FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Halaman 12 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Syalom aleykhem on Wed Sep 09, 2015 7:29 pm

First topic message reminder :

Sementara Alkitab cukup menjelaskan apa hakekat pribadi dan peran Roh Kudus, Qur'an justru mengingatkan setiap Muslim bahwa tidak ada seorangpun yang diberi penjelasan tentang siapa atau bagaimana Roh itu (QS 17:85). Walau Sudah diperingatkan demikian. Banyak penafsir masih nekad "memastikan" bahwa Roh Kudus] adalah malaikat Jibril, tanpa menunjukkan ayat explisit manapun dalam Qu'ran

QS 17 : 85 Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".

Alkitab jelas membedakan kedua oknum tersebut; Allah tidak pernah menempatkan malaikat Gabriel (jibril) sebagai agen-tunggal pewahyu. Ia hanya ditampilkan sesekali untuk menyampaikanberita ad-hoc dari Allah, dan bukan penyampai segala wahyu yang justru menjadi urusan Roh Kudus

Amat Sederhana untuk melihat bahwa Roh Kudus itu sama sekali tak ada kaitan-identitasnya dengan Gabriel/Jibril atau makhluk ciptaan lainnya. Bandingkan saja bagaimana Gabriel memperkenalkan dirinya dan bagaimana ia memperkenalkan Roh Kudus.

Kepada Zakharia, ia berkata :
Lukas 1:19
Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Sebaliknya, kepada Maria (yang sedang berada dihadapannya) ia berkata : “Roh Kudus akan turun atasmu” :
Lukas 1:35
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah

Jelas sekali dalam ayat tersebut Gabriel tidak berkata : “Aku (jibril), akan turun atasmu”.

Lebih jauh lagi, bilamana manusia yang tidak kenal Roh Allah itu tetap besi-kukuh “men-Jibril-kan” Roh Kudus, maka tentulah kandungan Maria itu adalah malaikat Jibril yang akan tinggal disana selama 9 bulan masa kehamilan. Maka dapatkah makhluk Jibril yang sama (“Roh Kudus”) sekaligus masuk memenuhi Yohanes Pembabtis, dan bapaknya dan ibunya (yaitu Zakharia dan Elizabeth), karena mereka inipun dipenuhi oleh Roh Kudus sebelum dan semasa Maria mengandung? (Lukas 1:15, 41,67).

Seorang malaikat, walau merupakan roh yang mampu berada dimanapun dalam sekejab, namun ia tetap makhluk ciptaan dengan roh yang terbatas, sehingga ia tidak bisa Maha-Ada seperi Allah. Ia tidak mampu serentak di semua ruang di segala waktu. Malaikat justru diciptakan berjuta-juta untuk menangani orang-per orang, dilahkan kaji ayat-ayat di bawah ini :

Mazmur 91:11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu

Matius 18:10 Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

Juga dikatakan dalam QS 13:11

Namun Roh Kudus hanya ada satu, dan Ia adalah Roh Allah sendiri, karena Allah adalah Roh :

Yohanes 4:24
Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.

Maka Alkitab dengan amat jelas mengatakan bahwa Roh Kudus akan diberikan Allah kepada setiap kita yang memintanya sebagai anak-anak Allah yang dikasihiNya (Lukas 11:13). Cukup satu Roh Kudus untuk semua orang!.1

Korintus 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh

Namun, apakah satu Jibril untuk semua?.

Sesungguhnya, tidak ada satupun kitab-suci di dunia yang secara explisit menyamakan Gabriel/Jibril itu dengan Roh Kudus. Tidak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sebagai Roh Kudus dan tak ada Roh Kudus yang mengklaim diriNya sebagai Gabriel. Malahan tak ada Gabriel yang memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Gabriel selain di Alkitab (Lukas 1:19).

Jadi, darimana "orang-orang pintar" Itu bisa tahu bahwa "dia adalah Roh Kudus"?, sementara untuk meyakini "dia adalah Gabriel sendiri" saja masih bermasalah. Sesungguhnyalah penyamaan kedua sosok yang amat berbeda itu hanyalah penafsiran yang dipaksakan manusia tertentu, yang tidak mengenal dan mengalami lawatan Roh Kudus.

Roh-jahat sangat berkepentingan untuk mengacaukan identitas RohNya Allah, roh-jahat itu tidak mengingini manusia untuk berkenalan dengan Allah yang sejati, sebab disitulah titik lemahnya.

Sekali keilahian Roh Kudus dapat dipatahkan, maka hubunganNya dengan manusia bisa dialihkan menjadi hubungan sesama makhluk saja, yaitu relasi antara manusia dan malaikat (atau setan yang berkedok malaikat). Meninggalkan manusia tetap terasing dari RohNya Allah yang justru mampu menyingkapkan kebenaran Allah dalam batinnya. Kebutaan rohani itulah inti keinginan roh-jahat.

Padahal, Allah secara pribadi sangat mementingkan relasi diriNya dengan makhlukNya. Dia sampai menyebut dirinya “Bapa”, dan memanggil manusia sebagai anak-anakNya!. Dia menyebut diriNya Gembala yang menghimpun kawanan ternakNya dengan tanganNya, dan meletakkan anak-anak domba dipangkuanNya. Dia dalam RohNya malahan bersedia datang kepada umatNya dan diam bersama-sama dengan mereka ( Yohanes 14:23, Yesaya 40:11, Lukas 11:13).

Persamaan Jibril dan Roh Kudus?

Apakah Qur'an pernah menyamakan Roh Kudus dengan Jibril? Dan dimanakah Jibril pernah menyamakan juga dirinya dengan Roh Kudus, atau sebaliknya ?
Cukup mengherankan bahwa Jibril bahkan tidak pernah memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Jibril! Walaupun Muhammad berkenalan amat dekat dengan satu sosok roh-malaikat selama belasan tahun, dan selalu menerima wahyu daripadanya (malahan roh tersebut sesekali mewujudkan dirinya bertubuh seperti manusia agar lebih intim dengan Muhammad), namun nama-pribadi dari roh tetap tersembunyi. Barulah di Medina, tiba-tiba Muhammad memuncilkan nama Jibril atas nama Wahyu.

Maka, wajar bila kemudian muncul komentar-komentar yang mempermasalahkan, kenapa Jibril, disatu pihak tidak mewahyukan nama-pribadinya kepada Muhammad, namun di lain pihak Muhammad bisa mendapatkan nama tersebut atas nama wahyu Jibril?
Para ahli-pun, segera membandingkan dengan apa yang tertulis di Alkitab. Bagaimana Malaikat satu ini memperkenalkan namanya dan disampaikan kepada Zakaria misalnya

Lukas 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu

Ya, ini soal NAMA PRIBADI – bukan sebutan – yang tidak bisa tidak harus diperkenalkan oleh yang empunya nama itu sendiri, dan bukan di-klaim oleh nabi atau manusia.

Tampaknya teman Muslim menyamakan Roh Kudus dengan Jibril, karena penyamaan fungsi keduanya, yaitu menurunkan Wahyu Allah. Tetapi kita tahu bahwa wahyu Qur'an bukan hanya diturunkan oleh Jibril, tetapi juga oleh Allah langsung kepada Isa dan kepada Musa ( Qs 3:55 ; Qs 5:110 ; Qs 3:48 ; Qs 4:164 ). Jadi, apakah Jibril juga akan disamakan dengan Allah?

Jikalau Roh Kudus itu adalah malaikat Jibril, ciptaan Allah, maka pastilah Jibril berada dalam diri Maryam yang sedang mengandung Isa (karena Isa dikandung dari Roh Allah dan senantiasa diperkuat oleh Roh Kudus, Qs 4:171 ; Qs 5:110 ). Tetapi ternyata ada "Jibril lain" yang sedang berbicara dari luar diri Maryam, yaitu yang berseru kepada Maryam dari suatu tempat yang rendah... (lihat Surat Maryam 19:24, dalam teks aslinya, nama Jibril tidak tidak sekalipun tercatat di seluruh Surat Maryam. Disini, sosok Jibril hanya tafsiran manusia. Di seluruh Qur'an hanya terdapat 3X penyebutan Jibril, yaitu pada Qs 2:97 ; Qs 2:98 dan Qs 66:4 ).

Dalam kesempatan lain, Ruh (dari) Allah ini juga terkesan sebagai "nafas" Allah yang ditiupkan untuk memberi kehidupan ( Qs 4:171 ; Qs 21:91 ), bukan agen pewahyu. Dan ditempat lain, Roh Kudus menjadi agen-kuasa yang diperkuatkan hanya kepada Isa ( Qs 2:253 ; Qs 5:110 ) yang tidak diperkuat kepada nabi-nabi lain. Maka, benarkah tafsiran dari para penafsir Muslim bahwa Jibril dan Roh Kudus adalah mutlak identik? Ataukah Roh Kudus itu adalah Roh keilahian Allah yang Maha-Hadir yang keluar dari Allah, penyata kebenaran yang tinggal selama-lamanya dalam setiap diri orang-orang yang mengasihi Yesus Kristus?

Yohanes 14:15-17,26
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Amin.






Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 10, 2015 11:38 pm


emang..
tapi kalau berdoa kan tidak ke buku

bukan soal sedih/tidak
tapi nalarmu, nunggu penolong atau buku 700 tahun
dan penolongnya ternyata masih butuh ditolong dan butuh didoakan keselamatannya oleh yang ditolongnya, itu kan konyol

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 11, 2015 9:01 am

Ya iyalah...
Tapi JELAS pengetahuan tentang cara berdoa dll, itu khan dari kitab yang berisi pengajaran dari sang penolong, yang bersumber dari Allah.

Lha...
Bani israil kalo ditarik lagi kebelakang hingga jaman Musa as. UDAH nunggu hampir 2000 tahun. Sejak jaman Daud as. ke jaman Yesus, 1000 tahun??

Mereka bahkan masih "setia" nunggu sampe sekarang, 2000 tahun lebih ?? Lagian yang ditunggu bani israil, manusia yg seperti Daud as. BUKAN yang berbentuk ROH...!! Mereka nunggu seorang raja yang akan membangkitkan lagi kejayaan israel.

Yang konyol siapa sekarang??
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 11, 2015 3:02 pm

@RHCP wrote:Ya iyalah...
Tapi JELAS pengetahuan tentang cara berdoa dll, itu khan dari kitab yang berisi pengajaran dari sang penolong, yang bersumber dari Allah.

Lha...
Bani israil kalo ditarik lagi kebelakang hingga jaman Musa as. UDAH nunggu hampir 2000 tahun. Sejak jaman Daud as. ke jaman Yesus,  1000 tahun??

Mereka bahkan masih "setia" nunggu sampe sekarang, 2000 tahun lebih ?? Lagian yang ditunggu bani israil, manusia yg seperti Daud as.  BUKAN yang berbentuk ROH...!! Mereka nunggu seorang raja yang akan membangkitkan lagi kejayaan israel.

Yang konyol siapa sekarang??
usil

makanya..
penolong dimaksud tentu bukan buku
melainkan yang bisa merespon dan beraksi memberi pertolongan

kan ada harun dan nabi-nabi berikutnya..

silakan aja nunggu..
lha Yesus kan seperti daud (manusia)

yang minta tolong ke buku
yang nunggu 700 taon

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 11, 2015 4:50 pm

Hahahaha.... Wedi... wedi.

Tanpa ajaran Yesus dari alkitab loe NGGA akan tahu cara minta tolong kpd yang BENAR2 Tuhan ..?? Kalo yang loe mintain pertolongan TERNYATA bukan Tuhan, gimana?? Kalo loe seumur hidup menyembah Yesus TAPI ternyata dia BUKAN TUHAN gimana?? Khan sia-sia....??

Daud manusia, Yesus manusia, masa yang ditunggu2 berubah jadi ROH?? Daud Raja dan kerjaannya duniawi, masa yang ditunggu2 ROH yang kerajaannya rohani...??? POLOS AKUT...!!
ketawa guling

Yang nunggu sampe ribuan taon (tapi yang ditunggu kaga dateng2) SAMA yang nungguin ROH udah 2000 taon (dan kaga dateng2 juga) Kaga konyol ya...?? Iya daahh...
wkwkwkwkwk....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 16, 2015 3:30 pm


kalau Yesus benar Tuhan, gimana?
ingat: kelak Ia-lah hakimnya, apakah kamu masuk surga atau ditendang ke neraka

lha yang disoal kan setelah Yesus..
maka Roh Kudus itulah penolongmu

kan udah dateng, cep?
jadi mana mungkin penolong/penghibur adalah buku?
apalagi adalah muhammad

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Mon Nov 16, 2015 5:06 pm

Kalo NANTI justru teriakan loe : "Tuhan Yesus... Tuhan Yesus..." yg ditolak mentah2 sama Yesus, krn beliau ngga pernah KENAL shg loe diusir Yesus, gimana ayooo...???
usil

Pertolongan Muhammad saw. sdh jelas dan pasti ada di Al Quran, shg awet sampe kiamat. Dia adalah manusia, NABI yang telah mengajarkan apa yang belum sempat diajarkan oleh Yesus.

Mana buktinya "seorang roh kudus" datang menjamah loe...??? Lalu mengajarkan apa yang belum sempat diajarkan oleh Yesus??

Jangan2 yg loe ikutin malah ajaran antikristus. Karena yg dateng cuma bisikan, ngga jelas itu roh kudus apa roh setan/iblis.
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 17, 2015 2:17 pm


baca yang cermat, cep!
bukan soal menyebut/menyeru Tuhan-nya yang menyebabkan ditendang..
tapi soal tak melakukan kehendak-Nya
bayangkan kamu yang tak k2-nya, bakal diapakan kamu cep?

lha dia aja masih butuh pertolongan kok
bahkan butuh doamu supaya selamat, gimana mo nolong??

kalau omong yang jelas ya cep!
kalau perlu bikin tret-nya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Tue Nov 17, 2015 4:58 pm

Lho, lha iya...!?
Pertanyaannya, bagaimana loe bisa YAKIN udah melakukan kehendakNYA, sementara ajaran Yesus aja ngga pernah loe JALANIN??

Bahkan seorang NABI sekalipun akan selalu butuh pertolongan Allah. Yesus sendiri kenapa harus teriak ("eli.. eli lama sabakhtani") dgn suara nyaring??
usil

Lha ini thread bahas roh kudus. Dan gw lagi ngomongin penolong loe yaitu roh kudus. Jangan2 yg jadi penolong loe itu bukan roh kudus, tapi roh anti kristus?? Karena yang loe JALANIN bukan ajaran Yesus, tapi ajaran orang yang cuma mengaku2 dari Yesus!!

Kaga jelas apanya??
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 18, 2015 9:57 am


- sok teu..
- berarti bukan muhammad, cep
- ngoceh apaan sih, cep? no OOT

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by RHCP on Wed Nov 18, 2015 11:23 am

- Gak punya argumen, tapi sotoy...
- Tuhan kok butuh pertolongan TUHAN, pake teriak2 lagi? wkwkwkwk
- Gw maklum, dengkul loe emang kaga nyampe!! huehehe
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2937
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 18, 2015 2:57 pm


- argumen apa buat ke- sok - teu-an..
- mana ada Roh Kudus teriak
- kalap

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Mutiaraa on Tue Jan 12, 2016 3:02 am

yesusmu yabg teriak minta tolong kepada Tuhan. seorang nabi yang teriak dan berdoa kepada tuhannya. Nah kalau Roh Kudus itu Malaikat, bukan tuhan. Kalau Tuhan itu roh MAHA kudus,bukan cuma kudus saja,tapi MAHA kudus.
avatar
Mutiaraa
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Posts : 1383
Kepercayaan : Islam
Location : DKI
Join date : 20.01.14
Reputation : 29

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by SEGOROWEDI on Fri Jan 15, 2016 10:11 am


roh manusia => roh yang ada dalam tubuhmu dan tabuhku
roh jahat => roh setan/iblis
Roh Kudus => ROH ALLAH

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Roh Kudus itu siapa? Allah ataukah Malaikat Allah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 12 dari 12 Previous  1, 2, 3 ... 10, 11, 12

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik