FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Fri May 08, 2015 9:56 am

First topic message reminder :

AGAMA vs NURANI ,  mana yg harus lebih diutamakan?

jika agama berkata A,dan nurani berkata B.mana yg mesti dituruti?

orang awam mengira agama adalah segala-galanya,melebihi nuraninya sendiri.
ini adalah suatu kesalahan fatal!

sebenarnya,mengapa kita menerima suatu agama?
sebab NURANI kita yg memberitahu bhw dalam agama tsb ada keselamatan.
jadi yg UTAMA adalah NURANI ,dan Agama hanya no.2

menganggap AGAMA lebih utama dari pada NURANI,
ITU sama seperti..
menganggap CERMIN lebih utama dari pada WAJAH kita!

agama adalah cermin utk mengingatkan jati diri (ROH) kita yg sebenarnya.

sisi ekstrimnya bisa kita misalkan saat agama memerintahkan kita membunuh anak kita
yg cacat.apakah akan kita patuhi? tentu tidak
atau agama memerintah utk membunuhi para murtadin.
kan muslim ogah mematuhi.
atau agama memerintah utk gunakan SYARIAH islam.
tapi NURANI menolak !! itu bagus !
berarti Presiden RI masih punya OTAK yg waras.

agar SYARIAH ISLAM tidak dipandang rendah,muslim berdalih bahwa
RI bukan negara ISLAM.inikan lucu !!
justru krn RI bukan negara islam maka mestinya bila syariah tidak banyak
mudaratnya,bahkan lebih banyak manfaatnya dari pada sistim NKRI,
mestinya RI dijadikan negara islam.
benar gak !!!!?

itu berarti presiden dan mayoritas muslim menganggap NKRI ,dgn PANCASILA
saktinya lebih mensejahterakan dari pada Syariah !!
sorry jadi OOT

artinya NURANI LEBIH UTAMA DARI AGAMA.

TIDAK SEMUA apa yg tertulis pada kitab suci itu selalu benar.
sama seperti TIDAK SEMUA apa yg kita niatkan sebagai perbuatan baik itu pasti perbuatan BAIK.

apa yg tertulis di dalam kitab suci juga banyak yg merupakan kesimpulan NURANI
(= niat baik) para aktifis agama (pendeta,pastor,ulama,biksu,)
kalo islam mah bahkan banyak yg ajaran sesatnya..krn lahir dari ulama sesat macam ustad baasyir.wakakakk..sorry bkn phobia melainkan FAKTA.

kesimpulan NURANI para aktifis tidak selalu benar.sebab bisa tertutup oleh awan kebodohan
atau debu hawa nafsu.

jadi bukan nurani yg salah,melainkan awam kebodohan dan hawa nafsu yg menutupi NURANI.
itu yg terjadi pada ISIS dan semua teroris islam.

itu pula yg membuat umat awam bodoh karena menganggap HOMO sex ,lesbian,waria sebagai dosa.atau haram.kekeliruan aktifis (ulama/pastur) dimasa lalu malah diikuti oleh umat awam krn mengira agama selalu benar.


Terakhir diubah oleh israel_jaya tanggal Sun May 10, 2015 7:40 pm, total 8 kali diubah

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down


Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Mutiaraa on Sat May 09, 2015 5:03 pm

meditasi itu justru mengundang jin untuk menyesatkan manusia
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Sat May 09, 2015 5:46 pm

buktikan saja ... ada atau tidak manusia lahir sebagai LGBT
ya ,anggap aja gw salah homo bukan sejak lahir.tapi .....kau salah lagi.
alami tidak selalu ada sejak lahir
pohon juga tumbuh bisa alami dan mengalami perubahan tdk biasa..

esensinya kan APAKAH HOMO DAN LESBI ITU HARAM APA TIDAK.

GW DGN TEGAS MENJAWAB TIDAK HARAM.

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by dee-nee on Sat May 09, 2015 7:00 pm

@israel_jaya wrote:
buktikan saja ... ada atau tidak manusia lahir sebagai LGBT
ya ,anggap aja gw salah homo bukan sejak lahir.tapi .....kau salah lagi.
alami tidak selalu ada sejak lahir
pohon juga tumbuh bisa alami dan mengalami perubahan tdk biasa..

urusan lahir2an vs alami kan saya ambil dari dua kalimat anda sebelumnya

israja wrote:memangnya mereka mau terlahir jadi LGBT??
apakah kau pikir LGBT itu tidak alami????

kalau dari saya kan ... cukup anda baca

memang apa dalil anda bahwa LGBT tidak dosa (tidak menyalahi hukum alam) ??

bold : anda ga ngerti maksud saya ... coba anda jawab dulu ... khususnya yang merah

sekarang sanggup ga para LGBT itu mencintai tanpa hubungan sex ??
buktikan bahwa hubungan sex yang dilakukan para LGBT adalah peristiwa alami
pahami apa tujuan utama dalam hubungan sex tersebut >>> apa cuma karena urusan nafsu ??

@israel_jaya wrote:esensinya kan APAKAH HOMO DAN LESBI ITU HARAM APA TIDAK.

GW DGN TEGAS MENJAWAB TIDAK HARAM.

apakah bisa disebut halal bila hubungan homo dan lesbi menyalahi hukum alam ??
makanya ... supaya clear menyalahi atau tidak ... jawab saya semua pertanyaan saya diatas (semua yang merah)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Sat May 09, 2015 8:03 pm


memang apa dalil anda bahwa LGBT tidak dosa (tidak menyalahi hukum alam) ??
sudah kukatakan
beban pembuktian ada pada mereka yg menuduh.
apakah maksudmu semua perbuatan yg tidak wajar itu menyalahi hukum alam?? silakan anda buat definisi apa itu menyalahi HUKUM ALAM.

ketertarikan pada sesama jenis bukan berasal dari si individu melainkan alam.itu tidak bisa dibuat-buat oleh sipelaku !!
paham gak??
buktinya gw gak bisa tertarik pada cowok sekalipun dgn sengaja..
ini MEMBUKTIKAN bhw ketertarikan pd sesama jenis adalah kecenderungan alami.
entah mutasi gen atau mutasi psikis.
kita tdk tahu pasti.

sekarang sanggup ga para LGBT itu mencintai tanpa hubungan sex ??
pertanyaan konyol.
tentu saja dapat.
cinta tdk ada hubungan dgn jenis kelamin.

pahami apa tujuan utama dalam hubungan sex tersebut >>> apa cuma karena urusan nafsu ??
maksudmu pria dan wanita yg menikah
secara resmi tp tanpa cinta tapi krn nafsu termasuk haram?? dasarnya opo??



israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Sat May 09, 2015 8:34 pm

Hillary: Pernikahan Sesama Jenis Harus Jadi Hak Konstitusi
http://www.suara.com/news/2015/04/16/123208/hillary-pernikahan-sesama-jenis-harus-jadi-hak-konstitusi

cuma negara terbelakang yg masih menjadikan kepercayaan/agama sebagai dasar HUKUM negara.

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Mutiaraa on Sun May 10, 2015 3:35 am

kalau dunia ini sudah rusak moral.semua,saat itulah kiamat segera tiba
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by dee-nee on Sun May 10, 2015 3:39 am

@ israja

Gini aja ... gimana kalau anda bikin thread baru versus sama saya fokus hanya terkait LGBT ini

maksudnya supaya ga OOT di thread ini

saya janji ... diskusi biasa aja ... no flaming, hina dina, dsb (kecuali kalau anda sampai menjelekkan Islam dan Muhammad SAW)

Insha Allah saya bisa fair ... dan ga pakai kata "pokoknya ... pokoknya ... pokoknya" >>> kalau saya begitu ... tolong ingatkan saya

gimana ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Otak Trailer on Sun May 10, 2015 9:19 am

Konsep Anatta adalah konsep yang mengajarkan egoisme.Itu dapat diketahui dari pemutusan hubungan sosial.Ajaran Budha adalah ajaran anti sosial.Supaya tidak ada duka maka oleh Siddharta dianjurkan untuk tidak bersenang-senang.Bagi Budha,menderita dalam kehidupan adalah jalan tertinggi untuk mencapai nirbana.Apakah ada kemunafikan seperti ajaran Budha?

Nurani didalam Budha telah dihilangkan.Nurani mengasuh anak telah dimusnahkan oleh Siddharta.

Bagi Topic Starter,telah menjadi kerancuan antara Nurani manusia dengan hewan.Dia mengijinkan seekor hewan berhubungan sex dengan manusia melalui Nurani.Sekalipun Tuhan tidak pernah ada akan tetapi akal sehat pasti membantah kebolehan itu.
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by frontline defender on Sun May 10, 2015 9:20 am

@israel_jaya wrote:Hillary: Pernikahan Sesama Jenis Harus Jadi Hak Konstitusi
http://www.suara.com/news/2015/04/16/123208/hillary-pernikahan-sesama-jenis-harus-jadi-hak-konstitusi

cuma negara terbelakang yg masih menjadikan kepercayaan/agama sebagai dasar HUKUM negara.
http://www.laskarislam.com/t9326-ternyata-homoseksual-itu-bisa-menular-baik-secara-psikis-maupun-fisik#164758

cuma negara yang tidak berilmu/tidak memperdulikan ilmu, yang mengijinkan hubungan sesama jenis!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

homo,lesbian,waria apakah termasuk perbuatan jahat?

Post by israel_jaya on Sun May 10, 2015 9:52 am


israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Mutiaraa on Sun May 10, 2015 9:57 am

jelas homo lesbi perbuatan jahat,karena gak mau punya keturunan,alias memusnahkan manusia.

bego aja yg begitu, punya anak itu tanggung jawab dan untuk regenerasi,nah homo dan lesbi itu penyakit yg akan memusnahkan manusia bgmn kl semua sudah jadi homo lesbi semua,siapa.yg akan beranak.

think
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Sun May 10, 2015 7:33 pm

Konsep Anatta adalah konsep yang mengajarkan egoisme.Itu dapat diketahui dari pemutusan hubungan sosial.
salah
meninggalkan keduniawian bukan berarti egois.
justru sang budha berusaha menolong umat manusia dari tua,sakit dan mati.dgn menjadi pertapa.
akhirnya beliau menemukan OBAT tsb...yg sayangnya sangat sulit manusia yg kuat menjalani tapa tsb.

Ajaran Budha adalah ajaran anti sosial.Supaya tidak ada duka maka oleh Siddharta dianjurkan untuk tidak bersenang-senang.Bagi Budha,menderita dalam kehidupan adalah jalan tertinggi untuk mencapai nirbana.Apakah ada kemunafikan seperti ajaran Budha?
meninggalkan keduniawian bkn berarti anda berbuat jahat.kecuali ada org kena musibah anda biarkan..itu anda jahat/anti sosial.anda salah jika mengira menderita dlm kehidupan adalah jalan Budha..
yg benar meninggalkan keduniawian.utk org yg sudah siap,itu bukan penderitaan.seperti utk org yg sudah ngantuk,tidur bukan suatu derita..
anda ngawur kalo bilang ajaran budha itu suatu kemunafikan..
Budha adalah ajaran KEBIJAKSANAAN..

Nurani didalam Budha telah dihilangkan.Nurani mengasuh anak telah dimusnahkan oleh Siddharta.
aah...anda benar2 naif bung !!
justru NURANI sang budha semakin terang benderang !!!
yesus adalah salah satu Budha juga. juga dewi kwan im.
tdk memiliki anak ,tdk berarti tdk bernurani..
naif sekali anda..hahahaha
sekolah sampe kelas berapa seh ente..?

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Sun May 10, 2015 7:54 pm

DEENEE:
btw ... saya ga menyangkal perintah bunuh para murtadin .... siapa yang menyangkal ??
wooooiiii muslim !!!!
ada muslim jujur neh ...

tentu saja pendapatmu ini sangat KONTROVERSIAL
bagi muslim sendiri.

deenee masih menganggap ISLAM itu bagus,pdhl sudah memaksa umat tidak boleh keluar dari islam.
MEMAKSA KOK DIANGGAP BAIK???
wakakakakak..
apa bedanya ISLAM dgn mafia ya !!

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Mutiaraa on Sun May 10, 2015 8:29 pm

kafir itu ada 2 jenis,yg damai dan yg bikin onar menyerang muslim disebut kafir harby.

nah kafir harby itulah yg boleh diperangi,sedangkan kafir yg damai jutru wajib dilindungi oleh muslim
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by dee-nee on Sun May 10, 2015 8:51 pm

@israel_jaya wrote:
DEENEE:
btw ... saya ga menyangkal perintah bunuh para murtadin .... siapa yang menyangkal ??
wooooiiii muslim !!!!
ada muslim jujur neh ...

tentu saja pendapatmu ini sangat KONTROVERSIAL
bagi muslim sendiri.

deenee masih menganggap ISLAM itu bagus,pdhl sudah memaksa umat tidak boleh keluar dari islam.
MEMAKSA KOK DIANGGAP BAIK???
wakakakakak..
apa bedanya ISLAM dgn mafia ya !!

perintah untuk bunuh kafir pun ada ... perintah untuk mengeksekusi perbuatan zina pun ada .... jadi apa masalahnya dengan perintah bunuh murtadin
so ... memang ada perintah itu ...

wong perintah perang pun ada ....

tapi Allah juga memberi perintah seperti ayat yang saya tulis sebelumnya >>> "Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar” [QS. Al-Israa’ : 33]

Artinya : diwajibkan bagi manusia untuk menggunakan akal dan NURANI mereka dalam menjalankan perintah "membunuh" tersebut ... harus jelas alasannya ... harus jelas bukti2nya ... dsb

yang merah ini memang ga akan sampai ke AKAL anda ... karena anda TIDAK SANGGUP memandang NURANI sebagai bagian dari agama (Islam)
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Mon May 11, 2015 9:44 am

tapi Allah juga memberi perintah seperti ayat yang saya tulis sebelumnya >>> "Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya), kecuali dengan suatu (alasan) yang benar” [QS. Al-Israa’ : 33]
jadi membunuh murtadin itu suatu alasan yg benar ya ?????????
dasar kau guooooblooookkkkkk !!!!!!!!

katanya agamamu agamamu
agamaku agamaku...
kok maksa harus memeluk islam?????
gak boleh murtad (keluar islam)
sekolah sampe kelas brp kau,.. deenee ?

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by mystery on Mon May 11, 2015 9:53 am

@atas

Mencerna kalimat aja susah kok gaya-gayaan bilang org gobl*k??
Perintah itu jalan kalau sudah ada bukti dan alasan yang benar!
Jadi gak asal bunuh, gak sesimpel seperti apa yg ada dlm anganmu (itu kafir/non islam bunuh-bunuh!)
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by israel_jaya on Mon May 11, 2015 12:36 pm

Mencerna kalimat aja susah kok gaya-gayaan bilang org gobl*k??
Perintah itu jalan kalau sudah ada bukti dan alasan yang benar!
jadi kaupun setuju muslim yg keluar dari ISLAM perlu DIBUNUH !!!!?????
sontoloyo kalian slim !!!!
dasar dungu semua nya..
MANA KONSISTENSI BHAWA ADA KEBEBASAN BERAGAMA ISLAM !!!!??

agamamu agamamu
agamaku agamaku


apa artinya lagi??????

dasar dodol !!!!

israel_jaya
SERSAN DUA
SERSAN DUA

Male
Age : 37
Posts : 99
Kepercayaan : Budha
Location : bandung
Join date : 06.01.15
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by isaku on Mon May 11, 2015 1:21 pm

Ada juga sih memang agama yang sangat getol bicara kasih, tapi sejarah mencatat dari jaman ke jaman, betapa berdarah2nya tangan mereka, genosida terjadi dimana2 tempat mereka menyiarkan agamanya.

Tidak terlalu mengherankan sebetulnya karena dikitab mereka memang terdapat perintah seperti itu. Hanya halaman rumah memang harus selalu terlihat rapi. Satu kata untuk mereka. Munafik!


http://www.laskarislam.com/t9254-tuhan-bible-genosida-adalah-perintah-harus-total-dilaksanakan
http://www.laskarislam.com/t8972-realita-genosida-oleh-kristen

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by mystery on Mon May 11, 2015 3:54 pm

@Isja

karena anda belum memahami apa itu betrayal!

itu kan bukan ayat untuk para murtad.
avatar
mystery
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1484
Kepercayaan : Islam
Location : yogyakarta
Join date : 22.02.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Otak Trailer on Wed May 13, 2015 10:33 am

Budha mengajarkan Anatta yang berarti setiap orang harus mengucilkan diri dari kebisingan duniawi agar jiwanya tidak terjangkit penyakit sosial.Tidak ada Bikkhu yang menikah karena menikah adalah keterikatan dengan benda.Tidak ada pula Bikkhu yang menghidupi dirinya sebagai pengusaha dan profesi lain like military or policeman.Bikkhu diajarkan untuk meminta sekedar mencukupi kebutuhan perut dan hanya Bikkhu yang mampu mencapai Nibbhana.Sebuah kemunafikan terselubung dengan kebijaksanaan Nurani.Sang Buddha sendiri meninggalkan kewajiban sebagai makhluk sosial.Semenjak Beliau mencapai bodisattva,Sang Buddha memutuskan aktifitas sosial selain mengajar.Bahkan menolong orang pun bukan menjadi pekerjaan utama.
avatar
Otak Trailer
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 542
Location : kolong tanah
Join date : 11.02.12
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Mutiaraa on Sat May 16, 2015 6:26 am

budha itu salah tafsir.....setelah manusia hidup didunia ini tujuan akhirnya adalah moksa atau lenyap,tapii sebenarnya manusia mati itu pasti sudah moksa,sudah lenyap dari dunia fana ini,krn berpindah ke alam.kubur,bukan lantas hidup lagi berkali2 di dunia fana ini.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: AGAMA vs NURANI , mana yg lebih utama?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 2 Previous  1, 2

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik