FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Halaman 1 dari 5 1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by ngayarana on Mon Dec 14, 2015 5:08 pm

Tuhan memperkenalkan diri Nya kepada manusia dengan dasar logika manusia, tanpa itu bagaimana kita bisa mengenal Tuhan....?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Mon Dec 14, 2015 5:20 pm

sekilas info,

dengan logika kita bisa mengenal Tuhan,
tapi,
dengan logika kita tidak bisa mengenal Tuhan secara keseluruhan.

NB:
karena ada rahasia-rahasia Tuhan yang harus tetap pada tempatnya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5746
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by ngayarana on Mon Dec 14, 2015 5:31 pm

Secara keseluruhan memang Tuhan tidak mengenalkan DiriNya terlalu agung Dia perlihatkan kepada manusia yang rendah ini, namun Tuhan tidak mungkin memperkenalkan dirinya tanpa dasar Logika manusia, walaupun dia tak tampak, tapi dapat dirasa, itulah logika.
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Mon Dec 14, 2015 5:33 pm

sekilas info,

dengan logika kita bisa mengenal Tuhan,
tapi tidak mungkin kita bisa mengenal keseluruhan dimensi Tuhan, kecuali sebagian kecil atau sebagian besarnya.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5746
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Mon Dec 14, 2015 5:38 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:

merah : Perintah Tuhan diberikan KARENA MANUSIA YANG BUTUH MELAKUKAN ITU
Bukan karena Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu

bold : kalau penting dan berharga ... manusia ga ada yang masuk neraka
ada ga binatang yang masuk neraka ?? >>> so lebih penting mana antara manusia dan binatang ??

apa karena dikasi akal budi ... karena dikasih kelebihan derajat dibanding mahluk lain ... lalu manusia bisa petantang petenteng merasa penting bagi Tuhan ??

>>>> kalau dalam Quran sih ... kesombongan seperti itu sama dengan kesombongan setan yang merasa hebat karena terbuat dari api

Tuhan merintah itu karena Tuhan menghendaki manusia meklakukannya..

masuk neraka kan buah perbuatannya sendiri (ikut setan)
padahal tangan Tuhan tak kurang panjang buat menolong

special/penting/berharga tak harus petenthang-pethenteng
justeru harus bertanggung-jawab

manusia sangat berharga di mata Tuhan, kok sombong apanya?
maka yang menganggap manusia tak berharga, pastilah setan

gini deh ... daripada eyel2an ga jelas tentang Perintah Allah

pendapat saya : Perintah Allah itu ibarat lampu ....

kalau ga ada lampu (Perintah Allah) ... manusia itu lost ... ga punya arah ... ga punya pegangan ... ga tau mana yang benar dan salah .... padahal disatu pihak manusia harus berhadapan dengan kenyataan adanya surga dan neraka

JADI ... ibarat manusia sedang dalam kegelapan .... Allah memberi lampu (perintah) KARENA KEBUTUHAN MANUSIA ITU SENDIRI

disitulah Maha Kasih-nya Allah

urusan apakah lampu itu digunakan sebaik2nya oleh manusia atau tidak ... TERGANTUNG PILIHAN MANUSIA ITU SENDIRI

>>> kalau lampu itu digunakan dengan baik ... maka si manusia ga penting (yang awalnya dalam kegelapan) ini bisa menjadi manusia yang beruntung karena mendapatkan surga

>>> kalau lampu itu tidak digunakan dengan baik ... maka si manusia ga penting (yang awalnya dalam kegelapan) ini tetap menjadi manusia dodol dan berakhir di neraka

sudah begitu saja .... ga usah ditambah2 .... bahwa Allah memberi perintah (lampu) karena Allah ingin manusia melakukan ini/itu >>> seolah2 Tuhan punya kepentingan atas apa yang dilakukan manusia

ini pendapat saya loh ya


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Mon Dec 14, 2015 6:39 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Mon Dec 14, 2015 5:42 pm

@mbak Deenee...
sip deh
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5746
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 7:32 am

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:

merah : Perintah Tuhan diberikan KARENA MANUSIA YANG BUTUH MELAKUKAN ITU
Bukan karena Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu

bold : kalau penting dan berharga ... manusia ga ada yang masuk neraka
ada ga binatang yang masuk neraka ?? >>> so lebih penting mana antara manusia dan binatang ??

apa karena dikasi akal budi ... karena dikasih kelebihan derajat dibanding mahluk lain ... lalu manusia bisa petantang petenteng merasa penting bagi Tuhan ??

>>>> kalau dalam Quran sih ... kesombongan seperti itu sama dengan kesombongan setan yang merasa hebat karena terbuat dari api

Tuhan merintah itu karena Tuhan menghendaki manusia meklakukannya..

masuk neraka kan buah perbuatannya sendiri (ikut setan)
padahal tangan Tuhan tak kurang panjang buat menolong


special/penting/berharga tak harus petenthang-pethenteng
justeru harus bertanggung-jawab


manusia sangat berharga di mata Tuhan, kok sombong apanya?
maka yang menganggap manusia tak berharga, pastilah setan


merah : see ... narsis kan .... seolah2 Tuhan punya kepentingan atas apa yang dilakukan manusia ??

biru : so ... manusia kan yang butuh Tuhan ... bukan Tuhan yang ingin manusia melakukan ini/itu

hijau : bertanggung jawab seperti apa ?? >>> dengan bikin klaim "Tuhan punya kepentingan atas apa yang dilakukan manusia" gitu ??

ungu : gini ya mas ... baca kalimat saya baik2 >>> berharga atau tidak berharga manusia bagi Allah >>> itu rahasia Allah
tapi ... cuma manusia sombong YANG MERASA dirinya berharga bagi Allah

dan mas wedi MERASA berharga ... sibuk narsis dengan mengatakan bahwa Perintah Tuhan diberikan karena Tuhan menginginkan manusia melakukan ini/itu

statement saya : Perintah Tuhan diberikan karena justru MANUSIA YANG BUTUH perintah itu

ya punyalah..
mosok Tuhan gak punya kepentingan dengan yang dilakukan manusia
yang dilakukan manusia kan harus sesuai dengan yang dikehendaki-Nya

manusia butuh Tuhan..
dan bagi Tuhan manusia itu sangat berharga, apa masalahnya?
yang menganggap manusia tak berharga itu SETAN

bertanggung jawab memanfaatkan, menjaga dan mengelola ciptaan2-Nya yang lain
itu antara lain tugas manusia

sombong gimana? Tuhan sendiri kok yang bilang..
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu." Yesaya 43:4

makanya, jangan ikut setan!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 7:38 am

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
lah iya ... sama2 kehendaknya bisa dilawan
sama2 Tidak Maha Kuasa .... so baca yang merah

kamu melawan kehendak-Nya, bisa dibiarkan..
tapi juga bisa dicegah-Nya, terserah Tuhan
gak maha kuasanya dimana??

bold : makanya .... mas wedi jangan bikin klaim bahwa mas wedi percaya Tuhan is Maha Kuasa .... wong kehendak Tuhan bisa dilawan oleh manusia kok

merah : typical manusia buntu ... ujung2nya cuma bisa bilang "terserah Tuhan" ...
padahal klaim dia based-nya Tuhan is Tidak Maha Kuasa

lha kamu berbuat dosa kan artinya kamu melawan Tuhan?
bisa saja kamu melawan Tuhan, iblis itu hobinya juga melawan Tuhan
tapi siapapun tidak bisa mengalahkan Tuhan..

kok buntu gimana?
dengan kuasa-Nya Tuhan bisa mencegah tapi juga bisa membiarkan kejahatanmu terjadi..


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 7:43 am

dee-nee wrote:
ya udah mas ... kalau memang yang logis buat mas wedi ... TUHAN SAMA DENGAN MAHLUK >>> itu nalar-nya mas wedi .... bukan saya

kenapa saya yang harus dipaksakan ngikuti nalar mas wedi ??

pengertian 'sama' mu itu lho apaan?
kalau sama-sama punya kehendak, emang kenapa? wong binatang saja juga punya kehendak..
Tuhan bisa murka, manusia juga bisa murka, emang kenapa???

kalau kamu gak punya kehendak, berarti mayat..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 7:54 am

dee-nee wrote:

Segorowedi wrote:
masuk neraka kan karena pilih ikut setan, menolak kasih sayang Tuhan
ada ya binatang jatuh dosa? baru denger..

Tuhan sangat mengasihi dan setiap manusia sangat berharga bagi-Nya
mosok kek gitu kesombongan?


kalau di mata Tuhan manusia sangat penting dan berharga..
maka yang menganggapnya tidak penting pasti setan

ungu : nyatanya manusia ada yang masuk neraka tuh ... kalau manusia begitu berharganya bagi Tuhan .... apa susahnya setan2 dihabiskan untuk menjadikan manusia masuk surga semua

merah : lalu dengan kepedean model apa mas wedi yakin bahwa bagi Tuhan ... manusia lebih berharga dibanding binatang ?? >>> wong nyatanya binatang memang tidak masuk neraka kok

orange : Tuhan Maha Pengasih ya betul >>> itulah kenapa Tuhan memberi Perintah pada manusia

artinya : JUSTRU KARENA manusia ga penting ... penuh dengan kekurangan ... makanya Tuhan Yang Maha Pengasih memberi perintah >> karena manusia memang butuh perintah itu

bukan lalu dibalik jadi >> karena Tuhan Maha Pengasih maka manusia (yang diberi akal budi ini) menjadi penting bagi Tuhan >>> itu sombong alias narsis namanya

mas ... bahkan manusia ditunjuk sebagai PEMIMPIN di dunia sekalipun ... bukan artinya manusia menjadi lebih penting bagi Tuhan dibanding ciptaan lainnya

hijau : ya kalau nalar sombong disebut jauh dari setan .... lalu menolak sombong disebut dekat dengan setan >>> ya itu kan mas wedi yang bilang

- Tuhan mengutus nabi-nabi kan bukti berharganya manusia supaya terhindar dari penyesatan setan?
- kalau ilahmu maha kasih: kenapa dikehendakinya manusia melakukan kejahatan??????
- kalau manusia gak penting, ya biarin aja tersesat, gak usah diperintah ini-itu supaya selamat... kalau perlu disuruh melakukan kejahatan, itulah pandangan SETAN
- yang menyatakan manusia itu penting bagi-Nya adalah Tuhan sendiri, nduk
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu." Yesaya 43:4

- manusia punya akal budi (kesatuan tubuh, jiwa dan roh) yang tak dimiliki sepenuhnya oleh ciptaan lainya, itu artinya manusia itu special, bahkan di alkitab dituliskan manusia itu segambar/secitra dengan Allah...
- hanya SETAN yang bilang manusia gak penting maka disesatkannya

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 8:00 am

dee-nee wrote:
yo wes ... trus choices-nya sendiri berasal dari mana ??
awalnya ada 2 pilihan itu berasal darimana ??

1. Tuhan memberi kebebasan kamu pilih A atau pilih B
2.. Tuhan menghendaki kamu pilih A

masih bingung?
kesalahanmu itu rancu antara 1 dan 2
1 dan 2 disamakan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 8:06 am

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
merah : mahluk manapun yang melakukan (manusia atau iblis sekalipun) >>> kejahatan itu tetap hanya bisa terjadi karena ada Hukum/Kehendak Tuhan
i

mana hukum/kehendak Tuhan yang berbunyi: berbuatlah jahat!
bawa kesini ya nduk

jiah masih aja nalar Tuhan = Mahluk -nya yang dipake
dah dibilang Perintah Tuhan TIDAK SAMA DENGAN Hukum/Kehendak Tuhan

saya bicara tentang Hukum/Kehendak Tuhan terkait alam semesta >>> mas wedi stuck cuma bicara tentang Perintah Tuhan pada manusia

lihat dong size 18 >>> saya bicara tentang hakikat Tuhan sebagai SANG PENGUASA ALAM .... sementara mas wedi cuma mau bicara hubungan Tuhan dan manusia sajah

tentang manusia lagi ..... tentang manusia lagi yang ada di kepala mas wedi

lha ini kan cuapanmu:
kejahatan itu tetap hanya bisa terjadi karena ada Hukum/Kehendak Tuhan

maka saya tanya: mana hukumnya??? (berbual jahatlah!), malah mingkem..

alam semesta gimana maksudmu?
atas manusia yang hidup di alam semesta ini, mana hukum Tuhan yang berbunyi: berbuat jahatlah!
manaaaaaaaaaaaaaaaaa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 8:10 am

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:

2 pilihan yang berlawanan ITU ADALAH BAGIAN DARI KEHENDAK TUHAN

SEMUA YANG TERJADI DALAM ALAM SEMESTA INI ADALAH KEHENDAK TUHAN

kok masih bikin pertanyaan yang bold
masa memahami yang merah aja ga bisa
itu cacad nalar namanya

kehendak 1 memberi pilihan/kebebasan milih..
kehendak 2 menghendaki kamu pilih salah satu (ke kanan)..
kalau kamu milih ke kiri berarti kehendakmu sendiri
masih bingung?
gak mungkin kanan oke, kiri oke karena BERTENTANGAN

bold : siapa yang ngomongin "memberi kebebasan memilih" ??

baca dong yang size 18 ... jangankan memberi kebebasan memilih .... bahkan KEDUA PILIHAN itu sendiri-pun berasal dari Tuhan

kan segala PENCIPTAAN memang terjadi atas hukum/kehendak Tuhan

woi..
1. memberi kebebasan memilih A atau B
2. menghendaki pilih A

itu 2 hal yang berbeda, nduk
jangan disamakan..
kalau disamakan pasti tidak masuk akal karena A berlawanan dengan B

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 8:19 am

dee-nee wrote:
njlajahweb wrote:sekilas info,

kalau semua dimensi Ke-Maha-an Allah selalu bisa dilogika, maka Dia bukan Allah.

setuju ... makanya saya menolak dimensi ke-Maha-an Allah disamakan dengan logika dimensi ke-tidak maha-an mahluk

karena ... kalau dimensi Ke-Maha-an Allah disamakan dengan dimensi ke-tidak maha-an mahluk, maka Dia bukan Allah

yang bilang mahluk ada yang 'maha' siapa. nduk?
dasar tukang plintir

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 8:22 am

ngayarana wrote:Secara keseluruhan memang Tuhan tidak mengenalkan DiriNya terlalu agung Dia perlihatkan kepada manusia yang rendah ini, namun Tuhan tidak mungkin memperkenalkan dirinya tanpa dasar Logika manusia, walaupun dia tak tampak, tapi dapat dirasa, itulah logika.

gak hanya nama presiden ternyata yang dicatut..
Tuhan juga ada yang mencatut
casciscus diklaim dari Tuhan

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by ngayarana on Tue Dec 15, 2015 9:40 am

SEGOROWEDI wrote:
ngayarana wrote:Secara keseluruhan memang Tuhan tidak mengenalkan DiriNya terlalu agung Dia perlihatkan kepada manusia yang rendah ini, namun Tuhan tidak mungkin memperkenalkan dirinya tanpa dasar Logika manusia, walaupun dia tak tampak, tapi dapat dirasa, itulah logika.

gak hanya nama presiden ternyata yang dicatut..
Tuhan juga ada yang mencatut
casciscus diklaim dari Tuhan
JAKA SEMBUNG NAIK OJEK!!!!
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Tue Dec 15, 2015 1:28 pm


interMEZZO ngay...

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Tue Dec 15, 2015 3:55 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:

merah : Perintah Tuhan diberikan KARENA MANUSIA YANG BUTUH MELAKUKAN ITU
Bukan karena Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu

bold : kalau penting dan berharga ... manusia ga ada yang masuk neraka
ada ga binatang yang masuk neraka ?? >>> so lebih penting mana antara manusia dan binatang ??

apa karena dikasi akal budi ... karena dikasih kelebihan derajat dibanding mahluk lain ... lalu manusia bisa petantang petenteng merasa penting bagi Tuhan ??

>>>> kalau dalam Quran sih ... kesombongan seperti itu sama dengan kesombongan setan yang merasa hebat karena terbuat dari api

Tuhan merintah itu karena Tuhan menghendaki manusia meklakukannya..

masuk neraka kan buah perbuatannya sendiri (ikut setan)
padahal tangan Tuhan tak kurang panjang buat menolong


special/penting/berharga tak harus petenthang-pethenteng
justeru harus bertanggung-jawab


manusia sangat berharga di mata Tuhan, kok sombong apanya?
maka yang menganggap manusia tak berharga, pastilah setan


merah : see ... narsis kan .... seolah2 Tuhan punya kepentingan atas apa yang dilakukan manusia ??

biru : so ... manusia kan yang butuh Tuhan ... bukan Tuhan yang ingin manusia melakukan ini/itu

hijau : bertanggung jawab seperti apa ?? >>> dengan bikin klaim "Tuhan punya kepentingan atas apa yang dilakukan manusia" gitu ??

ungu : gini ya mas ... baca kalimat saya baik2 >>> berharga atau tidak berharga manusia bagi Allah >>> itu rahasia Allah
tapi ... cuma manusia sombong YANG MERASA dirinya berharga bagi Allah

dan mas wedi MERASA berharga ... sibuk narsis dengan mengatakan bahwa Perintah Tuhan diberikan karena Tuhan menginginkan manusia melakukan ini/itu

statement saya : Perintah Tuhan diberikan karena justru MANUSIA YANG BUTUH perintah itu

ya punyalah..
mosok Tuhan gak punya kepentingan dengan yang dilakukan manusia
yang dilakukan manusia kan harus sesuai dengan yang dikehendaki-Nya

Apa coba kepentingan Tuhan atas apa yang dilakukan manusia ?? ..... kenapa coba mas wedi harus berpikir bahwa manusia itu penting bagi Tuhan ??
apa menurut mas wedi ... SEANDAINYA seluruh manusia sepanjang sejarah alam semesta ini masuk neraka semua >>> akan ada pengaruhnya bagi Sang Pencipta itu sendiri ?? ... kedudukan dan kuasa DIA sebagai Sang Pencipta jadi diragukan gitu ??


makanya ... pahami ilustrasi saya pada njlajahweb

seperti saya katakan pada gayatri .... ibarat anda adalah seekor ikan di aquarium ... apakah anda mau jungkir balik berenang kesana kemari ... mau belok ke kanan atau ke kiri .... SATU AQUARIUM ITU tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan

artinya ALAM SEMESTA ini seluruhnya dengan semua hukum2 alam dan segalanya ... SEMUA tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan

Tambahan : bahkan segala sesuatu diluar dari dimensi alam semesta pun tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan >>> pokoknya SEMUANYA

jadi kalau kemudian si ikan dalam aquarium mau belok kiri atau kanan (mau melakukan dosa atau pahala) itu sudah ga ada urusannya apakah Tuhan harus disalahkan atau tidak atas keputusan si ikan tersebut ... sudah tidak perlu disebut ada kontradiksi antara terjadinya suatu perkara yang dilakukan manusia dengan hukum/kehendak Tuhan itu sendiri

apakah SELURUH IKAN dalam aquarium itu (sekalipun) berada dalam kerusakan .... segala sesuatu-nya TETAP BERADA DIBAWAH HUKUM TUHAN >>> dan itu tidak ada pengaruh-nya apa2 bagi Tuhan SEBAGAI SANG PENGUASA itu sendiri

kecuali kalau hakikat Tuhan dalam benak mas wedi adalah seperti layaknya raja ikan yang sibuk berenang ke sana kemari ngurusin ikan2 lain harus belok kemana >>> silahkan mas wedi bilang si raja ikan memang punya kepentingan dengan ikan2 lain

tapi masalahnya .... yang underline itu bukan konsep saya (muslim) terkait hakikat Tuhan ... kan saya sudah sering bilang ke mas wedi ... JANGAN SAMAKAN DIMENSI dan HAKIKAT TUHAN dengan dimensi dan hakikat mahluk

so silahkan jawab yang merah diatas

SEGOROWEDI wrote:manusia butuh Tuhan..
dan bagi Tuhan manusia itu sangat berharga, apa masalahnya?
yang menganggap manusia tak berharga itu SETAN

yang biru benar

sisanya is tambah2an mas wedi karena buntu atas kesombongnya sendiri
wong bagi mas wedi segala sesuatu = "apa masalahnya" kok (yang bold)

menjadikan Kehendak Tuhan tidak terjadi karena free will manusia pun "apa masalahnya" kan

tapi buat saya (muslim) adalah masalah .... karena TUHAN MAHA KUASA ... maka tidak mungkin KEHENDAK SANG PENGUASA kalah oleh free will manusia

SEGOROWEDI wrote:bertanggung jawab memanfaatkan, menjaga dan mengelola ciptaan2-Nya yang lain
itu antara lain tugas manusia

trus memang kenapa kalau manusia dapat tugas seperti itu ?? >>> status manusia jadi lebih penting gitu bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya ??

btw ... salah satu tugas manusia YANG BERTANGGUNG JAWAB ... ga cuma ngurusin dan mengelola ciptaan-Nya dsb
tapi juga ... GA BOLEH NARSIS

SEGOROWEDI wrote:
sombong gimana? Tuhan sendiri kok yang bilang..
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu."  Yesaya 43:4

makanya, jangan ikut setan!

yang ikut setan itu orang yang paling suka plintir2 ayat di kitab suci-nya sendiri

bawa perikop ayat itu >>> memang dalam ayat itu Tuhan bicara pada MANUSIA berbanding ciptaan2 lainnya (non manusia) ?? .... wong jelas ayat itu bicara tentang Yakub berbanding manusia/bangsa lain kok

dalam ayat itu JELAS MAKSUDNYA ... yang berharga itu YAKUB berbanding manusia2 lainnya (antara manusia satu dengan manusia lain)
>>> bukan trus artinya mas wedi bisa ikut nebeng merasa manusia lebih penting bagi Tuhan dibanding binatang atau ciptaan lainnya
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Tue Dec 15, 2015 4:52 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
lah iya ... sama2 kehendaknya bisa dilawan
sama2 Tidak Maha Kuasa .... so baca yang merah

kamu melawan kehendak-Nya, bisa dibiarkan..
tapi juga bisa dicegah-Nya, terserah Tuhan
gak maha kuasanya dimana??

bold : makanya .... mas wedi jangan bikin klaim bahwa mas wedi percaya Tuhan is Maha Kuasa .... wong kehendak Tuhan bisa dilawan oleh manusia kok

merah : typical manusia buntu ... ujung2nya cuma bisa bilang "terserah Tuhan" ...
padahal klaim dia based-nya Tuhan is Tidak Maha Kuasa

lha kamu berbuat dosa kan artinya kamu melawan Tuhan?
bisa saja kamu melawan Tuhan, iblis itu hobinya juga melawan Tuhan
tapi siapapun tidak bisa mengalahkan Tuhan..

kok buntu gimana?
dengan kuasa-Nya Tuhan bisa mencegah tapi juga bisa membiarkan kejahatanmu terjadi..

iya melawan ... tapi melawan Perintah Tuhan ... bukan melawan Kehendak Tuhan

karena Kehendak Tuhan itu ga bisa dilawan
sementara kehendak mahluk bisa dilawan

maka jangan samakan Kehendak Tuhan dengan kehendak mahluk

yang merah : dan yang dimaksud "Tuhan bisa mencegah atau membiarkan kejahatan" ... yang seperti ini termasuk Kehendak Tuhan ga ?? >>> YA ATAU TIDAK ??

-------------------------------------------------------------------------------

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
ya udah mas ... kalau memang yang logis buat mas wedi ... TUHAN SAMA DENGAN MAHLUK >>> itu nalar-nya mas wedi .... bukan saya

kenapa saya yang harus dipaksakan ngikuti nalar mas wedi ??
pengertian 'sama' mu itu lho apaan?
kalau sama-sama punya kehendak, emang kenapa? wong binatang saja juga punya kehendak..
Tuhan bisa murka, manusia juga bisa murka, emang kenapa???

kalau kamu gak punya kehendak, berarti mayat..

size 18 : sapa yang bicara tentang "punya atau tidak punya" ?? >>> mas wedi aja yang ngeles ... bikin malu
wong saya bicara definisi "kehendak" itu sendiri kok >>> bukan tentang punya atau tidak punya

definisi "Kehendak Tuhan" ala mas wedi .... sama dengan definisi "kehendak mahluk"

so ... Tuhan = Mahluk bagi mas wedi

sudah se-clear ini kok masih ngeles

dee-nee wrote:
memang jadinya aneh dan berbenturan .... karena mas wedi MENYAMAKAN Tuhan dengan mahluk

logika Perintah Tuhan = Kehendak Tuhan
artinya .... manusia yang melanggar/tidak patuh pada Perintah Tuhan = manusia yang melawan Kehendak Tuhan

itu sama dengan logika perintah orangtua = kehendak orangtua
artinya ..... anak yang melanggar/tidak patuh pada perintah orangtua = anak yang melawan kehendak orangtua

padahal TIDAK ADA SATUPUN CIPTAAN DI DUNIA INI YANG SANGGUP MELAWAN KEHENDAK TUHAN ....

karena yang dimaksud Kehendak Tuhan adalah Hukum Alam Semesta itu sendiri
karena yang dimaksud Kehendak Tuhan BUKAN keinginan Tuhan agar manusia melakukan ini/itu >>> yang underline ini logika manusia yang menyamakan Tuhan = mahluk

dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
justru karena YANG SATU MAHA ... yang satu tidak maha >>> maka jangan disamakan definisi yang dimiliki masing2

a. karena Tuhan is MAHA >>> maka apapun yang menjadi Kehendak-Nya PASTI terjadi
b. karena manusia is tidak maha >>> maka tidak semua yang menjadi kehendak manusia bisa terjadi


lihat dong ... antara a dan b saja sudah beda dilihat dari MAHA vs tidak maha
jadi gimana bisa mas wedi bongkar pasang antara yang bold dan underline menjadi

karena Tuhan is MAHA >>> maka tidak semua yang menjadi kehendak-Nya bisa terjadi

sama-sama punya kehendak
yang satu MAHA, yang lain tidak maha: apa masalahnya?

a. setuju
b. setuju, punya kehendak kan??

tidak semua kehendak-Nya bisa terjadi
itu yang bersifat free-will
misalnya:
Ia menghendakimu tidak membunuh, kalau kamu membunuh, dosa
tapi kamu diberi free will: tidak membunuh (ikut kehendak-Nya)
atau membunuh (tidak ikut kehendak-Nya)

katanya (a) sudah setuju .... ujug2 bilang yang ungu

ck ck ck ... padahal sudah jelas yang (a) is Maha ... yang (b) is TIDAK Maha

diujung malah sibuk "narsis" bahwa terjadi atau tidak-nya Kehendak yang MAHA KUASA.... tergantung atas free will yang TIDAK MAHA KUASA

padahal free will manusia pun dapatnya dari Tuhan
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Tue Dec 15, 2015 4:57 pm

SEGOROWEDI wrote:
- Tuhan mengutus nabi-nabi kan bukti berharganya manusia supaya terhindar dari penyesatan setan?
- kalau ilahmu maha kasih: kenapa dikehendakinya manusia melakukan kejahatan??????
- kalau manusia gak penting, ya biarin aja tersesat, gak usah diperintah ini-itu supaya selamat... kalau perlu disuruh melakukan kejahatan, itulah pandangan SETAN
- yang menyatakan manusia itu penting bagi-Nya adalah Tuhan sendiri, nduk
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu."  Yesaya 43:4

- manusia punya akal budi (kesatuan tubuh, jiwa dan roh) yang tak dimiliki sepenuhnya oleh ciptaan lainya, itu artinya manusia itu special, bahkan di alkitab dituliskan manusia itu segambar/secitra dengan Allah...
- hanya SETAN yang bilang manusia gak penting maka disesatkannya

- Tuhan mengutus nabi2 membuktikan bahwa TUHAN IS MAHA PENGASIH ... karena manusia memang butuh nabi2 itu ...
bukan dibalik jadi Tuhan mengutus nabi2 karena manusia penting bagi Tuhan >>> geer-an banget sih jadi orang  

- Jangan kasih pertanyaan dengan mind-set Tuhan = Mahluk pada muslim
Jangan mengajukan definisi Kehendak Tuhan disamakan dengan definisi kehendak manusia/orang tua/presiden dsb

>>> Kehendak Tuhan is hukum dan aturan yang meliputi segala hal di alam semesta ..... yang terjadi sesuai opsi yang dipilih manusia ... termasuk diantara kejahatan dan kebaikan

Kehendak Tuhan itu bahasa Inggrisnya God's Will >>> bukan God's wants atau God's needs (bukan keinginan atau kebutuhan Tuhan) >>> dan yang disebut GOD'S WILL adalah yang ungu diatas

Kalau mas wedi tanya dimana maha kasihnya Tuhan .... seperti apapun hukum dan aturan yang ditetapkan (sesuai yang ungu) .... eksistensi mas wedi di dunia ini pun sudah bagian dari Maha Kasihnya Tuhan >>> jadi sudah ga perlu lagi MENANYAKAN dimana Maha Kasih-nya Tuhan

- Kalau Tuhan membiarkan manusia tersesat itu artinya Tuhan TIDAK MAHA PENGASIH ... bukan karena manusia itu yang penting bagi Tuhan

>>>> mas wedi harus keluar dari mind-set bahwa bila A baik sama mas wedi ... bukan artinya mas wedi penting bagi A ... A baik sama mas wedi karena A memang baik

- Yesaya 43:4 itu Tuhan ngomong sama Yakub mewakili bangsanya sendiri dibanding bangsa lain ... bukan Tuhan ngomong sama Adam untuk mewakili seluruh bangsa Adam dibanding mahluk non-Adam

- mau se-spesial apapun manusia diciptakan dibanding mahluk lainnya .... BUKAN ARTINYA manusia menjadi lebih penting bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya .... atau bahkan ciptaan lainnya (benda mati sekalipun) >>> apalagi kalau sampai berpikir bahwa Tuhan PUNYA KEPENTINGAN atas apa yang dilakukan manusia

- terserah ... kenapa ga dibalik >>> justru mas wedi yang disesatkan karena mengikuti kesombongan ala setan >>> wong mas wedi juga bilang Kehendak Tuhan bisa kalah kok dengan free will manusia
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Tue Dec 15, 2015 5:03 pm

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
yo wes ... trus choices-nya sendiri berasal dari mana ??
awalnya ada 2 pilihan itu berasal darimana ??

1. Tuhan memberi kebebasan kamu pilih A atau pilih B
2.. Tuhan menghendaki kamu pilih A

masih bingung?
kesalahanmu itu rancu antara 1 dan 2
1 dan 2 disamakan

ditanya darimana asalnya A dan B
malah menggok ngomong soal beri memberi

buntu .....

-------------------------------------------

SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
SEGOROWEDI wrote:
dee-nee wrote:
merah : mahluk manapun yang melakukan (manusia atau iblis sekalipun) >>> kejahatan itu tetap hanya bisa terjadi karena ada Hukum/Kehendak Tuhan
i

mana hukum/kehendak Tuhan yang berbunyi: berbuatlah jahat!
bawa kesini ya nduk

jiah masih aja nalar Tuhan = Mahluk -nya yang dipake
dah dibilang Perintah Tuhan TIDAK SAMA DENGAN Hukum/Kehendak Tuhan

saya bicara tentang Hukum/Kehendak Tuhan terkait alam semesta >>> mas wedi stuck cuma bicara tentang Perintah Tuhan pada manusia

lihat dong size 18 >>> saya bicara tentang hakikat Tuhan sebagai SANG PENGUASA ALAM .... sementara mas wedi cuma mau bicara hubungan Tuhan dan manusia sajah

tentang manusia lagi ..... tentang manusia lagi yang ada di kepala mas wedi


lha ini kan cuapanmu:
kejahatan itu tetap hanya bisa terjadi karena ada Hukum/Kehendak Tuhan

maka saya tanya: mana hukumnya??? (berbual jahatlah!), malah mingkem..

alam semesta gimana maksudmu?
atas manusia yang hidup di alam semesta ini, mana hukum Tuhan yang berbunyi: berbuat jahatlah!
manaaaaaaaaaaaaaaaaa?

"Berbuatlah Jahat" disini ... lawan dari Perintah Tuhan "Jangan Berbuat Jahat" ga ??

saya bicara tentang Kehendak/Hukum Tuhan terkait alam semesta >>> mas wedi malah nyari hukum alam yang ada "kalimat perintah"-nya

semakin buntu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Tue Dec 15, 2015 5:27 pm

supaya clear .... daripada pembaca harus baca eyel2an saya n Segorowedi

terkait TS >>>> Islam meyakini bahwa APAPUN YANG TERJADI DALAM ALAM SEMESTA INI adalah Kehendak Allah >>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri

untuk menjelaskan yang dimaksud warna merah saya bawa diskusi saya dengan njlajahweb saja

dee-nee wrote:saya runut dari awal ya

dee-nee wrote:
njlajahweb wrote:
dee-nee wrote:3. kematian mana di dunia ini yang tidak terjadi karena (kedaulatan/kehendak) Tuhan ?
-- yaitu seperti adanya aksi bunuh diri secara massal.

yang merah : coba lihat pertanyaan saya ... khususnya yang underline kedaulatan/kehendak
Jadi menurut anda .... misalnya untuk mereka yang mati karena bunuh diri secara massal ... mereka tidak mati karena kedaulatan Tuhan ??

so ... nyambung dengan kalimat anda yang ini

njlajahweb wrote:jawab saya: ada benarnya, tapi dengan catatan bahwa hukum Tuhan yang diturunkan kebumi adalah untuk manusia bukan untuk Tuhan, jadi Tuhan punya Kedaulatan sendiri jika perbuatan Tuhan bersebrangan dengan hati nurani ataupun Firman-Nya,

koreksi kalau saya salah memahami .... tapi saya melihat posisi Tuhan sebagai SANG KHALIK menjadi sangat lemah

a. Disatu pihak perbuatan Tuhan (termasuk hati nurani atau firman-Nya) kontradiksi dengan hukum/kedaulatan-Nya sendiri (yang hijau)
b. Dipihak lain hukum/kedaulatan Tuhan pun tidak memberi pengaruh apa2 pada kematian manusia (yang merah) .... karena toh misalnya dalam kasus yang merah .... kematian (hilang-nya ajal) manusia yang bunuh diri bukan terjadi karena hukum/kedaulatan Tuhan

khusus yang (b.) .... apa menurut anda pernah terjadi seseorang mati (tercabut nyawa-nya) diluar dari Kuasa Tuhan ??

njlajahweb wrote:to mbak deenee,

memang waktu\saat tercabutnya nyawa ada ditangan Tuhan(karena itulah Tuhan juga berkuasa mengubah waktu kematian manusia, entah itu diperpendek atau diperpanjang), tapi bukan berarti manusia boleh menantang maut dengan seenaknya, karena jika demikian yang terjadi, maka jangan jugalah menyalahkan Tuhan kalau Tuhan tiba-tiba merubah waktu kematian orang itu menjadi pada saat itu juga, padahal waktu kematianya yang sebenarnya masih 30 puluh tahun lagi misalnya.

jadi sebenarnya manusialah yang menjadi penyebab-utamanya bukan Tuhan yang menjadi penyebabutamanya
.

bold : maaf ... tapi tulisan anda ga nyambung dengan uraian saya diatas

lihat yang underline : saya ga bicara tentang apakah manusia menantang maut atau tidak ... saya juga tidak menyalahkan Tuhan

saya bicara tentang HUKUM TUHAN ... bahwa segala sesuatu di dalam semesta ini TERJADI DIBAWAH HUKUM/KEHENDAK TUHAN ...

bahwa TIDAK ADA SATUPUN UNSUR DAN ELEMEN di alam semesta ini yang BUKAN merupakan hukum Tuhan

dari kalimat saya yang biru ... maka menurut saya sudah tidak perlu lagi ada kalimat2 yang underline

tidak perlu lagi anda bedakan penyebab utama baik vs buruk di dunia (contoh tulisan anda yang cokat) ... lalu anda pilih2 yang satu bukan disebabkan utamakan oleh Tuhan .... sementara yang satu disebabkan utamakan oleh Tuhan >>> misalnya kasus takdir vs nasib

maksud saya : jangan hanya karena apa dilakukan/dipilih manusia adalah "dosa" maka anda MENOLAK bahwa apa yang terjadi TETAP BERADA DIBAWAH HUKUM TUHAN

dosa yang dilakukan manusiapun TETAP BERADA DIBAWAH HUKUM/KEHENDAK Tuhan ... apakah manusia mati karena bunuh diri atau karena sakit jantung atau apapun itu ... manusia mati tetap berada dibawah hukum/kehendak Tuhan >>> otomatis penyebab utama-nya Tuhan

seperti saya katakan pada gayatri .... ibarat anda adalah sebuah ikan di aquarium ... apakah anda mau jungkir balik berenang kesana kemari ... mau belok ke kanan atau ke kiri .... SATU AQUARIUM ITU tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan

artinya ALAM SEMESTA ini seluruhnya dengan semua hukum2 alam dan segalanya ... SEMUA tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan >>> otomatis penyebab utama-nya Tuhan

Tambahan : bahkan segala sesuatu diluar dari dimensi alam semesta pun tetap berada dibawah Kuasa/Hukum/Kehendak Tuhan >>> pokoknya SEMUANYA

jadi kalau kemudian si ikan dalam aquarium mau belok kiri atau kanan (mau melakukan dosa atau pahala) itu sudah ga ada urusannya apakah Tuhan harus disalahkan atau tidak atas keputusan si ikan tersebut ... sudah tidak perlu disebut ada kontradiksi antara terjadinya suatu perkara yang dilakukan manusia dengan hukum/kehendak Tuhan itu sendiri

seperti saya bilang ke wedi diatas : apakah manusia masuk surga atau neraka ... semua itu ADA DI DALAM HUKUM Tuhan ... ada dalam KEHENDAK Tuhan ... Tuhan tidak punya kepentingan apa2 terkait APA YANG DIPILIH MANUSIA di dunia ... semua itu terjadi sebagai sebab akibat dari hukum Tuhan itu sendiri

itulah kenapa saya bilang :

thanks banget .... mudah2an kalau saya bisa clear-kan maksud saya di no 3 ini .... jawaban anda no 1 dan 2 pun bisa langsung saya jelaskan .... bahwa (menurut saya) :

1. Tidak ada bedanya antara nasib vs takdir .... apapun yang terjadi adalah Kehendak Tuhan ...... disebab utamakan oleh hukum/kedaulatan Tuhan itu sendiri sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

2. Manusia tidak diciptakan untuk menjadi robot sama sekali (apakah disebut kadang kala atau kadang2 atau bisa ya bisa tidak, dll) ... pokoknya tidak diciptakan menjadi robot >>>> so saya menolak kalimat anda bahwa manusia bisa disebut seperti robot

nyambung ke biru : manusia memang tidak diciptakan menjadi robot .... tapi manusia jelas diciptakan dengan keterbatasan .... manusia diciptakan TIDAK maha tahu dan TIDAK maha kuasa (plus keterbatasan2 yang lain)

segini dulu deh .... saya gantung dulu point 1 dan 2 nya .... hehehehehehe

kita bahas no 3 dulu

kesimpulan panjang lebar diatas ... pendapat saya :

yang disebut kehendak Tuhan adalah SEGALA HAL YANG TERJADI di alam semesta ini (termasuk segala hukum dan aturanNya)

disebab utamakan oleh hukum/kedaulatan Tuhan itu sendiri sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

>>> apapun yang MENJADI KEHENDAK Tuhan PASTI TERJADI >>> tidak mungkin ada kejadian yang terjadi diluar kehendak-Nya

--------------------------------------

Kehendak Tuhan BUKAN atau TIDAK SAMA dengan Perintah Tuhan kepada manusia (seperti "jangan berbuat dosa" dsb)
Kehendak Tuhan BUKAN ARTINYA Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Tue Dec 15, 2015 11:01 pm

@mbak Deenee...

maaf sebelumnya...

kalaupun akhirnya kita berpisah pendapat, bukan berarti saya berpisah hati.

tentang:

Islam meyakini bahwa APAPUN YANG TERJADI DALAM ALAM SEMESTA INI adalah Kehendak Allah ">>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri"

maaf, setelah saya menimbang...........................................................................................................

saya memutuskan untuk "100% tidak sependapat", maaf ya princes............

karena ini ibaratnya "menempatkan Tuhan sebagai sasaran peluru".

karena anda menambahkan ">>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri"


tapi kalau menurut mbak Deenee tetap pada jawaban iya,

ya itu hak mbak Deenee saya tetap menghargai pendapat yang berbeda dari mbak Deenee.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5746
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 11:20 am

dee-nee wrote:
Apa coba kepentingan Tuhan atas apa yang dilakukan manusia ?? ..... kenapa coba mas wedi harus berpikir bahwa manusia itu penting bagi Tuhan ??
apa menurut mas wedi ... SEANDAINYA seluruh manusia sepanjang sejarah alam semesta ini masuk neraka semua >>> akan ada pengaruhnya bagi Sang Pencipta itu sendiri ?? ... kedudukan dan kuasa DIA sebagai Sang Pencipta jadi diragukan gitu ??

kepentingannya agar manusia ciptaan-Nya jangan jatuh dosa oleh penyesatan setan..
sebab setan itu sangat cerdas, sangat jahat, dan sangat licik
adam aja langsung KO (jatuh dosa)
kepentingannya juga supaya manusia mengelola ciptaan-Nya yang lain

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 11:30 am

dee-nee wrote:masalahnya .... yang underline itu bukan konsep saya (muslim) terkait hakikat Tuhan ... kan saya sudah sering bilang ke mas wedi ... JANGAN SAMAKAN DIMENSI dan HAKIKAT TUHAN dengan dimensi dan hakikat mahluk

pengertian-mu 'sama' iitu lho yang kek gimana???

Tuhan punya sifat kasih, manusia juga punya => sama, emang kenapa kalau sama?
Tuhan bisa murka, manusia juga bisa murka => sama, emang kenapa kalau sama?
Tuhan punya kehendak, manusia juga punya kehendak => sama, emang kenapa kalau sama??
dll.

apa disimpulkan manusia itu tuhan??????

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 5 1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik