FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

AHMADIYAH LAHORE

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Thu Oct 20, 2011 6:26 am

First topic message reminder :

Saya tertarik sekali untuk membahas apa dan bagaimana AHMADIYAH.....kontroversi yang berkepanjangan tanpa ada TITIK TEMU yang jelas...itu kesannya.
Sayangnya...banyak dari Umat Muslim menggannggap bahwa hanya ada satu AHMADIYAH...padahal pada kenyataannya...Ahmadiyah ini terbagi jadi 2 golongan :

1. AHMADIYAH LAHORE (GERAKAN AHMADIYAH)
2. AHMADIYAH QADIAN (JEMAAT AHMADIYAH)

Di tret ini...kita akan mencoba untuk mendiskusikan dan mungkin saya akan undang dari pihak mereka untuk hadir di tret ini...sebagai bahan pencerahan..

Sebagai referensi....silahkan buka situ Ahmadiyah Lahore yang ini..

http://ahmadiyah.org/

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down


Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Mon Mar 12, 2012 3:39 am

Undangan sudah saya kirim kembali disinih..


http://ahmadiyah.org/forum/?what=topic&sid=&vuid=&fid=59ac4b1bbdd5c10aa2c30454518e3601

Topik : Undangan
Tgl. Posting : Monday, March 12, 2012
Pengirim : guest
Posting : Assalamualaykum wr.wb

Saya mengundang rekan rekan dari Ahmadiyah Lahore..untuk memberikan KLARIFIKASI nya disinih..

http://www.laskarislam.com/t91-ahmadiyah-lahore

Besar harapan saya...rekan rekan AHMADI disini untuk bisa aktif di forum tersebut, dalam rangka memberikan keterangan yang sejelas jelasnya kepada rekan rekan muslim yang lain tentag APA DAN BAGAIMANA itu Ahmadiah.

Terimakasih atas kesediaannya.

Wasalam,

Mang Odoy



Mudah mudahan para Ahmadi ini bukan sekedar JAGO KANDANG..

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by satria bergitar on Mon Mar 12, 2012 9:13 am

@malkisidek wrote:
@mang odoy wrote:duulll suuunndulll ta iye...

kali aja ada AHMADI mampir dimari...
bau baunya seh...dah ada yg mampir mang... ketawa guling ketawa guling ketawa guling
beliaonya dah banyak menuliskan dasar2 pemikiran ahmadiyah disini.
yg lucunya beliaonya menyerang teman2 muslim juga disini.

mang...dibahas sekalian lah mang tentang hal2 dibawah ini menurut ahmadiyah:
1. al-mahdi.
2. al-masih.
3. mujaddid.
4. kenabian.
5. wahyu.
6. khalifah.
7. jihad.

saya melihat dr banyak tulisan dan pendapat mamang di sini banyak yg berhubungan dgn hal2 tersebut.
cuma sayangnya terpencar2 dibanyak trit, sehingga terpotong2 infonya mang.
akan sangat bagus jika mamang mau menjelaskannya disini, di trit mamang sendiri yg jelas membahas tentang ahmadiyah.

hehehe drpd bertopeng terus mang. lebih baik jantan. toh dr banyak tulisan mamang sudah kebaca oleh rekan2 muslim disini bahwa mamang adalah AHMADIYAH.

kalau mamang bukan ahmadiyah, ngapain juga mamang menyerang rean2 muslim disini??? saya rasa gak perlu saya copaskan tulisan2 mamang yg menyerang rekan2 muslim disini kan...

silahkan mamangku yg terhormat, yg paling inter, yg paling bener, yg suka sekali mentertawakan rekan2 muslim disini dibanyak tulisan2nya, yg senang sekali biin mencret rekan2 muslim disini, yg selalu menuntut bukti2 ke rekan2 muslim disini berdasaran Al Qur'an.

nah dasar pemikiran mamang sendiri dari mana??? kalau bukan dr dasar2 pemikiran AHMADIYAH? ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

WAH WAH BENERAN TUH MANG??? bingung

terus emang pembaharuan apa sih yang dilakukan Si MGA sehingga mang odoy bela-belain untuk meluruskan "kesalahpahaman" ini?
sori mang ane newbie mohon pencerahan dari mang odoy yg ahli... sholat yuk
avatar
satria bergitar
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 31
Posts : 1399
Location : Karawang
Join date : 08.12.11
Reputation : 58

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Wed Apr 04, 2012 10:39 am

@satria bergitar wrote:
@malkisidek wrote:
@mang odoy wrote:duulll suuunndulll ta iye...

kali aja ada AHMADI mampir dimari...
bau baunya seh...dah ada yg mampir mang... ketawa guling ketawa guling ketawa guling
beliaonya dah banyak menuliskan dasar2 pemikiran ahmadiyah disini.
yg lucunya beliaonya menyerang teman2 muslim juga disini.

mang...dibahas sekalian lah mang tentang hal2 dibawah ini menurut ahmadiyah:
1. al-mahdi.
2. al-masih.
3. mujaddid.
4. kenabian.
5. wahyu.
6. khalifah.
7. jihad.

saya melihat dr banyak tulisan dan pendapat mamang di sini banyak yg berhubungan dgn hal2 tersebut.
cuma sayangnya terpencar2 dibanyak trit, sehingga terpotong2 infonya mang.
akan sangat bagus jika mamang mau menjelaskannya disini, di trit mamang sendiri yg jelas membahas tentang ahmadiyah.

hehehe drpd bertopeng terus mang. lebih baik jantan. toh dr banyak tulisan mamang sudah kebaca oleh rekan2 muslim disini bahwa mamang adalah AHMADIYAH.

kalau mamang bukan ahmadiyah, ngapain juga mamang menyerang rean2 muslim disini??? saya rasa gak perlu saya copaskan tulisan2 mamang yg menyerang rekan2 muslim disini kan...

silahkan mamangku yg terhormat, yg paling inter, yg paling bener, yg suka sekali mentertawakan rekan2 muslim disini dibanyak tulisan2nya, yg senang sekali biin mencret rekan2 muslim disini, yg selalu menuntut bukti2 ke rekan2 muslim disini berdasaran Al Qur'an.

nah dasar pemikiran mamang sendiri dari mana??? kalau bukan dr dasar2 pemikiran AHMADIYAH? ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling ketawa guling

WAH WAH BENERAN TUH MANG??? bingung

terus emang pembaharuan apa sih yang dilakukan Si MGA sehingga mang odoy bela-belain untuk meluruskan "kesalahpahaman" ini?
sori mang ane newbie mohon pencerahan dari mang odoy yg ahli... sholat yuk

PERSAMAAN pendapat saya dengan Ahmadiyah...dalam hal ini...HANYALAH masalah NABI ISA TIDAK DIGANTI DENGAN STUNTMEN.....tapi satu hal yang paling mencolok dalam hal ini,,,,, kaum Ahamdiyah pun sama sama MEYAKINI kalo SALIB itu adalah KAYU PALANG/TIANG JEMURAN.....sedangkan saya disini MEMBANTAH bahwa kata SALIB sama sekali tidak ada nyangsang nyangsangnya dengan masalah palang perpalangan, kayu perkayuan...silahkan luangkan waktu untuk membaca paparan saya selengkapnya disinihh nihh..

http://www.laskarislam.com/t962-benarkah-nabi-isa-diganti-dengan-stuntmen

Saya MEMBELA Mirza GA...???? sebelah mananya...??
Justru saya MENGUNDANG para AHMADI kesini untuk memberikan Klarifikasi..apa dan bagaimana itu Ahmadiyah (Lahore maupun Qadian)....dan bagaimana sosok Mirza Ghulam Ahmad tersebut,,,,karena perbedaan antara 2 sekte ahmadiyah pun sangat mencolok,,,,,Ahmadiyah Qadian menganggap MGA ini sebagai NABI....tapi Ahmadiyah Lahore hanya menganggap MGA ini sebagai MUJADDID sajah, jadi tidak sampe ke level Nabi,,,,ini yang ingin saya ketahui juga.

Tapi sayangnya,....para AHMADI ini mirip dengan para SAKSI YEHUWA,,,,,,, cuman JAGO KANDANG,,,,,nyali cuman SE EMPRIT,,,

Jadi,,,saran saya...kalo mau komen,,,,,baca dulu dari awal,,,,
Malah ane dibilangin MEMBELA MGA..... piyyee thooooo...????


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Wed Apr 18, 2012 10:51 am

Di sebelah...rekan dari AHMDI QADIAN sudah muncul..

bagaimana dengan disindang....????


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Tue May 15, 2012 1:03 am

wahhh gimana nih AHMADI LAHOREE...

banguuunnnnn....banguuuuunnnnnnn.....

pada ngumpet kali yaa...??? ketiwi

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by mang odoy on Tue May 15, 2012 2:25 am

Kita liat...apa arti KHATAMUN NABIYIN menurut AHMADIYAH LAHORE...

http://studiislam.wordpress.com/2008/08/01/arti-khatamun-nabiyyin/

KHATAMUN-NABIYYIN


“Muhammad bukanlah ayah salah seorang dari orang-orang (lelaki) kamu, melainkan dia itu Utusan Allah dan segel (penutup) para Nabi. Dan Allah senantiasa Yang Maha-tahu akan segala sesuatu” (Q.S.33:40).

Berakhirnya Silsilah Jasmani

Ayat suci tersebut menerangkan dua hal yang saling berhubungan, yaitu berakhirnya silsilah Muhammad saw. secara jasmani, tetapi berlangsung terus silsilah rohani beliau, sebab beliau adalah Utusan Allah. Setiap utusan adalah bapak (rohani) bagi umatnya. Musa adalah bapak umat Yahudi, Isa Almasih bapak umat Kristen, Siddharta Gotama bapak umat Budhis, Konghucu bapak umat Konfusianis dan Muhammad saw. adalah bapak umat Islam. Oleh karena itu isteri-isteri beliau disebut ibu orang-orang beriman (33:6) -yakni umat Islam- yang karena itu haram dinikahi oleh umat Islam sepeninggal Nabi Suci untuk selama-lamanya (33:53), sebagaimana diharamkannya seseorang mengawini ibunya sendiri (4:23), yakni janda bapaknya.
Asbabun-nuzul ayat memperjelas makna firman Allah tersebut. Siti Khadijah memiliki seorang budak lelaki bernama Zaid. Setelah beliau dinikahi oleh Nabi Suci, Zaid dibebaskan, lalu diangkat sebagai anak angkat Nabi Suci. Zaid termasuk lima sahabat pertama. Setelah Hijrah ke Madinah, Nabi Suci mengusulkan agar Siti Zainab binti Jahsy saudara sepupu beliau dinikahkan dengan Zaid. Usul Nabi ini diterima, meski bertentangan dengan kehendak Zainab dan keluarganya. Ternyata pernikahan yang tak kafa’ah (sederajad) ini gagal. Zainab rupawan, bangsawan dan masih muda, sedang Zaid berkulit hitam, bekas budak dan jauh lebih tua. Akibatnya “fatal” bagi Zainab. Dia lebih menderita lagi karena disebut “janda, bekas istri seorang budak” suatu status yang hina di masyarakat Arab yang belum bebas dari budaya jahiliah. Cara mengangkat martabatnya tiada lain adalah Nabi Suci mengawini beliau, tetapi Nabi Suci takut akan dampak negatifnya, yakni fitnah, pelecehan dan penodaan nama baik beliau, sebab menurut tradisi jahiliyah kedudukan anak angkat sama dengan anak kandung; mengawini janda anak angkat sama dengan mengawini janda anak kandung.
Atas restu Allah Nabi Suci menikahi Zainab (33:37). Dengan demikian Siti Zainab terangkat derajatnya, karena perkawinan itu beliau menduduki tempat mulia, baik dimata Allah maupun mata manusia, yakni sebagai ibu orang beriman. Tetapi orang-orang kafir dan munafik -yang secara rohani adalah tuli, bisu dan buta (2:18)- memaki dan menghina Nabi Suci saw. dengan tuduhan telah mengawini menantunya sendiri. Caci maki dan penghinaan yang berlangsung terus sampai sekarang ini ditangkis Ilahi dengan turunnya ayat suci 33:40 di atas. Penegasan “Muhammad bukanlah ayah salah seorang dari orang-orang (1elaki) kamu” berarti Zaid bukanlah anak (Nabi Suci) Muhammad saw. tetapi anak Haritsah. Sejak saat itu, Zaid dipanggil anak Haritsah, sesuai dengan syariat Islam yang menganjurkan agar memanggil seseorang itu dengan menyebut ayah kandungnya (33:5), bukan ayah angkatnya; sebab kedudukan anak angkat tidak sama dengan anak kandung (33:4).


Silsilah Rohani Abadi
Terputusnya silsilah jasmani Nabi Suci seakan-akan merupakan suatu cacat, maka orang-orang kafir mengejek beliau dengan sebutan abtar (terputus), tetapi Qur’an Suci justru menyebut orang-orang kafirlah yang abtar (108:3). Turunnya ayat 33: 40 tersebut menjawab ejekan kaum kafir tersebut, karena menyatakan bahwa “Muhammad… … … dia itu Utusan Allah”. Seorang utusan Allah adalah bapak rohani bagi umatnya. Hubungan rohani nilainya lebih baik dan mulia daripada hubungan jasmani, maka dari itu “Nabi itu lebih dekat pada kaum mukmin daripada diri mereka sendiri” (33:6). Sejarah menjadi saksi tatkala ayat ini diturunkan anak-anak rohani Rasulullah saw., telah berjumlah ratusan ribu jiwa sekarang tidak kurang dari 1,3 milyar – sedang kaum kafir telah terputus dan benar-benar terputus, karena anak-anak mereka telah menjadi anak-anak rohani Nabi Suci yang prosesinya dinyatakan dalam 110:1-3.
Kebapakan rohani Nabi Suci tak berakhir, berlangsung terus sampai hari Kiamat, sebab beliau sdalah Khatamun-Nabiyyin artinya segel (penutup) para Nabi, sesudah beliau tak akan datang Nabi lagi, baik Nabi lama ataupun Nabi baru. Jadi silsilah jasmani beliau terputus-karena tak beranak lelaki tetapi silsilah rohani abadi dikaruniakan kepada diri beliau. Sebab beliau segel (penutup) para nabi. Disinilah salah satu keagungan beliau dibanding dengan para Nabi sebelumnya yang silsilah rohaninya hanya berlangsung untuk sementara waktu saja (13:38-39), misalnya Nuh hidup di tengah-tengah kaumnya selama alfa sanatin illa khamsina ‘ama (seribu tahun kurang lima puluh tahun) alias 950 tahun (29:l4). Ini umur kenabian atau syariatnya, bukan umur pribadi orangnya.

Arti Khatamun-Nabiyyin
Berakhirnya kenabian pada diri Nabi Suci Muhammad saw. dinyatakan dengan kata “khatam” yang bisa dibaca “khatim” seperti tertulis dalam Mushaf menurut riwayat Warsy dari Nafi’al- Madani. Antara keduanya ada perbedaan. Kata khatam berarti segel atau bagian terakhir atau penutup digabung dengan kesempurnaan wahyu kenabian dan pelestarian penganugerahan nikmat Ilahi (5:3); maka dari itu Nabi Muhammad saw. adalah yang paling mulia diantara semua nabi. Jadi kata khatam mengandung arti ganda yakni “yang paling mulia” dan “bagian terakhir” atau “penutup”. Sedang kata khatim artinya bagian terakhir atau penutup; maka dari itu Nabi Muhammad saw. adalah penutup para Nabi, yang dipertegas oleh Nabi Suci “la nabiyya ba’di” artinya “tak ada Nabi sesudahku” (Hr. Bukhari).

Menurut Hazrat Mirza Ghulam Ahmad
Kedua arti tersebut diterima sebagai kebenaran oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad, sebagaimana dinyatakan dalam tulisan-tulisan beliau antara lain sbb: “Adam, diciptakan dan Rasul-rasul diutus, setelah semuanya, Nabi Muhammad saw. diciptakan yang menjadi segel penutup para Nabi dan yang paling utama dari sekalian Nabi”(Haqiqatul-Wahyi, 1907, h1m.141). Kemuliaan Nabi Suci atas semua Nabi telah berulangkali beliau tulis dalam berbagai buku dan selebaran, juga beliau sampaikan secara lisan dalam berbagai khotbah dan perdebatan. Demikian pula tentang berakhinya kenabian pada diri Nabi Suci Muhammad saw. Pernyataan beliau antara lain sebagai berikut: “Karena semua itu kenabian berakhir pada Nabi Suci saw. dan begitulah senantiasa, sesuatu yang ada awalnya pasti ada akhirnya” (Al-Washiyyat, hlm. 10).
Jika menjelaskan berakhirnya kenabian pada diri Nabi Suci saw. seringkali beliau tambahkan kalimat “sesudah beliau tak akan datang Nabi lagi, baik nabi lama ataupun Nabi baru” misalnya dalam Ayyamush-Shulh (1989) sbb: “Allah hersabda: ‘Ia adalah Utusan Allah dan Khataman Nabiyyin’. Dan itu dalam Hadits : ‘Tak ada Nabi sesudahku’…….Bila Nabi lainnya datang, apakah itu (Nabi) baru atau lama, bagaimana mungkin Nabi Suci kita sebagai Khataman-Nabiyyin?” (dari Ruhani Khaza’in jilid 14, hlm 308-309). Pada halaman berikunya beliau tulis sbb:”Dengan menyatakan Tidak ada Nabi sesudahku’ Nabi Suci menutup pintu secara mutlak kepada (datangnya) seorang Nabi baru atau datang kembalinya seorang Nabi lama” (Ibid, hlm. 400).

Penegak Akidah
Dari anak kalimat “Sesudah beliau tak akan datang Nabi lagi, baik Nabi lama ataupun Nabi baru” tersebut mengandung petunjuk bahwa beliau adalah penegak akidah berakhirnya kenabian secara mutlak pada diri Nabi Suci Muhammad saw. secara syar’i. Tanpa anak kalimat tersebut doktrin Islam Khatamun-Nabiyyin yang menjadi landasan kesatuan umat manusia menjadi kelabu dan mengganggu kesatuan umat manusia, termasuk antar golongan umat Islam. Mengapa? Karena umat Islam terjebak pada dua pendapat ekstrim yang saling berlawanan dalam memahami teks profetik-eskatologik yang sama, yakni tentang datangnya Nabiyullah Isa dalam Hadits riwayat Imam Muslim dari sahabat Nawwas bin Sam’an.
Pada umumnya para ulama Islam penentang Hazrat Mirza Ghulam Ahmad sebagai Mahdi dan Masih Mau’ud -termasuk MUI- berpendapat bahwa, setelah Nabi Suci saw. akan datang seorang Nabi lama, yaitu Nabi Isa a.s. dari bani Israel yang dilahirkan oleh Siti Maryam sekitar dua ribu tahun yang lalu, yang sekarang mereka yakini masih hidup, di langit; kedatangan beliau untuk melaksanakan syariat Nabi Muhammad saw. Jadi kedatangannya sebagai Nabi tanpa syariat. Pendapat ini muncul karena teks “Nabiyullah Isa” mereka pahami secara hakiki, baik kata nabiyullah maupun nama Isa. Maka dari itu beliau bertanya Apakah mereka tidak tahu bahwa sesungguhnya Allah SWT. telah menetapkan Nabi Muhammad saw. sebagai Khatamul-Anbiya’ tanpa perkecualian” (Hamamatul-Busyra, hlm. 20).
Jawaban mereka biasanya “Nabi Isa pengangkatannya sebelum Nabi Suci saw. dan kedatangannya hanyalah untuk menegakkan syariat Nabi Suci”. Mereka memelintir pokok masalah, dari masalah ada atau datangnya, seorang Nabi dialihkan kepada masalah pengangkatan kenabian. Doktrin berakhirnya kenabian menjadi kelabu, meski mereka teriak-teriak qathi’i. Teriakan mereka tidak memperjelas pokok masalah, tetapi justru menambah kelabunya pokok masalah, karena mengundang keresahan dan kekisruhan, bahkan sering melahirkan perbuatan anarkis.
Selain penentang Masih Mau’ud dari sebagian pengikut beliau pun ada pula yang berpendapat bahwa beliau seorang Nabi tanpa syariat, seperti halnya pendapat para penentang beliau. Hanya bedanya, yang datang setelah Nabi Suci adalah Nabi baru, bukan Nabi lama Isa Almasih, sebab beliau telah wafat. Pendapat ini muncul sebab teks profetik-eskatologik Nabiyullah mereka pahami secara hakiki, sedang nama Isa secara majasi. Jadi Hazrat Mirza Ghulam Ahmad adalah Isa majasi, beliau seorang nabi hakiki tetapi tanpa syari’at. Di sinilah sumber pertentangannya, padakata Isa, jika dipahami secara hakiki menunjuk Nabi lama dan jika dipahami secara majasi menunjuk Nabi baru.
Diantara dua pendapat saling berlawanan itu mengandung petunjuk bahwa salah satu benar yang lain salah atau kedua-duanya salah.Kesimpulan terakhir itu yang benar, yakni keduanya salah. Benarnya bagaimana? Benarnya sbb: kata Nabiyyullah dipahami secara majasi demikian pula nama Isa, juga dipahami secara majasi. Mengapa harus dipahami secara majasi? Sebab teks itu suatu profetik atau nubuat. Dengan cara demikian mereka yang menolak boleh saja disebut sesat tetapi tidak sampai kafir atau murtad, sebab keduanya masih mengimani profetik -eskatologik itu dan disamping itu kalimat syahadat yang diucapkan oleh kedua golongan itu menjadikan mereka sebagai anak-anak Muhammad sang Khatamun-Nabiyyin. Inilah ajaran Hazrat Mirza Ghulam Ahmad yang sejati, yang dipegang teguh oleh pengikut beliau kaum Muslim Ahmadi (Lahore). Belum saatnyakah umat Islam bersatu?
(S. Ali Yasir)

Mudah mudahan bisa menjadi bahan pertimbangan...terutama buat saudara kembarnya di lapak sebelah...he he he


Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by keroncong on Tue May 22, 2012 4:58 am

trit http://ahmadiyah.org/forum/?what=topic&sid=&vuid=&fid=59ac4b1bbdd5c10aa2c30454518e3601 sudah dibalas..tapi sepertinya mereka kesulitan / tidak biasa di forumotion. harap segera dibantu sodara kita ini..... :lkj:
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: AHMADIYAH LAHORE

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik