FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Halaman 9 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 8, 9, 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Sep 09, 2015 7:29 pm

First topic message reminder :

Sementara Alkitab cukup menjelaskan apa hakekat pribadi dan peran Roh Kudus, Qur'an justru mengingatkan setiap Muslim bahwa tidak ada seorangpun yang diberi penjelasan tentang siapa atau bagaimana Roh itu (QS 17:85). Walau Sudah diperingatkan demikian. Banyak penafsir masih nekad "memastikan" bahwa Roh Kudus] adalah malaikat Jibril, tanpa menunjukkan ayat explisit manapun dalam Qu'ran

QS 17 : 85 Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".

Alkitab jelas membedakan kedua oknum tersebut; Allah tidak pernah menempatkan malaikat Gabriel (jibril) sebagai agen-tunggal pewahyu. Ia hanya ditampilkan sesekali untuk menyampaikanberita ad-hoc dari Allah, dan bukan penyampai segala wahyu yang justru menjadi urusan Roh Kudus

Amat Sederhana untuk melihat bahwa Roh Kudus itu sama sekali tak ada kaitan-identitasnya dengan Gabriel/Jibril atau makhluk ciptaan lainnya. Bandingkan saja bagaimana Gabriel memperkenalkan dirinya dan bagaimana ia memperkenalkan Roh Kudus.

Kepada Zakharia, ia berkata :
Lukas 1:19
Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Sebaliknya, kepada Maria (yang sedang berada dihadapannya) ia berkata : “Roh Kudus akan turun atasmu” :
Lukas 1:35
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah

Jelas sekali dalam ayat tersebut Gabriel tidak berkata : “Aku (jibril), akan turun atasmu”.

Lebih jauh lagi, bilamana manusia yang tidak kenal Roh Allah itu tetap besi-kukuh “men-Jibril-kan” Roh Kudus, maka tentulah kandungan Maria itu adalah malaikat Jibril yang akan tinggal disana selama 9 bulan masa kehamilan. Maka dapatkah makhluk Jibril yang sama (“Roh Kudus”) sekaligus masuk memenuhi Yohanes Pembabtis, dan bapaknya dan ibunya (yaitu Zakharia dan Elizabeth), karena mereka inipun dipenuhi oleh Roh Kudus sebelum dan semasa Maria mengandung? (Lukas 1:15, 41,67).

Seorang malaikat, walau merupakan roh yang mampu berada dimanapun dalam sekejab, namun ia tetap makhluk ciptaan dengan roh yang terbatas, sehingga ia tidak bisa Maha-Ada seperi Allah. Ia tidak mampu serentak di semua ruang di segala waktu. Malaikat justru diciptakan berjuta-juta untuk menangani orang-per orang, dilahkan kaji ayat-ayat di bawah ini :

Mazmur 91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu

Matius 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Juga dikatakan dalam QS 13:11

Namun Roh Kudus hanya ada satu, dan Ia adalah Roh Allah sendiri, karena Allah adalah Roh :

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Maka Alkitab dengan amat jelas mengatakan bahwa Roh Kudus akan diberikan Allah kepada setiap kita yang memintanya sebagai anak-anak Allah yang dikasihiNya (Lukas 11:13). Cukup satu Roh Kudus untuk semua orang!.1

Korintus 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh

Namun, apakah satu Jibril untuk semua?.

Sesungguhnya, tidak ada satupun kitab-suci di dunia yang secara explisit menyamakan Gabriel/Jibril itu dengan Roh Kudus. Tidak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sebagai Roh Kudus dan tak ada Roh Kudus yang mengklaim diriNya sebagai Gabriel. Malahan tak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Gabriel selain di Alkitab (Lukas 1:19).

Jadi, darimana "orang-orang pintar" Itu bisa tahu bahwa "dia adalah Roh Kudus"?, sementara untuk meyakini "dia adalah Gabriel sendiri" saja masih bermasalah. Sesungguhnyalah penyamaan kedua sosok yang amat berbeda itu hanyalah penafsiran yang dipaksakan manusia tertentu, yang tidak mengenal dan mengalami lawatan Roh Kudus.

Roh-jahat sangat berkepentingan untuk mengacaukan identitas RohNya Allah, roh-jahat itu tidak mengingini manusia untuk berkenalan dengan Allah yang sejati, sebab disitulah titik lemahnya.

Sekali keilahian Roh Kudus dapat dipatahkan, maka hubunganNya dengan manusia bisa dialihkan menjadi hubungan sesama makhluk saja, yaitu relasi antara manusia dan malaikat (atau setan yang berkedok malaikat). Meninggalkan manusia tetap terasing dari RohNya Allah yang justru mampu menyingkapkan kebenaran Allah dalam batinnya. Kebutaan rohani itulah inti keinginan roh-jahat.

Padahal, Allah secara pribadi sangat mementingkan relasi diriNya dengan makhlukNya. Dia sampai menyebut dirinya “Bapa”, dan memanggil manusia sebagai anak-anakNya!. Dia menyebut diriNya Gembala yang menghimpun kawanan ternakNya dengan tanganNya, dan meletakkan anak-anak domba dipangkuanNya. Dia dalam RohNya malahan bersedia datang kepada umatNya dan diam bersama-sama dengan mereka ( Yohanes 14:23, Yesaya 40:11, Lukas 11:13).

Persamaan Jibril dan Roh Kudus?

Apakah Qur'an pernah menyamakan Roh Kudus dengan Jibril? Dan dimanakah Jibril pernah menyamakan juga dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
Cukup mengherankan bahwa Jibril bahkan tidak pernah memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Jibril! Walaupun Muhammad berkenalan amat dekat dengan satu sosok roh-malaikat selama belasan tahun, dan selalu menerima wahyu daripadanya (malahan roh tersebut sesekali mewujudkan dirinya bertubuh seperti manusia agar lebih intim dengan Muhammad), namun nama-pribadi dari roh tetap tersembunyi. Barulah di Medina, tiba-tiba Muhammad memuncilkan nama Jibril atas nama Wahyu.

Maka, wajar bila kemudian muncul komentar-komentar yang mempermasalahkan, kenapa Jibril, disatu pihak tidak mewahyukan nama-pribadinya kepada Muhammad, namun di lain pihak Muhammad bisa mendapatkan nama tersebut atas nama wahyu Jibril?
Para ahli-pun, segera membandingkan dengan apa yang tertulis di Alkitab. Bagaimana Malaikat satu ini memperkenalkan namanya dan disampaikan kepada Zakaria misalnya

Lukas 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Ya, ini soal NAMA PRIBADI – bukan sebutan – yang tidak bisa tidak harus diperkenalkan oleh yang empunya nama itu sendiri, dan bukan di-klaim oleh nabi atau manusia.

Tampaknya teman Muslim menyamakan Roh Kudus dengan Jibril, karena penyamaan fungsi keduanya, yaitu menurunkan Wahyu Allah. Tetapi kita tahu bahwa wahyu Qur'an bukan hanya diturunkan oleh Jibril, tetapi juga oleh Allah langsung kepada Isa dan kepada Musa ( Qs 3:55 ; Qs 5:110 ; Qs 3:48 ; Qs 4:164 ). Jadi, apakah Jibril juga akan disamakan dengan Allah?

Jikalau Roh Kudus itu adalah malaikat Jibril, ciptaan Allah, maka pastilah Jibril berada dalam diri Maryam yang sedang mengandung Isa (karena Isa dikandung dari Roh Allah dan senantiasa diperkuat oleh Roh Kudus, Qs 4:171 ; Qs 5:110 ). Tetapi ternyata ada "Jibril lain" yang sedang berbicara dari luar diri Maryam, yaitu yang berseru kepada Maryam dari suatu tempat yang rendah... (lihat Surat Maryam 19:24, dalam teks aslinya, nama Jibril tidak tidak sekalipun tercatat di seluruh Surat Maryam. Disini, sosok Jibril hanya tafsiran manusia. Di seluruh Qur'an hanya terdapat 3X penyebutan Jibril, yaitu pada Qs 2:97 ; Qs 2:98 dan Qs 66:4 ).

Dalam kesempatan lain, Ruh (dari) Allah ini juga terkesan sebagai "nafas" Allah yang ditiupkan untuk memberi kehidupan ( Qs 4:171 ; Qs 21:91 ), bukan agen pewahyu. Dan ditempat lain, Roh Kudus menjadi agen-kuasa yang diperkuatkan hanya kepada Isa ( Qs 2:253 ; Qs 5:110 ) yang tidak diperkuat kepada nabi-nabi lain. Maka, benarkah tafsiran dari para penafsir Muslim bahwa Jibril dan Roh Kudus adalah mutlak identik? Ataukah Roh Kudus itu adalah Roh keilahian Allah yang Maha-Hadir yang keluar dari Allah, penyata kebenaran yang tinggal selama-lamanya dalam setiap diri orang-orang yang mengasihi Yesus Kristus?

Yohanes 14:15-17,26
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Amin.






Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 2:11 pm

@RHCP wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:
Karena sering baca alkitab. Makanya gw tahu Muhammad saw. itu adalah allos parakletos yang dimaksud oleh Yesus.
ketawa guling

jadi..
pengikut Yesus mesti nunggu 600 tahun baru ada penolong
yaitu muhammad
Ya ngga dong, Wed.
Khan masih ada WARISAN AJARAN Yesus yang benar dan asli (yang belom kecampur ajaran PAGAN paulus).
usil  
Itu khan masih tetap VALID, HINGGA diutusnya Muhammad saw. sang penolong  600 thn kemudian.
Coba kalo murid2 Yesus dan pengikutnya harus nunggu ROH KUDUS..??
SAMPE kiamat juga ngga akan ada bukti kedatangannya....!!!
usil

lha tu seukuwahmu..
malah ada yang bilang sudah palsu sejak jaman Yesus..
gimana tu? kalau harus nunggu 600 tahun..

lha begitu Yesus mafat..
kan lalu selalu hadir sebagai Roh Kudus
gak pake nunggu, apalagi sampai 600 tahun

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Tue Nov 03, 2015 3:10 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:
Karena sering baca alkitab. Makanya gw tahu Muhammad saw. itu adalah allos parakletos yang dimaksud oleh Yesus.
ketawa guling

jadi..
pengikut Yesus mesti nunggu 600 tahun baru ada penolong
yaitu muhammad
Ya ngga dong, Wed.
Khan masih ada WARISAN AJARAN Yesus yang benar dan asli (yang belom kecampur ajaran PAGAN paulus).
usil  
Itu khan masih tetap VALID, HINGGA diutusnya Muhammad saw. sang penolong  600 thn kemudian.
Coba kalo murid2 Yesus dan pengikutnya harus nunggu ROH KUDUS..??
SAMPE kiamat juga ngga akan ada bukti kedatangannya....!!!
usil

lha tu seukuwahmu..
malah ada yang bilang sudah palsu sejak jaman Yesus..
gimana tu? kalau harus nunggu 600 tahun..

lha begitu Yesus mafat..
kan lalu selalu hadir sebagai Roh Kudus
gak pake nunggu, apalagi sampai 600 tahun
Lha itu juga bener,
Karena Yohanes sendiri bilang, antikristus udah ada pada jaman itu bersama2 mereka, tapi tidak sungguh2. Yang ngaku2 mengajarkan Injil, padahal BUKAN Injil. Ngaku2 ketemu Yesus, ngaku2 diutus Yesus, ngaku2 diilhami roh kudus padahal BOHONG.....!!!

Masalahnya apakah mereka itu MAU dan MAMPU memilih dan memilah MANA yang murni ajaran Yesus, mana yang udah kecampur2 ajaran PAGAN paulus. Itupun sulitnya sama seperti memisahkan padi dan ilalang. Tapi bukan berarti NGGA ada sama sekali. Buktinya Setelah Yesus, masih tetap ada sekte esenes yang TETAP menjalankan ajaran Yesus yang BENAR dan murni. Bahkan pengikut Yesus yang benar banyak yang menjadi martyr, karena mempertahankan ajaran Yesus yang murni.

Yesus hadir dalam bentuk roh kudus dari dulu NGGA PERNAH ADA BUKTINYA...
Sampe kiamat pun loe ngga akan bisa buktiin....!!
piss
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 3:17 pm

@RHCP wrote:
Lha itu juga bener,
Karena Yohanes sendiri bilang, antikristus udah ada pada jaman itu bersama2 mereka, tapi tidak sungguh2. Yang ngaku2 mengajarkan Injil, padahal BUKAN Injil. Ngaku2 ketemu Yesus, ngaku2 diutus Yesus, ngaku2 diilhami roh kudus padahal BOHONG.....!!!

Masalahnya apakah mereka itu MAU dan MAMPU memilih dan memilah MANA yang murni ajaran Yesus, mana yang udah kecampur2 ajaran PAGAN paulus. Itupun sulitnya sama seperti memisahkan padi dan ilalang. Tapi bukan berarti NGGA ada sama sekali. Buktinya Setelah Yesus, masih tetap ada sekte esenes yang TETAP menjalankan ajaran Yesus yang BENAR dan murni. Bahkan pengikut Yesus yang benar banyak yang menjadi martyr, karena mempertahankan ajaran Yesus yang murni.

Yesus hadir dalam bentuk roh kudus dari dulu NGGA PERNAH ADA BUKTINYA...
Sampe kiamat pun loe ngga akan bisa buktiin....!!  
piss

jadi gimana neh..
harus nunggu penolong 600 taon?
bagaimana bisa milah dan milih kalau penolongnya belum nongol?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Tue Nov 03, 2015 3:42 pm

Lha khan dijaman itu masih ada warisan ajaran Yesus yang BENER??? Itulah PATOKANNYA.

Cuma kudu hati2, "memisahkan padi dan ilalang". Karena diantara yang NGAKU2 sebagai pengikut Yesus, ternyata ada antikristus.

Loe ngandelin roh kudus mulu....??
Mana BUKTINYA Yesus pernah HADIR dalam bentuk roh kudus??
Dari mana loe tau itu roh kudus bukan roh iblis??
APA PATOKAN loe...??
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 3:50 pm


lha menurutmu kan kondisinya campur-aduk antara yang bener dan gak bener, untuk milih dan milah kan butuh bantuan penolong, lha apa jadinya kalau penolongnya baru akan nongol 600 tahun kemudian, di arab lagi..

lha Yesus sudah menyatakan akan menyertai sampai pada akhir jaman sebagai Penolong/Penghibur, ya kalau butuh pertolongan dan penghibur mintanya ke Yesus, bukan ke yang lain..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Tue Nov 03, 2015 8:21 pm

Murid yg BENAR2 mengetahui dan mengenal ajaran Yesus, khan tetap ada. Merekalah yang menjadi pemelihara injil, sepeninggal Yesus.

Masalahnya kebanyakan orang saat itu milih yg mana?? padi apa ilalang?? orang2 saat itu milih ikut siapa?? murid2 Yesus apa antikristus??

Ada bukti sejarah mengenai pertentangan antara murid Yesus yang setia dgn pengikut Yesus yg cuma pura2 (antikristus). Menimbulkan konflik berdarah yg berkepanjangan, hingga penguasa romawi harus turun tangan.

Akhirnya kristen paganis warisan paulus-lah yg menjadi pemenang, karena dukungan romawi PAGAN. Namun pengikut ajaran Yesus yg BENAR tetap masih ada, walopun jumlahnya kecil.

Janji Yesus utk menyertai dengan cara gimana?? Itu yg harus loe pahami dulu?? Yesus berjanji akan meminta kepada bapa untuk mengutus parakletos lain. Parakletos lain itulah yang akan mengajarkan segala sesuatu dan akan mengingatkan semua yang dikatakan Yesus dan akan menyertai hingga akhir jaman. Itu pun bukan dalam arti orangnya, tapi warisan ajarannya.

Artinya, permohonan Yesus kepada Bapa, telah terpenuhi oleh kenabian Muhammad saw.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Tue Nov 03, 2015 9:39 pm

@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
yang bikin tanda kurung ruh kami (jibril) itu :
1. anda2 ?
2. saya ?

jadinya kek gini lho ...

@SEGOROWEDI wrote:masih ada masalah di:
- si A nurunin
- si B nurunin

disimpulkan:
- si A adalah si B
Yang menafsirkan jibril niupin dirinya sendiri SIAPA??
Yang bikin teori si A/si B nurunin, siapa??
Khan udah sampe berbusa gw jelasin??
Kenapa masih loe masih ngeyel nasfsirin pake dogma sesat loe?
ya, ente2 sendiri berdasarkan term ruh kami (jibril)
Kok ada ya manusia yang ngeyelnya pangkat 3 begini??
Ampun dah....
usil
lha yang maksa term ruh kami = jibril kan ente2, bukan gw
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
Dimaksudkan Yesus sendiri dalam peran/fungsi Penolong/Penghibur yaitu Roh Kudus
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos paraklêtos. Kita harus mengerti konsep Yudaisme waktu itu tentang maksud "penolong lain". Dalam pengharapan mesianik kalangan Yudaisme, salah-satu gelar "Mesias" yang ditunggu-tunggu itu bahasa Ibrani  MENAKHEM (Comforter, Penolong atau Penghibur). Itu disebut dalam Talmud orang Yahudi.

Kalangan Kristiani "berdasarkan paham Yudaisme" tadi - percaya bahwa Yesus itulah MENAKHEM (terjemahan bahasa Yunani  paraklêtos) sebagaimana disebut dalam 1 Yohanes 2:1 (dalam terjemahan Indonesia, "perantara"

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton)pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
"Allon" dalam bahasa Yunani adalah maskulin dari kata "allos" yang artinya "yang lain dalam jenis yang sama", itu artinya allon parakleton adalah sama2 manusia yaitu seorang NABI LAIN.
@RHCP wrote:
Nih baca baik2....
1 Yohanes 4:1 "Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap ROH, tetapi ujilah ROH-ROH itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak NABI-NABI palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia"
Ayat itu adalah BUKTI bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI.

Yesus adalah seorang parakletos, yaitu NABI yg TUGASNYA sbg pembela/penghibur/penolong. Dan Yesus menyebutkan "Allos parakletos" bukan tanpa alasan. Karena Allah memang akan mengirimkan seorang parakletos lain atw seorang roh kebenaran yaitu seorang NABI LAIN yg TUGAS dan JENISNYA SAMA. NGGA MUNGKIN nabi berbentuk ROH....!!!

Yaitu ROH KEBENARAN, yang BERARTI NABI yang BENAR, nabi al amin. Sebutan bagi Muhammad saw.
kenapa paraklêton {Seorang penolong/ pembela} pd 1 Yoh. 2:1, nyasar ke 1 Yohanes 4:1 ??, gathukismemu salah alamat

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:ruh Kami (Jibril).” (QS Maryam: 17)
ruh Kami (jibril).” (QS at-Tahrim: 12)
ruh dari Kami (Jibril).” (QS al-Anbiya: 91)

Jadinya... ya JIBRIL niupin JIBRIL ke maryam
coba tanpa tanda (kurungya) si penterjemah itu, maknanya tetep sama/tidak ?
Udah SALAH masih NEKAT aja, loe...
Lagian kenapa kata2 "dari" seolah2 loe singkirin?? Justru disitu letak perbedaannya.
"ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)

Ya sama lah..... Khan udah sampe berbusa gw bilang bahwa identifikasinya dari TUGAS, bukan sekedar nama/sebutan. Pertama Jibril memberi kabar kepada Maryam, kemudian meniupkan ruh nabi Isa as. yang dibawanya kerahim Maryam. Khan udah jelas.
dan sedari awal anda tidak bisa membuktikan Ruh kami = jibril dari strudy bahasa arabnya alquran
kecuali ngotot dengan (tanda) kurung sipenerjemah, kalau bukan di sana ya di sini


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Tue Nov 03, 2015 9:50 pm

@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
utk memahami isi Alkitab butuh tuntunan Sang Penolong yaitu Roh Kudus
untuk bisa mempraktekkan isi Alkitab butuh tuntunan Sang Penolong yaitu Roh Kudus
sampai hari kiamat
Sebelum praktek loe harus belajar dulu. Tanpa alkitab dan ajaran gereja, darimana loe bisa belajar ajaran kristen?? Yang JELAS2 ada dan KELIHATAN dari jaman dulu sampe sekarang, ROH kudusnya apa ajaran gereja/alkitabnya (yang selalu penuh inovasi dan revisi)??
ketawa guling
Kalo loe diminta bukti ajaran kristen, terus loe sodorin alkitab, orang2 non-kristen masih bisa percaya. COBA loe sodorin roh kudus...??? Ngga dibilang GILA aja, udah untung loe...!!
usil
@Syalom aleykhem wrote:
gmana ceritanya parakletos itu nyungsang ke muhammad saw Cep ???
pliss dahhh ....
Karena sering baca alkitab. Makanya gw tahu Muhammad saw. itu adalah allos parakletos yang dimaksud oleh Yesus.
ketawa guling

Yohanes
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya

14:17 yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

Yohanes 15:26,  "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.".

ayat di atas merujuk pada Sang Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang memiliki hakekat Kekal yaitu Bapa = Yesus Kristus

bugimana jalan ceritanya ayat di atas nyambung ke orang Arab ??
bukankah orang Arab itu sdh jadi bangke/debu tanah, tidak kekal ??

lagian muhammad tidak pernah diutus oleh Yesus Kristus

jika hendak mencari rujukan/ nubuat tentang Nabi Anda, sebaiknya dipakai Kitab Suci sendiri saja, daripada menyerang Kitab Suci orang lain hanya karena tidak ada rujukan terhadap beliau.


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Tue Nov 03, 2015 11:20 pm

syalom wrote:lha yang maksa term ruh kami = jibril kan ente2, bukan gw
pusing
syalom wrote:kenapa paraklêton {Seorang penolong/ pembela} pd 1 Yoh. 2:1, nyasar ke 1 Yohanes 4:1 ??, gathukismemu salah alamat

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
Lha..... Salahnya dimana?? Bukannya penafsiran alkitab harus didukung atw dibandingkan dgn ayat alkitab lainnya??

Kata parakletos (setau gw) disebut pada 5 ayat alkitab (CMIIW). Dari segi bahasa, parakletos bisa diartikan penolong penghibur/perantara/pembela. Sementara dari segi bahasa pnuema hagion artinya roh kudus. Dan gw setuju bahwa Yesus adalah seorang parakletos.

Dari sini ada "sesuatu" yang harus dijelasin. KARENA Yesus mengatakan akan memohon kepada Bapa untuk mengirimkan "allos parakletos". Jika Yesus adalah roh kudus juga, maka "allos parakletos" adalah "allos pneuma hagion".

Tapi masalahnya apakah ada "roh kudus yang lain" atw "allos pneuma hagion"?? Jika Yesus adalah seorang parakletos, maka "allos parakletos" TIDAK MUNGKIN YESUS2 juga...!!?? Karena tidak mungkin ada "allos pneuma hagion"

1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
syalom wrote:dan sedari awal anda tidak bisa membuktikan Ruh kami = jibril dari strudy bahasa arabnya alquran
kecuali ngotot dengan (tanda) kurung sipenerjemah, kalau bukan di sana ya di sini
Jiaaahh.... Loe bedain parakletos dan allos parakletos aja KAGA BISA!! haha...

Nih, buktinya bedain yang jelas begini aja, susah banget...!!
"ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)
Pake mw minta study bahasa arab al Quran...!!??
Aaahhh, lagu loe...!!??
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 12:02 am

@Syalom aleykhem wrote:
Yohanes
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya

14:17 yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

Yohanes 15:26,  "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.".

ayat di atas merujuk pada Sang Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang memiliki hakekat Kekal yaitu Bapa = Yesus Kristus

Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

Yesus dalam bentuk manusia dengan macem2 mukjizat aja kaga mempan sama kelakuan bani israil apalagi Yesus dalam bentuk roh??? APA ngga makin dicuekin...???

Yang kaga2 aja loe...!!
ngakak
@Syalom aleykhem wrote:bugimana jalan ceritanya ayat di atas nyambung ke orang Arab ??
bukankah orang Arab itu sdh jadi bangke/debu tanah, tidak kekal ??
Yang akan menyertai umat Muhammad sampai akhir jaman adalah WARISANNYA. Yaitu Al Quran dan haditsnya. Dan itu ADA BUKTINYA.

Apa loe bisa BUKTIIN kalo roh kudus mendampingi sampe akhir jaman??
usil
@Syalom aleykhem wrote:lagian muhammad tidak pernah diutus oleh Yesus Kristus
Yesus memang TIDAK mengutus "allos parakletos", Yesus hanya memohon kepada Bapa agar mengutus "allos parakletos". Kalo loe jawab: "Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus"..... Maka gw akan TANYA LAGI : Kalo begitu, BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
ngakak
@Syalom aleykhem wrote:jika hendak mencari rujukan/ nubuat tentang Nabi Anda, sebaiknya dipakai Kitab Suci sendiri saja, daripada menyerang Kitab Suci orang lain hanya karena tidak ada rujukan terhadap beliau.
Ohh loe merasa gw serang alkitab loe, ya...?? Maaf dah, kalo gitu.
Tapi, kalo loe hobi menyerang Al Quran, sebaiknya sih jangan MEWEK kalo gw conter attack. FAIR khan...??
ehmm

Dan maap, gw ngga perlu rujukan dari alkitab tentang kenabian Muhammad saw. Gw cuma sekedar "nunjukin" bahwa nubuat tentang Muhammad saw. ada di alkitab. Loe mw percaya/ngga, bukan urusan gw.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 10:01 am

@RHCP wrote:Murid yg BENAR2 mengetahui dan mengenal ajaran Yesus, khan tetap ada. Merekalah yang menjadi pemelihara injil, sepeninggal Yesus.

lha faktanya kan kalian tuduh sudah palsu..
trus penolongnya baru nongol 600 tahun kemudian di goa hira arab
gimana dong?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 11:37 am

@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Murid yg BENAR2 mengetahui dan mengenal ajaran Yesus, khan tetap ada. Merekalah yang menjadi pemelihara injil, sepeninggal Yesus.

lha faktanya kan kalian tuduh sudah palsu..
trus penolongnya baru nongol 600 tahun kemudian di goa hira arab
gimana dong?
Karena kitab2 yahudi sudah banyak interpolasi, shg tercampur dgn ajaran2 "LAIN" (pa gan dan bu helen). Maka udah ngga bisa dibilang ASLI dan ngga bisa dianggap MURNI lagi. Yaaa mw gimana lagi, Wed...?? itu juga FAKTA.
usil

TAPI murid Yesus khan masih IDUP dan masih memelihara ajaran Yesus yang ASLI?? Pengikut2 mereka (murid2 yesus) selanjutnya pun tetap memelihara ajaran Yesus yang ASLI?? Mereka dan penerus2nya adalah "caretaker" ajaran Yesus yang ASLI, dan TETAP bisa JADI rujukan. Sampai kedatangan Muhammad saw. sang nabi al amin.

Ada dimana sih, Wed....??
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 11:43 am


jadi gimana nih?
terpalsukan atau terjaga oleh murid-murid Yesus
sampai si penolong dari goa hira nongol

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 11:59 am


jadi gimana slim..
kalau kalian butuh pertolongan dan penghiburan Tuhan
cukup baca buku saja?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 1:13 pm

Al Quran hadits dan terpelihara. Muslim berdoa/mohon pertolongan langsung kpd Allah. Ngga butuh perantara. Ngga PAKE istilah "harus melalui aku" utk sampai kepada Allah. NGGA butuh bantuan ROH.

Minta tolong kok sama ROH?? Kaya animisme-dinamisme??
usil

Orang lain cara berfikirnya udah tembus langit, loe masiiih aja BETAH MELATA ditanah, wakakakak..
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 2:47 pm

@RHCP wrote:
syalom wrote:lha yang maksa term ruh kami = jibril kan ente2, bukan gw
pusing
syalom wrote:kenapa paraklêton {Seorang penolong/ pembela} pd 1 Yoh. 2:1, nyasar ke 1 Yohanes 4:1 ??, gathukismemu salah alamat

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
Lha..... Salahnya dimana?? Bukannya penafsiran alkitab harus didukung atw dibandingkan dgn ayat alkitab lainnya??
lha iya membandingkannya yg bagaimana dulu, gak asal nabrak comot sana-sini kek kebiasaan anda2
@RHCP wrote:
Kata parakletos (setau gw) disebut pada 5 ayat alkitab (CMIIW). Dari segi bahasa, parakletos bisa diartikan penolong penghibur/perantara/pembela. Sementara dari segi bahasa pnuema hagion artinya roh kudus. Dan gw setuju bahwa Yesus adalah seorang parakletos.

Dari sini ada "sesuatu" yang harus dijelasin. KARENA Yesus mengatakan akan memohon kepada Bapa untuk mengirimkan "allos parakletos". Jika Yesus adalah roh kudus juga, maka "allos parakletos" adalah "allos pneuma hagion".

Tapi masalahnya apakah ada "roh kudus yang lain" atw "allos pneuma hagion"?? Jika Yesus adalah seorang parakletos, maka "allos parakletos" TIDAK MUNGKIN YESUS2 juga...!!?? Karena tidak mungkin ada "allos pneuma hagion"
kan udah dibilang bahwa setelah Yesus naek ke Sorga
Yesus hadir dalam sosok Roh Kudus dalam peran fungsi sebagai Sang Penolong/Penghibur
@RHCP wrote:
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
nih contohnya
1 Yoh
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
gak ada sangkut-pautnya dgn orang Arab
@RHCP wrote:
syalom wrote:dan sedari awal anda tidak bisa membuktikan Ruh kami = jibril dari strudy bahasa arabnya alquran
kecuali ngotot dengan (tanda) kurung sipenerjemah, kalau bukan di sana ya di sini
Jiaaahh.... Loe bedain parakletos dan allos parakletos aja KAGA BISA!! haha...

Nih, buktinya bedain yang jelas begini aja, susah banget...!!
udah tuh di atas & sblum2nya
cuman CP nangkepnya minta amfun
@RHCP wrote:
"ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)
Pake mw minta study bahasa arab al Quran...!!??
Aaahhh, lagu loe...!!??
ketawa guling
gak bisa kan ? padahal sedari awal gw nuntut ke anda, tetapi tetap saja ngolor-ngidul



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 2:48 pm

nah lo..
poinnya: gak cukup baca buku kan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 2:53 pm

@RHCP wrote:Al Quran hadits dan terpelihara. Muslim berdoa/mohon pertolongan langsung kpd Allah. Ngga butuh perantara. Ngga PAKE istilah "harus melalui aku" utk sampai kepada Allah. NGGA butuh bantuan ROH.

Minta tolong kok sama ROH?? Kaya animisme-dinamisme??
usil

Orang lain cara berfikirnya udah tembus langit, loe masiiih aja BETAH MELATA ditanah, wakakakak..
ketawa guling

lha kok mengklaim Penolong/Penghibur dimaksud
adalah muhammad???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 3:09 pm

@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
Yohanes
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya

14:17 yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

Yohanes 15:26,  "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.".

ayat di atas merujuk pada Sang Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang memiliki hakekat Kekal yaitu Bapa = Yesus Kristus

Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

Yesus dalam bentuk manusia dengan macem2 mukjizat aja kaga mempan sama kelakuan bani israil apalagi Yesus dalam bentuk roh??? APA ngga makin dicuekin...???

Yang kaga2 aja loe...!!
ngakak

Aku akan minta, untuk menunjukkan bahwa  Dia itu Allah sekaligus manusia, juga raja dan imam.

Ketika Kristus berkata, Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

sejak bumi diciptakan jga emang tampak seolah2 Tuhan gak bisa ngatur kelakuan manusia yg bejat
kenapa mikirnya sedangkal itu CeP ??
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:bugimana jalan ceritanya ayat di atas nyambung ke orang Arab ??
bukankah orang Arab itu sdh jadi bangke/debu tanah, tidak kekal ??
Yang akan menyertai umat Muhammad sampai akhir jaman adalah WARISANNYA. Yaitu Al Quran dan haditsnya. Dan itu ADA BUKTINYA.

Apa loe bisa BUKTIIN kalo roh kudus mendampingi sampe akhir jaman??
usil
ah gw gak sedangkal loe, cuman bilang buktinya buku
jadi parakleton itu muhammad saw atau alquran atau hadis ?
blum lagi gw tanya ke tata bahasanya parakleton nyambung ke muhammad saw
so
Roh Kudus menolong saya/siapa saja mengerti/mengenal Yesus adalah TUHAN
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:lagian muhammad tidak pernah diutus oleh Yesus Kristus
Yesus memang TIDAK mengutus "allos parakletos", Yesus hanya memohon kepada Bapa agar mengutus "allos parakletos". Kalo loe jawab: "Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus"..... Maka gw akan TANYA LAGI : Kalo begitu, BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
ngakak
@Syalom aleykhem wrote:jika hendak mencari rujukan/ nubuat tentang Nabi Anda, sebaiknya dipakai Kitab Suci sendiri saja, daripada menyerang Kitab Suci orang lain hanya karena tidak ada rujukan terhadap beliau.
@RHCP wrote:
Ohh loe merasa gw serang alkitab loe, ya...?? Maaf dah, kalo gitu.
Tapi, kalo loe hobi menyerang Al Quran, sebaiknya sih jangan MEWEK kalo gw conter attack. FAIR khan...??
ehmm

Dan maap, gw ngga perlu rujukan dari alkitab tentang kenabian Muhammad saw. Gw cuma sekedar "nunjukin" bahwa nubuat tentang Muhammad saw. ada di alkitab. Loe mw percaya/ngga, bukan urusan gw.
silahkan bikin kajian di forum ini (kalau bisa buka ts baru)
jangan main klaim tanpa dasar, omong kosong

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 6:51 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
syalom wrote:kenapa paraklêton {Seorang penolong/ pembela} pd 1 Yoh. 2:1, nyasar ke 1 Yohanes 4:1 ??, gathukismemu salah alamat

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
Lha..... Salahnya dimana?? Bukannya penafsiran alkitab harus didukung atw dibandingkan dgn ayat alkitab lainnya??
lha iya membandingkannya yg bagaimana dulu, gak asal nabrak comot sana-sini kek kebiasaan anda2
Gaya loe.... Kaya yang ngga hobi comot2 plus-plus, aja!!
basi

@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
Kata parakletos (setau gw) disebut pada 5 ayat alkitab (CMIIW). Dari segi bahasa, parakletos bisa diartikan penolong penghibur/perantara/pembela. Sementara dari segi bahasa pnuema hagion artinya roh kudus. Dan gw setuju bahwa Yesus adalah seorang parakletos.

Dari sini ada "sesuatu" yang harus dijelasin. KARENA Yesus mengatakan akan memohon kepada Bapa untuk mengirimkan "allos parakletos". Jika Yesus adalah roh kudus juga, maka "allos parakletos" adalah "allos pneuma hagion".

Tapi masalahnya apakah ada "roh kudus yang lain" atw "allos pneuma hagion"?? Jika Yesus adalah seorang parakletos, maka "allos parakletos" TIDAK MUNGKIN YESUS2 juga...!!?? Karena tidak mungkin ada "allos pneuma hagion"
kan udah dibilang bahwa setelah Yesus naek ke Sorga
Yesus hadir dalam sosok Roh Kudus dalam peran fungsi sebagai Sang Penolong/Penghibur
Koar2 ngga perlu pake tafsir, dgn alasran udah terang benderang. Tapi akhirnya PAKE tafsir2 juga??
Mending kalo tafsirnya bagus, lha..... cuma pake tafsir ala kristen nan kristeni...!!

Mana argumen loe.......??
@RHCP wrote:Tapi masalahnya apakah ada "roh kudus yang lain" atw "allos pneuma hagion"?? Jika Yesus adalah seorang parakletos, maka "allos parakletos" TIDAK MUNGKIN YESUS2 juga...!!?? Karena tidak mungkin ada "allos pneuma hagion"
LAGAK doang, LOE SEBAKUL....!!!
usil
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
nih contohnya
1 Yoh
4:2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
4:3 dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
gak ada sangkut-pautnya dgn  orang Arab
Cara gw menguji seorang yang mengaku NABI dengan membaca dan memahami WARISANNYA yaitu :al Quran dan hadits. GAMPANG, semua orang bisa. Tapi ternyata orang kristen luar biasa "POLOS AKUT". Karena cuma orang kristen yang BISA menguji ROH dengan roh kudus?? TANPA alkitab... cukup dengan roh kudus!!
ketawa guling

Tapi pas gw minta penjelasan kristen GIMANA caranya MENGUJI roh?? Ternyata HARUS pake  alkitab2 JUGA. Padahal sebelomnya dengan BANGGA bilang "cukup minta pertolongan sama roh KUDUS, bukan pake ayat alkitab...."
ngakak

Udah confirmed oleh kristen sendiri, bahwa ANTIKRISTUS itu bukan Muhammad. Karena antikristus ngga ada hubungannya sama orang arab.
gak ada sangkut-pautnya dgn  orang Arab
huehehehe...
usil
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
syalom wrote:dan sedari awal anda tidak bisa membuktikan Ruh kami = jibril dari strudy bahasa arabnya alquran
kecuali ngotot dengan (tanda) kurung sipenerjemah, kalau bukan di sana ya di sini
Jiaaahh.... Loe bedain parakletos dan allos parakletos aja KAGA BISA!! haha...

Nih, buktinya bedain yang jelas begini aja, susah banget...!!
udah tuh di atas & sblum2nya
cuman CP nangkepnya minta amfun
@Syalom aleykhem wrote:
gak bisa kan ? padahal sedari awal gw nuntut ke anda, tetapi tetap saja ngolor-ngidul
Loe kira gw "POLOS AKUT" kaya loe...??
Ngotot ruh kami=jibril >> jibril niupin jibril. Padahal diayat lainnya, ada "sebagian dari ruh" dan "ruh dari". Dan udah dijelasin juga bahwa isi kalimatnya pun, BEDA. Tapi tetep MAKSA bahwa artinya SAMA.

Ngarti kaga, tapi lagak sebakul.... weleh13x
basi
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 6:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:nah lo..
poinnya: gak cukup baca buku kan

Bisa jawab ini....??
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling

Atw bantuin si syalom menjawab yang ini...??
Cara gw menguji seorang yang mengaku NABI dengan membaca dan memahami WARISANNYA yaitu :al Quran dan hadits. GAMPANG, semua orang bisa. Tapi ternyata orang kristen luar biasa "POLOS AKUT". Karena cuma orang kristen yang BISA menguji ROH dengan roh kudus?? TANPA alkitab... cukup dengan roh kudus!!
ketawa guling

Tapi pas gw minta penjelasan kristen GIMANA caranya MENGUJI roh?? Ternyata HARUS pake  alkitab2 JUGA. Padahal sebelomnya dengan BANGGA bilang "cukup minta pertolongan sama roh KUDUS, bukan pake ayat alkitab...."
ngakak

dan SEKALIAN juga jawab yang ini :
Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

MONGGO....
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 6:53 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Al Quran hadits dan terpelihara. Muslim berdoa/mohon pertolongan langsung kpd Allah. Ngga butuh perantara. Ngga PAKE istilah "harus melalui aku" utk sampai kepada Allah. NGGA butuh bantuan ROH.

Minta tolong kok sama ROH?? Kaya animisme-dinamisme??
usil

Orang lain cara berfikirnya udah tembus langit, loe masiiih aja BETAH MELATA ditanah, wakakakak..
ketawa guling

lha kok mengklaim Penolong/Penghibur dimaksud
adalah muhammad???
Loe kalo ngomong yang jelas kenapa sih Wed...??
Poin loe apa nih??
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 7:31 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
Yohanes
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya

14:17 yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

Yohanes 15:26,  "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.".

ayat di atas merujuk pada Sang Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang memiliki hakekat Kekal yaitu Bapa = Yesus Kristus

Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

Yesus dalam bentuk manusia dengan macem2 mukjizat aja kaga mempan sama kelakuan bani israil apalagi Yesus dalam bentuk roh??? APA ngga makin dicuekin...???

Yang kaga2 aja loe...!!
ngakak

Aku akan minta, untuk menunjukkan bahwa  Dia itu Allah sekaligus manusia, juga raja dan imam.

Ketika Kristus berkata, Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

sejak bumi diciptakan jga emang tampak seolah2 Tuhan gak bisa ngatur kelakuan manusia yg bejat
kenapa mikirnya sedangkal itu CeP ??

Koar2 ngga perlu pake tafsir, dgn alasran udah terang benderang. Tapi akhirnya yang diPAKE adalah "tafsir ala kristen nan kristeni" juga??

Kalo gw dangkal, maka loe itu dangkal pangkat 3...!?
usil

@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:bugimana jalan ceritanya ayat di atas nyambung ke orang Arab ??
bukankah orang Arab itu sdh jadi bangke/debu tanah, tidak kekal ??
Yang akan menyertai umat Muhammad sampai akhir jaman adalah WARISANNYA. Yaitu Al Quran dan haditsnya. Dan itu ADA BUKTINYA.

Apa loe bisa BUKTIIN kalo roh kudus mendampingi sampe akhir jaman??
usil
ah gw gak sedangkal loe, cuman bilang buktinya buku
jadi parakleton itu muhammad saw atau alquran atau hadis ?
blum lagi gw tanya ke tata bahasanya parakleton nyambung ke muhammad saw
so
Roh Kudus menolong saya/siapa saja mengerti/mengenal Yesus adalah TUHAN
Parakletos jelas maksudnya adalah manusia, seorang NABI. Muhammad adalah seorang penolong/pembela/penghibur bagi seluruh umat manusia. Tapi yang mendampingi umatnya hingga akhir jaman adalah WARISANNYA, yaitu al Quran dan haditsnya, yang terpelihara sampe akhir JAMAN.

Kalo bagi kristen, mentang2 akan mendampingi umatnya hingga akhir jaman, penafsiran parakletos jadi roh?? Padahal SADAR bahwa "sampe kiamat pun" yang namanya ROH kaga bakalan bisa dilihat??
usil

@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:lagian muhammad tidak pernah diutus oleh Yesus Kristus
Yesus memang TIDAK mengutus "allos parakletos", Yesus hanya memohon kepada Bapa agar mengutus "allos parakletos". Kalo loe jawab: "Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus"..... Maka gw akan TANYA LAGI : Kalo begitu, BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
ngakak
@Syalom aleykhem wrote:jika hendak mencari rujukan/ nubuat tentang Nabi Anda, sebaiknya dipakai Kitab Suci sendiri saja, daripada menyerang Kitab Suci orang lain hanya karena tidak ada rujukan terhadap beliau.
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
Ohh loe merasa gw serang alkitab loe, ya...?? Maaf dah, kalo gitu.
Tapi, kalo loe hobi menyerang Al Quran, sebaiknya sih jangan MEWEK kalo gw conter attack. FAIR khan...??
ehmm

Dan maap, gw ngga perlu rujukan dari alkitab tentang kenabian Muhammad saw. Gw cuma sekedar "nunjukin" bahwa nubuat tentang Muhammad saw. ada di alkitab. Loe mw percaya/ngga, bukan urusan gw.
silahkan bikin kajian di forum ini (kalau bisa buka ts baru)
jangan main klaim tanpa dasar, omong kosong
Lho...... tema thread ini adalah siapa ROH KUDUS?? Postingan2 gw diatas jelas TIDAK keluar jalur.
(Tapi kalo urusan bikin thread, gw pribadi ngaku kalah. Gw kurang kreatif bikin thread)

Gw mengklaim bukan tanpa dasar. Gw bahkan menggunakan ayat alkitab, untuk memperkuat argumen. Loe ngga mungkin khan, menganggap bahwa alkitab itu OMONG KOSONG dan TANPA DASAR. Dan NGGA BISA digunakan sebagai dasar argumen???
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 9:03 pm

@RHCP wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Al Quran hadits dan terpelihara. Muslim berdoa/mohon pertolongan langsung kpd Allah. Ngga butuh perantara. Ngga PAKE istilah "harus melalui aku" utk sampai kepada Allah. NGGA butuh bantuan ROH.

Minta tolong kok sama ROH?? Kaya animisme-dinamisme??
usil

Orang lain cara berfikirnya udah tembus langit, loe masiiih aja BETAH MELATA ditanah, wakakakak..
ketawa guling

lha kok mengklaim Penolong/Penghibur dimaksud
adalah muhammad???
Loe kalo ngomong yang jelas kenapa sih Wed...??
Poin loe apa nih??

kamu bilang cukup ada buku, ternyata mohon pertolongan/penghiburan ke allah swt juga..
kamu klaim penghibur/penolong di alkitab itu nubuat buat muhammad, tapi kamu minta pertolongannya ke allah swt, gimana tuh?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43732
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 9:42 pm

@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
Yohanes
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya

14:17 yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu

Yohanes 15:26,  "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.".

ayat di atas merujuk pada Sang Penghibur yaitu Roh Kebenaran yang memiliki hakekat Kekal yaitu Bapa = Yesus Kristus

Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

Yesus dalam bentuk manusia dengan macem2 mukjizat aja kaga mempan sama kelakuan bani israil apalagi Yesus dalam bentuk roh??? APA ngga makin dicuekin...???

Yang kaga2 aja loe...!!
ngakak

Aku akan minta, untuk menunjukkan bahwa  Dia itu Allah sekaligus manusia, juga raja dan imam.

Ketika Kristus berkata, Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

sejak bumi diciptakan jga emang tampak seolah2 Tuhan gak bisa ngatur kelakuan manusia yg bejat
kenapa mikirnya sedangkal itu CeP ??

Koar2 ngga perlu pake tafsir, dgn alasran udah terang benderang. Tapi akhirnya yang diPAKE adalah "tafsir ala kristen nan kristeni" juga??

Kalo gw dangkal, maka loe itu dangkal pangkat 3...!?
usil
secara Yesus masih di bumi berkata demikian apanya yg jadi soalan Cep ?
kan Yesus sendiri sebagai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:bugimana jalan ceritanya ayat di atas nyambung ke orang Arab ??
bukankah orang Arab itu sdh jadi bangke/debu tanah, tidak kekal ??
Yang akan menyertai umat Muhammad sampai akhir jaman adalah WARISANNYA. Yaitu Al Quran dan haditsnya. Dan itu ADA BUKTINYA.

Apa loe bisa BUKTIIN kalo roh kudus mendampingi sampe akhir jaman??
usil
ah gw gak sedangkal loe, cuman bilang buktinya buku
jadi parakleton itu muhammad saw atau alquran atau hadis ?
blum lagi gw tanya ke tata bahasanya parakleton nyambung ke muhammad saw
so
Roh Kudus menolong saya/siapa saja mengerti/mengenal Yesus adalah TUHAN
Parakletos jelas maksudnya adalah manusia, seorang NABI. Muhammad adalah seorang penolong/pembela/penghibur bagi seluruh umat manusia. Tapi yang mendampingi umatnya hingga akhir jaman adalah WARISANNYA, yaitu al Quran dan haditsnya, yang terpelihara sampe akhir JAMAN.

Kalo bagi kristen, mentang2 akan mendampingi umatnya hingga akhir jaman, penafsiran parakletos jadi roh?? Padahal SADAR bahwa "sampe kiamat pun" yang namanya ROH kaga bakalan bisa dilihat??
usil
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus ----ho de paraklêtos to pneuma to hagion
gmana ceritanya nyambung ke muhammad Cep ?
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:lagian muhammad tidak pernah diutus oleh Yesus Kristus
Yesus memang TIDAK mengutus "allos parakletos", Yesus hanya memohon kepada Bapa agar mengutus "allos parakletos". Kalo loe jawab: "Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus"..... Maka gw akan TANYA LAGI : Kalo begitu, BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
ngakak
@Syalom aleykhem wrote:jika hendak mencari rujukan/ nubuat tentang Nabi Anda, sebaiknya dipakai Kitab Suci sendiri saja, daripada menyerang Kitab Suci orang lain hanya karena tidak ada rujukan terhadap beliau.
@Syalom aleykhem wrote:
@RHCP wrote:
Ohh loe merasa gw serang alkitab loe, ya...?? Maaf dah, kalo gitu.
Tapi, kalo loe hobi menyerang Al Quran, sebaiknya sih jangan MEWEK kalo gw conter attack. FAIR khan...??
ehmm

Dan maap, gw ngga perlu rujukan dari alkitab tentang kenabian Muhammad saw. Gw cuma sekedar "nunjukin" bahwa nubuat tentang Muhammad saw. ada di alkitab. Loe mw percaya/ngga, bukan urusan gw.
silahkan bikin kajian di forum ini (kalau bisa buka ts baru)
jangan main klaim tanpa dasar, omong kosong
Lho...... tema thread ini adalah siapa ROH KUDUS?? Postingan2 gw diatas jelas TIDAK keluar jalur.
(Tapi kalo urusan bikin thread, gw pribadi ngaku kalah. Gw kurang kreatif bikin thread)

Gw mengklaim bukan tanpa dasar. Gw bahkan menggunakan ayat alkitab, untuk memperkuat argumen. Loe ngga mungkin khan, menganggap bahwa alkitab itu OMONG KOSONG dan TANPA DASAR. Dan NGGA BISA digunakan sebagai dasar argumen???
usil
idem (biru di atas)
silahkan Cep, bikin kajian gathukisme nan Islami

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 9 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 8, 9, 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik