FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by F-22 on Thu May 14, 2015 1:32 pm

First topic message reminder :

http://www.laskarislam.com/t9300p25-revisi-sunnah-muhammad-mana-saja-yang-wajib-diikuti-muslim-dan-mana-yang-tidak#164932
@frontline defender wrote:
@F-22 wrote:
http://en.wikipedia.org/wiki/Expedition_of_Abdur_Rahman_bin_Auf

Muhammad appointed Abdur Rahman bin Auf to head to Dumatul Jandal to win over the people. It is reported by the Muslim Scholar Ibn Hisham, that he told Abdur Rahman:

Fight everyone in the way of God and kill those who disbelieve in God. Do not be deceitful with spoils, do not be treacherous, nor mutilate,do not kill children. This is God’s ordinance and practice of his prophet among you.
[Ibn Hisham, Sirat Rasul Allah , p. 672][2][7]


Abdur Rahman set out with 700 men on an expedition to Dumat al-Jandal, that is on the route to Khaybar, Fadak. The place was a great trading center; the inhabitants were mainly Christians and were ruled by a Christian king. Following the Islamic rule, on reaching Dumatul Jandal, Abdur Rahman summoned the people of the tribe to embrace Islam within three days grace.
During the 3 day period, Al-Asbagh, a Christian chief of Banu Kalb complied and many of his followers also followed suit.[6] Other tribes also paid tribute (Jizya) to Abdur Rahman. On agreement to pay Jizya tax regularly, they were allowed to keep their Christianity.[2]
Begini ajalah .......... sunnah/teladan muhammad di atas yg meng-ultimatum suku2 kristen utk masuk islam dalam 3 hari itu termasuk sunnah muhammad yg wajib diikuti muslim apa ndak ???
kalau kristennya merangi wajib diikuti, kalau kristennya nggak salah apa2 berarti ya sunnahnya palsu/nggak boleh diikuti!
Ini adalah pendapat dari salah seorang professor "terpandai" di forum ini yaitu bapak professor @fd.

Pendapat beliau ini sptnya adalah pandangan umum dr muslim2 disini. Muslim2 disini sebenarnya sejak dari awal sdh mempunyai pandangan sendiri mengenai islam. Dalam pandangan mereka, islam adalah agama "damai" yg melakukan kekerasan cuma utk "membela diri" ketika diserang.

Jadi ketika mereka dihadapkan dg BUKTI2 SEJARAH yg bertolak belakang dg pandangan pribadi mereka, secara otomatis spt mesin mereka langsung menuduh kalo BUKTI2 SEJARAH tsb adalah SALAH. Yg bener adalah PENDAPAT PRIBADI mereka. Jadi ini adalah logika muslim yg sangat "ilmiah penuh iptek" kalo PANDANGAN PRIBADI itu lebih benar drpd BUKTI2 SEJARAH.

Spt dalam kisah di atas. Kisah di atas adalah cuplikan dr kitab SIRAT RASUL ALLAH, kitab biografi tertua ttg muhammad. Yg mengarang juga muslim2 sendiri, bukan agen2 zionis mossad krn saat itu mossad memang belum ada, he he he ................

Secara jelas perintah muhammad adalah: "Fight everyone in the way of God and kill those who disbelieve in God." Perangilah mereka yg tidak percaya kpd allah swt. Perintah ini SANGAT MIRIP dg yg ada di QS 9:29

Sangat jelas perintah muhammad adalah perintah AGRESIF, bukan DEFENSIF utk membela diri.

Tapi di trit ini TIDAK MEMBAHAS ttg bener tidaknya kisah di atas.

Yg akan dibahas di trit ini adalah pandangan muslim sendiri yaitu kalo kapir yg menyerang lebih dulu & muslim cuma "membela diri".

OK lah ......... anggap saja dalam kisah di atas, suku2 kristen yg "menyerang" muslim lebih dulu & muslim cuma "membela diri". Dan dalam "pembelaan diri" ini, muslim meng-ultimatum suku2 kristen utk masuk islam dalam 3 hari.

Sebuah ilustrasi:
Sebuah gereja sedang dibangun. Muslim2 di sekitar lokasi tsb tidak setuju & mengadakan demo besar2an. Ya tahulah sendiri gimana kalo muslim lagi demo menentang pembangunan gereja. Hujatan sana-sini keluar dr mulut pendemo2 ini. Tapi tiba2 saja PLOKKK ............ entah krn emosi atau gimana tiba2 saja dari arah gereja tsb melayang sebongkah batu yg tepat mengenai salah seorang pendemo. Langsung saja kumpulan pendemo muslim tsb menjadi BERINGAS bukan kepalang. Mereka pulang ke rumah masing2 & kembali lagi ke lokasi sambil membawa: pedang, parang, clurit, golok, samurai, pisau penghabisan dll. Mereka mengepung gereja tsb & mengeluarkan ultimatum agar kaum nasroni di gereja tsb masuk islam dalam waktu 3 x 24 jam atau ...................... (ya tau sendirilah).

Alasan mereka adalah mengikuti sunnah muhammad. Krn kaum kapir menyerang lebih dulu dg serangan batu yg "mematikan", maka dg sangat terpaksa muslim2 melakukan "pembelaan diri" dg meng-ultimatum kaum nasroni agar masuk islam.

Jadi pertanyaan di trit ini adalah, apakah memang benar ada ajaran islam yg mengajarkan "pembelaan diri" dg cara memaksa musuh utk masuk islam ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by isaku on Mon May 25, 2015 3:42 pm

Sebetulnya dari kemaren2 saya juga mau nyolek mb Dee

@dee-nee wrote:
Ga nyambung boss .... Abdur Rahman bin Auf itu kisah perang ...

Yang bener itu kisah dakwah piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3520
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by dee-nee on Tue May 26, 2015 8:41 am

@isaku wrote:Sebetulnya dari kemaren2 saya juga mau nyolek mb Dee

@dee-nee wrote:
Ga nyambung boss .... Abdur Rahman bin Auf itu kisah perang ...  

Yang bener itu kisah dakwah  piss

hahahahahaha ... ya saya salah ... maaf banget
saya yang ga teliti ... kebalik2 dengan kisah perang Daumatul Jandal

malu malu malu

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Wed May 27, 2015 12:21 am

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???... BENAR



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Thu May 28, 2015 10:22 am

yakin?

QS. 2:256. Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

QS. 5:48. Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,

QS. 10:99. Dan jikalau Tuhanmu menghendaki, tentulah beriman semua orang yang di muka bumi seluruhnya. Maka apakah kamu (hendak) memaksa manusia supaya mereka menjadi orang-orang yang beriman semuanya?


berani sumpah nggak?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Thu May 28, 2015 8:30 pm

Qs 9:29 bahkan Islam yang MURTAD disuruh penggal kepalanya
(HR. Ibnu Abbas)
''Barang siapa menukar agamanya (murtad), maka bunuhlah dia!''

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by dee-nee on Thu May 28, 2015 8:37 pm

@bukajalan wrote:
Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???...  BENAR

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???... SALAH
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Thu May 28, 2015 10:21 pm

@dee-nee wrote:
@bukajalan wrote:
Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???...  BENAR

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???...  SALAH
Qs 9:29

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by dee-nee on Thu May 28, 2015 10:31 pm

@bukajalan wrote:
@dee-nee wrote:
@bukajalan wrote:
Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???...  BENAR

Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???...  SALAH
Qs 9:29

baca diskusi saya dengan aliumar
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Thu May 28, 2015 10:33 pm

saya dengan anda
Qs 9:29, bukti nyata

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Fri May 29, 2015 6:46 am

@bukajalan wrote:Qs 9:29 bahkan Islam yang MURTAD disuruh penggal kepalanya
(HR. Ibnu Abbas)
''Barang siapa menukar agamanya (murtad), maka bunuhlah dia!''
yang dimaksud murtad disitu itu murtad yang memerangi, buktinya di QS. 4:88-92 murtad yang tidak memerangi justru malah dilarang untuk dibunuh!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Fri May 29, 2015 9:19 pm


[9:29] Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah638 dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk.

mana kata MEMERANGI ? kecuali diusilin dengan tafsir seperti ini (baca : umpamanya)

9:29 Perangilah orang-orang yang tidak beriman yang MEMERANGI pengikut Allah swt & rosul-Nya ...


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Fri May 29, 2015 9:27 pm

makanya sambil lihat QS. 4:88-92, karena Kitab Suci itu satu kesatuan maka nafsirinnya harus sambil lihat ayat lain yang masih terkait, kecuali kalau yang nafsirin usil!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Fri May 29, 2015 9:32 pm

berarti benturan/kontradiksi donk atau lautin aza 9:29

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Fri May 29, 2015 9:46 pm

kontradiksi darimana, kafir Ahli Kitab disitu cuman keterangan obyek/target aja!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Fri May 29, 2015 9:52 pm

9:29 hanya disuruh MERANGI aza ke orang2 yang berbeda pandangan/agama dgn alloh swt & muhammad saw, pada saat sura diturunkan sampai hari2 kemudian


bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Fri May 29, 2015 9:55 pm

omong kosong, ayat Al-Quran mana ada hubungannya dengan sosok khayalanmu!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Fri May 29, 2015 10:56 pm

ini ...
QS 9:29 Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian, dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah638 dengan patuh sedang mereka dalam keadaan tunduk



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by Mutiaraa on Sat May 30, 2015 2:24 am

Perangi dlm arti sebenarnya itu hanya berlaku bagi Kafir Harby,yakni kafir yang menyerang,yg mengancam keselamatan dan jiwa serta harta muslim.

Perangi juga dlm arti kiasan,yakni spt perangi kebodohan,kemiskinan,bukan berarti perangi secara fisik,tapi perangi secara ideologi,perangi Kafir Dhimi,yakni kafir yg damai dan bersahabat dengan cara DIDAKWAHI, disampaikan kebenaran firman-firman Allah,dilindungi bahkan.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Sat May 30, 2015 8:38 am

QS 9:29 tidak ada ancam mengancam oleh kaum kafir, yang ada hanya :
1. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian,
2. dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya
3. dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah)[/b]



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Sat May 30, 2015 9:49 am

pedoman manusia itu Al-Quran (QS. 45:20 & sejenisnya), bukan sepotong2 Al-Quran! jadi QS. 9:29 musti dibaca bersama2 dengan ayat2 lain yang masih terkait, seperti QS. 2:190, QS. 2:256, QS. 4:75, QS. 4:88-92, QS. 5:48, QS. 10:99, QS. 22:39!


Terakhir diubah oleh frontline defender tanggal Sat May 30, 2015 10:06 am, total 1 kali diubah
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Sat May 30, 2015 9:53 am

kalau pake semua maka QS 9:29 VS QS. 45:20 & sejenisnya

bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Sat May 30, 2015 10:09 am

baca lagi yang bener :
pedoman manusia itu Al-Quran (QS. 45:20 & sejenisnya), bukan sepotong2 Al-Quran! jadi QS. 9:29 musti dibaca bersama2 dengan ayat2 lain yang masih terkait, seperti QS. 2:190, QS. 2:256, QS. 4:75, QS. 4:88-92, QS. 5:48, QS. 10:99, QS. 22:39!
baru ngomong!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Sat May 30, 2015 10:11 am

kalau dibaca sama2, maka QS. 9:29   VS  QS. 2:190, QS. 2:256, QS. 4:75, QS. 4:88-92, QS. 5:48, QS. 10:99, QS. 22:39!

karena QS 9:29 tidak ada ancam mengancam oleh kaum kafir, yang ada hanya :
1. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian,
2. dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya
3. dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah)



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by frontline defender on Sat May 30, 2015 10:25 am

kalau tidak ada, berarti ya tidak akan bertentangan, jadi ya tidak bisa diversuskan, versus itu kan kalau bertentangan! masak 0 bertentangan dengan 1 ataupun -1?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by bukajalan on Mon Jun 01, 2015 9:56 pm

maka kembali lagi ... QS 9:29 tidak ada ancam mengancam oleh kaum kafir, yang ada hanya :
1. Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian,
2. dan mereka tidak mengharamkan apa yang diharamkan oleh Allah dan RasulNya
3. dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah)



bukajalan
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 380
Kepercayaan : Lain-lain
Location : Indonesis
Join date : 18.07.14
Reputation : 1

Kembali Ke Atas Go down

Re: Benarkah dalam "membela diri" muslim diperbolehkan MEMAKSA kapir untuk masuk islam ???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 4 Previous  1, 2, 3, 4  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik