FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

Gunung memang bergerak dalam Al Qur'an

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Gunung memang bergerak dalam Al Qur'an

Post by keroncong on Tue Apr 26, 2016 7:47 pm

Setelah kita tahu bahwa gunung mampu menahan goncangan gempa, sekarang kita lihat ayat yang paling sering disitir ketika berbicara tentang teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonic). Namun kebanyakan kajiannya terhenti ketika melihat “gunung yang bergerak”. Padahal ayatnya ditafsirkan sebagai : “Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal dia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Al Qur’an, 27:88).
“Looh iya Pakdhe kalau bergerak-gerak saja banyak yg tahu tektonik. Seperti awan-nya itu juga penting !”
Marilah kita tengok seperti apa awan bergerak.
Pergerakan awan yang sering kita lihat adalah seperti dalam ramalan cuaca. Awan akan bergerak secara lateral. Demikian juga kerak-kerak bumi ini. Bergerak. Saling bersinggungan, saling bertubrukan, bahkan ada yang akhirnya masuk melesak menunjam kebawah. Apakah awan juga memiliki perilaku yang sama ?
Gambar diatas memperlihatkan gerakan kerak bumi yg direkonstruksisejak 140 juta tahun yang lalu.

Bagaimana awan bergerak ?

Seringkali kita terpaku gerakannya saja. Dan hampir semua kajian gotak-gatuk ini berhenti pada gunung yang bergerak. Juga hanya dikaji gerak-geraknya. Padahal AQ menyatakan seperti awan. Lebih diperparah kebanyakan muslim hanya melihat awannya saja. Namun lupa bahwa awan merupakan salah satu bagian dari siklus air. Ya tengoklah siklus air dibawah ini.
Siapa yang tidak kenal siklus air ? Tentunya mudah sekali dan dipelajari sejak masih Sekolah Dasar, kan ?

Siklus air. Awan adalah bagian dari siklus air.
Siklus air diatas sangat mudah dimengerti. Bagaimana dengan gunung dan siklus air ? Ketika air berada di laut akan terpanaskan oleh matahari dan menguap (presipitasi) dan membentuk awan. Awan ini akan bergerak ke darat dan ketika menubruk gunung akan terjadi kondensasi membentuk hujan. Proses ini dikenal sebagai siklus air.
Bagaimana dengan tektonik ?
Proses yang terjadi pada kerak bumi diatas memperlihatkan sebagian dari siklus batuan. Gambar diatas memperlihatkan bagaimana arus konveksi akibat panas dari intibumi membuat gerakan kerak bumi di permukaan. Pada intinya yang bergerak adalah kerak samodera (Oceanic Lithosphere).
Gambar gerakan tektonik yang dibuat USGS (United States Geological Survey) diatas akan lebih jelas memperlihat kemiripan dengan siklus air diatas, terutama bila dibalik displaynya.
Tengok disini

Siklus air dan siklus batu dalam Alquran, (27:88)
Kalau kita amati lebih jeli, memang bukan gunung-gunungnya (Continental Lithosphere) yang bergerak seperti awan, tetapi kerak Samudera (Oceanic Lithosphere) yang bergerak seolah-olah awannya.
Dengan demikian ada satu pelajaran yang harus diambil. Jangan hanya sekedar menggatuk-gatuk kan saja, karena akan menghasilkan pemahaman yang menjadi salah. Pemahaman AQ harus dipikirkan sebagai sebuah hipotesa yang harus dibuktikan, bukan digatuk-gatukkan !.

Pertanyaan yang harus dijawab scientist !

Masih banyak yang harus dipikirkan dan diteliti kalau ingin menggunakan kitab suci AQ sebagai sumber ilmu. Misalnya, kalau memang benar gerakannya seperti awan apakah benar bahwa proses turunnya hujan air itu ada dimana-mana termasuk di laut. Nah apakah subduksi itu juga dapat terjadi di laut ? apakah turunnya bagian-bagian dari Oceanic Lithosphere ini juga terjadi di tengah samudera, tidak hanya di di zona subduksi yang selama ini kita kenal ?
Kalau memang gerakan awan itu dapat diketahui, dihitung bahkan dapat dipakai untuk prakiraan hujan semestinya kita dapat menghitung gerakan kerak-kerak samudera ini dan barangkali nantinya dapat dipakai untuk meramalkan terjadinya gempa ?
Hu Allahu Alam bissawab ,
(maksudtnya : Marilah kita teliti terus jangan hanya menunggu penemuan orang lain dan kita hanya mampu menggatuk-gatuk-ke saja).
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 67

Kembali Ke Atas Go down

Re: Gunung memang bergerak dalam Al Qur'an

Post by SEGOROWEDI on Tue Apr 26, 2016 8:20 pm

coba dibalik..
info quran seperti apa baru teori science seperti apa
jangan sains sudah ada lalu digothak-gathuk dengan alquran

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik