FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Sumber Q adalah injil Yesus?

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Wed Apr 13, 2016 3:24 pm

Bukan saja AlQuran memberi keterangan bahwa Alkitab sebelum2nya sudah diutak atik manusia, bahkan keterangan ttg Injil asli pun tersirat dalam bible:

Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Lukas 20:1
Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,


Pastinya Injil yang Yesus ajarkan itulah yang dimaksud Injil asli.

Abad ke-19 para teolog, pakarnya PB pun menyadari dengan penuh kesadaran bahwa seharusnya ada injil lainnya (baca: yang asli) yang merupakan sumber dari penulisan injil2 yang dikenal saat ini. Sumber yang dicari ini disebut Sumber Q


Sumber Q

Pengakuan para pakar Perjanjian Baru abad ke-19 bahwa Matius dan Lukas bersama-sama menggunakan banyak bahan yang tidak ada di dalam sumber-sumber bersama mereka yang umumnya diakui, yaitu Injil Markus, telah membuat orang mengusulkan tentang hadirnya sebuah sumber bersama kedua, yang diistilahkan sebagai dokumen Q. Teks hipotetis yang hilang ini —yang juga disebut Injil Q, Injil Ucapan-ucapan Q, Sumber Ucapan-ucapan Sinoptik, dan pada abad ke-19 disebut Logia—tampaknya kemungkinan besar terdiri dari suatu kumpulan ucapan-ucapan Yesus. Pengakuan tentang adanya dokumen Q ini adalah inti sari dari " hipotesis dua sumber."

Hipotesis Dua Sumber ini merupakan solusi yang paling sederhana dan paling luas diterima terhadap masalah sinoptik yang dimunculkan oleh kesamaan-kesamaan tekstual antara kedua Injil, dengan Injil Markus sebagai sumber yang satu, dan Q sumber yang lainnya.

-------------

Bila Q memang pernah ada, dokumen ini tentunya telah lenyap pada masa yang sangat dini
, karena tidak ada satu salinan pun yang pernah ditemukan dan tidak ada catatan-catatan yang pasti yang pernah dibuat pada masa kuno (namun lihat diskusi tentang kesaksian Papias di bawah).

Pada masa modern, orang pertama yang menghipotesiskan sumber seperti Q adalah seorang Inggris, Herbert Marsh, pada 1801 dalam sebuah pemecahan yang rumit terhadap masalah sinoptik sehingga rekan-rekan sezamannya mengabaikannya. Marsh memberikan label kepada sumber ini dengan huruf Ibrani, beth.

------------

Keadaan ini berubah pada tahun 1960-an setelah tersedianya terjemahan-terjemahan dari kumpulan ucapan-ucapan yang baru ditemukan dan analog, yaitu Injil Tomas. James M. Robinson dan Helmut Koester mengusulkan bahwa kumpulan ucapan-ucapan seperti Q dan Thomas mewakili bahan-bahan Kristen yang paling awal pada suatu masa yang dini dalam suatu perjalanan yang akhirnya menghasilkan Injil yang kanonik.

Ledakan minat ini menyebabkan semakin canggihnya rekonstruksi-rekonstruksi sastrawi dan redaksional terhadap Q, khsuusnya karya John S. Kloppenborg. Kloppenborg, dengan menganalisis gejala-gejala sastrawi tertentu, berpendapat bahwa Q disusun dalam tiga tahap. Tahap yang paling awal adalah pengumpulan ucapan-ucapan hikmat yang mencakup masalah-masalah seperti kemiskinan dan kemuridan. Lalu kumpulan ini diperluas dengan mencakup suatu lapisan yang berisi ucapan-ucapan penghakiman yang diarahkan kepada "keturunan ini." Tahap terakhir meliputi pencobaan Yesus.

Meskipun Kloppenborg memperingatkan agar orang tidak menganggap bahwa penyusunan sejarah Q itu sama dengan sejarah tradisi Yesus (artinya bahwa lapisan yang paling tua dari Q dengan sendirinya merupakan yang paling tua dan murni dari tradisi Yesus), beberapa peneliti mutakhir dari Yesus historis, termasuk para anggota dari Seminar Yesus, justru melakukan hal ini. Berdasarkan rekonstruksi-rekonstruksi mereka terutama terhadap Injil Tomas dan lapisan Q yang paling tua, mereka mengusulkan bahwa Yesus berfungsi sebagai seorang guru hikmat yang lebih analog dengan seorang filsuf Sinik Yunani, ketimbang seorang rabi Yahudi.

https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_Q

Para pastor pendeta boleh saja sibuk mendogma setiap saat, ....... tapi para teolog, peneliti, pencari kebenaran, tetap bertanya2 mencari tahu banyak hal yang hilang, tidak tepat, kontradiksi pada injil yang ada. Padahal di depan mata sudah ada Sumber Q lainnya, yang terbaru, terakhir, tak pernah berubah, ialah AlQuranulKarim

piss



isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 13, 2016 5:09 pm

kamu kira Yesus bawa buku gitu?
kek inulkarim..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Thu Apr 14, 2016 1:38 pm

@SEGOROWEDI wrote:kamu kira Yesus bawa buku gitu?
kek inulkarim..
Ampun deh, g Yadah, g si om...

Bukan saya om,.... saya cuma nampilin aja...

Mau tau yang ngomong siapa?

Information on the Lost Sayings Gospel Q

According to the Two Source Hypothesis accepted by a majority of contemporary scholars, the authors of Matthew and Luke each made use of two different sources: the Gospel of Mark and a non-extant second source termed Q

http://www.earlychristianwritings.com/q.html

Tuh om,.... majority of contemporary scholars

Tau g om artinya majority? Cuma sedikit yg nolak, yang lainnya setuju bahwa ada The Lost Gospel

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 2:24 pm

Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

Lukas 20:1
Pada suatu hari ketika Yesus mengajar orang banyak di Bait Allah dan memberitakan Injil, datanglah imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta tua-tua ke situ,


itu kamu kira buku atau gimana??

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Thu Apr 14, 2016 2:28 pm

yang ngomongin buku siapa?

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 2:34 pm


tuh..
promo inul karim

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Thu Apr 14, 2016 2:59 pm

lanjut...


The Lost Gospel: The Book of Q and Christian Origins


If its premise is accepted by a preponderance of theologians, this debatable study could bring about a rethinking of the origins of Christianity. Mack presents an analysis of the so-called Book of Q , a supposed collection of Jesus's sayings that was compiled by his followers during his lifetime. Certain scholars, deducing the existence of the book, have reconstructed the putative text of this "lost gospel" during the last 20 years through a comparison of the gospels of Matthew and Luke, who, it is contended, used Q as a common basis (Q stands for Quelle , German for "source"). Mack, a professor of New Testament at the School of Theology at Claremont College in Los Angeles, concludes that "the people of Q"--Jesus's contemporaries--thought of him as a teacher, not as a messiah, and that they did not regard his death as a divine or saving event. Mack offers an earthy, colloquial translation of the Book of Q with its wisdom sayings, exhortations, parables and apocalyptic pronouncements. His portrayal of the early Jesus movement reveals a community based on fictive kinship without regard to class, gender or ethnicity. The discovery of Q , Mack argues, compels us to see the New Testament gospels as imaginative creations rather than historical accounts

http://www.amazon.com/exec/obidos/ASIN/0060653752/peterkirby

Book of Q , a supposed collection of Jesus's sayings that was compiled by his followers during his lifetime = Koleksi Q, seharusnya merupakan perkataan Yesus yang disusun oleh para pengikutnya selama hidupnya

The discovery of Q , Mack argues, compels us to see the New Testament gospels as imaginative creations rather than historical accounts = Penemuan Q, -Mack berpendapat-, memaksa kita untuk melihat Perjanjian Baru lebih merupakan kreasi imajinatif daripada catatan sejarah.

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 3:06 pm

Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.


itu yang kamu maksud "Q" yang hilang???

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Thu Apr 14, 2016 3:52 pm

@SEGOROWEDI wrote:Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.


itu yang kamu maksud "Q" yang hilang???
Itu cuma prolog dari saya, menurut para teolog, sumber Q adalah ucapan Yesus, ayat di atas kan menyebut Yesus memberitakan,... jadi ya cocok lah.

Yang dicari adalah isi ceritanya, kata2 apa yang diucapkan Yesus ketika menyampaikan berita, kalau di ayat di atas kan disebut "Injil Kerajaan Sorga"

piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Thu Apr 14, 2016 5:15 pm

ya bawa aja ke sini..
ucapan2 Yesus selain yang dikisahkan matius, markus, lukas dan yohanes! trus kamu bawa2 inul karim maksudmu apa, sa..

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Fri Apr 15, 2016 9:11 am

@SEGOROWEDI wrote:ya bawa aja ke sini..
ucapan2 Yesus selain yang dikisahkan matius, markus, lukas dan yohanes! trus kamu bawa2 inul karim maksudmu apa, sa..
Udah hilang suruh bawa kesini, ngawur aja.

The Q source (also Q document, Q Gospel, Q Sayings Gospel, or Q from German: Quelle, meaning "source") is a hypothetical written collection of Jesus's sayings (logia)

Para Teolog majority di atas kurang kreatif juga sih, capek2 nyari Gopel of Q, Q source, padahal sudah datang The other wonderful Q ....

Quran piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 15, 2016 3:01 pm


kok hanya hipotesis, sa?
mana pembuktiannya..

datang belakangan itu NYONTEK, sa
mosok source?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Fri Apr 15, 2016 5:05 pm

Jesus memberitakan written collection of Jesus's sayings, gitu sa?
ke dokter jiwa sono!

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Wed Apr 20, 2016 12:05 pm

@SEGOROWEDI wrote:
kok hanya hipotesis, sa?
mana pembuktiannya..

datang belakangan itu NYONTEK, sa
mosok source?
Datang belakangan, kalau sumbernya tangan pertama, ya jadi source dong piss

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 20, 2016 12:16 pm


sumbernya siapa, sa?

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by isaku on Wed Apr 20, 2016 3:14 pm

@SEGOROWEDI wrote:
sumbernya siapa, sa?

Itu om.

Rabbul'alamin

isaku
KAPTEN
KAPTEN

Male
Posts : 3532
Kepercayaan : Islam
Location : Jakarta
Join date : 17.09.12
Reputation : 138

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by SEGOROWEDI on Wed Apr 20, 2016 5:53 pm

apa?
robot kelamin?
lautin

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43908
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Re: Sumber Q adalah injil Yesus?

Post by Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik