FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Tue Jan 12, 2016 2:46 pm

First topic message reminder :

Secara "tradisi" umat muslim di dunia meyakini mushaf al quran itu tidak pernah berubah sejak diturunkan oleh jibril kepada muhammad, sehingga mushaf yang dipegang di tangan muslim sekarang adalah perwujudan mushaf al quran yg diturunkan oleh jibril 1500 tahun lalu, tidak ada yang berubah sampai pada "TITIK-KOMA" nya sekalipun.....

Bagaimana pihak islam bisa mempertanggung-jawabkan "klaim" yang demikian sementara temuan arkeologi menyodorkan fakta lain?

Satu fakta dari temuan arkeologi, telah ditemukan lembaran naskah al quran yang ternyata sangat berbeda dengan kitab alquran zaman sekarang, sehingga BANYAK USTADZ/ ULAMA dan PETINGGI AGAMA islam tidak mampu mengenalinya terkait bentuk huruf dan bahasanya:



Keterangan yang lebih menjelaskan silakan ikuti LINK wikipedia di bawah ini:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sana'a_manuscript


Terakhir diubah oleh Sha-Sha tanggal Tue Jan 12, 2016 2:50 pm, total 1 kali diubah

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down


Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Fri Jan 15, 2016 6:31 pm

@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

Siapa dan apa yang diplintir slim? Semua sesuai apa yang tersurat pada kutipan hadits...bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran

PINK: Zaid bin Tsabit kehilangan dua ayat "at-taubah" ,dicari-cari gak ketemu termasuk dicari pada hafalan para sahabat jg gak ketemu, sampai akhirnya bisa menemukannya pada hafalan SEORANG yg bernama Khuzaimah
Asal tau ajah: Hafalan dari SEORANG hafidz tidak sah sampai ada seorang hafidz yg lain lagi yg bisa membaca sama persis (minimal dua orang hafidz) barulah boleh dimasukkan ke dalam mushaf alquran....TAPI Zain bin Tsabit buru-buru memasukkan hafalan SEORANG hafidz si Khuzaimah itu tanpa ada yang memberikan bandingan bacaannya benar atau salah?...Perbuatan Zaid bin tsabit TIDAK SAH tuh.

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by isaku on Mon Jan 18, 2016 9:29 pm

@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

Siapa dan apa yang diplintir slim? Semua sesuai apa yang tersurat pada kutipan hadits...bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran

PINK: Zaid bin Tsabit kehilangan dua ayat "at-taubah" ,dicari-cari gak ketemu termasuk dicari pada hafalan para sahabat jg gak ketemu, sampai akhirnya bisa menemukannya pada hafalan SEORANG yg bernama Khuzaimah
Asal tau ajah: Hafalan dari SEORANG hafidz tidak sah sampai ada seorang hafidz yg lain lagi yg  bisa membaca sama persis (minimal dua orang hafidz) barulah boleh dimasukkan ke dalam mushaf alquran....TAPI Zain bin Tsabit buru-buru memasukkan hafalan SEORANG hafidz si Khuzaimah itu tanpa ada yang memberikan bandingan bacaannya benar atau salah?...Perbuatan Zaid bin tsabit TIDAK SAH tuh.
merah: misalnya suami Shasha bilang: "mau muntah saya lihat kamu", apakah itu artinya suami Shasha pasti lagi sakit perut, mual?

pink: maksudnya 2 ayat tersebut hanya Khuzaimah yang mencatat, menambah2 informasi yg tidak pernah disebutkan itu namanya mlintir Sha


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3484
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 7:14 pm

@mutiiiara wrote:ya tahu lah,emangnya elo yang gak tahu bahasa Quran tapi sudah asal omong gak pake mikir.
yg udah dibakar/musnah itu, eneng tahunya drimana gundul/tidak gundul tulisan arabnya ?

Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Syalom aleykhem on Tue Jan 19, 2016 7:17 pm

6 mushaf sdh hilang lenyap, disisakan 1 oleh usman
mo bandingin sisa 1 dgn 6 mushaf sdh hilang lenyap itu gmana ?
kenapa kitab suci berisi firman Alloh swt harus dibakar usman ?

Alquran sekarang pake terjemahan/hafalan versi mushaf yg mana ya ?


Syalom aleykhem
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 23
Posts : 1233
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 06.04.15
Reputation : 7

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by njlajahweb on Tue Jan 19, 2016 10:24 pm

sekilas info,
7:12 Sebab, jikalau imamat berubah, dengan sendirinya akan berubah pula hukum Taurat itu.

7:18 Memang suatu hukum yang dikeluarkan dahulu dibatalkan, kalau hukum itu tidak mempunyai kekuatan dan karena itu tidak berguna,

10:9 Dan kemudian kata-Nya: "Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua.

NB:
ada perintah-perintah dari hukum-hukum lama yang sudah tidak perlu dipertahankan lagi, namun ada juga perintah-perintah dari hukum-hukum lama yang masih perlu untuk tetap dipertahankan.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Wed Jan 20, 2016 3:52 am

@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

Siapa dan apa yang diplintir slim? Semua sesuai apa yang tersurat pada kutipan hadits...bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran

PINK: Zaid bin Tsabit kehilangan dua ayat "at-taubah" ,dicari-cari gak ketemu termasuk dicari pada hafalan para sahabat jg gak ketemu, sampai akhirnya bisa menemukannya pada hafalan SEORANG yg bernama Khuzaimah
Asal tau ajah: Hafalan dari SEORANG hafidz tidak sah sampai ada seorang hafidz yg lain lagi yg  bisa membaca sama persis (minimal dua orang hafidz) barulah boleh dimasukkan ke dalam mushaf alquran....TAPI Zain bin Tsabit buru-buru memasukkan hafalan SEORANG hafidz si Khuzaimah itu tanpa ada yang memberikan bandingan bacaannya benar atau salah?...Perbuatan Zaid bin tsabit TIDAK SAH tuh.
merah: misalnya suami Shasha bilang: "mau muntah saya lihat kamu", apakah itu artinya suami Shasha pasti lagi sakit perut, mual?

pink: maksudnya 2 ayat tersebut hanya Khuzaimah yang mencatat, menambah2 informasi yg tidak pernah disebutkan itu namanya mlintir Sha


Kan? Sudah jelas dari kutipan haditsnya slim? Bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran , ini mengartikan ayat-ayat alquran benar-benar kacau karena berserakan , terpencar-pencar, tidak beraturan dan tercecer di mana-mana; mengumpulkan itu buat dijadikan "mushaf" adalah tugas yg teramat beratu buat Zain bin Tsabit, karenanya dia bilang kayak gitu.

PINK : Ya sudah...anggap saja si Khuzaimah pandai baca-tulis tidak buta-huruf dan dia punya catatan al-quran .... berarti catatan milik dia tidak ada yang menghafalnya karena tidak ada hafalan yang bisa kedapatan sama dengan catatan milik Khuzaimah....dari itulah tidak mungkin bisa di 'Cross-cek" kebenaran ayat alquran milik khuzaimah itu tapi sudah keburu dimasukkan ke dalam mushaf oleh Zaid.

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by isaku on Wed Jan 20, 2016 9:14 am

@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:Kekacauan pembentukan mushaf al quran terjadi dan dialami oleh Zaid bin Tsabit sehingga dia lebih suka "memindahkan gunung" daripada menyalin ayat-ayat al quran yang tercecer berserakan amburadul...dan Zaid bin Tsabit pernah kehilangan ayat "at taubah" dia gagal menggali hafalan dari semua sahabat kecuali dari seorang saja yaitu Khuzaimah

KUTIPAN (dikutip dari www.lidwa.com )
HADITS SHOHEH IMAM AL-BUKHORI
NOMER TARQIM: 4311
حَدَّثَنَا أَبُو الْيَمَانِ أَخْبَرَنَا شُعَيْبٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ السَّبَّاقِ أَنَّ زَيْدَ بْنَ ثَابِتٍ الْأَنْصَارِيَّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ مِمَّنْ يَكْتُبُ الْوَحْيَ قَالَ أَرْسَلَ إِلَيَّ أَبُو بَكْرٍ مَقْتَلَ أَهْلِ الْيَمَامَةِ وَعِنْدَهُ عُمَرُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّ عُمَرَ أَتَانِي فَقَالَ إِنَّ الْقَتْلَ قَدْ اسْتَحَرَّ يَوْمَ الْيَمَامَةِ بِالنَّاسِ وَإِنِّي أَخْشَى أَنْ يَسْتَحِرَّ الْقَتْلُ بِالْقُرَّاءِ فِي الْمَوَاطِنِ فَيَذْهَبَ كَثِيرٌ مِنْ الْقُرْآنِ إِلَّا أَنْ تَجْمَعُوهُ وَإِنِّي لَأَرَى أَنْ تَجْمَعَ الْقُرْآنَ قَالَ أَبُو بَكْرٍ قُلْتُ لِعُمَرَ كَيْفَ أَفْعَلُ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ يَزَلْ عُمَرُ يُرَاجِعُنِي فِيهِ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ لِذَلِكَ صَدْرِي وَرَأَيْتُ الَّذِي رَأَى عُمَرُ قَالَ زَيْدُ بْنُ ثَابِتٍ وَعُمَرُ عِنْدَهُ جَالِسٌ لَا يَتَكَلَّمُ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ إِنَّكَ رَجُلٌ شَابٌّ عَاقِلٌ وَلَا نَتَّهِمُكَ كُنْتَ تَكْتُبُ الْوَحْيَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَتَتَبَّعْ الْقُرْآنَ فَاجْمَعْهُ فَوَاللَّهِ لَوْ كَلَّفَنِي نَقْلَ جَبَلٍ مِنْ الْجِبَالِ مَا كَانَ أَثْقَلَ عَلَيَّ مِمَّا أَمَرَنِي بِهِ مِنْ جَمْعِ الْقُرْآنِ قُلْتُ كَيْفَ تَفْعَلَانِ شَيْئًا لَمْ يَفْعَلْهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ أَبُو بَكْرٍ هُوَ وَاللَّهِ خَيْرٌ فَلَمْ أَزَلْ أُرَاجِعُهُ حَتَّى شَرَحَ اللَّهُ صَدْرِي لِلَّذِي شَرَحَ اللَّهُ لَهُ صَدْرَ أَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَقُمْتُ فَتَتَبَّعْتُ الْقُرْآنَ أَجْمَعُهُ مِنْ الرِّقَاعِ وَالْأَكْتَافِ وَالْعُسُبِ وَصُدُورِ الرِّجَالِ حَتَّى وَجَدْتُ مِنْ سُورَةِ التَّوْبَةِ آيَتَيْنِ مَعَ خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ لَمْ أَجِدْهُمَا مَعَ أَحَدٍ غَيْرِهِ { لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ } إِلَى آخِرِهِمَا وَكَانَتْ الصُّحُفُ الَّتِي جُمِعَ فِيهَا الْقُرْآنُ عِنْدَ أَبِي بَكْرٍ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ عُمَرَ حَتَّى تَوَفَّاهُ اللَّهُ ثُمَّ عِنْدَ حَفْصَةَ بِنْتِ عُمَرَ تَابَعَهُ عُثْمَانُ بْنُ عُمَرَ وَاللَّيْثُ عَنْ يُونُسَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ اللَّيْثُ حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ وَقَالَ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ الْأَنْصَارِيِّ وَقَالَ مُوسَى عَنْ إِبْرَاهِيمَ حَدَّثَنَا ابْنُ شِهَابٍ مَعَ أَبِي خُزَيْمَةَ وَتَابَعَهُ يَعْقُوبُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ أَبِيهِ وَقَالَ أَبُو ثَابِتٍ حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ وَقَالَ مَعَ خُزَيْمَةَ أَوْ أَبِي خُزَيْمَةَ
Telah menceritakan kepada kami Abu Al Yaman Telah mengabarkan kepada kami Syu'aib dari Az Zuhri dia berkata;

Telah mengabarkan kepadaku Ibnu As Sabbaq bahwa zaid bin tsabit Al Anshari radliallahu 'anhu -salah seorang penulis wahyu- dia berkata; Abu Bakar As shiddiq datang kepadaku pada waktu perang Yamamah, ketika itu Umar disampingnya.

Abu Bakr berkata bahwasanya Umar mendatangiku dan mengatakan; Sesungguhnya perang Yamamah telah berkecamuk (menimpa) para sahabat, dan aku khawatir akan menimpa para penghafal Qur'an di negeri-negeri lainnya sehingga banyak yang gugur dari mereka kecuali engkau memerintahkan pengumpulan (pendokumentasian) al Qur`an.

Abu Bakar berkata kepada Umar; Bagaimana aku mengerjakan suatu proyek yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Umar menjawab; Demi Allah hal itu adalah sesuatu yang baik.
Ia terus mengulangi hal itu sampai Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada Umar dan aku sependapat dengannya.

Zaid berkata; Abu Bakar berkata; -pada waktu itu disampingnya ada Umar sedang duduk, dan dia tidak berkata apa-apa.- Sesungguhnya kamu adalah pemuda yang cerdas, kami tidak meragukanmu, dan kamu juga menulis wahyu untuk Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, karena itu kumpulkanlah al Qur'an (dengan seksama).

Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam?

Abu Bakar menjawab; Demi Allah hal itu adalah baik. Aku pun terus mengulanginya, sehingga Allah melapangkan dadaku sebagaimana melapangkan dada keduanya (Abu Bakar dan Umar).

Lalu aku kumpulkan al Qur'an (yang ditulis) pada kulit, pelepah kurma, dan batu putih lunak, juga dada (hafalan) para sahabat.

Hingga aku mendapatkan dua ayat dari surat Taubah berada pada Khuzaimah yang tidak aku temukan pada sahabat mana pun. Yaitu ayat: Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah: Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal dan Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung. (9: 128-129).

Dan mushaf yang telah aku kumpulkan itu berada pada Abu Bakr hingga dia wafat, kemudian berada pada Umar hingga dia wafat, setelah itu berada pada Hafshah putri Umar.

Diriwiyatkan pula oleh 'Utsman bin 'Umar dan Al Laits dari Yunus dari Ibnu Syihab; Al Laits berkata; Telah menceritakan kepadaku 'Abdur Rahman bin Khalid dari Ibnu Syihab; dia berkata; ada pada Abu Huzaimah Al Anshari. Sedang Musa berkata; Dari Ibrahim Telah menceritakan kepada kami Ibnu Syihab; 'Ada pada Abu Khuzaimah.' Juga diriwayatkan oleh Ya'qub bin Ibrahim dari Bapaknya.
Abu Tsabit berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibrahim dia berkata; 'Ada pada Khuzaimah atau Abu Khuzaimah.
~~~~~~~~~~~~

PINK : Ternyata KLAIM banyak muslim yang hafal ayat al quran perlu dipertanyakan kebenarannya
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

Siapa dan apa yang diplintir slim? Semua sesuai apa yang tersurat pada kutipan hadits...bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran

PINK: Zaid bin Tsabit kehilangan dua ayat "at-taubah" ,dicari-cari gak ketemu termasuk dicari pada hafalan para sahabat jg gak ketemu, sampai akhirnya bisa menemukannya pada hafalan SEORANG yg bernama Khuzaimah
Asal tau ajah: Hafalan dari SEORANG hafidz tidak sah sampai ada seorang hafidz yg lain lagi yg  bisa membaca sama persis (minimal dua orang hafidz) barulah boleh dimasukkan ke dalam mushaf alquran....TAPI Zain bin Tsabit buru-buru memasukkan hafalan SEORANG hafidz si Khuzaimah itu tanpa ada yang memberikan bandingan bacaannya benar atau salah?...Perbuatan Zaid bin tsabit TIDAK SAH tuh.
merah: misalnya suami Shasha bilang: "mau muntah saya lihat kamu", apakah itu artinya suami Shasha pasti lagi sakit perut, mual?

pink: maksudnya 2 ayat tersebut hanya Khuzaimah yang mencatat, menambah2 informasi yg tidak pernah disebutkan itu namanya mlintir Sha


Kan? Sudah jelas dari kutipan haditsnya slim? Bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran , ini mengartikan ayat-ayat alquran benar-benar kacau karena berserakan , terpencar-pencar, tidak beraturan dan tercecer di mana-mana; mengumpulkan itu buat dijadikan "mushaf" adalah tugas yg teramat beratu buat Zain bin Tsabit, karenanya dia bilang kayak gitu.

PINK : Ya sudah...anggap saja si Khuzaimah pandai baca-tulis tidak buta-huruf dan dia punya catatan al-quran .... berarti catatan milik dia tidak ada yang menghafalnya karena tidak ada hafalan yang bisa kedapatan sama dengan catatan milik Khuzaimah....dari itulah tidak mungkin bisa di 'Cross-cek" kebenaran ayat alquran milik khuzaimah itu tapi sudah keburu dimasukkan ke dalam mushaf oleh Zaid.
merah: tapi tidak berarti suamimu lagi mual sakit perut Sha. Itu tugas berat pasti, tapi tidak bisa dikatakan kacau, tidak ada 1 hadits pun yang menyatakan ada keos bahkan sampai Utsman memusnahkan penggalan2 catatan2 AlQuran lainnya.

pink: walaupun laporan haditsnya sedikit ambigu tapi tidak berarti tidak ada yang menghafalnya, Zaid tidak akan seceroboh itu, hal Khuzaimah adalah hal penulisan bukan hafalan, Zaid sangat ketat memverifikasi keseluruhan AlQuran.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3484
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by njlajahweb on Wed Jan 20, 2016 12:31 pm

saya kira mas isa ada benarnya
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 21, 2016 7:56 am

@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:
@isaku wrote:
Kemampuan bahasa para tukang plintir memang memprihatinkan ya Sha, lihat yang bold Sha!

bobo

Siapa dan apa yang diplintir slim? Semua sesuai apa yang tersurat pada kutipan hadits...bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran

PINK: Zaid bin Tsabit kehilangan dua ayat "at-taubah" ,dicari-cari gak ketemu termasuk dicari pada hafalan para sahabat jg gak ketemu, sampai akhirnya bisa menemukannya pada hafalan SEORANG yg bernama Khuzaimah
Asal tau ajah: Hafalan dari SEORANG hafidz tidak sah sampai ada seorang hafidz yg lain lagi yg  bisa membaca sama persis (minimal dua orang hafidz) barulah boleh dimasukkan ke dalam mushaf alquran....TAPI Zain bin Tsabit buru-buru memasukkan hafalan SEORANG hafidz si Khuzaimah itu tanpa ada yang memberikan bandingan bacaannya benar atau salah?...Perbuatan Zaid bin tsabit TIDAK SAH tuh.
merah: misalnya suami Shasha bilang: "mau muntah saya lihat kamu", apakah itu artinya suami Shasha pasti lagi sakit perut, mual?

pink: maksudnya 2 ayat tersebut hanya Khuzaimah yang mencatat, menambah2 informasi yg tidak pernah disebutkan itu namanya mlintir Sha


Kan? Sudah jelas dari kutipan haditsnya slim? Bahwa :
MERAH: Zaid bin Tsabit mengaku lebih ringan memindahkan gunung ketimbang membuat mushaf alquran , ini mengartikan ayat-ayat alquran benar-benar kacau karena berserakan , terpencar-pencar, tidak beraturan dan tercecer di mana-mana; mengumpulkan itu buat dijadikan "mushaf" adalah tugas yg teramat beratu buat Zain bin Tsabit, karenanya dia bilang kayak gitu.

PINK : Ya sudah...anggap saja si Khuzaimah pandai baca-tulis tidak buta-huruf dan dia punya catatan al-quran .... berarti catatan milik dia tidak ada yang menghafalnya karena tidak ada hafalan yang bisa kedapatan sama dengan catatan milik Khuzaimah....dari itulah tidak mungkin bisa di 'Cross-cek" kebenaran ayat alquran milik khuzaimah itu tapi sudah keburu dimasukkan ke dalam mushaf oleh Zaid.
merah: tapi tidak berarti suamimu lagi mual sakit perut Sha. Itu tugas berat pasti, tapi tidak bisa dikatakan kacau, tidak ada 1 hadits pun yang menyatakan ada keos bahkan sampai Utsman memusnahkan penggalan2 catatan2 AlQuran lainnya.

pink: walaupun laporan haditsnya sedikit ambigu tapi tidak berarti tidak ada yang menghafalnya, Zaid tidak akan seceroboh itu, hal Khuzaimah adalah hal penulisan bukan hafalan, Zaid sangat ketat memverifikasi keseluruhan AlQuran.

Lha? Ngapain OOT ke urusan suami? Sha-Sha masih SMP slim.... tidaaaak
Menurut hadits shoheh di atas, inilah yg dikatakan Zaid ketika ditugasi menyalin dan menyusun ulang ayat-ayat al-quran yg berserakan:
" Zaid berkata; Demi Allah, seandainya mereka menyuruhku untuk memindahkan gunung dari gunung-gunung yang ada, maka hal itu tidak lebih berat bagiku dari pada (pengumpulan atau pendokumentasian al Qur'an). kenapa kalian mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikerjakan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam? "

MERAH: Wujud keluhan Zaid yg brasa NGERI melihat kekacauan ayat-ayat al-quran yg berserakan tak beraturan tercecer di mana-mana
BIRU: Nama surah...dan ayat-ayat disusun sesuai selera Zaid... dan menjadi salah-satu bukti kalau al-quran kacau-balau sejak dari penyusunan awalnya yaitu tidak mengenal KRONOLOGI SEJARAH...(ayat-ayat makiyah dan ayat-ayat madinah saling bertukar tempat tanpa tau mana yang lebih dulu dikarang oleh muhammad?)

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by njlajahweb on Thu Jan 21, 2016 10:20 am

walaupun ada yang berkata Al-Kitab itu palsu dan walaupun ada yang berkata Al-Quran itu palsu,

namun aku tetap menghargai Al-Quran dan Al-Kitab.
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 21, 2016 8:16 pm

Zaid selaku penyusun mushaf al-quran bisa merasa ogah dan segan ketika ditugasi mengumpulkan ayat-ayat al-quran...

Itu menjadi petunjuk kalau al-quran tidak rapi , sulit ditebak urutan waktu turunnya , dan terlalu banyak versi


Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 21, 2016 8:18 pm

Pertanyaan lain: Apakah susunan nama-nama surah dan ayat-ayat yang mengisi surah-surah itu (Hasil kerja Zaid bin Tsabit) sama dengan susunan nama-nama surah dan susunan ayat-ayatnya dengan al-quran yang berada di lauh mahfudz?

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by njlajahweb on Thu Jan 21, 2016 8:26 pm

saya kira hanya Tuhan yang lebih tahu
avatar
njlajahweb
KAPTEN
KAPTEN

Female
Posts : 3531
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 105

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by isaku on Thu Jan 21, 2016 9:12 pm

@Sha-Sha wrote:Pertanyaan lain: Apakah susunan nama-nama surah dan ayat-ayat yang mengisi surah-surah itu (Hasil kerja Zaid bin Tsabit) sama dengan susunan nama-nama surah dan susunan ayat-ayatnya dengan al-quran yang berada di lauh mahfudz?
Kirain nanya apaan... ya samalah, ...... g sama darimana. Sha.....sha.


isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3484
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 137

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sha-Sha on Thu Jan 21, 2016 11:19 pm

@isaku wrote:
@Sha-Sha wrote:Pertanyaan lain: Apakah susunan nama-nama surah dan ayat-ayat yang mengisi surah-surah itu (Hasil kerja Zaid bin Tsabit) sama dengan susunan nama-nama surah dan susunan ayat-ayatnya dengan al-quran yang berada di lauh mahfudz?
Kirain nanya apaan... ya samalah, ...... g sama darimana. Sha.....sha.

Bagaimana ente bisa bilang sama? Bisa tau dari mana? lol
keyakinan islam bersaksi: al-quran yg berada di lauh mahfudz itu sudah tersedia lengkap sebelum alam-semeta terbentuk

Sedangkan mushaf alquran karangan muhammad baru diusahakan pembentukan mushaf-kitabnya oleh usaha Zaid bin Tsabit

Sha-Sha
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Female
Age : 16
Posts : 923
Kepercayaan : Protestan
Location : .
Join date : 04.12.15
Reputation : 6

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by SEGOROWEDI on Fri Feb 26, 2016 2:11 pm



KUTIPAN:
Berikut beberapa diantara juru tulis yang dimiliki oleh Rasulullah :
       1.Ubay bin ka`ab
Ia termasuk orang yang terdahulu masuk agama islam dari kalangan anshor dan termasuk peserta baiat aqabah kedua.Beberapa peperangan telah diikutinya termasuk perang badar.Kepiawaiannya membaca alquran membuat ia dijuluki sayyidul qurra`
Ubay bin ka`ab memiliki pengetahuan dalam membaca dan menulis .Ia juga orang yang pertama menulis wahyu dihadapan Rasulullah SAW selain ali bin abu thalip dan Usman bin affan .
Ubay bin ka`ab juga orang yang pertama memulai pembubuhan nama di akhir tulisannya
      2.Juhaim ibnu ash -Shalt bin makhramah
Para ulama  berbeda pendapat tentang kapan juhaim masuk islam .Juhaim mengenal tulisan semenjak ia masih jahiliyyah.setelah ia masuk islam ia menulis surat menyurat untuk rasul.Ia juga seorang pencatat harta hasil sedekah bersama Az Zubair ibnu awwam.
      3.Hanzhalah bin rabi`
Hanzhalah adalah sekretaris utama Rasulullah, Ditangannya dipercayakan stempel milik Rasulullah .Panggilan yang sering lekat padanya adalah al-katib [sekretaris] ketika itu keterampilan tulis menulis dikalangan umat silam masih minim .Hanzhalah tak pernah menyimpan harta dan makanan nya lebih dari tiga hari.
Hanzhalah ikut dalam perang qadisiyah,kemudian pindah di kuffah.pada perang Jamal ia membelot dari pasukan Ali Ra ,setelah itu ia bermukim di qarqasiya dan meninggal pada masa pemerintahan Mu`awiyah .
      4.Khalid bin sa`id
Khalid adalah orang yang pertama keluar dari mekkah dan hijrah ke Habasyah  bersama istrinya Umaimah, Ia masuk islam setelah Abu bakar Ra.di Habasyah .Khalid adalah orang yang berusaha keras untuk mengadakan rekonsiliasi  antara Nabi SAW dengan penduduk Thaif .Khalid juga orang yang pertama menulis Bismillahirrahmanirrahim .dan juga menulis Mushaf al`quran .
Setelah Rasulullah wafat , Khalid undur diri dari jabatan nya .Ia mati syahid dalam perang dimasa pemerintahan Abu bakar melawan  orang -orang murtad pada tahun  14 H
        5.Zaid bin tsabit
Rasulullah menyuruh zaid belajar bahasa yahudi dan menguasai dalam dua pekan ,zaid juga  menguasai bahasa persia , roma dan hanasyah .dan Zaid pula yang dipercaya Rasulullah untuk menulis wahyu dan  menulis surat untuk raja-raja ,Zaid juga tangan kanan rasul dalam menulis ayat - ayat Al`quran dan menulis mushaf-mushaf  pada masa Usman bin affan ,di samping kemahirannya dalam tulis menulis ia pandai ilmu faraid dan sebagai orang pertama yang meyusun buku faraid.
       6.Amir bin Fuhairah
Ia lahir dari keturunan al-Azd berkulit hitam dan bersetatus budak dari Thufail bin Abdullah bin sakhbarah .Amir termasuk mereka yang paling awal memeluk Islam .Ia disiksa karena keislamannya .
Dalam kitab musnad al-Imam ahmad Rahimhullah disebutkan bahwa ia adalah sahabat yang menulis surat jaminan keamanan bagi suraqah bin Malik al-madlaji atas perintah Rasulullah suraqah berkata Aku meminta kepada beliau untuk menulis surat jaminan keamanan untuk ku .Kemudian beliau menyuruh Amir bin fuhairah .Amir pun menuliskan di sehelai kain kulit yang disamak
Amir binFuhairah ikut berperang dalam perang Badar dan perang Uhud.pada perang Bi`ir Ma`unah ia syahid terbunuh tetapi jasadnya tidak ditemukan diantara korban .
      7.Abdullah bin Arqam
Ia adalah sosok lelaki yang bertaqwa dan bersih Rasulullah SAW sangat percaya kepada Abdullah .Hal ini tampak ketika beliau menyuruh Abdullah menuliskan surat kepada beberapa raja .Rasulullah tidak membacanya dahulu tapi langsung menyetempelnya .
   Abdullah memegang pos khusus sebagai penulis dokumen yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti prihal kabilah ,perairan,peranan kaum anshor,hutang piutang,dan transaksi lainya
Disamping tugasnya sebagai penulis surat kepada raja-raja.
Ia menjadi penulis dizaman Abu bakar ,Abdullah berganti peran di masa pemerintahan Umar bin Khaththab yang bertugas untuk mengurusi Baitul Maal hingga masa pemerintahan Usman bin Affan .Ia meninggal di masa pemerintahan Usman .
        8.Abdullah bin `Amr
Ia adalah seorang ahli ibadah selain keterampilannya sebagai seorang penulis yang piawai berbahasa suryani .Ia senantiasa menulisnya apa yang didapat dari Rasulullah .Ia melakukan itu guna menghafal apa pun yang dicontohkan oleh Rasulullah namun orang quraisy melarang perbuatannya.  Rasulullah dengan alasan bahwa rasul hanya manusia biasa yang berbicara kala marah mau pun senang .
      Rasulullah kemudian memerintahkan kepada Abdullah untuk melanjutkan kebiasaanya tersebut   dengan bersabda Tulislah Demi zat yang jiwaku berada dalam genggaman Nya ,tidak keluar perkataan ku {berupa perkataan } kecuali benar.
Setelah itu Abdullah menulis Hadits-hadits Rasulullah dan menamakan shahifah-nya dengan Ash-shadiqah

sumber  : suara Hidayatullah


hasil tulisan masing-masing mana?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42893
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by SEGOROWEDI on Fri Feb 26, 2016 2:16 pm

@musicman wrote:
Duh ...

Quran itu diturunkan berupa Oral, bukan tulisan sama sekali. Dalam berjalannya waktu para sahabat dengan berbagai gaya yg menyesuaikan dialek sukunya masing2 mencoba menuliskannya.
Agar tidak saling berselisih karena saling membanggakan dialeknya masing2 diambilah jalan tengah dengan dialek Quraish yg dikenal sampai saat ini.

Yah kalau kemudian ditemukan oleh arkeolog dengan dialek yg berbeda dengan gaya quraish dan bahkan mungkin dialek suku yg sudah tidak diketahui kemana, wajar saja apabila banyak bingung.


Misalnya Taurat memiliki bbrp gaya vocal, tp terjemahannya tetap sama saja.

penulis dialek quraish siapa?
kapan ditulisnya? dan yang ditulisnya hafalan siapa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 42893
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 123

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by sembakty on Sun Mar 13, 2016 8:45 am

wah aq baru tahu ini... di tulisan forum , aqu pernah nanya juga , apa memang terbukti al-quran itu tidak asli dan memiliki sumber yg asli dr kaum sunni dan kelompok syiah...
avatar
sembakty
PRAJURIT
PRAJURIT

Female
Age : 36
Posts : 11
Kepercayaan : Islam
Location : solo
Join date : 13.03.16
Reputation : 0

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sejarah terbentuknya mushaf "al quran"

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 3 dari 3 Previous  1, 2, 3

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik