FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Muslim-Zone Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Post by dee-nee on Mon Jun 08, 2015 5:14 pm

dari detik

http://news.detik.com/read/2015/06/08/154535/2936419/10/jk-kritik-pengurus-masjid-yang-putar-rekaman-pengajian-sebelum-salat?991101mainnews

detik wrote:JK Kritik Pengurus Masjid yang Putar Rekaman Pengajian Sebelum Salat

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkritik kebiasaan pengurus masjid yang memutar kaset rekaman pengajian sebelum salat wajib. Menurut JK yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia itu pemutaran rekaman pengajian sebelum salat sangat mengganggu.

Apalagi jika pengajian diputar sebelum pukul 4 pagi menjelang subuh. Tak jarang orang yang memutar pengajian justru tertidur di masjid sebelum salat subuh.

JK pun meminta Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang pemutaran rekaman pengajian di masjid sebelum salat. "Saya minta fatwa MUI mengkaji pengajian (menggunakan) kaset. Ini berpahala atau tidak," kata JK dalam sambutannya saat membuka acara forum pertemuan komisi fatwa MUI di Pesantren At-Tauhidiyyah Cikura, Tegal, Jawa Tengah, Senin (8/6/2015).

Menurut politisi berusia 73 tahun itu, memutar rekaman pengajian tak akan mendatangkan pahala. "Kalau ada pahalanya, itu orang Jepang yang dapat karena itu pasti pakai Sony (kaset rekaman), itu Sony yang dapat. Tidak ada pahalanya," kata dia.

Dewan Masjid Indonesia, kata JK, telah melarang masjid memutar rekaman pengajian. DMI hanya membolehkan pengajian yang langsung dibaca oleh orang.

"Tidak ada pengajian keras-keras, hanya azan saja dua kali. Mengaji tidak boleh lebih 5 menit (sebelum salat). Kasih kesempatan orang salat sunah," kata JK.

gimana pendapat teman2 muslim ??
penting ga sih berita ini ??? wakakakakakaka

Kalau mau diseriusin ... ya penting juga karena Rasulullah ga pernah ngajarin kita untuk "mengaji trus direkam supaya bisa diulang2 sementara si muslim tidur"
tapi kalau dilihat dari niat ... ya sekali lagi niatan seseorang cuma Allah yang tahu ....

Saya sih ga pernah masalah dengan rekaman seperti ini >>> wong memang enak ditelinga ... jadi apa masalahnya ??

cuma akhirnya jadi senyum2 sendiri karena rumah saya di depan mesjid (yang memutar rekaman ngaji sebelum shalat subuh)

sebagai Qari tentu pernah salah ketika membaca ayat2 Al Quran ... sehingga beliau menyebut "astagfirullahaladzim"
Lalu karena ngaji si Qari ini direkam ... dan kemudian karena rekaman tersebut diulang2 terus sebelum menjelang subuh ...
Saya sampai hafal kapan kata "astagfirullahaladzim" keluar dari speaker mesjid

piss piss

Jadi gimana menurut teman2 ??
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8614
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Post by isaku on Tue Jun 09, 2015 11:02 am

Ustadz Yusuf aja yang jawab deh  piss

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/06/09/npnr9a-ustaz-yusuf-mansur-minta-maaf-kalau-suara-kaset-masjid-mengganggu

Ustaz Yusuf Mansur Minta Maaf Kalau Suara Kaset Masjid Mengganggu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ustaz Yusuf Mansur sepertinya menanggapi keinginan Wapres Jusuf Kalla yang melarang pemutaran kaset pengajian di masjid menjelang waktu shalat. Pimpinan Pondok Pesantren Daarul Quran Bulak santri, Cipondoh tersebut meresponnya dengan membuat serial kicauan.

"Bila al Qur'an diperdengarkan, maka ada saaattttuuuuu saja, yg berubah, yg trmotivasi, maka pahalanya u yg memperdengarkan al Qur'an itu," katanya melalui akun Twitter, ‏@Yusuf_Mansur. "Saya tdk tau siapa yg nyetel Muammar ZA di masjid. Saban mau jelang maghrib di bulan puasa. Jg jelang Jum'atan. Jg di jelang shubuh.."

Karena usianya ketika itu masih delapan tahun, ia langsung termotivasi mencari rekaman kaset untuk diperdengarkan agar bisa seperti Ustaz Muammar ZA. "Saya merengek minta dibeliin Sonny, Polytron, atau Aiwa. Spy bs nyetel kaset Muammar ZA. Saya jadiin bantal itu tape recorder. Saking pengen bisanya," katanya.

Ustaz Yusuf Mansur mebayangkan, kelak ketika sudah dewasa, suara pengajianya lah yang banyak didengar orang, melalui speaker masjid. "Lalu dg izin Allah, saya ada di posisi skrng ini... Suara saya didengar Indonesia... Bahkan dunia... &Tdk banyak yg tau... Bahwa saya jd begini, sebab kaset Muammar ZA yg diputar di masjid. Sdg saya tdk tau sd skrng, siapa yg sbnrnya nyetel kaset itu."

Dia melanjutkan kicauannya:

Knp Pak Mamat? Sbb tape recorder lama pernah saya liat ada di kamat merbotnya. Saat distel, mik buat azan didekatkan ke tape recorder itu.

Merbot masjid al Mansur saat itu banyak. Kemungkinan bsr yg nyetel adalah Pak Mamat. Almarhum skrng ini beliau.

Saya saat kecil, ga berani masuk ke ruang merbot. Kamar merbot, bagi saya saat kecil, layak kamar imam. Terasa sakral.

Saat ini, Pak Mamat, jg semua merbot, yg notabene tdk sebaik&seindah kalo Muammar ZA mengaji lwt kaset yg dibrodkes Speaker Masjid &pastinya bukan Pak Mamat&merbot2 lain yg ngaji, sbb sdh pasti itu adalah kaset. Beliau2 yg nyetel, akan dpt pahalanya...

Sbb di antaranya, suara itu sdh menggugah Yusuf Mansur. Lalu Yusuf Mansur itu brproses menjadi Muammar ZA. Seperti cita2nya sejak kecil...

Saya, dg segala lantunan Qur'an saya... Berhutang pada speaker masjid... Kaset2 ngaji yg dibrodkes dari masjid... &Para penyetelnya...

Belom lagi kisah distelnya suara ceramah almarhum KH. Zainuddin MZ... Juga dari toa2 masjid... Ikut membentuk cita2 Yusuf Mansur muda...

Aaahhh... Kelewat banyak hutang saya. Pd speaker masjid, pd kaset2 ngaji, &kaset2 tausiyah, yg diperdengarkan dari masjid...

Saya rindu itu semua...

Kalo dah dtg rasa rindu, rasa kangen, suka netes air mata... Saat ini, udah semakin banyak masjid yg ga berani lagi nyetel kaset2 itu...

Apalagi nanti... Di malam2 Ramadhan... Bahkan di malam takbiran... Semua bakal sunyi senyap... Mdh2an tidak... Saya rindu suara2 itu...

Maafkan masjid2... Maafkan surau2... Maafkan langgar2... Jika suara2 kaset, atau suara2 asli, terasa mengganggu...

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Post by musicman on Tue Jun 09, 2015 6:37 pm

Saya sih menganggap permintaan maaf Ustad YM terlalu prematur tanpa mengkonfirmasi lebih lanjut apa sebetulnya niat sebenarnya dr pak JK .. agak terlalu sensitif atau memang merasa bersalah yah  wallahu alam..


Mungkin ini maksudnya pak JK:
Q.7:55. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas
Q.7:205. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.


Posisi rumah saya saat tinggal dengan ORTU pas sekali dengan arah TOWA dr musholla (menghadap kamar saya lantai atas) dengan berjarak -/+ 10-20 m dan effeknya cukup luar biasa ke kuping kalau memang sebelum saat sholat dipasang keras2 itu towa. Bahkan untuk obrol ke lawan bicara yg berhadap2an saja saya harus kencang atau setengah berteriak saat TOWA diputar

Karena saya muslim, yah saya ngga pernah anggap sesuatu yg menggangu..walaupun kondisinya berubah saat sekian lama pisah rumah lalu menginap di kamar lama..kok kuping saya memang nyut2an karena tidak terbiasa. Mungkin akan lebih efektif dan terkesan elegan agar suara bisa juga dipertimbangkan volumenya, atau misal dilihat apakah ada sekitar jarak dekat rumah non muslim yg terganggu atau tidak.

Saya tidak bisa bayangkan kalau hal yg saya alami terjadi kepada Non muslim yg sedang istirahat tidurnya harus terbangun jam 3-4 pagi padahal mereka tidak punya kepentingan apa2 untuk shalat subuh atau beraktifitas subuh buta, atau anak bayi mereka yg terganggu tidurnya. (Sayangnya yg terjadi di rumah ortu saya bersebelahan dengan ruko milik warga keturunan, untunglah mereka tidak pernah komplain..mungkin karena ngga enak, riskan atau memang toleransi)

artinya, umat Islam perlu melihat hal ini secara adil, bijak dan seksama ..jauh dari perasaan sensi apalagi emosi dan lebih konyol langsung menuduh Pak JK dengan gelar2 buruk (ini banyak terjadi di medsos). Udah bukan jamannya lagi muslim bermental begini ..

Muslim yg baik itu yg tidak merugikan tetangganya kan yah?
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Post by dee-nee on Tue Jun 09, 2015 10:43 pm

@musicman wrote:
Muslim yg baik itu yg tidak merugikan tetangganya kan yah?

Yang underline .... jadi inget kicauan pak Menag tentang warung makan ...

“Twit asli: "Warung-warung tak perlu dipaksa tutup. Kita harus hormati juga hak mereka yang tak berkewajiban dan tak sedang berpuasa,” kicau @Lukmansaifuddin yang dikutip detikcom, Selasa (9/6/2015).

“Ada 2 hal yg ingin saya sampaikan lewat twit itu. Pertama; tak perlu ada paksaan untuk menutup warung di bulan puasa,” kicau Lukman lagi.

“Bila ada yang sukarela menutup warungnya, tentu kita hormati. Tapi muslim yang baik tak memaksa orang lain menutup mata pencahariannya demi tuntutan hormati yg sedang puasa. Saling menghormati adalah ideal. Tapi jangan paksa satu kepada yang lain” kicau Lukman lagi.

“Kedua; kata 'juga' pada "kita harus hormati juga" secara implisit mengandung makna: selain menghormati yang sedang berpuasa,” kicau Lukman

hehehehehhe maaf OOT

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8614
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Muslim-Zone Re: Memutar Kaset Rekaman Pengajian Sebelum Salat Wajib.

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik