FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Sha-Sha on Sat Dec 26, 2015 1:38 pm

First topic message reminder :



Islam dan Kristen mengklaim bahwa kitab-kitab mereka adalah wahyu Allah. Mungkinkah keduanya adalah wahyu Tuhan? Menyelidiki tiga fakta terbentuknya kitab tersebut akan membuat kita mengerti manakah wahyu Allah sejati.

Fakta terbentuknya Al-Quran

Penulis Al-Quran satu orang, Muhammad. Islam percaya bahwa Muhammad satu-satunya nabi yang menerima Al-Quran, melalui Jibril (Qs 96:1-3).
Al-Quran ditulis hanya dengan satu bahasa, yaitu Arab gundul, tanpa huruf hidup.
Penulisan Al-Quran sekitar 23 tahun. Sejak Muhammad berumur 40 tahun, hingga meninggalnya umur 63 tahun.

Fakta terbentuknya Alkitab
Alkitab ditulis selama 1500 tahun. Allah mewahyukan firman-Nya pertama-tama kepada nabi Musa (1500 tahun sebelum Isa Al-Masih) hingga Rasul Besar Yohanes, tahun 100 Masehi. Jika bukan Allah, siapakah yang sanggup membuat satu kitab selama itu?
Penulis Alkitab 40 orang, tapi satu tema. Allah mewahyukan firman-Nya kepada para nabi seperti Musa, Daud, Salomo dan sebagainya. Juga kepada para rasul Matius, Yohanes, Petrus, Yakobus dan lainnya.
Ke-40 penulis itu diikat dengan satu tema utama, yaitu, “Anugerah keselamatan melalui pengorbanan Isa Al-Masih.” Hebatnya lagi, mereka berada di tempat dan zaman yang berbeda. Kok bisa ya? Pasti, sebab Roh Allah yang mewahyukan dan memimpin mereka semua.
Alkitab ditulis dengan tiga bahasa. Tidak seperti Al-Quran yang ditulis dengan satu bahasa, Arab. Allah sejati yang Maha Bijaksana mewahyukan Alkitab dalam tiga bahasa yaitu Aram, Ibrani, dan Yunani. Siapakah yang sejenius dan sehebat itu, jika bukan Allah?

Dengan menggunakan ketiga kriteria di atas, siapakah yang dapat menirunya?

KESIMPULAN:
Jadi Alkitab adalah wahyu Allah,
“… sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah” (2 Petrus 1:21).

Yang menarik: Al-Quran juga mengakui bahwa Alkitab (Taurat dan Injil) adalah wahyu Allah. “Dia [Allah] menurunkan … Taurat dan Injil, (Qs 3:3). Allah yang mewahyukan, juga memelihara keasliannya hingga hari ini.


Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down


Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Mon Jan 18, 2016 9:44 pm

@Syalom aleykhem wrote:NB.
BigBang teorinya masih bermasalah

Teori dentuman besar: Semau zat dalam alam semesta terkonsentrasi dalam suatu daerah panas yang amat padat, 20 milyar tahun yang lalu semua debu dalam tata surya ditarik dalam titik yang kecil.” Titik dimaksud berputar makin cepat dan makin cepat dan tiba-tiba ia meledak booom: Dentuman Besar!  Dan bagian-bagiannya beterbangan menjadi galaksi, matahari, bulan, bintang dan inilah kita. Manusia. Sekedar debu antariksa.

hukum fisika  "kelembaman momentum angular" : suatu benda berputar yang pecah, bagian yang terlempar akan berputar dengan arah yang sama, karena bagian luar akan berputar lebih cepat dari bagian dalam.
bila alam semesta dimulai oleh suatu titik yang berputar searah jarum jam, timbul pertanyaan2 sains berikut :
- mengapa ada dua planet atau tiga yang berputar dengan arah berlawanan ?
- mengapa delapan dari sembilan puluh dua bulan berputar dengan arah berlawanan ?”
- mengapa Jupiter, Saturnus, and Neptunus mempunyai bulan-bulan yang berputar dengan kedua arah pada saat yang bersamaan ?
- dan mengapa seluruh galaksi-galaksi berputar dengan arah berlawanan?”
karena asumsi yang kamu gunakan (lihat bold) untuk pertanyaan2 diatas membatasi jawaban yg dimungkinkan.
mengapa harus diandaikan dalam 2 dimensi searah jarum jam?
Kalau perputaran yg terjadi searah jamrumjam terhadap ketiga sumbu dalam 3dimensi saja anggap, maka seluruh pertanyaan "mengapa-mu" akan menguap karena sangat mungkin planet dan bintang berbeda arah putaran.  

Betul g?  piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Mon Jan 18, 2016 10:02 pm

Su 67:5  Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

# bintang sebagai alat pelempar setan?
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Mon Jan 18, 2016 10:31 pm

@njlajahweb wrote:ada tertulis bahwa bintang sebagai alat pelempar setan.
bintang sebagai alat pelempar setan?
suatu benda bisa jadi fungsinya tidak hanya 1 macam doang, batu selain digunakan untuk bangunan juga bisa kok buat ngelempar penjajah misalnya di palestina gitu.

di bible kalo g salah malah tertulis iblis bergandengan tangan dengan tuhan, kok bisa ya?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Mon Jan 18, 2016 10:33 pm

@njlajahweb wrote:Su 67:5  Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.

# bintang sebagai alat pelempar setan?
Suatu benda kan fungsinya bisa lebih dari satu macam, batu aja selain buat bangunan juga bisa buat ngelempar penjajah misalnya.

Di bible malah diceritakan setan bergandengan tangan dengan tuhan, kok bisa ya?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Mon Jan 18, 2016 10:35 pm

setan bergandengan tangan dengan tuhan?

ayatnya dimana?
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Mon Jan 18, 2016 10:42 pm

20:10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Mon Jan 18, 2016 10:43 pm

Su 2:117 Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia.

kalau dilihat dari ayat diatas, sepertinya tidak ada proses ya mas?
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Mon Jan 18, 2016 10:44 pm

Masa sih belum tahu?

Luke 4:5

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Mon Jan 18, 2016 10:50 pm

oalah kang mas...

sayakan nggak percaya kalau Kristus itu Tuhan,
lagian kejadian itu pasti seizin Bapa.

dan saya menyembah Kristus bukan sebagai Tuhan tapi sebagai Bagian dari Bapa
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Tue Jan 19, 2016 1:11 am

Su 11:7 Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, dan adalah singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air, agar Dia menguji siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya, dan jika kamu berkata (kepada penduduk Mekah): "Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan sesudah mati," niscaya orang-orang yang kafir itu akan berkata: "Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata".

*singgasana-Nya (sebelum itu) di atas air?
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by cherish on Tue Jan 19, 2016 6:36 am

@njlajahweb wrote:Su 2:117  Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Lalu jadilah ia.

kalau dilihat dari ayat diatas, sepertinya tidak ada proses ya mas?


Dan tidak ada juga kata tiba2 jadi, walaupun saya percaya ALLAH SWT mampu untuk melakukan apapun.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by cherish on Tue Jan 19, 2016 7:33 am

@njlajahweb wrote:oalah kang mas...

sayakan nggak percaya kalau Kristus itu Tuhan,
lagian kejadian itu pasti seizin Bapa.

dan saya menyembah Kristus bukan sebagai Tuhan tapi sebagai Bagian dari Bapa


Adakah perbedaan antara menyembah dan menuhankan.
avatar
cherish
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Age : 17
Posts : 2181
Kepercayaan : Islam
Location : priangan timur
Join date : 19.02.15
Reputation : 14

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Tue Jan 19, 2016 11:48 am

quote:
Adakah perbedaan antara menyembah dan menuhankan?

tanggap saya:
bagi saya ada, dan Bapa senidirilah yang menyuruh untuk menyembah Kristus.
Kristus adalah Bagian dari Bapa.
dan sebutan Allah/Tuhan untuk Kristus juga Roh Kudus hanyalah merupakan simbolis saja
jadi sebutan Allah/Tuhan untuk Kristus juga RohKudus karena Kristus keluar dari Bapa demikian juga Roh Kudus yang keluar dari Bapa

ibrani
1:6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: "Semua malaikat Allah harus menyembah Dia."

yohanes
8:42 Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.

Yohanes  15
15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

kalau tentang Tri-TUNGGAL mungkin akan lebih tepat lagi, kalau diartikan demikian:
yaitu TIGA KUALITAS-KEILAHIAN YANG SAMA(Tunggal) walaupun berbeda Kapasitas-Keilahiannya {yang berasal dari Satu Sumber Keilahian (Bapa)).
*karena Keilahian-Bapa Keilahian-Kristus juga Keilahian-RohKudus mempunyai Kualitas-Keilahian yang sama persis(karena Kristus juga RohKudus berasal dari Inti/Esensi/Sumber-Keilahian Bapa) hanya Kristus juga RoKudus Kapasitas-Keilahianya saja yang berbeda.

wahyu
5:13 Dan aku mendengar semua makhluk yang di sorga dan yang di bumi dan yang di bawah bumi dan yang di laut dan semua yang ada di dalamnya, berkata: "Bagi Dia yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba, adalah puji-pujian dan hormat dan kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya!"


Terakhir diubah oleh njlajahweb tanggal Tue Jan 19, 2016 12:36 pm, total 1 kali diubah
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 12:31 pm

@cherish wrote:
@Syalom aleykhem wrote:
@cherish wrote:
Adapun kronologis penciptaan dalam Al-Qur’an adalah :

Fase Pertama

َوَلَمْيَرَالَّذِينَكَفَرُواأَنَّالسَّمَاوَاتِوَالْأَرْضَكَانَتَارَتْقًافَفَتَقْنَاهُمَاوَجَعَلْنَامِنَالْمَاءِكُلَّشَيْءٍحَيٍّأَفَلَايُؤْمِنُون

Artinya: “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya…”(Q.S. AlAnbiya [21] :30)
langit & bumi lengket kek perangko, gituuu ?, sains apaan tuuh ?
dan mana penciptaan MATAHARI sebelum langit/bumi yg lengket kek perangko itu dipisahkan ?

MALAH VERSUS DGN GATHUK nan Islami dgn teori bing-bang, apa big-bang ?


Ini dimulai dengan sebuah ldakan besar (bigbang) sekitar 12-20 miliar tahun lalu.Inilah awal terciptanya materi, energy, dan waktu. “Ledakan” pada hakikatnya adalah pengembangan ruang.Materi yang mula-mula terbentuk adalah hydrogen yang menjadi bahan dasar bagi bintang-bintang generasi pertama.Hasi fusi nuklir antara inti-inti hydrogen, meghasilkan unsure-unsur yang lebih berat, seperti karbon, oksigen, sampai besi atau disebut juga Nukleosintesis Big Bang.

Nukleosintesis Big Bang terjadi pada tiga menit pertama penciptaan alam semesta dan bertanggung jawab atas banyak perbandingan kelimpahan 1H (protium), 2H (deuterium), 3He (helium-3), dan 4He (helium-4), di alam semesta.Meskipun 4He terus saja dihasilkan oleh mekanisme lainnya (seperti fusi bintang dan peluruhan alfa) dan jumlah jejak 1H terus saja dihasilkan oleh spalasi dan jenis-jenis khusus peluruhan radioaktif (pelepasan proton dan pelepasan neutron), sebagian besar massa isotop-isotop ini di alam semesta, dan semua kecuali jejak-jejak yang tidak signifikan dari 3He dan deuterium di alam semesta yang dihasilkan oleh proses langka seperti peluruhan kluster, dianggap dihasilkan di dalam proses Big Bang. Inti atom unsur-unsur ini, bersama-sama 7Li, dan 7Be diyakini terbentuk ketika alam semesta berumur 100 sampai 300 detik, setelah plasma kuark–gluon primordial membeku untuk membentuk proton dan neutron. Karena periode nukleosintesis Big Bang sangat singkat sebelum terhentikan oleh pengembangan dan pendinginan, tidak ada unsur yang lebih berat daripada litium yang dapat dibentuk.(Unsur-unsur terbentuk pada waktu ini adalah dalam keadaan plasma, dan tidak mendingin ke keadaan atom-atom netral hingga waktu lama).
yg punya teori gak pernah baca Alqoran, yg punya Alqoran sibuk dgn jurus gathukisme

NB.
BigBang teorinya masih bermasalah

Teori dentuman besar: Semau zat dalam alam semesta terkonsentrasi dalam suatu daerah panas yang amat padat, 20 milyar tahun yang lalu semua debu dalam tata surya ditarik dalam titik yang kecil.” Titik dimaksud berputar makin cepat dan makin cepat dan tiba-tiba ia meledak booom: Dentuman Besar!  Dan bagian-bagiannya beterbangan menjadi galaksi, matahari, bulan, bintang dan inilah kita. Manusia. Sekedar debu antariksa.

hukum fisika  "kelembaman momentum angular" : suatu benda berputar yang pecah, bagian yang terlempar akan berputar dengan arah yang sama, karena bagian luar akan berputar lebih cepat dari bagian dalam.
bila alam semesta dimulai oleh suatu titik yang berputar searah jarum jam, timbul pertanyaan2 sains berikut :
- mengapa ada dua planet atau tiga yang berputar dengan arah berlawanan ?
- mengapa delapan dari sembilan puluh dua bulan berputar dengan arah berlawanan ?”
- mengapa Jupiter, Saturnus, and Neptunus mempunyai bulan-bulan yang berputar dengan kedua arah pada saat yang bersamaan ?
- dan mengapa seluruh galaksi-galaksi berputar dengan arah berlawanan?”

PERTANYAAN2 SEDERHANA YANG BELUM TERJAWAB DALAM SAINS

apakah maksud sains teori evolusi kimia? karena menurut teori dentuman besar, dentuman itu menghasilkan hidrogen dan mungkin helium
sekarang muncul pertanyaan2 sains :
- bagaimana kita mendapat unsur-unsur yang lain ? apakah uranium berevolusi dari hydrogen ?, apakah unsur-unsur atomic lainnya berevolusi dari hydrogen/helium ?
- mengapa matahari 98% hydrogen dan helium, tapi planet-planet lain mengandung kurang dari 1% hydrogen dan helium? (kandungannya sangat berbeda)
- Jika ada fusi di dalam bintang-bintang, tapi kita tidak bisa melakukan fusi pada besi (Fe) dengan baik

PERTANYAAN2 SEDERHANA YANG BELUM TERJAWAB DALAM SAINS


Masalah teory big bang masih debatable, wajar aja yang namanya tesis pasti ada anti tesis. Tapi gue jadi bingung buat ngejelasin kata bumi dan langit dulunya sesuatu yang padu,  loe malah berpikir secara alkitabiah. Jangan berpikir kayak perangko dull !!!  Yang benar kayak granat yang meledak. Seelum. Pecahannya mental kemana2, awalnya kan  dari 1 granat.

Kalo versi kitab loe kan katanya tuhan melayang diatas air kalo ga salah sambil bawa petromak yee..
Wkwkwk
langit/bumi bersatu padu kek granat, itulah teori sains gathukisme ala Alqoran ?, teori apaan tuh ?
tapeh deh ...
sedari awal saya tidak mengsainskan isi Alkitab, bukan kek anda mencoba mengsainskan Alqoran

Roh Allah melayang-layang (erakhefet) di atas permukaan air" (Kejadian 1:2b).. ini adalah ungkapan yang menggambarkan bahwa Allah "bekerja" (moving/ hovering/ mondar-mandir/ berpindah-pindah). jadi Makna utamanya adalah "tidak statis" okang2 kaki di atas kursy seperti patung, tetapi dinamis

dalam Kejadian 1:2 terlihat jelas Alkitab menulis bahwa Roh Allah yang melayang-layang diatas air itu 'sesudah' Ia menciptakan Langit dan bumi yang tertutup samudera raya (TEHOM) --> AIR, selanjutnya Allah tinggal berfirman, jadilah, maka segala sesuatu jadi. gak kek gathukisme anda Allah swt harus berBIGBANG




Terakhir diubah oleh Syalom aleykhem tanggal Tue Jan 19, 2016 1:52 pm, total 1 kali diubah

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 12:39 pm

@isaku wrote:
@Syalom aleykhem wrote:NB.
BigBang teorinya masih bermasalah

Teori dentuman besar: Semau zat dalam alam semesta terkonsentrasi dalam suatu daerah panas yang amat padat, 20 milyar tahun yang lalu semua debu dalam tata surya ditarik dalam titik yang kecil.” Titik dimaksud berputar makin cepat dan makin cepat dan tiba-tiba ia meledak booom: Dentuman Besar!  Dan bagian-bagiannya beterbangan menjadi galaksi, matahari, bulan, bintang dan inilah kita. Manusia. Sekedar debu antariksa.

hukum fisika  "kelembaman momentum angular" : suatu benda berputar yang pecah, bagian yang terlempar akan berputar dengan arah yang sama, karena bagian luar akan berputar lebih cepat dari bagian dalam.
bila alam semesta dimulai oleh suatu titik yang berputar searah jarum jam, timbul pertanyaan2 sains berikut :
- mengapa ada dua planet atau tiga yang berputar dengan arah berlawanan ?
- mengapa delapan dari sembilan puluh dua bulan berputar dengan arah berlawanan ?”
- mengapa Jupiter, Saturnus, and Neptunus mempunyai bulan-bulan yang berputar dengan kedua arah pada saat yang bersamaan ?
- dan mengapa seluruh galaksi-galaksi berputar dengan arah berlawanan?”
karena asumsi yang kamu gunakan (lihat bold) untuk pertanyaan2 diatas membatasi jawaban yg dimungkinkan.
mengapa harus diandaikan dalam 2 dimensi searah jarum jam?
Kalau perputaran yg terjadi searah jamrumjam terhadap ketiga sumbu dalam 3dimensi saja anggap, maka seluruh pertanyaan "mengapa-mu" akan menguap karena sangat mungkin planet dan bintang berbeda arah putaran.  

Betul g?  piss
lha...versi 3 dimensimu udah teruji dgn hukum fisika kelembaman momentum angular, slim !!!
juga ente mau bilang unsur2 atomic berevolusi dari unsur hidrogen & helium ?
ketenye alloh swt tinggal kunfayakun, jadilah...eh malah pake teori bing-bang versi gathukisme ala muslim


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 1:23 pm

@cherish wrote:Proses penciptaan alam semesta menurut ayat-ayat Al Qur'an :

Fase-Fase Penciptaan Alam Semesta Menurut Al-Quran

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan kata ‘fase’ adalah tingkatan masa (perubahan, perkembangan, dsb)[1]. Sehingga dapat disimpulkan perkembangan ataupun perubahan tahap-tahap penciptaan alam semesta dalam hal ini ditinjau dari al-Qur’an dan tidak lupa juga menyertakan penjelasan di dalam Hadits. Akan tetapi, menyusun tahapan penciptaan alam semesta di dalam a-Qur’an bukan perkara yang mudah – disamping minimnya referensi terutama asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya ayat) ataupun penjelasan dari hadits berkaitan dengan fase-fase penciptaan diperparah dengan kemunculan cerita-cerita dari Israiliyat dan hadits yang dlaif maupun maudlu (palsu).

Sebab, dari segi susunan ayat yang menerangkan tahapan penciptaan di dalam al-Qur’an seolah mengalir seperti firman Allah di dalam surat Fushilat ayat 9-12. Tidak seperti puzzle yang memang harus disusun sehingga membentuk satuan gambar yang utuh bisa dikenali. Namun, jika disusun seperti puzzle yang pernah kita mainkan maka akan membentuk sebuah gambaran penciptaan alam semesta yang saat ini dunia akui keabsahannya dari berbagai rangkaian eksperimen dan bukti yang otentik.

Enam Masa Penciptaan Alam Semesta

Al-Qur’an menyebutkan dalam sittati ayyaamin yang berarti enam masa yang panjang.
Arab "YAUM" dengan "HARI" :
Q.S. 1:4 ... Hari Pembalasan (YAUMIDDIN)
Q.S. 2:8 ...Hari kemudian (AL YAUMI AL AAKHIRI)
Q.S. 2:48 ... hari (YAUMAN)
Q.S. 2:80 ...beberapa hari (AYYAAMAN)

Dan ayat-ayat ini yang ada hubungannya dengan "angka" hari:
Q.S. 2:196 ...tiga hari (THALAATHATI AYYAAMIN)
Q.S. 2:203 ... dua hari (YAUMAYNI)
Q.S. 69:7 ... tujuh malam (SABAA LAYAALIN) dan delapan hari (THAMAANIYATA AYYAAMIN)

untuk dicocokkan dgn teori bigbang dengan ayat dibawah ini, kata AYYAAMIN DIPLESETKAN menjadi "MASA" (bold merah)
@cherish wrote:
Sebagaimana dalam al-qur’an   (Q.S. Al-Sajdah [32] :4 ):

اللَّهُالَّذِيخَلَقَالسَّمَاوَاتِوَالْأَرْضَوَمَابَيْنَهُمَافِيسِتَّةِأَيَّامٍثُمَّاسْتَوَىعَلَىالْعَرْشِمَالَكُمْمِنْدُونِهِمِنْوَلِيٍّوَلَاشَفِيعٍأَفَلَاتَتَذَكَّرُونَ

Artinya : “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari (SITTATI AYYAAMIN), kemudian dia bersemayam di atas Arsy.Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya ?”

Dari ayat di atas Allah SWT menyebutkan penciptaan langit dan bumi dalam enam masa (sittati ayyaamin) selanjutnya para mufasir bersepakat dalam menafsirkan ayat ini, bahwa yang disebut dengan  (sittati ayyaamin) adalah enam tahapan atau proses bukan enam hari sebagaimana mengartikan kata ayyaamin.

@cherish wrote:
Adapun kronologis penciptaan dalam Al-Qur’an adalah :

Fase Pertama

َوَلَمْيَرَالَّذِينَكَفَرُواأَنَّالسَّمَاوَاتِوَالْأَرْضَكَانَتَارَتْقًافَفَتَقْنَاهُمَاوَجَعَلْنَامِنَالْمَاءِكُلَّشَيْءٍحَيٍّأَفَلَايُؤْمِنُون

Artinya: “Dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya…”(Q.S. AlAnbiya [21] :30)

Ini dimulai dengan sebuah ldakan besar (bigbang) sekitar 12-20 miliar tahun lalu.Inilah awal terciptanya materi, energy, dan waktu. “Ledakan” pada hakikatnya adalah pengembangan ruang.Materi yang mula-mula terbentuk adalah hydrogen yang menjadi bahan dasar bagi bintang-bintang generasi pertama.Hasi fusi nuklir antara inti-inti hydrogen, meghasilkan unsure-unsur yang lebih berat, seperti karbon, oksigen, sampai besi atau disebut juga Nukleosintesis Big Bang.

Nukleosintesis Big Bang terjadi pada tiga menit pertama penciptaan alam semesta dan bertanggung jawab atas banyak perbandingan kelimpahan 1H (protium), 2H (deuterium), 3He (helium-3), dan 4He (helium-4), di alam semesta.Meskipun 4He terus saja dihasilkan oleh mekanisme lainnya (seperti fusi bintang dan peluruhan alfa) dan jumlah jejak 1H terus saja dihasilkan oleh spalasi dan jenis-jenis khusus peluruhan radioaktif (pelepasan proton dan pelepasan neutron), sebagian besar massa isotop-isotop ini di alam semesta, dan semua kecuali jejak-jejak yang tidak signifikan dari 3He dan deuterium di alam semesta yang dihasilkan oleh proses langka seperti peluruhan kluster, dianggap dihasilkan di dalam proses Big Bang. Inti atom unsur-unsur ini, bersama-sama 7Li, dan 7Be diyakini terbentuk ketika alam semesta berumur 100 sampai 300 detik, setelah plasma kuark–gluon primordial membeku untuk membentuk proton dan neutron. Karena periode nukleosintesis Big Bang sangat singkat sebelum terhentikan oleh pengembangan dan pendinginan, tidak ada unsur yang lebih berat daripada litium yang dapat dibentuk.(Unsur-unsur terbentuk pada waktu ini adalah dalam keadaan plasma, dan tidak mendingin ke keadaan atom-atom netral hingga waktu lama).

Fase Kedua

هُوَالَّذِيخَلَقَلَكُمْمَافِيالْأَرْضِجَمِيعًاثُمَّاسْتَوَىإِلَىالسَّمَاءِفَسَوَّاهُنَّسَبْعَسَمَاوَاتٍوَهُوَبِكُلِّشَيْءٍعَلِيمٌ

Artinya : “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu” (Q.S. Al-Baqarah [2] : 29)

Masa ini adalah pembentukan langit. Pengetahuan saat ini menunjukan bahwa langit biru hanyalah disebabkan hamburan cahaya matahari oleh partikel-partikel atmosfer. Di luar atmosfer langit biru tak ada lagi, yang ada hanyalah titik cahaya bintang , galaxy, dan benda-benda langit lainnya. Jadi, langit bukanlah hanya kubah biru yang ada di atas sana, melainkan keseluruhan yang ada di atas sana (bintang-bintang, galaxy, dan benda-benda langit lainnya), maka itulah hakikat langit yang sesungguhnya. Adapun dalam fase ini, pembentukan bintang-bintang di dalam galaxy yang masih berlangsung hingga saat ini.



Fase Ketiga

Pada masa ini dalam penciptaan alam semesta adalah proses penciptaan tata surya, termasuk bumi. Selain itu pada masa ini juga terjadi proses pembentukan matahari sekitar 4,6 miliar tahun lalu dan mulai di pancarkannya cahaya dan angin matahari. Proto-bumi (bayi bumi) yang telah terbentuk terus berotasi menghasilkan fenomena siang dan malam di bumi sebagaimana yang Allah SWT firmankan dengan indah :

وَأَغْطَشَلَيْلَهَاوَأَخْرَجَضُحَاهَا

Artinya : “dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita, dan menjadikan siangnya terang benderang.” Q.S An-Nazi’at [79] : 29  



Fase Keempat

Bumi yang terbentuk dari debu-debu antarbintang yang dingin mulai menghangat dengan pemanasan sinar matahari dan pemanasan dari dalam (endogenik) dari peluruhan unsure-unsur radioaktif di bawah kulit bumi.

Akibat pemanasan endogenik itu materi di bawahkulit bumi menjadi lebu,antara lain muncul sebagai lava dari gunung api. Batuan basalt yang menjadi  dasar lautan dan granit yang menjadi batuan utama di daratan merupakan hasil pembekuan materi leburan tersebut. Pemadatan kulit bumiyang menjadi dasar lautan dan daratan itulah yang tampaknya dimaksudkan “penghamparan bumi” .sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَالْأَرْضَبَعْدَذَلِكَدَحَاهَا

Artinya :“dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya.”(Q.S. an-Naziat [79] :30)



Fase Kelima

Hadirnya air dan atmosfer di bumi menjadi prasyarat terciptanya kehidupan di bumi. Sebagaimana firmanAllah SWT :

…وَجَعَلْنَامِنَالْمَاءِكُلَّشَيْءٍحَيٍّأَفَلَايُؤْمِنُونَ

Artinya :“…dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup… “ (Q.S. al-anbiya [21] : 30

Selain itu, pemanasan matahari menimbulkan fenomena cuaca dibumi, yakni awan dan halilintar. Melimpahnya air laut dan kondisi atmosfer purba yang kaya akan gas metan (CH4)dan ammonia (NH3) serta sama sekali tidak mengandung oksigenbebas dengan bantuan energy listrik dan halilintar diduga menjadi awal kelahiran senyawa organic.Senyawa organic yang mengikuti aliran air akhirnya tertumpuk di laut. Kehidupan diperkirakan bermula dari laut yang hangat sekitar 3,5 miliar tahun lalu berdasarkan fosil tertua yang pernah ditemukan. Sebagaimana dikembalikan pada surat Al Anbiya [21] ayat 30 yang telah menyebutkan bahwasannya semua makhluk hidup berasal dari air.



Fase Keenam

Masa keenam dalam proses penciptaan alam ini adalah dengan lahirnya kehidupan di bumi yang dimulai dari makhluk bersel tunggal dan tumbuh-tumbuhan.Hadirnya tumbuhan dan proses fotosintesis sekitar 2 miliar tahun lalu menyebabkan atmosfer mulai terisi dengan oksigen bebas. Pada masa ini pula proses geologis yang menyebabkan pergeseran lempengan tektonik dan lahirnya rantai pegunungan di bumi terus berlanjut.

Setelah mengkaji cara Al-Quran menjelaskan tentang penciptaan alam semesta. Penulis menyadari bahwa ilmu pengetahuan dan Al-Qur’an adalah bagaikan dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan antara satu sama lainnya. Seperti yang penulis kutip dari seorang ilmuan besar Albert Einsten: ”religion without science is blind and science without religion is damage.” (Albert Einstein, 1960)

Ilmu yang tidak disertai dengan agama akan hancur dan tumbang karena tidak adanya kekuatan iman. Sedangkan agama tanpa ilmu akan menjadi rusak karena akan dapat salah mengartikannya. Sebagaimana orang-orang materalis yang selalu menentang akan adanya penciptaan alam semesta. Ini merupakan contoh yang sangat signifikan jika ilmu pengetahuan tidak disertai dengan ajaran-ajaran agama.

Untuk itu penulis dapat menyimpulkan bahwa :

[1] Kebenaran Al-Qur’an akan selalu terbukti sampai kapanpun.

[2] Alam semesta berasal dari ketiadaan dan kemudian menjadi ada, ( terjadi proses penciptaan) oleh Allah SWT

[3] Penciptaan alam semesta terjadi secara berproses (berkembang) sebagaimana yang telah Al-Qur’an jelaskan dan tidak statis (tetap).

[4] Al-Qur’an lebih dahulu  menceritakan tentang proses penciptaan alam semesta jauh sebelum ilmu pengetahuan mencapainya (sekitar abad 6) dan kini kebenaran Al-qur’an itu sudah dapat dibuktikan kebenarannya dengan adanya kecocokan dalam sains (abad-20).

[5] Ilmu dan agama akan selalu sejalan selaras bersamaan.



Sumber :

Al-Qur’an dan Terjemah
Hadits Rosullullah
T.Djamaluddin, Menjelajahi keluasan Langit Menembus Kedalaman Al-Qur’an, khazanah Intelektual.2006.Bandung
Ensliklopedi islam, Mukjizat Al-Qur’an (Penciptaan Alam Semesta) , 2010. Jakarta.
http://tdjamaluddin.wordpress.com/2010/09/06/tentang-kontroversi-hawking-allah-mencipta-semesta-dengan-cara-nya/
http://bungabangsaku.blogspot.com/2009/09/proses-terbentuknya-alam-semesta-teori.html

secara kronologi runutan penciptaan saja sudah bermasalah, tidak dalam satu sura/beda sura (loncat sana-sini)

sebagai perbandingan, mana dari kejadian ini yang benar ?

1. Bumi diciptakan dulu baru langit, menurut :
Qs 41:10-11
[10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.
[11] Kemudian Dia menuju (pada penciptaan langit) langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

2. Langit diciptakan dulu, baru bumi, menurut :
Qs 79:29-30
[29] dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang.
[30] Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya

jadi mana yang lebih dahulu yang diciptakan nih?

Bumi dihamparkan, kaya' kertas dihamparkan. Dan untuk memperkuat posisinya maka "kertas" itu harus diberi pemberat seperti gunung.

Qs 16:15
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,

pengetahuan yang luar biasa…



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Tue Jan 19, 2016 2:50 pm

@njlajahweb wrote:oalah kang mas...

sayakan nggak percaya kalau Kristus itu Tuhan,
lagian kejadian itu pasti seizin Bapa.

dan saya menyembah Kristus bukan sebagai Tuhan tapi sebagai Bagian dari Bapa
Diaku tuhan atau tidak, tetap saja aneh:

"Bagian dari Bapa (Tuhan) bergandengan tangan dengan iblis"

Nah lo ehmm

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Tue Jan 19, 2016 3:01 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@isaku wrote:
@Syalom aleykhem wrote:NB.
BigBang teorinya masih bermasalah

Teori dentuman besar: Semau zat dalam alam semesta terkonsentrasi dalam suatu daerah panas yang amat padat, 20 milyar tahun yang lalu semua debu dalam tata surya ditarik dalam titik yang kecil.” Titik dimaksud berputar makin cepat dan makin cepat dan tiba-tiba ia meledak booom: Dentuman Besar!  Dan bagian-bagiannya beterbangan menjadi galaksi, matahari, bulan, bintang dan inilah kita. Manusia. Sekedar debu antariksa.

hukum fisika  "kelembaman momentum angular" : suatu benda berputar yang pecah, bagian yang terlempar akan berputar dengan arah yang sama, karena bagian luar akan berputar lebih cepat dari bagian dalam.
bila alam semesta dimulai oleh suatu titik yang berputar searah jarum jam, timbul pertanyaan2 sains berikut :
- mengapa ada dua planet atau tiga yang berputar dengan arah berlawanan ?
- mengapa delapan dari sembilan puluh dua bulan berputar dengan arah berlawanan ?”
- mengapa Jupiter, Saturnus, and Neptunus mempunyai bulan-bulan yang berputar dengan kedua arah pada saat yang bersamaan ?
- dan mengapa seluruh galaksi-galaksi berputar dengan arah berlawanan?”
karena asumsi yang kamu gunakan (lihat bold) untuk pertanyaan2 diatas membatasi jawaban yg dimungkinkan.
mengapa harus diandaikan dalam 2 dimensi searah jarum jam?
Kalau perputaran yg terjadi searah jamrumjam terhadap ketiga sumbu dalam 3dimensi saja anggap, maka seluruh pertanyaan "mengapa-mu" akan menguap karena sangat mungkin planet dan bintang berbeda arah putaran.  

Betul g?  piss
lha...versi 3 dimensimu udah teruji dgn hukum fisika  kelembaman momentum angular, slim !!!
juga ente mau bilang unsur2 atomic berevolusi dari unsur hidrogen & helium ?
ketenye alloh swt tinggal kunfayakun, jadilah...eh malah pake teori bing-bang versi gathukisme ala muslim
kok malah ngamuk?

Kamu mau bahas apa sih? saya cuma bantah1 hal saja langsung kebakaran jenggot begitu

lha...versi 3 dimensimu udah teruji dgn hukum fisika kelembaman momentum angular, slim !!!
Buat apa? Emangnya hukum fisika yg kamu usung compatible? Justru bantahan saya dengan logika sederhana diatas menunjukkan hukum fisika yg kamu bawa2 g cocok bro piss

Cari lagi deh teori yg lain

juga ente mau bilang unsur2 atomic berevolusi dari unsur hidrogen & helium ?
Yang bawa sumber itu justru kamu kok saya yg diminta tanggungjawab, NGAWUR.

ketenye alloh swt tinggal kunfayakun, jadilah...eh malah pake teori bing-bang versi gathukisme ala muslim
Fokus, jangan mencla mencle oot kesana kemari!
piss



isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 6:37 pm

@Syalom aleykhem wrote:
@isaku wrote:
@Syalom aleykhem wrote:NB.
BigBang teorinya masih bermasalah

Teori dentuman besar: Semau zat dalam alam semesta terkonsentrasi dalam suatu daerah panas yang amat padat, 20 milyar tahun yang lalu semua debu dalam tata surya ditarik dalam titik yang kecil.” Titik dimaksud berputar makin cepat dan makin cepat dan tiba-tiba ia meledak booom: Dentuman Besar!  Dan bagian-bagiannya beterbangan menjadi galaksi, matahari, bulan, bintang dan inilah kita. Manusia. Sekedar debu antariksa.

hukum fisika  "kelembaman momentum angular" : suatu benda berputar yang pecah, bagian yang terlempar akan berputar dengan arah yang sama, karena bagian luar akan berputar lebih cepat dari bagian dalam.
bila alam semesta dimulai oleh suatu titik yang berputar searah jarum jam, timbul pertanyaan2 sains berikut :
- mengapa ada dua planet atau tiga yang berputar dengan arah berlawanan ?
- mengapa delapan dari sembilan puluh dua bulan berputar dengan arah berlawanan ?”
- mengapa Jupiter, Saturnus, and Neptunus mempunyai bulan-bulan yang berputar dengan kedua arah pada saat yang bersamaan ?
- dan mengapa seluruh galaksi-galaksi berputar dengan arah berlawanan?”
karena asumsi yang kamu gunakan (lihat bold) untuk pertanyaan2 diatas membatasi jawaban yg dimungkinkan.
mengapa harus diandaikan dalam 2 dimensi searah jarum jam?
Kalau perputaran yg terjadi searah jamrumjam terhadap ketiga sumbu dalam 3dimensi saja anggap, maka seluruh pertanyaan "mengapa-mu" akan menguap karena sangat mungkin planet dan bintang berbeda arah putaran.  

Betul g?  piss
lha...versi 3 dimensimu udah teruji dgn hukum fisika  kelembaman momentum angular, slim !!!
juga ente mau bilang unsur2 atomic berevolusi dari unsur hidrogen & helium ?
ketenye alloh swt tinggal kunfayakun, jadilah...eh malah pake teori bing-bang versi gathukisme ala muslim
@isaku wrote:
kok malah ngamuk?

Kamu mau bahas apa sih? saya cuma bantah1 hal saja langsung kebakaran jenggot begitu
km yakin saya punya jenggot kek ente2  lol

lha...versi 3 dimensimu udah teruji dgn hukum fisika  kelembaman momentum angular, slim !!!
@isaku wrote:Buat apa? Emangnya hukum fisika yg kamu usung compatible? Justru bantahan saya dengan logika sederhana diatas menunjukkan hukum fisika yg kamu bawa2 g cocok bro  piss

Cari lagi deh teori yg lain
lha iya, torsimomen inersia momentum anguler energi kinetik rotasi adalah bagian dari sains yg sdh teruji, slim
termasuk contoh case 3 dimensimu, bahkan 1000 dimensi, slim
juga ente mau bilang unsur2 atomic berevolusi dari unsur hidrogen & helium ?
@isaku wrote:Yang bawa sumber itu justru kamu kok saya yg diminta tanggungjawab, NGAWUR.
saya cuman mau nunjukin bahwa teori bigbang bukan kebenaran absolut/masih bermasalah dari sisi sains. contoh lainnya misal : menurut teori bigbang, bintang-bintang harus membentuk unsur-unsur, tapi unsur-unsur itulah yang membentuk bintang. Mana yang lebih dulu ?, (yang tentunya mengarah kepada evolusi alam semesta)
ketenye alloh swt tinggal kunfayakun, jadilah...eh malah pake teori bing-bang versi gathukisme ala muslim
@isaku wrote:Fokus, jangan mencla mencle oot kesana kemari!
piss

lha iya,  ilahmu kan bisa kunfayakun, eh malah bawa2 teori bim-bang

ini yg fokus aje ...

secara kronologi runutan penciptaan dalam Alquran saja sudah bermasalah, tidak dalam satu sura/beda sura (loncat sana-sini)

mana dari kejadian ini yang benar ?

1. Bumi diciptakan dulu baru langit, menurut :
Qs 41:10-11
[10] Dan Dia menciptakan di bumi itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya. Dia memberkahinya dan Dia menentukan padanya kadar makanan-makanan (penghuni) nya dalam empat masa. (Penjelasan itu sebagai jawaban) bagi orang-orang yang bertanya.
[11] Kemudian Dia menuju (pada penciptaan langit) langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: "Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa". Keduanya menjawab: "Kami datang dengan suka hati".

2. Langit diciptakan dulu, baru bumi, menurut :
Qs 79:29-30
[29] dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang.
[30] Dan bumi sesudah itu dihamparkan-Nya

jadi mana yang lebih dahulu yang diciptakan nih?

Bumi dihamparkan, kaya' kertas dihamparkan. Dan untuk memperkuat posisinya maka "kertas" itu harus diberi pemberat seperti gunung.

Qs 16:15
Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak guncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk,

pengetahuan yang luar biasa…



Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Sha-Sha on Wed Jan 20, 2016 5:01 am

@cherish wrote:Proses penciptaan alam semesta menurut ayat-ayat Al Qur'an :

Fase-Fase Penciptaan Alam Semesta Menurut Al-Quran

Kamus Besar Bahasa Indonesia mendefinisikan kata ‘fase’ adalah tingkatan masa (perubahan, perkembangan, dsb)[1]. Sehingga dapat disimpulkan perkembangan ataupun perubahan tahap-tahap penciptaan alam semesta dalam hal ini ditinjau dari al-Qur’an dan tidak lupa juga menyertakan penjelasan di dalam Hadits. Akan tetapi, menyusun tahapan penciptaan alam semesta di dalam a-Qur’an bukan perkara yang mudah – disamping minimnya referensi terutama asbabun nuzul (sebab-sebab turunnya ayat) ataupun penjelasan dari hadits berkaitan dengan fase-fase penciptaan diperparah dengan kemunculan cerita-cerita dari Israiliyat dan hadits yang dlaif maupun maudlu (palsu).

Sebab, dari segi susunan ayat yang menerangkan tahapan penciptaan di dalam al-Qur’an seolah mengalir seperti firman Allah di dalam surat Fushilat ayat 9-12. Tidak seperti puzzle yang memang harus disusun sehingga membentuk satuan gambar yang utuh bisa dikenali. Namun, jika disusun seperti puzzle yang pernah kita mainkan maka akan membentuk sebuah gambaran penciptaan alam semesta yang saat ini dunia akui keabsahannya dari berbagai rangkaian eksperimen dan bukti yang otentik.

Enam Masa Penciptaan Alam Semesta

Al-Qur’an menyebutkan dalam sittati ayyaamin yang berarti enam masa yang panjang.

Sebagaimana dalam al-qur’an   (Q.S. Al-Sajdah [32] :4 ):

اللَّهُ    الَّذِى    خَلَقَ    السَّمٰوٰتِ    وَالْأَرْضَ    وَمَا    بَيْنَهُمَا    فِى    سِتَّةِ    أَيَّامٍ    ثُمَّ    اسْتَوَىٰ    عَلَى    الْعَرْشِ    ۖ    مَا    لَكُم    مِّن    دُونِهِۦ    مِن    وَلِىٍّ    وَلَا    شَفِيعٍ    ۚ    أَفَلَا    تَتَذَكَّرُونَ    ﴿السجدة:٤﴾

 

Artinya : “Allah-lah yang telah menciptakan langit dan bumi dan segala yang ada diantara keduanya dalam waktu enam hari, kemudian dia bersemayam di atas Arsy.Kamu semua tidak memiliki seorang penolong dan pemberi syafaat pun selain diri-Nya. Lalu, apakah kamu tidak memperhatikannya ?”

Dari ayat di atas Allah SWT menyebutkan penciptaan langit dan bumi dalam enam masa (sittati ayyaamin) selanjutnya para mufasir bersepakat dalam menafsirkan ayat ini, bahwa yang disebut dengan  (sittati ayyaamin) adalah enam tahapan atau proses bukan enam hari sebagaimana mengartikan kata ayyaamin.

Lha? Kan? Sudah jelas tertulis di sana: أَيَّامٍ = ayaam = Hari-hari yaitu enam-hari dalam seminggu?
Sehingga terjemahan bahasa Indonesianya sudah benar : "enam-hari" dalam seminggu...

Bandingkan dengan hadits di bawah ini:
Hadits shoheh imam muslim (dikutip dari www.lidwa.com)
Nomer tarqim: 4997

حَدَّثَنِي سُرَيْجُ بْنُ يُونُسَ وَهَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَا حَدَّثَنَا حَجَّاجُ بْنُ مُحَمَّدٍ قَالَ قَالَ ابْنُ جُرَيْجٍ أَخْبَرَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ عَنْ أَيُّوبَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَافِعٍ مَوْلَى أُمِّ سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِيَدِي فَقَالَ خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ التُّرْبَةَ يَوْمَ السَّبْتِ وَخَلَقَ فِيهَا الْجِبَالَ يَوْمَ الْأَحَدِ وَخَلَقَ الشَّجَرَ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَخَلَقَ الْمَكْرُوهَ يَوْمَ الثُّلَاثَاءِ وَخَلَقَ النُّورَ يَوْمَ الْأَرْبِعَاءِ وَبَثَّ فِيهَا الدَّوَابَّ يَوْمَ الْخَمِيسِ وَخَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلَام بَعْدَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فِي آخِرِ الْخَلْقِ فِي آخِرِ سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ الْجُمُعَةِ فِيمَا بَيْنَ الْعَصْرِ إِلَى اللَّيْلِ قَالَ إِبْرَاهِيمُ حَدَّثَنَا الْبِسْطَامِيُّ وَهُوَ الْحُسَيْنُ بْنُ عِيسَى وَسَهْلُ بْنُ عَمَّارٍ وَإِبْرَاهِيمُ ابْنُ بِنْتِ حَفْصٍ وَغَيْرُهُمْ عَنْ حَجَّاجٍ بِهَذَا الْحَدِيثِ

Telah menceritakan kepadaku suraij bin Yunus dan Harun bin 'abdullah mereka berdua berkata: telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Muhammad dia berkata: Ibnu Juraij berkata: telah mengabarkan kepada kami Isma'il bin Umayyah dari Ayyub bin Khalid dari 'Abdullah bin Rafi'-budak-Ummu Salamah dari Abu Hurairah dia berkata:

"Rasulullah shallallahu 'alaihiwasallam memegang tangannya,lalu beliau bersabda: "Allah Azzawajalla menjadikan tanah pada hari sabtu,menancapkan gunung pada hari Ahad, menumbuhkan pohon-pohon pada hari Senin, menjadikan bahan-bahan mineral pada hari Selasa, menjadikan cahaya pada hari Rabu,menebarkan binatang pada hari kamis dan menjadikan Adam 'Alaihis Salam pada hari Jum'at setelah ashar, yang merupakan penciptaan paling akhir",yaitu saat-saat terakhir di hari Juma'at antara waktu ashar hingga malam
ehmm   usil

Jadi Kronologi penciptaan alam-semesta oleh "alloh-swt" sbb:
Hari Sabtu = Menciptakan tanah
Hari Ahad  = Menancapkan gunung
Hari Senin = Menumbuhkan pepohonan
Hari Selasa= Menjadikan bahan mineral
Hari Rabu  = Menjadikan cahaya
Hari Kamis = Menebarkan hewan / binatang
Hari Jumat = Menjadikan Manusia Adam..setelah ashar yaitu saat-saat terakhir di hari Jumat antara waktu ashar hingga malam.

Menurut hadits yg mencatat perkataan "NABI" muhammad :
1. alloh-swt tidak pernah menciptakan langit  & benda-benda langit  usil
2. Pepohonan diciptakan dalam kondisi GELAP-GULITA sebelum ada cahaya
3. Hari penciptaan dilakukan dalam waktu ENAM-HARI (6X24jam) ,pake penjelasan waktu "ashar" segala  usil

Bagaimana semua perkataan muhammad itu bisa selaras dengan IPTEK kontemporer?  panik

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by isaku on Wed Jan 20, 2016 9:00 am

syalom wrote:lha iya, torsimomen inersia momentum anguler energi kinetik rotasi adalah bagian dari sains yg sdh teruji, slim
termasuk contoh case 3 dimensimu, bahkan 1000 dimensi, slim
Tapi asumsi yg kamu gunakan tidak bisa diterima, makanya dengan mudah dipatahkan.

Sisa koar2mu kapan2 saja ya, kapasitasmu diragukan.
Saya menanggapi item c dari tulisanmu, kamu menanggapi dengan tambahan a, b, c, d, e, f, mending kalo nyambung.

piss

@Sha-sha

Haditsnya cukup menarik, tapi sayangnya itu bukan AlQuran. Saya pribadi menerima hanya sebatas informasi

1. alloh-swt tidak pernah menciptakan langit & benda-benda langit
berarti ada mis dengan AlQuran 32:4 karena dinyatakan Allah SWT menciptakan langit dan bumi dalam 6 masa (ayyam)

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3521
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by njlajahweb on Wed Jan 20, 2016 4:37 pm

sekilas info,
saya kira Al-Quran dan Al-Kitab sama-sama mengandung Wahyu
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3993
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 108

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by SEGOROWEDI on Fri Feb 19, 2016 1:04 pm


kisah adam sampai isa, sudah tertulis sangat lengkap dan kronologis di alkitab
ratusan bahkan ribuan tahun sebelum muhammad nongol
mosok didongengkan ke muhammad dan muncul di alquran??
secara amburadul

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43720
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Manakah yang pantas sebagai Wahyu Allah? Al-Quran Atau Alkitab?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 6 dari 6 Previous  1, 2, 3, 4, 5, 6

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik