FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

QS Maryam 15

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Sat Oct 22, 2011 12:34 am

وَسَلَامٌ عَلَيْهِ يَوْمَ وُلِدَ وَيَوْمَ يَمُوتُ وَيَوْمَ يُبْعَثُ حَيّاً

wasalaamun 'alayhi yawma wulida wayawma yamuutu wayawma yub'atsu hayyaan

Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia meninggal dan pada hari ia dibangkitkan hidup kembali.
mohon petunjuk utk tafsirnyah :mon2: :mon2:

yamuutu = meninggal / wafat
yamuutu = fi'il mudhori / kata kerja bentuk sekarang atau masa yg akan datang.?
kok saya nangkepnya jadi "pending of the death" :mon2:
mohon petunjuk dan pencerahan...! :3gk:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Wed Oct 26, 2011 9:13 am

nyerah
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Thu Oct 27, 2011 5:51 am

ha ha ha...kasian ni tret...sepi pengunjung..
tenanggg...ta donkrak sama mang odoy... lol
biasanya kalo mang odoy dah masuk...suka langsung rame...hi hi hi...

Untuk pembuka...saya angkut obrolan dari Mall sebelah aja...kali aja bisa dilanjut disini...whoookeeyyyyyy......!!!



http://murtadinkafirun.forumotion.net/t10054-haruskah-aku-kembali-the-second-coming-of-jesus-a-la-muslim

Hamba Tuhan Nulis :

saudaraku bro FM.... permasalahan yg sedang kita angkat dan bahas skrg adalah mutawaffiika, apakah mutawaffi itu fi'il madhi, fi'il mudhari' atau isim fi'il???????

serta Surah Al Maidah : 117

مَا قُلْتُ لَهُمْ إِلاَّ مَا أَمَرْتَنِي بِهِ أَنِ اعْبُدُواْ اللّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ وَكُنتُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا مَّا دُمْتُ فِيهِمْ فَلَمَّا تَوَفَّيْتَنِي كُنتَ أَنتَ الرَّقِيبَ عَلَيْهِمْ وَأَنتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ



Forever Muslim nulis :

@bro HT

coba kita bandingkan dengan Qs.19:15.. "yamutu" itukan fi'il mudhori, apakah berarti Nabi Yahya as masih hidup sampai sekarang ???


Hamba Tuhan nulis :

وَالسَّلَامُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدتُّ وَيَوْمَأَمُوتُ وَيَوْمَ أُبْعَثُ حَيًّا(QS. Maryam : 15) = Nabi Yahya
وَسَلَامٌ عَلَيْهِ يَوْمَ وُلِدَ وَيَوْمَ يَمُوتُ وَيَوْمَ يُبْعَثُ حَيّاً(QS. Maryam :33) = Nabi Isa
wasalaamun 'alayhi yawma wulida wayawma yamuutu wayawma yub'atsu hayyaan

Kesejahteraan atas dirinya pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia akan meninggal dan pada hari ia akan dibangkitkan hidup kembali.

baiklah saudaraku bro FM.... coba skrg sama2 kita kaji yamuutu dan yub'atsu = fi'il mudhari' dalam surah maryam 15 dan 33......

menurut saya sesuai dgn logika ya saudaraku bro FM....

1. yamuutu dan yub'atsu untuk nabi yahya.... yamuutu sudah terjadi sedangkan yub'atsu belum terjadi.
ilat : yamuutu sudah terjadi dengan adanya Makam(kuburan) nabi yahya di di Masjid Agung Damaskus, Syria

sedangkan yub'atsu belum terjadi karena belum terjadinya kiamat.

2. yamuutu dan yub'atsu untuk nabi isa.... yamuutu dan yub'atsu belum terjadi.
ilat : yamuutu belum terjadi karena sampai sekarang belum ditemukan Makam(kuburan) nabi isasedangkan yub'atsu belum terjadi karena belum terjadinya kiamat.
segitu dl dari saya yg miskin ilmu ini saudaraku bro FM....



Forever Muslim nulis :

bro HT, saya tidak dalam posisi utk membenarkan ataupun sebaliknya... bisa saja dipahami seperti itu selagi hal tsb masih sebatas opini dan semua pendapat merupakan sesuatu yang berharga utk dijadikan pembelajaran.... dan jikapun terjadi perbedaan pemahaman antara saya dan bro HT, itu semua disebabkan karena keterbatasan kita didalam mempelajari kalam Allah SWT...

yang saya pahami sampai saat ini dengan terdapatnya kesamaan pada siyakul kalam pada Qs.19:15 dan Qs.19:33, hal ini menunjukkan tidak adanya perbedaan perlakuan yang telah ditetapkan oleh Allah SWT kepada Nabi Yahya as dan Nabi Isa as.. peristiwa kelahiran, kematian serta dibangkitkan kembali setelah kematian merupakan suatu yang tahqiiq ( kepastian ) yang dialami oleh Nabi Yahya as dan Isa as serta setiap manusia lainnya seperti saya, anda dll.....

Qs.19:15 ini merupakan kisah yang diceritakan Allah SWT kepada Rasulullah untuk dijadikan pengetahuan sejarah yang sarat dgn pesan yaitu bagaimana Allah SWT mengabulkan permohonan Zakariya untuk diberikan keturunan walaupun sudah berusia lanjut yakni dengan kelahiran Yahya as dan setelah ia menginjak Shobiy (dalam salah satu tafsir usia 3 tiga tahun)..... maka Aku ( Allah SWT ) berkata kepadanya ( Yahya as ) "Wahai Yahya!, ambillah al-kitab (taurat), pahami dan laksanakanlah tuntunannya".... dan Muhammad!, setelah itu Kami pun memberikan kepadanya (Yahya) hukum pemahaman tentang kandungan Taurat….bla bla bla bla…... dan keselamatan kami berikan atas dirinya (Yahya as) pada hari ia dilahirkan dan pada hari ia wafat, dan pada hari ia dibangkitkan... jadi Allah SWT menceritakan kepada Rasulullah, pernyataan Allah SWT kepada Yahya as... begitu juga pemahaman yang sama kepada Qs.19:33... hanya disini terdapat perbedaan yaitu Isa as sebagai mutakallimnya dan perkataan Isa as pada saat tersebut disampaikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah....

ada juga dikedua ayat ini yaitu lafadz wulida yang bentuknya Fi'il Madhy... kenapa bentuk lafadz ini Fi'il Madhy....kalau melihat waktu madhy adalah " telah", sesuatu yg telah (terjadi) itu menunjukkan tahqiiq , karena memang telah terjadi.... Lengkapnya ;
" keselamatan dalam arti kesempurnaan dan keterhindaran dari bencana, aib dan kekurangan secara fisik, psikis maupun batin juga kami berikan kepada Yahya…"
Keselamatan yang terlihat jelas akan terlihat dan terasa setelah proses kelahiran selesai…
Karenanya, wajar bentuk lafadz Fi'il Madhy....

Kenapa digunakan Fi'il Mudhori seperti bentuk utk lafadz yamuutu??
yamuutu = fiil mudlori dari MAATA
Yamuutu asalnya yamwutu, harkat dlommah dipindah ke huruf sebelumnya (mim), alasannya karena wawu huruf illat berharkat (bergerak/bekerja), sementara sebelumnya mim huruf shohih malah disukun (didiamkan)... Fi'il mudhori selain istiqbal juga menunjukkan "sesuatu hal" yang sekarang, jadi bisa dipahami siyakul kalam di atas ; dengan….dan "ketika" ia wafat… atau tetap menunjukkan keistiqbalannya sebagai komparasi paralel lafadz "wulida" sebelumnya, karena peristiwa kelahiran paralel dengan kematian... telah lahir lawannya yaitu akan mati.... dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...
untuk lafadz "yub'atsu", saya sih singkat aja, kalau ini pasti istiqbal….

begitu juga pemahaman saya diatas tersebut untuk Qs.19:33


Hamba Tuhan :

Pura pura GAK BACA...dan postingan bro FM diatas kagak dibalessss.....wkwkwkwkwkwkwkwk....



Coba kita review lagi pernyataan pak Ustat HT yang ini...

1. yamuutu dan yub'atsu untuk nabi yahya.... yamuutu sudah terjadi sedangkan yub'atsu belum terjadi.
ilat : yamuutu sudah terjadi dengan adanya Makam(kuburan) nabi yahya di di Masjid Agung Damaskus, Syria

sedangkan yub'atsu belum terjadi karena belum terjadinya kiamat.

2. yamuutu dan yub'atsu untuk nabi isa.... yamuutu dan yub'atsu belum terjadi.
ilat : yamuutu belum terjadi karena sampai sekarang belum ditemukan Makam(kuburan) nabi isasedangkan yub'atsu belum terjadi karena belum terjadinya kiamat.
segitu dl dari saya yg miskin ilmu ini saudaraku bro FM....


Ini menandakan....secara Ilmu Nahu Sorof....
"APA YANG TERJADI PADA DIRI NABI YAHYA AS....ITU PULA YANG TERJADI PADA DIRI NABI ISA AS..."

KEBINGUNGAN ini bisa di tracking sebagai berikut :

1. Salah pemahaman akan arti SHALABUU (MENYALIB) dalam An-Nisa 157, karena setelah perdebatan yang panjang...mengartikan Shalabuu dengan MENYILANG itu hanyalah ngikut Kristen jaman Nabi Muhammad yang terang2an telah KENA TEPU PENDETANYA, secara Literatur Kristen mengatakan bahwa Nabi Isa/Yesus...sama sekali BUKAN DISILANG...tapi hanya dipasang di Kayu Lurus.

2. Ketika ketemu An-Nisa 158...kata RAFA dalam ayat diatas mengambil arti..bahwa MENGANGKAT SESUATU DARI BAWAH KE ATAS....sedangkan arti lain dari kata RAFA tersebut yaitu MEMULIAKAN (secara DERAJAT KEROHANIAN) tidak diambil, padahal kata RAFA yang merujuk kepada DINAIKKANNYA DERAJAT ROHANI/DIMULIAKAN...lebih banyak ketimbang kata RAFA yang mempunyai arti "diangkat dari bawah ke atas"

3. Pemahaman kata TAWAFFA...dengan mengambil arti MENGGENGGAM/MENIDURKAN dan apalah itu yang lainnya....menyebabkan semakin komplitnya kebingungan yang tiada berujung ini. Arti lain dari TAWAFFA yang sudah jelas banyak merujuk kedalam arti MATI/DIKUBUR...diabaikan.

4. Pemahaman kata RASUL dan NABI yang sudah mendarah daging..bahwa
Kenabian adalah syarat kerasulan (risalah).....maka tidak bisa menjadi Rasul orang yang bukan Nabi, Kenabian lebih umum dari kerasulan.... . Setiap rasul pasti nabi, tetapi tidak semua nabi itu adalah rasul..... sedangkan rasul adalah membawa risalah kepada orang yang tidak mengerti tentang agama dan syariat Allah atau kepada kaum yang telah mengubah syariat dan agama , untuk mengajari mereka atau mengembalikan mereka kedalam syariat Allah..... Sedangkan Nabi diutus dengan dakwah kepada Syariat nabi/rasul sebelumnya....
Ternyata...menurut Al-Quran adalah KELIIRU...saya gak tau darimana Pak Ustat HT mendapat keterangan seperti itu, yang sebenernya saya dah lama tau tentang hal diatas, dan ini emang sudah MASYHUR dari jaman baheula.
Ini lagi diperdebatkan di lapak sebelah..

WHOOOKEEEYYYYYYY...!!
Kepada yang terhormat....
Bro Forever Muslim....dan Pak Ustat Hamba Tuhan...
Silahkan kalo mau dilanjut disini....itupun kalo anda berdua mau berbagi....jangan sampe kaya di Mall Sebelah....berbagi nya bedua aja..alias lewat PM PM an....kan gak seru kalo gitu mah....
:3:

Wasalam,


mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Thu Oct 27, 2011 6:03 am

tambahan dikit... :3:

http://murtadinkafirun.forumotion.net/t10054p50-haruskah-aku-kembali-the-second-coming-of-jesus-a-la-muslim?highlight=haruskah+aku+kembali

berarti kesimpulannya bahwa Mutawaffi adalah isim fa'il bukan fi'il mudhari.... setuju saudaraku bro FM..... disinilah byk saudara2 kita salah pengertian dgn kalimat mutawaffika........
1. Berpendapat Nabi isa sudah wafat
2. Berpendapat Nabi isa belum wafat

maaf saudaraku bro FM..... masalah Nabi Isa sudah wafat atau belum wafat(turun lagi),semua ini memang menarik banyak kalangan untuk berpendapat,serta ada banyak wacana yang diajukan tentang hal-hal seperti ini. Namun perbedaan pendapat dalam hal seperti ini sama sekali tidak terkait dengan masalah iman yang mendasar, lebih merupakan masalah tambahan yang bersifat informatif.
Untuk itu baiknya gmn ya....... ????

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Thu Oct 27, 2011 12:56 pm

amangku dah frustasi neh kayaknya.....

Nabi Isa sudah mati atau pasti bakal mati (entah kapannya)?

Rasulullah SAW bersabda, ”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim)

:lkj: :lkj: :lkj: :lkj:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Thu Oct 27, 2011 8:37 pm

@hamba tuhan wrote: amangku dah frustasi neh kayaknya.....

Nabi Isa sudah mati atau pasti bakal mati (entah kapannya)?

Rasulullah SAW bersabda, ”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim)

:lkj: :lkj: :lkj: :lkj:

ha ha ha ha...frustasi...??? lol
let's see...whose that 'word' belong to... lol

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Thu Oct 27, 2011 8:54 pm

@mang odoy wrote:
@hamba tuhan wrote: amangku dah frustasi neh kayaknya.....

Nabi Isa sudah mati atau pasti bakal mati (entah kapannya)?

Rasulullah SAW bersabda, ”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim)

:lkj: :lkj: :lkj: :lkj:

ha ha ha ha...frustasi...??? lol
let's see...whose that 'word' belong to... lol

:lkj: :lkj:
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Fri Oct 28, 2011 8:45 pm

@hamba tuhan wrote: amangku dah frustasi neh kayaknya.....

Nabi Isa sudah mati atau pasti bakal mati (entah kapannya)?

Rasulullah SAW bersabda, ”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim)

:lkj: :lkj: :lkj: :lkj:

BERANI masuk dimari...???
http://www.laskarislam.com/t122-umur-nabi-isa-berdasarkan-al-quran

ta tungguin...

Wasalam,

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Sat Oct 29, 2011 1:01 pm

@mang odoy wrote:
@hamba tuhan wrote: amangku dah frustasi neh kayaknya.....

Nabi Isa sudah mati atau pasti bakal mati (entah kapannya)?

Rasulullah SAW bersabda, ”Nabi Isa masih tetap tinggal di bumi hingga terbunuhnya Dajjal selama 40 tahun, lalu Allah mewafatkannya dan dishalatkan jenazahnya oleh umat Islam. (HR Ahmad, Abu Daud, Ibnu Hiban, Al-Hakim)

:lkj: :lkj: :lkj: :lkj:

BERANI masuk dimari...???
http://www.laskarislam.com/t122-umur-nabi-isa-berdasarkan-al-quran

ta tungguin...

Wasalam,

trus thread ini gmn.....

:lkj: :lkj: :lkj:

:mon2:
bro ht saudaraku yg saya cintai... sebenarnya yg saya tanyakan cukuplah pada penafsiran "yamuutuu"
dan cukuplah pada nabi yahya ajah yg mana kok tafsir versi saya jadinya "kematian beliow ter-pending.
kok pembahasannya malah melebar...! nyerah jujur ane ini kurang ahli n cakap dalam pengartia / tafsiran AQ.
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Sun Oct 30, 2011 5:30 am

@HT

Silahkan REPLY sajah...postingan terakhir dari bro FM...di Mall sebelah kayaknya ada perasaan canggung...kali aja disini bisa diterusin...pemirsa dah menunggu tuh... :3:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Sun Oct 30, 2011 6:09 am

@mang odoy wrote:@HT

Silahkan REPLY sajah...postingan terakhir dari bro FM...di Mall sebelah kayaknya ada perasaan canggung...kali aja disini bisa diterusin...pemirsa dah menunggu tuh... :3:

forever muslim wrote:Kenapa digunakan Fi'il Mudhori seperti bentuk utk lafadz yamuutu??
yamuutu = fiil mudlori dari MAATA
Yamuutu asalnya yamwutu, harkat dlommah dipindah ke huruf sebelumnya (mim), alasannya karena wawu huruf illat berharkat (bergerak/bekerja), sementara sebelumnya mim huruf shohih malah disukun (didiamkan)... Fi'il mudhori selain istiqbal juga menunjukkan "sesuatu hal" yang sekarang, jadi bisa dipahami siyakul kalam di atas ; dengan….dan "ketika" ia wafat… atau tetap menunjukkan keistiqbalannya sebagai komparasi paralel lafadz "wulida" sebelumnya, karena peristiwa kelahiran paralel dengan kematian... telah lahir lawannya yaitu akan mati.... dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...
untuk lafadz "yub'atsu", saya sih singkat aja, kalau ini pasti istiqbal….

begitu juga pemahaman saya diatas tersebut untuk Qs.19:33

kalimah fi'il (kata kerja) adalah kalimah yg menunjukkan makna dng sendirinya dan disertai zaman madhi(telah terjadi), hal (sedang terjadi) atau istiqbal (yg akan terjadi)=zaman Mudhari'....

apa yg perlu saya REPLY lg ya???? apa yg terjadi terhadap Nabi Yahya bgtu jg terjadi terhadap Nabi Isa.... tdk ada yg kekal, permasalahannya telah terjadi dan akan terjadi.... makanya disini ada ikhtilaf pendapat berdasarkan ilat/ dalil masing2....
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Sun Oct 30, 2011 6:21 am

@atas

siip....gitu dong....kali aja bro FM lewat..Insya Allah ini akan lebih menarik untuk dikaji...

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by forever_muslim on Sun Oct 30, 2011 11:43 pm

saya lewat neh mang odoy he he he.... hanya masalahnya adalah tuan rumah sebagai pembuat thread yg menanyakan hal ini justru belum merespon jawaban2 yg sudah disampaikan padahal sebelumnya sampe mengibarkan bendera putih segala... nah apakah jawaban tsb sudah bisa menjawab pertanyaan TS atau mungkin malah makin membingungkan TS-nya, mari kita tunggu respon dari thread starternya....
avatar
forever_muslim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 181
Join date : 07.10.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Mon Oct 31, 2011 11:13 am

jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Mon Oct 31, 2011 4:18 pm

@BAKUL KOPI wrote:jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:


@forever_muslim wrote: dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

silakan analisa sendiri bung BK..... :D :D
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Mon Oct 31, 2011 4:24 pm

@hamba tuhan wrote:
@BAKUL KOPI wrote:jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:


@forever_muslim wrote: dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

silakan analisa sendiri bung BK..... :D :D
:lkj: :lkj:
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by forever_muslim on Mon Oct 31, 2011 5:18 pm

@BAKUL KOPI wrote:
@hamba tuhan wrote:
@BAKUL KOPI wrote:jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:


@forever_muslim wrote: dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

silakan analisa sendiri bung BK..... :D :D
:lkj: :lkj:
kalo anda berdua mempunyai penafsiran yg lebih baik atau tidak setuju dengan penafsiran saya silahkan disampaikan... kemungkina penafsiran saya salah tentu saja sangat besar, jadi kalo ingin saling berbagi ilmu dipersilahkan.... saya tunggu...
avatar
forever_muslim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 181
Join date : 07.10.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Mon Oct 31, 2011 5:49 pm

@forever_muslim wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@hamba tuhan wrote:
@BAKUL KOPI wrote:jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:


@forever_muslim wrote: dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

silakan analisa sendiri bung BK..... :D :D
:lkj: :lkj:
kalo anda berdua mempunyai penafsiran yg lebih baik atau tidak setuju dengan penafsiran saya silahkan disampaikan... kemungkina penafsiran saya salah tentu saja sangat besar, jadi kalo ingin saling berbagi ilmu dipersilahkan.... saya tunggu...
Sampai saat ini masih sreg dengan pendapat bro FM. :surban: syukron
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Mon Oct 31, 2011 8:45 pm

@forever_muslim wrote:saya lewat neh mang odoy he he he.... hanya masalahnya adalah tuan rumah sebagai pembuat thread yg menanyakan hal ini justru belum merespon jawaban2 yg sudah disampaikan padahal sebelumnya sampe mengibarkan bendera putih segala... nah apakah jawaban tsb sudah bisa menjawab pertanyaan TS atau mungkin malah makin membingungkan TS-nya, mari kita tunggu respon dari thread starternya....

nah gitu dong..... tepuk tangan

mungkin kalo disini anda lebih leluasa untuk berpendapat daripada disebelah....silahkan KUPAS TUNTAS masalah ini...Insya Allah ini akan jadi ibadah bagi anda yang sharing ilmu dimari...pun bagi yang membacanya.
Masalah salah atow benar....yang penting udah berusaha, daripada sekedar TAU dan YAKIN cuman buat diri sendiri...kan MUBADZIR tu ilmu...ya gak....??? :3:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Mon Oct 31, 2011 9:53 pm

@forever_muslim wrote:
@BAKUL KOPI wrote:
@hamba tuhan wrote:
@BAKUL KOPI wrote:jadi yamuutu dlm QS maryam 15 itu wahyu Alloh yg turun pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...? :mon2:


@forever_muslim wrote: dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

silakan analisa sendiri bung BK..... :D :D
:lkj: :lkj:
kalo anda berdua mempunyai penafsiran yg lebih baik atau tidak setuju dengan penafsiran saya silahkan disampaikan... kemungkina penafsiran saya salah tentu saja sangat besar, jadi kalo ingin saling berbagi ilmu dipersilahkan.... saya tunggu...

@forever_muslim wrote:dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah dan terjadinya perintah dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

Bukan saya mau mengkritisi cumen kurang faham aja dgn penjelasan bro FM menurut saya hamba tuhan yg faqir ilmu ini….

1. dan sekali lagi mohon kita ingat bahwa kedua ayat ini adalah tentang kisah Yahya dan Isa as yang dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah…

tanggapan : bener sekali…

2. dan terjadinya perintah..

tanggapan : menurut saya yg msh faqir ilmu ini kayaknya dalam 2 ayat tsb yaitu Qs.19:15 dan Qs.19:33 tidak ada perintah... perintah ada di ayat QS 19 : 12....

3. dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb...

tanggapan : saya jadi bingung neh memahaminya... saya copas lg penjelasan bro FM:

@forever_muslim wrote: jadi Allah SWT menceritakan kepada Rasulullah, pernyataan Allah SWT kepada Yahya as... begitu juga pemahaman yang sama kepada Qs.19:33... hanya disini terdapat perbedaan yaitu Isa as sebagai mutakallimnya dan perkataan Isa as pada saat tersebut disampaikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah....

Mohon dijelaskan bro FM point ke 3 tsb… semoga saya bs memahaminya dgn penjelasan bro FM

4. dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...

tanggapan : bener sekali pernyataan/ permohonan/ perkataan Nabi Isa dan pernyataan ALLAH kpd nabi yahya dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah…dan bener sekali berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by forever_muslim on Wed Nov 02, 2011 5:20 pm

HT wrote:
3. dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb...

tanggapan : saya jadi bingung neh memahaminya... saya copas lg penjelasan bro FM:

forever_muslim wrote: jadi Allah SWT menceritakan kepada Rasulullah, pernyataan Allah SWT kepada Yahya as... begitu juga pemahaman yang sama kepada Qs.19:33... hanya disini terdapat perbedaan yaitu Isa as sebagai mutakallimnya dan perkataan Isa as pada saat tersebut disampaikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah....



Mohon dijelaskan bro FM point ke 3 tsb… semoga saya bs memahaminya dgn penjelasan bro FM

4. dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...
yup anda benar perintah kepada Yahya as terdapat ada ayat2 sebelumnya dalam hal ini pada Qs.19:12 begitu juga dengan Isa as ada ayat 31 sampe 32... konteksnya waktu itukan saya ditanyakan adalah tentang lafal yamuutu pada Qs.19 ayat 15 dan 35, makanya saya hanya menyebut dua ayat tsb, namun sebelumnya juga saya sampaikan juga prolognya dimulai dari dikabulkannya doa Zakaria as yg menginginkan keturunan walaupun dalam usia senja dan bla bla bla ( bisa dilihat lagi dari awal tulisan saya ) sehingga walaupun saya tidak menyebutkan ayat2nya dari uraian saya karena saya fikir buat bro HT dan Mang Odoy yg suka sekali membahas masalah ini pastinya udah mafhumlah dgn ayat-ayatnya walaupun tidak saya sebutkan secara jelas...

demikian, semoga gak bingung lagi.... :3:
avatar
forever_muslim
SERSAN SATU
SERSAN SATU

Posts : 181
Join date : 07.10.11
Reputation : 10

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Thu Nov 03, 2011 10:04 pm

angkattt bleehhh....

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by BAKUL KOPI on Thu Nov 03, 2011 10:27 pm

@mang odoy wrote:angkattt bleehhh....
lol lol
avatar
BAKUL KOPI
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 29
Posts : 757
Location : warkop
Join date : 07.10.11
Reputation : 3

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by mang odoy on Sun Nov 06, 2011 5:34 am

@BAKUL KOPI wrote:
@mang odoy wrote:angkattt bleehhh....
lol lol

:bounce:

mang odoy
KAPTEN
KAPTEN

Posts : 4233
Kepercayaan : Islam
Join date : 11.10.11
Reputation : 83

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by hamba tuhan on Tue Nov 08, 2011 1:15 pm

@forever_muslim wrote:
HT wrote:
3. dan pernyataan Allah SWT kepada kedua Nabi tsb...

tanggapan : saya jadi bingung neh memahaminya... saya copas lg penjelasan bro FM:

forever_muslim wrote: jadi Allah SWT menceritakan kepada Rasulullah, pernyataan Allah SWT kepada Yahya as... begitu juga pemahaman yang sama kepada Qs.19:33... hanya disini terdapat perbedaan yaitu Isa as sebagai mutakallimnya dan perkataan Isa as pada saat tersebut disampaikan oleh Allah SWT kepada Rasulullah....



Mohon dijelaskan bro FM point ke 3 tsb… semoga saya bs memahaminya dgn penjelasan bro FM

4. dan juga pernyataan dari Nabi Isa as... berlangsung pada saat kejadian kedua Nabi tsb masih hidup...
yup anda benar perintah kepada Yahya as terdapat ada ayat2 sebelumnya dalam hal ini pada Qs.19:12 begitu juga dengan Isa as ada ayat 31 sampe 32... konteksnya waktu itukan saya ditanyakan adalah tentang lafal yamuutu pada Qs.19 ayat 15 dan 35, makanya saya hanya menyebut dua ayat tsb, namun sebelumnya juga saya sampaikan juga prolognya dimulai dari dikabulkannya doa Zakaria as yg menginginkan keturunan walaupun dalam usia senja dan bla bla bla ( bisa dilihat lagi dari awal tulisan saya ) sehingga walaupun saya tidak menyebutkan ayat2nya dari uraian saya karena saya fikir buat bro HT dan Mang Odoy yg suka sekali membahas masalah ini pastinya udah mafhumlah dgn ayat-ayatnya walaupun tidak saya sebutkan secara jelas...

demikian, semoga gak bingung lagi.... :3:

nah... gtu donk bro FM, hrs dijelaskan biar gak bingung lg yg membacanya.... jadi bro FM setuju bahwa Qs.19 ayat 15 dan 35 adalah pernyataan/ permohonan/ perkataan Nabi Isa kpd ALLAH dan pernyataan ALLAH kpd nabi yahya dikisahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah???? biar gada yg bingung lg neh...... :D :D
avatar
hamba tuhan
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 1666
Kepercayaan : Islam
Location : Aceh - Pekanbaru
Join date : 07.10.11
Reputation : 17

Kembali Ke Atas Go down

Re: QS Maryam 15

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik