FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by dee-nee on Fri Nov 13, 2015 1:47 pm

Sebagai "ibu baru" >>>> saya sebut "baru" karena anak saya cuma satu .... artinya segala hal yang berkaiitan dengan kegiatan si anak pasti baru buat saya

lanjut ....

Sebagai "ibu baru" >>> akhir tahun memang selalu sibuk dengan kegiatan2 sekolah anak saya ... sambil terkaget2 saya baru ngeh kalau kegiatan sd jaman sekarang memang beda banget dengan jaman saya >>> hehehehehehehehe

Orang tua saya dua2nya bekerja, jadi otomatis selama sd (sampai kuliah sekalipun) kegiatan sekolah, belajar mengajar dan kegiatan2 extra lainnya sebagian besar hanya mencangkup kegiatan antara guru dan murid (anak) saja .... (saya dan si guru)

Dalam hal ini orang tua hanya dilibatkan sebagai pengawas (pengamat) dan pembimbing apakah anak2-nya sudah mendapat pengajaran yang di-harapkan di sekolah si anak... karena setelah itu pada dasarnya anak diberikan kebebasan untuk melakukan apapun yang anak mau sesuai umur mereka (termasuk sesuai moral agama, budi pekerti, dsb) .... tapi pointnya yang merah

Tapi itu jaman saya .... dan jelas beda dengan sekarang .... misalnya :

1. Dari kegiatan belajar mengajar sesuai kurikulim 2013 : orang tua juga diharapkan bisa mengajarkan anak2-nya secara individu (privat) di hampir semua pelajaran >>> di kelas ... anak hanya tinggal pemantapan ... mengerjakan soal2 dan tugas2 bab per bab ... dan langsung masuk nilai.

Dari segi penilaian sebetulnya sudah lumayan oke, karena tidak hanya nilai akademik yang dinilai tapi juga karakter si anak, termasuk kerapian, kerajinan, kepatuhan, sopan santun, kerja sama dengan teman, toleransi, sikap dalam beribadah, serta nilai2 sosial lainnya

Dan biasanya bila ada anak bermasalah (terlalu nakal dan tidak bisa diatur misalnya ... atau terlalu lamban dalam pelajaran dsb) akan ada dialog antara orang tua dan guru supaya nyambung kepala dengan kepala apa yang harus dilakukan guru dan orang tua kepada si anak (ada kerja sama)

Misalnya saya bisa special request ke wali kelas anak saya >>>> "Bu Dhian .. seperti-nya anak saya kurang pede ya kalau bicara di depan kelas, tolong supaya anak ini sering2 dibiasakan bicara atau mengerjakan soal di depan kelas supaya pede-nya terbentuk" .... dan bu Dhian akan menyanggupi dan bilang "Oohh dia itu ga pede toh bu .... terima kasih sudah diberi tahu, tadinya saya pikir anaknya memang tidak mau nurut atau malas"

yang kaya2 gitu deh .... jadi dari 27 murid di kelas ... adalah kewajiban wali kelas untuk memperhatikan "curhat" orang tua ..... DAN adalah kewajiban orang tua untuk mengajarkan anak2nya

>>> point-nya ... sekolah mungkin hanya 30% memberikan pelajaran tapi kebanyakan berupa tugas2, 35%-nya mengawasi karakter anak, 15% bikin kegiatan untuk nambah wawasan dan pengalaman anak, dan sisanya yang 20% adalah menguji akademik anak ..... so .... 70% pelajaran akademik biasanya diserahkan pada orang tua tergantung bagaimana masing2 orang tua mengajarkan anak-nya

Jadi saya agak kaget2 juga kalau lihat agenda anak saya ... yang tertulis : Pelajari pembagian dibawah 50, pelajari jam2an hingga menit, pelajari perkalian 1-10, pelajari perkalian susun tiga, pelajari penjumlahan susun ke bawah, pelajari moral2 yang terkandung dalam pancasila, pelajari moral dan akhlak yang terkandung dalam rukun Islam dan rukun iman, pelajari tentang kalimat tanya, seru, dan berita ... dst

lah .... kok banyak bener yang dipelajari di rumah ?? ... belum ngerjain PR-nya ... belum belajar kalau ujian ... trus disekolah ngapain dong ??

hihihihihihihihihi

itu tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah ....

2. Hari ini ceritanya seluruh siswa dari kelas 1-6 sd sedang mengadakan karnaval kostum ... tema-nya kebun bunga (Flower Garden) .... kostum harus dibuat dari bahan daur ulang dan ini adalah kegiatan wajib untuk nilai entrepreneurship >>> kalau entrepreneurship ini memang spesialis-nya sekolah anak saya ... jadi hitungannya tidak masuk kurikulim nasional

TAPI .... walaupun acara itu adalah kostum karnaval untuk anak sd ... tetap saja yang buat orang tua-nya ... dan saya sampai kaget2 karena sekolah itu langsung berubah jadi Jember Karnaval >>>> buseettttt design baju-nya ga mungkin banget kalau dikerjakan anak sd ... untung kostum lebah anak saya ga "cemen2" amat ....  walaupun kalah jauh dibanding kostum kebun bunga sebesar reog ponorogo

kostum-nya benar2 serius sekali dikerjakan .... apalagi yang perempuan ... dari berhayal2 jadi peri bunga, peri kupu2, peri apapun itu .... warna2nya juga seru banget ... pink, ungu, kuning dari bungkus molto yang sama .... hijau dari bungkus sachet milo, coklat muda dari bungkus kopi luwak ... dsb

positif negatif selalu ada >>> negatifnya ... lah anak mau belajar apa wong semua yang ngerjain orang tua-nya sementara si anak cuma numpang cape keberatan kostum dan ribet sana sini .... tapi positifnya ... saya bisa liat juga semangat dan kebanggaan anak2 itu (sambil berhayal2 tentu saja) pakai kostum yang dibuat hand made oleh orang tua-nya

Di satu sisi ... ada juga orang tua yang idealis >>> "Lebih baik kostum-nya ga bagus2 amat asal anak-nya ikut buat kostum tsbt ... daripada bagus tapi 100% dibuat oleh orang tua"

TAPI lucunya ... saking sering-nya bikin acara seperti ini dari tahun ke tahun ... akhirnya ada juga yang bisnis kostum daur ulang SPESIAL dijual untuk acara2 seperti itu ... contohnya ini  

yang saya bingung ... trus apa pentingnya kegiatan ini kalau ujung2nya orangtua-nya juga males bikin dan tinggal beli di olx ... hihihihihihi

bingung  bingung

3. Suatu hari (mungkin 2 minggu yang lalu) saya iseng ngajak anak saya ikut lomba mewarnai dengan krayon ... lumayan hadiahnya 1 juta dan alat krayon juga disediakan panitia ...

Diawal saya sudah bilang ke anak "Kamu jangan terlalu berharap menang ya ... peserta-nya pasti banyak banget ... kalau terlalu berharap nanti ujung2nya kecewa ... jadi mendingan dibawa seru2an aja" ....

tapi toh saya pikir ada beberapa "trik" mewarnai yang saya pikir bisa lah untuk ikut lomba ... saya bilang ke anak "Pokoknya inget 5 aturan : 1. tidak boleh keluar garis, 2. tidak boleh ada warna putih (warna harus penuh), 3 mewarnai dengan garis tarikan yang sama (kalau sudah horisontal ya horisontal terus ... dst), 4. menggunakan banyak warna, dan 5. fokus fokus fokus (karena anak ini memang gampang sekali ter-distract konsentrasi-nya)

saya pikir untuk anak sd kelas 2 sudah cukup dong teknik mewarnai dari 1 - 4 >>> TAPI ternyata ...

waktu ikut lomba itu ... perlombaan untuk anak 1-3 sd ternyata juga sudah dilakukan dengan profesional oleh orang tua (demi mendapat hadiah 1 juta mungkin).

Karena sebagian besar anak2 perserta lomba sudah mewarnai dengan teknik yang saya sendiri ga bisa ... dari gradasi, emboss, membuat bayangan, membuat sinar, memberi gambar tambahan, sampai bikin texture batu, awan, dan rumput

Demi Allah saya sampai terkagum2 lihat peserta-nya waktu itu ... anak2 itu bahkan sudah siap dengan "perlengkapan" masing2 ... ada yang pakai sarung tangan (supaya tangan ga kotor), bawa handuk, kuas kecil, penghapus untuk krayon, plus pencil kaca untuk bikin garis penebal gambar (yang saya juga baru tau apa itu pensil kaca ya di acara itu)

Dan selama lomba .... si orang tua juga kadang ribet banget dipinggir2 arena gambar >>> misalnya kalau anaknya duduk dekat dia di pinggir arena, si orang tua akan bisik2 "itu belum tebal warnanya ... langitnya masih kosong tuh tambah2in dong gambar lain .... masa cuma berdiri di tanah ganti rumput dong ... dst"

buseetttt

Yang saya bingung .... kalau saya lihat lomba2 mewarnai di luar Indonesia (ntah dari internet atau ditunjukkan teman) ... model2nya ga jauh seperti ini atau ini  

tapi di Indonesia ... lomba mewarnai untuk anak sd hasilnya ga jauh2 seperti ini

canggih banget ga sih >>> jadi akhirnya .... hasil warna anak saya ya standar aja gitu

lol

di rumah saya cerita ke suami dan ibu saya ... lalu suami bilang "anak2 yang mewarnai model begitu pasti diajarin, at least anak sanggar semua"
iya sih ... cuma kalau liat teknik-nya jadi sama semua seperti itu ... either membosankan atau bahkan sangat mengagumkan ya

-----------------------------------------------------------------------

kesimpulan ... kadang2 saya ngeri juga liat persaingan anak2 ke depan ... karena dari kecil saja mereka benar2 sudah diajarkan berkompetisi demikian ketat (yang kadang2 bahkan diluar kemampuan si anak) ... dan kebanyakan dipengaruhi oleh keterlibatan orang tua (yang ntah berlebihan atau memang sudah wajar untuk sekarang ini)

Saya bingung juga ... mau saya lepas saja anak saya apa adanya ... tapi kalau system saja sudah meminta kompetisi seperti itu ... anak saya pasti kalah terus
Disatu pihak ... mau jadi orang tua yang terlalu "ribet" dan nge-push anak untuk begini begitu ... kok ya bukan cara saya juga ya

Anak saya (laki2) suka sekali robot ... dia paling tertarik main lego dan selalu cepat kalau disuruh berimajinasi bikin apa saja dari lego
Saya sih pribadi ya sudah saja ... karena tau anak itu memang suka main lego dari kecil ... jadi saya special memasukkan dia ke sd yang ada club robotiknya (dan sekolah yang sekarang adalah satu2nya yang menyediakan ekskul robotik di wilayah rumah saya) ....

Suatu hari dia bilang ... "Bu ... saya nanti kalau sudah masuk SMK robot ... saya mau bikin mesin anu anu anu" ... trus temen saya yang dengar dan tanya "Anak loe mau loe masukin SMK din ?? emang dibolehin ya ?? biasanya kan anak2 dimasukkan SMU biar bisa lanjut ke universitas"

pikir2 ... ya apa salahnya ya masuk SMK ?? apa masih jaman toh ya ... semua anak dicita2kan masuk SMU lanjut ke universitas

hhehehehehehehe ... segitu aja sih cerita tentang pendidikan anak sd jaman sekarang

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Fri Dec 04, 2015 6:50 pm

sekilas info,
kalau menurut saya sih...
(maaf, kalau tanggapan saya tidak berguna)

#.... kok banyak bener yang dipelajari di rumah ?? ... belum ngerjain PR-nya ... belum belajar kalau ujian ... trus disekolah ngapain dong ??

*kalau menurut saya sih, mbak Deenee harus bisa memberikan sugesti yang bisa memberi keuntungan bagi anak anda nantinya, sehingga menjadi semangat bagi anak anda agar segala yang berhubungan dengan sekolah tidak menjadi momok dan anak anda justru bersemangat dalam belajar juga saat mengerjakan PR, sehingga walaupun seabrek bahan belajarnya ataupun PR-nya, maka bagi anak anda akan terasa tidak seberapa memberatkan jika disertai dengan semangat atau kesenangan untuk belajar ataupun mengerjakan PR, karena anak anda sudah mengerti keuntungan-keuntungan yang nanti dia dapatkan dikemudian hari dari sugesti yang sudah mbak Deenee berikan, seperti ketika anda mengatakan kepada anak anda kalau kamu rajin belajar dan mengerjakan PR, kamu akan jadi orang yang ulet dan pintar sehingga mudah diterima diperusahaan-perusahaan besar dan kamu bisa kaya dan menjadi orang sukses, atau mungkin dengan kata sugesti yang lain yang bisa membakar semangat anak anda untuk belajar dan mengerjakan PR dengan tidak malas.


#yang saya bingung ... trus apa pentingnya kegiatan ini kalau ujung2nya orangtua-nya juga males bikin dan tinggal beli di olx ... hihihihihihi

*kalau disekolah anak anda belum ada kotak saran, mungkin ada baiknya kalau anda mengusulkan adanya kotak saran atau dengan cara yang lain sehingga :
1. anda bisa menyampaikan uneg-uneg anda (tentunya dengan bahasa yang sopan), misalkan tentang bahan untuk belajar ataupun PR yang terlalu banyak, apakah alasanya, dan apakah memungkinkan untuk dikurangi untuk memohon kebijakan dari pihak sekolah untuk dipertimbangkan kembali.agar anak yang masih sd tidak terlalu terbebani.
2. anda juga bisa mengusulkan perubahan sistem yang terkesan memberatkan anak yang masih sd.
3. anda juga bisa mengusulkan untuk ditiadakannya kegiatan-kegiatan sekolah yang sebenarnya tidak terlalu penting juga ditiadakanya mata-pelajaran yang tidak terlalu berpotensi menunjang masa depan dengan diganti dengan mata-pelajaran yang berpotensi menunjang masa-depan, misalnya diganti dengan mata pelajaran tentang kewirausahaan dan prakteknya.
4. dll


#karena anak ini memang gampang sekali ter-distract konsentrasi-nya

*akan bisa menjadi masalah besar jika anak anda gampang sekali ter-distract konsentrasi-nya saat belajar, jika memang demikian, maka anda harus pandai-pandai menemukan cara yang bisa mengambil perhatian anak anda atau cara yang disenangi anak anda sehingga anak anda tidak mudah ter-distract, misalnya dengan cara belajar sambil bermain, atau dengan cara belajar yang lain. karena terkadang cara yang nyaman bagi anak dalam belajar itu berbeda-beda, dan anda harus menemukan itu, cobalah dengan menerapkan cara belajar yang berbeda-beda sampai anak itu merasa nyaman/tidak teralih perhatianya. karena ada kisah nyata yaitu tentang seorang anak yang hanya bisa mendapat nilai bagus dengan cara belajar yang berbeda yaitu dengan cara belajar sambil bermain.


#Saya bingung juga ... mau saya lepas saja anak saya apa adanya ... tapi kalau system saja sudah meminta kompetisi seperti itu ... anak saya pasti kalah terus
Disatu pihak ... mau jadi orang tua yang terlalu "ribet" dan nge-push anak untuk begini begitu ... kok ya bukan cara saya juga ya

*kalau menurut saya sih, mungkin caranya, kalau diibaratkan yaitu seperti ketika kita sedang memegang tali layang-layang. jadi jangan terlalu diulur dan jangan terlalu ditarik.

-----------
###

* kalau anda berniat untuk melanjutkan curhat, mungkin bisa diteruskan disini, siapa tahu dapat jawaban yang lebih afdol, dari orang lain.
http://www.kaskus.co.id/thread/516299831fd719021b000009/anak-sd-jaman-dulu-dengan-anak-sd-jaman-sekarang/

* kalau anda belum tahu ini, maka anda harus tahu ini dan hindarkanlah anak anda dari ini:
http://jurnalpagi.com/2015/07/10/kelakuan-anak-sd-jaman-sekarang/
http://jurnalpagi.com/2015/10/21/perilaku-anak-anak-jaman-sekarang/
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by dee-nee on Sat Dec 05, 2015 6:03 pm

@atas

saya kasih like karena sudah mau kasih tanggapan ... hehehehehe
terima kasih atas sarannya ... bagus2

2 good 2 good

sebetulnya saya pribadi ga terlalu bermasalah dengan kejadian2 yang saya tulis di TS ...
TS saya tulis cuma sekedar sharing (kalau ga mau disebut curcol) ....

piss piss

tentang link diatas juga terima kasih sebagai masukan ....
iya saya juga concern banget dengan urusan anak2

kebetulan di kelas saya ada orang tua murid yang kerja di Kemeninfo.
Kemeninfo kan sering menerbitkan buku untuk disalurkan ke organisasi2 dan lembaga2 tertentu ... sebagai masukan dsb

Karena si ortu murid ini kerja di Kemeninfo ... jadi kami satu kelas dapat jatah buku2 itu .... lumayan buku2nya ga ecek2 juga .... dari buku2 tentang wawasan nusantara, indonesia bla bla bla

yang terakhir buku tentang kekerasan pada anak ... ada dua buku yang kita dapat tentang kekerasan pada anak ... yang satu untuk dibaca orang tua tentang bahaya2 di sekitar anak .... yang satu buku komik untuk dibaca anak2 tentang gimana menghindari kejahatan di sekitar anak itu sendiri

gitu2 lah .... dan kalau baca buku itu .... yaaahhh gitu deh .... bikin ngeri dan memang semua kembali ke orang tua-nya

hehehehehehehe
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Mon Dec 07, 2015 2:28 pm

sekilas info,
tentang penebusan dosa oleh Kristus

*penebusan dosa oleh Kristus adalah penebusan dosa atas ikatan dosa kutuk terbesar.

*penebusan dosa oleh Kristus hanya bisa diperoleh jika manusia telah bisa mempertanggungjawakan akhlak mereka kelak dihari penghakiman, agar mereka yang sudah pantas masuk surga, mereka tidak harus mencicipi neraka dulu.

*penebusan dosa oleh Kristus bukanlah sertifikat untuk kebal dosa atau bukanlah perizinan pada manusia untuk berbuat dosa dengan seenaknya.

*penebusan dosa oleh Kristus berlaku tidak hanya untuk orang Kristen dan tidak harus menjadi Kristen,

*penebusan dosa oleh Kristus juga untuk semua manusia tanpa terkecuali, untuk semua agama termasuk umat Islam, aliran kepercayaan, bahkan atheis, asalkan mereka telah memantaskan diri dengan aklhak mereka yang juga berdasar hati nurani

NB: saya percaya, ketika mereka(nonkristen) mengingat statment bahwa Kristus mampu menyelamatkan seluruh dunia dari dosa kutuk hukum taurat, dan hati mereka diam(tidak membantah)maka hal itu secara otomatis sudah diperhitungkan Kristus sebagai pengakuan, walaupun tidak secara langsung, dan Kristus akan memasukan mereka yang pantas masuk kesurga(yaitu mereka nonkristen yang bisa mempertanggungjawabkan aklaknya terhadap agama,kitabsuci ataupun nurani) tanpa harus mencicipi neraka dulu.(disinilah fungsi penebusan Kristus atas kutuk hukum taurat)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Mon Dec 07, 2015 3:17 pm

spam
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by dee-nee on Mon Dec 07, 2015 3:30 pm

@atas

salah kamar mungkin
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Mon Dec 07, 2015 3:34 pm

@mbak Deenee,
oya boleh dihapus kok. dan semoga anda tetap menjadi Islam yang setia sampai akhir.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by dee-nee on Mon Dec 07, 2015 4:13 pm

@njlajahweb wrote:@mbak Deenee,
oya boleh dihapus kok. dan semoga anda tetap menjadi Islam yang setia sampai akhir.

ga usah dihapus .... cuma mau confirm aja bahwa anda salah kamar ....
dan sebetulnya memang ada aturan dalam forum bahwa yang salah kamar harus di-hapus

tapi karena thread ini juga bukan ditulis untuk debatan ... cuma warung lesehan ngobrol2 ...
menurut saya sebagai TS ... ya ga usah dihapus

piss piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 181

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Mon Dec 07, 2015 5:07 pm

@mbak Deenee,

Terimakasih, semoga iman mbak Deenee lebih bertambah kepada agama anda, Islam, dan kepada Alloh.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by njlajahweb on Sun Jan 03, 2016 10:23 pm

(permisi ya princes...)
sekilas info,
sekilas tentang anak sd (kaum hawa)

aku rindu...
seandainya semua kaum hawa punya ilmu bela diri maka mereka...juga paling tidak, bisa memperkecil kemungkinan akan terjadinya kejahatan amoral pada mereka...

karena itu juga aku rindu...
seandainya semua sekolah di indonesia bahkan didunia mungkin, untuk mewajibkan ekstra kulikuler beladiri bagi kaum hawa, bila perlu yang mungkin akan lebih baik kalau dimulai dari sd.

namun aku hanya bisa berharap...

(silahkan dihapus kapan saja, princes..., apabila ada yang tidak berkenan saya mohon maaf...)
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5008
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: Bingung dengan Anak SD jaman Sekarang

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik