FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Halaman 17 dari 19 Previous  1 ... 10 ... 16, 17, 18, 19  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by keroncong on Fri Mar 25, 2016 6:20 am

First topic message reminder :

Yak 2:14-26 - “(14) Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? (15) Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, (16) dan seorang dari antara kamu berkata: ‘Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!’, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? (17) Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. (18) Tetapi mungkin ada orang berkata: ‘Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan’, aku akan menjawab dia: ‘Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.’ (19) Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. (20) Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? (21) Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? (22) Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. (23) Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’ (24) Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. (25) Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain? (26) Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati”.
 

I) Pertentangan antara Yakobus dengan Paulus.

 
Kalau kita sudah pernah membaca surat-surat Paulus, maka kita akan melihat bahwa kelihatannya bagian surat Yakobus ini ber­tentangan dengan banyak bagian surat-surat Paulus.
Contoh:
·         Ro 3:28 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:24.
Ro 3:28 - “Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat”.
Yak 2:24 - “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
·         Ro 4:1-4 dan Gal 3:6 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:21.
Ro 4:1-4 - “(1) Jadi apakah akan kita katakan tentang Abraham, bapa leluhur jasmani kita? (2) Sebab jikalau Abraham dibenarkan karena perbuatannya, maka ia beroleh dasar untuk bermegah, tetapi tidak di hadapan Allah. (3) Sebab apakah dikatakan nas Kitab Suci? ‘Lalu percayalah Abraham kepada Tuhan, dan Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ (4) Kalau ada orang yang bekerja, upahnya tidak diperhitungkan sebagai hadiah, tetapi sebagai haknya”.
Gal 3:6 - “Secara itu jugalah Abraham percaya kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran”.
Yak 2:21 - “Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?”.
·         Ef 2:8-9 kelihatannya bertentangan dengan Yak 2:24.
Ef 2:8-9 - “(8) Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, (9) itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri”.
Yak 2:24 - “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
 
Juga kelihatannya Ibr 11:31 bertentangan dengan Yak 2:25.
Ibr 11:31 - “Karena iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik”.
Yak 2:25 - “Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?”.
 
Bagian surat Yakobus ini menyebabkan adanya tokoh-tokoh Kristen yang merendahkan surat Yakobus ini.
 
¨       Martin Luther berkata tentang surat Yakobus sebagai berikut: “a right strawy epistle, for it has no true evangelical character” (= surat jerami, karena surat ini tidak mempunyai sifat injili yang benar).
Adam Clarke: “Luther, supposing that James did actually teach the doctrine of justification by works, which his good sense showed him to be absolutely insufficient for salvation, was led to condemn the letter ‘in toto’, as a production unauthenticated by the Holy Spirit, and consequently worthy of no regard; he therefore termed it epistola straminea, a chaffy letter, an letter of straw, fit only to be burnt” [= Luther, yang menganggap bahwa Yakobus betul-betul mengajarkan doktrin pembenaran oleh perbuatan baik, yang pengertiannya yang baik telah menunjukkan kepadanya sebagai mutlak tidak cukup untuk keselamatan, dibimbing untuk mengecam surat ini IN TOTO (?), sebagai bukan hasil yang asli oleh Roh Kudus, dan karena itu tidak layak dihormati; karena itu ia memberinya istilah epistola straminea, suatu surat yang bersikap sekam, suatu surat dari jerami, yang hanya cocok untuk dibakar].
Catatan: saya tidak tahu arti dari kata-kata bahasa Latin ‘in toto’. Mungkin artinya adalah ‘secara keseluruhan’; jadi maksudnya ‘seluruh surat Yakobus’.
 
¨       Philip Melanchton berkata: “‘faith justifies’ and ‘faith does not justify’ are plain contradiction. Whoever can reconcile them, on him I will put my cap, and allow him to call me a fool” (= ‘iman membenarkan’ dan ‘iman tidak membenarkan’ adalah kontradiksi yang nyata. Siapapun dapat memperdamaikan mereka, padanya aku akan memakaikan topi, dan mengijinkannya menyebutku orang *kata disensor By Admin*).
 
Ada beberapa hal yang perlu dimengerti untuk bisa memperdamai­kan / mengharmoniskan Paulus dan Yakobus:
 
1)   Adanya perbedaan tujuan.
Paulus menuliskan suratnya untuk orang-orang yang terpengaruh oleh ajaran Yahudi yang menekankan keselamatan karena perbuatan baik.
Bdk. Kis 15:1-2 - “(1) Beberapa orang datang dari Yudea ke Antiokhia dan mengajarkan kepada saudara-saudara di situ: ‘Jikalau kamu tidak disunat menurut adat istiadat yang diwariskan oleh Musa, kamu tidak dapat diselamatkan.’ (2) Tetapi Paulus dan Barnabas dengan keras melawan dan membantah pendapat mereka itu. Akhirnya ditetapkan, supaya Paulus dan Barnabas serta beberapa orang lain dari jemaat itu pergi kepada rasul-rasul dan penatua-penatua di Yerusalem untuk membicarakan soal itu”.
Karena itu Paulus justru mene­kankan habis-habisan bahwa hanya imanlah yang menyebabkan kita diselamatkan (Gal 2:16,21  Ef 2:8-9).
Tetapi Yakobus menulis kepada orang-orang yang sekalipun mengaku sebagai orang kristen, tetapi hidupnya sama sekali tidak mirip hidup kristen. Karena itu ia justru menekankan perbuatan baik.
 
2)   Adanya perbedaan penggunaan istilah.
 
a)         Istilah ‘pekerjaan / perbuatan baik’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini maka ia memaksudkannya sebagai sesuatu yang digunakan untuk menyelamatkan diri kita. Karena itu maka ia berkata bahwa perbuatan baik tidak diperlukan (yang menyebabkan kita selamat hanyalah iman!).
Tetapi kalau Yakobus menggunakan istilah ini, ia memaksud­kannya sebagai akibat / hasil dari keselamatan. Karena itu ia mengatakan bahwa perbuatan baik harus ada dalam diri orang kristen.
 
b)         Istilah ‘iman / percaya’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini, maka ia menunjuk pada iman kepada Yesus Kristus.
Tetapi kalau Yakobus menggunakan istilah ini, maka ia memaksudkan ‘pengakuan percaya dengan mulut’ (bdk. ay 14 - ‘seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman’).
Calvin: it appears from the first words, that he speaks of false profession of faith: for he does not begin thus, ‘If any one has faith;’ but, ‘If any says that he has faith;’ by which he certainly intimates that hypocrites boast of the empty name of faith, which really does not belong to them” [= kelihatan dari kata-kata pertama, bahwa ia (Yakobus) berbicara tentang pengakuan iman yang palsu: karena ia tidak memulai demikian, ‘Jika seorang mempunyai iman’; tetapi ‘Jika seorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman’; dengan mana ia pasti mengisyaratkan bahwa orang-orang munafik membanggakan tentang nama / sebutan yang kosong dari iman, yang sesungguhnya bukan milik mereka].
 
c)         Istilah ‘dibenarkan’.
Kalau Paulus menggunakan istilah ini, maka artinya adalah ‘orangnya dibenarkan oleh Allah’.
Tetapi kalau Yakobus memakai istilah ini, maka maksudnya adalah ‘pengakuan orang itu yang dibenarkan’ (artinya: pengakuannya benar / tidak dusta).
 
Catatan:
1.   Kita harus membedakan arti dari istilah-istilah ini, karena kalau tidak, maka kita akan betul-betul mendapatkan kontradiksi yang tidak terhamoniskan antara Yakobus dan Paulus.
2.   Kalau saudara mau mengerti Yak 2:14-26 ini dengan benar, maka adalah sesuatu yang mutlak penting bagi saudara untuk mengingat dengan baik cara Yakobus menggunakan istilah-istilah di atas!
 
Kesimpulan:
Dalam Yak 2:14-26 ini Yakobus punya satu tujuan pengajaran: pengakuan percaya tidak boleh / tidak bisa dipisahkan dari perbuatan baik. Sebaliknya pengakuan percaya harus dibuktikan kebenarannya melalui perbuatan baik.
Mungkin ia menuliskan bagian ini untuk memberi keseimbangan terhadap doktrin salvation by faith (= keselamatan oleh iman) yang diajarkan oleh Paulus.
 
Calvin: When Paul says that we are justified by faith, he means no other thing than that by faith we are counted righteous before God. But James has quite another thing in view, even to shew that he who professes that he has faith, must prove the reality of his faith by his works” (= Ketika Paulus mengatakan bahwa kita dibenarkan oleh iman, ia memaksudkan tidak lain dari bahwa oleh iman kita dianggap benar di hadapan Allah. Tetapi Yakobus menujukan pandangannya pada hal yang lain, yaitu untuk menunjukkan bahwa ia yang mengaku bahwa ia mempunyai iman, harus membuktikan realita dari imannya oleh pekerjaan / perbuatan baiknya).
 
Adam Clarke: “Learned men have spent much time in striving to reconcile these two writers, and to show that Paul and James perfectly accord; one teaching the pure doctrine, the other guarding men against the abuse of it” (= Orang-orang terpelajar telah menghabiskan banyak waktu dalam pergumulan untuk mendamaikan kedua penulis ini, dan untuk menunjukkan bahwa Paulus dan Yakobus sesuai secara sempurna; yang satu mengajarkan doktrin yang murni, yang lain menjaga orang-orang dari penyalah-gunaan doktrin itu).
 
Jamieson, Fausset & Brown: “At all events the Holy Spirit by James combats, not Paul, but those who abuse Paul’s doctrine” (= Bagaimanapun / apapun yang terjadi, Roh Kudus oleh Yakobus, bukan melawan Paulus, tetapi melawan mereka yang menyalah-gunakan doktrin / ajaran Paulus).
 
Kemungkinan yang lain adalah: ia menuliskan ini untuk memberi keseimbangan terhadap tulisannya sendiri tentang ‘hukum yang memerdekakan’ (Yak 1:25  2:12). Dengan demikian secara keselu­ruhan ia mengajarkan bahwa sekalipun orang kristen sudah dimer­dekakan dari dosa oleh iman kepada Kristus, itu tidak boleh diartikan bahwa orang kristen lalu merdeka untuk berbuat dosa!
 

II) Iman / pengakuan tanpa perbuatan.

 
1)   Yakobus berkata bahwa ‘iman / pengakuan percaya tanpa perbu­atan’ tidak menyelamatkan (ay 14).
Untuk ini ia memberikan suatu illustrasi dalam ay 15-16: “(15) Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, (16) dan seorang dari antara kamu berkata: ‘Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!’, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?”.
Saya berpendapat bahwa dari illustrasi yang digunakan oleh Yakobus ini terlihat bahwa ia tidak bermaksud untuk mengajarkan doktrin sesat ‘salvation by works’ (= keselamatan oleh perbuatan baik), karena illustrasi yang ia berikan intinya adalah ‘kata-kata tanpa tindakan, tidak ada gunanya’. Jadi, dalam realitanya, ‘pengakuan iman (bukan ‘iman itu sendiri’), tanpa tindakan / perbuatan, tidak ada gunanya’.
 
2)   Yakobus juga berkata bahwa iman seperti itu adalah mati / kosong (ay 17,20,26).
Ay 17,20,26: “(17) Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati. ... (20) Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang, bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? ... (26) Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati”.
Ini tidak berarti bahwa mula-mula imannya ada / hidup, lalu menjadi mati.
Artinya adalah bahwa pengakuan orang itu adalah pengakuan yang kosong, dan ini jelas menunjukkan bahwa orang itu sebetulnya sama sekali tidak mempunyai iman! Karena itu imannya tidak bisa ditunjukkan. Bdk. ay 18: “Tetapi mungkin ada orang berkata: ‘Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan’, aku akan menjawab dia: ‘Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.’”.
 
Dalam ay 18 ini Yakobus membandingkan 2 orang:
 
a)   Orang yang pertama (yaitu Yakobus sendiri) mempunyai iman dan perbuatan.
Kata-kata ‘padaku ada perbuatan’ (ay 18a) tidak boleh diartikan seakan-akan ia hanya mempunyai perbuatan tetapi tidak mempunyai iman, karena ini adalah suatu keadaan yang tidak mungkin terjadi, dan juga ini bertentangan dengan ay 18b yang mengatakan ‘aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku’.
Dari kata-kata dalam ay 18b itu juga jelas bahwa orang ini bisa menunjukkan imannya!
 
b)   Orang yang kedua hanya mempunyai iman / pengakuan. Orang ini tidak bisa menunjukkan imannya, karena memang tidak ada!
 
3)   Yakobus menyamakan iman seperti itu dengan ‘imannya setan’ (ay 19)!
Ay 19: “Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar”.
Kepercayaan terhadap adanya satu Allah adalah kepercayaan yang benar. Tetapi bagi setan, kepercayaannya akan adanya satu Allah itu sama sekali tidak menghasilkan hidup yang benar! (Catatan: kepercayaan itu hanya menyebabkan ia geme­tar! Ini menunjukkan bahwa pengetahuan yang benar tentang Allah, kalau tidak disertai dengan penebusan, hanya mengha­silkan rasa takut!).
Jadi jelas bahwa orang yang mengaku beriman, tetapi tidak membuktikan imannya dengan perbuatan baik, tidak berbeda dengan setan!
 
Kesimpulan dari 3 hal di atas:
 
Kalau seseorang mengaku percaya, tetapi tidak ada perbuatan baik dalam hidupnya, maka ia sebetulnya bukan orang kristen! Perhatikan cara Yakobus menyebut orang itu! Ia tidak pernah menyebutnya sebagai ‘saudara’, tetapi ia menyebutnya ‘seorang’ (ay 14), atau ‘orang’ (ay 18), atau ‘manusia’ (ay 20).
 
Penerapan: Apakah ada perubahan hidup ke arah yang positif dalam diri saudara? Apakah saudara berusaha untuk bisa hidup lebih suci? Apakah saudara membenci dosa dan berusaha membuangnya dari hidup saudara?
 
John Owen: “I do not understand how a man can be a true believer unto whom sin is not the greatest burden, sorrow and trouble” (= Saya tidak mengerti bagaimana seseorang bisa merupakan orang kristen yang sejati, kalau bagi dia dosa bukanlah beban, kesedihan dan kesukaran yang terbesar).
 

III) Orang yang membuktikan iman dengan perbuatan baik.

 
1)   Abraham (ay 21-24).
Ay 21-24: “(21) Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? (22) Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. (23) Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’ (24) Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
 
a)   Ay 21:        “Bukankah Abraham, bapa kita, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah?”.
Ini tidak boleh diartikan seakan-akan Abraham dibenarkan karena perbuatannya yaitu pada waktu ia mempersembahkan Ishak.
Alasannya:
1.   Persembahan itu dikatakan merupakan bukti iman Abraham (Ibr 11:17-19).
Ibr 11:17-19 - “(17) Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal, (18) walaupun kepadanya telah dikatakan: ‘Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu.’ (19) Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali”.
Kata-kata ‘Karena iman’ pada awal Ibr 11:17, oleh KJV/RSV/NIV/NASB diterjemahkan ‘by faith’ (= oleh iman).
Jadi, text ini jelas menunjukkan bahwa imannya ada lebih dulu dan baru setelah itu ia mempersembahkan Ishak.
2.   Abraham dibenarkan karena imannya (ay 23  bdk. Kej 15:6) dan ini terjadi lebih kurang 30 tahun sebelum ia mempersembahkan Ishak (Kej 22).
Ay 23: “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’”.
Kej 15:5-6 - “(5) Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: ‘Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.’ Maka firmanNya kepadanya: ‘Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.’ (6) Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.
 
Jadi, arti ayat ini adalah: persembahan Abraham itu adalah perbuatan baik yang membuktikan iman Abraham / membenarkan pengakuan Abraham bahwa ia adalah orang beriman.
 
b)   Ay 22: “Kamu lihat, bahwa iman bekerjasama dengan perbuatan-perbuatan dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna”.
Artinya: iman / pengakuan saja tidaklah cukup. Pengakuan + perbuatan baik barulah sempurna, artinya: ini adalah iman yang sempurna / sungguh-sungguh.
Calvin: It is said to have been perfected by works, not because it received thence its own perfection, but because it was thus proved to be true” (= Dikatakan bahwa iman disempurnakan oleh perbuatan-perbuatan, bukan karena iman itu menerima kesempurnaanya sendiri dari sana, tetapi karena dengan demikian iman itu dibuktikan sebagai benar).
 
c)   Ay 23: “Dengan jalan demikian genaplah nas yang mengatakan: ‘Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka Allah memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.’ Karena itu Abraham disebut: ‘Sahabat Allah.’”.
Perhatikan kata-kata ‘genaplah nas yang mengatakan’. Artinya: dengan adanya persembahan Ishak itu kelihatanlah bahwa Kej 15:6 adalah benar.
 
d)   Ay 24: “Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman”.
Kata-kata ‘manusia dibenarkan’, artinya adalah: ia dibenarkan pengakuannya, atau tidak dianggap munafik.
 
2)   Rahab (ay 25).
Ay 25: “Dan bukankah demikian juga Rahab, pelacur itu, dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya, ketika ia menyembunyikan orang-orang yang disuruh itu di dalam rumahnya, lalu menolong mereka lolos melalui jalan yang lain?”.
 
a)   Ay 25 yang berbicara tentang Rahab ini, bukan merupakan contoh keselamatan karena perbuatan baik, tetapi keselamatan karena iman, yang dibuktikan dengan perbuatan baik.
 
Jamieson, Fausset & Brown: “Rahab’s act was such that it cannot be quoted to prove justification by works as such. She believed assuredly what her other countrymen disbelieved, and this in the face of every improbability that an unwarlike few would conquer well-armed numbers. In this belief she hid the spies at the risk of her life. Hence, Heb 11:31 names this as an example of faith, rather than of obedience” (= Tindakan Rahab adalah sedemikian rupa sehingga itu tidak bisa dikutip untuk membuktikan pembenaran oleh perbuatan baik saja. Ia percaya secara pasti apa yang orang-orang senegaranya yang lain tidak percaya, dan ini di hadapan setiap ketidak-mungkinan bahwa sedikit orang-orang yang tidak suka perang akan mengalahkan sejumlah besar orang-orang yang bersenjata lengkap. Dalam kepercayaan ini ia menyembunyikan mata-mata itu dengan resiko nyawanya. Karena itu, Ibr 11:31 menyebutkan ini sebagai contoh dari iman, dari pada contoh dari perbuatan baik).
 
Ibr 11:31 - Karena (Oleh) iman maka Rahab, perempuan sundal itu, tidak turut binasa bersama-sama dengan orang-orang durhaka, karena ia telah menyambut pengintai-pengintai itu dengan baik”.
Catatan: Sama seperti dalam kasus Ibr 11:17 di atas, kata-kata ‘karena iman’ pada awal Ibr 11:31, oleh KJV/RSV/NIV/NASB diterjemahkan ‘by faith’ (= oleh iman).
 
b)   Sekarang Yakobus mengambil orang yang sangat kontras dengan Abraham. Kalau Abraham adalah seorang laki-laki, maka Rahab adalah seorang perempuan. Kalau Abraham adalah nenek moyang bangsa Israel, maka Rahab adalah orang kafir. Kalau Abraham adalah orang yang terhormat, maka Rahab adalah seorang pelacur!
Mengapa Yakobus mengambil contoh orang seperti Rahab? Karena kalau contohnya hanya orang seperti Abraham maka mungkin orang akan berkata: ‘Itu kan Abraham, dia orang luar biasa. Saya tidak bisa seperti dia’. Supaya orang tidak bisa berkata seperti ini, Yakobus mengambil contoh Rahab. Rahab adalah orang kafir, dan terlebih lagi dia adalah seorang pelacur! Tetapi setelah bertobat, ia termasuk orang yang membuktikan imannya dengan perbuatan baik (bdk. Yos 2:1-7).
 
Calvin: It seems strange that he connected together those who were so unlike. ... Why did he prefer a harlot to all others? he designedly put together two persons so different in their character, in order more clearly to shew, that no one, whatever may have been his or her condition, nation, or class in society, has ever been counted righteous without good works. ... Whosoever, then, seeks to be counted righteous, though he may even be among the lowest, must yet shew that he is such by good works” (= Kelihatannya aneh bahwa ia menghubungkan mereka yang begitu berbeda. ... Mengapa ia lebih memilih seorang pelacur dari pada semua orang lain? ia dengan terencana menggabungkan dua orang yang begitu berbeda dalam karakter mereka, untuk menunjukkan dengan lebih jelas, bahwa tidak seorangpun, apapun kondisi, bangsa, atau golongannya dalam masyarakat, pernah dianggap benar tanpa perbuatan baik. ... Maka, siapapun berusaha untuk dianggap benar, sekalipun ia ada di antara orang-orang yang paling rendah, tetap harus menunjukkan oleh perbuatan baik bahwa ia adalah orang seperti itu).
 
c)   Memang perbuatan baik Rahab tidak sempurna, karena mengan­dung dusta / dosa. Tetapi harus diingat hal-hal ini:
1.   Ia adalah orang kafir, yang sama sekali tidak mempunyai pengertian Firman Tuhan.
2.   Ia adalah seorang pelacur.
3.   Ia adalah seorang petobat baru, sehingga sukar diharapkan bisa melakukan perbuatan baik yang sempurna.
4.   Perbuatan baiknya saat itu, dimana ia menyembunyikan mata-mata Israel terhadap tentara Yerikho, mempunyai resiko tinggi.
 
Jadi, sekalipun perbuatan baiknya mengandung dusta / dosa, itu tetap dianggap sebagai perbuatan baik yang membuktikan imannya!
Dengan adanya contoh Rahab ini terlihat dengan jelas, bahwa siapapun orang yang beriman itu, kalau ia memang betul-betul beriman, ia pasti melakukan perbuatan-perbuatan baik sebagai buah / bukti imannya.
 

Penutup.

 
William Hendriksen: “Good works have never saved anybody. Yet without them no one has a right to claim that he is a Christian” (= Perbuatan baik tidak pernah menyelamatkan siapapun. Tetapi tanpa perbuatan baik tidak seorangpun mempunyai hak untuk mengclaim bahwa ia adalah orang Kristen) - ‘Romans’, hal 114.
 
Juga ada semacam semboyan yang berbunyi sebagai berikut: “We are justified by faith alone, but not by faith that is alone” [= Kita dibenarkan oleh iman saja, tetapi bukan oleh iman yang sendirian (tanpa perbuatan baik)].
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 63
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down


Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 10:10 am

Ciee... ciee..
Si nduss udah kehabisan argumen, mw ngajakin OOT.
An Nisaa dibawa2, sampe kedokteran bedah kulup juga dibawa2..
Kesian si nduss. wkwkwk...
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 20, 2016 10:16 am

untuk nyumpel ini Ndul..
(QS An Nisaa : 82) ...Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat PERTENTANGAN yang banyak di dalamnya."

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 10:28 am

Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 20, 2016 10:39 am


1 ayat menimbulkan pertentangan, itu lebih parah Ndul
apalagi + gak ada sunat + gak ada solat + gak ada haji

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 10:58 am

Maksudnya mw skakster tapi udah kena skakmat duluan.
Nduss puyeng. Ngiahahahaha....
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 20, 2016 11:04 am

1 ayat aja sumber pertentangan..
+ gak ada sunat + gak ada solat + gak ada puasa
masih cuap2 sempurna tanpa pertentangan Ndul?
ke rsj sono!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 11:38 am

Maksudnya mw skakster, tapi udah kena skakmat duluan.
Nduss puyeng, sampe minta dirawat di RSJ.
Ngiahahahaha....
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 11:40 am

UP... UP..
Jangan sampe tenggelam, gara si nduss.
@YADAH wrote:1. penebusan dosa dgn darah di HT, menjadi sempurnah dgn kematianNya
Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
2. gk salah tuh, bukankah supaya dilihat orang, & orang yg melihat itu terpanggil ikut Tuhan, kenapa dibolak-balik padahal ayat yg ditampilin udah bener
3. krn waktu itu, bahasa nasional bahkan bahasa internasional adalah bahasa Yunani, ditulis dlm bahasa nasional/internasional biar bisa dimengerti oleh banyak orang
a. brdasarkan argumenmu, berarti ilahmu ngeyel dgn ketidakmampuan menjaga kitabnya sendiri, trus kapan, oleh siapa, dimana corat coret/bolong itu terjadi/dilakukan ?
b. yg saya tanyakan, apakah Allah mengajarkan hal-hal yg "tidak sempurnah" ?
c.teks kritiknya seperti apa, prosesnya bgmana, oleh siapa ?, kasih satu contoh saja.
- Yesus melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang, kenapa bukan bagi seluruh manusia?? Bahkan Yesus sendiri TIDAK berhak menentukan siapapun agar dapat mendampinginya di sorga. Karena itu adalah hak bapa untuk menentukan. Apalagi untuk menebus dosa seluruh manusia. (Mat 20:23).

"menyerahkan nyawa" bukan dalam arti harfiah menjadi tumbal penebus dosa. Tapi bagaikan seorang pahlawan yang rela mati demi bangsanya.
20:25 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.
20:26 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,  
20:27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;
20:28 SAMA seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
Perkataan Yesus ini mengenai permintaan ibu Yakobus dan Yohanes agar anaknya masuk sorga. Bahwa yang menentukan itu adalah amal perbuatan dan pelayanan kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan.

2. Kalo kurang JELAS, baca aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."

3. Lha, Yesus sendiri MELARANG murid2nya pergi kenegeri orang samaria atw menyimpang ke bangsa lain?? Mana mungkin ajarannya ditulis dalam bahasa ASING, dengan alasan bahasa nasional/internasional?? wkwkwkwk...
ketawa guling

a. Yg dijaga itu al Quran final testament. Kitab sebelumnya ngga.
b. Khan udah gw bilang sempurna bagi kaum tertentu, tapi tidak sempurna bagi seluruh manusia.
c. Semuanya oleh Allah langsung.
QS Ibrahim :4 "Kami tidak mengutus seorang utusan-pun, melainkan dengan bahasa kaumnya.
(QS An Nisaa : 82) ...Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat PERTENTANGAN yang banyak di dalamnya."
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 20, 2016 12:50 pm


(QS An Nisaa : 82) ...Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat PERTENTANGAN yang banyak di dalamnya."

terbukti asal nyeplos..
isa disalib atau tidak terjadi PERTENTANGAN

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 3:08 pm

Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by YADAH on Mon Jun 20, 2016 5:12 pm

@RHCP wrote:UP... UP..
Jangan sampe tenggelam, gara si nduss.
@YADAH wrote:1. penebusan dosa dgn darah di HT, menjadi sempurnah dgn kematianNya
Mat. 20:28 sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
2. gk salah tuh, bukankah supaya dilihat orang, & orang yg melihat itu terpanggil ikut Tuhan, kenapa dibolak-balik padahal ayat yg ditampilin udah bener
3. krn waktu itu, bahasa nasional bahkan bahasa internasional adalah bahasa Yunani, ditulis dlm bahasa nasional/internasional biar bisa dimengerti oleh banyak orang
a. brdasarkan argumenmu, berarti ilahmu ngeyel dgn ketidakmampuan menjaga kitabnya sendiri, trus kapan, oleh siapa, dimana corat coret/bolong itu terjadi/dilakukan ?
b. yg saya tanyakan, apakah Allah mengajarkan hal-hal yg "tidak sempurnah" ?
c.teks kritiknya seperti apa, prosesnya bgmana, oleh siapa ?, kasih satu contoh saja.
- Yesus melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang, kenapa bukan bagi seluruh manusia?? Bahkan Yesus sendiri TIDAK berhak menentukan siapapun agar dapat mendampinginya di sorga. Karena itu adalah hak bapa untuk menentukan. Apalagi untuk menebus dosa seluruh manusia. (Mat 20:23).

"menyerahkan nyawa" bukan dalam arti harfiah menjadi tumbal penebus dosa. Tapi bagaikan seorang pahlawan yang rela mati demi bangsanya.
20:25 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.
20:26 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,  
20:27 dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;
20:28 SAMA seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang."
Perkataan Yesus ini mengenai permintaan ibu Yakobus dan Yohanes agar anaknya masuk sorga. Bahwa yang menentukan itu adalah amal perbuatan dan pelayanan kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan.

2. Kalo kurang JELAS, baca aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."

3. Lha, Yesus sendiri MELARANG murid2nya pergi kenegeri orang samaria atw menyimpang ke bangsa lain?? Mana mungkin ajarannya ditulis dalam bahasa ASING, dengan alasan bahasa nasional/internasional?? wkwkwkwk...
ketawa guling

a. Yg dijaga itu al Quran final testament. Kitab sebelumnya ngga.
b. Khan udah gw bilang sempurna bagi kaum tertentu, tapi tidak sempurna bagi seluruh manusia.
c. Semuanya oleh Allah langsung.
QS Ibrahim :4 "Kami tidak mengutus seorang utusan-pun, melainkan dengan bahasa kaumnya.
(QS An Nisaa : 82) ...Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur’an? Kalau kiranya Al Qur’an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat PERTENTANGAN yang banyak di dalamnya."
1.bagi banyak orang atau seluruh manusia sama aja pak guru
Mat. 20:28 jelas koq ... Anak Manusia datang ...untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang, bukan amal solehnya manusia, terlepas ente mau ngimani apa gak
2. lha iya, gak harus berpamer ria dihadapan Tuhan, Tuhan Maha Tahu
3. Mat. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku ...

a,b,c...terima kasih pak guru atas usaha anda tidak menjawab seperti yg aku maksudkan. langsung aza, mari kita uji 1 contoh kasus. Kejadian Pasal 1, silahkan Alquran mengkritisi & menyempurnahkan, bawa dimari





YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Mon Jun 20, 2016 7:07 pm

@RHCP wrote:Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling

lha ini malah SUMBER PERTENTANGAN..
gak ada sunat, gak ada solat, gak ada puasa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 8:52 pm

@YADAH wrote:
1.bagi banyak orang atau seluruh manusia sama aja pak guru
Mat. 20:28 jelas koq ... Anak Manusia datang ...untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang, bukan amal solehnya manusia, terlepas ente mau ngimani apa gak
2.  lha iya, gak harus berpamer ria dihadapan Tuhan, Tuhan Maha Tahu
3. Mat. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku ...  

a,b,c...terima kasih pak guru atas usaha anda tidak menjawab seperti yg aku maksudkan. langsung aza, mari kita uji 1 contoh kasus. Kejadian Pasal 1, silahkan Alquran mengkritisi & menyempurnahkan, bawa dimari

- BEDA dong...!! Baca ayat sebelumnya Yesus bicarain apaan?? Bahkan Yesus sendiri TIDAK berhak menentukan siapapun agar dapat mendampinginya di sorga. Karena itu adalah hak bapa untuk menentukan. Apalagi untuk menebus dosa seluruh manusia.

Perkataan Yesus ini mengenai permintaan ibu Yakobus dan Yohanes agar anaknya masuk sorga. Bahwa yang menentukan itu adalah amal perbuatan dan pelayanan kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan.

2. Justru karena Tuhan Maha TAHU, maka loe HARUS "pamer" kepada TUHAN. Dengan begitu, saat loe "pamer" kepada manusia, loe ngga akan merasa SOMBONG dan ingin dipuji MANUSIA. Karena TUJUAN loe beribadah hanya DEMI memuliakan Tuhan. Dan agar orang yg melihat AKAN ikut memuliakan Tuhan. Kalo masih kurang JELAS, baca aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."

3. Lha, jadi ada kontradiksi dong?? Ayo mana yang bener?? wkwkwkwk...
ketawa guling

(a.b.c) you're welcome, then. wkwkwk.
Tapi sebelum loe jauh2 sono-sini, bisa ngga loe membuktikan kalo kitab kejadian itu BENAR2 ditulis oleh Musa himself??
ehmm
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Mon Jun 20, 2016 8:58 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling

lha ini malah SUMBER PERTENTANGAN..
gak ada sunat, gak ada solat, gak ada puasa
Typical si nduss. APLOS, ASAL NYEPLOS.
Ntar kalo udah gw kasih dalilnya, nduss biasanya mingkem atw ngeyel tanpa argumen/dalil.
wkwkwk...
usil

avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by YADAH on Tue Jun 21, 2016 3:26 am

@RHCP wrote:
@YADAH wrote:
1.bagi banyak orang atau seluruh manusia sama aja pak guru
Mat. 20:28 jelas koq ... Anak Manusia datang ...untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang, bukan amal solehnya manusia, terlepas ente mau ngimani apa gak
2.  lha iya, gak harus berpamer ria dihadapan Tuhan, Tuhan Maha Tahu
3. Mat. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku ...  

a,b,c...terima kasih pak guru atas usaha anda tidak menjawab seperti yg aku maksudkan. langsung aza, mari kita uji 1 contoh kasus. Kejadian Pasal 1, silahkan Alquran mengkritisi & menyempurnahkan, bawa dimari

- BEDA dong...!! Baca ayat sebelumnya Yesus bicarain apaan?? Bahkan Yesus sendiri TIDAK berhak menentukan siapapun agar dapat mendampinginya di sorga. Karena itu adalah hak bapa untuk menentukan. Apalagi untuk menebus dosa seluruh manusia.

Perkataan Yesus ini mengenai permintaan ibu Yakobus dan Yohanes agar anaknya masuk sorga. Bahwa yang menentukan itu adalah amal perbuatan dan pelayanan kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan.

2. Justru karena Tuhan Maha TAHU, maka loe HARUS "pamer" kepada TUHAN. Dengan begitu, saat loe "pamer" kepada manusia, loe ngga akan merasa SOMBONG dan ingin dipuji MANUSIA. Karena TUJUAN loe beribadah hanya DEMI memuliakan Tuhan. Dan agar orang yg melihat AKAN ikut memuliakan Tuhan. Kalo masih kurang JELAS, baca aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."

3. Lha, jadi ada kontradiksi dong?? Ayo mana yang bener?? wkwkwkwk...
ketawa guling

(a.b.c) you're welcome, then. wkwkwk.
Tapi sebelum loe jauh2 sono-sini, bisa ngga loe membuktikan kalo kitab kejadian itu BENAR2 ditulis oleh Musa himself??
ehmm
1. yg diminta masuk kerajaannya Yesus (sorga) ... Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu
2. otomatis Tuhan tahu, sejelas di ayat yg ente tampilin kenape diplintir, hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, supaya dgn melihat perbuatan kita itu, orang mau ikut Tuhan
3. tidak ada yg kontradiksi

a.b,c ... kitab kejadian (Kej. 1) ditulis oleh Musa, silahkan ajukan argumen bukti pengujian alquran

YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 21, 2016 6:42 am

@RHCP wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling

lha ini malah SUMBER PERTENTANGAN..
gak ada sunat, gak ada solat, gak ada puasa
Typical si nduss. APLOS, ASAL NYEPLOS.
Ntar kalo udah gw kasih dalilnya, nduss biasanya mingkem atw ngeyel tanpa argumen/dalil.
wkwkwk...
usil


isa or orang lain Ndul??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Tue Jun 21, 2016 1:02 pm

@YADAH wrote:
1. yg diminta masuk kerajaannya Yesus (sorga) ... Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu
2. otomatis Tuhan tahu, sejelas di ayat yg ente tampilin kenape diplintir, hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, supaya dgn melihat perbuatan kita itu, orang mau ikut Tuhan
3. tidak ada yg kontradiksi

a.b,c ... kitab kejadian (Kej. 1) ditulis oleh Musa, silahkan ajukan argumen bukti pengujian alquran
1. Kenapa sih loe ngga tampilin ayat2nya semua?? Takut TERGUNCYANG loe, ya?? wkwkwk
20:23 Yesus berkata kepada mereka: "Cawan-Ku memang akan kamu minum, tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa Bapa-Ku telah menyediakannya."
Bahwa yang menentukan masuk sorga itu adalah TINGKAT amal perbuatan dan TINGKAT pelayanan manusia kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan. Dan Hanya bapa yg berhak menentukannya.

Loe udah bisa BEDAIN antara "BANYAK orang" dengan "SEMUA orang", apa BELOM...?? ngiahahaha.
usil

2. Kaga ada yg gw pelintir, gw cuma pertegas maknanya. Baca2 aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."
Karena TUJUAN beribadah hanya DEMI memuliakan Tuhan. Dan agar orang yg melihat AKAN ikut memuliakan Tuhan.

3. Lha, gimana sih... Jelas2 ada kontradiksi, kok??
Suatu saat, Yesus perintahkan jangan ke luar domba israel, TAPI lain waktu Yesus juga perintahkan keseluruh dunia??
Ayo, MANA yang BENER?? wkwkwkwk...
ketawa guling

Khan loe sendiri bilang jangan asal klaim/proklaim...
Jadi, APA BUKTINYA kalo kitab kejadian itu BENAR2 ditulis oleh Musa himself??
Silakan loe BUKTIKAN dulu.. bawa dimari bukti2nya.
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Tue Jun 21, 2016 1:03 pm

@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:
@SEGOROWEDI wrote:
@RHCP wrote:Lha khan udah dijelasin yang dimaksud pertentangan itu adalah antar ayat2 al Quran. Emangnya ada ayat lain di al Quran yang bertentangan dan menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh?? MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk
usil

Kesian bgt si nduss.
Mw mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling

lha ini malah SUMBER PERTENTANGAN..
gak ada sunat, gak ada solat, gak ada puasa
Typical si nduss. APLOS, ASAL NYEPLOS.
Ntar kalo udah gw kasih dalilnya, nduss biasanya mingkem atw ngeyel tanpa argumen/dalil.
wkwkwk...
usil

isa or orang lain Ndul??
Emangnya ada ayat lain di al Quran yang menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh??
MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk

Kesian bgt si nduss. Mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by YADAH on Tue Jun 21, 2016 4:34 pm

@RHCP wrote:
@YADAH wrote:
1. yg diminta masuk kerajaannya Yesus (sorga) ... Berilah perintah, supaya kedua anakku ini boleh duduk kelak di dalam Kerajaan-Mu
2. otomatis Tuhan tahu, sejelas di ayat yg ente tampilin kenape diplintir, hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, supaya dgn melihat perbuatan kita itu, orang mau ikut Tuhan
3. tidak ada yg kontradiksi

a.b,c ... kitab kejadian (Kej. 1) ditulis oleh Musa, silahkan ajukan argumen bukti pengujian alquran
1. Kenapa sih loe ngga tampilin ayat2nya semua?? Takut TERGUNCYANG loe, ya?? wkwkwk
20:23 Yesus berkata kepada mereka: "Cawan-Ku memang akan kamu minum, tetapi hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang bagi siapa Bapa-Ku telah menyediakannya."
Bahwa yang menentukan masuk sorga itu adalah TINGKAT amal perbuatan dan TINGKAT pelayanan manusia kepada Tuhan, SAMA seperti Yesus yg juga melakukan amal perbuatan dan melayani Tuhan. Dan Hanya bapa yg berhak menentukannya.

Loe udah bisa BEDAIN antara "BANYAK orang" dengan "SEMUA orang", apa BELOM...?? ngiahahaha.
usil

2. Kaga ada yg gw pelintir, gw cuma pertegas maknanya. Baca2 aja lagi. Terus ulang2 sampe loe paham.
5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya DI DEPAN ORANG, SUPAYA MEREKA MELIHAT PERBUATANMU yang baik dan memuliakan  Bapamu yang di sorga."
Karena TUJUAN beribadah hanya DEMI memuliakan Tuhan. Dan agar orang yg melihat AKAN ikut memuliakan Tuhan.

3. Lha, gimana sih... Jelas2 ada kontradiksi, kok??
Suatu saat, Yesus perintahkan jangan ke luar domba israel, TAPI lain waktu Yesus juga perintahkan keseluruh dunia??
Ayo, MANA yang BENER?? wkwkwkwk...
ketawa guling

Khan loe sendiri bilang jangan asal klaim/proklaim...
Jadi, APA BUKTINYA kalo kitab kejadian itu BENAR2 ditulis oleh Musa himself??
Silakan loe BUKTIKAN dulu.. bawa dimari bukti2nya.
usil
1. hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, ditentukan saat kembali dalam kemuliaanNya yg semula sebagai Bapa
2. bercahaya di depan orang, bukan Tuhan
3. tdk ada kontradiksi, awal pelayanan dimulai di tanah palestina, selanjutnya ke seluruh penjuru bumi

gak usah ngolor-ngidul, ayo kita buktiin kalau alquranmu mampu mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya
1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Tue Jun 21, 2016 5:15 pm

@yadah wrote:1. hal duduk di sebelah kanan-Ku atau di sebelah kiri-Ku, ditentukan saat kembali dalam kemuliaanNya yg semula sebagai Bapa
2. bercahaya di depan orang, bukan Tuhan
3. tdk ada kontradiksi, awal pelayanan dimulai di tanah palestina, selanjutnya ke seluruh penjuru bumi

gak usah ngolor-ngidul, ayo kita buktiin kalau alquranmu mampu mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya
1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya
Jiaahhh Gw seriusin tapi ternyata gini doang?? Gw kirain beneran ada isinya, loe ?? ternyata cuman beda tipis sama si nduss dll

1. Loe udah bisa BEDAIN antara "BANYAK orang" dengan "SEMUA orang", apa BELOM...?? kok mingkem??
Jadi urusan tebus-menebus, kelar begitu aja nih?? ngiahahaha....
usil

2. Katanya ngga boleh pamer?? kok sekarang harus bercahaya didepan orang?? Berarti PAMER dong?? Kalo didepan orang, otomatis didepan Tuhan. Tuhan khan Maha Tahu?? Ayooo...

3. Kontradiksi NYATA, karena yang pertama adalah LARANGAN keluar domba israel, bahkan Yesus sendiri yg MENGAKU hanya diutus bagi domba sesat israel. Kenapa kemudian jadi ada PERINTAH (PALSU) ke seluruh dunia??

Yang ngalor ngidul siapa??
Gw khan cuma minta loe BUKTIIN dulu kalo kitab kejadian itu ditulis langsung oleh Musa himself?? Jadi silakan bawa dulu buktinya di mari...
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by YADAH on Tue Jun 21, 2016 5:20 pm

1. kecuali tertulis sekelompok orang atau orang tertentu saja
2. lha iya, bercahaya itu bukan dipamerin, mengalir apa adanya sesuai kehendak Tuhan
3. awal pelayanannya dimulai di Israel

kitab Kejadian masuk dalm 5 kitab Musa, gak usah ngolor-ngidul, ayo kita buktiin kalau alquranmu mampu mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya. 1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by SEGOROWEDI on Tue Jun 21, 2016 6:42 pm

@RHCP wrote:Emangnya ada ayat lain di al Quran yang menyebutkan bahwa Isa disalib dan dibunuh??
MANA...?? bawa aja sini. wkwkwk

Kesian bgt si nduss. Mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
ngiahahahaha....
ketawa guling

kl tidak disalib n tidak dibunuh, isa diapakan, Ndul?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Tue Jun 21, 2016 11:47 pm

@YADAH wrote:
1. kecuali tertulis sekelompok orang atau orang tertentu saja
2. lha iya, bercahaya itu bukan dipamerin, mengalir apa adanya sesuai kehendak Tuhan
3. awal pelayanannya dimulai di Israel

kitab Kejadian masuk dalm 5 kitab Musa, gak usah ngolor-ngidul, ayo kita buktiin kalau alquranmu mampu mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya. 1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya
1. Jelas yang tertulis adalah bagi banyak orang. BUKAN bagi SEMUA ORANG.
2. Lha itu perintah bagi orang2 yg beriman utk MENUNJUKKAN/MEMPERLIHATKAN/MEMAMERKAN PERBUATAN demi kemuliaan TUHAN. Tujuannya agar ORANG yang MELIHAT, akan IKUT MEMULIAKAN TUHAN. KALO loe NGUMPET2, mana bisa orang LIAT?? TUNJUKKAN.
3. Yaudah mana sini ayatnya, mari kita buktikan.

Lha iya, supaya ngga ngalor-ngidul, MAKANYA BUKTIIN dulu kalo kitab kejadian itu ditulis langsung oleh Musa himself??
Loe sanggup ngga??
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by RHCP on Tue Jun 21, 2016 11:48 pm

@SEGOROWEDI wrote:
kl tidak disalib n tidak dibunuh, isa diapakan, Ndul?
Ya TIDAK disalib dan TIDAK dibunuh-lah... Emang loe mwnya Yesus diapain??
Loe itu sadist ya, nduss. Demen banget liat orang disiksa?? wkwkwk...

MANA nduss, ayat al Quran yang bertentangan dgn Annisa 157-158??
Apa perlu gw kasih clue ayat al Quran yg biasa dipake misionaris bwt bantah annisa 157-158?? wkwkwk
Bawa aja sini, udah gw suapin tuh... tinggal mangap doang loe, nduss.
mana

Kesian bgt si nduss. Mw skakster tapi ngga sadar udah kena skakmat duluan.
Sekarang malah ngajakin gw OOT dia. Ayoo dah, gw jabanin. xixixixixi....
usil
avatar
RHCP
LETNAN SATU
LETNAN SATU

Male
Posts : 2942
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 06.12.13
Reputation : 65

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by YADAH on Tue Jun 21, 2016 11:59 pm

@RHCP wrote:
@YADAH wrote:
1. kecuali tertulis sekelompok orang atau orang tertentu saja
2. lha iya, bercahaya itu bukan dipamerin, mengalir apa adanya sesuai kehendak Tuhan
3. awal pelayanannya dimulai di Israel

kitab Kejadian masuk dalm 5 kitab Musa, gak usah ngolor-ngidul, ayo kita buktiin kalau alquranmu mampu mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya. 1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya
1. Jelas yang tertulis adalah bagi banyak orang. BUKAN bagi SEMUA ORANG.
2. Lha itu perintah bagi orang2 yg beriman utk MENUNJUKKAN/MEMPERLIHATKAN/MEMAMERKAN PERBUATAN demi kemuliaan TUHAN. Tujuannya agar ORANG yang MELIHAT, akan IKUT MEMULIAKAN TUHAN. KALO loe NGUMPET2, mana bisa orang LIAT?? TUNJUKKAN.
3. Yaudah mana sini ayatnya, mari kita buktikan.

Lha iya, supaya ngga ngalor-ngidul, MAKANYA BUKTIIN dulu kalo kitab kejadian itu ditulis langsung oleh Musa himself??
Loe sanggup ngga??
usil
1. lha iya, tidak dibatasi jlh orangnya
2. disuruh berbuat supaya dilihat orang, & dgn perbuatan itu orang ikut Tuhan
3. yg ente versuskan, pura2 aza

baca aza 5 kitab musa, gak bakalan muat disini ...ente sendiri ngomong : utk membuktikan kitab ente mengkritisi & menyempurnahkan kitab sebelumnya "cukup dgn alkitab yg ane2 jinjing2 ke gereja:, nah mari kita buktikan. 1 pasal saja, Kejadian pasal 1....bawa dimari alquranmu utk membuktikannya


YADAH
LETNAN DUA
LETNAN DUA

Male
Age : 20
Posts : 1075
Kepercayaan : Protestan
Location : Indonesia
Join date : 21.02.16
Reputation : 2

Kembali Ke Atas Go down

Re: Ketika Paulus dipuji-puji, dan Yakobus dicaci maki umatnya

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 17 dari 19 Previous  1 ... 10 ... 16, 17, 18, 19  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik