FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by Syalom aleykhem on Wed Oct 28, 2015 11:10 am

First topic message reminder :


[43:81] Katakanlah, jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah mempunyai anak, maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak itu)

yang dikandung maksud pengertian anak Tuhan di benak Muhammad SAW apa ya ?




Terakhir diubah oleh Syalom aleykhem tanggal Wed Oct 28, 2015 11:25 am, total 1 kali diubah

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down


Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 2:05 pm

@RHCP wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
TANPA  hubungan biologis ayah + ibu
Kalo "TANPA  hubungan biologis ayah + ibu", kenapa Allah BUTUH RAHIM Maryam, pake istilah MINJEM, lagi.
Kalo Yesus "bukan ciptaan" kenapa HARUS DILAHIRKAN oleh Maryam?? dan kenapa Allah memilih Maryam??
Apa keistimewaan Maryam bagi Allah (menurut kristen) sehingga RAHIMNYA dibutuhkan untuk melahirkan Yesus??

- kan jadi manusia..
mosok mo terlahir dari rahim binatang
- emang kenapa kalau milih maria?
- keistimewaannya justeru karena terpilih

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by omzell on Tue Nov 03, 2015 2:57 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@omzell wrote:Woiii kristen....
Kalau anak alah itu cuman istilah, ngapain yesus musti lahir dari seorang mak mak.

Kalau anak tuhan itu maksudnya adalah yesus tuhan, berarti tuhanmu punya emak, karena tuhanmu dilahirkan oleh seorang mak mak.

Tuhan kok punya mak?
dilahirkan dari seorang Ibu TANPA hubungan biologis seorang Ayah + Ibu
sebaliknya
dalam minset/pikiran muhammad, Allah SWT + Istri LAHIRLAH anak Allah SWT ... maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak itu)

minset nabi koq kek gituan, bagaimana muhammad saw /anda menjelaskan ?


Halaaaah...
Ketahuan banget kalo kamu tidak lulus mata pelajaran biologi.

Namanya lahir itu adalah berkembang biak.
Berkembang biak tidak harus bersetubuh
Bisa dg insominasi buatan
Yesus lahir dari seorang perempuan.
Kamu sebut anak tuhan
Itukan sama saja kamu bilang tuhan beranak.
Lha ditegur Nabi muhammad, kok kamu malah sewot.

omzell
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 513
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 26.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 3:04 pm



previous berarti di mindset muhammad:
- ilah menyetubuhi maryam, atau..
- sperma ilah membuahi ovum maryam di tabung, ayau..
- sperma ilah diinseminasikan ke rahim maryam


mindset yang seperrr sekalii...
based on penjelasan si omzell

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 3:08 pm


[43:81] Katakanlah, jika benar Tuhan Yang Maha Pemurah mempunyai anak, maka akulah (Muhammad) orang yang mula-mula memuliakan (anak itu)

konsekuensinya..
kalau anak itu bukan anak biologis, muhammad harus memuliakan anak itu
gimana, mad?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by ngayarana on Tue Nov 03, 2015 3:12 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ngayarana wrote:Lha iya Roh Kudus, waktu masuk dalam Rahim maria menjadi apa...?
Kamu tau kan proses kehamilan itu di sebabkan karena apa...?

Pertumbuhan Janin itu bakal terjadi karena apa...?

Lha..., kamu bicara "ATAS NAMA BAPA, PUTRA, DAN ROH KUDUS" itu artinya apa...?

- menjadi bayi Yesus
- kehamilan siapa?
- janin siapa?
- BAPA = PUTERA = ROH KUDUS
- caranya..?
- Semua manusia
- Janin Yesus lah
- Kenapa enggak Nyebut BAPA saja kalo emang sama dengan PUTRA dan ROH KUDUS
atau PUTRA aja..., atau ROH KUDUS AJA
Contoh : OOOH ROH KUDUS beri hamba rezeki....., Bisa.. lol
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 3:35 pm

@ngayarana wrote:
- caranya..?
- Semua manusia
- Janin Yesus lah
- Kenapa enggak Nyebut BAPA saja kalo emang sama dengan PUTRA dan ROH KUDUS
atau PUTRA aja..., atau ROH KUDUS AJA
Contoh : OOOH ROH KUDUS beri hamba rezeki....., Bisa.. lol

- ya itu.. secara menjadi bayi
- Yesus beda
- Janin Yesus beda
- bisa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by ngayarana on Tue Nov 03, 2015 3:47 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@ngayarana wrote:
- caranya..?
- Semua manusia
- Janin Yesus lah
- Kenapa enggak Nyebut BAPA saja kalo emang sama dengan PUTRA dan ROH KUDUS
atau PUTRA aja..., atau ROH KUDUS AJA
Contoh : OOOH ROH KUDUS beri hamba rezeki....., Bisa.. lol

- ya itu.. secara menjadi bayi
- Yesus beda
- Janin Yesus beda
- bisa
- Secara nya Gimana...?
- Bedanya apa, apa langsung Gede, gak nunggu 9 bulan dulu...?
- Gak mungkin, tetep dari sel telur dulu, lalu di buahi, lalu jadi embrio, lalu nunggu 9 bulan, baru lahir deh...
- yang bener, prakteknya selalu begini ah.. "ATAS NAMA BAPA, PUTRA, DAN ROH KUDUS"
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 4:11 pm


- menjadi bayi lalu terlahir
- bedanya bukan dari benih manusia
- mana buktinya? bahkan tercatat tidak ada persetubuhan..
- bisa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by ngayarana on Tue Nov 03, 2015 4:20 pm

@SEGOROWEDI wrote:
- menjadi bayi lalu terlahir
- bedanya bukan dari benih manusia
- mana buktinya? bahkan tercatat tidak ada persetubuhan..
- bisa
- Cara nya gimana..?, kan awalnya Roh kudus, jadi bayinya itu gimana, Rohkan Immaterial, gimana jadi material..?
- Terus dari benih siapa?
- Lha buktinya, dari saat pertama hamil dia nunggu dulu sampe 9 bulan, emang Maria langsung perutnya gede gitu dalam sekejap...?
- jadi kata Anak gak papa ga dibawa.....? Catet.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by isaku on Tue Nov 03, 2015 4:40 pm

@Syalom aleykhem wrote:
jika demikian (anak bilogis)dalam benak Muhammad SAW, tidak terbayangkan klo seorang RASULLAH bisa kepikir kyk gitu ke Allah SWT ?

apakah level berfikir Sang penyandang Junjungan Rasullah sepanjang atau sependek itu ya ?


Emangnya kenapa kalau yg dimaksud adalah anak biologis, memang jaman dulu orang2 suka nyanjung2 seseorang yg diduga anak biolgis tuhan kok. Herkules anak Zeus, Horus anak Isis, Yesus anak Allah

sekarang2 aja kresten berubah arah tuhan menjadi manusia, atau pengertian tsb ditambahkan, tapi tidak berarti menjadi salah mengatakan bahwa Yesus dan tuhan satu darah, "kalau ada darahnya".

piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 4:47 pm

@ngayarana wrote:
- Cara nya gimana..?, kan awalnya Roh kudus, jadi bayinya itu gimana, Rohkan Immaterial, gimana jadi material..?
- Terus dari benih siapa?
- Lha buktinya, dari saat pertama hamil dia nunggu dulu sampe 9 bulan, emang Maria langsung perutnya gede gitu dalam sekejap...?
- jadi kata Anak gak papa ga dibawa.....? Catet.

- kuasa Tuhan..
- ayo mana buktinya? kok malah ngulang pertanyaan kemarin yang sudah dijawab..
- yang bilang langsung gede siapa?
- ya Bapa, ya Yesus, ya Roh Kudus => bisa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 4:50 pm

@isaku wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
jika demikian (anak bilogis)dalam benak Muhammad SAW, tidak terbayangkan klo seorang RASULLAH bisa kepikir kyk gitu ke Allah SWT ?

apakah level berfikir Sang penyandang Junjungan Rasullah sepanjang atau sependek itu ya ?


Emangnya kenapa kalau yg dimaksud adalah anak biologis, memang jaman dulu orang2 suka nyanjung2 seseorang yg diduga anak biolgis tuhan kok. Herkules anak Zeus, Horus anak Isis, Yesus anak Allah

sekarang2 aja kresten berubah arah tuhan menjadi manusia, atau pengertian tsb ditambahkan, tapi tidak berarti menjadi salah mengatakan bahwa Yesus dan tuhan satu darah, "kalau ada darahnya".

piss

jadi ngaku?
level muhammad ternyata hanya sekelas penyanjung herkules

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by isaku on Tue Nov 03, 2015 4:53 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@isaku wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
jika demikian (anak bilogis)dalam benak Muhammad SAW, tidak terbayangkan klo seorang RASULLAH bisa kepikir kyk gitu ke Allah SWT ?

apakah level berfikir Sang penyandang Junjungan Rasullah sepanjang atau sependek itu ya ?


Emangnya kenapa kalau yg dimaksud adalah anak biologis, memang jaman dulu orang2 suka nyanjung2 seseorang yg diduga anak biolgis tuhan kok. Herkules anak Zeus, Horus anak Isis, Yesus anak Allah

sekarang2 aja kresten berubah arah tuhan menjadi manusia, atau pengertian tsb ditambahkan, tapi tidak berarti menjadi salah mengatakan bahwa Yesus dan tuhan satu darah, "kalau ada darahnya".

piss

jadi ngaku?
level muhammad ternyata hanya sekelas penyanjung herkules
Orang2 penyembah anak tuhan langsung paham kok ketika dibacakan ayat tsb, g ada yg ngeles sana sini.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 5:01 pm


udah klir..
ini level muhammad:
jaman dulu orang2 suka nyanjung2 seseorang yg diduga anak biolgis tuhan kok. Herkules anak Zeus, Horus anak Isis,

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by isaku on Tue Nov 03, 2015 5:02 pm

Makanya cepat tobat.... jangan menyembah anak tuhan, apalagi cuma "diduga anak tuhan"

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 5:05 pm


lah..
menjunjung nabi selevel itu kok malah nyuruh orang lain tobat
ganti nabi sonoh!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by frontline defender on Tue Nov 03, 2015 5:24 pm

& tidak ada pula dogma bencilah musuhmu dalam ajaran Yahudi, lha terus Yesus bisa kepikiran gitu darimana?
avatar
frontline defender
MAYOR
MAYOR

Posts : 6446
Kepercayaan : Islam
Join date : 17.11.11
Reputation : 135

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Tue Nov 03, 2015 5:27 pm


OOT

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by omzell on Tue Nov 03, 2015 6:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:

previous berarti di mindset muhammad:
- ilah menyetubuhi maryam, atau..
- sperma ilah membuahi ovum maryam di tabung, ayau..
- sperma ilah diinseminasikan ke rahim maryam


mindset yang seperrr sekalii...
based on penjelasan si omzell

Mindset pauler kalees...
Yg mengumani tuhan punya anak

Nabi Muhammad justeru membantah mindset kalian itu.
Kok malah nuduh nabi Muhammad.
Itu namanya maling teriak maling..

omzell
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 513
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 26.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 10:17 am


iya..
membantah bahwa 'anak' adalah kiasan
di kepalanya 'anak' adalah biologis, cocok dengan penjelasanmu yang superr itu.. tuh, tambah seukuwahmu yang ngakui selevel pemuja herkules bin zeus..
maka saya sarankan: ganti nabi sono..!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by omzell on Wed Nov 04, 2015 10:23 am

@SEGOROWEDI wrote:
iya..
membantah bahwa 'anak' adalah kiasan
di kepalanya 'anak' adalah biologis, cocok dengan penjelasanmu yang superr itu.. tuh, tambah seukuwahmu yang ngakui selevel pemuja herkules bin zeus..
maka saya sarankan: ganti nabi sono..!

Yang bilang yesusmu anak tuhanmu siapa?
Kalian kan?

omzell
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 513
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 26.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 10:33 am

iya..
tapi itu kiasan
lalu dibantah oleh muhammad bahwa itu bukan kiasan, melainkan anak biologis.. itu mindset muhammad-mu zell, sama dengan mindset pemuja herkules bin zeus, klop dengan penjelasanmu yang super itu zell bahwa:
- ilah-mu menyetubuhi maryam, atau..
- sperma ilah-mu ditemukan ovum maryam dalam tabung, atau..
- sperma ilah-mu diinseminasikan ke rahim maryam


orang bermindset seperti itu masih kamu junjung, zell???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by ngayarana on Wed Nov 04, 2015 10:42 am

@SEGOROWEDI wrote:
@ngayarana wrote:
- Cara nya gimana..?, kan awalnya Roh kudus, jadi bayinya itu gimana, Rohkan Immaterial, gimana jadi material..?
- Terus dari benih siapa?
- Lha buktinya, dari saat pertama hamil dia nunggu dulu sampe 9 bulan, emang Maria langsung perutnya gede gitu dalam sekejap...?
- jadi kata Anak gak papa ga dibawa.....? Catet.

- kuasa Tuhan..
- ayo mana buktinya? kok malah ngulang pertanyaan kemarin yang sudah dijawab..
- yang bilang langsung gede siapa?
- ya Bapa, ya Yesus, ya Roh Kudus => bisa
- Semua juga kuasa Tuhan, yang Normal normal juga kuasa Tuhan, yang spesial ini Gimana...?, katanya dari Roh Kudus, sedang Roh Immaterial, Janin itu Material, gimana ngejelasinnya coba....?
- Bukti apa, kamu bilang bukan benih Yusuf, atau benih siapa siapa, lha terus benih siapa...?
- ya makanya ada proses bukan...?, itu namanya proses apa...?
- Catet...!!
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by omzell on Wed Nov 04, 2015 10:51 am

@SEGOROWEDI wrote:iya..
tapi itu kiasan
lalu dibantah oleh muhammad bahwa itu bukan kiasan, melainkan anak biologis.. itu mindset muhammad-mu zell, sama dengan mindset pemuja herkules bin zeus, klop dengan penjelasanmu yang super itu zell bahwa:
- ilah-mu menyetubuhi maryam, atau..
- sperma ilah-mu ditemukan ovum maryam dalam tabung, atau..
- sperma ilah-mu diinseminasikan ke rahim maryam


orang bermindset seperti itu masih kamu junjung, zell???

Kiasan bagaimana?
Wong prakteknya memang yesus itu kamu imani anak kok.

Antara omongan dg kenyataan tidak sama.

omzell
SERSAN MAYOR
SERSAN MAYOR

Male
Posts : 513
Kepercayaan : Islam
Location : surabaya
Join date : 26.01.14
Reputation : 4

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by SEGOROWEDI on Wed Nov 04, 2015 10:57 am

@ngayarana wrote:
- Semua juga kuasa Tuhan, yang Normal normal juga kuasa Tuhan, yang spesial ini Gimana...?, katanya dari Roh Kudus, sedang Roh Immaterial, Janin itu Material, gimana ngejelasinnya coba....?
- Bukti apa, kamu bilang bukan benih Yusuf, atau benih siapa siapa, lha terus benih siapa...?
- ya makanya ada proses bukan...?, itu namanya proses apa...?
- Catet...!!

- ya terbentuk embrio, lalu janin, kemudian berkembang jadi bayi, lalu terlahir..
hanya saja tidak berasal dari benih manusia
- kan sudah dijawab: bukan benih siapa-siapa
- proses kehamilan dan kelahiran, tapi bukan benih manusia

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: jika benar Tuhan mempunyai anak (Qs 43.81), apa maksudnya ?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 5 dari 9 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik