FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by F-22 on Sun Oct 18, 2015 3:02 pm

First topic message reminder :

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_expeditions_of_Muhammad
  • No. 46, thn 627, Expedition of Abdur Rahman bin Auf, 700 men sent to get the Christian king Al-Asbagh and his people to convert to Islam within 3 days or pay Jizyah.
  • No. 61, thn 629, Expedition of Ibn Abi Al-Awja Al-Sulami, 50 men sent to demand the allegiance of the Banu Sualym tribe to Islam.
  • No. 76, thn 630, Expedition of Khalid ibn al-Walid (Banu Jadhimah), Invite the Banu Jadhimah tribe to Islam
  • No. 77, thn 630, Battle of Hunayn, To attack the people of Hawazin and Thaqif for refusing to surrender to Muhammad and submit to Islam
  • No. 85, thn 630, Expedition of Dahhak al-Kilabi, To call the Banu Kilab tribe to embrace Islam
  • No. 98, thn 632, Expedition of Ali ibn Abi Talib, To call the people of Hamdan to embrace Islam

Contoh trit yg pernah dibahas disini:
http://www.laskarislam.com/t8695-tragedi-dahhak_al-kilabi-seorang-anak-membuat-ayahnya-terbunuh-karena-menolak-masuk-islam

Muhammad bbrp kali mengirim ekspedisi "dakwah" yg "meminta" suku2 di arab utk masuk islam.

Masalahnya adalah .......... yg dikirim lewat "ekspedisi dakwah" ini BUKAN PAK USTADZ yg akan berdakwah ttg "kehebatan" islam, TAPI MALAH PASUKAN JIHAD BERSENJATA yg dikirim.

Jadi apa maksud muhammad mengirim "ekspedisi dakwah" dg pasukan jihad, bukannya dg bapak ustadz ???

Apakah maksudnya ini adalah suatu bentuk ANCAMAN / INTIMIDASI agar orang mau masuk islam ???



mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down


Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by musicman on Wed Oct 28, 2015 10:53 am

@F-22 wrote:
@musicman wrote:Kondisi masa itu tentu berbeda kultur dan budaya dengan masa modern sekarang dimana Hukum Rimba secara frontal tidak terlalu kentara, sehingga ajakan untuk berpindah keyakinan adalah hal serius yg mengancam nyawa. Semua pihak memiliki jiwa Mengkespansi atau diEkspansi..hanya itu pilihannya .. sehingga sering untuk mencegah ekspansi dilakukan tindakan preventive.
Jadi kau setuju khan kalo "ekspedisi dakwah" pasukan jihad muhammad sebenarnya adalah sebuah ancaman/intimidasi agar orang mau masuk islam dg paksaan sbg sarana EKSPANSI penjajah islam di bawah pimpinan muhammad ???


mana
Tergantung kondisinya, tidak semuanya memiliki kondisi demikian, karena tidak ada satupun FAHAM yg bisa eksis dan menyebar luas di dunia dengan cara paksaan dan barbar kecuali anda bisa tulis dan buktikan disini.

Memang bisa bangsa barbar berdarah-darah didakwahi dengan mengirimkan 1-2 orang untuk naik ke atas mimbar dengan lemah lembut?

Bangsa-bangsa Yahudi kuno pun merasakan seperti apa dan bagaimana berdakwah dengan cara angkat senjata demi meminimalisir serangan. Memang gk pernah baca ?
avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Wed Oct 28, 2015 11:10 am


Yesus
dan pengikutnya
gak pernah dakwah dengan kekerasan, sic

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by F-22 on Sun Nov 01, 2015 3:25 pm

@musicman wrote:
@F-22 wrote:
@musicman wrote:Kondisi masa itu tentu berbeda kultur dan budaya dengan masa modern sekarang dimana Hukum Rimba secara frontal tidak terlalu kentara, sehingga ajakan untuk berpindah keyakinan adalah hal serius yg mengancam nyawa. Semua pihak memiliki jiwa Mengkespansi atau diEkspansi..hanya itu pilihannya .. sehingga sering untuk mencegah ekspansi dilakukan tindakan preventive.
Jadi kau setuju khan kalo "ekspedisi dakwah" pasukan jihad muhammad sebenarnya adalah sebuah ancaman/intimidasi agar orang mau masuk islam dg paksaan sbg sarana EKSPANSI penjajah islam di bawah pimpinan muhammad ???
Tergantung kondisinya, tidak semuanya memiliki kondisi demikian, karena tidak ada satupun FAHAM yg bisa eksis dan menyebar luas di dunia dengan cara paksaan dan barbar kecuali anda bisa tulis dan buktikan disini.

Memang bisa bangsa barbar berdarah-darah didakwahi dengan mengirimkan 1-2 orang untuk naik ke atas mimbar dengan lemah lembut?

Bangsa-bangsa Yahudi kuno pun merasakan seperti apa dan bagaimana berdakwah dengan cara angkat senjata demi meminimalisir serangan. Memang gk pernah baca ?
Sebelumnya kau mengatakan kalo ekspedisi jihad muhammad itu adalah suatu bentuk EKSPANSI.

Kau mau menjilat ludahmu sendiri atau bgmn ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by frontline defender on Thu Nov 05, 2015 12:58 pm

@aliumar wrote:
@frontline defender wrote:lha pada waktu itu, yang didakwahi kan, mereka yang ada kemungkinan berpihak ke musuh/memerangi/menghalangi dakwah!
enak sekali ya cuma berdasarkan prasangka "kemungkinan" doang, udah bisa main bawa pasukan lalu mengancam.
jaman segitu kan jamannya nggak aman, jamannya suku/negara saling menginvasi satu sama lain, jamannya kafilah/rombongan perjalanan biasa dirampok!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 05, 2015 2:56 pm


berarti emang ada motif dakwah secara maksa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by frontline defender on Thu Nov 05, 2015 3:52 pm

bela diri kok berarti maksa!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Thu Nov 05, 2015 3:55 pm


mana yang fakta beladiri??
wong morifnya emang dakwah kekerasan dengan pedang

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by frontline defender on Thu Nov 05, 2015 4:06 pm

dakwah sambil bawa keamanan, ke daerah konflik!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by F-22 on Sun Nov 08, 2015 12:08 am

@F-22 wrote:
@musicman wrote:
@F-22 wrote:
@musicman wrote:Kondisi masa itu tentu berbeda kultur dan budaya dengan masa modern sekarang dimana Hukum Rimba secara frontal tidak terlalu kentara, sehingga ajakan untuk berpindah keyakinan adalah hal serius yg mengancam nyawa. Semua pihak memiliki jiwa Mengkespansi atau diEkspansi..hanya itu pilihannya .. sehingga sering untuk mencegah ekspansi dilakukan tindakan preventive.
Jadi kau setuju khan kalo "ekspedisi dakwah" pasukan jihad muhammad sebenarnya adalah sebuah ancaman/intimidasi agar orang mau masuk islam dg paksaan sbg sarana EKSPANSI penjajah islam di bawah pimpinan muhammad ???
Tergantung kondisinya, tidak semuanya memiliki kondisi demikian, karena tidak ada satupun FAHAM yg bisa eksis dan menyebar luas di dunia dengan cara paksaan dan barbar kecuali anda bisa tulis dan buktikan disini.

Memang bisa bangsa barbar berdarah-darah didakwahi dengan mengirimkan 1-2 orang untuk naik ke atas mimbar dengan lemah lembut?

Bangsa-bangsa Yahudi kuno pun merasakan seperti apa dan bagaimana berdakwah dengan cara angkat senjata demi meminimalisir serangan. Memang gk pernah baca ?
Sebelumnya kau mengatakan kalo ekspedisi jihad muhammad itu adalah suatu bentuk EKSPANSI.

Kau mau menjilat ludahmu sendiri atau bgmn ???


mana
avatar
F-22
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2399
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 02.11.12
Reputation : 28

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Sun Nov 08, 2015 4:47 pm

@frontline defender wrote:dakwah sambil bawa keamanan, ke daerah konflik!

daerah manaaaaaaaaaa?
dakwah kok bawa pasukan bersenjata

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by musicman on Fri Nov 20, 2015 4:27 pm

@F-22 wrote:
@musicman wrote:
@F-22 wrote:
@musicman wrote:Kondisi masa itu tentu berbeda kultur dan budaya dengan masa modern sekarang dimana Hukum Rimba secara frontal tidak terlalu kentara, sehingga ajakan untuk berpindah keyakinan adalah hal serius yg mengancam nyawa. Semua pihak memiliki jiwa Mengkespansi atau diEkspansi..hanya itu pilihannya .. sehingga sering untuk mencegah ekspansi dilakukan tindakan preventive.
Jadi kau setuju khan kalo "ekspedisi dakwah" pasukan jihad muhammad sebenarnya adalah sebuah ancaman/intimidasi agar orang mau masuk islam dg paksaan sbg sarana EKSPANSI penjajah islam di bawah pimpinan muhammad ???
Tergantung kondisinya, tidak semuanya memiliki kondisi demikian, karena tidak ada satupun FAHAM yg bisa eksis dan menyebar luas di dunia dengan cara paksaan dan barbar kecuali anda bisa tulis dan buktikan disini.

Memang bisa bangsa barbar berdarah-darah didakwahi dengan mengirimkan 1-2 orang untuk naik ke atas mimbar dengan lemah lembut?

Bangsa-bangsa Yahudi kuno pun merasakan seperti apa dan bagaimana berdakwah dengan cara angkat senjata demi meminimalisir serangan. Memang gk pernah baca ?
Sebelumnya kau mengatakan kalo ekspedisi jihad muhammad itu adalah suatu bentuk EKSPANSI.

Kau mau menjilat ludahmu sendiri atau bgmn ???


mana
??????

Jangan terlewat mengikuti nafsu liar, malu sama pengalaman anda di forum debat.
Saya bantu dengan BOLD BIRU diatas ..


avatar
musicman
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2226
Kepercayaan : Islam
Join date : 07.10.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Fri Nov 20, 2015 8:21 pm

@SEGOROWEDI wrote:
Yesus dan pengikutnya gak pernah dakwah dengan kekerasan, sic

Hush.... Jangan asal mangap,  memangnya portugis dan belanda dulu kesini bawa indomie.
Jangan2 Mbahmu salah satu korban intimidasi mereka.
awas
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 23, 2015 9:11 am

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
Yesus dan pengikutnya gak pernah dakwah dengan kekerasan, sic

Hush.... Jangan asal mangap,  memangnya portugis dan belanda dulu kesini bawa indomie.
Jangan2 Mbahmu salah satu korban intimidasi mereka.
awas

ada anak kecil ngelantur bin kalap..
OOT lagi

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Mon Nov 23, 2015 9:26 am

@SEGOROWEDI wrote:
@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
Yesus dan pengikutnya gak pernah dakwah dengan kekerasan, sic

Hush.... Jangan asal mangap,  memangnya portugis dan belanda dulu kesini bawa indomie.
Jangan2 Mbahmu salah satu korban intimidasi mereka.
awas

ada anak kecil ngelantur bin kalap..
OOT lagi

Yang mana ngelanturnya ???
Apa menurutmu orang yang menyebarkan kristen di indonesia bukan pengikut yesus ??
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 23, 2015 9:30 am


belanda datang cari n berdagang rempah nak..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Mon Nov 23, 2015 10:05 am

Golden, glory, gospel

Ada gospelnya, tapi bawa meriam sijagur.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 23, 2015 10:16 am


tuh..
malah OOT

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Mon Nov 23, 2015 11:07 am

Tuh malah mewek....
nyerah

Saya kan cuma merespon omongan kamu, koq jerit2 oot mulu.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Mon Nov 23, 2015 11:54 am


belanda berdagang, bukan dakwah nak

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Mon Nov 23, 2015 5:48 pm

@SEGOROWEDI wrote:
belanda berdagang, bukan dakwah nak

Belanda menjajah sambil berdakwah, mbah.
Mosok berdagang bawa-bawa sijagur.

Sijagur ini ternyata juga sangat efektif bisa juga digunakan buat berdakwah.

(Awas loe bilang oot lagi)

avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 24, 2015 1:14 pm


ini lho sejarahnya..
Tujuan awal Belanda adalah untuk berdagang rempah-rempah, namun setelah mereka berhasil mendapatkan keuntungan melimpah serta menemukan daerah sumber rempah-rempah, Belanda mulai melakukan aksi monopoli perdagangan dan sejarah penjajahan Belanda di Indonesia pun dimulai.

gak ada urusan dakwah..
hentikan OOT-mu karena yang dibahas perilaku dakwah muhammad!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by cherish on Tue Nov 24, 2015 5:55 pm

[quote="SEGOROWEDI"]
ini lho sejarahnya..
[color=#ff3300]Tujuan awal Belanda adalah untuk berdagang rempah-rempah, namun setelah mereka berhasil mendapatkan keuntungan melimpah serta menemukan daerah sumber rempah-rempah, Belanda mulai melakukan aksi monopoli perdagangan dan sejarah penjajahan Belanda di Indonesia pun dimulai.[/color]/quote]

Yup, akhirnya ngaku juga belanda (pengikut yesus) adalah penjajah.


[quote="SEGOROWEDI"]
gak ada urusan dakwah..
hentikan OOT-mu karena yang dibahas perilaku dakwah muhammad![/q

Emangnya yg dakwah agama kristen di indonesia orang cina, india atau arab ??

Ga oot kalee, inikan buat bukti'in bahwa omongan kamu ternyata ngawur.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by frontline defender on Tue Nov 24, 2015 11:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@frontline defender wrote:dakwah sambil bawa keamanan, ke daerah konflik!
daerah manaaaaaaaaaa?
dakwah kok bawa pasukan bersenjata
ya daerah tujuan ekspedisi dakwah tsb, yang mana merupakan daerah yang konflik/nggak aman!
karena dakwahnya di daerah konflik/nggak aman, kalau daerahnya aman ya nggak perlu bawa pasukan bersenjata!
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6448
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 25, 2015 1:31 pm

@cherish wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
ini lho sejarahnya..
[color=#ff3300]Tujuan awal Belanda adalah untuk berdagang rempah-rempah, namun setelah mereka berhasil mendapatkan keuntungan melimpah serta menemukan daerah sumber rempah-rempah, Belanda mulai melakukan aksi monopoli perdagangan dan sejarah penjajahan Belanda di Indonesia pun dimulai.[/color]/quote]

Yup, akhirnya ngaku juga belanda (pengikut yesus) adalah penjajah.


@SEGOROWEDI wrote:
gak ada urusan dakwah..
hentikan OOT-mu karena yang dibahas perilaku dakwah muhammad![/q

Emangnya yg dakwah agama kristen di indonesia orang cina, india atau arab ??

Ga oot kalee, inikan buat bukti'in bahwa omongan kamu ternyata ngawur.

gak semua belanda pengikut Yesus..
dan mereka berdagang, bukan dakwah
masih mo OOT?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 25, 2015 1:32 pm

@frontline defender wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@frontline defender wrote:dakwah sambil bawa keamanan, ke daerah konflik!
daerah manaaaaaaaaaa?
dakwah kok bawa pasukan bersenjata
ya daerah tujuan ekspedisi dakwah tsb, yang mana merupakan daerah yang konflik/nggak aman!
karena dakwahnya di daerah konflik/nggak aman, kalau daerahnya aman ya nggak perlu bawa pasukan bersenjata!

contohnya?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Kenapa muhammad sering "berdakwah" dengan mengirim pasukan jihad ???

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 3 Previous  1, 2, 3  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik