FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Halaman 10 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 9, 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Sep 09, 2015 7:29 pm

First topic message reminder :

Sementara Alkitab cukup menjelaskan apa hakekat pribadi dan peran Roh Kudus, Qur'an justru mengingatkan setiap Muslim bahwa tidak ada seorangpun yang diberi penjelasan tentang siapa atau bagaimana Roh itu (QS 17:85). Walau Sudah diperingatkan demikian. Banyak penafsir masih nekad "memastikan" bahwa Roh Kudus] adalah malaikat Jibril, tanpa menunjukkan ayat explisit manapun dalam Qu'ran

QS 17 : 85 Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".

Alkitab jelas membedakan kedua oknum tersebut; Allah tidak pernah menempatkan malaikat Gabriel (jibril) sebagai agen-tunggal pewahyu. Ia hanya ditampilkan sesekali untuk menyampaikanberita ad-hoc dari Allah, dan bukan penyampai segala wahyu yang justru menjadi urusan Roh Kudus

Amat Sederhana untuk melihat bahwa Roh Kudus itu sama sekali tak ada kaitan-identitasnya dengan Gabriel/Jibril atau makhluk ciptaan lainnya. Bandingkan saja bagaimana Gabriel memperkenalkan dirinya dan bagaimana ia memperkenalkan Roh Kudus.

Kepada Zakharia, ia berkata :
Lukas 1:19
Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Sebaliknya, kepada Maria (yang sedang berada dihadapannya) ia berkata : “Roh Kudus akan turun atasmu” :
Lukas 1:35
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah

Jelas sekali dalam ayat tersebut Gabriel tidak berkata : “Aku (jibril), akan turun atasmu”.

Lebih jauh lagi, bilamana manusia yang tidak kenal Roh Allah itu tetap besi-kukuh “men-Jibril-kan” Roh Kudus, maka tentulah kandungan Maria itu adalah malaikat Jibril yang akan tinggal disana selama 9 bulan masa kehamilan. Maka dapatkah makhluk Jibril yang sama (“Roh Kudus”) sekaligus masuk memenuhi Yohanes Pembabtis, dan bapaknya dan ibunya (yaitu Zakharia dan Elizabeth), karena mereka inipun dipenuhi oleh Roh Kudus sebelum dan semasa Maria mengandung? (Lukas 1:15, 41,67).

Seorang malaikat, walau merupakan roh yang mampu berada dimanapun dalam sekejab, namun ia tetap makhluk ciptaan dengan roh yang terbatas, sehingga ia tidak bisa Maha-Ada seperi Allah. Ia tidak mampu serentak di semua ruang di segala waktu. Malaikat justru diciptakan berjuta-juta untuk menangani orang-per orang, dilahkan kaji ayat-ayat di bawah ini :

Mazmur 91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu

Matius 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Juga dikatakan dalam QS 13:11

Namun Roh Kudus hanya ada satu, dan Ia adalah Roh Allah sendiri, karena Allah adalah Roh :

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Maka Alkitab dengan amat jelas mengatakan bahwa Roh Kudus akan diberikan Allah kepada setiap kita yang memintanya sebagai anak-anak Allah yang dikasihiNya (Lukas 11:13). Cukup satu Roh Kudus untuk semua orang!.1

Korintus 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh

Namun, apakah satu Jibril untuk semua?.

Sesungguhnya, tidak ada satupun kitab-suci di dunia yang secara explisit menyamakan Gabriel/Jibril itu dengan Roh Kudus. Tidak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sebagai Roh Kudus dan tak ada Roh Kudus yang mengklaim diriNya sebagai Gabriel. Malahan tak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Gabriel selain di Alkitab (Lukas 1:19).

Jadi, darimana "orang-orang pintar" Itu bisa tahu bahwa "dia adalah Roh Kudus"?, sementara untuk meyakini "dia adalah Gabriel sendiri" saja masih bermasalah. Sesungguhnyalah penyamaan kedua sosok yang amat berbeda itu hanyalah penafsiran yang dipaksakan manusia tertentu, yang tidak mengenal dan mengalami lawatan Roh Kudus.

Roh-jahat sangat berkepentingan untuk mengacaukan identitas RohNya Allah, roh-jahat itu tidak mengingini manusia untuk berkenalan dengan Allah yang sejati, sebab disitulah titik lemahnya.

Sekali keilahian Roh Kudus dapat dipatahkan, maka hubunganNya dengan manusia bisa dialihkan menjadi hubungan sesama makhluk saja, yaitu relasi antara manusia dan malaikat (atau setan yang berkedok malaikat). Meninggalkan manusia tetap terasing dari RohNya Allah yang justru mampu menyingkapkan kebenaran Allah dalam batinnya. Kebutaan rohani itulah inti keinginan roh-jahat.

Padahal, Allah secara pribadi sangat mementingkan relasi diriNya dengan makhlukNya. Dia sampai menyebut dirinya “Bapa”, dan memanggil manusia sebagai anak-anakNya!. Dia menyebut diriNya Gembala yang menghimpun kawanan ternakNya dengan tanganNya, dan meletakkan anak-anak domba dipangkuanNya. Dia dalam RohNya malahan bersedia datang kepada umatNya dan diam bersama-sama dengan mereka ( Yohanes 14:23, Yesaya 40:11, Lukas 11:13).

Persamaan Jibril dan Roh Kudus?

Apakah Qur'an pernah menyamakan Roh Kudus dengan Jibril? Dan dimanakah Jibril pernah menyamakan juga dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
Cukup mengherankan bahwa Jibril bahkan tidak pernah memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Jibril! Walaupun Muhammad berkenalan amat dekat dengan satu sosok roh-malaikat selama belasan tahun, dan selalu menerima wahyu daripadanya (malahan roh tersebut sesekali mewujudkan dirinya bertubuh seperti manusia agar lebih intim dengan Muhammad), namun nama-pribadi dari roh tetap tersembunyi. Barulah di Medina, tiba-tiba Muhammad memuncilkan nama Jibril atas nama Wahyu.

Maka, wajar bila kemudian muncul komentar-komentar yang mempermasalahkan, kenapa Jibril, disatu pihak tidak mewahyukan nama-pribadinya kepada Muhammad, namun di lain pihak Muhammad bisa mendapatkan nama tersebut atas nama wahyu Jibril?
Para ahli-pun, segera membandingkan dengan apa yang tertulis di Alkitab. Bagaimana Malaikat satu ini memperkenalkan namanya dan disampaikan kepada Zakaria misalnya

Lukas 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Ya, ini soal NAMA PRIBADI – bukan sebutan – yang tidak bisa tidak harus diperkenalkan oleh yang empunya nama itu sendiri, dan bukan di-klaim oleh nabi atau manusia.

Tampaknya teman Muslim menyamakan Roh Kudus dengan Jibril, karena penyamaan fungsi keduanya, yaitu menurunkan Wahyu Allah. Tetapi kita tahu bahwa wahyu Qur'an bukan hanya diturunkan oleh Jibril, tetapi juga oleh Allah langsung kepada Isa dan kepada Musa ( Qs 3:55 ; Qs 5:110 ; Qs 3:48 ; Qs 4:164 ). Jadi, apakah Jibril juga akan disamakan dengan Allah?

Jikalau Roh Kudus itu adalah malaikat Jibril, ciptaan Allah, maka pastilah Jibril berada dalam diri Maryam yang sedang mengandung Isa (karena Isa dikandung dari Roh Allah dan senantiasa diperkuat oleh Roh Kudus, Qs 4:171 ; Qs 5:110 ). Tetapi ternyata ada "Jibril lain" yang sedang berbicara dari luar diri Maryam, yaitu yang berseru kepada Maryam dari suatu tempat yang rendah... (lihat Surat Maryam 19:24, dalam teks aslinya, nama Jibril tidak tidak sekalipun tercatat di seluruh Surat Maryam. Disini, sosok Jibril hanya tafsiran manusia. Di seluruh Qur'an hanya terdapat 3X penyebutan Jibril, yaitu pada Qs 2:97 ; Qs 2:98 dan Qs 66:4 ).

Dalam kesempatan lain, Ruh (dari) Allah ini juga terkesan sebagai "nafas" Allah yang ditiupkan untuk memberi kehidupan ( Qs 4:171 ; Qs 21:91 ), bukan agen pewahyu. Dan ditempat lain, Roh Kudus menjadi agen-kuasa yang diperkuatkan hanya kepada Isa ( Qs 2:253 ; Qs 5:110 ) yang tidak diperkuat kepada nabi-nabi lain. Maka, benarkah tafsiran dari para penafsir Muslim bahwa Jibril dan Roh Kudus adalah mutlak identik? Ataukah Roh Kudus itu adalah Roh keilahian Allah yang Maha-Hadir yang keluar dari Allah, penyata kebenaran yang tinggal selama-lamanya dalam setiap diri orang-orang yang mengasihi Yesus Kristus?

Yohanes 14:15-17,26
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Amin.






Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 10:06 pm

RHCP wrote:
Bisa jawab ini....??
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
RHCP wrote:
Atw bantuin si syalom menjawab yang ini...??
Cara gw menguji seorang yang mengaku NABI dengan membaca dan memahami WARISANNYA yaitu :al Quran dan hadits. GAMPANG, semua orang bisa. Tapi ternyata orang kristen luar biasa "POLOS AKUT". Karena cuma orang kristen yang BISA menguji ROH dengan roh kudus?? TANPA alkitab... cukup dengan roh kudus!!
ketawa guling

Tapi pas gw minta penjelasan kristen GIMANA caranya MENGUJI roh?? Ternyata HARUS pake  alkitab2 JUGA. Padahal sebelomnya dengan BANGGA bilang "cukup minta pertolongan sama roh KUDUS, bukan pake ayat alkitab...."
ngakak
selain ayat di atas, yg di bawah ini juga :
1 Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
RHCP wrote:
dan SEKALIAN juga jawab yang ini :
Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

MONGGO....
Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 10:21 pm

RHCP wrote:
syalom wrote: "ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)
Pake mw minta study bahasa arab al Quran...!!??
Aaahhh, lagu loe...!!??
ketawa guling
gmana ini CeP, bisa/tidak ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 10:33 pm

SEGOROWEDI wrote:
RHCP wrote:
SEGOROWEDI wrote:
RHCP wrote:Al Quran hadits dan terpelihara. Muslim berdoa/mohon pertolongan langsung kpd Allah. Ngga butuh perantara. Ngga PAKE istilah "harus melalui aku" utk sampai kepada Allah. NGGA butuh bantuan ROH.

Minta tolong kok sama ROH?? Kaya animisme-dinamisme??
usil

Orang lain cara berfikirnya udah tembus langit, loe masiiih aja BETAH MELATA ditanah, wakakakak..
ketawa guling

lha kok mengklaim Penolong/Penghibur dimaksud
adalah muhammad???
Loe kalo ngomong yang jelas kenapa sih Wed...??
Poin loe apa nih??

kamu bilang cukup ada buku, ternyata mohon pertolongan/penghiburan ke allah swt juga..
kamu klaim penghibur/penolong di alkitab itu nubuat buat muhammad, tapi kamu minta pertolongannya ke allah swt, gimana tuh?
Ooohh gitu, maksud loe...

Muhammad saw. sendiri hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. Maka gw pun hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. TIDAK melalui Muhammad saw., sekalipun.

Tapi yang gw maksud Muhammad saw. sebagai penolong/penghibur/pembela adalah ajarannya dalam al Quran dan hadits. KENAPA..???

Karena gw ngga seberuntung umat terdahulu, yang hidup sejaman dengan Muhammad saw. bahkan tinggal sewilayah dengan beliau. Maka umat jaman sekarang, hanya bisa menguji kebenaran Muhammad dan ajarannya MELALUI "PERTOLONGAN" al Quran dan hadits, yang merupakan WARISAN paling berharga dari Muhammad saw.

Karena ajaran Muhammad saw. tertuang seluruhnya kedalam al Quran dan hadits. Ajaran itulah yang akan SELALU mendampingi umatnya sampai akhir jaman.
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 10:41 pm

beraneka nama lain Jibril

Muhammad-Islam selalu menyebut roh itu dengan nama berbeda. Al-Quran mencatat setidaknya ada belasan istilah dari 29 kali penyebutannya. Sebutan ruh (roh) yang berubah-ubah ini menunjukkan ketidak-pastian Muhammad akan oknum agen-pewahyunya!

Ruh, ruh-Ku, Ruh-Nya, ruh Kami, ruh dari Kami, Ruhulqudus, Ruhul Amin, Malaikat dengan wahyu atas perintah-Nya, (Ruh Perintah-Nya). Juga dipakai ‘Ruh dengan perintah Kami,’ rasul karim, syadid al-quwa, dzu mirrah dan “para malaikat” (dalam bentuk jamak) sebagai agen pewahyu.

terakhir barulah muncul nama Jibril sebanyak tiga kali dalam Al-Quran. pada ayat Qs 2:97, 98 dan Qs 66:4. di luar ini nama Jibril hanyalah tambahan penterjemah, yang tidak terdapat di bahasa aslinya



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 10:52 pm

Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
syalom wrote: "ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)
Pake mw minta study bahasa arab al Quran...!!??
Aaahhh, lagu loe...!!??
ketawa guling
gmana ini CeP, bisa/tidak ?
Ya Ilah.... Segala yang beginian dibawa2 lagi...!??
basi

Loe ambil "study bahasa Yunani" dulu sonoooo......
Kali aja ntar loe jadi bisa BEDAIN antara "parakletos" dan "allos parakletos"
ngakak

Jangan lagak doang SEBAKUL...!!
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Nov 04, 2015 11:02 pm

RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
syalom wrote: "ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)
"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)
Pake mw minta study bahasa arab al Quran...!!??
Aaahhh, lagu loe...!!??
ketawa guling
gmana ini CeP, bisa/tidak ?
Ya Ilah.... Segala yang beginian dibawa2 lagi...!??
basi

Loe ambil "study bahasa Yunani" dulu sonoooo......
Kali aja ntar loe jadi bisa BEDAIN antara "parakletos" dan "allos parakletos"
ngakak

Jangan lagak doang SEBAKUL...!!
usil
udah tuh di atas
nah sekarang tugas untuk anda CeP ....
dimanakah Jibril pernah menyamakan dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 04, 2015 11:25 pm

Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Bisa jawab ini....??
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
RHCP wrote:
Atw bantuin si syalom menjawab yang ini...??
Cara gw menguji seorang yang mengaku NABI dengan membaca dan memahami WARISANNYA yaitu :al Quran dan hadits. GAMPANG, semua orang bisa. Tapi ternyata orang kristen luar biasa "POLOS AKUT". Karena cuma orang kristen yang BISA menguji ROH dengan roh kudus?? TANPA alkitab... cukup dengan roh kudus!!
ketawa guling

Tapi pas gw minta penjelasan kristen GIMANA caranya MENGUJI roh?? Ternyata HARUS pake  alkitab2 JUGA. Padahal sebelomnya dengan BANGGA bilang "cukup minta pertolongan sama roh KUDUS, bukan pake ayat alkitab...."
ngakak
selain ayat di atas, yg di bawah ini juga :
1 Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
RHCP wrote:
dan SEKALIAN juga jawab yang ini :
Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

MONGGO....
Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
JURUS Tafsir njlimet ala kristen nan kristeni, kembali dikerahkan
hahaha...

Loe ambil "study bahasa Yunani" dulu sonoooo......
Kali aja ntar loe jadi bisa BEDAIN antara "parakletos" dan "allos parakletos"

Nih yang simple logic :
Kalo Yesus adalah Bapa dan adalah sekalian parakletos yaitu roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 11:15 am

Syalom aleykhem wrote:
udah tuh di atas
nah sekarang tugas untuk anda CeP ....
dimanakah Jibril pernah menyamakan  dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?
Apaan yang diatas...??
Tafsir njlimet ala kristen nan kristeni itu, yang loe maksud?? Yang einstein pun bingung memahaminya??
usil

Mendingan yang begini ;
Dengan "FORMULA INTI" : Bapa = Yesus = roh kudus.
Dengan fakta bahwa Yesus = parakletos
Dengan pemahaman bahwa parakletos = roh kudus
MAKA  "FORMULA INTI" telah berubah menjadi "FORMULA INTI BARU": Bapa = Yesus = roh kudus = parakletos.

Dengan nubuat oleh sang parakletos akan kedatangan "allos parakletos".
MAKA, itu berarti adalah nubuat atas kedatangan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa
JIKA memang demikian: allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa
LALU :
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, (untuk kedua kalinya) sebagai DIRINYA sendiri dalam bentuk ROH ???
(mudah2an loe tambah puyeng....)
ketawa guling  

Kenapa jadi gw yang dikasih tugas??
Lha khan ELU yg mw ngambil "study bahasa Yunani", agar bisa BEDAIN antara "parakletos" dan "allos parakletos"
ngakak

Yaudah ngga papa, dah...
Tapi sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 11:32 am

RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Bisa jawab ini....??
1 Yohanes 4:1 memerintahkan utk jangan percaya sebelum menguji setiap roh. Kalo kristen YAKIN bahwa parakletos itu roh kudus. Maka kristen pun harus menguji roh kudus. Tolong kasih penjelasan gimana cara KRISTEN menguji roh kudus???

Bagi gw, ayat 1 Yohanes 4:1 itu jelas mengindikasikan bahwa yang dimaksud ROH adalah NABI. Akan jauh lebih mudah menguji seorang yang mengaku NABI dari pada menguji "seorang" roh kudus, huhehehehe.......
ketawa guling
RHCP wrote:
Atw bantuin si syalom menjawab yang ini...??
Cara gw menguji seorang yang mengaku NABI dengan membaca dan memahami WARISANNYA yaitu :al Quran dan hadits. GAMPANG, semua orang bisa. Tapi ternyata orang kristen luar biasa "POLOS AKUT". Karena cuma orang kristen yang BISA menguji ROH dengan roh kudus?? TANPA alkitab... cukup dengan roh kudus!!
ketawa guling

Tapi pas gw minta penjelasan kristen GIMANA caranya MENGUJI roh?? Ternyata HARUS pake  alkitab2 JUGA. Padahal sebelomnya dengan BANGGA bilang "cukup minta pertolongan sama roh KUDUS, bukan pake ayat alkitab...."
ngakak
selain ayat di atas, yg di bawah ini juga :
1 Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
RHCP wrote:
dan SEKALIAN juga jawab yang ini :
Kalo Yesus adalah Bapa dan sekalian adalah roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???

MONGGO....
Aku akan minta kepada Bapa,  untuk menyatakan bahwa karunia Roh merupakan hasil dari pengantaraan Kristus, yang didapatkan melalui hasil tindakan-Nya, dan diambil melalui pengantaraan-Nya.

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.
siapa yang dimaksud seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa pada 1 Yoh. 2:1 di atas  ?
jawabnya
yaitu Yesus Kristus
JURUS Tafsir njlimet ala kristen nan kristeni, kembali dikerahkan
hahaha...

Loe ambil "study bahasa Yunani" dulu sonoooo......
Kali aja ntar loe jadi bisa BEDAIN antara "parakletos" dan "allos parakletos"

Nih yang simple logic :
Kalo Yesus adalah Bapa dan adalah sekalian parakletos yaitu roh kudus.....
BUAT APAAN Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, untuk kedua kalinya dalam bentuk ROH???
lha iya, dalam peran/fungsi sebagai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil.


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 12:05 pm


pertama
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani  allos paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Roh Kudus (pneuma hagion) dan Yesus Kristus adalah hal yang tak terpisahkan :

Yohanes
14:16-17  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (allon paraklêton) , supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (to pneuma tês alêtheias). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Alkitab mencatat bahwa Yesus Kristus "dari Roh Kudus" sejak dalam kandungan :

Matius 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (pneumatos estin hagiou )

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus  (pneuma hagion ) akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Yesus Kristus "penuh dengan Roh Kudus" sejak ada di dunia

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus (pneuma hagion ), kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus (pneuma hagion ) ke padang gurun

Bahkan sebelum naik ke surga, Yesus Kristus berkata kepada para murid, "Terimalah Roh Kudus"

Yohanes 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus (pneuma hagion )

Yohanes 20:22, Yesus memberikan Roh Kudus bagi murid-muridNya, dan jelas sekali bahwa "Roh" itu adalah allos dari Yesus Kristus, bukan "heteros"

kedua
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos paraklêtos . Kita harus mengerti konsep Yudaisme waktu itu tentang maksud "penolong lain". Dalam pengharapan mesianik kalangan Yudaisme, salah-satu gelar "Mesias" yang ditunggu-tunggu itu bahasa Ibrani MENAKHEM (Penolong atau Penghibur). Itu disebut dalam Talmud orang Yahudi.

MENAKHEM (terjemahan bahasa Yunani - paraklêtos) sebagaimana disebut dalam 1 Yohanes 2:1 (dalam terjemahan Indonesia, "perantara" (penolong/ pembela).

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil


Ayat diatas menulis kata - paraklêtos yang dihubungkan dengan nama Yesus Kristus. Maka pemakaian kata "allos" (another of the same kind) dalam Yohanes 14:16 adalah benar

ketiga
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos Paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Penolong itu diberi gelar sebagai Roh Kebenaran  (ALÊTHEIA). Yesus Kristus menyatakan bahwa Ia adalah kebenaran itu:

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran (ALÊTHEIA) dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'

Bandingkan dengan ayat ini :

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "




Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 12:14 pm

nah sekarang tugas untuk anda CeP ....
dimanakah Jibril pernah menyamakan dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?

minimal seperti di atas


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 1:48 pm

Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 05, 2015 1:54 pm

RHCP wrote:
kamu bilang cukup ada buku, ternyata mohon pertolongan/penghiburan ke allah swt juga..
kamu klaim penghibur/penolong di alkitab itu nubuat buat muhammad, tapi kamu minta pertolongannya ke allah swt, gimana tuh?

Ooohh gitu, maksud loe...

Muhammad saw. sendiri hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. Maka gw pun hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. TIDAK melalui Muhammad saw., sekalipun.

Tapi yang gw maksud Muhammad saw. sebagai penolong/penghibur/pembela adalah ajarannya dalam al Quran dan hadits. KENAPA..???

Karena gw ngga seberuntung umat terdahulu, yang hidup sejaman dengan Muhammad saw. bahkan tinggal sewilayah dengan beliau. Maka umat jaman sekarang, hanya bisa menguji kebenaran Muhammad dan ajarannya MELALUI "PERTOLONGAN" al Quran dan hadits, yang merupakan WARISAN paling berharga dari Muhammad saw.

Karena ajaran Muhammad saw. tertuang seluruhnya kedalam al Quran dan hadits. Ajaran itulah yang akan SELALU mendampingi umatnya sampai akhir jaman.

ooo.. jadi ngaku alquran ajaran muhammad ya?
siplah..
tetep aja gak cukup buku kan?

trus gimana..
jadi harus nunggu kitab bikinan muhammad 700 tahun kemudian??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 05, 2015 1:56 pm

RHCP wrote:Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana

dalil darimana harus 'mengatakan'?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 2:15 pm

RHCP wrote:Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana
udah tuh di atas #235
tambahan


Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


Bapa :
Yesaya 44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku (RUKHI ) ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu

contoh Bukti - bukti Keilahian Roh Kudus  :


Yesaya 63:10-11Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO); maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO) dalam hati mereka

Yohanes 4:24 Allah itu Roh (PNEUMA) dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Ibrani 3:7-11
3:7 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,
3:9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.
3:10 Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku,
3:11 sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."

Kisah
5:3Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?,

5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.

5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."


sekarang giliran ente
dimanakah Jibril pernah menyamakan dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?

minimal seperti di atas  & #235

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 3:13 pm

Syalom aleykhem wrote:

pertama
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani  allos paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Roh Kudus (pneuma hagion) dan Yesus Kristus adalah hal yang tak terpisahkan :

Yohanes
14:16-17  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (allon paraklêton) , supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (to pneuma tês alêtheias). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Alkitab mencatat bahwa Yesus Kristus "dari Roh Kudus" sejak dalam kandungan :

Matius 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (pneumatos estin hagiou )

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus  (pneuma hagion ) akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Yesus Kristus "penuh dengan Roh Kudus" sejak ada di dunia

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus (pneuma hagion ), kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus (pneuma hagion ) ke padang gurun

Bahkan sebelum naik ke surga, Yesus Kristus berkata kepada para murid, "Terimalah Roh Kudus"

Yohanes 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus (pneuma hagion )

Yohanes 20:22, Yesus memberikan Roh Kudus bagi murid-muridNya, dan jelas sekali bahwa "Roh" itu adalah allos dari Yesus Kristus, bukan "heteros"

Kenapa TABRAKAN dengan Dengan "FORMULA INTI" kekristenan, yaitu : Bapa = Yesus = roh kudus....??

Dengan fakta bahwa Yesus = parakletos
Dengan pemahaman bahwa parakletos = roh kudus

MAKA  "FORMULA INTI" kekristenan otomatis telah berubah menjadi "FORMULA INTI BARU" kekristenan : Bapa = Yesus = roh kudus = parakletos.

Dengan nubuat oleh sang parakletos akan kedatangan "allos parakletos". MAKA, itu berarti adalah nubuat atas kedatangan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa. Maka akan TIMBUL "FORMULA INTI TERBARU" kekristenan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa

Maka akan timbul PERTANYAAN :

BUAT APA Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, (untuk kedua kalinya) sebagai DIRINYA sendiri dalam bentuk ROH ???
ehmm
Syalom aleykhem wrote:kedua
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos paraklêtos . Kita harus mengerti konsep Yudaisme waktu itu tentang maksud "penolong lain". Dalam pengharapan mesianik kalangan Yudaisme, salah-satu gelar "Mesias" yang ditunggu-tunggu itu bahasa Ibrani MENAKHEM (Penolong atau Penghibur). Itu disebut dalam Talmud orang Yahudi.

MENAKHEM (terjemahan bahasa Yunani - paraklêtos) sebagaimana disebut dalam 1 Yohanes 2:1 (dalam terjemahan Indonesia, "perantara" (penolong/ pembela).

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil


Ayat diatas menulis kata - paraklêtos yang dihubungkan dengan nama Yesus Kristus. Maka pemakaian kata "allos" (another of the same kind) dalam Yohanes 14:16 adalah benar
"allos" = (yang lain dari JENIS YANG SAMA) = (another of the SAME KIND).

FAKTANYA :
Yesus adalah parakletos dari jenis manusia dan Yesus adalah seorang nabi. Maka allos parakletos adalah seorang manusia dan seorang nabi. Roh kudus BUKAN dari jenis manusia tapi jenis ROH dan roh kudus jelas, BUKAN nabi!!
ehmm

Syalom aleykhem wrote:ketiga
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos Paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Penolong itu diberi gelar sebagai Roh Kebenaran  (ALÊTHEIA). Yesus Kristus menyatakan bahwa Ia adalah kebenaran itu:

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran (ALÊTHEIA) dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'

Bandingkan dengan ayat ini :

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


Jika "penghibur/penolong/pembela" adalah roh kudus, maka "penghibur/penolong/pembela YANG LAIN" adalah ROH KEBENARAN. Sayangnya, Yesus hanya berkata "akulah jalan dan kebenaran"..!! Yesus TIDAK berkata "akulah ROH KEBENARAN". Gimana ceritanya roh kudus bisa SAMA dengan roh kebenaran???

Gimana ceritanya "dari Roh Kudus" (pneumatos estin hagiou) di Matius 1:20, bisa SAMA dengan "roh kudus" (pneuma hagion) di Lukas 1:35...???

Study bahasa belon kelar, udah buru2 posting...!!
Belajar lebih giat lagi sono.....
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 3:22 pm

SEGOROWEDI wrote:
RHCP wrote:
kamu bilang cukup ada buku, ternyata mohon pertolongan/penghiburan ke allah swt juga..
kamu klaim penghibur/penolong di alkitab itu nubuat buat muhammad, tapi kamu minta pertolongannya ke allah swt, gimana tuh?

Ooohh gitu, maksud loe...

Muhammad saw. sendiri hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. Maka gw pun hanya mohon pertolongan langsung kepada Allah. TIDAK melalui Muhammad saw., sekalipun.

Tapi yang gw maksud Muhammad saw. sebagai penolong/penghibur/pembela adalah ajarannya dalam al Quran dan hadits. KENAPA..???

Karena gw ngga seberuntung umat terdahulu, yang hidup sejaman dengan Muhammad saw. bahkan tinggal sewilayah dengan beliau. Maka umat jaman sekarang, hanya bisa menguji kebenaran Muhammad dan ajarannya MELALUI "PERTOLONGAN" al Quran dan hadits, yang merupakan WARISAN paling berharga dari Muhammad saw.

Karena ajaran Muhammad saw. tertuang seluruhnya kedalam al Quran dan hadits. Ajaran itulah yang akan SELALU mendampingi umatnya sampai akhir jaman.

ooo.. jadi ngaku alquran ajaran muhammad ya?
siplah..
tetep aja gak cukup buku kan?

trus gimana..
jadi harus nunggu kitab bikinan muhammad 700 tahun kemudian??
Cieeee...
Saking kehabisan ide, langsung dah, BELAGA GILA.

Kalo kata si kedung :
"SEGO FRUSTASI"
ngakak
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 3:23 pm

SEGOROWEDI wrote:
RHCP wrote:Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana

dalil darimana harus 'mengatakan'?
Itu artinya MEMANG NGGA BAKALAN ADA...!!??
ngakak
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 3:29 pm

Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana
udah tuh di atas #235
tambahan


Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


Bapa :
Yesaya 44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku (RUKHI ) ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu

contoh Bukti - bukti Keilahian Roh Kudus  :


Yesaya 63:10-11Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO); maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO) dalam hati mereka

Yohanes 4:24 Allah itu Roh (PNEUMA) dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Ibrani 3:7-11
3:7 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,
3:9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.
3:10 Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku,
3:11 sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."

Kisah
5:3Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?,

5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.

5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."


sekarang giliran ente
dimanakah Jibril pernah menyamakan dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?

minimal seperti di atas  & #235

Mana jawaban loe...??
NGGA ada tuh statement dari masing2 oknum TUHAN??
RHCP wrote:Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??
mana

Temen sejawat loe aja sampe nanya :
SEGOROWEDI wrote:dalil darimana harus 'mengatakan'?
Karena si Wedi tahu, MEMANG NGGA BAKALAN ADA...!!??
ngakak
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 3:39 pm


gini aja CeP, biar gak melebar kemana-mana, ente fokus menjawab yg di bawah ini, ane fokus dipertanyaan anda
Syalom aleykhem wrote:


Persamaan Jibril dan Roh Kudus?

Apakah Qur'an pernah menyamakan Roh Kudus dengan Jibril? Dan dimanakah Jibril pernah menyamakan juga dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
Cukup mengherankan bahwa Jibril bahkan tidak pernah memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Jibril! Walaupun Muhammad berkenalan amat dekat dengan satu sosok roh-malaikat selama belasan tahun, dan selalu menerima wahyu daripadanya (malahan roh tersebut sesekali mewujudkan dirinya bertubuh seperti manusia agar lebih intim dengan Muhammad), namun nama-pribadi dari roh tetap tersembunyi. Barulah di Medina, tiba-tiba Muhammad memuncilkan nama Jibril atas nama Wahyu.

Maka, wajar bila kemudian muncul komentar-komentar yang mempermasalahkan, kenapa Jibril, disatu pihak tidak mewahyukan nama-pribadinya kepada Muhammad, namun di lain pihak Muhammad bisa mendapatkan nama tersebut atas nama wahyu Jibril?

Tampaknya teman Muslim menyamakan Roh Kudus dengan Jibril, karena penyamaan fungsi keduanya, yaitu menurunkan Wahyu Allah. Tetapi kita tahu bahwa wahyu Qur'an bukan hanya diturunkan oleh Jibril, tetapi juga oleh Allah langsung kepada Isa dan kepada Musa ( Qs 3:55 ; Qs 5:110 ; Qs 3:48 ; Qs 4:164 ). Jadi, apakah Jibril juga akan disamakan dengan Allah?

Jikalau Roh Kudus itu adalah malaikat Jibril, ciptaan Allah, maka pastilah Jibril berada dalam diri Maryam yang sedang mengandung Isa (karena Isa dikandung dari Roh Allah dan senantiasa diperkuat oleh Roh Kudus, Qs 4:171 ; Qs 5:110 ). Tetapi ternyata ada "Jibril lain" yang sedang berbicara dari luar diri Maryam, yaitu yang berseru kepada Maryam dari suatu tempat yang rendah... (lihat Surat Maryam 19:24, dalam teks aslinya, nama Jibril tidak tidak sekalipun tercatat di seluruh Surat Maryam. Disini, sosok Jibril hanya tafsiran manusia. Di seluruh Qur'an hanya terdapat 3X penyebutan Jibril, yaitu pada Qs 2:97 ; Qs 2:98 dan Qs 66:4

Dalam kesempatan lain, Ruh (dari) Allah ini juga terkesan sebagai "nafas" Allah yang ditiupkan untuk memberi kehidupan ( Qs 4:171 ; Qs 21:91 ), bukan agen pewahyu. Dan ditempat lain, Roh Kudus menjadi agen-kuasa yang diperkuatkan hanya kepada Isa ( Qs 2:253 ; Qs 5:110 ) yang tidak diperkuat kepada nabi-nabi lain. Maka, benarkah tafsiran dari para penafsir Muslim bahwa Jibril dan Roh Kudus adalah mutlak identik?



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 4:37 pm

RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:

pertama
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani  allos paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Roh Kudus (pneuma hagion) dan Yesus Kristus adalah hal yang tak terpisahkan :

Yohanes
14:16-17  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (allon paraklêton) , supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (to pneuma tês alêtheias). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Alkitab mencatat bahwa Yesus Kristus "dari Roh Kudus" sejak dalam kandungan :

Matius 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (pneumatos estin hagiou )

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus  (pneuma hagion ) akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Yesus Kristus "penuh dengan Roh Kudus" sejak ada di dunia

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus (pneuma hagion ), kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus (pneuma hagion ) ke padang gurun

Bahkan sebelum naik ke surga, Yesus Kristus berkata kepada para murid, "Terimalah Roh Kudus"

Yohanes 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus (pneuma hagion )

Yohanes 20:22, Yesus memberikan Roh Kudus bagi murid-muridNya, dan jelas sekali bahwa "Roh" itu adalah allos dari Yesus Kristus, bukan "heteros"

Kenapa TABRAKAN dengan Dengan "FORMULA INTI" kekristenan, yaitu : Bapa = Yesus = roh kudus....??

Dengan fakta bahwa Yesus = parakletos
Dengan pemahaman bahwa parakletos = roh kudus

MAKA  "FORMULA INTI" kekristenan otomatis telah berubah menjadi "FORMULA INTI BARU" kekristenan : Bapa = Yesus = roh kudus = parakletos.

Dengan nubuat oleh sang parakletos akan kedatangan "allos parakletos". MAKA, itu berarti adalah nubuat atas kedatangan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa. Maka akan TIMBUL "FORMULA INTI TERBARU" kekristenan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa

Maka akan timbul PERTANYAAN :

BUAT APA Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, (untuk kedua kalinya) sebagai DIRINYA sendiri dalam bentuk ROH ???
ehmm

Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa
dalam peran/fungsi Roh Kudus, IA (Roh Kudus) adalah Sang Penolong atau seorang Penolong yang lain (allon paraklêton)
Yesus meminta kepada Bapa karena peran/fungsinya adalah seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil

RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:kedua
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos paraklêtos . Kita harus mengerti konsep Yudaisme waktu itu tentang maksud "penolong lain". Dalam pengharapan mesianik kalangan Yudaisme, salah-satu gelar "Mesias" yang ditunggu-tunggu itu bahasa Ibrani MENAKHEM (Penolong atau Penghibur). Itu disebut dalam Talmud orang Yahudi.

MENAKHEM (terjemahan bahasa Yunani - paraklêtos) sebagaimana disebut dalam 1 Yohanes 2:1 (dalam terjemahan Indonesia, "perantara" (penolong/ pembela).

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil


Ayat diatas menulis kata - paraklêtos yang dihubungkan dengan nama Yesus Kristus. Maka pemakaian kata "allos" (another of the same kind) dalam Yohanes 14:16 adalah benar
"allos" = (yang lain dari JENIS YANG SAMA) = (another of the SAME KIND).

FAKTANYA :
Yesus adalah parakletos dari jenis manusia dan Yesus adalah seorang nabi. Maka allos parakletos adalah seorang manusia dan seorang nabi. Roh kudus BUKAN dari jenis manusia tapi jenis ROH dan roh kudus jelas, BUKAN nabi!!
ehmm
memang benar Roh Kudus bukan Nabi, bukan pula malaikat
tapi dalam peran/fungsi Roh Kudus sebagai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, hanya ada pada Yesus Kristus,(1 Yohanes 2:1)
RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:ketiga
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos Paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Penolong itu diberi gelar sebagai Roh Kebenaran  (ALÊTHEIA). Yesus Kristus menyatakan bahwa Ia adalah kebenaran itu:

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran (ALÊTHEIA) dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'

Bandingkan dengan ayat ini :

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


RHCP wrote:
Jika "penghibur/penolong/pembela" adalah roh kudus, maka "penghibur/penolong/pembela YANG LAIN" adalah ROH KEBENARAN. Sayangnya, Yesus hanya berkata "akulah jalan dan kebenaran"..!! Yesus TIDAK berkata "akulah ROH KEBENARAN". Gimana ceritanya roh kudus bisa SAMA dengan roh kebenaran???

Gimana ceritanya "dari Roh Kudus" (pneumatos estin hagiou) di Matius 1:20, bisa SAMA dengan "roh kudus" (pneuma hagion) di Lukas 1:35...???

Study bahasa belon kelar, udah buru2 posting...!!
Belajar lebih giat lagi sono.....
usil

alêtheia adalah kebenaran yang sejati, dan kebenaran secara budi
Yesus dalam peran/fungsi Sang Firman Dia adalah ALÊTHEIA
dalam peran fungsi Roh Kudus (pneuma hagion ), seorang Penolong yang lain (ALLOS) yaitu Roh Kebenaran ALÊTHEIA


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 4:46 pm

Ngiahahahahaha.......

Loe kira gw ngga tahu, kalo jawaban2 loe yg terakhir2 itu CUMAN hasil COPAS doang..???
basi

Padahal di TS dengan keren dan gagahnya, loe mengutip ayat2 bible. Kenapa SEKARANG jadi memelas minta gw fokus cuma di ayat al Quran?? Khan dari awal juga udah pake ayat al Quran??

Emangnya kenapa kalo gw fokus pake ayat bible?? TAKUT loe...!?
gemetar

Lagian percuma aja gw jelasin, loe ngarti aja KAGA??

NIH BUKTINYA :
"dari Roh Kudus" (pneumatos estin hagiou) di Matius 1:20,

LOE ANGGAP SAMA dengan

"roh kudus" (pneuma hagion) di Lukas 1:35...???

Padahal kelihatan JELAS BEDANYA...!!

"ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)

JUGA LOE ANGGAP SAMA dengan

"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)

Padahal kelihatan JELAS BEDANYA...!!

SEGO dari kemaren udah FRUSTASI.
Sekarang "Jagoan neon" ikut2an FRUSTASI.
ngakak
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 4:56 pm

RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:Khan sebelom gw jawab, gw pengen tahu dulu, nih....
Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??

mana
udah tuh di atas #235
tambahan


Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


Bapa :
Yesaya 44:3 Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku (RUKHI ) ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu

contoh Bukti - bukti Keilahian Roh Kudus  :


Yesaya 63:10-11Tetapi mereka memberontak dan mendukakan Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO); maka Ia berubah menjadi musuh mereka, dan Ia sendiri berperang melawan mereka. Lalu teringatlah mereka kepada zaman dahulu kala, zaman Musa, hamba-Nya itu: Di manakah Dia yang membawa mereka naik dari laut bersama-sama dengan penggembala kambing domba-Nya? Di manakah Dia yang menaruh Roh Kudus-Nya (RUAKH-QAD'SYO) dalam hati mereka

Yohanes 4:24 Allah itu Roh (PNEUMA) dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Ibrani 3:7-11
3:7 Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya,
3:8 janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun,
3:9 di mana nenek moyangmu mencobai Aku dengan jalan menguji Aku, sekalipun mereka melihat perbuatan-perbuatan-Ku, empat puluh tahun lamanya.
3:10 Itulah sebabnya Aku murka kepada angkatan itu, dan berkata: Selalu mereka sesat hati, dan mereka tidak mengenal jalan-Ku,
3:11 sehingga Aku bersumpah dalam murka-Ku: Mereka takkan masuk ke tempat perhentian-Ku."

Kisah
5:3Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?,

5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.

5:9 Kata Petrus: "Mengapa kamu berdua bersepakat untuk mencobai Roh Tuhan? Lihatlah, orang-orang yang baru mengubur suamimu berdiri di depan pintu dan mereka akan mengusung engkau juga ke luar."


sekarang giliran ente
dimanakah Jibril pernah menyamakan dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
apakah jibril pernah memperkenalkan dirinya kpd Muhammad di goa Hira ?

minimal seperti di atas  & #235

Mana jawaban loe...??
NGGA ada tuh statement dari masing2 oknum TUHAN??
RHCP wrote:Apakah Yesus pernah mengatakan "aku adalah roh kudus"??
Apakah Yesus pernah mengatakan "roh kudus adalah Bapa"??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Bapa??
Apakah roh kudus pernah mengatakan bahwa dia adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah Yesus??
Apakah Bapa pernah mengatakan "Aku adalah roh kudus"??
mana

Temen sejawat loe aja sampe nanya :
SEGOROWEDI wrote:dalil darimana harus 'mengatakan'?
Karena si Wedi tahu, MEMANG NGGA BAKALAN ADA...!!??
ngakak
tanpa menyatakan diri-Nya Tuhan, Tuhan tetap Tuhan
tanpa menyatakan diri-Nya Roh Kudus, Tuhan tetap Roh Kudus
TUHAN tidak harus memenuhi isi pikiranmu untuk menyatakan Dia adalah Tuhan atau Roh Kudus
secara Tuhan mengajarkan bahwa Dia adalah Tuhan, dan Dia adalah Roh Kudus itu ADA
secara Tuhan menyatakan tidak langsung bahwa Dia adalah Tuhan, dan Dia adalah Roh Kudus itu ADA

contohnya ayat2 di atas, tambahan berikut di bawah ini :

Kis
2:17 Akan terjadi pada hari-hari terakhir -- demikianlah firman Allah -- bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.
2:18 Juga ke atas hamba-hamba-Ku laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu dan mereka akan bernubuat.



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Thu Nov 05, 2015 5:12 pm

RHCP wrote:Ngiahahahahaha.......

Loe kira gw ngga tahu, kalo jawaban2 loe yg terakhir2 itu CUMAN hasil COPAS doang..???
basi

Padahal di TS dengan keren dan gagahnya, loe mengutip ayat2 bible. Kenapa SEKARANG jadi memelas minta gw fokus cuma di ayat al Quran?? Khan dari awal juga udah pake ayat al Quran??

Emangnya kenapa kalo gw fokus pake ayat bible?? TAKUT loe...!?
gemetar

Lagian percuma aja gw jelasin, loe ngarti aja KAGA??

NIH BUKTINYA :
"dari Roh Kudus" (pneumatos estin hagiou) di Matius 1:20,

LOE ANGGAP SAMA dengan

"roh kudus" (pneuma hagion) di Lukas 1:35...???

Padahal kelihatan JELAS BEDANYA...!!
tidak ada perbedaan disana
dasar kesimpulan bedanya apa, saya minta kajiannya ya ?
RHCP wrote:
"ruh kami"=Jibril/ruhul qudus (QS Maryam: 17)

JUGA LOE ANGGAP SAMA dengan

"ruh dari kami"= ruh nabi Isa as.(QS al-Anbiya: 91)
"sebagian dari ruh kami"= ruh nabi Isa as. (QS at-Tahrim: 12)

Padahal kelihatan JELAS BEDANYA...!!

SEGO dari kemaren udah FRUSTASI.
Sekarang "Jagoan neon" ikut2an FRUSTASI.
ngakak
agar tidak kelihatan frustasi ya dijawab aja postingan di atas, tidak usah jualan iklan
kesimpulan anda soal JELAS BEDANYA...!! itu dari sisi apa dulu

1. kaidah bahasa arab, ruuhanaa/ruuhinaa itu maksudnya apa, bisa/tidak ? (minimal seperti postingan saya)

2. Isa dikandung dari Roh Allah dan senantiasa diperkuat oleh Roh Kudus, Qs 4:171 ; Qs 5:110
Jikalau Roh Kudus itu adalah malaikat Jibril, ciptaan Allah, maka pastilah Jibril berada dalam diri Maryam yang sedang mengandung Isa

3. bukankah Allah SWT bisa menciptakan dengan Ruh-Nya hanya dengan kunfayakun ?, kenapa harus butuh seorang Malaikat, bukankah Tuhan Sang Pencipta, kenapa harus butuh bantuan Malaikat Jibril ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Thu Nov 05, 2015 5:52 pm

Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:

pertama
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani  allos paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Roh Kudus (pneuma hagion) dan Yesus Kristus adalah hal yang tak terpisahkan :

Yohanes
14:16-17  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (allon paraklêton) , supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran (to pneuma tês alêtheias). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Alkitab mencatat bahwa Yesus Kristus "dari Roh Kudus" sejak dalam kandungan :

Matius 1:20 Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus (pneumatos estin hagiou )

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus  (pneuma hagion ) akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.


Yesus Kristus "penuh dengan Roh Kudus" sejak ada di dunia

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus (pneuma hagion ), kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus (pneuma hagion ) ke padang gurun

Bahkan sebelum naik ke surga, Yesus Kristus berkata kepada para murid, "Terimalah Roh Kudus"

Yohanes 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus (pneuma hagion )

Yohanes 20:22, Yesus memberikan Roh Kudus bagi murid-muridNya, dan jelas sekali bahwa "Roh" itu adalah allos dari Yesus Kristus, bukan "heteros"

Kenapa TABRAKAN dengan Dengan "FORMULA INTI" kekristenan, yaitu : Bapa = Yesus = roh kudus....??

Dengan fakta bahwa Yesus = parakletos
Dengan pemahaman bahwa parakletos = roh kudus

MAKA  "FORMULA INTI" kekristenan otomatis telah berubah menjadi "FORMULA INTI BARU" kekristenan : Bapa = Yesus = roh kudus = parakletos.

Dengan nubuat oleh sang parakletos akan kedatangan "allos parakletos". MAKA, itu berarti adalah nubuat atas kedatangan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa. Maka akan TIMBUL "FORMULA INTI TERBARU" kekristenan : allos parakletos = allos Yesus = allos roh kudus = allos Bapa

Maka akan timbul PERTANYAAN :

BUAT APA Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, (untuk kedua kalinya) sebagai DIRINYA sendiri dalam bentuk ROH ???
ehmm

Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa
dalam peran/fungsi Roh Kudus, IA (Roh Kudus) adalah Sang Penolong atau seorang Penolong yang lain (allon paraklêton)
Yesus meminta kepada Bapa karena peran/fungsinya adalah seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil

Dengan argumen MODEL BEGITU.....,
MAKA pertanyaan2 dibawah ini tetap akan MUNCUL.

Jika Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa, kenapa wujud/bentuk, peran/fungsi dan bahkan jenisnya MALAH berbeda??
Jika Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa, APA PERLUNYA "berbagi" peran dan fungsi??
Jika Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa, kenapa 2 oknum dari jenis roh, satu oknum dari jenis manusia??

Jika Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa, BUAT APA Yesus MOHON sama DIRINYA sendiri agar mengutus DIRINYA sendiri, (untuk kedua kalinya) sebagai DIRINYA sendiri dalam bentuk ROH ??? Khan dia2 juga??

Yang dibutuhkan adalah argumen yang masuk akal dan mudah dicerna, bukan sekedar indah kata2nya.
Seindah apapun argumen, kalo njlimet dan ngga masuk akal, it means NOTHING..!!
piss

TAPI emang NGGA MUNGKIN ada ARGUMEN spt itu, Karena FORMULA INTI kekristenan = "Bapa, Anak & Roh Kudus adalah Esa" dari awalnya SUDAH bertentangan dengan LOGIKA.
usil
Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:kedua
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos paraklêtos . Kita harus mengerti konsep Yudaisme waktu itu tentang maksud "penolong lain". Dalam pengharapan mesianik kalangan Yudaisme, salah-satu gelar "Mesias" yang ditunggu-tunggu itu bahasa Ibrani MENAKHEM (Penolong atau Penghibur). Itu disebut dalam Talmud orang Yahudi.

MENAKHEM (terjemahan bahasa Yunani - paraklêtos) sebagaimana disebut dalam 1 Yohanes 2:1 (dalam terjemahan Indonesia, "perantara" (penolong/ pembela).

1 Yohanes 2:1 Anak-anakku, hal-hal ini kutuliskan kepada kamu, supaya kamu jangan berbuat dosa, namun jika seorang berbuat dosa, kita mempunyai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, yaitu Yesus Kristus, yang adil


Ayat diatas menulis kata - paraklêtos yang dihubungkan dengan nama Yesus Kristus. Maka pemakaian kata "allos" (another of the same kind) dalam Yohanes 14:16 adalah benar
"allos" = (yang lain dari JENIS YANG SAMA) = (another of the SAME KIND).

FAKTANYA :
Yesus adalah parakletos dari jenis manusia dan Yesus adalah seorang nabi. Maka allos parakletos adalah seorang manusia dan seorang nabi. Roh kudus BUKAN dari jenis manusia tapi jenis ROH dan roh kudus jelas, BUKAN nabi!!
ehmm
memang benar Roh Kudus bukan Nabi, bukan pula malaikat
tapi dalam peran/fungsi Roh Kudus sebagai seorang pengantara (paraklêton) pada Bapa, hanya ada pada Yesus Kristus,(1 Yohanes 2:1)
Darimana bisa ambil kesimpulan kalo roh kudus bukan malaikat??? Roh kudus jelas memang bukan manusia dan bukan nabi...!!

Tapi kemungkinan roh kudus = malaikat adalah sangat BESAR dan masuk akal, karena malaikan adalah jenis roh....!!!

Btw, kenapa loe jadi ikut2an mengidentifikasi "parakletos = roh kudus" melalui TUGAS dan peranannya....??
Itu khan argumen gw...(mengidentifikasi "Jibril = roh kudus" melalui TUGAS dan peranannya)...??? Ayooo, NYONTEK loe, ya?? hehehe...

Katanya NGGA PERLU pake TAFSIIIIIIRRRRR....., tapi tafsir juga yang keluar..??
usil

Terus mana bantahan loe?? kok kesannya loe setuju dgn argumen2 gw, sih?? hehe...
usil
Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Syalom aleykhem wrote:ketiga
untuk memahami konsep "Penolong yang lain", Yunani allos Paraklêtos" bisa kita lihat ayat-ayat dalam Alkita PB yang menyatakan bahwa Penolong itu diberi gelar sebagai Roh Kebenaran  (ALÊTHEIA). Yesus Kristus menyatakan bahwa Ia adalah kebenaran itu:

Yohanes 14:6 Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran (ALÊTHEIA) dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'

Bandingkan dengan ayat ini :

Yohanes 14:16-17 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain (ALLOS), supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran (ALÊTHEIA). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Yesus Kristus berkata "Akulah alêtheia "
Ia berjanji akan mengirimkan Penolong yang "allos" yaitu "Roh alêtheia "


Syalom aleykhem wrote:
RHCP wrote:
Jika "penghibur/penolong/pembela" adalah roh kudus, maka "penghibur/penolong/pembela YANG LAIN" adalah ROH KEBENARAN. Sayangnya, Yesus hanya berkata "akulah jalan dan kebenaran"..!! Yesus TIDAK berkata "akulah ROH KEBENARAN". Gimana ceritanya roh kudus bisa SAMA dengan roh kebenaran???

Gimana ceritanya "dari Roh Kudus" (pneumatos estin hagiou) di Matius 1:20, bisa SAMA dengan "roh kudus" (pneuma hagion) di Lukas 1:35...???

Study bahasa belon kelar, udah buru2 posting...!!
Belajar lebih giat lagi sono.....
usil

alêtheia adalah kebenaran yang sejati, dan kebenaran secara budi
Yesus dalam peran/fungsi Sang Firman Dia adalah ALÊTHEIA
dalam peran fungsi Roh Kudus (pneuma hagion ), seorang Penolong yang lain (ALLOS) yaitu Roh Kebenaran ALÊTHEIA
Lha iya, tapi tetap aja Yesus BUKANLAH roh kebenaran...!!??
Jelas2 BEDA, malah DIPAKSAIN SAMA??
basi
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 10 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 9, 10, 11, 12  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik