FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by ngayarana on Mon Dec 14, 2015 5:08 pm

First topic message reminder :

Tuhan memperkenalkan diri Nya kepada manusia dengan dasar logika manusia, tanpa itu bagaimana kita bisa mengenal Tuhan....?
avatar
ngayarana
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Posts : 1147
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 30.01.14
Reputation : 27

Kembali Ke Atas Go down


Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 11:38 am

@dee-nee wrote:
tapi buat saya (muslim) adalah masalah .... karena TUHAN MAHA KUASA ... maka tidak mungkin KEHENDAK SANG PENGUASA kalah oleh free will manusia

lha dipemahaman saya bukan karena kalah kok..
tapi Tuhan membiarkan free willnya terjadi, kalau Tuhan hendak mencegahnya, juga bisa..

hewan aja punya kehendak, mosok manusia gak punya kehendak
nalar apaan itu..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 11:43 am

@dee-nee wrote:
trus memang kenapa kalau manusia dapat tugas seperti itu ?? >>> status manusia jadi lebih penting gitu bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya ??

btw ... salah satu tugas manusia YANG BERTANGGUNG JAWAB ... ga cuma ngurusin dan mengelola ciptaan-Nya dsb
tapi juga ... GA BOLEH NARSIS

ya eyalah..
mana bisa tugas itu diurus oleh binatang...
namanya diberi tugas ya sotomatis mrennggung-jawabinya

kalau kamu mahluk gak penting..
kenapa dibikin oleh ilahmu???
cuman disuruh nungging-nungging 5x sehari?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 11:49 am

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
sombong gimana? Tuhan sendiri kok yang bilang..
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu."  Yesaya 43:4

makanya, jangan ikut setan!

yang ikut setan itu orang yang paling suka plintir2 ayat di kitab suci-nya sendiri

bawa perikop ayat itu >>> memang dalam ayat itu Tuhan bicara pada MANUSIA berbanding ciptaan2 lainnya (non manusia) ?? .... wong jelas ayat itu bicara tentang Yakub berbanding manusia/bangsa lain kok

dalam ayat itu JELAS MAKSUDNYA ... yang berharga itu YAKUB berbanding manusia2 lainnya (antara manusia satu dengan manusia lain)
>>> bukan trus artinya mas wedi bisa ikut nebeng merasa manusia lebih penting bagi Tuhan dibanding binatang atau ciptaan lainnya

lha atas manusia lain aja lebih berharga, apalagi atas binatang dan benda-benda..
btw. yakub adalah gambaran kita orang-orang percaya
sangat penting bagi Tuhan..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:00 pm

@dee-nee wrote:
iya melawan ... tapi melawan Perintah Tuhan ... bukan melawan Kehendak Tuhan

karena Kehendak Tuhan itu ga bisa dilawan
sementara kehendak mahluk bisa dilawan

maka jangan samakan Kehendak Tuhan dengan kehendak mahluk

yang merah : dan yang dimaksud "Tuhan bisa mencegah atau membiarkan kejahatan" ... yang seperti ini termasuk Kehendak Tuhan ga ?? >>> YA ATAU TIDAK ??

perintah = kehendak
kamu saya tanya: mana perintah yang tak dikehendaki Tuhan??
hanya bisa plonga-plongo

sama dalam hal 'punya kehendak' kan?
soal bisa/tidak bisa dilawan kan soal lain

mencegah/membiarkan emang kehendak Tuhan..
tapi melakukan kejahatannya kan kehendak-mu

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:08 pm

@dee-nee wrote:
size 18 : sapa yang bicara tentang "punya atau tidak punya" ?? >>> mas wedi aja yang ngeles ... bikin malu
wong saya bicara definisi "kehendak" itu sendiri kok >>> bukan tentang punya atau tidak punya

definisi "Kehendak Tuhan" ala mas wedi .... sama dengan definisi "kehendak mahluk"

so ... Tuhan = Mahluk bagi mas wedi

sudah se-clear ini kok masih ngeles

jadi gimana...
MANUSIA PUNYA KEHENDAK KAGAK?
misalnya kehendak melakukan kejahatan seperti yang dilakukan margriet terhadap engeline
kan kamu bilang semua kehendak ilahmu..




SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:13 pm

@dee-nee wrote:

katanya (a) sudah setuju .... ujug2 bilang yang ungu

ck ck ck ... padahal sudah jelas yang (a) is Maha ... yang (b) is TIDAK Maha

diujung malah sibuk "narsis" bahwa terjadi atau tidak-nya Kehendak yang MAHA KUASA.... tergantung atas free will yang TIDAK MAHA KUASA

padahal free will manusia pun dapatnya dari Tuhan
[/quote]

lha iya..
yang satu maha, yang lain tidak maha kok kamu bilang sama????
tapi 'sama' yang saya makusud adalah sama-sama punya kehendak
'sama' yang kamu maksud apaaaaaaaaaaa??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:16 pm

@dee-nee wrote:
- Tuhan mengutus nabi2 membuktikan bahwa TUHAN IS MAHA PENGASIH ... karena manusia memang butuh nabi2 itu ...
bukan dibalik jadi Tuhan mengutus nabi2 karena manusia penting bagi Tuhan >>> geer-an banget sih jadi orang  

dikasihi kan karena penting..
kalau gak penting dibiarin aja sesat, gak usah dikirimi nabi
dikirimi aja setan goa hira

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:20 pm

@dee-nee wrote:
- Jangan kasih pertanyaan dengan mind-set Tuhan = Mahluk pada muslim
Jangan mengajukan definisi Kehendak Tuhan disamakan dengan definisi kehendak manusia/orang tua/presiden dsb

>>> Kehendak Tuhan is hukum dan aturan yang meliputi segala hal di alam semesta ..... yang terjadi sesuai opsi yang dipilih manusia ... termasuk diantara kejahatan dan kebaikan

Kehendak Tuhan itu bahasa Inggrisnya God's Will >>> bukan God's wants atau God's needs (bukan keinginan atau kebutuhan Tuhan) >>> dan yang disebut GOD'S WILL adalah yang ungu diatas

Kalau mas wedi tanya dimana maha kasihnya Tuhan .... seperti apapun hukum dan aturan yang ditetapkan (sesuai yang ungu) .... eksistensi mas wedi di dunia ini pun sudah bagian dari Maha Kasihnya Tuhan >>> jadi sudah ga perlu lagi MENANYAKAN dimana Maha Kasih-nya Tuhan

- Kalau Tuhan membiarkan manusia tersesat itu artinya Tuhan TIDAK MAHA PENGASIH ... bukan karena manusia itu yang penting bagi Tuhan

>>>> mas wedi harus keluar dari mind-set bahwa bila A baik sama mas wedi ... bukan artinya mas wedi penting bagi A ... A baik sama mas wedi karena A memang baik

sekali lagi..
'sama' maksudmu itu apaaaaaaaaaa?
padahal jelas yang satu maha, yang lain tidak maha
tapi kalau sama dalam hal punya kehendak, bisa murka, punya sifat kasih, dll. emang kenapaaaaaaaaaaa???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:55 pm

@dee-nee wrote:
- Yesaya 43:4 itu Tuhan ngomong sama Yakub mewakili bangsanya sendiri dibanding bangsa lain ... bukan Tuhan ngomong sama Adam untuk mewakili seluruh bangsa Adam dibanding mahluk non-Adam

- mau se-spesial apapun manusia diciptakan dibanding mahluk lainnya .... BUKAN ARTINYA manusia menjadi lebih penting bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya .... atau bahkan ciptaan lainnya (benda mati sekalipun) >>> apalagi kalau sampai berpikir bahwa Tuhan PUNYA KEPENTINGAN atas apa yang dilakukan manusia

- terserah ... kenapa ga dibalik >>> justru mas wedi yang disesatkan karena mengikuti kesombongan ala setan >>> wong mas wedi juga bilang Kehendak Tuhan bisa kalah kok dengan free will manusia

- toh intinya 'sangat berharga' di mata Tuhan..
seperti itulah orang2 percaya di mata Tuhan, tapi di mata setan emang gak ada harganya maka disesatkan..

- penting kan karena mengemban tanggung-jawab mengelola..
selain terlibat dalam pekerjaan Tuhan di dunia, melayani dan meyelamatkan orang lain
sekali lagi, bukan soal kalah/menang... tapi ada hal yang dibiarkan/tidak dibiarkan Tuhan untuk terjadi..

- bagi Tuhan manusia sangat berharga..
kok malah dibilang manusianya sombong, aneh

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 12:58 pm

@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
yo wes ... trus choices-nya sendiri berasal dari mana ??
awalnya ada 2 pilihan itu berasal darimana ??

1. Tuhan memberi kebebasan kamu pilih A atau pilih B
2.. Tuhan menghendaki kamu pilih A

masih bingung?
kesalahanmu itu rancu antara 1 dan 2
1 dan 2 disamakan

ditanya darimana asalnya A dan B
malah menggok ngomong soal beri memberi

buntu .....

A dan B kamu dibebaskan milih oleh Tuhan
tapi Tuhan menghendakimu milih A
mosok kamu milih B disimpulkan itu kehendak Tuhan???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 1:03 pm

@dee-nee wrote:
"Berbuatlah Jahat" disini ... lawan dari Perintah Tuhan "Jangan Berbuat Jahat" ga ??

saya bicara tentang Kehendak/Hukum Tuhan terkait alam semesta >>> mas wedi malah nyari hukum alam yang ada "kalimat perintah"-nya

semakin buntu ...

lha yang dibahas dari halaman 1 soal kejahatan yang dilakukan manusia
kamu menggok ke alam semesta...

jadi ada ya perintah JANGAN BERBUAT JAHAT?
kalau ilahmu melarang kamu melakukan kejahatan, ia menghendaki kamu melakukan kejahatan/tidak?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 1:09 pm

@dee-nee wrote:
kesimpulan panjang lebar diatas ... pendapat saya :
yang disebut kehendak Tuhan adalah SEGALA HAL YANG TERJADI di alam semesta ini (termasuk segala hukum dan aturanNya)

disebab utamakan oleh hukum/kedaulatan Tuhan itu sendiri sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

hukum/aturannya: boleh tidak melakukan kejahatan???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by SEGOROWEDI on Wed Dec 16, 2015 1:14 pm

@dee-nee wrote:
>>> apapun yang MENJADI KEHENDAK Tuhan PASTI TERJADI >>> tidak mungkin ada kejadian yang terjadi diluar kehendak-Nya

--------------------------------------

Kehendak Tuhan BUKAN atau TIDAK SAMA dengan Perintah Tuhan kepada manusia (seperti "jangan berbuat dosa" dsb)
Kehendak Tuhan BUKAN ARTINYA Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu

>>> banyak pembunuhan, berarti pembunuhan kehendak ilahmu...
>>> banyak perkosaan, berarti perkosaan kehendak ilahmu, dll

ilahmu itu Tuhan apa SETAN sih?

mosok kehendak gak sama dengan perintah..
EMANG ADA MERINTAH YANG TAK DIKEHENDAKI?

lha kehendak ilahmu atas manusia apa??


SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 2:27 pm

@njlajahweb wrote:@mbak Deenee...

maaf sebelumnya...

kalaupun akhirnya kita berpisah pendapat, bukan berarti saya berpisah hati.

tentang:

Islam meyakini bahwa APAPUN YANG TERJADI DALAM ALAM SEMESTA INI adalah Kehendak Allah ">>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri"

maaf, setelah saya menimbang...........................................................................................................

saya memutuskan untuk "100% tidak sependapat", maaf ya princes............

karena ini ibaratnya "menempatkan Tuhan sebagai sasaran peluru"

karena anda menambahkan ">>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri"


tapi kalau menurut mbak Deenee tetap pada jawaban iya,

ya itu hak mbak Deenee saya tetap menghargai pendapat yang berbeda dari mbak Deenee.

hehehehehehe .... ya ga apa2 lah kalau anda ga setuju .... kan memang dalam diskusi tidak harus ending-nya setuju

lagipula uraian saya diatas itu kan memang untuk menjelaskan kenapa "Islam meyakini bahwa APAPUN YANG TERJADI DALAM ALAM SEMESTA INI adalah Kehendak Allah" >>> artinya termasuk kejahatan itu sendiri

artinya .... ga apa2 juga kalau anda ga mau meneruskan diskusinya .... (kalau loh)

tapi kalau anda mau meneruskan ... terus terang saya justru ga ngerti maksud anda yang bold

kalau anda jawab yang underline >>> maka saya asumsikan anda mau meneruskan diskusi
kalau tidak mau meneruskan .... ya tidak perlu dijelaskan maksud kalimat anda yang bold
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Wed Dec 16, 2015 2:34 pm

@mbak Deenee...

mungkin lebih baik saya tidak menjelaskan yang bold, karena saya nggak mau membuat mbak Deenee tersinggungg.
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 2:42 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
Apa coba kepentingan Tuhan atas apa yang dilakukan manusia ?? ..... kenapa coba mas wedi harus berpikir bahwa manusia itu penting bagi Tuhan ??
apa menurut mas wedi ... SEANDAINYA seluruh manusia sepanjang sejarah alam semesta ini masuk neraka semua >>> akan ada pengaruhnya bagi Sang Pencipta itu sendiri ?? ... kedudukan dan kuasa DIA sebagai Sang Pencipta jadi diragukan gitu ??

kepentingannya agar manusia ciptaan-Nya jangan jatuh dosa oleh penyesatan setan..
sebab setan itu sangat cerdas, sangat jahat, dan sangat licik
adam aja langsung KO (jatuh dosa)
kepentingannya juga supaya manusia mengelola ciptaan-Nya yang lain

biru : mas wedi ngomong gitu untuk kepentingan manusia (diri mas wedi sendiri) ... atau untuk kepentingan Tuhan
merah : memang Tuhan ga bisa mengelola sendiri ?? ... kenapa Tuhan harus tergantung pada manusia ??? ... hingga akhirnya Dia harus punya kepentingan tentang apa yang dilakukan manusia ??

-------------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:masalahnya .... yang underline itu bukan konsep saya (muslim) terkait hakikat Tuhan ... kan saya sudah sering bilang ke mas wedi ... JANGAN SAMAKAN DIMENSI dan HAKIKAT TUHAN dengan dimensi dan hakikat mahluk

pengertian-mu 'sama' iitu lho yang kek gimana???

Tuhan punya sifat kasih, manusia juga punya => sama, emang kenapa kalau sama?
Tuhan bisa murka, manusia juga bisa murka => sama, emang kenapa kalau sama?
Tuhan punya kehendak, manusia juga punya kehendak => sama, emang kenapa kalau sama??
dll.

apa disimpulkan manusia itu tuhan??????

gabung dengan yang ini karena jawabnya ada disitu

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
size 18 : sapa yang bicara tentang "punya atau tidak punya" ?? >>> mas wedi aja yang ngeles ... bikin malu
wong saya bicara definisi "kehendak" itu sendiri kok >>> bukan tentang punya atau tidak punya

definisi "Kehendak Tuhan" ala mas wedi .... sama dengan definisi "kehendak mahluk"

so ... Tuhan = Mahluk bagi mas wedi

sudah se-clear ini kok masih ngeles

jadi gimana...
MANUSIA PUNYA KEHENDAK KAGAK?
misalnya kehendak melakukan kejahatan seperti yang dilakukan margriet terhadap engeline
kan kamu bilang semua kehendak ilahmu..

jadi gimana ?? ... definisi Kehendak Tuhan memang disamakan toh dengan definisi kehendak mahluk

yang biru benar toh ??

dari awal diskusi ini saya juga bahas tentang definisi kok

kan mas wedi sendiri yang menggok ... OOT kesana kemari karena ingkar pada kalimat biru saya diatas

sudah jelas kok maksud saya

memang jadinya aneh dan berbenturan .... karena mas wedi MENYAMAKAN Tuhan dengan mahluk

logika Perintah Tuhan = Kehendak Tuhan
artinya .... manusia yang melanggar/tidak patuh pada Perintah Tuhan = manusia yang melawan Kehendak Tuhan

itu sama dengan logika perintah orangtua = kehendak orangtua
artinya ..... anak yang melanggar/tidak patuh pada perintah orangtua = anak yang melawan kehendak orangtua

padahal TIDAK ADA SATUPUN CIPTAAN DI DUNIA INI YANG SANGGUP MELAWAN KEHENDAK TUHAN ....

karena yang dimaksud Kehendak Tuhan adalah Hukum Alam Semesta itu sendiri
karena yang dimaksud Kehendak Tuhan BUKAN keinginan Tuhan agar manusia melakukan ini/itu >>> yang underline ini logika manusia yang menyamakan Tuhan = mahluk

-----------------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
tapi buat saya (muslim) adalah masalah .... karena TUHAN MAHA KUASA ... maka tidak mungkin KEHENDAK SANG PENGUASA kalah oleh free will manusia

lha dipemahaman saya bukan karena kalah kok..
tapi Tuhan membiarkan free willnya terjadi, kalau Tuhan hendak mencegahnya, juga bisa..

hewan aja punya kehendak, mosok manusia gak punya kehendak
nalar apaan itu..

saya bicara tentang definisi "kehendak"
mas wedi sibuk menggok tentang "punya tidak punya"

judulnya buntu ....


Terakhir diubah oleh dee-nee tanggal Wed Dec 16, 2015 3:18 pm, total 1 kali diubah
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 2:48 pm

@njlajahweb wrote:@mbak Deenee...

mungkin lebih baik saya tidak menjelaskan yang bold, karena saya nggak mau membuat mbak Deenee tersinggungg.

ya terserah anda ...

mungkin penjelasan saya :

1. apapun penjelasan anda .... saya tidak akan tersinggung

>>> kalaupun tersinggung ... forum ini sudah menjadi lahan-nya orang tersinggung ... termasuk lahan untuk melatih kesabaran itu sendiri (tergantung lahan mana yang anda pilih)

2. dengan anda tidak menjelaskan ... artinya saya tetap tidak akan mengerti maksud anda >>> dan menurut saya tidak ada gunanya bila kita bicara sesuatu tapi orang lain tidak mengerti

so baliknya terserah anda .... apakah anda ingin kalimat anda jadi ga ada artinya bagi saya .... atau ada artinya walaupun saya harus tersinggung

piss

avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Wed Dec 16, 2015 3:22 pm

@mbak Deenee...

oke deh kalau begitu...

tapi sebelumnya saya mohon maaf ya yang sebesar-besarnya ya sayang...

arti yang bold itu menurut saya adalah sama dengan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya terdakwa.

maaf ya princes...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 3:41 pm

@njlajahweb wrote:@mbak Deenee...

oke deh kalau begitu...

tapi sebelumnya saya mohon maaf ya yang sebesar-besarnya ya sayang...

arti yang bold itu menurut saya adalah sama dengan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya terdakwa.

maaf ya princes...

ga ... ga marah

tapi saya balas segorowedi dulu ya

piss
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by njlajahweb on Wed Dec 16, 2015 3:44 pm

@mbak Deenee...

iya, sayangku...
avatar
njlajahweb
MAYOR
MAYOR

Female
Posts : 5961
Kepercayaan : Protestan
Location : banyuwangi
Join date : 30.04.13
Reputation : 114

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 3:51 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
trus memang kenapa kalau manusia dapat tugas seperti itu ?? >>> status manusia jadi lebih penting gitu bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya ??

btw ... salah satu tugas manusia YANG BERTANGGUNG JAWAB ... ga cuma ngurusin dan mengelola ciptaan-Nya dsb
tapi juga ... GA BOLEH NARSIS

ya eyalah..
mana bisa tugas itu diurus oleh binatang...
namanya diberi tugas ya sotomatis mrennggung-jawabinya


kalau kamu mahluk gak penting..
kenapa dibikin oleh ilahmu???
cuman disuruh nungging-nungging 5x sehari?

merah : jangan sombong mas ... manusia walaupun diberi tanggung jawab sebagai pemimpin ... bukan artinya kedudukan manusia menjadi LEBIH PENTING dibanding cacing tanah sekalipun ....

memang mas wedi bisa apa kalau ga ada binatang dan tumbuhan ?? >>> mas wedi mau makan apa ??

apa pentingnya pemimpin kalau tidak ada yang dipimpin ... apa pentingnya ditunjuk sebagai pengelola kalau tidak ada eksistensi yang dikelola >>> jadi mana yang lebih penting ?? yang mimpin atau yang dipimpin ??

sisanya :
ga usah kalap ... kalau faktanya mas wedi yang buntu dengan argumen mas wedi sendiri ... akui aja kenapa ... kok repot

--------------------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
sombong gimana? Tuhan sendiri kok yang bilang..
"Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu."  Yesaya 43:4

makanya, jangan ikut setan!

yang ikut setan itu orang yang paling suka plintir2 ayat di kitab suci-nya sendiri

bawa perikop ayat itu >>> memang dalam ayat itu Tuhan bicara pada MANUSIA berbanding ciptaan2 lainnya (non manusia) ?? .... wong jelas ayat itu bicara tentang Yakub berbanding manusia/bangsa lain kok

dalam ayat itu JELAS MAKSUDNYA ... yang berharga itu YAKUB berbanding manusia2 lainnya (antara manusia satu dengan manusia lain)
>>> bukan trus artinya mas wedi bisa ikut nebeng merasa manusia lebih penting bagi Tuhan dibanding binatang atau ciptaan lainnya

lha atas manusia lain aja lebih berharga, apalagi atas binatang dan benda-benda..
btw. yakub adalah gambaran kita orang-orang percaya
sangat penting bagi Tuhan..

bold : atur aja lah mas ...
wong buat mas wedi lebih baik pemahaman kitab suci itu diplintir2 kok .... dibanding mengakui kalau mas wedi memang salah bawa ayat

kalau perlu OOT supaya ga ketauan kalau salah bawa ayat

---------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
iya melawan ... tapi melawan Perintah Tuhan ... bukan melawan Kehendak Tuhan

karena Kehendak Tuhan itu ga bisa dilawan
sementara kehendak mahluk bisa dilawan

maka jangan samakan Kehendak Tuhan dengan kehendak mahluk

yang merah : dan yang dimaksud "Tuhan bisa mencegah atau membiarkan kejahatan" ... yang seperti ini termasuk Kehendak Tuhan ga ?? >>> YA ATAU TIDAK ??

perintah = kehendak
kamu saya tanya: mana perintah yang tak dikehendaki Tuhan??
hanya bisa plonga-plongo


sama dalam hal 'punya kehendak' kan?
soal bisa/tidak bisa dilawan kan soal lain

mencegah/membiarkan emang kehendak Tuhan..
tapi melakukan kejahatannya kan kehendak-mu

merah : terserah kalau mas wedi bilang begitu >>> point saya kan jelas Perintah Tuhan TIDAK SAMA dengan Kehendak Tuhan  

mas wedi bilang Tuhan = Mahluk .... saya juga ga masalah kok
mas wedi mau sombong merasa dirinya penting bagi Tuhan .... saya juga ga masalah kok

ungu : ga plonga plongo ah ... kan sudah saya jawab di post sebelum-nya >>> ADA NYA PERINTAH TUHAN memang Kehendak Tuhan >>> Tuhan BERKEHENDAK MEMBERIKAN PERINTAH >>> dan nyatanya perintah itu ada ... nyatanya perintah itu MEMANG BAGIAN DARI KEHENDAK Tuhan

pink : siapa yang bicara tentang MELAKUKAN kejahatan ??
wong TS bicara tentang ADANYA kejahatan kok

menggok terus ah ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 4:06 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
- Tuhan mengutus nabi2 membuktikan bahwa TUHAN IS MAHA PENGASIH ... karena manusia memang butuh nabi2 itu ...
bukan dibalik jadi Tuhan mengutus nabi2 karena manusia penting bagi Tuhan >>> geer-an banget sih jadi orang  

dikasihi kan karena penting..
kalau gak penting dibiarin aja sesat, gak usah dikirimi nabi
dikirimi aja setan goa hira

merah : trus mana buktinya Tuhan lebih mengasihi manusia dibanding mahluk lainnya ... sampai mas wedi bilang manusia lebih penting dibanding mahluk lain ??

paling bawah : see ... mulai kalap kan .... ketauan buntu ... ketauan sombong ... ujung2nya OOT and ad hominem
>>>> padahal tinggal MEMAHAMI yang size 18 diatas .... harus-nya mas wedi ngerti kenapa saya bilang mas wedi sombong

-----------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
- Jangan kasih pertanyaan dengan mind-set Tuhan = Mahluk pada muslim
Jangan mengajukan definisi Kehendak Tuhan disamakan dengan definisi kehendak manusia/orang tua/presiden dsb

>>> Kehendak Tuhan is hukum dan aturan yang meliputi segala hal di alam semesta ..... yang terjadi sesuai opsi yang dipilih manusia ... termasuk diantara kejahatan dan kebaikan

Kehendak Tuhan itu bahasa Inggrisnya God's Will >>> bukan God's wants atau God's needs (bukan keinginan atau kebutuhan Tuhan) >>> dan yang disebut GOD'S WILL adalah yang ungu diatas

Kalau mas wedi tanya dimana maha kasihnya Tuhan .... seperti apapun hukum dan aturan yang ditetapkan (sesuai yang ungu) .... eksistensi mas wedi di dunia ini pun sudah bagian dari Maha Kasihnya Tuhan >>> jadi sudah ga perlu lagi MENANYAKAN dimana Maha Kasih-nya Tuhan

- Kalau Tuhan membiarkan manusia tersesat itu artinya Tuhan TIDAK MAHA PENGASIH ... bukan karena manusia itu yang penting bagi Tuhan

>>>> mas wedi harus keluar dari mind-set bahwa bila A baik sama mas wedi ... bukan artinya mas wedi penting bagi A ... A baik sama mas wedi karena A memang baik

sekali lagi..
'sama' maksudmu itu apaaaaaaaaaa?
padahal jelas yang satu maha, yang lain tidak maha
tapi kalau sama dalam hal punya kehendak, bisa murka, punya sifat kasih, dll. emang kenapaaaaaaaaaaa???

dah jelas size 18 saya bilang DEFINISI >>> masih aja dibengkok2 ke urusan "punya ga punya" (yang pink)

buntu .... buntuuuuu

---------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
- Yesaya 43:4 itu Tuhan ngomong sama Yakub mewakili bangsanya sendiri dibanding bangsa lain ... bukan Tuhan ngomong sama Adam untuk mewakili seluruh bangsa Adam dibanding mahluk non-Adam

- mau se-spesial apapun manusia diciptakan dibanding mahluk lainnya .... BUKAN ARTINYA manusia menjadi lebih penting bagi Tuhan dibanding mahluk lainnya .... atau bahkan ciptaan lainnya (benda mati sekalipun) >>> apalagi kalau sampai berpikir bahwa Tuhan PUNYA KEPENTINGAN atas apa yang dilakukan manusia

- terserah ... kenapa ga dibalik >>> justru mas wedi yang disesatkan karena mengikuti kesombongan ala setan >>> wong mas wedi juga bilang Kehendak Tuhan bisa kalah kok dengan free will manusia

- toh intinya 'sangat berharga' di mata Tuhan..
seperti itulah orang2 percaya di mata Tuhan, tapi di mata setan emang gak ada harganya maka disesatkan..

- penting kan karena mengemban tanggung-jawab mengelola..
selain terlibat dalam pekerjaan Tuhan di dunia, melayani dan meyelamatkan orang lain
sekali lagi, bukan soal kalah/menang... tapi ada hal yang dibiarkan/tidak dibiarkan Tuhan untuk terjadi..

- bagi Tuhan manusia sangat berharga..
kok malah dibilang manusianya sombong, aneh

- lah nyatanya ada kok ayat bible tentang manusia masuk neraka  
>>> mau gimana-pun perikop dan isi ayat underline (digoda setan atau tidak) ... TOH INTINYA manusia masuk neraka >>> so ... dimana berharganya manusia coba ?? wong bisa masuk neraka gitu kok

- dikasih tanggung jawab itu harusnya bersyukur >>> karena tanggung jawab itu salah satu perhitungan mas wedi akan masuk surga atau neraka
bukan langsung geer merasa dirinya penting bagi YANG ngasih tanggung jawab ....

- biru : cuma manusia sombong yang MERASA dirinya penting bagi Tuhan
dijelaskan tentang merendahkan diri kok malah tambah diumbar2 ke-narsis-an nya ... aneh
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 4:23 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
yo wes ... trus choices-nya sendiri berasal dari mana ??
awalnya ada 2 pilihan itu berasal darimana ??

1. Tuhan memberi kebebasan kamu pilih A atau pilih B
2. Tuhan menghendaki kamu pilih A

masih bingung?
kesalahanmu itu rancu antara 1 dan 2
1 dan 2 disamakan

ditanya darimana asalnya A dan B
malah menggok ngomong soal beri memberi

buntu .....

A dan B kamu dibebaskan milih oleh Tuhan
tapi Tuhan menghendakimu milih A
mosok kamu milih B disimpulkan itu kehendak Tuhan???

ditanya darimana asalnya A dan B
malah bentuk kalimatnya aja yang diputer2

buntu .....

--------------------------------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
@SEGOROWEDI wrote:lha ini kan cuapanmu:
kejahatan itu tetap hanya bisa terjadi karena ada Hukum/Kehendak Tuhan
maka saya tanya: mana hukumnya??? (berbual jahatlah!), malah mingkem..

alam semesta gimana maksudmu?
atas manusia yang hidup di alam semesta ini, mana hukum Tuhan yang berbunyi: berbuat jahatlah!
manaaaaaaaaaaaaaaaaa?
"Berbuatlah Jahat" disini ... lawan dari Perintah Tuhan "Jangan Berbuat Jahat" ga ??

saya bicara tentang Kehendak/Hukum Tuhan terkait alam semesta >>> mas wedi malah nyari hukum alam yang ada "kalimat perintah"-nya

semakin buntu ...

lha yang dibahas dari halaman 1 soal kejahatan yang dilakukan manusia
kamu menggok ke alam semesta...

jadi ada ya perintah JANGAN BERBUAT JAHAT?
kalau ilahmu melarang kamu melakukan kejahatan, ia menghendaki kamu melakukan kejahatan/tidak?

merah : karena arti KEHENDAK TUHAN dalam judul TS berkaitan dengan KUASA/KEHENDAK TUHAN terkait alam semesta
bicara tentang Tuhan ... bicara tentang dimensi Tuhan ... itu artinya bicara tentang alam semesta ... dan ga cuma uplek ngurusin dimensi manusia

dan kejahatan itu sendiri pun adalah BAGIAN DARI ALAM SEMESTA

justru mas wedi yang ga singkron ... bicara tentang Tuhan kok cuma fokus di manusia >> narsis

biru : jawab dulu dong yang ungu .... kan biar ketauan plintiran mas wedi di pertanyaan sebelumnya

yang saya strike ... wong Perintah Tuhan TIDAK SAMA dengan Kehendak Tuhan >>> masih aja diplintir2

ih ga malu ih ... OOT kemana2 pertanda buntu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 4:37 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
kesimpulan panjang lebar diatas ... pendapat saya :
yang disebut kehendak Tuhan adalah SEGALA HAL YANG TERJADI di alam semesta ini (termasuk segala hukum dan aturanNya)

disebab utamakan oleh hukum/kedaulatan Tuhan itu sendiri sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

hukum/aturannya: boleh tidak melakukan kejahatan???

hukum/aturan-Nya berkaitan dengan apa ??
berkaitan dengan Perintah Tuhan pada manusia ... atau berkaitan dengan Kehendak Tuhan terkait apapun yang terjadi di alam semesta ??

-----------------------------------------------------

@SEGOROWEDI wrote:
@dee-nee wrote:
>>> apapun yang MENJADI KEHENDAK Tuhan PASTI TERJADI >>> tidak mungkin ada kejadian yang terjadi diluar kehendak-Nya

--------------------------------------

Kehendak Tuhan BUKAN atau TIDAK SAMA dengan Perintah Tuhan kepada manusia (seperti "jangan berbuat dosa" dsb)
Kehendak Tuhan BUKAN ARTINYA Tuhan ingin manusia melakukan ini/itu

>>> banyak pembunuhan, berarti pembunuhan kehendak ilahmu...
>>> banyak perkosaan, berarti perkosaan kehendak ilahmu, dll

ilahmu itu Tuhan apa SETAN sih?


mosok kehendak gak sama dengan perintah..
EMANG ADA MERINTAH YANG TAK DIKEHENDAKI?

lha kehendak ilahmu atas manusia apa??

merah : lah ... memang segala sesuatu yang terjadi di alam semesta berdasarkan HUKUM/KEHENDAK/ATURAN Tuhan kok

>>> mosok based on free will manusia ?? >>> ga usah sombong lah ... manusia itu cuma ciptaan ... jangan sombong merasa bisa MELANGKAHI KEHENDAK TUHAN

biru : ya memang Kehendak Tuhan TIDAK SAMA dengan Perintah Tuhan >>> kalau disamakan artinya menyamakan definisi Kehendak Tuhan = definisi kehendak mahluk >>> artinya menyamakan Tuhan = Mahluk

dan ga usah lagi menggok bawa2 dalil OOT tentang "punya vs tidak punya"

awas

underline : Apapun yang terjadi di alam semesta  ... berdasarkan opsi yang dipilih manusia disebut Kehendak Tuhan
dan baca yang ungu ...
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by dee-nee on Wed Dec 16, 2015 5:14 pm

@njlajahweb wrote:@mbak Deenee...

oke deh kalau begitu...

tapi sebelumnya saya mohon maaf ya yang sebesar-besarnya ya sayang...

arti yang bold itu menurut saya adalah sama dengan menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya terdakwa.

maaf ya princes...

terdakwa ?? kenapa harus Tuhan yang menjadi terdakwa ??

misalnya :

1. di dalam Kehendak Tuhan ada dua pilihan bagi manusia >>> kejahatan dan kebaikan
2. dari dua pilihan di no 1. .... di dalam Kehendak Tuhan ada dua pilihan lagi atas apa yang bisa dilakukan manusia >>> melakukan kejahatan atau melakukan kebaikan

3. dari pilihan di no 2 .... di dalam Kehendak Tuhan diberikan system/hukum yang berlaku (misalnya hukum sebab akibat) >>> sebab manusia melakukan kejahatan akibatnya dunia hancur .... sebab manusia melakukan kebaikan akibatnya dunia damai
atau ..... sebab manusia melakukan kejahatan akibatnya si manusia berdosa (masuk neraka) ..... sebab manusia melakukan kebaikan akibatnya si manusia dapat pahala (masuk surga)

4. dari akibat yang terjadi di no 3 .... artinya di dalam Kehendak Tuhan juga lah segala sesuatu BISA terjadi di alam semesta ini

>>> so kalau ditanya ... apa penyebab utama adanya kebaikan >>> kebaikan terjadi .... disebab utamakan oleh ADANYA Kehendak Tuhan ... sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

begitu juga kalau ditanya .... apa penyebab utama adanya kejahatan >>> kejahatan terjadi .... disebab utamakan oleh ADANYA Kehendak Tuhan ... sesuai dengan opsi yang dipilih manusia

atau

kalau ditanya ... apa penyebab si manusia A masuk surga >>> A masuk surga disebab utamakan oleh ADANYA Kehendak Tuhan ... sesuai dengan opsi yang dipilih A

begitu juga kalau ditanya .... apa penyebab si manusia B masuk neraka >>> B masuk neraka disebab utamakan oleh ADANYA Kehendak Tuhan ... sesuai dengan opsi yang dipilih B

so ... dimana terdakwa-nya Tuhan kalau sudah begini ??  

mungkin ada yang terlewat dari penjelasan saya sebelumnya

maksud saya : jangan hanya karena apa dilakukan/dipilih manusia adalah "dosa" maka anda MENOLAK bahwa apa yang terjadi TETAP BERADA DIBAWAH HUKUM/KEHENDAK TUHAN

mungkin tambahannya : jangan karena AKIBAT kesalahan manusia dalam memilih ... maka anda MENOLAK bahwa segala hal yang terjadi dalam alam semesta TETAP BERADA DIBAWAH HUKUM/KEHENDAK TUHAN

karena point penjelasan saya disini bukan tentang "kejahatan vs kebaikin" yang terjadi .... tapi tentang Hakikat Tuhan sebagai SATU2Nya Yang Mutlak ... Yang Menguasai .. Yang Maha dll

bahwa TIDAK ADA SATUPUN UNSUR DAN ELEMEN di alam semesta ini .... yang terjadi DI LUAR Kehendak Tuhan

itu satu ....

Dua >>> yang ini nanti dulu deh ... yang kedua bahas tentang yang warna merah soalnya .....

jadi clear-kan yang satu dulu
avatar
dee-nee
LETNAN KOLONEL
LETNAN KOLONEL

Female
Posts : 8647
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 02.08.12
Reputation : 182

Kembali Ke Atas Go down

Re: apakah adanya kejahatan merupakan kehendak Allah?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 2 dari 5 Previous  1, 2, 3, 4, 5  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik