ??
>>> masa gini aja ga bisa jawab ?? ga bisa jawab atau ingkar sejarah lagi ??

kalian aja susah mengakui eropa adalah bangsa penjajah >>> membutakan diri terkait sejarah >>> cumungut2 di depan penjajah

apa salahnya beberapa muslim berpikir kristen agama penjajah ??? >>> muslim lain berpikir kristen is nasionalis ayam sayur >>> kan kelakuan kalian memang begitu

btw ... kristener di forum ini sebetulnya mewakili kristen2 lain atau ga sih ??

makanya..
kalau kamu memaksudkan 'agama penjajah' seperti 'eropa penjajah'
ya berarti islam juga agama penjajah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Tue Sep 15, 2015 5:47 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
jawab dulu ini dong:
maksudmu 'agama penjajah' itu apa?

supaya jelas relevansinya dengan pertanyaanmu

merah :
apa maksudnya agama penjajah >>> TANYA TS ... dia yang bikin judul
apa relevansinya dengan pertanyaan saya tentang eropa penjajah >>> SAYA GA BAWA2 AGAMA

pertanyaan saya : istilah 'eropa penjajah pada masa kolonialisasi dan imperialisme'
pembodohan juga ga ??

Kenapa sampai saya tanya ini ??

>>> karena KALAU SAMPAI mas wedi ga mau mengakui eropa sudah menjajah

silahkan mas wedi ke thread nasionalis ayam sayur

malah ngamuk...

lha kalau gak mau njawab dan gak tahu jawaban ts
ngapain nyosor bikin pertanyaan paralel

hadeeh..

kok dibilang ngamuk sih ??

saya size besar itu supaya mas wedi baca
daripada ngulang2 pertanyaan terus ..... maka saya besarkan font-nya

biru : lah kan saya tanya ... eropa itu penjajah atau bukan ??
>>> masa gini aja ga bisa jawab ?? ga bisa jawab atau ingkar sejarah lagi ??

kalian aja susah mengakui eropa adalah bangsa penjajah >>> membutakan diri terkait sejarah >>> cumungut2 di depan penjajah

apa salahnya beberapa muslim berpikir kristen agama penjajah ??? >>> muslim lain berpikir kristen is nasionalis ayam sayur >>> kan kelakuan kalian memang begitu

btw ... kristener di forum ini sebetulnya mewakili kristen2 lain atau ga sih ??

makanya..
kalau kamu memaksudkan 'agama penjajah' seperti 'eropa penjajah'
ya berarti islam juga agama penjajah

strike : saya ga pernah bilang "seperti"
saya cuma minta mas wedi menjawab "eropa itu bangsa penjajah atau tidak" (khususnya jaman kolonialisasi dan imperialisme)

itu saja

baca dong post #2 >>> sudah clear maksud saya terkait "agama penjajah" ini
>>> tapi ... JUSTRU karena TS yang bawa2 agama

makanya ... jawab pertanyaan saya yang underline
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by Syalom aleykhem on Tue Sep 15, 2015 7:10 pm

dee-nee wrote:
Syalom aleykhem wrote:kenyataannya gini Din ...
tempoe doloe  negara kafir beragama kafir jadi penjajah bukan atas nama agama kafir
sekarang banyak pengikut muhammad saw jadi teroris dan penjajah atas nama agama islam

jika judul ts dihubungkan dgn Sejarah Kristen masuk di Indonesia, duluan Kristen lalu Islam selanjutnya penjajahan

- saya potong supaya ga kepanjangan -

jadi logikanya (di Indonesia), kurang pas jika Kristen disebut sebagai agama penjajah


trus memang kenapa kalau kristen duluan datang ke indonesia dibanding islam ?? ... hindu dan buddha pun duluan datang dibanding Islam
kan memang islam baru ada abad ke 7 ... kristen, buddha, dan hindu memang muncul lebih dulu >>> so apa masalahnya ??

yang orange .... harusnya dari sini anda berpikir ... kenapa tidak ada kalimat hindu agama penjajah ... atau buddha agama penjajah

karena faktanya >>> EROPA is PENJAJAH >>>> dan sejarah yang anda bawa itu GA BAHAS SOAL EROPA

maka jawab pertanyaan saya : EROPA ITU BANGSA PENJAJAH ATAU TIDAK ??

sesulit itu jawab yang beginian ajah ??

pusing pusing

btw yang pink : siapapun yang menjadi penjajah dan teroris atas nama Islam >>> MEREKA BUKAN ISLAM
di Indonesia, ya ... tidak ada sangkutpautnya dgn agama

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Wed Sep 16, 2015 2:02 pm

Syalom aleykhem wrote:
di Indonesia, ya ... tidak ada sangkutpautnya dgn agama

Eropa itu bangsa penjajah atau bukan ?? >>> kok susah banget ya para ayam sayur ini suruh jawab
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by aliumar on Wed Sep 16, 2015 5:46 pm

dee nee wrote:Eropa itu bangsa penjajah atau bukan ??

Swiss (Eropa) -----> BUKAN bangsa penjajah.

aliumar
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2663
Kepercayaan : Katolik
Location : Padang
Join date : 20.06.12
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 17, 2015 2:06 pm

dee-nee wrote:
makanya..
kalau kamu memaksudkan 'agama penjajah' seperti 'eropa penjajah'
ya berarti islam juga agama penjajah

strike : saya ga pernah bilang "seperti"
saya cuma minta mas wedi menjawab "eropa itu bangsa penjajah atau tidak" (khususnya jaman kolonialisasi dan imperialisme)

itu saja

baca dong post #2 >>> sudah clear maksud saya terkait "agama penjajah" ini
>>> tapi ... JUSTRU karena TS yang bawa2 agama

makanya ... jawab pertanyaan saya yang underline

mulai ngeles..
lha saya kan tanya kamu: agama penjajah itu yang kek mana?
itu harus jelas dulu sebe;um nanya bangsa eropa penjajah

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Thu Sep 17, 2015 2:26 pm

aliumar wrote:
dee nee wrote:Eropa itu bangsa penjajah atau bukan ??

Swiss (Eropa) -----> BUKAN bangsa penjajah.

sejak kapan Swiss jalan2 ke luar daerahnya ?? sejak kapan swiss jalan2 keliling dunia ??

anda jaka sembung ....

Lihat judul TS dan penjelasan saya

trus memang kenapa kalau kristen duluan datang ke indonesia dibanding islam ?? ... hindu dan buddha pun duluan datang dibanding Islam
kan memang islam baru ada abad ke 7
... kristen, buddha, dan hindu memang muncul lebih dulu >>> so apa masalahnya ??

yang orange .... harusnya dari sini anda berpikir ... kenapa tidak ada kalimat hindu agama penjajah ... atau buddha agama penjajah

karena faktanya >>> EROPA is PENJAJAH >>>> dan sejarah yang anda bawa itu GA BAHAS SOAL EROPA

maka jawab pertanyaan saya : EROPA ITU BANGSA PENJAJAH ATAU TIDAK ??

@aliumar

BUKAN karena swiss anda menjadi beragama katolik ... Swiss tidak melakukan ekspansi apa2 ke seluruh dunia

Agama kalian dianggap penjajah oleh sebagian orang .... karena agama ini datang BERSAMA penjajah

kenapa ??
Karena faktanya >>> SEMUA NEGARA/KERAJAAN EROPA yang ekspansi ke seluruh dunia melakukan penjajahan

baca uraian saya #11 dan 12

#11 wrote:Kolonialisme dan Imperialisme yang terjadi ala Eropa adalah

- kolonialisme mempunyai tujuan untuk kuras habis sumber daya alam dari negara yang berkaitan untuk diangkut ke negara induk.
- imperialisme mempunyai tujuan untuk menanamkan pengaruh pada seluruh bidang kehidupan negara yang berkaitan.

jadi .... dengan kolonialisme, Eropa mencari dominasi ekonomi (termasuk sumber daya, tenaga kerja, dan pasar di wilayah tersebut) untuk kepentingan Eropa sendiri .... ditambah Imperialisme yang berkaitan dengan dominasi secara politik, agama, budaya, teologi, dsb di wilayah tersebut juga untuk kepentingan Eropa sendiri

#12 wrote:Kalau TIDAK MAU DISEBUT Kristen agama penjajah >>> ya bela kristen-nya .... BUKAN PENJAJAH-nya

selamanya kalian akan selalu dianggap munafik kalau anda MASIH ngeles bahwa apa yang dilakukan Eropa pada masa kolonialisasi dan penjajahan dapat dibenarkan

sejarah membuktikan bahwa PENJAJAHAN ITU JAHAT ... Indonesia baru merdeka 70 thn ... sementara pengalaman berada di bawah kolonialisme sudah terhitung dari abad ke 15 hingga 1945 (teorinya) - hampir 600 thn

artinya anda ga bisa merubah FAKTA KEJAHATAN KOLONIALISME selama 600 thn ini dengan cara membela2 perilaku mereka

Yang menyebalkan dari kalian adalah kalian INGKAR SEJARAH >>> kalian selalu bilang "Belanda ga menjajah kok ... mereka berdagang" .... "Ekspansi Eropa bukan penjajahan kok ... yang mereka lakukan adalah berdagang dan menyebarkan agama"

kalimat yang merah ini munafik .... ingkar fakta ... ingkar sejarah

dan saya bisa jamin ... SEANDAINYA Swiss berekspansi juga >>> mereka juga akan melakukan hal yang sama dengan negara/kerajaan eropa

so ... balik ke TS >>> mau sampai muntah darah TS mengatakan "kristen bukan agama penjajah"

>>> selamanya mind-set ini AKAN SELALU ADA bila kalian masih saja MUNAFIK dan BOHONG pada kenyataan ... bahwa FAKTANYA eropa memang penjajah

mind set ini tidak ada bedanya dengan saya yang bilang bahwa nasionalisme kalian ayam sayur .... dan itu terjadi karena sikap2 kalian sendiri yang pink ini ... kalian yang memilih jadi pembela penjajah ... jadi pembantunya penjajah .... atas dasar kesamaan agama kalian dengan mereka

maka baca yang ungu ....

pikirin lah ... buat apa kalian harus bohong dengan diri sendiri ... toh kalian masuk surga atau tidak juga bukan ditentukan oleh penjajah2 itu kan
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by dee-nee on Thu Sep 17, 2015 2:28 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
makanya..
kalau kamu memaksudkan 'agama penjajah' seperti 'eropa penjajah'
ya berarti islam juga agama penjajah

strike : saya ga pernah bilang "seperti"
saya cuma minta mas wedi menjawab "eropa itu bangsa penjajah atau tidak" (khususnya jaman kolonialisasi dan imperialisme)

itu saja

baca dong post #2 >>> sudah clear maksud saya terkait "agama penjajah" ini
>>> tapi ... JUSTRU karena TS yang bawa2 agama

makanya ... jawab pertanyaan saya yang underline

mulai ngeles..
lha saya kan tanya kamu: agama penjajah itu yang kek mana?
itu harus jelas dulu sebe;um nanya bangsa eropa penjajah

merah : kalimat "agama penjajah" itu terjadi karena kemunafikan kalian sendiri

ga ada ngeles2an ... JUSTRU mas wedi yang TERLALU PENGECUT untuk jawab pertanyaan saya

baca uraian saya pada aliumar diatas

saya cuma minta mas wedi menjawab "eropa itu bangsa penjajah atau tidak" (khususnya jaman kolonialisasi dan imperialisme)

ya atau tidak

catatan : karena TS bawa2 agama .... saya cuma mau bilang bahwa yang menyelamatkan manusia di akhirat nanti adalah iman yang benar ... bukan seberapa jauh si A  membohongi diri sendiri terkait kejahatan yang dilakukan seukuwahnya

kecuali kalau agama kalian memang mengajarkan bahwa orang2 yang berani menjadi munafik dan bohong pada diri sendiri akan masuk surga

benar begitu yang diajarkan agama kalian ??

kalau benar begitu ... ya nikmati saja kalimat "kristen agama penjajah" >>> ngapain protes
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by SEGOROWEDI on Thu Sep 17, 2015 3:36 pm

dee-nee wrote:

merah : kalimat "agama penjajah" itu terjadi karena kemunafikan kalian sendiri

ga ada ngeles2an ... JUSTRU mas wedi yang TERLALU PENGECUT untuk jawab pertanyaan saya

baca uraian saya pada aliumar diatas

saya cuma minta mas wedi menjawab "eropa itu bangsa penjajah atau tidak" (khususnya jaman kolonialisasi dan imperialisme)

ya atau tidak

catatan : karena TS bawa2 agama .... saya cuma mau bilang bahwa yang menyelamatkan manusia di akhirat nanti adalah iman yang benar ... bukan seberapa jauh si A  membohongi diri sendiri terkait kejahatan yang dilakukan seukuwahnya

kecuali kalau agama kalian memang mengajarkan bahwa orang2 yang berani menjadi munafik dan bohong pada diri sendiri akan masuk surga

benar begitu yang diajarkan agama kalian ??

kalau benar begitu ... ya nikmati saja kalimat "kristen agama penjajah" >>> ngapain protes

saya kan bilang: istilah 'agama penjajah' itu PENYESATAN
lha kamu malah tanya: eropa penjajah/bukan?
emang 'agama penjajah' yang kamu maksud itu apa, kok nyosor ke eropa penjajah
silakan dijawab!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Mari Dukung Dibuatnya UU Pelarangan Ungkapan "Kristen Agama Penjajah"

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik