FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by abu hanan on Tue Mar 31, 2015 3:46 pm

First topic message reminder :

terkait langkah pemerintah memblokir sejumlah situs islam..malah heran sayah..kenapa bnpt tidak merangkul mereka guna mencegah teror?
memblokir situs akan menegaskan bahwa sesungguhnyah bnpt adalah badan pemicu teror..
teror bagi siapa?bagi orang yang sedang mencari warna islam maka bnpt adalah teroris legal..bagi sayah?yah..pemicu teror..

siapa bnpt hingga berani kasi stempel teror pada situs2 islam?


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down


Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by abu hanan on Sun Apr 05, 2015 12:47 am

nah contoh radikal adalah tulisan diatas sayah..




mbdee..
air adalah analogi..terlalu jauh jika kita berkata :
bicara tentang air sebagai obat
dahaga pun .... tidak semua air
"sekedar" sebagai obat dahaga kan ...
bagaimana bila air obat dahaga itu
sudah terpolusi hingga bisa mematikan
kalow air uda dikasi su'udzon lha sayah pake udara tentu nantinyah "hadew mbah,udara skrg juga mematikan..polusi..limbah nuklir dll" yah gimana dunk jeng?

pada hakekatnyah air adalah sumber kehidupan..dan hanya karena ada satu pabrik yang buang limbah di satu sungai lantas divonislah seluruh air tercemar..
hanya karena satu ayat "bunuh kafirin dimana ajah" maka 30 juz dinyatakan mesin pembunuh..


mengapa abu lahab?
sayah gak bela kyai tapi sayah coba pahami ide beliow..hemm mungkin analoginyah:
bnpt adalah 1 orang..
situs terblokir adalah 1 orang..

dan kyai ini menempatkan satu tubuh jadi
artinya nu dll gak diblokir tetapi islam adalah satu tubuh..
ketika bnpt menyodorkan bukti radikalism partus dan ternyata bnpt salah dalam menafsirkan,apakah nu dll akan diam ajah dan tetap mendukung bnpt?
cara fpi uda pasti radikal dalam urusan miras karena aparat loyo..hti?mengapa bnpt diam ajah?
dasar negara pun bisa diganti dengan "ketuhanan dan kebersamaan"..
bentuk kesatuan bisa diganti federal..
bila hanya produksi manusia maka tak akan abadi selamanyah..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by abu hanan on Sun Apr 05, 2015 12:59 am

revolusi hadir karena ketidakpuasan..evolusi hadir karena ketidakseimbangan..

satu misal yang oot adalah ketika rakyat jawa timur beserta pemimpinnyah sepakat keluar dari ri,apakah tni/polri akan menumpas kesepakatan itu?
apa yang jadi hak mereka untuk melarang banyak orang memilih jalan hidup sendiri?

misal diatas adalah sebuah revolusi tetapi bukan radikal..karena tumbuh berdasarkan keinginan nan suka rela..
termasuk miss indonesia yg jadi women army..

membiarkan wni gabung teroris jelas salah tetapi bila nekad yah pamaudikata?
berikan sanksi dan rumuskan dengan melibatkan sejumlah ormas..bukan hanya nu muhamadiyah..persis-fpi dll juga wajib diundang karena 2 ormas besar itu juga bukan jaminan..mengingat orang2nyah juga terlibat politik..


PERATURAN DAN PANDUAN UMUM | FAQ | ADA MASALAH..?? l PENGADUAN
Like dan Follow !
facebook.com/laskarislamcom
@LaskarIslamcom
untuk orang yang memaafkan walaupun ia mampu membalas
maka kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang luas
avatar
abu hanan
GLOBAL MODERATOR
GLOBAL MODERATOR

Male
Age : 83
Posts : 7999
Kepercayaan : Islam
Location : soerabaia
Join date : 06.10.11
Reputation : 218

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by salapanbelas maret on Sun Apr 05, 2015 8:08 pm

AH wrote:----
-
nah contoh radikal adalah tulisan diatas sayah..
mbdee..


Tulisan gitu aja dibilang radikal, tapi ayat2 pedang di Quran dibilang damai.
Quran bilang bunuhlah mereka dimana kamu jumpai, Quran bilang pancungnya tiap2 ujung jari, tapi muslim seperti anda menganggap itu tetap ayat damai, bukan bernuansa radikal.
apa itu namanya kalo bukan MUNAROH?

AH wrote:Kalow air uda dikasi su'udzon lha sayah pake udara tentu nantinyah "hadew mbah,udara skrg juga mematikan..polusi..limbah nuklir dll" yah gimana dunk jeng?
pada hakekatnyah air adalah sumber kehidupan..dan hanya karena ada satu pabrik yang buang limbah di satu sungai lantas divonislah seluruh air tercemar..
hanya karena satu ayat "bunuh kafirin dimana ajah" maka 30 juz dinyatakan mesin pembunuh..

ayat2 Quran dibuat berdasarkan KEBUTUHAN dan KEADAAAN. ketika keadaan nabi masih lemah, maka dibuatlah ayat2 damai, ayat2 manies, dan ketika nabi telah kuat maka dibuatlah ayat2 yg bernada "keras".

ingat kalo ayat Quran memakai rumus nasikh dan mansukh. ayat2 damai muncul lebih dahulu dan digantikan ayat2 tanpa kompromi.

dimana sisi damainya jika ayat damai TELAH DIMANSUKH dengan ayat pedang!?

damai itu cuma di bibir.
avatar
salapanbelas maret
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Age : 21
Posts : 712
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Jakarta, tanah tumpah darah beta.
Join date : 19.03.14
Reputation : 5

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by islam pasti jaya on Mon Apr 06, 2015 11:26 pm

@dee-nee wrote:Kita diskusi baik2 ya ... mudah2an tidak ada kata2 saya yang menyinggung ... kalaupun ada tolong dianggap khilaf (karena saya tidak punya niat kesana)
hehehehehehehe

@islam pasti jaya wrote:Sebenarnya kembali kepada pokok persoalan, Kenapa hal ini mendapat reaksi/respon yg begitu besar dr kalangan Muslim?

(mohon maaf) masalahnya ... kalangan muslim mana yang anda maksud disini ??
Apa anda yakin para fans Aliando Syarif atau mereka2 yang sibuk membahas meninggalnya Olga juga memberi respon/reaksi besar terkait hal ini ??

Berapa persen anda yakin bahwa sikap BNPT sudah pasti ditolak oleh muslim2 di Indonesia

@islam pasti jaya wrote:Menurut pengamatan saya, ini terjadi karena BNPT selaku badan yg berwenang mencegah dan juga menangani kasus terorisme di Indonesia dan juga KOMINFO yang melakukan eksekusinya, melakukan tindakan yg "seolah2" semena2 terhadap media online, mengapa saya katakan begitu? ini karena tidak adanya komunikasi yg dibangun dan dialog yg dijalankan oleh BNPT serta dinas2 lainnya yg mungkin terkait dengan para pemilik situs2 online tersebut, bahkan saya pernah mendengar (koreksi kalau salah) BNPT walaupun telah bertahun2 mengamati situs2 "yg dianggap" radikal itu, mereka sama sekali belum pernah melayangkan berupa surat peringatan atau sejenisnya kepada para pemilik situs2 tersebut, ini yg menimbulkan permasalahan dan tanda-tanya, sehingga akibatnya kita mendengar alasan2 yg tidak logis terkait kenapa situs2 tersebut diblokir, (misal : alasan penggunaan domain .com), apa2an ini?? Jika mereka dapat mengurai kepada publik batasan2 yg disebut radikal dsb, maka semua akan clear. Blokir bisa dilakukan sebagai jalan paling akhir, dialog serta teguran haruslah yg diutamakan.

yang bold saya setuju 1000% ... bahwa BNPT melakukan tindakan "kurang ajar" terkait pemblokiran tersebut >>> saya setuju banget

tapi begini loh maksud saya .... disini saya cuma melihat dari dua sisi mata uang ... seperti saya sebut kepada mbah abu sebelumnya

@dee-nee wrote:Dan kita sangat tau lah gimana kuatnya perang syaraf antara dua institusi TNI dan Polri ini kalau sudah ketemu dengan muslim2 (seperti dalam situs Islam itu) ... disatu pihak yang ungu bisa dengan sangat mudah "mencap" si orange dengan kata "radikal" atau terkait jaringan terorisme ... dipihak lain orange juga gampang sekali melaknat2i si ungu ... atau mungkin menyebut si ungu didukung oleh Barat (musuh Islam)  

dan mohon maaf sekali bung IPJ >>> kebetulan saya termasuk orang yang tidak setuju dengan "kesalahan yang dibenarkan dengan alasan yang (menurut saya) tidak tepat" ... diluar apakah kesalahan itu bisa atau tidak dimaafkan ... tapi ya salah tetep salah

bahwa BNPT salah ... ya saya setuju BNPT dan pemerintah salah
tapi apa yang dilakukan K.H dalam artikel tersebut tetap salah (menyamakan BNPT dengan Abu Lahab padahal jelas kasusnya 180% berbeda) >>> penjelasannya saya tulis sekalian menjawab post mbah abu ...

Maksud saya ... kalau kita bicara sebab akibat atau sesuai dengan kalimat anda yang hijau >>> saya tidak bisa menggunakan alasan : hal tersebut terjadi karena reaksi/respon ... (saya dizolimi maka reaksi/respon saya adalah balas menzolimi)

kalau at the end ... kita diminta untuk memaklumi, mengerti (atau memaafkan) kesalahan tersebut ... ya itu tergantung masing2 orang

@islam pasti jaya wrote:kemudian, merespon apa yg dikatakan oleh Ulama' kita (yg semoga ALLAH SWT selalu menjaganya dr perkataan2 yg keliru) K.H Muhammad Arifin Ilham, saya berpendapat bahwa sudah sepantasnya bagi beliau selaku Ulama' untuk memperingati dan menyampaikan Firman2 Allah SWT, karena firman Allah SWT jg mengandung sebuah peringatan untuk seluruh ummat manusia, saya meyakini beliau tidak dalam posisi untuk berpihak kepada manapun, melainkan niat karena Allah ta'ala dalam memperingati sesama saudaranya, bukankah memperingati itu tidak harus bila orang yg kita peringati itu melakukan kesalahan??

underline : ada sekian banyak firman Allah ... lalu kenapa yang diambil adalah firman Allah terkait Abu Lahab untuk disamakan dengan kasus pemblokiran oleh BNPT >>> yang seperti saya sebut : padahal kasusnya 180% berbeda

Justru sebagai Ulama ... (menurut saya loh ya) beliau harus lebih arif dalam menggunakan firman2 Allah tersebut >>>
misalnya ... bagaimana pendapat anda bila ada ulama menggunakan ayat 9:29 untuk melakukan jihad bersenjata di Indonesia >>> apakah pilihan beliau (ulama tersebut) bisa dibenarkan dalam menyampaikan firman2 Allah ??

tidak bicara mengenai K.H Muhammad Arifin Ilham >>> bukankah kesalahan ISIS juga karena mereka yang tidak tepat dalam menggunakan firman2 Allah ??

@islam pasti jaya wrote:Bukan layak atau tidak layaknya kita pertanyakan, tetapi esensi atau nilai yg disampaikan bahwa, berhati2 lah dalam bertindak apalagi jangan sampai menghalangi jalan da'wah, adakah yg keliru? 
piss

hehehehe ... yang ini saya gabung ya dengan mbah abu

mbah abu wrote:mbdee..
bnpt dan abu lahab ini disandingkan karena bila bnpt TERBUKTI secara syariah maupun tauhid telah menutup jalan dakwah yah bnpt jadi abu lahab nusantara 21...
bila BNPT tak terbukti bersalah yah biarin toh arifin ilham sedang wajibun "ingatkan"..dan gak ada hak bagi arifin ilham untuk memvonis bnpt sebagai abu lahab..
dan sayah pikir bnpt vs abu lahab ckp smp disini karena tulisan diatas mengandung multi tafsir.

underline : seperti saya sebut sebelumnya

@dee-nee wrote: "Tetapi kalau keputusan itu buruk apalagi sampai menutup JALAN DA’WAH" >>>> yang disebut oleh penulis sebagai "jalan da'wah" ini pun masih ada 1000 lagi perdebatan didalamnya

bila faktanya BNPT tidak pernah memblokir situs2 Islam lainnya (termasuk milik NU dan Muhammadiyah) >>> apakah bisa langsung diberi stempel "BNPT = menutup jalan da'wah = Abu Lahab" yang jelas membenci Islam secara keseluruhan (termasuk membenci Nabi)

Jalan Da'wah seperti apa ?? >>> mari dibicarakan lebih dahulu yang disebut "jalan da'wah" ini
misalnya apakah ISIS juga disebut melakukan jalan da'wah ?? (sekali lagi bukan saya menyamakan situs2 itu dengan ISIS ... saya ambil kasus ISIS untuk menunjukkan contoh yang paling gampang ... sehingga tidak perlu ada debat lagi)

Jadi jalan da'wah seperti apa ?? >>> itulah yang harus dibicarakan >>> dan SEBELUM dibicarakan ... artinya belum terbukti BNPT menutup jalan da'wah kan ?? >>> maka bila BELUM TERBUKTI ... tidak selayaknya BNPT disamakan dengan Abu Lahab >> karena jatuhnya akan menjadi fitnah

sekali lagi ini pendapat saya loh ya ... hehehehehehehe

piss piss

Saya rangkum saja ya balasannya (repot quote satu per satu hehe)

Bagaimana kalau anda mengatakan kepada anak atau kepada kerabat anda yg masih kecil dengan perkataan :
Jangan mencuri, ini loh akibatnya bila kamu mencuri, tangan kamu akan di potong.

Peringatan itu diberikan --tidak berarti bahwa anak tersebut telah melakukan kesalahan (baca:mencuri). Dan bahkan wajar juga bila peringatan itu diberikan bila anak tersebut (yg menurut pandangan kita) mempunyai kecendrungan untuk mencuri. Bila kita compare dengan apa yg pak Kiai tersebut katakan dan kita berusaha menangkap pesannya dengan positif, maka akan menjadi petuah2/peringatan yang sebetulnya baik untuk BNPT (dan instansi2 lain yg mungkin terkait) untuk berhati-hati terhadap hal2 sensitif seperti pemblokiran situs keagamaan seperti ini.

Maksud dari menutup Jalan Da'wah ini tidak harus berarti bahwa BNPT telah menunjukkan sikap dengan menutup secara keseluruhan Jalan Dakwah atau yg lebih Ekstrim lg menentang ajaran Islam. Seseorang yg berdakwah dan kemudian ada orang lain yang menghalangi atau bahkan berniat jahat kepadanya (agar dakwahnya terhenti), maka orang ini jg disebut orang yg menutup/menghalangi jalan Dakwah. Dan BNPT, yang melakukan tindakan "seolah2" semena2 terhadap situs2 Islam ini --harus berhati2, kecendrungan BNPT dalam menutup jalan dakwah itu akan menjadi nyata bila BNPT tidak memiliki alasan2 reasonable dan memberikan argumentasi yg jelas tentang apa yg dituduhkannya kepada situs2 ISlam tersebut.
beranjak dari kalimat yg saya kasih underline diatas, hal itu bisa jd adalah hal yg menjadi alasan pak Kiai tersebut dalam memperingati BNPT dan menyampaikan ayat terkait Abu Lahab. Esensinya adalah, bagi yg menutup jalan da'wah>mendapatkan adzab Allah SWT.

denee wrote:Jadi jalan da'wah seperti apa ?? >>> itulah yang harus dibicarakan >>> dan SEBELUM dibicarakan ... artinya belum terbukti BNPT menutup jalan da'wah kan ?? >>> maka bila BELUM TERBUKTI ... tidak selayaknya BNPT disamakan dengan Abu Lahab >> karena jatuhnya akan menjadi fitnah

Saya rasa, dari teks tersebut tdk ada yang menyamakan BNPT dengan Abu Lahab (karena hanya mengandung peringatan), tp akan menjadi terkonfirmasi (BNPT=Abu Lahab) bila telah terbukti bahwa BNPT menutup jalan da'wah. Dan tidak dapat terhukumi Fitnah (menuduh tanpa dasar), karena bagaimanapun hal tersebut bukan merupakan tuduhan yg tanpa dasar yg dinisbatkan kepada BNPT, melainkan sebatas peringatan, beda2 tipis tapi tetap berbeda.

islam pasti jaya
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 354
Kepercayaan : Islam
Join date : 16.01.12
Reputation : 16

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by dee-nee on Thu Apr 09, 2015 8:06 am

@abu hanan wrote:senyum dulu lah..
"sesungguhnyah orang kafir tidak menyembah allah" (al kafirun)

z : tuh jendral bintang 7 kafir yah?
b : ssst..ntar ditangkap aparat loh..
z : lha kan dia (jendral) bukan muslim..
b : siapa bilang?dia mah islam..
z : menurut siapa?
b : yah menurut agamanyah sendiri..

kok saya jadi bingung dengan percakapan diatas mbah ...
jadi si jendral ini muslim atau bukan ya ??

hehehehehehehe

tapi ... bagaimanapun itu ... obrolan diatas juga bisa kan terjadi diantara para jendral itu sendiri
misalnya ...
jendral 1 : tuh penulis situs islam ... orang2 radikal ya ??
jendral 2 : udah ada buktinya blum ??
J 1 : lah kan jelas dia suka mengkafir2kan sesama muslim
J 2 : mungkin menurut dia benar ??
J 1 : yah benar menurut agamanya sendiri kan ... bukan menurut muslim lain

Sama aja toh mbah ... dan menurut saya dua percakapan diatas jadi sama2 ga penting

mbah abu wrote:memaknai jihad dalam arti sempit?debatable..karena kekerasan itu bagian dari jihad..
"bila mampu menghalau yah halau ajah"

yang benar itu : kekerasan bagian dari jihad ... atau .... melaksanakan jihad hanya bisa dilakukan dengan kekerasan ??
sepertinya ... maksud dari : "memaknai jihad dalam arti sempit" adalah bila ada muslim berpikir yang merah

menurut mbah abu sendiri gimana ..... yang merah benar atau salah ??

mbah abu wrote:semisal anggota tni/bnpt diburu 5 ekor anjing gila dan anggota bawa pistol..kira2 bakal gimana yang terjadi?
a.anggota tni kabur..
b.menghalau..
c.berdoa..

intermezzo ajah..?
jawab : b .... tapi anjing gila-nya juga tidak berhenti berburu toh

yah kita lihat saja siapa yang melakukan dengan benar ...
anjing gila yang memburu ... atau .... tni/bnpt yang memang perlu diburu

dalam hal ini saya cuma melihat ... kalau antara bnpt dan si anjing mau saling halau menghalau
>>> ya silahkan diteruskan kalau memang itu pilihan masing2 pihak
padahal sebetulnya tidak harus dengan cara seperti itu kan ....

****
mbah abu wrote:
terkait panel bentukan kominfo..apa yang mau dikata? terburu2..itu panel lahir karena kritik..kritik yang lahir dari galau..yah bnpt dan kominfo adalah kumpulan orang galau..
panel bukan solusi karena malah lucu karena belum jelas misi dan visinyah..satuan tugasnyah..kalow rapat2 tuh pake biaya siapa..apa ada honornyah..
mesti transparan..

bold : mbah abu berpikir begitu karena mbah abu mikirnya terlalu runut : a, b, c, d yaitu galau, blokir, dikritik, bikin panel

kenapa ga terjadi seperti ini : e, b, c, d >>> wacana bikin panel, blokir, terima kritik, berhasil deh bikin panel
kenapa tidak berpikir .. pemblokiran itu sengaja dibuat supaya menuai kritik sehingga wacana bikin panel bisa terealisasi

kalau urusan galau menggalau sih ... ya namanya juga punya wacana (diluar apakah galau atau memang perlu) ... masing2 orang punya pendapat sendiri

merah : ya itu maksud saya nulis di post #21 (yang saya masih males jelasinnya ... karena cuma garis besar)

hehehehehehehe

mbah abu wrote:tak mengapa..kelucuan2 republik ini akan membuka mata bahwa sejumlah badut dilahirkan di sekeliling kita.

the only enemy of each government is their own citizen >>> satu2nya musuh dari setiap pemerintahan di dunia ini adalah rakyat mereka sendiri
wajar ... logis ... dan sangat manusiawi >>> jadi saya ga menyalahkan (bahkan membenarkan) kalimat mbah abu

tapi pada akhirnya .... lalu mana ada negara yang tidak menjadi badut sekarang ini ?? >>> seluruh dunia ini pun sudah jadi badut semua kan

kagum

terkait kelucuan2 di republik ini ...

- HTI pun menjadi lucu ... ketika secara terang2an menolak demokrasi ... tapi disatu pihak tidak mau dibungkam atas nama "kebebasan berpendapat" setelah reformasi

- pemilik situs2 muslim itu pun menjadi lucu ... ketika mereka mengadu pada Komisi 1 DPR (yang ketuanya Tantowi Yahya) terkait pemblokiran BNPT ... tapi disatu pihak dulu sekali mereka pernah menuding Tantowi antek Israel/zionist waktu Tantowi (sebagai anggota DPR) pergi ke israel

- seorang muslim (tanpa saya sebut nama partainya) pun menjadi lucu .... ketika sebelum pencalonan pilpres dia bilang "partai kami tidak mungkin mendukung Prabowo dan Jokowi sebagai presiden karena keduanya bukan berasal dari rahim umat" ... terkait adanya wacana penggabungan partai2 Islam untuk memilih calon mereka sendiri .... pada akhirnya kita bisa lihat siapa saja capres-nya dan apakah ada partai yang tidak mendukung diantara mereka berdua

- bahkan FPI pun menjadi lucu .... ketika bertindak "anarkis" dengan melempar batu, dsb kepada aparat terkait pelantikan ahok .... tapi kemudian lari menghindar ketika polri melepas satuan K9 (anjing polri) ... dengan alasan "takut dijilat" >>> yang ini beneran lucu arti sebenarnya

yah ... begitu2lah mbah

piss piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by dee-nee on Thu Apr 09, 2015 9:03 am

@abu hanan wrote:nah contoh radikal adalah tulisan diatas sayah..
ya ... salapanbelas maret jelas radikal ...
lagian mana ada kristener non-radikal di forum ini .... justru karena mereka radikal maka mereka masuk forum ini kan

tapi menarik juga untuk disimak .... kenapa mbah abu menyebut salapanbelas maret radikal ??
bukan saya membela ybs ... tapi hanya mau dengar pendapat mbah abu saja

piss

@abu hanan wrote:mbdee..
air adalah analogi..terlalu jauh jika kita berkata :
bicara tentang air sebagai obat dahaga pun .... tidak semua air "sekedar" sebagai obat dahaga kan ...
bagaimana bila air obat dahaga itu sudah terpolusi hingga bisa mematikan
kalow air uda dikasi su'udzon lha sayah pake udara tentu nantinyah "hadew mbah,udara skrg juga mematikan..polusi..limbah nuklir dll" yah gimana dunk jeng?

bold : KALAU kan mbah ... gimana KALAU tidak ada su'udzon ?? >>> maka perlu dibicarakan dulu .... apakah benar ada campuran su'udzon-nya atau tidak  
tapi tetap mbah abu setuju kan kalimat quote saya

pendukung ISIS pun bisa saja bilang "kelompok ini sudah memberikan air sebagai obat dahaga bagi mereka yang merindukan tegaknya kekalifan Islam"
lalu saya bilang "ISIS itu bawa2 air yang sudah terpolusi dan bisa mematikan" >>> apakah disini saya sudah su'udzon ??

mbah abu wrote:pada hakekatnyah air adalah sumber kehidupan..dan hanya karena ada satu pabrik yang buang limbah di satu sungai lantas divonislah seluruh air tercemar..

hanya karena satu ayat "bunuh kafirin dimana ajah" maka 30 juz dinyatakan mesin pembunuh..

yang underline ini terus terang saya ga ngerti analoginya ... wakakakaka

Islam adalah sumber kehidupan ... dan hanya karena ada satu penulis yang buang limbah di satu website lantas divonislah seluruh Islam tercemar

confirm mbah .... benar begitu ??

>>> kalau benar : maka tidak salah toh bila yang di-vonis hanya si pabrik ... dan sungai itu mungkin perlu dibersihkan (ditutup sementara) karena si pemilik sungai memperbolehkan banyak pabrik buang limbah ... supaya apa ?? supaya air-nya bisa selalu dijaga sebagai sumber kehidupan

>>> kalau salah ... syukron banget koreksinya (hehehehehe)

mbah abu wrote:mengapa abu lahab?
sayah gak bela kyai tapi sayah coba pahami ide beliow..hemm mungkin analoginyah:
bnpt adalah 1 orang..
situs terblokir adalah 1 orang..

dan kyai ini menempatkan satu tubuh jadi
artinya nu dll gak diblokir tetapi islam adalah satu tubuh..
ketika bnpt menyodorkan bukti radikalism partus dan ternyata bnpt salah dalam menafsirkan, apakah nu dll akan diam ajah dan tetap mendukung bnpt?

merah : itulah saya sebut ... mbah abu mau lihat dari sudut pandang apa ... coba saya ulang kalimat saya yang ini

@dee-nee wrote:mungkin saya yang terlalu "pesimis" bahwa komunikasi akan sulit dilakukan bila yang bicara hanya antara BNPT vs pemilik situs ... mereka sudah seperti kanan vs kiri ....  tapi harusnya memang ada orang "ketiga" yang bisa jadi penengah ...

kenapa saya berpendapat yang biru : karena sudut pandang dan cara berpikir BNPT dengan pemilik situs sudah sangat beda
menurut saya : ketika situs Islam bicara dari sudut pandang agama ... BNPT bicara dari sudut pandang nasionalisme

diluar dari kesalahan BNPT (dari sudut pandang agama) untuk melarang menyebut non-muslim sebagai kafir .... BNPT berpendapat bahwa kata2 "pengkafiran" pada non-muslim bisa menimbulkan kebencian antara setiap pemeluk agama di Indonesia (hubungannya dengan persatuan dan ketahanan negara itu sendiri)

katakanlah NU adalah orang "ketiga" dalam hal ini ... NU tahu persis penyebutan kafir dari sudut pandang islam ... tapi NU juga mengerti sila ketiga tentang persatuan dan kesatuan negara ... dan NU juga mengerti apa yang disebut "muatan kebencian" bila dilihat dari sudut pandang Islam ... maupun dari sila ketiga itu sendiri

Terkait perang Liga Arab di Yaman misalnya ... sekarang fokusnya adalah memusuhi syiah ... banyak saya baca (tidak harus dari situs2 yang terblokir) tentang permusuhan2 dan kebencian pada syiah (siapapun dimanapun) .... nanti ada berita tentang Israel vs Palestina >>> lalu muncul permusuhan dan kebencian pada yahudi (siapapun dimanapun) ... nanti ada lagi berita tentang ISIS >>> muncul lagi permusuhan dan kebencian pada amerika (kristen)

>>> kalau sudah begini ... terkait kalimat ungu mbah abu >>> apa mbah abu yakin NU hanya melihat dari sudut pandang pemilik situs saja ??

bagaimana kalau kalimat mbah abu saya balik : ... bagaimana kalau ternyata partus itu juga salah dalam menafsirkan ketika tinggal di negara yang majemuk >>> apakah nu dll akan diam ajah dan tetap mendukung partus2 tersebut?

mbah abu wrote:cara fpi uda pasti radikal dalam urusan miras karena aparat loyo..hti? mengapa bnpt diam ajah?
dasar negara pun bisa diganti dengan "ketuhanan dan kebersamaan".. bentuk kesatuan bisa diganti federal..
bila hanya produksi manusia maka tak akan abadi selamanyah..

underline : mbah abu tau ga bagaimana UU negara ini terkait miras ?? >>> mari kita bicara UU dulu terkait miras
disatu pihak ... ya ... fpi sudah pasti radikal dalam urusan miras (tapi berapa persen mbah abu yakin fpi sudah bersikap fair dalam melakukan radikalisme ini)

terkait FPI ... mungkin point saya begini >>> bukan melawan miras yang jadi fokus >>> tapi "keadilan" yang dibawa fpi ketika melakukan sikap radikal-nya

bagaimana mbah abu bisa bilang aparat loyo bila memang tidak ada UU yang mengikat terkait miras
disatu pihak ... bagaimana mbah abu bisa bilang aparat loyo bila ternyata FPI justru diminta aparat untuk bertindak radikal

terkait HTI >>> saya kok yakin bnpt juga ga "diam saja" >>> ga masuk media bukan berarti "diam saja" toh mbah

sisanya : dijelaskan satu2 mbah ... saya bacanya kok agak ga nyambung ... karena sepertinya mbah abu nulis pake emosi

piss


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Thu Apr 09, 2015 10:40 am, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by dee-nee on Thu Apr 09, 2015 9:23 am

@abu hanan wrote:revolusi hadir karena ketidakpuasan..evolusi hadir karena ketidakseimbangan..

satu misal yang oot adalah ketika rakyat jawa timur beserta pemimpinnyah sepakat keluar dari ri,apakah tni/polri akan menumpas kesepakatan itu?
apa yang jadi hak mereka untuk melarang banyak orang memilih jalan hidup sendiri?


misal diatas adalah sebuah revolusi tetapi bukan radikal..karena tumbuh berdasarkan keinginan nan suka rela..
termasuk miss indonesia yg jadi women army..

underline : ya tapi bukan revolusi namanya bila yang tidak puas hanya segelintir
italic : ya ... tapi kita lihat saja gimana faktanya .... justru akan lucu ketika si fulan berorasi tentang revolusi diantara orang yang lalu lalang ... lalu si fulan bilang "orang2 yang lalu lalang ini sudah sepakat dengan saya"

apa yang jadi hak si fulan untuk memilihkan jalan hidup orang lain ?  

@abu hanan wrote:membiarkan wni gabung teroris jelas salah tetapi bila nekad yah pamaudikata?
berikan sanksi dan rumuskan dengan melibatkan sejumlah ormas
..bukan hanya nu muhamadiyah..persis-fpi dll juga wajib diundang karena 2 ormas besar itu juga bukan jaminan..mengingat orang2nyah juga terlibat politik..

merah >>> kita bicara dari sudut pandang muslim saja ya >>>> ormas besar masuk politik karena mereka ormas besar .... mereka menjadi ormas besar karena melibatkan masyarakat muslim secara mayoritas ....

maka tinggal dibalik .... kenapa fpi tidak terlibat politik ?? >>> karena fpi bukan ormas besar ... kenapa fpi tidak menjadi ormas besar ... karena tidak melibatkan masyarakat muslim secara mayoritas

maka .... terkait yang bold : siapa saja yang mewakili untuk bikin rumusan ini >>> macam2 ... dari wakil setiap agama, aktivis HAM, pakar hukum, pemerintah (departemen terkait), tni/polri, bnpt, tokoh masyarakat, bahkan sampai budayawan dan sosiolog ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by dee-nee on Thu Apr 09, 2015 10:37 am

@islam pasti jaya wrote:
Saya rangkum saja ya balasannya (repot quote satu per satu hehe)

Bagaimana kalau anda mengatakan kepada anak atau kepada kerabat anda yg masih kecil dengan perkataan :
Jangan mencuri, ini loh akibatnya bila kamu mencuri, tangan kamu akan di potong.

begini ... supaya clear maksud saya tentang

disini saya cuma melihat dari dua sisi mata uang

dibawah ini saya tulis lagi surat K. H. Muhammad Arifin Ilham kepada Kepala BNPT, Irjen. Pol. Drs. H. Saud Usman Nasution (warna biru)

lalu bayangkan bila Kepala BNPT, Irjen. Pol. Drs. H. Saud Usman Nasution menulis surat balasan kepada K. H. Muhammad Arifin Ilham ... hampir sama dengan gaya surat Kyai tapi dengan sudut pandang si jendral (warna merah dibawahnya)

jadinya begini

surat2an wrote:Surat untuk Ayahanda Irjen. Pol. Drs. H. Saud Usman Nasution, Kepala BNPT

Ayahanda tercinta Irjen. Haji Saud Usman Nasution, Nanda wajib mengingatkan Ayahanda yang telah memblokir Media Da’wah. Maafkan jika Ayah marah dengan Nanda. Ayahanda, hidup kita tidak lama di dunia, SANGAT SEBENTAR, apalagi jabatan yang kita emban. Segala sikap dan keputusan kita mengandung konsekuensi dunia akhirat.


Surat untuk Ayahanda K. H. Muhammad Arifin Ilham

Ayahanda tercinta K. H. Muhammad Arifin Ilham, Nanda wajib mengingatkan Ayahanda yang telah menulis surat terkait tindakan Nanda yang telah memblokir situs2 Islam. Maafkan jika Ayah marah dengan Nanda. Ayahanda, hidup kita tidak lama di dunia, SANGAT TERBATAS, apalagi pengetahuan yang kita miliki. Segala sikap dan keputusan kita mengandung konsekuensi dunia akhirat. Di dunia-pun sikap dan keputusan kita  mengandung konsekuensi tidak hanya bagi diri kita sendiri tapi juga bagi orang lain


Bacalah Kalam Allah dengan iman, barangsiapa memberi keputusan atau kebiasaan yang baik, lalu banyak yang mengikutinya maka sebanyak itu ganjaran mengalir Allah berikan kepadanya. Tetapi sebaliknya, barangsiapa membuat keputusan atau kebiasaan buruk, lalu banyak yang mengikutinya maka sebanyak itu dosa yang ditimpakan kepadanya. (QS. An-Nisa: 85)

Bacalah Kalam Allah dengan iman, barangsiapa memberi keputusan atau kebiasaan yang baik, lalu banyak yang mengikutinya maka sebanyak itu ganjaran mengalir Allah berikan kepadanya. Tetapi sebaliknya, barangsiapa membuat keputusan atau kebiasaan buruk, lalu banyak yang mengikutinya maka sebanyak itu dosa yang ditimpakan kepadanya. (QS. An-Nisa: 85)

Betapa besar NILAI AMAL dan PAHALA bila keputusan itu baik, sebanyak manfaat, sebanyak yang mengikutnya, sebanyak itu pahala mengalir yang Ayah raih. Tetapi kalau keputusan itu buruk apalagi sampai menutup JALAN DA’WAH, sungguh keputusan itu terlalu berani, terlalu riskan, Ayahanda.

Nanda wajib menyampaikan akibat-akibat bagi mereka yang menghalangi da’wah:


Betapa besar NILAI AMAL dan PAHALA bila keputusan itu baik, sebanyak manfaat, sebanyak yang mengikutnya, sebanyak itu pahala mengalir yang Ayah raih. Tetapi kalau keputusan itu buruk apalagi sampai menciptakan PERMUSUHAN, RADIKALISME, dan KEBENCIAN antara sesama muslim sungguh keputusan itu terlalu berani, terlalu riskan, Ayahanda.

Nanda wajib menyampaikan beberapa hal terkait mereka yang menciptakan permusuhan dan kebencian :


Mendapat laknat Allah seperti Abu Lahab, “Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah kepadanya harta bendanya dan apa yang dia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak.” (QS. Lahab: 1-4)
  Akan mendapat azab yang sangat pedih di akhirat kelak
  Akan mendapat azab Allah saat di dunia
  Termasuk orang zalim yang sangat merugi


Mendapat laknat Allah seperti dalam firman Allah Ta’ala “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang. Jangan pula menggunjing satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Hujurat: 12)
  Akan mendapat azab yang sangat pedih di akhirat kelak
  Akan mendapat azab Allah saat di dunia
  Termasuk orang zalim yang sangat merugi

Selain itu Ayahanda, Nanda juga merasa wajib menyampaikan beberapa hal tentang hukum di negara ini terkait  PERMUSUHAN dan KEBENCIAN :

Bahwa sesuai Pasal 28 Ayat 2 UU ITE, perbuatan yang dilarang dalam dunia siber salah satunya adalah "Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA)."

tujuan pasal ini adalah mencegah terjadinya permusuhan, kerusuhan, radikalisme atau bahkan perpecahan yang didasarkan pada SARA akibat informasi negatif yang bersifat provokatif. Isu SARA dalam pandangan masyarakat merupakan isu yang cukup sensitif.

Ancaman pidana dari Pasal 28 ayat (2) UU ITE tersebut diatur dalam Pasal 45 ayat (2) UU ITE yaitu pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah).

Maka .... dengan argumen anda berikutnya ... siapapun pun bisa mengajukan argumen yang sama persis

@islam pasti jaya wrote:Peringatan itu diberikan --tidak berarti bahwa anak tersebut telah melakukan kesalahan (baca:mencuri). Dan bahkan wajar juga bila peringatan itu diberikan bila anak tersebut (yg menurut pandangan kita) mempunyai kecendrungan untuk mencuri. Bila kita compare dengan apa yg pak Kiai tersebut katakan dan kita berusaha menangkap pesannya dengan positif, maka akan menjadi petuah2/peringatan yang sebetulnya baik untuk BNPT (dan instansi2 lain yg mungkin terkait) untuk berhati-hati terhadap hal2 sensitif seperti pemblokiran situs keagamaan seperti ini.

Peringatan itu diberikan --tidak berarti bahwa anak tersebut telah melakukan kesalahan (baca:mencuri). Dan bahkan wajar juga bila peringatan itu diberikan bila anak tersebut (yg menurut pandangan kita) mempunyai kecendrungan untuk mencuri. Bila kita compare dengan apa yg pak jendral tersebut katakan dan kita berusaha menangkap pesannya dengan positif, maka akan menjadi petuah2/peringatan yang sebetulnya baik untuk situs2 Islam tersebut (dan pihak2 lain yg mungkin terkait) untuk berhati-hati terhadap hal2 sensitif seperti menyebarkan informasi yang menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA ini.

Maksud dari menutup Jalan Da'wah ini tidak harus berarti bahwa BNPT telah menunjukkan sikap dengan menutup secara keseluruhan Jalan Dakwah atau yg lebih Ekstrim lg menentang ajaran Islam. Seseorang yg berdakwah dan kemudian ada orang lain yang menghalangi atau bahkan berniat jahat kepadanya (agar dakwahnya terhenti), maka orang ini jg disebut orang yg menutup/menghalangi jalan Dakwah. Dan BNPT, yang melakukan tindakan "seolah2" semena2 terhadap situs2 Islam ini --harus berhati2, kecendrungan BNPT dalam menutup jalan dakwah itu akan menjadi nyata bila BNPT tidak memiliki alasan2 reasonable dan memberikan argumentasi yg jelas tentang apa yg dituduhkannya kepada situs2 ISlam tersebut.
beranjak dari kalimat yg saya kasih underline diatas, hal itu bisa jd adalah hal yg menjadi alasan pak Kiai tersebut dalam memperingati BNPT dan menyampaikan ayat terkait Abu Lahab. Esensinya adalah, bagi yg menutup jalan da'wah>mendapatkan adzab Allah SWT.


Maksud dari menciptakan permusuhan, radikalisme, dan kebencian (PRK) ini tidak harus berarti bahwa situs2 tersebut telah menunjukkan sikap dengan menciptakan PRK secara keseluruhan. Menciptakan RPK atau yg lebih Ekstrim lg melakukan terorisme. Seseorang yg menciptakan PRK dan kemudian ada orang lain yang membiarkan atau bahkan berniat jahat untuk menciptakan perpecahan (agar negara ini chaos), maka orang ini jg disebut orang yg menciptakan Radikalisme. Dan situs2 islam, yang melakukan tindakan "seolah2" provokatif  --harus berhati2, kecendrungan situs2 islam dalam menciptakan PRK itu akan menjadi nyata bila situs2 tersebut tidak memiliki bukti2 reasonable dan memberikan argumentasi yg jelas tentang apa yg mereka tulis dalam situs2 tersebut.
beranjak dari kalimat yg saya kasih underline diatas, hal itu bisa jd adalah hal yg menjadi alasan pak jendral tersebut dalam memperingati situs Islam dan menyampaikan ayat terkait ghibah. Esensinya adalah, bagi yg mendekati kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka itu dosa > mendapatkan adzab Allah SWT.

piss piss

@islam pasti jaya wrote:
denee wrote:Jadi jalan da'wah seperti apa ?? >>> itulah yang harus dibicarakan >>> dan SEBELUM dibicarakan ... artinya belum terbukti BNPT menutup jalan da'wah kan ?? >>> maka bila BELUM TERBUKTI ... tidak selayaknya BNPT disamakan dengan Abu Lahab >> karena jatuhnya akan menjadi fitnah

Saya rasa, dari teks tersebut tdk ada yang menyamakan BNPT dengan Abu Lahab (karena hanya mengandung peringatan), tp akan menjadi terkonfirmasi (BNPT=Abu Lahab) bila telah terbukti bahwa BNPT menutup jalan da'wah. Dan tidak dapat terhukumi Fitnah (menuduh tanpa dasar), karena bagaimanapun hal tersebut bukan merupakan tuduhan yg tanpa dasar yg dinisbatkan kepada BNPT, melainkan sebatas peringatan, beda2 tipis tapi tetap berbeda.

yah ... kalau anda juga tidak bermasalah dengan kalimat2 merah diatas .... maka saya minta maaf sebesar2nya ... karena itu artinya saya saja yang sensitif ...
karena toh pada dasarnya antara yang biru dan merah sama saja ... hanya orang yang melihat dari sudut pandang berbeda

piss  piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by SEGOROWEDI on Mon Apr 13, 2015 7:52 am

@abu hanan wrote:salah..sumbernyah adalah logika cacat ala bnpt ato ansyad mbai..
air adalah obat dahaga..tapi bnpt bacanyah air bisa membunuh..
itulah cacat logika..

alquran itu racun

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43735
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by israel_jaya on Tue May 12, 2015 1:25 pm

terkait langkah pemerintah memblokir sejumlah situs islam..malah heran sayah..kenapa bnpt tidak merangkul mereka guna mencegah teror?
memblokir situs akan menegaskan bahwa sesungguhnyah bnpt adalah badan pemicu teror..
teror bagi siapa?bagi orang yang sedang mencari warna islam maka bnpt adalah teroris legal..bagi sayah?yah..pemicu teror..

siapa bnpt hingga berani kasi stempel teror pada situs2 islam?
merangkul teroris?
gak bisalah..
sikapmu seperti mendagri yg nyuruh AHOK merangkul FPI.
buat apa sampah FPI dirangkul?
buat apa teroris dirangkul?

situs2 itu memang anti Pancasila dan pemeritah.
ini yg gw percaya.kenapa?
BNPT gak bodoh lah..
coba aja lu nonton Ansyat nbai bicara.
kata2nya saja sangat logis dan orgnya terlihat tulus/baik.berbanding terbalik dgn para FPI.

kalau lo minta bukti itu blok bukan pendukung teroris,
gw minta bukti juga,bahwa blok tsb mendukung PANCASILA dan keberagaman.

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by dee-nee on Tue May 12, 2015 7:47 pm

@israel_jaya wrote:
terkait langkah pemerintah memblokir sejumlah situs islam..malah heran sayah..kenapa bnpt tidak merangkul mereka guna mencegah teror?
memblokir situs akan menegaskan bahwa sesungguhnyah bnpt adalah badan pemicu teror..
teror bagi siapa?bagi orang yang sedang mencari warna islam maka bnpt adalah teroris legal..bagi sayah?yah..pemicu teror..

siapa bnpt hingga berani kasi stempel teror pada situs2 islam?
merangkul teroris?
gak bisalah..
sikapmu seperti mendagri yg nyuruh AHOK merangkul FPI.
buat apa sampah FPI dirangkul?
buat apa teroris dirangkul?

situs2 itu memang anti Pancasila dan pemeritah.
ini yg gw percaya.kenapa?
BNPT gak bodoh lah..
coba aja lu nonton Ansyat nbai bicara.
kata2nya saja sangat logis dan orgnya terlihat tulus/baik.berbanding terbalik dgn para FPI.

kalau lo minta bukti itu blok bukan pendukung teroris,
gw minta bukti juga,bahwa blok tsb mendukung PANCASILA dan keberagaman.

teroris itu apa sih ??
orang2 yang melakukan teror kan ??
tergantung anda mau lihat dari sudut pandang mana

dari sudut pandang Belanda .... pejuang kemerdekaan Indonesia disebut teroris
apakah begitu juga dari sudut pandang warga Indonesia ??

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8643
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: bnpt,badan nasional pemicu teror ato pencegahan teror

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik