FORUM LASKAR ISLAM
welcome
Saat ini anda mengakses forum Laskar Islam sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh turut berdiskusi yang hanya diperuntukkan bagi member LI. Silahkan REGISTER dan langsung LOG IN untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai member.


@laskarislamcom

Terima Kasih
Salam Admin LI

konsep trinitas muncul terinspirasi trimurti

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

konsep trinitas muncul terinspirasi trimurti

Post by keroncong on Sat May 07, 2016 6:38 am

man adalah penguasa tertinggi dalam konsep ketuhanan Hindu. Brahman bersifat kekal, imanen, tak terbatas, tak berawal dan tak berakhir juga menguasai segala bentuk, ruang, waktu, energi serta jagat raya dan segala isi yang ada didalamnya.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Brahman

Trimurti adalah tiga kekuatan Brahman (Sang Hyang Widhi) (sebutan Tuhan dalam agama Hindu) dalam menciptakan, memelihara, melebur alam beserta isinya.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Trimurti

Awatara/ avatara/ Avatar adalah Inkarnasi dari Tuhan, Tuhan turun ke bumi dalam wujud manusia atau makhluk tertentu untuk membantu mereka menemukan pencerahan dan kebebasan (moksa).
Kresna/ Krishna dan Rama dianggap sebagai penjelmaan Wisnu.Hindu mengajarkan bahwa ada banyak awatara sepanjang sejarah dan terus bertambah. Maka Kresna/ Krishna, yang tidak hanya dianggap sebagai salah satu inkarnasi namun sumber segala inkarnasi, mengatakan:
"Kapan pun dan dimana pun pelaksaan dharma merosot dan hal-hal yang bertentangan dengan dharma merajalela, pada waktu itulah Aku sendiri turun menjelma, wahai keturunan Bharata. Untuk menyelamatkan orang-orang saleh, membinasakan orang-orang jahat dan untuk menegakkan kembali prinsip-prisnsip dharma, Aku sendiri menjelma dari zaman ke zaman"
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Dewa-Dewi_Hindu


Ada beberapa gelar atau istilah yang bisa kita ambil dari Alkitab baik itu dalam kitab Perjanjian Lama maupun kitab Perjanjian Baru. Yang paling sering disebut adalah Kristus/Mesias, Juru Selamat, Anak Allah, Anak Daud, dan Anak Domba Allah. Yesus Kristus adalah Tuhan Allah sendiri.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Yesus

Tuhan Bapa (Allah)= Brahman (Sang Hyang Widhi)
Tuhan Roh Kudus itu adalah Tuhan yang abstrak yang tidak terlihat tetapi Dia ada, dan itu sama dengan konsep Brahman dalam Hindu

Tuhan Roh Kudus = Trimurti (Brahma, Wisnu & Syiwa)
Tuhan yang abstrak digambarkan dalam sesuatu yang lebih nyata di dalam Trimurti (Brahma, Wisnu & Syiwa), tetapi entah bentuk 'real' dari Tuhan Bapa didalam kekristenan.

Tuhan Putra (Yesus) = Awatara/ Avatara (Krishna/ Rama)
Tuhan yang turun ke dunia dalam bentuk manusia. Dijabarkan di http://id.wikipedia.org/wiki/Yesus bahwa gelar Yesus adalah Kristus/Mesias, Juru Selamat, Anak Allah, Anak Daud, Anak Domba Allah dan Tuhan Allah sendiri. Lihat di dalam buku Keesaan Tuhan, Sebuah Pembahasan Ilmiah, ditulis oleh O.Hashem, diterbitkan oleh Penerbit Pustaka, Perpusatakaan Salman, ITB, thn 1983 dituliskan bahwa Dalam Bhagavad Gita (Nyanyian Tuhan), pada ayat ke-14, dalam Kitab yang sama, Krishna bersabda kepada Arjuna :
Karena aku adalah Tuhan
Dalam tubuh ini
Kehidupan abadi
Tak akan musnah
Aku adalah kebenaran
Dan kebahagiaan selama-lamanya

Lihat pula dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Dewa-Dewi_Hindu
disebutkan Krishna "Kapan pun & dimana pun pelaksaan dharma merosot...pada waktu itulah Aku sendiri turun menjelma...Untuk menyelamatkan orang-orang saleh..."

Jadi ada kesamaan bahwa Yesus dan Krishna adalah sama2 Tuhan yang turun ke dunia dalam bentuk manusia sebagai juru selamat tetapi mereka tetap essensi Tuhan itu sendiri.


Brahman (Sang Hyang Widhi) ---) Trimurti (Brahma, Wisnu, syiwa) ---) Awatara/ Avatara/ Avatar (Krishna, Rama)

Atau :

Brahma ---) Wisnu ---) Krishna


Konsep Agama Hindu Dimodifikasi Kristen Menjadi Trinitas :

(Bentuk pertama)

Tuhan Bapa (Allah) ---) Tuhan Roh Kudus (???)

Atau :

Tuhan Bapa (Allah) ---) Tuhan Anak (Yesus)


(Bentuk kedua)

Brahma (Allah/ Tuhan Bapa), Wisnu (Yesus/ Tuhan Anak), Syiwa (Roh Kudus)


Keterangan :

Di dalam agama Hindu, ada 2 versi turunan Tuhan. Versi pertama, Brahman (Tuhan yang abstrak yang tidak terlihat tetapi Dia ada yang dinamakan Sang Hyang Widhi) merupakan Tuhan bentuk pertama. Brahman menurunkan Trimurti (Brahma, Wisnu, Syiwa) dimana Trimurti merupakan Tuhan bentuk kedua. Trimurti menurunkan Krishna & Rama (Awatara/ Avatara/ Avatar yaitu Tuhan dalam bentuk manusia tetapi tetap essensi Tuhan itu sendiri).

Versi kedua, Brahma disebut sebagai bapak dari para Dewa/ Tuhan sebagai Tuhan bentuk pertama. Brahma menurunkan Wisnu dimana Wisnu sebagai Tuhan bentuk kedua. Wisnu kemudian melakukan inkarnasi dalam bentuk manusia (awatara/ avatara) yaitu Krishna dimana Krishna sebagai Tuhan bentuk ketiga.

Konsep agama Hindu dimodifikasi kristen Menjadi Trinitas. Konsep ini pun dalam 2 bentuk.
1.Bentuk pertama, Tuhan dapat menurunkan Tuhan-Tuhan selanjutnya. Jadi ada Tuhan bentuk pertama (oknum pertama), Tuhan bentuk kedua (oknum kedua) dan Tuhan bentuk ketiga (oknum ketiga). 2.Bentuk kedua, Trimurti agama Hindu secara mentah-mentah dimodifikasi menjadi Trinitas.

Bentuk pertama konsep agama Hindu yang dimodifikasi kristen menjadi Trinitas yaitu Tuhan dapat menurunkan Tuhan-Tuhan selanjutnya. Tuhan Bapa yaitu Allah, Tuhan yang abstrak yang tidak terlihat tetapi Dia ada. Konsep Tuhan Bapa merupakan modifikasi dari Brahman-nya agama Hindu. Modifikasi konsep Hindu dalam Trinitas pun dalam bentuk 2 versi. Versi pertama, Allah sebagai Tuhan bentuk pertama menurunkan Tuhan Roh Kudus. Bapak-bapak gereja bingung bentuk 'real' dari Roh Kudus ini. Ada sebagian bapak-bapak gereja mengatakan bahwa Roh Kudus ini adalah Gabriel (Malaikat Jibril) tetapi sebagian lagi yang bilang yang ini yang itu bermacam-macam. Kalau Anda penganut kristen Protestan, katolik, tanyakan bentuk 'real' (bentuk nyata) dari Roh Kudus itu apa kepada pendeta, pastur, pasti pendeta/ pastur itu akan bingung. Roh Kudus sebagai Tuhan bentuk kedua.

Versi kedua, Tuhan Bapa (Allah) sebagai Tuhan bentuk pertama menurunkan Yesus. Yesus adalah Tuhan yang turun ke dunia dalam bentuk manusia sebagai juru selamat tetapi mereka tetap essensi Tuhan itu sendiri. Konsep Tuhan Anak dalam bentuk Yesus ini merupakan modifikasi dari Awatara/ Avatara (inkarnasi Tuhan dalam bentuk manusia) nya agama Hindu yaitu Dewa Wisnu yang melakukan inkarnasi (Awatara/ Avatara) ke dalam bentuk Krishna. Yesus juga sebagai Tuhan bentuk kedua seperti halnya Roh Kudus. Yesus & Roh Kudus adalah sejajar, tidak ada yang menurunkan dan diturunkan, sehingga di dalam Trinitas tidak ada Tuhan bentuk ketiga.

Bentuk kedua, Trimurti agama Hindu secara mentah-mentah dimodifikasi menjadi Trinitas. Brahma (Allah/ Tuhan Bapa), Wisnu (Yesus/ Tuhan Anak), Syiwa (Tuhan Roh Kudus).


Konklusi kesimpulan :

Ada suatu konsep yaitu satu Tuhan dapat menurunkan Tuhan-Tuhan selanjutnya. Allah adalah Tuhan bentuk pertama (oknum pertama). Tuhan bentuk pertama adalah Tuhan yang hakiki atau Tuhan yang sebenarnya. Yesus adalah Tuhan bentuk kedua atau oknum kedua dari Allah. Oknum kedua dari Tuhan adalah sebenarnya merupakan makhluk Tuhan bukan Tuhan itu sendiri. Jadi, kalau kita menyembah atau mengakui Yesus sebagai Tuhan berarti kita menyembah makhluk Tuhan bukan Tuhan yang hakiki (sebenarnya).
avatar
keroncong
KAPTEN
KAPTEN

Male
Age : 64
Posts : 4535
Kepercayaan : Islam
Location : di rumah saya
Join date : 09.11.11
Reputation : 66

Kembali Ke Atas Go down

Re: konsep trinitas muncul terinspirasi trimurti

Post by SEGOROWEDI on Sun May 22, 2016 8:36 am

cek aja di kitab wahyu..
ternyata yang bertahta di sorga dalam kemuliaan Sang Khalik, Yang Mahakuasa, dan Yang Disembah adalah YESUS

btw. bandingkan dengan konsep ilah yang hanya ada di kepala dan mulut 1 orang yang habis keluar dari goa

SEGOROWEDI
BRIGADIR JENDERAL
BRIGADIR JENDERAL

Posts : 43894
Kepercayaan : Protestan
Join date : 12.11.11
Reputation : 124

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik